Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan
Yesus Kristus.
Saya berbahagia karena bisa melayani
Pribadi Tuhan dan melayani pekerjaanNya. Saat ini oleh kemurahan Tuhan saya
bisa berdiri di belakang mimbar untuk melayani pekerjaanNya. Dalam doa penyembahan kita melayani
PribadiNya.
Yehezkiel 48:33
48:33 Di sisi sebelah selatan, yang ukurannya empat
ribu lima ratus hasta, terdapat tiga pintu gerbang juga, yaitu pintu gerbang
Simeon, pintu gerbang Isakhar dan pintu gerbang Zebulon.
Pintu
dan tembok tidak dapat terpisah. Tembok tanpa pintu berarti kita tidak bisa
masuk ke dalam. Pintu tanpa tembok adalah sesuatu yang aneh.
Kota
itu memiliki 4 sisi. Setiap sisi memiliki ukuran 4500 hasta. Pada setiap sisi
ada tiga pintu, maka setiap pintu memiliki wilayah 1500 hasta. Kenapa Tuhan
memakai ukuran hasta orang dewasa baik pada Bahtera Nuh, pada Tabernakel dan
pada kota kudus ini? Arti ukuran hasta adalah kepastian keselamatan. Sebab
orang masuk di dalam bahtera Nuh jelas selamat. Orang yang menapaki rohaninya
seperti apa yang diatur oleh Tabernakel pasti selamat. Kepastian keselamatan itu
jangan hanya di atas kertas tetapi kita harus menjalaninya, agar kepastian
keselamatan itu tidak menjadi ucapan belaka.
Angka
1500 adalah angka Taurat.
Galatia 3:24 (Terjemahan Lama)
3:24 Dengan hal yang demikian syariat Taurat itu sudah
menjadi suatu pelatih yang membawa kita kepada Kristus, supaya kita dibenarkan
oleh sebab iman.
Taurat
itu adalah pelatih yang melatih kita untuk kita dibawa pada Yesus Kristus.
Namun buka lagi Taurat dalam pengertian ibadah yang dilakukan dalam hurufiah.
Kalau seperti itu kita harus membawa lagi lembu, kambing, domba, burung
tekukur, burung merpati, tepung yang halus dan sebagainya untuk kita
menjalankan kebaktian.
Taurat
berasal dari kata Torah artinya
pengajaran. Hora artinya ajaran.
Jadi
angka 1500 berarti kita dilatih. Dilatih karena ada hubunganya dengan kota
kudus ini. Kota kudus ini adalah milik Raja Besar.
Matius 5:35
5:35 maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan
kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar;
Mazmur 48:3; 145:13
48:3 Gunung-Nya yang kudus, yang menjulang permai,
adalah kegirangan bagi seluruh bumi; gunung Sion itu, jauh di sebelah utara, kota
Raja Besar.
145:13 Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad,
dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala
perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.
Raja
itu memiliki kerajaan segala abad. Sebagai seorang Raja, Dia tidak ingin rakyat
dalam kerajaanNya tidak memiliki pelatihan. Harus dilatih supaya rakyatnya itu
kuat. Maksudnya bukan supaya kita membela kerajaanNya tetapi supaya umatNya ini
memiliki ketahanan rohani untuk menghadapi musuh-musuhnya sendiri yaitu dunia, daging
dan iblis. Makanya kita
perlu latihan.
Latihan
itu saat kita menggelar ibadah. Makin banyak kita menghadiri ibadah makin
terasa pekerjaan pelatihan pada diri kita. Tetapi kalau kurang, jangan kaget
kehidupan itu tidak akan mampu menghadapi serbuan kuasa kegelapan sehingga anak
Tuhan itu tumbang. Kelihatan ada tempat-tempat yang seperti aman tetapi malah
tumbang di situ. Contohnya tumbang di kedai, tumbang di restoran, tumbang di
hotel, tumbang di penginapan, tumbang di wisma oleh karena ketika ada godaan dia
tidak dapat menghadapinya sebab tidak ada pelatihan.
Itu
sebabnya perlu pelatihan karena Raja itu yang minta, Pemilik kota itu yang
minta sehingga Dia memberikan perarturan:
I Timotius 4:7-8
4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek
tua. Latihlah dirimu beribadah.
4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu
berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun
untuk hidup yang akan datang.
Setelah
kita melihat kota ini, dasar dari tembok kota itu ada 12 permata yang ditulis
nama rasul Anak Domba Allah. Kalau berbicara rasul itu tidak bisa lepas dengan
Firman pengajaran. Ditulis di atas permata, ini membuktikan bahwa pengajaran
itu mahal. Permata itu adalah batu yang mulia. Di situ nama rasul-rasul itu
ditulis. Ini adalah dasar dari tembok-tembok itu di mana pintu itu ada. Ini
menunjukkan bahwa pengajaran itu mahal. Di mana kita bisa memperoleh
pengajaran? Di dalam kebaktian. Dalam kebaktian kita dilatih oleh pengajaran
dan itu terlampau mahal. Lewat pelayanan gembala yang mahir dalam pengajaran.
1 Timotius 3:2
3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami
dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan,
cakap mengajar orang,
Banyak
orang sadar atau tidak sadar merendahkan Firman pengajaran tetapi mau masuk
dalam kota kudus. Bagaimana mungkin ada di sana kalau menista atau menghina
firman pengajaran yang mahal itu. Jangan kita anggap kecil Firman pengajaran.
Wahyu 21:12
21:12 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu
gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas
malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.
Besar
itu berarti kena mengena
horizontal dan tinggi itu kena mengena vertikal. Berarti tembok yang ada pintu itu sudah bernuansa salib. Bagaimana
bisa masuk di sana kalau melecehkan salib. Dasar dari tembok itu adalah permata
dan pada permata itu ditulis nama rasul-rasul. Kenapa ditulis nama rasul itu?
Kisah Para Rasul 2:42
2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan
dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan
berdoa.
Sebab
rasul kaitannya dengan pengajaran. Firman pengajaran itu mahal karena ada oleh
sebab Korban Kristus. Karena itu jangan melecehkan Firman pengajaran. Walaupun
menyanyi “oh Yerusalem, kota mulia, hatiku rindu ke sana” tetapi orang yang
melecehkan Firman pengajaran itu berbohong sebab dia tidak rindu ke Yerusalem
Baru.
Di
atas pintu gerbang itu ada malaikat. Ini membuktikan anak Tuhan yang ada di
dalam adalah anak Tuhan yang menghargai pelayanan gembala. Dia menjunjung
karena gembala dipakai oleh Tuhan menjadi pelatih untuk memberikan pelatihan di
dalam ibadah. Gembala yang digambarkan bagaikan malaikat itu ada di atas pintu
gerbang berarti dia dijunjung. Yang masuk di sana adalah anak Tuhan yang
menghargai hamba Tuhan yang melayani dia. Bukannya malah memandang enteng hamba
Tuhan yang serius dalam pelayanan.
I Tesalonika 5:12-13
5:12 Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu
menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam
Tuhan dan yang menegor kamu;
5:13 dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka
dalam kasih karena pekerjaan mereka. Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan
yang lain.
Hamba
Tuhan dijunjung bukan karena pribadinya tetapi karena pekerjaan Tuhan yang
dipercayakan kepadanya.
I Timotius 5:17
5:17 Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut
dihormati dua kali lipat, terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah
dan mengajar.
Hargailah
pelayanan hamba Tuhan itu. Bukannya malah dilecehkan. Banyak kali di tempat
lain gembala itu dientengkan oleh jemaat.
Kita
perhatikan kemana kita berjalan. Kita harus memperhatikan di mana kita menapaki
perjalanan kita, apakah kita menapaki hal-hal yang benar atau tidak. Bila tidak
benar cepat berpaling, cepat perbaiki dan berdamai dengan Tuhan agar benar kita
berada di kota Raja besar yaitu Yerusalem Baru.
Wahyu 21:12-14
21:12 Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu
gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas
malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.
21:13 Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan
di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang
dan di sebelah barat tiga pintu gerbang.
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu
dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba
itu.
Dasar
gereja Tuhan mahal, itulah pengajaran. Pengajaran itu adalah alat yang dipakai
oleh hamba Tuhan untuk melatih sidang jemaat. Taurat adalah pelatih untuk
membawa kita pada Yesus Kristus.
Galatia 3:24 (Terjemahan Lama)
3:24 Dengan hal yang demikian syariat Taurat itu sudah
menjadi suatu pelatih yang membawa kita kepada Kristus, supaya kita dibenarkan
oleh sebab iman.
Tembok
itu ada 12 pintu, di timur tiga, selatan tiga, barat tiga dan utara tiga. Dalam
pengertian rohani apa yang disebut tembok bagi diriku dan bagi saudara? Kalau
kita sudah bicara tembok, apakah anak Tuhan itu sedang membangun tembok atau
tidak? Kalau kita tidak membangun tembok sebagaimana Yerusalem ada tembok,
berarti kita belum ada hubungannya dengan Yerusalem Baru, masih telanjang kita.
Makanya kita perlu membangun tembok dan ini dicari oleh Tuhan. Yerusalem memang
ada temboknya dan kita membutuhkan tembok. Itu harus kita bangun dan Tuhan
mencari itu.
Yehezkiel 22:30
22:30 Aku mencari di tengah-tengah mereka seorang
yang hendak mendirikan tembok atau yang mempertahankan negeri itu di
hadapan-Ku, supaya jangan Kumusnahkan, tetapi Aku tidak menemuinya.
Tuhan
mencari anak Tuhan yang membangun tembok adalah anak Tuhan yang suka berdoa.
Kalau tidak bukan musuh sana yang akan memusnahkan tetapi justru Tuhan sendiri
yang akan memusnahkan. Negeri yang mau dipertahankan itu siapa? Itu diri kita
sendiri.
Anak
Tuhan dan hamba Tuhan harus menjadi bagian hidupnya suka berdoa utamanya dalam
doa syafaat. Jangan berdoa karena sudah kena cobaan justru supaya jangan kena:
Matius 26:41
26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam
pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."
Bukan
nanti berdoa dari belakang mimbar baru disebut pendoa. Itu adalah bagian dari
ibadah tetapi apakah kita sudah menjadi pendoa-pendoa di rumah kita? Suami
mendoakan isteri, isteri mendoakan suami, orang tua mendoakan anak, anak
mendoakan orang tua, gembala mendoakan jemaat, jemaat mendoakan gembala,
mendoakan tetangga dan mendoakan kakak beradik itu sama dengan kita membangun
tembok.
Jangankan
berdoa syafaat, menghadapi pisang goreng, ubi rebus, orang itu sudah langsung makan
tanpa berdoa. Itu saja sudah salah, apalagi mau mendoakan orang lain. Mana
tembok yang dibangun kalau seperti itu? Itu sebabnya banyak anak Tuhan tidak
mampu bertahan karena dia sendiri tidak menjadi pendoa.
Berdoa
ini intinya, dia menyadari tidak mampu dan dia lemah tetapi ada andalannya
itulah Tuhan sehingga dia berdoa. Olehnya itu kita umat Tuhan harus tahu
berdoa. Jangan tidur hanya seperti anjing yang langsung tidur dan tidak berdoa.
Kalau kita melihat tembok Yerusalem, melihat tembok kota besar itu langsung
kita diingatkan “engkau harus jadi pendoa”.
Apakah
ini bukan namanya pelatihan? Dalam mendengar Firman ini kita sedang dilatih
oleh Tuhan.
I Timotius 4:7
4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek
tua. Latihlah dirimu beribadah.
Disuruh
jauhi tetapi kenyataannya bukan dijauhi tetapi malah dicari.
II Timotius 4:3-4
4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat
lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut
kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
4:4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran
dan membukanya bagi dongeng.
Orang
yang dilatih pasti menjauhi. Ibadah adalah tempat kita dilatih. Alatnya adalah
Firman pengajaran. Latihan ibadah itu gunanya double, untuk hidup sekarang maupun
yang akan datang.
I Timotius 4:8
4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu
berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun
untuk hidup yang akan datang.
Pada
pintu sebelah selatan ada nama Simeon, Isakhar dan Zebulaon. Simeon, Isakhar
dan Zebulon, semuanya anak Lea. Isakhar artinya upah. Orang yang dilatih dalam
ibadah mendapat double porsi, mendapat upah. Zebulon artinya hadiah, orang yang
dilatih dalam ibadah mendapat double porsi, mendapat hadiah. Kalau ini yang
kita rindukan dan dambakan maka kita tidak senin kamis beribadah, akan serius
beribadah sebab tujuan kita ke sana yaitu untuk mendapatkan upah, mendapatkan
hadiah, mendapatkan pahala yang double.
Pintu
selatan dan utara saling berhubungan. Orang yang masuk pintu utara harus keluar
dari pintu selatan. Orang yang masuk dari pintu selatan harus keluar dari pintu
utara. Artinya orang yang ada doa penyembahan ada keubahan hidup. Sebab bersentuhan
langsung di utara, meja roti sajian (ibadah pendalaman Alkitab dan perjamuan
kudus) di selatan bersentuhan langsung dengan Roh Elkudus.
Kenapa
nama dari anak-anak Yakub ditulis menjadi nama pintu-pintu Yerusalem Baru?
Karena keselamatan datang dari orang Yahudi. Kita tidak bisa masuk dalam
keselamatan tanpa melalui Allahnya orang Yahudi.
Yohanes 4:22
4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami
menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.
Firman
Tuhan dipercayakan kepada orang Yahudi.
Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub,
ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa,
dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!
Roma 3:1-2
3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan
apakah gunanya sunat?
3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal.
Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.
Kepada
Orang Israel dipercayakan Firman. Pintu itu dipakai nama anak-anak Israel
karena mereka pemilik Firman dan dipakai Tuhan menjadi jalur keselamatan.
Keselamatan datang dari orang Yahudi. Berarti kalau kita lihat di sini, kalau
mau masuk pintu jangan kita rendahkan Firman. Mau masuk pintu jangan rendahkan
Tuhan Yesus Juruselamat yang adalah Firman itu.
Hamba
Tuhan itu tidak boleh lepas dari Firman pengajaran karena dia ada di atas pintu
bagaikan malaikat. Kalau mengaku hamba Tuhan kemudian lepas dari Firman
pengajaran berarti dia adalah hamba yang diangkat oleh manusia. Kalau dia
gembala yang diangkat oleh Tuhan maka dia tidak akan lepas dari Firman
pengajaran. Dia akan mengakui Firman itu dipercayakan kepada orang Israel, dia
hanya mendapat kemurahan Tuhan dan menerima jadi dari bangsa Israel. Dia tidak
boleh lepas dari pribadi Tuhan Yesus.
Puji
Tuhan setelah saya 100% terlibat dalam Kabar Mempelai, begitu rupa saya
mengupayakan memperoleh pembukaan rahasia Firman yang Tuhan percayakan kepada
hamba Tuhan yang dipakai oleh Tuhan. Kenapa saya begitu? Karena saya tidak mau
menjadi hamba Tuhan yang kosong, itu sebabnya saya berupaya menghadiri
persekutuan yang mana hamba Tuhan yang menyampaikan Firman itu adalah hamba
Tuhan yang dipakai Tuhan dalam pembukaan rahasia FirmanNya. Saya ingin
menangkap Firman, saya tidak mau menyia-nyiakan sebab saya rindu dipakai oleh Tuhan dan dipercayai oleh
Tuhan.
Karena
keselamatan dan Firman Tuhan ini datang dari orang Yahudi maka saya sebagai
hamba Tuhan harus melekat pada Fiman ini dan pada keselamatan ini. Saya harus
berfellowship saya tidak mau lepas
dari hal ini.
I Korintus 4:1-2
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami:
sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang
demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.
Rasul
Paulus mengatakan, kami dipercayakan Tuhan rahasia Firman. Saya harus mencari
orang seperti ini. Mustahil kalau tidak ada hamba Tuhan seperti ini, apalagi di
akhir zaman ini pasti ada.
I Tesalonika 2:4
2:4 Sebaliknya, karena Allah telah menganggap kami
layak untuk mempercayakan Injil kepada kami, karena itulah kami berbicara,
bukan untuk menyukakan manusia, melainkan untuk menyukakan Allah yang menguji
hati kita.
1.
Pintu
Simeon.
Artinya mendengarkan atau
didengar. Di depan pintu Simeon ini terbentang wilayah 1500 hasta, itu menunjuk
pelatihan. Berarti kita harus memperhatikan apa yang kita dengar dan bagaimana
cara kita mendengar supaya pelatihan kita mantap. Kalau dikatakan “balik kanan
grak” maka kita berbalik kanan karena kita mendengar, itu secara hurufiah.
Lukas 8:18
8:18
Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang
mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari
padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya."
Kita dilatih oleh Tuhan
kena mengena dengan bagaimana cara kita mendengar (telinga kita dilatih). Bagaimana pengajaran bisa merasuk
dalam kehidupan seseorang kalau telinganya untuk mendengar saja tidak jelas.
Ini adalah perkataan
rasul Paulus, rasul untuk kita bangsa kafir. Tuhan angkat seorang rasul spesial
untuk kita bangasa kafir.
II Timotius 2:7
2:7
Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam
segala sesuatu.
Makanya dalam pelatihan
itu perhatikan apa yang dikomandokan, yang diajarkan, yang disajikan, yang
dipaparkan, yang diutarakan. Kalau kita memperhatikan, nanti dari pihak Tuhan
akan memberikan pengertian karena kita tidak ada kemampuan. Jangan berpikir
karena sudah sekolah tinggi maka akan mengerti Firman. Kalau benar seperti itu
maka tidak perlu Roh Kudus datang. Kalau Tuhan Yesus datang ke dunia ini hanya
untuk menyembuhkan orang sakit, memberi makan orang yang lapar, memberi pakaian
orang yang telanjang dan sebagainya, tidak perlu Tuhan Yesus datang di dunia. Tuhan
Yesus datang ke dunia untuk mengerjakan karya yang tidak bisa dilakukan oleh
orang lain yaitu masuk dalam penyaliban untuk menebus kita.
Pintu sebelah selatan ini
ada kaitannya dengan pintu sebelah utara yang ada kaitannya dengan doa
penyembahan. Pintu sebelah utara nuansanya doa penyembahan. Bagaimana doa penyembahan
ini bisa terangkat kalau tidak menaruh perhatian pada apa yang kita dengar. Roh
Kudus akan memberikan pengertian kepada kita, olehnya itu taruh perhatian pada
apa yang kita dengar.
2.
Pintu
Isakhar
Isakhar artinya upah/pahala
dan arti kedua adalah selamat.
Suku Isakhar ini memiliki
pandangan nubuatan yang sangat tajam. Oleh sebab tajamnya pandangan nubuatan
dari suku Isakhar ini maka mereka selalu selamat.
I Tawarikh 12:32
12:32
Dari bani Isakhar orang-orang yang mempunyai pengertian tentang saat-saat yang
baik, sehingga mereka mengetahui apa yang harus diperbuat orang Israel: dua
ratus orang kepala dengan segala saudara sesukunya yang di bawah perintah
mereka.
Ini bukan ahli nujum.
Pengertian rohaninya mereka memiliki pandangan nubuatan sehingga tahu apa yang
akan terjadi. Ketajaman mata rohani dari suku Isakhar memiliki pandangan rohani
yang sangat jauh. Sebelum terjadi sesuatu dia sudah tahu. Pagi ini yang
terjadi, siang ini yang terjadi, sore ini yang terjadi dan malam ini yang
terjadi. Mereka sudah bisa membaca sehingga mereka sudah selalu siap dan mereka
tidak mudah dikalahkan.
Pandangan seperti ini harus ada pada kita dan
ini dilatih pada kita di dalam ibadah lewat hamba Tuhan. Hamba Tuhan yang
mempunyai pergaulan yang indah dengan Tuhan tidak sama pandangannya dengan
orang lain, pandangan rohaninya lebih jauh.
Ini pandangan Isakhar dan
ini bukan ditujukan pada satu orang namun Tuhan ingin kita miliki. Sehingga
ketika saudara mempunyai rancangan besok mau mengerjakan ini namun setelah
masuk dalam pergumulan doa itu bisa saudara tangguhkan kalau melihat ada
apa-apa yang akan terjadi.
Bani Isakhar ini punya
pengertian terhadap saat-saat yang baik sehingga dia sudah punya kesiapan apa
yang akan dilakukan. Dia mengerti saat-saat yang tidak baik sehingga dia berupaya
untuk menghindar. Kita sudah diberikan Tuhan secara transparan lewat Firman
Allah bahwa saat yang paling celaka ada di depan kita yaitu aniaya antikristus,
tentu kita tidak akan menerobos saja. Kita sudah harus punya persiapan untuk tidak
kena aniaya antikristus.
Pintu ini mengingatkan
bahwa apa yang baik dan apa yang tidak baik ada di depan kita. Jangan seperti
orang Israel secara umum yang mengatakan “Allah tidak akan melakukan yang baik
dan tidak berbuat jahat”.
Zefanya 1:12
1:12 Pada
waktu itu Aku akan menggeledah Yerusalem dengan memakai obor dan akan menghukum
orang-orang yang telah mengental seperti anggur di atas endapannya dan yang
berkata dalam hatinya: TUHAN tidak berbuat baik dan tidak berbuat jahat!
Tuhan tidak berbuat baik
berarti bagi mereka tidak benar Tuhan akan membuat gereja Tuhan sempurna. Tuhan
tidak berbuat jahat artinya bagi mereka Tuhan tidak akan memberikan hukuman juga aniaya antikristus.
Kita harus mengerti apa
yang baik dan kita upayakan ke situ. Kita harus mengerti yang tidak baik dan
kita hindari itu. Kita memahami ini lewat pergaulan kita dengan Tuhan lewat doa
penyembahan dan lewat Firman bisa kita raba sebab Tuhan sudah memberi tahu.
Amos 3:7
3:7
Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya
kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.
Jadi Tuhan memberi tahu
dahulu. Utamanya yang lebih besar adalah sudah dekat aniaya 3,5 tahun
antikristus.
Ini semua peringatan bagi
kita bahwa waktu sudah mau berakhir. Ayo seperti Simeon, perhatikan apa yang
saudara dengar. Ayo seperti Isakhar, buka mata rohani saudara lihat apa yang
sedang terjadi dan apa yang akan terjadi ke depan. Olehnya itu lebih dekatlah
dengan Tuhan lewat hamba Tuhan yang Tuhan percayakan menggembalakan dan melatih
kita. Kalau ada pandangan nubuatan yang jelas otomatis kita selamat.
Jadilah umat Tuhan yang
lebih merindukan kedatangan Tuhan Yesus. Siapkanlah dirimu sehingga ketika
Tuhan berkata “Aku datang segera” dengan berani kita menjawab “Ya, datanglah
segera”.
Wahyu 22:20
22:20 Ia yang
memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang
segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!
Perkembangan dunia yang
harus kita lihat bukan sinetron, lalu perkembangan dunia kita kaitkan dengan
Firman supaya kita siap seperti Isakhar, tahu hari yang baik dan hari yang
jahat.
II Petrus 1:19
1:19
Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh
para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti
memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar
menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.
Tuhan perhadapkan pintu
Isakhar supaya kita juga memiliki suasana seperti itu. Tidak ada perkara yang
mustahil, ini bisa saudara miliki karena Tuhan yang berfirman. Kita memperhatikan Firman nubuatan
maka Tuhan memberikan pengertian.
3.
Pintu
Zebulon
Artinya hadiah. Arti nama
yang kedua mendiami.
Efesus 3:16-17
3:16 Aku
berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan
kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu,
3:17
sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta
berdasar di dalam kasih.
Itu sebenarnya hadiah.
Kita tidak mendapatkan hadiah dalam bentuk laptop, roti tawar, atau ikan
kerapu. Kalau Yesus diam dalam diri kita itu adalah hadiah yang luar biasa.
Tetapi bagaimana Tuhan Yesus mau diam di dalam diri kita kalau tidak mendengar
seperti Simeon yang menaruh perhatian pada apa yang didengar dan tidak seperti
Isakhar yang memiliki pandangan rohani yang sangat jauh dan tajam. Kalau
mendapat hadiah dan mendiami maka otomatis arti nama Zebulon yang ke 3 yaitu Allah beserta kita (Imanuel),
menjadi bagian kita.
Simeon ini mendengar.
I Samuel 15:22
15:22
Tetapi jawab Samuel: "Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan
korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan
lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada
lemak domba-domba jantan.
Isakhar adalah upah, upah
yang sangat berharga kalau kita memiliki pandangan nubuatan yang jelas, apalagi
kalau kita selamat.
Zebulon artinya hadiah,
mendiami, Allah beserta kita. Kalau Allah beserta kita itu adalah hadiah yang
Tuhan berikan kepada umatNya, Dia diam bersama dengan kita, Dia berjalan
bersama dengan kita.
Efesus 3:17
3:17
sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta
berdasar di dalam kasih.
Salah
satu malaikat yang mencurahkan bokor penghukuman mempertontonkan kota ini kepada
Yohanes. Kenapa? Supaya Yohanes sebagai hamba Tuhan tahu mengkondisikan jemaat
agar berada di kota ini. Begitu hebatnya kota ini sampai menjadi daya tarik
yang luar biasa kepada pahlawan iman yaitu Abraham dan lain-lain. Walaupun dikatakan oleh Firman Allah ada
kesempatan untuk mereka pulang tetapi mereka tidak mau sebab daya tarik kota
ini.
Dari
jauh mereka melambai-lambaikan tangan. Sudah berapa ribu tahun lampau mereka
melambaikan tangan. Sekarang ini tinggal beberapa saat lagi Tuhan sudah mau
datang, Yerusalem Baru sudah dekat. Kalau anak Tuhan dan pelayan Tuhan sekarang
bukannya tertarik, bukannya seperti pahlawan iman yang ada kesempatan untuk
pulang tetapi mereka tidak mau, malahan mereka mencari-cari kesempatan untuk
pulang. Yerusalem ada hubungannya
dengan pengajaran. Banyak yang mencari-cari kesempatan membuang pengajaran dan
mencari yang lain! Terlalu bodoh orang seperti itu.
Ibrani 11:10,13-16
11:10 Sebab ia menanti-nantikan kota yang mempunyai
dasar, yang direncanakan dan dibangun oleh Allah.
11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai
orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya
dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa
mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini.
11:14 Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan,
bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air.
11:15 Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat
akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai
kesempatan untuk pulang ke situ.
11:16 Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang
lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut
Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.
Kerinduan
hati mereka pada kota yang sedang kita bicarakan ini, kota Raja Besar, kota
Raja segala abad. Tanpa mereka mencari ada kesempatan untuk mereka pulang
tetapi mereka tidak mau. Kalau sekarang ini banyak orang mencari-cari
kesempatan untuk meninggalkan pengajaran. Bagaimana mau masuk di kota itu kalau
tanpa pengajaran yang benar.
Kalau
saja Tuhan mengatakan “Allah tidak mau
disebut Allah mereka”. Kebalikannya orang yang meninggalkan kota itu (meninggalkan pengajaran),
Yesaya 2:3
2:3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita
naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang
jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan
keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."
Allah
malu kalau mereka menyebut Allah itu Allah mereka! Tuhan tidak akan mau
mengakui mereka sebab mereka mempermalukan Tuhan. Katakan kepada Tuhan “Tuhan
saya tidak mau membuat Engkau malu mengakui saya”. Makanya saya harus mengakui
Yerusalem Baru dasarnya mahal, itulah pengajaran.
Tuhan
memberkati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar