20111120

Kebaktian Umum, Minggu 20 November 2011 Pdt. Bernard Legontu


Yehezkiel 7:22-27
22 Aku akan memalingkan wajah-Ku dari pada mereka dan perampok-perampok akan menajiskan rumah-Ku yang berharga; mereka akan masuk ke dalamnya dan menajiskannya,
23 serta memusnahkannya. Sebab negeri itu penuh hutang darah dan kota itu penuh kekerasan.
24 Aku akan membiarkan datang bangsa-bangsa yang paling kejam dan bangsa-bangsa ini akan mengambil rumah-rumah mereka menjadi miliknya; Aku akan mengakhiri kecongkakan mereka, yang ditimbulkan kekuatan mereka itu, dan tempat-tempat kudus mereka akan dinajiskan.
25 Ketakutan datang, dan mereka mencari keselamatan, tetapi tidak ada.
26 Bencana demi bencana akan datang, kabar demi kabar akan tersiar. Mereka akan menginginkan suatu penglihatan dari nabi, pengajaran hilang lenyap dari imam, dan nasihat dari tua-tua.
27 Raja akan berkabung dan pemimpin akan diliputi kekagetan dan tangan seluruh penduduk negeri itu menjadi lemas ketakutan. Aku akan perbuat terhadap mereka selaras dengan tingkah lakunya dan Aku akan menghakimi mereka selaras dengan cara mereka menghakimi. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

Di dalam Yehezkiel pasal 7 ini ada 6 kali Tuhan mengatakan akan menghakimi dan membalas selaras dengan tingkah laku mereka. Angka enam ini menunjuk pada angka manusia daging. Daging ini memang seteru daripada Tuhan, keinginan daging adalah seteru dari Roh Kudus.
Roma 8:6-8
6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.
7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.
8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.

Bangsa Israel tampil dengan kedagingan sehingga mereka benar-benar menjadi seteru Tuhan. Mereka adalah umat Tuhan, anak sulung Tuhan namun posisi bangsa Israel berubah menjadi musuhnya Tuhan. Ini menjadi pembelajaran bagi kita. Sekarang kita mengaku umat Tuhan, namun bila kita tampil dengan hawa nafsu daging maka hanya menjadi slogan kita sebagai umat Tuhan tetapi sesungguhnya kita telah memposisikan diri sebagai musuhnya Tuhan. Hal ini jangan sampai terjadi.

Dari tujuh sidang jemaat di Asia kecil yang menjadi contoh gereja Tuhan di akhir zaman ini ternyata ada sidang jemaat yang malah menjadi musuh Tuhan salah satunya adalah sidang jemaat Pergamus.
Apalah arti menyandang nama umat Tuhan tetapi kenyataannya adalah musuh Tuhan karena hidup dalam hawa nafsu daging.

Wahyu 2:16
Sebab itu bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang di mulut-Ku ini.

Apa yang menjadi pemicu kehidupan sidang jemaat Pergamus ini tampil dengan hawa nafsu daging? Karena di dalam sidang jemaat ada pengajaran campur, sudah bukan lagi pengajaran yang murni. Ini yang disenangi banyak orang tetapi Tuhan tidak setuju. Banyak orang Kristen yang suka menikmati pengajaran campur sehingga bertolak belakang dengan ketetapan tahbisan yang menekankan tentang Firman pengajaran yang sehat. Sebab ada pengajaran yang tidak sehat dan itulah yang diminati banyak orang di akhir zaman.
II Timotius 4:3-4
3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.
4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.

Tidak mengherankan bila sedikit orang yang meminati Firman Pengajaran yang benar sebab Firman Tuhan telah memberikan gambaran bahwa minta orang terhadap pengajaran yang tidak sehat itu lebih banyak. Jangan kita menganggap kalau jemaat banyak sudah jadi ukuran berkenan di hadapan Tuhan. Ukuran sidang jemaat berkenan kepada Tuhan adalah bila jemaat tersebut mendapat pelayanan Firman pengajaran yang benar yang dimulai dengan tahbisan hamba Tuhan yang melayani harus benar.

Apa sebabnya Tuhan akan menghukum Israel sesuai dengan perilaku mereka padahal mereka umat Tuhan? Sebab mereka menggalakan hawa nafsu daging/menumbuh kembangkan perbuatan daging dalam hidup mereka.

Galatia 5:19-21
19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
Tuhan merindukan kita berbuahkan buah Roh.
Galatia 5:22-23
22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Buah Roh ini dikelompokkan menjadi 3:
Ø  Yang terkait langsung kepada Tuhan: kasih, sukacita, damai sejahtera
Ø  Yang terkait langsung kepada sesama: kesabaran, kemurahan, kebaikan
Ø  Yang terkait langsung kepada diri sendiri: kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.

Oleh karena bangsa Israel hidup dalam perbuatan daging, hawa nafsu daging, sehingga penghukuman Tuhan harus mereka alami.
Apa yang menjadi pemicu sehingga bangsa Israel hidup dalam hawa nafsu daging?
Ada tiga penyebab utama :

1.      Menolak Firman nubuatan yang disampaikan oleh nabi
Firman nubuatan memaparkan sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang. Hal-hal yang akan terjadi di depan sudah disampaikan sekarang oleh Firman nubuatan. Ini yang ditolak oleh bangsa Israel. Padahal penampilan Firman nubuatan yang disampaikan oleh nabi ini adalah untuk mendorong mereka berjumpa dengan bintang timur. Siapa bintang timur? Itulah Tuhan Yesus.

Wahyu 22:16
"Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."

Firman nubuatan menunjukkan jauh ke depan pada penampilan Tuhan Yesus, bintang timur yang gilang-gemilang, supaya kita mempunyai gairah untuk bertemu dengan Tuhan Yesus pribadi yang tanpa cacat dan cela. Dengan demikian kita mau menerima Firman untuk dibasuh dan disucikan oleh Firman supaya kita pantas dan layak bertatap muka dengan Tuhan Yesus, itulah tujuan dari Firman nubuatan. Hal ini yang ditolak oleh bangsa Israel dan sekarang ini juga banyak ditolak oleh banyak gereja Tuhan. Banyak kehidupan Kristen yang tidak memiliki gairah untuk memperhatikan dengan cermat hal-hal apa yang akan terjadi di depan ini lewat Firman Nubuatan.

II Petrus 1:19
Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.
II Petrus 1:19 (Terjemahan Bahasa Inggris)
We have also a more sure word of prophecy (=Firman nubuatan); whereunto ye do well that ye take heed, as unto a light that shineth in a dark place, until the day dawn, and the day star arise in your hearts:

Orang Israel bukannya menerima Firman nubuatan mereka malah mengolok-olok. Itu juga yang terjadi di akhir zaman dan yang tampil mengolok adalah orang yang mengaku Kristen. Jangan kita menambah jumlah pengolok Firman nubuatan.

II Tawarikh 36:16
Tetapi mereka mengolok-olok utusan-utusan Allah itu, menghina segala firman-Nya, dan mengejek nabi-nabi-Nya. Oleh sebab itu murka TUHAN bangkit terhadap umat-Nya, sehingga tidak mungkin lagi pemulihan.

II Petrus 2:2-4
2 supaya kamu mengingat akan perkataan yang dahulu telah diucapkan oleh nabi-nabi kudus dan mengingat akan perintah Tuhan dan Juruselamat yang telah disampaikan oleh rasul-rasulmu kepadamu.
3 Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya.
4 Kata mereka: "Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan."

Di mana janji tentang kedatangan Tuhan ini disampaikan? Di dalam gereja-gereja. Dan pengolok-pengolok ini tampil dari dalam gereja-gereja. Sebab itu jangan kaget bila melihat pengolok ini malah tampil dari orang Kristen. Jelas di sini orang-orang tersebut menjadi pengejek oleh sebab mereka hidup menuruti hawa nafsunya. Hal ini sama persis dengan keadaan bangsa Israel di dalam kitab nabi Yehezkiel pasal 7 di mana mereka hidup dalam hawa nafsu daging dan akhirnya menerima penghukuman Tuhan.

2.      Menolak Firman pengajaran yang disampaikan oleh imam
Yehezkiel 7:26
Bencana demi bencana akan datang, kabar demi kabar akan tersiar. Mereka akan menginginkan suatu penglihatan dari nabi, pengajaran hilang lenyap dari imam, dan nasihat dari tua-tua.

Bangsa Israel menolak Firman pengajaran dan di saat bencana itu datang mereka menginginkan Firman Pengajaran namun sudah tidak ada. Ini juga yang akan terjadi bagi kehidupan yang menolak Firman Pengajaran, di saat hari Tuhan datang mereka ingin untuk mendengar Firman namun sudah tidak ada lagi.

Zefanya 1:7, 14, 17
7 Berdiam dirilah di hadapan Tuhan ALLAH! Sebab hari TUHAN sudah dekat. Sungguh TUHAN telah menyediakan perjamuan korban dan telah menguduskan para undangan-Nya.
14 Sudah dekat hari TUHAN yang hebat itu, sudah dekat dan datang dengan cepat sekali! Dengar, hari TUHAN pahit, pahlawan pun akan menangis.
17 Aku akan menyusahkan manusia, sehingga mereka berjalan seperti orang buta, sebab mereka telah berdosa kepada TUHAN. Darah mereka akan tercurah seperti debu dan usus mereka seperti tahi.

Dalam Ayat di atas terlihat dua hal yang amat bertolak belakang di hari kedatangan Tuhan. Ayat 14 dan ayat 17 menceritakan betapa dahsyatnya kengerian yang akan dialami oleh manusia yang tetap berdosa dan tidak mengalami penyucian sebab menolak Firman Pengajaran. Sementara itu pada ayat 7 ada perjamuan yang disediakan bagi yang menerima Firman pengajaran dan telah dikuduskan, yaitu perjamuan kawin Anak Domba Allah.

Seharusnya Firman pengajaran yang sehat ini yang kita minati, yang berkuasa menyucikan dosa dan mempersiapkan kita berjumpa dengan Tuhan. Namun banyak orang yang lebih suka pada pengajaran campur, seperti sidang jemaat Tiatira yang membiarkan perempuan Izebel mengajar. Sehingga Tuhan berkata bila mereka tidak bertobat maka akan dilemparkan pada kesukaran yang besar. Itulah kesukaran besar pada zaman antikristus. Yang mana yang kita pilih masuk pada kesukaran yang besar atau masuk pada kesukaan yang besar? Itu tergantung dari sikap kita terhadap Firman pengajaran. Jangan kita tidak serius dalam mendengarkan Firman Tuhan. Biarlah kita lebih bersukacita untuk mendengar Firman walaupun daging kita harus di sayat-sayat oleh Firman Tuhan. Lebih baik sekarang ini Firman Tuhan yang menyayat daging kita dari pada nanti disayat-sayat oleh pedang antikristus.

Imam ada kaitannya dengan Firman pengajaran.
Maleakhi 2:6-7
6 Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.
7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.

Apa tujuan akhir dari Firman pengajaran ini?
Hosea 6:3
Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."

Hujan itu berbicara Firman pengajaran.
Ulangan 32:2
Mudah-mudahan pengajaranku menitik laksana hujan, perkataanku menetes laksana embun, laksana hujan renai ke atas tunas muda, dan laksana dirus hujan ke atas tumbuh-tumbuhan.

Firman pengajaran ini menampilkan bintang fajar, bintang timur, itulah Tuhan Yesus.
Kita sangat berbahagia bila berada di dalam pelayanan Firman nubuatan dan Firman pengajaran yang kedua-duanya mendorong kita untuk berjumpa dengan Tuhan Yesus.

Ibrani 12:10-11
10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.
Firman pengajaran diberikan untuk menguduskan kita supaya layak jumpa dengan Tuhan Yesus. Inilah yang tidak disenangi oleh daging. Kesukaan daging harus dipangkas oleh Firman pengajaran, hoby yang mengenakkan daging harus dihentikan oleh Firman pengajaran.

Pada kenyataannya Firman pengajaran ini banyak dinista dan ditolak oleh orang banyak.
Yesaya 5:24
Sebab itu seperti lidah api memakan jerami, dan seperti rumput kering habis lenyap dalam nyala api, demikian akar-akar mereka akan menjadi busuk, dan kuntumnya akan beterbangan seperti abu, oleh karena mereka telah menolak pengajaran TUHAN semesta alam dan menista firman Yang Mahakudus, Allah Israel.

Bila kita menolak Firman pengajaran maka keadaan kita seperti jerami yang akan berakhir pada pembakaran, kebinasaan. Namun bila kita mau menerima Firman pengajaran maka keadaan kita diubahkan dari tanah menjadi emas dan perak. Artinya tampil seperti emas dan perak adalah kehidupan yang dibersihkan dan disucikan oleh Firman pengajaran akan dipakai oleh Tuhan untuk maksud mulia. Dan tidak berhenti sampai di sana tetapi sampai dipermuliakan bersama dengan Tuhan Yesus ketika Ia datang kembali.

II Timotius 2:20-21
2:20 Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia.
2:21 Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.

Yesaya 42:21
TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Pengajaran ini Tuhan berikan lewat suara gembala yang diulang-ulang dengan maksud supaya Firman pengajaran ini benar-benar tertancap didalam hati sidang jemaat dan tidak ada yang bisa mencabutnya lagi.
Pengkhotbah 12:11
Kata-kata orang berhikmat seperti kusa dan kumpulan-kumpulannya seperti paku-paku yang tertancap, diberikan oleh satu gembala.

3.      Menolak nasihat yang disampaikan oleh tua-tua
Ayub 12:12
Konon hikmat ada pada orang yang tua, dan pengertian pada orang yang lanjut umurnya.

Nasihat itu berangkat dari orang yang tua. Ini yang dilakukan Elihu sahabat Ayub yang masih muda. Saat orang tua berbicara, Elihu yang muda berdiam diri dan setelah yang tua berhenti berbicara maka yang muda bisa berbicara.
Ayub 32:6-9
32:6 Lalu berbicaralah Elihu bin Barakheel, orang Bus itu: "Aku masih muda dan kamu sudah berumur tinggi; oleh sebab itu aku malu dan takut mengemukakan pendapatku kepadamu.
32:7 Pikirku: Biarlah yang sudah lanjut usianya berbicara, dan yang sudah banyak jumlah tahunnya memaparkan hikmat.
32:9 Bukan orang yang lanjut umurnya yang mempunyai hikmat, bukan orang yang sudah tua yang mengerti keadilan.
32:8 Tetapi roh yang di dalam manusia, dan nafas Yang Mahakuasa, itulah yang memberi kepadanya pengertian.

Kolose 1:28
Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.
Firman nubuatan, Firman pengajaran, dan nasihat ini menjadi satu untuk membawa kita kepada kesempurnaan untuk bisa berjumpa dengan Tuhan Yesus Kristus.

Akibat menolak Firman nubuatan, Firman pengajaran dan nasihat maka bangsa Israel harus merasakan lima perkara :

1.      Tuhan memalingkan wajahNya
Yehezkiel 7:22
22 Aku akan memalingkan wajah-Ku dari pada mereka dan perampok-perampok akan menajiskan rumah-Ku yang berharga; mereka akan masuk ke dalamnya dan menajiskannya

Ulangan 11:11-12
11 Tetapi negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, ialah negeri yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit;
12 suatu negeri yang dipelihara oleh TUHAN, Allahmu: mata TUHAN, Allahmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun.

Awalnya keadaan Israel berada di dalam perhatian Tuhan, wajah Tuhan di arahkan kepada mereka. Mata Tuhan selalu memperhatikan dan mengawasi serta mengawal mereka. Tetapi akhirnya Tuhan membelakangi mereka sebab penolakan mereka pada tiga perkara di atas sehingga tidak ada lagi pengawasan dan perlindungan Tuhan. Setelah Tuhan memalingkan wajahNya maka tampillah perkara yang kedua.

2.      Perampok-perampok tampil
Yehezkiel 7:22-23
22 Aku akan memalingkan wajah-Ku dari pada mereka dan perampok-perampok akan menajiskan rumah-Ku yang berharga; mereka akan masuk ke dalamnya dan menajiskannya
23 serta memusnahkannya. Sebab negeri itu penuh hutang darah dan kota itu penuh kekerasan.

Bila Tuhan memalingkan wajahNya dari pribadi seseorang maka roh perampok itu akan bergentayangan di dalam kehidupannya. Artinya kehidupan kekristenannya akan dijarah oleh roh perampok, perkara-perkara rohani itu hilang dari kehidupannya. Bahkan perampok ini akan tampil dalam bentuk gembala dan ini lebih berbahaya. Jangan sampai gembala tampil sebagai perampok sebab tidak hidup di dalam terang dan bergerak di dalam kegelapan. Perampok itu adalah gembala yang hidup di dalam kegelapan dan menjadi pesaing dari gembala yang benar.

Yohanes 10:1
 "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok;

Tidak sedikit pendeta dan gembala yang menjadi perampok karena hidup di dalam kegelapan, nikahnya gelap, hidup di dalam kenajisan. Dan mereka juga tampil dengan gaya sukacita sehingga menipu banyak sidang jemaat.

Yeremia 50:11
Sekalipun kamu bersukacita dan beria-ria, hai orang-orang yang merampok milik-Ku, sekalipun kamu melompat-lompat seperti anak lembu di padang rumput, dan meringkik seperti kuda-kuda jantan,

Sukacita yang benar tampil dengan kebenaran, sukacita yang benar adalah hasil pekerjaan pedang Firman pengajaran.

Contoh :
Maleakhi 4:2
Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran (bintang fajar/bintang timur) dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang.

3.      Rumah Tuhan dinajiskan
Yehezkiel 7:22, 24
22 Aku akan memalingkan wajah-Ku dari pada mereka dan perampok-perampok akan menajiskan rumah-Ku yang berharga; mereka akan masuk ke dalamnya dan menajiskannya,
24 Aku akan membiarkan datang bangsa-bangsa yang paling kejam dan bangsa-bangsa ini akan mengambil rumah-rumah mereka menjadi miliknya; Aku akan mengakhiri kecongkakan mereka, yang ditimbulkan kekuatan mereka itu, dan tempat-tempat kudus mereka akan dinajiskan.

Ayat 22 mengatakan bahwa rumah Tuhan yang dinajiskan. Rumah Tuhan itulah tubuh kita.
Akibat ketiga bila menolak nubuat, pengajaran dan nasihat adalah hidup di dalam kenajisan.

I Korintus 6:19-20
6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Ayat 24 mengatakan bahwa rumah mereka, bangsa Israel, akan diambil. Ini berbicara rumah tangga /
nikah yang akan dihancurkan akan dijarah habis-habisan oleh roh perampok ini, sehingga tidak ada lagi hal-hal rohani di dalam nikah.

4.      Dikejar oleh pedang
Yehezkiel 39:23-24
23 Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa karena kesalahannya kaum Israel harus pergi ke dalam pembuangan, dan sebab mereka berobah setia terhadap Aku, Aku menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka. Dan Aku menyerahkan mereka ke dalam tangan lawan-lawannya dan mereka semuanya mati rebah oleh pedang.
24 Selaras dengan kenajisan dan durhaka mereka Kuperlakukan mereka dan Kusembunyikan wajah-Ku terhadap mereka.

Sebab menolak Firman nubuatan, Firman pengajaran dan nasihat maka Tuhan memalingkan wajah dan akibatnya adalah dikejar oleh pedang. Dahulu bangsa Israel dikejar oleh pedang orang Kasdim. Pedang yang akan mengejar kehidupan di akhir zaman ini adalah pedang antikristus.
Yang di dalam bela sampar/kelaparan, yang di luar pedang.

Yehezkiel 7:14-15
7:14 Tiuplah sangkakala dan sediakanlah segala sesuatu! Tetapi seorang pun tidak maju berperang, sebab kehangatan murka-Ku tertimpa atas segala kegemparan mereka.
7:15 Pedang ada di luar kota, sampar dan kelaparan ada di dalam. Barangsiapa yang di luar kota akan mati karena pedang, dan barangsiapa yang di dalam kota akan binasa oleh kelaparan dan sampar.


Wahyu 6:3-8
6:3 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kedua, aku mendengar makhluk yang kedua berkata: "Mari!"
6:4 Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar.
6:5 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya.
6:6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."
6:7 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keempat, aku mendengar suara makhluk yang keempat berkata: "Mari!"
6:8 Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hijau kuning dan orang yang menungganginya bernama Maut dan kerajaan maut mengikutinya. Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang, dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang di bumi.

5.      Dibuang
Yehezkiel 39:23
Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa karena kesalahannya kaum Israel harus pergi ke dalam pembuangan, dan sebab mereka berobah setia terhadap Aku, Aku menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka. Dan Aku menyerahkan mereka ke dalam tangan lawan-lawannya dan mereka semuanya mati rebah oleh pedang.

Dibuang artinya adalah terlepas dari persekutuan Tubuh Kristus. Dahulu bangsa Israel dibuang secara hurufiah namun kepada orang yang sekarang menolak nubuatan, pengajaran dan nasihat maka di depan ini Tuhan akan membuang secara rohani dari pembentukan Tubuh Kristus.
Jangan sampai kita hidup seperti bangsa Israel, biarlah apa yang dialami bangsa Israel menjadi pembelajaran bagi kita.

Roma 15:4
Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.

I Korintus 10:11
Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.


Apa hasilnya bila wajah Tuhan diarahkan kepada kita?
Ulangan 6:24-26
24 TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
25 TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
26 TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

1.      Tuhan memberkati
Berkat Tuhan bukan diukur dari berkat jasmani namun dari berkat-berkat rohani yang melimpah sehingga kita bisa mengucap syukur. Bukti kita diberkati oleh Tuhan adalah kita bisa mengucap syukur dalam segala perkara.

2 Korintus 9:11-12
9:11 kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami.
9:12 Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah.

2.      Tuhan melindungi
Mazmur 91:14
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Tuhan mengarahkan wajahNya kepada kita bila hati kita melekat kepada Tuhan maka Tuhan yang tampil melindungi kita. Tuhan membentengi kita bila kita mengenal namaNya.

Bagaimana supaya bisa mengenal nama Tuhan? Lewat mendengar dan menerima Firman pengajaran.
Hosea 6:3
Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."



Yohanes pembaptis sangat mengenal Tuhan Yesus.
Yohanes 1:30
Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
Di sini Yohanes menunjukkan keberadaan Ilahi dari Tuhan Yesus, ini menunjuk pada pintu gerbang.

Yohanes 1:29
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
Di sini Yohanes menunjuk pengorbanan Tuhan Yesus, ini menunjuk pada mezbah korban bakaran.

Yohanes 1:33
Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.
Di sini Yohanes menunjuk Tuhan Yesus sebagai pembaptis Roh Kudus, ini menunjuk pada pintu kemah.

Yohanes 3:29
Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh. = Peti Perjanjian (Tabut Perjanjian)

Pengenalan Yohanes meningkat sampai mengenal Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki dan dia sebagai sahabat mempelai senang mendengarkan suara Tuhan.
Apalagi kita yang menjadi calon mempelai wanita Tuhan seharusnya lebih senang lagi mendengarkan suara Tuhan lewat FirmanNya.

3.      Tuhan memberi kasih karunia
Ada beberapa contoh di dalam Alkitab kehidupan yang mendapat kasih karunia :
Ø  Nuh mendapatkan kasih karunia, maka dia membangun bahtera dan lepas dari penghukuman Allah. Ditunjukkan jalan keselamatan lewat membangun bahtera.
Kejadian 6:8
Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.

Ø  Yusuf mendapat kasih karunia sehingga dia dipercaya untuk memelihara umat Tuhan di masa kelaparan.
Kisah Para Rasul 7:9-10
9 Karena iri hati, bapa-bapa leluhur kita menjual Yusuf ke tanah Mesir, tetapi Allah menyertai dia,
10 dan melepaskannya dari segala penindasan serta menganugerahkan kepadanya kasih karunia dan hikmat, ketika ia menghadap Firaun, raja Mesir. Firaun mengangkatnya menjadi kuasa atas tanah Mesir dan atas seluruh istananya.

Ø  Daud mendapat kasih karunia dan buktinya dia mendapat kasih karunia karena adanya kerinduan hati untuk membangun bait Allah. Kita yang mendapat kasih karunia Tuhan harus membuktikan dengan memiliki kerinduan untuk dibangun menjadi bait Allah, menjadi Tubuh Kristus, menjadi mempelai perempuan Tuhan Yesus.
Kisah Para Rasul 7:46
Daud telah mendapat kasih karunia di hadapan Allah dan ia memohon, supaya ia diperkenankan untuk mendirikan suatu tempat kediaman bagi Allah Yakub.

Ø  Musa mendapat kasih karunia dan dia minta kepada Tuhan untuk berjalan bersama Musa dan bangsa Israel.
Keluaran 34:9a
serta berkata: "Jika aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, ya Tuhan, berjalanlah kiranya Tuhan di tengah-tengah kami;

Keluaran 33:13, 16-17
33:13 Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu."
33:16 Dari manakah gerangan akan diketahui, bahwa aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, yakni aku dengan umat-Mu ini? Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini?"
33:17 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Juga hal yang telah kaukatakan ini akan Kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia di hadapan-Ku dan Aku mengenal engkau."


Saat Tuhan berjalan dengan bangsa Israel maka ada perbedaan antara bangsa Israel yang adalah umat Tuhan dengan bangsa-bangsa lain. Kita anak Tuhan harus tampil beda, jangan tampil sama dengan dunia.

Roma 12:1-2
12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

1 Petrus 2:5
Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

Roma 6:13
Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.


Biarlah wajah Tuhan yang ditujukan kepada kita sehingga benar-benar kita nikmati dan kita benar-benar mencintai Firman Pengajaran, mau menerima Firman nubuatan dan juga nasihat supaya kita berhasil masuk pada penyingkiran gereja menjadi Mempelai Perempuan untuk Kristus Mempelai Pria Sorga.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar