20121114

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 14 November 2012 Pdt. Bernard Legontu



Puji Tuhan, salam sejahtera dalam nama Tuhan Yesus Kristus kekasih jiwa kita Mempelai Pria Sorga.

Yehezkiel 38:1-4
1 Datanglah firman TUHAN kepadaku:
2 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Gog di tanah Magog, yaitu raja agung negeri Mesekh dan Tubal dan bernubuatlah melawan dia
3 dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal.
4 Aku akan menarik engkau dengan mengenakan kelikir pada rahangmu dan membawa engkau ke luar beserta seluruh tentaramu, yaitu pasukan berkuda, semuanya berpakaian lengkap, suatu kumpulan orang banyak dengan perisai besar dan kecil dan semuanya berpedang di tangannya.

Mesekh adalah bahasa Ibrani, dalam bahasa gerikanya adalah Moschi. Tubal inilah orang-orang yang disebut Tiberene yaitu suatu suku bangsa yang berada di wilayah Rusia, Tiberene ini berdampingan dengan Moschi dan keduanyalah yang akhirnya membentuk Rusia modern sekarang ini. Nama Moskow diambil dari kata Moschi atau Mesekh.

3 kali disebutkan “dari utara sekali” ini menunjuk bagian dari bangsa Rusia.
Yehezkiel 38:6,15; 39:2
38:6 orang Gomer dengan seluruh bala tentaranya, Bet-Togarma dari utara sekali dengan seluruh bala tentaranya, banyak bangsa menyertai engkau.
38:15 dan datang dari tempatmu dari utara sekali, engkau dengan banyak bangsa yang menyertai engkau, mereka semuanya mengendarai kuda, suatu kumpulan yang besar dan suatu pasukan yang kuat.
39:2 dan Aku akan menarik dan menuntun engkau dan Aku akan mendatangkan engkau dari utara sekali dan membawa engkau ke gunung-gunung Israel.

Ini adalah nubuatan yang kedua belas dari dua belas nubuatan besar yang ada dalam kitab Yehezkiel. Kita harus memahami bahwa nubuatan tidak datang dari akal pikiran manusia namun datang dari Roh Kudus, dengan kata lain kalau kita mempelajari nubuatan ini kita berhadapan dengan Roh Kudus.
II Petrus 1:21
sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Ketika mendengarkan ungkapan yang terdapat pada nubuatan yang sekarang sedang digenapi dan akan digenapi baik dipentas timur tengah dan juga di seluruh muka bumi, utamanya terhadap gereja Tuhan, lalu sedikit saja kita berpandangan miring sama dengan kita akan berhadapan dengan Roh Kudus. Berarti kita melangkah untuk mendukakan Roh Kudus sehingga memadamkan Roh Kudus dan akan berakhir menghujat Roh Kudus, menjadi musuh dari Roh Kudus. Itu sebabnya ketika kita mendengarkan ungkapan nubuatan-nubuatan Firman Allah marilah kita memiliki hati yang terbuka dan jangan sampai kita melawan atau tidak setuju sebab itu sama dengan kita berhadapan dengan Roh Kudus.

Mesekh artinya tinggi besar, Tubal artinya produksi. Himpunan yang besar ini datang menekan himpunan yang kecil. Di atas kertas terlihat jelas yang kecil ini tidak berdaya. Hal ini telah dibuktikan ketika Israel yang baru merdeka diserbu oleh aliansi tentara arab dalam jumlah yang besar tetapi Israel tidak terkalahkan karena Tuhan sudah janji bahwa mereka akan dikembalikan dari berbagai penjuru dunia untuk dipersiapkan bertemu dengan Mesias.

Untuk kita gereja Tuhan sekarang utamanya yang mau meningkatkan kerohanianya jumlahnya tidak banyak dan hanya sedikit sedangkan yang akan menghadang kita sangat banyak. Tetapi kalau kita memiliki kerinduan hati untuk mengangkat mutu kerohanian kita maka sekalipun banyak yang akan menghimpit namun kita tidak akan dikalahkan karena Tuhan berkenan kepada kita.
Lukas 12:32
Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

Artinya bagi kehidupan yang berkarakter domba dan mau meningkatkan kerohaniannya Tuhan sudah berfirman jangan takut. Dengan melihat apa yang terjadi pada bani Israel secara fisik maka itu juga bisa kita alami secara rohani yaitu tantangan yang besar. Bagaimana sikap kita saat mengalami ini? Apakah kita akan menyerah? Kita tidak boleh menyerah, kalau kita menyerah berarti tidak melihat Kristus ada bersama-sama dengan kita. Tetapi kalau kita mau terus menghadapi semua musuh ini maka kita bersama-sama dengan Tuhan dan siapakah lawan kita.
Roma 8:31
Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Mazmur 91:14
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Namun acap kali kita langsung menyerah seperti orang Yabes Gilead yang langsung menyerah kepada Nahas. Untung hal itu didengar oleh Saul yang saat itu baru menjadi raja dan dia datang menyelamatkan. Nahas artinya desis ular. Kadangkala baru mendengar desis ular sudah ketakutan dan menjadi lemas, itu tanda orang tersebut tidak percaya bahwa ada Tuhan beserta dengannya.

Ulangan 7:7
Bukan karena lebih banyak jumlahmu dari bangsa mana pun juga, maka hati TUHAN terpikat olehmu dan memilih kamu -- bukankah kamu ini yang paling kecil dari segala bangsa? --

3 kali disebutkan “Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal”.
Yehezkiel 38:2-3; 39:1
38:2 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Gog di tanah Magog, yaitu raja agung negeri Mesekh dan Tubal dan bernubuatlah melawan dia
38:3 dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal.
39:1 Dan engkau, anak manusia, bernubuatlah melawan Gog dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal

Ada raja agung yang lain. Kita ada dipihak raja agung yang mana?

Kata Gog ada 13 kali disebutkan. Ini mengingatkan kita kepada Nimrod keturunan ke-13 dari Adam yang bangkit melawan Tuhan setelah air bah terjadi. Kemudian dalam Yehezkiel pasal 38 muncul juga kehidupan yang melawan Tuhan dan akan muncul lagi pada Wahyu 20:8. Kita berada pada lingkup ini yaitu adanya kekuatan yang melawan Tuhan tetapi sasarannya adalah gereja Tuhan.

Dalam Yehezkiel 38 dinubuatkan penampilan Gog ini adalah menjelang kerajaan 1000 tahun damai berarti gereja Tuhan sekarang ini harus bersiap untuk berhadapan dengan hal ini. Dan setelah kerajaan 1000 tahun damai Gog ini muncul kembali. Iblis selalu berupaya untuk menghancurkan Mesias dan pengikut-pengikutNya, tetapi hal ini mustahil untuk terjadi. Ini adalah mimpi iblis yang sia-sia namun dia selalu berupaya kalau bisa hal ini menjadi kenyataan.
Wahyu 20:8-10
8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.
9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka,
10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Sesudah kerajaan 1000 tahun damai, Gog ini muncul lagi dan menghimpun orang-orang yang mati di luar Tuhan yang dibangkitkan setelah kerajaan 1000 tahun damai. Ini adalah kebangkitan gelombang yang kedua. Yang pertama kali adalah menjelang kerajaan 1000 tahun damai, sesudah 3,5 tahun aniaya antikristus. Ketika itu orang yang masih hidup diubahkan dan yang mati dibangkitkan lalu bersama-sama menerima tubuh kebangkitan untuk bertemu dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga di awan-awan yang permai dan selama 75 hari berada di angkasa.
70 adalah angka keberhasilan. Artinya kita berhasil menguasai markasnya iblis.
5 adalah kemurahan. Artinya keberhasilan kita karena ada kemurahan Tuhan.
Setelah bumi dibersihkan kita turun berkerajaan 1000 tahun damai di bumi ini.

Ternyata sebagian besar keturunan Yafet yaitu 4 keturunan dari 7 orang anaknya telah bergerak lain. Termasuk di dalamnya adalah Yawan, Gomer, Mesekh dan Tubal. Yang ditonjolkan disini adalah Mesekh dan Tubal. Jangan sampai kita terbawa arus gerakan Mesekh dan Tubal. Gog ini muncul pada akhir zaman dan sekarang kita melihat apa yang terjadi di Timur Tengah jelas adalah penggenapannya. Gereja Tuhan juga sedang digarap oleh Tuhan dan tantangannya kita akan berhadapan dengan himpunan manusia yang banyak.
Wahyu 17:15
Lalu ia berkata kepadaku: "Semua air yang telah kaulihat, di mana wanita pelacur itu duduk, adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.

Dari utara sekali yaitu Gog akan beraliansi dengan yang dari selatan itulah Etiopia, Kusy, Put yang termasuk di dalamnya adalah Libya, Aljazair, Tunisia, Maroko dan hampir semua Afrika. Mereka akan mengepung Israel.
Mengapa pusat peperangan dunia yang terakhir justru di Timur Tengah?
1.      Titik pertemuan 3 benua yaitu Asia, Eropa dan Afrika.
2.      65% sumber kekayaan dunia ada di sana.
3.      Yerusalem merupakan masalah dunia yang tidak pernah selesai.
Zakharia 12:3
Maka pada waktu itu Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu untuk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya pastilah mendapat luka parah. Segala bangsa di bumi akan berkumpul melawannya.

4.      Yesus akan turun di sana.
Zakharia 14:2-4
2 Aku akan mengumpulkan segala bangsa untuk memerangi Yerusalem; kota itu akan direbut, rumah-rumah akan dirampoki dan perempuan-perempuan akan ditiduri. Setengah dari penduduk kota itu harus pergi ke dalam pembuangan, tetapi selebihnya dari bangsa itu tidak akan dilenyapkan dari kota itu.
3 Kemudian TUHAN akan maju berperang melawan bangsa-bangsa itu seperti Ia berperang pada hari pertempuran.
4 Pada waktu itu kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar; setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan.

Itulah sebabnya iblis mobilisasi bangsa kesana,
Yoel 3:11-12
11 Bergeraklah dan datanglah, hai segala bangsa dari segenap penjuru, dan berkumpullah ke sana! Bawalah turun, ya TUHAN, pahlawan-pahlawan-Mu!
12 Baiklah bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah Yosafat, sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi segala bangsa dari segenap penjuru.

5.      Di mana dahulu di Yerusalem Yesus di hina maka di sana Yesus akan dipermuliakan.

Semua ini telah dinubuatkan oleh Yehezkiel ± 2600 tahun yang lampau. Kalau gereja Tuhan terutama hamba Tuhan buta dan tidak melihat apa yang sedang terjadi baik secara kasat mata di Timur Tengah apalagi rohani, maka hancurlah kita gereja Tuhan.

Oleh sebab itu hamba Tuhan harus banyak melihat kejadian di dunia ini dan mereferensikan dengan apa kata Firman Tuhan supaya jangan kita salah langkah (arah).

Sekarang ini apakah kita merasa seperti Israel dan mau meningkatkan mutu rohani kita? Tanpa diundang Gog dan Magog ini pasti akan menghimpit kita, ada kekuatan besar yang akan menghadang gereja Tuhan.

Yehezkiel 27:13
Yawan, Tubal dan Mesekh berdagang dengan engkau; mereka menukarkan budak-budak, barang-barang tembaga ganti barang-barang daganganmu.

Mereka memperdagangkan manusia dan mereka ini banyak. Artinya orang yang berbuat seperti ini banyak sekali dan mereka akan menyelinap di dalam gereja Tuhan. Mereka berpikir gereja Tuhan kecil sehingga gampang dihimpit sama seperti Israel secara jasmani.

Yoel 3:6
dan telah menjual orang-orang Yehuda dan orang-orang Yerusalem kepada orang Yunani dengan maksud menjauhkan mereka dari daerah mereka.

Tirus yang bekerja sama dengan Mesekh, Tubal dan Yawan menjual manusia bahkan menjual orang Yehuda yang adalah jalur keturunan yang melahirkan Tuhan Yesus. Berarti menjual Yehuda sama dengan menjual Yesus dan menjual Yesus sama dengan menjual kepala, sama dengan menjual pengajaran kepala. Jangan sampai pengajaran Kepala yaitu Kabar Mempelai kita jual, jangan kita lepaskan. Kalau sampai melepaskan Kabar Mempelai karena perkara jasmani berarti dimasuki oleh roh Mesekh dan Tubal.

Tidak ada nubuatan yang lahir dari pikiran manusia tetapi dari Roh Kudus. Kalau kepada kita diungkapkan kegenapan nubuatan ini dan kita berpikir miring berarti kita sudah berlawanan dengan Roh Kudus. Dan kalau itu ada dalam diri kita itu sama dengan kita telah melawan arus pekerjaan Roh Kudus di dalam diri kita.

Menjual Yerusalem berarti menjual Tubuh Kristus, Mempelai Wanita Tuhan. Artinya lepas dari pembentukan Tubuh Kristus. Anak muda remaja jangan sampai menjual Tuhan Yesus, menukar Pengajaran Kepala dengan perkara yang lain hanya karena mau menikah atau karena mau mengejar pendidikan. Mungkin bisa meraih keuntungan secara jasmani tetapi sebenarnya sudah rugi perkara yang rohani dan akhirnya binasa.

Kalau meremehkan berita Kepala maka ada yang sudah siap merangkul saudara, kalau bukan dunia pasti kenajisan!

Kita perhatikan di sini bahwa kehidupan yang menjual Yehuda dan menjual Yerusalem arti melepaskan Kabar Kepala dan lepas dari pembentukan Tubuh Kristus adalah musuh Tuhan! Kalau kita mempermainkan Kabar Kepala ini sama dengan memposisikan diri menjadi musuhnya Tuhan. Suami istri jangan mempermainkan kabar ini, saudara telah digembalakan dengan pengajaran kabar Mempelai dan inilah Kabar Kepala. Ketika akan terbuka keran perbantahan maka segeralah tutup supaya jangan berkelanjutan pertengkaran di dalam rumah tangga.
Amsal 20:3
Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak.

I Tesalonika 2:13
Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi -- dan memang sungguh-sungguh demikian -- sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya.
Kalau benar kita memandang Firman Tuhan yang disampaikan oleh hamba Tuhan sebagai suara Tuhan maka ada kuasanya untuk mengubahkan kita. Tetapi kalau menganggap itu hanya suara manusia maka berhentilah pekerjaan Firman di dalam dirimu.
Yoel 3:6-8
6 dan telah menjual orang-orang Yehuda dan orang-orang Yerusalem kepada orang Yunani dengan maksud menjauhkan mereka dari daerah mereka.
7 Sesungguhnya Aku akan menggerakkan mereka dari tempat ke mana kamu menjual mereka, dan Aku akan membalikkan perbuatanmu itu ke atas kepalamu sendiri.
8 Aku akan menjual anak-anakmu laki-laki dan perempuan kepada orang-orang Yehuda dan mereka akan menjual anak-anakmu itu kepada orang-orang Syeba, kepada suatu bangsa yang jauh, sebab TUHAN telah mengatakannya."

Pada ayat di atas terlihat ada pembalasan dari Tuhan. Jangan kaget kalau kita akan berhadapan dengan hal-hal yang rumit dalam rumah tangga dan pelayanan kalau kita menjual Yehuda dan Yerusalem. Jangan karena keuntungan lahiriah kita rela melepas pengajaran kepala dan roh Mempelai.

3 kali disebutkan “Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal”. 3 kali disebutkan berarti Gog ini mau menyaingi Raja Agung yang di Sorga yaitu Tritunggal Allah.
Yehezkiel 38:2-3; 39:1
38:2 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Gog di tanah Magog, yaitu raja agung negeri Mesekh dan Tubal dan bernubuatlah melawan dia
38:3 dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal.
39:1 Dan engkau, anak manusia, bernubuatlah melawan Gog dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal

Agung dalam bahasa Ibrani adalah Rosh yang artinya “bagian atas”. Tiga kali disebutkan “Gog raja agung” berarti benar-benar dia tidak mau merendahkan diri. Kehidupan yang tidak mau merendah sekalipun sudah mendengarkan Firman itu tandanya ada roh antikristus dalam dirinya.
Yesaya 14:13-14
13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!

Iblis benar-benar mau menyaingi tritunggal Allah dan pada akhir zaman akan muncul dalam wujud Gog dan Magog.
Yesaya 14:13-14 (Terjemahan lama)
13 Katamu di dalam hatimu demikian: Bahwa aku hendak ke langit, aku hendak meninggikan takhtaku di atas segala bintang Allah, dan duduk di atas bukit perhimpunan pada pihak utara.
14 Bahwa aku hendak naik tinggi dari pada awan-awan dan menyamakan diriku dengan Yang Mahatinggi!

Untuk mengatasi Gog di tanah magog ini kita harus mengambil sikap seperti Raja Agung. Sikap Raja Agung dari atas diturunkan dalam bentuk pribadi raja agung yaitu Abraham. Bagaimana sikap Abraham yang menyadari bahwa kehidupannya tidak pernah lepas dengan Raja Agung dari Sorga?
Kejadian 23:6
"Dengarlah kepada kami, tuanku. Tuanku ini seorang raja agung di tengah-tengah kami; jadi kuburkanlah isterimu yang mati itu dalam kuburan kami yang terpilih, tidak akan ada seorang pun dari kami yang menolak menyediakan kuburannya bagimu untuk menguburkan isterimu yang mati itu."

Sikap Abraham adalah tidak pernah lepas dengan mezbah. Karena dia tahu bahwa hidupnya ini ada di bawah pengaruh Raja Agung maka dia selalu menjalin hubungan dengan Raja Agung lewat membangun mezbah karena Alkitab mengatakan ada rahasia agung di mezbah ini. Mezbah berbicara ibadah.
Kejadian 12:7-8
7 Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: "Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu." Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.
8 Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN.

Tanah yang mau direbut oleh Gog telah dijanjikan Tuhan kepada raja agung kecil ini yaitu Abraham. Setelah mendengar janji itu maka Abraham membuat mezbah yang artinya sekarang adalah ibadah, karena dia tahu dalam ibadah ada rahasia yang agung.

Berbeda dengan Gog yang tidak mempunyai ibadah, sebab dia menjalin hubungan kerja dengan Tirus dan oleh pengaruh Tirus mereka menganggap raja Tirus itu adalah Allah. Mereka mengganggap tidak perlu beribadah karena ada raja Tirus yang adalah Allah yang memberkati mereka secara duniawi. Berbeda dengan Abraham yang selalu membangun mezbah, selalu beribadah.
Kejadian 13:4,18
4 ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN.
18 Sesudah itu Abram memindahkan kemahnya dan menetap di dekat pohon-pohon tarbantin di Mamre, dekat Hebron, lalu didirikannyalah mezbah di situ bagi TUHAN.

Mezbah terakhir yang dibuat Abraham dan yang paling luar biasa adalah saat akan menyembelih Ishak.
Kejadian 22:9
Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.

Ishak adalah anak Abraham =  darah dagingnya Abraham.
Puncak ibadah yang berhasil adalah mampu menyembelih/mengalahkan daging.

I Timotius 3:16
Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."
Dalam ibadah ada rahasia agung sebab ada pertaliannya dengan pengorbanan Kristus Yesus. Inilah yang dipraktekkan oleh Abraham yang rela mengorbankan anaknya.

Ishak, anak Abraham juga membangun mezbah.
Kejadian 26:25
Sesudah itu Ishak mendirikan mezbah di situ dan memanggil nama TUHAN. Ia memasang kemahnya di situ, lalu hamba-hambanya menggali sumur di situ.

Ishak berhasil menggali sumur. Yang pertama dinamakan Esek artinya perbantahan dan yang kedua dinamakan Sitna artinya pertengkaran. Keduanya rela dia lepaskan kepada orang Filistin kemudian dia menggali sumur yang ketiga yang dinamakan Rehobot artinya luas dan selanjutnya dia menggali sumur yang keempat di Bersyeba. Jadi dia kehilangan dua namun mendapatkan dua yang luar biasa oleh karena ibadah.

Selanjutnya Yakub, anak Ishak juga membangun mezbah.
Kejadian 35:7
Didirikannyalah mezbah di situ, dan dinamainyalah tempat itu El-Betel, karena Allah telah menyatakan diri kepadanya di situ, ketika ia lari terhadap kakaknya.

Jadi Abraham, Ishak dan Yakub selalu membangun mezbah. Bagaimana dengan keturunannya? Ternyata bangsa Israel tidak ada mezbah lagi. Yusuf hebat saat berada di Mesir tetapi tidak ada mezbah. Ketika orang Israel tinggal di Mesir mereka tidak punya mezbah sebab berada di bawah cengkraman Mesir. Itu sebabnya Yusuf berpesan kepada bangsa Israel apabila mereka keluar dari Mesir supaya membawa tulang-tulang Yusuf. Artinya hatinya memandang jauh ke depan bahwa ada Mezbah yang dahulu pernah dibuat oleh bapaknya Yakub serta Abraham dan Ishak, dan Yusuf tidak mau lepas dari situ.

Tulang= pendirian yang kokoh berarti Yusuf tidak mau lepas dari pendirian nenek moyangnya
Kejadian 41:16
Yusuf menyahut Firaun: "Bukan sekali-kali aku, melainkan Allah juga yang akan memberitakan kesejahteraan kepada tuanku Firaun."

Mengapa Israel tidak bisa beribadah di Mesir? Sebab di Mesir ada banyak illah-illah yang menyebabkan manusia tunduk kepada buatan manusia padahal itu bukan Tuhan. Hal-hal ini yang seringkali menjajah/menindas kita sehingga kita tidak bebas beribadah kepada Tuhan.

Untuk meningkatkan kerohanian kita akan menghadapi tantangan di semua lini kehidupan kita yang sudah diracuni oleh Lucifer, Gog di tanah Magog, Mesekh dan Tubal serta Nimrod-Nimrod di akhir zaman.

Oleh sebab itu kita harus memprioritaskan Allah Tritunggal yang digambarkan lewat pribadi Yakub yang menggambarkan Roh Kudus dalam perkembangannya, Ishak menggambarkan Yesus dan Abraham menggambarkan Bapa Sorgawi.

I Timotius 3:16a
Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita

Cukup lama Israel tidak beribadah selama berada Mesir. Tidak pernah dikatakan mereka membangun mezbah, mereka malah membangun Pitom dan Ramses. Itu sebabnya Tuhan mengutus Musa untuk berbicara kepada Firaun untuk melepaskan bangsa Israel supaya dapat beribadah kepada Tuhan di gunung Horeb. Betapa Allah merindu umatNya untuk beribadah. Betapa Allah merindu supaya umatNya merasakan hangatnya kasih Illahi, sebab lewat ibadah kita merajut hubungan kita makin akrab dengan Tuhan sampai memuncak kita menjadi mempelai wanita Kristus.

Keluaran 3:12,18
 12 Lalu firman-Nya: "Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini."
18 Dan bilamana mereka mendengarkan perkataanmu, maka engkau harus beserta para tua-tua Israel pergi kepada raja Mesir, dan kamu harus berkata kepadanya: TUHAN, Allah orang Ibrani, telah menemui kami; oleh sebab itu, izinkanlah kiranya kami pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami.

Bila jasmani yang kita prioritaskan maka Gog yang akan kita temui, tetapi bila rohani yang kita prioritaskan maka kita akan bertemu dengan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

Kita melihat dalam kitab Yehezkiel, setelah Israel telah dihimpun oleh Tuhan dan Tuhan telah membesihkan serta mentahirkan mereka dari segala kenajisan maka Allah menunggu apakah mereka beribadah tetapi ternyata tidak. Itu sebabnya Allah menjadikan Gog ini cambuk bagi Israel namun Gog ini salah menjalankan bahkan melampaui batas.
Zakharia 1:15
tetapi sangat besar murka-Ku terhadap bangsa-bangsa yang merasa dirinya aman, yang, sementara Aku murka sedikit, telah membantu menimbulkan kejahatan.
Yehezkiel 38:4
Aku akan menarik engkau dengan mengenakan kelikir pada rahangmu dan membawa engkau ke luar beserta seluruh tentaramu, yaitu pasukan berkuda, semuanya berpakaian lengkap, suatu kumpulan orang banyak dengan perisai besar dan kecil dan semuanya berpedang di tangannya.

Gog ini tampil dengan kuda namun akhirnya akan seperti ini.
Zakharia 12:4-5; 14:12
12:4 Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan membuat segala kuda menjadi bingung, penunggangnya menjadi gila. Atas kaum Yehuda, Aku akan membuka mata-Ku, tetapi segala kuda bangsa akan Kubuat menjadi buta.
12:5 Sesudah itu kaum-kaum di Yehuda akan berkata dalam hatinya: Penduduk Yerusalem mempunyai kekuatan oleh karena TUHAN semesta alam, Allah mereka.
14:12 Inilah tulah yang akan ditimpakan TUHAN kepada segala bangsa yang memerangi Yerusalem: daging mereka akan menjadi busuk, sementara mereka masih berdiri, mata mereka akan menjadi busuk dalam lekuknya dan lidah mereka akan menjadi busuk dalam mulut mereka.

Kalau sekarang ini kita tidak menggunakan mata kita untuk melihat perkara yang mulia dari Tuhan dan tidak menggunakan lidah kita untuk membicarakan kemuliaan Tuhan maka hal di atas yang akan terjadi. Jangan kita pakai daging kita untuk melampiaskan nafsu daging kita, mari kita pakai daging/tubuh kita untuk melayani Tuhan.

Jangan kita tunggu Tuhan murka sebab tidak ada yang dapat menolong. Zaman Roh Kudus akan segera berakhir, berikutnya tidak ada pertolongan lagi. Kecuali kita masuk dalam kerajaan seribu tahun damai dan yang masuk ke sana adalah anak-anak Tuhan dari Zaman Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus yang sudah meyakini bahwa mereka butuh ibadah= cinta ibadah.

Biarlah kita mengikuti Raja Agung yang dari atas dengan mengaktifkan dan menampilkan ibadah kita sampai rahasia ibadah itu benar-benar nampak dan nyata di dalam kehidupan kita. Rahasia itu pasti Allah nyatakan, seperti rahasia Allah menjadi manusia lewat kelahiran demikian kita juga akan menjadi seperti Allah lewat kelahiran baru dan dilanjutkan dengan ibadah.
Mari kita lebih menekuni apa yang Allah sedang lakukan untuk kita dan jangan kita diam. Mari kita proaktif dengan rencana Tuhan. Bagi orang yang mau meningkatkan mutu rohaninya pasti selera Allah dan Allah tidak akan tinggal diam. Sekalipun dia dihadang dengan berbagai permasaalahan dia tidak akan dikalahkan dan tidak akan menyerah karena Kristus ada bersama-sama dengannya.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar