20121111

Kebaktian Umum, Minggu 11 November 2012 Pdt. Bernard Legontu




Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus Mempelai Pria Sorga yang kita nanti-nantikan.

Zakharia 1:1-6
1 Dalam bulan yang kedelapan pada tahun kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido, bunyinya:
2 "Sangat murka TUHAN atas nenek moyangmu.
3 Sebab itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kembalilah kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN semesta alam, maka Aku pun akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam.
4 Janganlah kamu seperti nenek moyangmu yang kepadanya para nabi yang dahulu telah menyerukan, demikian: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbuatanmu yang jahat! Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan Aku, demikianlah firman TUHAN.
5 Nenek moyangmu, di mana mereka? Dan para nabi, apakah mereka hidup untuk selama-lamanya?
6 Tetapi segala firman dan ketetapan-Ku yang telah Kuperintahkan kepada hamba-hamba-Ku, para nabi, bukankah itu telah sampai kepada nenek moyangmu? Maka bertobatlah mereka serta berkata: Sebagaimana TUHAN semesta alam bermaksud mengambil tindakan terhadap kita sesuai dengan tingkah laku kita dan perbuatan kita, demikianlah Ia mengambil tindakan terhadap kita!"

Kitab Zakharia di dalam terang Tabernakel terkena papan-papan jenang yang membentuk ruangan Maha Kudus. Ini berbicara perlindungan Tuhan terhadap apa yang berada di dalam ruangan Maha Kudus. Papan jenang ini berukuruan tinggi 10 hasta dan lebar 1,5 hasta. Angka 10 menunjuk Firman sepenuh. Kita gereja Tuhan bagaikan papan-papan jenang harus menerima Firman sepenuhnya, jangan hanya slogan “Injil sepenuh” tetapi sebenarnya tidak penuh. Kalau berbicara Firman sepenuh tetapi yang disajikan tidak demikian berarti menipu jemaat. Seringkali mengaku memberitakan Firman sepenuh tetapi hanya sampai pada Yesus adalah Tuhan, Tabib, Pembaptis Roh Kudus atau Yesus Raja di atas segala raja namun tidak menyampaikan yang kelima yaitu Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga. Yang anehnya ketika diberitakan tetang Kabar Mempelai banyak yang menyangga sebab pikirannya hanya pernikahan secara daging dan tidak berpikir bahwa pernikahan Kristus Yesus bukan bersifat daging tetapi menunjuk persekutuan Yesus Kristus dengan gerejaNya. Julukan Yesus yang lain akan berakhir tetapi julukkan sebagai Mempelai Laki-laki Sorga tidak berakhir dan akan terus sampai di Sorga. Jadi hubungan antara Mempelai Laki-laki dan perempuan menunjuk persekutuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, kekal selama-lamanya.

Biarlah kita membentuk persekutuan untuk berada di dalam perlindungan dan sekaligus kita membentuk perlindungan dan itu juga adalah janji Tuhan kepada gereja. Itu sebabnya dalam Kitab Zakharia pasal 1-12 Tuhan berbicara pentingnya perlindungan bagi gereja. Mengapa Tuhan berbicara tentang perlindungan? Itu menunjukkan ada hal-hal yang akan terjadi yang berbahaya dan menimbulkan musibah, itu sebabnya Tuhan berjanji pada gereja Tuhan untuk memberikan perlindungan.
Zakharia 1:16-17; 10:6; 12:8-9
1:16 Sebab itu, beginilah firman TUHAN, Aku kembali lagi kepada Yerusalem dengan kasih sayang. Rumah-Ku akan didirikan pula di sana, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan tali pengukur akan direntangkan lagi di atas Yerusalem.
1:17 Serukanlah ini selanjutnya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kota-kota-Ku akan berlimpah-limpah pula dengan kebajikan, dan TUHAN akan menghiburkan Sion dan akan memilih Yerusalem pula."
10:6 Aku akan membuat kuat kaum Yehuda, dan Aku menyelamatkan keturunan Yusuf. Aku akan membawa mereka kembali, sebab Aku menyayangi mereka; dan keadaan mereka seakan-akan tidak pernah ditolak oleh Aku, sebab Akulah TUHAN, Allah mereka, dan Aku akan menjawab mereka.
12:8 Pada waktu itu TUHAN akan melindungi penduduk Yerusalem, dan orang yang tersandung di antara mereka pada waktu itu akan menjadi seperti Daud, dan keluarga Daud akan menjadi seperti Allah, seperti Malaikat TUHAN, yang mengepalai mereka.
12:9 Maka pada waktu itu Aku berikhtiar untuk memunahkan segala bangsa yang menyerang Yerusalem."

Gereja yang bagaimana yang mendapat perlindungan? Gereja yang bagaikan papan-papan jenang yang membentuk ruangan Maha Kudus, itulah yang akan mendapat perlindungan. Pada sudut di sebelah barat ada dua papan yang berbeda ukuran lebarnya dengan yang lain. Ini disebut papan sudut dan gunanya untuk menutup. Jangan sampai ada lobang untuk iblis mengintip kita.
Keluaran 26:23-24
23 Dua papan haruslah kaubuat untuk sudut Kemah Suci, di sisi belakang.
24 Kedua papan itu haruslah kembar pasaknya di sebelah bawah dan seperti itu juga kembar pasaknya di sebelah atas, di dekat gelang yang satu itu; demikianlah harus kedua papan itu; haruslah itu merupakan kedua sudutnya.


Ukuran lebar papan sudut adalah setengah hasta pada sudut di sebelah barat dan setengah pada sudut sebelah utara. ½ + ½ =1, ini menunjuk nikah dan di sini kita harus menjaga agar jangan ada celah untuk iblis mengintip. Siapapun kita, iblis mengintip dengan mata yang najis untuk menghancurkan kita.
Efesus 4:27
dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

Itu sebabnya Tuhan menampilkan janji  bahwa Dia akan melindungi kita sebab Tuhan punya rencana untuk menjadikan kita Mempelai WanitaNya dan perlindungan itu mulai dari dalam nikah. Kehancuran apapun yang telah kita alami di masa lampau sekarang Tuhan berbicara ingin memulihkan.
Zakharia 1:4
Janganlah kamu seperti nenek moyangmu yang kepadanya para nabi yang dahulu telah menyerukan, demikian: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbuatanmu yang jahat! Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan Aku, demikianlah firman TUHAN.

Ratapan 2:14
Nabi-nabimu melihat bagimu penglihatan yang dusta dan hampa. Mereka tidak menyatakan kesalahanmu, guna memulihkan engkau kembali. Mereka mengeluarkan bagimu ramalan-ramalan yang dusta dan menyesatkan.

Kita harus rela ditunjuk apa yang salah.

Istilah nenek moyang itu menunjuk kehidupan orang tua kita. Tetapi secara rohani nenek moyang ini menunjuk hidup lama kita secara pribadi. Coba saudara renungkan bagaimana hidup lama saudara sebelum mendengar Firman Pengajaran. Syukur dan puji bagi nama Tuhan saudara dilawati dan direkrut oleh Tuhan untuk menerima Firman Pengajaran karena Firman Pengajaran inilah yang akan membenahi hidup kita. Jangan tinggalkan lagi Firman Pengajaran. Kalau meninggalkan maka akan seperti perkataan Tuhan terhadap bangsa Israel: “nenek moyangmu, di mana mereka?”. Artinya kalau kita tetap tinggal pada kehidupan lama dan meninggalkan Firman Pengajaran maka kita juga akan terhilang, hancur untuk selama-lamanya.

Jangan kita abaikan perlindungan Tuhan. Tuhan sudah berjanji memberikan perlindungan. Orang yang mau menyerang Yerusalem yang menunjuk gereja Tuhan akan dipunahkan tetapi gereja Tuhan akan dilindungi.
Zakharia 12:8-9
8 Pada waktu itu TUHAN akan melindungi penduduk Yerusalem, dan orang yang tersandung di antara mereka pada waktu itu akan menjadi seperti Daud, dan keluarga Daud akan menjadi seperti Allah, seperti Malaikat TUHAN, yang mengepalai mereka.
9 Maka pada waktu itu Aku berikhtiar untuk memunahkan segala bangsa yang menyerang Yerusalem."

Sekarang ini kita harus waspada dan berhati-hati dengan cara mengaktifkan diri mendengarkan Firman, karena tanpa mendengarkan Firman kita tidak akan mungkin didorong untuk berhati-hati sehingga kita berjalan dan merasa diri aman padahal sudah bertemu dengan setan besar.

Keseluruhan Zakharia pasal 1 selalu mengedepankan Firman Tuhan dengan perkataan “beginilah Firman Tuhan”. Mengapa Allah mengedepankan soal Firman Tuhan pada pasal yang pertama? Agar umat Tuhan mengerti betapa besarnya nilai Firman Allah yang seringkali direndahkan banyak orang. Firman Tuhan seringkali direndahkan padahal sangat besar nilainya. Mengapa dikatakan sangat besar nilainya? Karena Firman itu sanggup membenahi kita dan sekaligus kita diberi sayap lewat Firman itu sendiri untuk menyingkirkan kita pada zaman antikris.

Juga dikatakan “firman Tuhan serwa sekalian alam”. Artinya Firman Tuhan itu tidak diberikan untuk satu orang atau untuk satu suku tetapi kepada seluruh manusia di dunia ini. Tuhan mengajak kita untuk menghargai Firman dan jangan bersikap seperti ini:
Amsal 13:13
Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Amsal 19:16
Siapa berpegang pada perintah, memelihara nyawanya, tetapi siapa menghina firman, akan mati.

Mengapa dikatakan Firman Tuhan itu penting? Sebab Firman itulah memelihara nyawa saudara. Kalau tidak menghargai firman maka kerohanian pasti mati dan masuk dalam sengsara 3,5 tahun.

Lebih dahulu kita menghargai Firman, kalau kita belajar menghargai Firman maka kelak kita akan dipercayakan rahasia Firman. Kalau kita sudah dipercayakan rahasia Firman berarti kita diberi kesempatan oleh Tuhan untuk maju menjadi calon mempelai wanita Tuhan untuk dilindungi.

Zakharia 1:3
Sebab itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kembalilah kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN semesta alam, maka Aku pun akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam.

Mau kembali atau tidak itu terpergantung saudara.
Kidung Agung 2:17a
Sebelum angin senja berembus dan bayang-bayang menghilang, kembalilah, kekasihku,

Panggilan ini bukan lagi ditujukan pada gereja umum tetapi gereja khusus yaitu kehidupan yang sudah menjalin pertunangan dengan Tuhan Yesus. Dapat dikatakan ini ditujukan kepada kehidupan yang sudah menerima Kabar Mempelai. Bukan ditujukan kepada Kristen umum tetapi Kristen khusus yaitu kehidupan yang menyadari bahwa dirinya adalah tunangan Yesus, miliknya Yesus.
2 Korintus 11:2
Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Kidung Agung 2:17
Sebelum angin senja berembus dan bayang-bayang menghilang, kembalilah, kekasihku, berlakulah seperti kijang, atau seperti anak rusa di atas gunung-gunung tanaman rempah-rempah!
Tuhan memberikan kita kurun waktu untuk kembali yaitu jangan menunggu sampai angin petang atau angin senja berhembus dan bayang-bayang menghilang baru kita mau kembali.

Kalau bayang-bayang masih ada itu tanda matahari masih ada. Kalau bayang-bayang sudah tidak ada itu tanda matahari sudah terbenam= kebenaran (kasih Allah) sudah dicabut.
Mazmur 84:12
Sebab TUHAN Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela.

Tuhan itu kebenaran. Jangan kita baru mau kembali saat kasih Tuhan sudah tertutup, artinya sudah tidak ada kesempatan lagi. Jangan tunggu kita baru mau beribadah dan melayani tetapi sudah tidak bisa sebab kebenaran itu sudah terbenam, sudah hilang. Oleh sebab itu dari sekarang ini kita harus kembali selagi kebenaran masih diberitakan. Jangan tunggu sudah tidak ada pemberitaan Firman sebab sudah dihadang dan dilarang oleh antikristus (manusia angin senja), inilah senja yang akan berhembus.

Yang bisa menolong dari angin senja supaya tidak tenggelam hanya Tuhan Yesus. Saat murid-murid berlayar bersama Yesus mereka menghadapi angin pada waktu petang/senja yang mau menenggelamkan mereka. Hanya Yesus yang sanggup menolong sehingga tidak tenggelam. Yesus adalah Firman. Hanya Firman Tuhan yang sanggup menolong. Itu sebabnya kalau kita meninggalkan Firman Tuhan sama dengan meninggalkan Yesus. Kalau kita tidak menghargai Firman Allah sama dengan kita membiarkan diri kita untuk tenggelam di dalam lautan dunia ini. Ini jangan sampai terjadi.
Markus 4:35, 39
35 Pada hari itu, waktu hari sudah petang, Yesus berkata kepada mereka: "Marilah kita bertolak ke seberang."
39 Ia pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.

Hanya kuasa Firman yang bisa menolong kita dari ancaman tenggelam dan kebinasaan. Itu sebabnya dekatkan diri kepada Firman, dekatkan diri kepada Yesus.
Pengkhotbah 8:8a
Tiada seorang pun berkuasa menahan angin dan tiada seorang pun berkuasa atas hari kematian.

Kidung Agung 2:17b
berlakulah seperti kijang, atau seperti anak rusa di atas gunung-gunung tanaman rempah-rempah!
Kijang dan rusa adalah hewan yang berbeda tetapi memiliki kesamaan yaitu tidak mempunyai empedu. Kalau kita mau kembali kepada Tuhan maka tinggalkan segala kepahitan dan datang ke atas gunung taman rempah-rempah artinya datang menyembah Tuhan. Rempah-rempah ramuan untuk mengisi pedupaan supaya bau harum yang keluar dicium oleh Tuhan dan ini membuat murka Allah berakhir. Kalau ada roh penyembahan membuat murka Allah berakhir dalam diri kita.

Penyembahan dalam bahasa aslinya adalah proskoneho yang artinya seperti anjing menjilat kaki tuannya. Berarti kalau kita kembali kepada Tuhan kita harus merendahkan diri serendah-rendahnya. Mengapa? Sebab kalau tidak ada himbauan dari Tuhan maka sangat bahaya bila angin senja menerpa, kita akan tenggelam di dalam laut. Kalau tidak cepat kembali tidak ada ada lagi bayang-bayang, tidak ada kebenaran berarti bencana bagi kita.
Lebih dalam lagi pengertian proskoneho adalah seperti istri yang menyerah sepenuh kepada suami. Ini menunjuk penyembahan yang disertai penyerahan sepenuh-penuhnya karena menyadari bahwa diri kita adalah benar-benar milik Mempelai Laki-laki Sorga.
Kidung Agung 2:16
Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.
Harus ada pemahaman dari anak-anak Tuhan bahwa diri kita adalah miliknya Tuhan. Pemahaman ini kemudian dilanjutkan dengan bahasa adanya angin senja yang akan menerpa perahu saudara. Kita ini sedang berlayar menuju ke pelabuhan yang kita rindukan.

Mazmur 107:23-30
23 Ada orang-orang yang mengarungi laut dengan kapal-kapal, yang melakukan perdagangan di lautan luas;
24 mereka melihat pekerjaan-pekerjaan TUHAN, dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di tempat yang dalam.
25 Ia berfirman, maka dibangkitkan-Nya angin badai yang meninggikan gelombang-gelombangnya.
26 Mereka naik sampai ke langit dan turun ke samudera raya, jiwa mereka hancur karena celaka;
27 mereka pusing dan terhuyung-huyung seperti orang mabuk, dan kehilangan akal.
28 Maka berseru-serulah mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan dikeluarkan-Nya mereka dari kecemasan mereka,
29 dibuat-Nyalah badai itu diam, sehingga gelombang-gelombangnya tenang.
30 Mereka bersukacita, sebab semuanya reda, dan dituntun-Nya mereka ke pelabuhan kesukaan mereka.

Kita ini calon istri Anak Domba Allah, harus mulai ada tanda-tanda penyerahan. Namun seringkali menghargai KorbanNya saja masih minim, demikian juga menghargai FirmanNya masih minim. Apakah mau menunggu angin senja itu bertiup dan gelap datang yaitu waktu antikristus berkuasa? Kehidupan yang seperti itu tidak bijak, dia tidak sayang jiwanya sendiri. Bagaimana mau mengasihi orang lain? Padahal Tuhan mengatakan kasihilah sesamamu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri. Berarti tanda kita mengasih orang lain buktikan dengan kita mengasihi jiwa kita. Kalau kita bisa mengasihi jiwa kita supaya tidak binasa maka kita juga bisa mengasihi jiwa orang lain supaya tidak binasa sehingga kita bisa bersaksi.

Tuhan telah mengingatkan jangan tunggu angin senja yang akan menenggelamkan. Ini juga berbicara angin pengajaran yang lain yang mau menenggelamkan kerohanian kita.
Efesus 4:14
sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Sekarang banyak angin pengajaran lain antara lain saksi yehova dan mormon. Tuhan Yesus tahu angin senja itu membawa bencana karena itu jangan kita tabrak saja.
Mazmur 144:4
Manusia sama seperti angin, hari-harinya seperti bayang-bayang yang lewat.

Yang ditakutkan adalah angin senja. Penampilan manusia angin senja itulah antikristus dimulai dengan ajaran palsu yang menyesatkan. Jangan tunggu manusia angin senja ini muncul! Kalau bayang-bayang lewat berarti sudah menutup usia. Jangan sampai saat menutup usia malah masuk ke neraka dan tidak masuk ke dalam Sorga.

Kitab Zakharia adalah kitab nabi dan nabi tugasnya adalah menyelidiki.
I Petrus 1:10-11
10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.
11 Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.

Nabi-nabi menyelidiki 2 perkara:
1.      Penderitaan yang akan menimpa Yesus Kristus. Hal ini sudah digenapi 2000 tahun yang lampau.
2.      Segala kemuliaan yang akan dialami oleh Yesus dan gereja Tuhan. Ini yang sedang dan akan digenapkan.

Sebenarnya kita sedang diperhadapkan dengan kemuliaan yang luar biasa. Penderitaan telah Yesus alami, bagi kehidupan yang tidak menerima korban Kristus dia akan masuk dalam penderitaan 3,5 tahun siksaan antikris. Tetapi bagi yang menerima korban Kristus dia akan menikmati kemuliaan bersama Kristus.

I Petrus 1:12
Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.


Semua perkara yang diteliti oleh nabi-nabi ini sebenarnya berkat untuk kita gereja Tuhan, untuk melayani kita. Malaikat ingin tahu tetapi tidak diberi tahu dan sekarang hal ini diberitahukan kepada kita. Tetapi sayang ada yang tidak mau tahu dan menolak. Dari pihak Tuhan sudah memberi tahu rahasia Firman kepada kita. Jangan ada seorangpun di antara kita yang menambah barisan orang yang tidak mau tahu apa yang Allah sedang lakukan bagi gerejaNya. Kepada kita Allah beri tahu dan Tuhan lakukan bagi kita.
Supaya kita lakukan:
Ulangan 29:29
Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini."

Ayo kita tinggalkan hidup lama dan kesibukan kita. Jangan sampai itu yang mengganjal saudara untuk tidak dapat menghargai FirmanNya. Bukan hanya Firman tetapi rahasia Firman juga dibukakan bagi kita.
Efesus 1:8-10
8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar