20121118

Kebaktian Umum, Minggu 18 November 2012 Pdt. Bernard Legontu



Puji Tuhan, bersama istri saya sampaikan salam sejahtera dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Zakharia 1:1-2
1 Dalam bulan yang kedelapan pada tahun kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido, bunyinya:
2 "Sangat murka TUHAN atas nenek moyangmu.

Zakharia ini dibesarkan oleh kakeknya yang bernama Ido karena bapaknya yang bernama Berekhya waktu itu telah meningga mendahului kakeknya. Itu sebabnya pada kitab yang lain hanya disebutkan Zakharia bin Ido.

Zakharia artinya Yehova tidak pernah melupakan.
Berekhya artinya Yehova memberkati.
Ido artinya pada masa yang ditentukan.
Dari rangkaian nama ini termaktub rencana Tuhan dalam kehidupan Israel baik secara jasmani juga secara rohani.

Pada pasal pertama ini Firman Tuhan diberikan penekanan utama sebab segala sesuatu yang kita lihat, raba dan nikmati itu ada karena pekerjaan Firman. Dalam kitab Zakharia ini Allah menunjukkan bahwa Dia tidak melupakan kita dan memberkati kita tepat pada waktunya. Namun dalam ayat yang kedua tersirat di dalamnya perkara yang akan menghambat kita sehingga tidak diberkati oleh Tuhan. Berbicara berkat di sini bukan dominan berkat secara jasmani namun berkat rohani utamanya berkat terbesar yaitu kita menjadi Mempelai Wanita Tuhan tepat pada waktunya. Dan orang yang demikian pasti di dalam dirinya selalu memprioritaskan Firman. Anak Tuhan yang tidak mengutamakan Firman sama dengan menikmati pemberian seseorang tetapi tidak tahu berterima kasih kepada yang memberi. Segala sesuatu yang kita terima dan nikmati ada oleh karena Firman. Layaklah kita berterima kasih dan bersyukur kepada Tuhan atas semua ini.
Yohanes 1:1
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Kalau kita tidak tahu berterima kasih, maksudnya di sini kita tidak tahu beribadah dan melayani serta mencintai Dia, sama dengan kita ini tidak mengucap syukur kepada Tuhan. Kadangkala banyak umat Tuhan lupa berterima kasih dengan bukti saat ibadah entah kemana mereka pergi. Orang yang seperti ini suatu saat akan kaget kalau Tuhan melupakan dia dan tidak akan memberkati pada waktunya yaitu ketika gereja Tuhan disingkirkan ke padang belantara dia akan tertinggal.

Jangan kita dikalahkan oleh penyakit sehingga tidak bisa beribadah dan melayani Tuhan. Biarlah kita memprioritaskan Firman. Iblis memang akan tambah beringas kalau kita makin mendekatkan diri kepada Firman tetapi Tuhan sudah memberi janji:
Mazmur 91:14
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Tuhan tidak pernah melupakan Zakharia sebab di dalam dirinya ada 3 jabatan. Untuk mengemban suatu tugas dan tanggungjawab apapun yang Tuhan percayakan kepada kita maka terlebih dahulu harus didasari dengan adanya jabatan. 3 jabatan yang dimiliki oleh Zakharia adalah pemberiaan Tuhan dan oleh sebab itu jabatan ini menjadi arahan di dalam pelayanan Zakharia sehingga berakhir pada Zakharia pasal 14 yaitu bertemu dengan Tuhan dan gereja Tuhan benar-benar tampil murni dan suci.

Zakharia 14:21
Maka segala kuali di Yerusalem dan di Yehuda akan menjadi kudus bagi TUHAN semesta alam; semua orang yang mempersembahkan korban akan datang mengambilnya dan memasak di dalamnya. Dan tidak akan ada lagi pedagang di rumah TUHAN semesta alam pada waktu itu.

3 jabatan Zakharia yang menjadi dasar pelayanan untuk menghentar umat Tuhan mencapai kesempurnaan.
1.      Kepala kaum, dari kaum Ido
Nehemia 12:12,16
12 Pada zaman Yoyakim yang menjadi imam adalah kepala-kepala kaum keluarga ini: Meraya, dari kaum keluarga Seraya, Hananya dari kaum keluarga Yeremia,
16 Zakharia dari kaum keluarga Ido, Mesulam dari kaum keluarga Gineton,
Sebagai seorang pemimpin kaum dia harus menjadi teladan. Bukan karena fisiknya kuat atau memiliki pengaruh besar maka dia menjadi pemimpin kaum. Keliru kalau kita memilih pemimpin yang demikian padahal kehidupannya tidak bisa menjadi teladan. Samuel hampir salah memilih pemimpin ketika melihat anak-anak Isai yang secara fisik terlihat gagah. Ternyata yang dipilih malah Daud yang sebenarnya tidak masuk hitungan. Dia dipilih Tuhan sebab memiliki perangai yang baik.

Sebagai kepala kaum yang kalau diperkecil lagi kepala rumah tangga, suami harus menjadi teladan bagi istri dan anak. Nabal tidak menjadi teladan bagi istrinya karena dia kejam akhirnya 10 hari jantungnya membatu dan Tuhan memukulnya sehingga ia mati.

Ibrani 13:7
Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

Yang justru menjadi perhatian serius kita terhadap seorang pemimpin adalah akhir hidupnya. Jangan sampai pada awalnya di tangan Tuhan namun akhir pelayanannya berpindah di tangan iblis. Yang akhir ini yang harus kita perhatikan, apakah konsisten dari awal sampai akhir?

Pemimpin, termasuk suami sebagai kepala rumah tangga harus memberikan keteladanan dalam hal iman. Ada iman berarti berpegang pada Firman sampai akhir hidupnya, selalu mendahulukan Firman. Jangan hanya awalnya berpegang pada Firman dan karena banyak goncangan akhirnya melepaskan Firman.

Zakharia ini mempunyai iman karena berpegang pada Firman.
Zakharia 1:3,4,6,7,14,16,17
3 Sebab itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kembalilah kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN semesta alam, maka Aku pun akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam.
4 Janganlah kamu seperti nenek moyangmu yang kepadanya para nabi yang dahulu telah menyerukan, demikian: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbuatanmu yang jahat! Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan Aku, demikianlah firman TUHAN.
6 Tetapi segala firman dan ketetapan-Ku yang telah Kuperintahkan kepada hamba-hamba-Ku, para nabi, bukankah itu telah sampai kepada nenek moyangmu? Maka bertobatlah mereka serta berkata: Sebagaimana TUHAN semesta alam bermaksud mengambil tindakan terhadap kita sesuai dengan tingkah laku kita dan perbuatan kita, demikianlah Ia mengambil tindakan terhadap kita!"
7 Pada hari yang kedua puluh empat dari bulan yang kesebelas -- itulah bulan Syebat -- pada tahun yang kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido, bunyinya:
14 Berkatalah kepadaku malaikat yang berbicara dengan aku itu: Serukanlah ini: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sangat besar usaha-Ku untuk Yerusalem dan Sion,
16 Sebab itu, beginilah firman TUHAN, Aku kembali lagi kepada Yerusalem dengan kasih sayang. Rumah-Ku akan didirikan pula di sana, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan tali pengukur akan direntangkan lagi di atas Yerusalem.
17 Serukanlah ini selanjutnya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kota-kota-Ku akan berlimpah-limpah pula dengan kebajikan, dan TUHAN akan menghiburkan Sion dan akan memilih Yerusalem pula."

Dalam pasal 1 Tuhan tampilkan FirmanNya untuk menunjukkan bahwa benar-benar Zakharia memiliki iman karena ada Firman Tuhan padanya. Biarlah ada iman dalam diri kita dan iman itu timbul karena kita mendahulukan Firman dalam segala-galanya.
Roma 10:17
Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Jadi tampilnya Zakharia dalam jabatan sebagai kepala kaum ada kaitannya dengan Iman.

2.      Nabi
Ezra 5:1; 6:14
5:1 Tetapi nabi Hagai dan Zakharia bin Ido, kedua nabi itu, bernubuat terhadap orang-orang Yahudi yang tinggal di Yehuda dan di Yerusalem dalam nama Allah Israel, yang menyertai mereka.
6:14 Para tua-tua orang Yahudi melanjutkan pembangunan itu dengan lancar digerakkan oleh nubuat nabi Hagai dan nabi Zakharia bin Ido. Mereka menyelesaikan pembangunan menurut perintah Allah Israel dan menurut perintah Koresh, Darius dan Artahsasta, raja-raja negeri Persia.

Zakharia 1:1
Dalam bulan yang kedelapan pada tahun kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido, bunyinya:


Jabatan Zakharia sebagai nabi ada hubungannya langsung dengan pembangunan bait Allah. Kalau kita merasakan dalam diri kita ada dorongan untuk membangun bait Allah, untuk membangun Tubuh Kristus berarti ada roh nabi di situ. Tidak ada person seorang nabi yang muncul tetapi ada roh nabi di tengah-tengah kita yang mendorong kita untuk masuk dalam proyek Allah yang besar yaitu pembangunan Tubuh Kristus. Kalau kita tahu bahwa diri kita masuk dalam proyek Allah maka kita tidak akan tinggal diam sebab ada roh nabi yang mendorong kita. Kalau diam berarti mendapat roh nabi yang salah.
Nehemia 6:14-15
14 Ya Allahku, ingatlah bagaimana Tobia dan Sanbalat masing-masing telah bertindak! Pun tindakan nabiah Noaja dan nabi-nabi yang lain yang mau menakut-nakutkan aku.
15 Maka selesailah tembok itu pada tanggal dua puluh lima bulan Elul, dalam waktu lima puluh dua hari.

Bukti ada roh nabi yang mendorong saudara adalah saudara tergerak untuk terlibat dalam pembangunan Tubuh Kristus, terdorong untuk membawa diri menjadi mempelai wanita Tuhan. Kehidupan yang cuek ketika mendengar suara Firman nubuatan berarti orang itu ada dalam rangkulan nabi-nabi yang salah yang menghambat pembangunan Bait Allah.

Walaupun demikian dorongan dari nabi yang benar tidak dapat dihambat sebab Tuhan mengingat dan Tuhan memberkati tepat pada waktunya. Rencana Tuhan tidak akan pernah meleset dan tidak akan bisa dihalang-halangi. Rencana Tuhan pasti digenapi tetapi pertanyaannya apakah saudara ada dalam kegenapan rencana Allah itu atau tidak.
Roma 9:28
Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera."

Buktikan kita ada di dalam rencana Allah dengan tindakan-tindakan mulai dari suka mendengarkan Firman kemudian dorongan Firman Nubuatan tersebut mengarahkan kita untuk masuk dalam pembangunan Bait Allah, menjadi mempelai wanita Tuhan. Jangan ada yang cuek terhadap Firman. Orang yang acuh tak acuh terhadap Firman senilai dengan sekam.
Zefanya 2:1-2
1 Bersemangatlah dan berkumpullah, hai bangsa yang acuh tak acuh,
2 sebelum kamu dihalau seperti sekam yang tertiup, sebelum datang ke atasmu murka TUHAN yang bernyala-nyala itu, sebelum datang ke atasmu hari kemurkaan TUHAN.

Dalam Zakharia 1:2 Tuhan murka terhadap nenek moyang, artinya Tuhan murka terhadap hidup lama kita. Kalau dulu kita acuh tak acuh terhadap Firman maka murka Tuhan akan jatuh terhadap kita. Itu sebabnya jangan teruskan hidup lama kita.

Kita mau menerima Firman Tuhan atau tidak itu terpergantung pribadi masing-masing. Tetapi biarlah kita terima dan masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus yaitu Mempelai Wanita Tuhan. Bawalah dirimu untuk menjadi mempelai wanita. Ada perbedaan antara calon mempelai wanita Tuhan dengan orang Kristen secara umum yaitu kepada calon mempelai wanitaNya Tuhan bukakan rahasia isi hatiNya. Jadi anak Tuhan yang mau menjadi calon mempelai wanita pasti akan dilayani oleh Mempelai Laki-laki Sorga dengan membuka rahasia isi hatiNya yaitu pembukaan rahasia Firman. Sekarang ini  banyak orang Kristen hanya mendengarkan khotbah biasa yang tidak ada lagi pembukaan rahasia Firman. Yang dibicarakan hanya tentang Surga, neraka, percaya dan selamat tetapi tidak tahu apa tujuan kita diselamatkan dan percaya kepada Yesus. Kita percaya kepada Yesus agar terlibat dalam pembangunan Tubuh Kristus itulah Mempelai Wanita, disitulah arah perjalanan kita. Hal ini dinyatakan Tuhan secara rahasia kepada orang-orang khusus.
Roma 16:25-26
25 Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, -- menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,
26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan dan yang menurut perintah Allah yang abadi, telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman --

Tujuan pemberitaan nabi adalah untuk membimbing kita kepada ketaatan. Ada dua hal yang diselidiki oleh nabi yaitu penderitaan Yesus yang sudah terjadi 2000 tahun yang lampau dan kemuliaan Kristus yang akan terjadi di depan ini. Nabi-nabi ini melayani bukan untuk dirinya sendiri tetapi untuk melayani kita, untuk kepentingan Pembangunan Tubuh Kristus. Pelayanan Tuhan yang dipercayai oleh Tuhan ini malah seringkali dikecilkan sebab dunia tidak menerima mereka.
Ibrani 11:36-38
36 Ada pula yang diejek dan didera, bahkan yang dibelenggu dan dipenjarakan.
37 Mereka dilempari, digergaji, dibunuh dengan pedang; mereka mengembara dengan berpakaian kulit domba dan kulit kambing sambil menderita kekurangan, kesesakan dan siksaan.
38 Dunia ini tidak layak bagi mereka. Mereka mengembara di padang gurun dan di pegunungan, dalam gua-gua dan celah-celah gunung.


Satu waktu orang-orang yang menolak pelayanan ini akan pergi ke celah-celah gunung
Wahyu 6:15
Dan raja-raja di bumi dan pembesar-pembesar serta perwira-perwira, dan orang-orang kaya serta orang-orang berkuasa, dan semua budak serta orang merdeka bersembunyi ke dalam gua-gua dan celah-celah batu karang di gunung.
artinya mereka akan mencari pelayan-pelayan Tuhan yang sungguh-sungguh melayani dengan menanggalkan kepentingan dirinya sendiri namun mereka tidak akan mendapatkan lagi.

Terima pelayanan nabi yang tujuannya mendorong kita untuk membangun bait Allah, sebab ada nabi-nabi yang lain yang menghalang-halangi. Dengan kata lain ada hamba Tuhan yang mendorong kita untuk masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus tetapi ada hamba Tuhan yang justru menghalang-halangi. Mengapa mereka menghalang-halangi? Sebab kena sogok, mereka menerima suap oleh Tobia dan Sanbalat. Artinya mereka melayani untuk kepentingannya sendiri. Nabi yang benar tidak melayani untuk dirinya, tidak mementingkan dirinya tetapi mementingkan orang lain.

Jadi mudah kita melihat apakah seorang hamba Tuhan melayani kita atau melayani dirinya sendiri. Kalau pelayanan Tuhan yang benar dia mendorong kita untuk masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus dan dia melepaskan hak-haknya. Tetapi yang paling banyak ditemukan adalah yang mementingkan dirinya sendiri.
Yeremia 5:31
Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan umat-Ku menyukai yang demikian! Tetapi apakah yang akan kamu perbuat, apabila datang kesudahannya?

Hamba Tuhan yang sungguh-sungguh melayani untuk pembangunan Tubuh Kristus suatu saat akan dicari oleh orang banyak.

3.      Imam
Nehemia 12:12-16
12 Pada zaman Yoyakim yang menjadi imam adalah kepala-kepala kaum keluarga ini: Meraya, dari kaum keluarga Seraya, Hananya dari kaum keluarga Yeremia,
13 Mesulam dari kaum keluarga Ezra, Yohanan dari kaum keluarga Amarya,
14 Yonatan dari kaum keluarga Melikhu, Yusuf dari kaum keluarga Sebanya,
15 Adna dari kaum keluarga Harim, Helkai dari kaum keluarga Merayot,
16 Zakharia dari kaum keluarga Ido, Mesulam dari kaum keluarga Gineton,

Seorang imam pusakanya hanyalah Tuhan. Tuhan sudah pasang badan bahwa Ialah jaminan, tugas imam hanyalah melayani Tuhan.
1 Korintus 9:7
Siapakah yang pernah turut dalam peperangan atas biayanya sendiri? Siapakah yang menanami kebun anggur dan tidak memakan buahnya? Atau siapakah yang menggembalakan kawanan domba dan yang tidak minum susu domba itu?

2 Timotius 2:4
Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.

Tanda seorang imam adalah dia takut akan Tuhan.
Maleakhi 2:5-8
5 Perjanjian-Ku dengan dia pada satu pihak ialah kehidupan dan sejahtera dan itu Kuberikan kepadanya -- pada pihak lain ketakutan -- dan ia takut kepada-Ku dan gentar terhadap nama-Ku.
6 Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.
7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.
8 Tetapi kamu ini menyimpang dari jalan; kamu membuat banyak orang tergelincir dengan pengajaranmu; kamu merusakkan perjanjian dengan Lewi, firman TUHAN semesta alam.

Jangan mau digembalakan oleh gembala yang mempunyai pekerjaan sambilan. Namun sekarang ini malah banyak orang yang menyukai pelayan yang seperti ini. Imam yang seperti itu akan kena hal ini:
Maleakhi 2:1-3
1 Maka sekarang, kepada kamulah tertuju perintah ini, hai para imam!
2 Jika kamu tidak mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati nama-Ku, firman TUHAN semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan.
3 Sesungguhnya, Aku akan mematahkan lenganmu dan akan melemparkan kotoran ke mukamu, yakni kotoran korban dari hari-hari rayamu, dan orang akan menyeret kamu ke kotoran itu.

Zakharia 1:2
"Sangat murka TUHAN atas nenek moyangmu.
Nenek moyang menunjuk kehidupan masa lampau, kehidupan sebelum mengenal pengajaran. Perilaku hidup masa lalu inilah yang membuat Tuhan murka.

Sehingga nabi Daniel mengaku keadaan mereka (nenek moyang).
Daniel 9:6-8
6 dan kami tidak taat kepada hamba-hamba-Mu, para nabi, yang telah berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, kepada pemimpin-pemimpin kami, kepada bapa-bapa kami dan kepada segenap rakyat negeri.
7 Ya Tuhan, Engkaulah yang benar, tetapi patutlah kami malu seperti pada hari ini, kami orang-orang Yehuda, penduduk kota Yerusalem dan segenap orang Israel, mereka yang dekat dan mereka yang jauh, di segala negeri kemana Engkau telah membuang mereka oleh karena mereka berlaku murtad terhadap Engkau.
8 Ya TUHAN, kami, raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami dan bapa-bapa kami patutlah malu, sebab kami telah berbuat dosa terhadap Engkau.

Bila ada kejadian-kejadian di dalam sidang jemaat maka saya sebagai gembala harus memukul diri sama seperti Daniel. Demikian juga Nehemia, dalam doanya dia menyimpulkan 7 perkara yang merupakan perbuatan-perbuatan nenek moyang, perbuatan mereka di sama lampau. Pada kesempatan ini akan dibicarakan 3 perkara dari 7 perkara tersebut.

1.      Durhaka
Roh durhaka ini berkelanjutan sampai kepada puncaknya di bawah pimpinan antikristus.
2 Tesalonika 2:3,8
3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,
8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

Dan yang paling banyak dikuasai oleh roh durhaka ini adalah anak-anak muda.
Efesus 2:2
Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Efesus 2:2 (Terjemahan lama)
yang dahulu kamu lakukan menurut istiadat dunia ini, ialah menurut kuasa penguasa di udara, yaitu roh yang lagi bekerja di dalam hati anak-anak durhaka.

Anak-anak muda remaja jangan durhaka kepada Tuhan dan kepada orang tua. Kalau menginginkan sesuatu lihat kemampuan papa dan mama jangan paksakan keinginanmu kepada orang tua.

2.      Pemberontak
Markus 13:12
Seorang saudara akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah terhadap anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka.

3.      Membelakangi Tuhan
Yeremia 7:24
Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau memberi perhatian, melainkan mereka mengikuti rancangan-rancangan dan kedegilan hatinya yang jahat, dan mereka memperlihatkan belakangnya dan bukan mukanya.

Praktek dalam rumah tangga jangan sampai istri atau anak yang dipanggil malah berbalik belakang atau menjawab dengan kasar. Dalam penggembalaan kita juga harus memperlihatkan wajah kita.
Kidung agung 2:14
Merpatiku di celah-celah batu, di persembunyian lereng-lereng gunung, perlihatkanlah wajahmu, perdengarkanlah suaramu! Sebab merdu suaramu dan elok wajahmu!"

Tuhan rindu melihat wajah dan mendengar suara kita sebab dari wajah dan suara itu adalah cerminan hati kita. Kalau hati kita baik akan terdengar dari ucapan kita, bila hati kita baik akan terlihat di wajah kita. Ini yang Tuhan ingin lihat dan koreksi dalam kehidupan kita.

Tiga jabatan ini penting untuk mendorong kita. Pertama ada iman, kedua ada dorongan untuk masuk terlibat dalam pembangunan Tubuh Kristus dan yang ketiga berharap sepenuh kepada Tuhan. Itulah jabatan yang akan berhasil untuk membuat Allah tetap ingat dan memberkati kita tepat pada waktunya.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar