20120829

Kebaktian PA Imamat, Rabu 29 Agustus 2012 Pdt. Bernard Legontu




Imamat 1:1-2
1 TUHAN memanggil Musa dan berfirman kepadanya dari dalam Kemah Pertemuan:
2 "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila seseorang di antaramu hendak mempersembahkan persembahan kepada TUHAN, haruslah persembahanmu yang kamu persembahkan itu dari ternak, yakni dari lembu sapi atau dari kambing domba.

Tuhan memanggil Musa dan berfirman dari dalam kemah. Ini berarti umat Israel telah memenuhi persyaratan dalam membangun Tabernakel. Pembangunan Tabernakel tidak asal karena mencontoh apa yang ada di Sorga. Kalau dibangun dengan asal maka saat pemeriksaan yang terakhir, pembangunan ini pasti ditolak. Namun saat Musa memeriksa ternyata tidak ada selisih sedikitpun dengan yang Tuhan ilhamkan kepada Musa. Apa yang mereka bangun itu sudah tepat sehingga Tuhan tidak ada alasan lagi untuk tidak diam di dalamnya, sebab apa yang mereka bangun itu memang adalah permintaan Tuhan.
Keluaran 25:8-9
8 Dan mereka harus membuat tempat kudus bagi-Ku, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.
9 Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai contoh Kemah Suci dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus kamu membuatnya."

Setelah Tuhan mengisi apa yang telah mereka bangun dengan tepat itu maka dari dalam kemah, dari dalam Tabernakel ini Tuhan mulai berbicara tentang ibadah dan penggembalaan.

Di dalam Alkitab ada banyak Tabernakel namun hanya ada satu Tabernakel yang diperintahkan oleh Tuhan untuk dibangun. Contoh Tabernakel yang tidak disuruh oleh Tuhan.
Ayub 20:26
Kegelapan semata-mata tersedia bagi dia, api yang tidak ditiup memakan dia dan menghabiskan apa yang tersisa dalam kemahnya.
Ayub 20:26 (Terjemahan Bahasa Inggris)
All darkness shall be hid in his secret places: a fire not blown shall consume him; it shall go ill with him that is left in his tabernacle.

Kisah Para Rasul 7:43
Tidak pernah, malahan kamu mengusung kemah Molokh dan bintang dewa Refan, patung-patung yang kamu buat itu untuk disembah. Maka Aku akan membawa kamu ke dalam pembuangan, sampai di seberang sana Babel.
Kisah Para Rasul 7:43 (Terjemahan Bahasa Inggris)
Yea, ye took up the tabernacle of Moloch, and the star of your god Remphan, figures which ye made to worship them: and I will carry you away beyond Babylon.

Justru Tabernakel yang dibangun oleh manusia lewat ilham iblis lebih banyak jumlahnya dari pada Tabernakel yang dibangun oleh umat Tuhan lewat ilham dari Allah. Kalau ada Tabernakel yang lain itu berarti manufer atau trik iblis untuk membuat umat Tuhan bimbang. Cara ini yang dipakai oleh iblis terhadap Hawa yaitu dengan menampilkan Firman yang lain sehingga membuat Hawa ragu dan akhirnya ia jatuh ke dalam dosa dan telanjang.

Demikian juga pembangunan Bait Allah oleh Salomo dilaksanakan sesuai dengan ilham yang Tuhan berikan kepada Daud.
I Tawarikh 28:19
Semuanya itu terdapat dalam tulisan yang diilhamkan kepadaku oleh TUHAN, yang berisi petunjuk tentang segala pelaksanaan rencana itu.

Sekalipun Salomo memiliki hikmat yang melebihi Daud dan melebihi semua manusia yang ada sebelum maupun sesudah dia namun Salomo tidak boleh mengubah apa yang telah Tuhan ilhamkan kepada Daud tentang pembangunan Bait Allah.

Sekalipun ada hamba Tuhan yang merasa lebih hebat dari para pendahulu yang menerima ilham tentang pengajaran Tabernakel namun mereka tidak boleh mengubah apa yang yang telah Tuhan ilhamkan. Berani mengubah maka pasti berhadapan dengan Tuhan sebab itu berarti sama dengan menggugat Tuhan yang memberi ilham.

Cara iblis dari dulu sampai sekarang tidak berubah. Dia akan mengurangi sedikit Firman dan menambahi di sana sini. Itulah cara iblis untuk menghancurkan manusia pertama dan itulah cara iblis untuk menghancurkan gereja Tuhan di akhir zaman ini. Ada 5 tempat dalam Alkitab di mana Tuhan memerintahkan supaya jangan menambah dan mengurangi Firman.
1.      Ulangan 4:2
Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya, dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu.
2.      Ulangan 12:32
Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya.
3.      Amsal 30:5-6
5 Semua firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung pada-Nya.
6 Jangan menambahi firman-Nya, supaya engkau tidak ditegur-Nya dan dianggap pendusta.
4.      Pengkhotbah 3:14
Aku tahu bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya; itu tak dapat ditambah dan tak dapat dikurangi; Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia.
5.      Wahyu 22:18-19
18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.
19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

Apa yang tertulis di atas adalah bukti bahwa Allah menghargai FirmanNya.
Mazmur 138:2 (Terjemahan Lama)
Maka sujudlah aku di hadapan maligai kesucian-Mu sambil memuji nama-Mu, karena sebab kemurahan-Mu dan kebenaran-Mu; karena lebih dari pada segala kepujian-Mu Engkau telah membesarkan firman-Mu.

Kalau Allah sendiri menghargai FirmanNya mengapa kita tidak menghargai Firman Allah?
Mazmur 56:5,11
5 kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?
11 Kepada Allah, firman-Nya kupuji, kepada TUHAN, firman-Nya kupuji,

Rencana Allah adalah ingin mewujudkan mempelai wanitaNya, Tubuh Kristus yang sempurna. Jangan saudara berpikir bahwa semua orang percaya akan masuk menjadi anggota Tubuh Kristus. Kalau mengatakan semua orang percaya akan masuk Tubuh Kristus mengapa kita ngotot tentang pengajaran dan mengatakan ajaran lain salah!!!

Kitab Imamat ditulis di kaki gunung Torsinah selama kurang lebih 50 hari.
Keluaran 40:17
Dan terjadilah dalam bulan yang pertama tahun yang kedua, pada tanggal satu bulan itu, maka didirikanlah Kemah Suci.

Bilangan 10:11
Pada tahun yang kedua, pada bulan yang kedua, pada tanggal dua puluh bulan itu, naiklah awan itu dari atas Kemah Suci, tempat hukum Allah.

50 menunjuk pada pribadi Roh Kudus tetapi dalam kitab Imamat tidak ada ditampilkan tentang pribadi Roh Kudus sebab kitab Imamat menunjuk pekerjaan penebusan Yesus Kristus secara utuh. Kitab imamat ini ditujukan kepada umat Tuhan yang telah ditebus oleh Tuhan. Kitab Imamat merupakan Firman yang berbicara tentang penyelenggaraan ibadah dan penggembalaan. Saat itu bangsa Israel akan mengembara di padang gurun oleh sebab itu dibutuhkan Firman penggembalaan. Karena kita adalah anak-anak ketebusan Tuhan maka harus menerima Firman penggembalaan yang muncul atau yang disuarakan dari Tabernakel. Firman penggembalaan yang akan memimpin kita di dalam ibadah penggembalaan tidak akan bisa lepas dengan Tabernakel, ajaran yang tidak boleh lepas dari pola Sorga.

Ternyata kehidupan umat tebusan Tuhan yang berada di dalam penggembalaan masih banyak yang gugur. Mengapa mereka gugur dan binasa? Sebab tidak serius memperhatikan Firman penggembalaan yang terdengar dari Tabernakel. Ini adalah hal yang harus kita waspadai yaitu jangan sampai Firman yang disampaikan keluar dari koridor Tabernakel.
Sebab banyak anak tebusan yang seperti ini:
Yeremia 6:29-30
29 Puputan sudah mengembus, tetapi yang keluar dari api hanya timah hitam, tembaga dan besi. Sia-sia orang melebur terus-menerus, tetapi orang-orang yang jahat tidak terpisahkan.
30 Sebutkanlah mereka perak yang ditolak, sebab TUHAN telah menolak mereka!

Jangan sampai kita telah menjadi anak tebusan tetapi ditolak. Hal itu bisa terjadi sebab tidak mengalami penyucian karena Firman penggembalaan dalam terang Tabernakel sudah tidak begitu mendalam disampaikan dan bahkan sudah diubah-ubah, terkesan disepelehkan dan ditinggalkan.

Vahyich-Rah artinya “dan Dia yang memanggil”. Siapa yang dipanggil di sini? Itulah Musa. Siapa Musa? Seorang Nabi yang jabatan lainnya adalah gembala. Gembala yang memiliki jabatan nabi berarti memiliki Firman Nubuat dan sebagai gembala harus bisa mengajar berarti memiliki Firman Pengajaran. Firman ini tidak boleh lepas dari Tabernakel, inilah Firman penggembalaan.
Roma 14:17
Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

Ibrani 12:28
Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

Imamat dibuka pada pasal 1 tentang pekerjaan pendamaian yang menunjuk penyerahan sepenuh Tuhan Yesus dalam pengorbananNya.
Markus 10:45
Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

Ini adalah teladan untuk kita melaksanakan ibadah. Ibadah harus ditandai dengan penyerahan sepenuh. Tanpa penyerahan sepenuh di dalam ibadah maka kita tidak akan bisa menjadi mempelai wanita Tuhan. Penyerahan mempelai laki sorga inilah yang harus menjadi dasar ibadah kita. Dan imamat ditutup pada pasal 27 dengan penyerahan sepenuh dari mempelai wanita Tuhan.

Sebelum ilham Tuhan diberikan kepada Pdt. Van Gesel, belum ada hamba Tuhan lain yang pernah menerima ilham Tuhan ini yaitu Alkitab disusun dalam terang Tabernakel. Kita adalah penerusnya dan sebagai penerus kita harus berhati-hati, jangan sampai kita meninggalkan apa yang telah diterima oleh pendahulu, jangan kita ubah. Kalau berani berubah maka suatu saat tidak akan bisa mengelak lagi sebab akan berhadapan dengan pemberi pengajaran yaitu Tuhan (pemberi ilham).

Imamat 27:30-33
30 Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.
31 Tetapi jikalau seseorang mau menebus juga sebagian dari persembahan persepuluhannya itu, maka ia harus menambah seperlima.
32 Mengenai segala persembahan persepuluhan dari lembu sapi atau kambing domba, maka dari segala yang lewat dari bawah tongkat gembala waktu dihitung, setiap yang kesepuluh harus menjadi persembahan kudus bagi TUHAN.
33 Janganlah dipilih-pilih mana yang baik dan mana yang buruk, dan janganlah ditukar; jikalau orang menukarnya juga, maka baik hewan itu maupun tukarnya haruslah kudus dan tidak boleh ditebus."
Kesimpulan ayat-ayat di atas adalah menunjuk penyerahan hidup kita kepada Tuhan. Orang akan sukar mengembalikan milik Tuhan kalau dia tidak sadar bahwa dirinya adalah milik Tuhan. Hanya orang yang paham bahwa dia sudah dibeli oleh Tuhan (dalam Imamat pasal 1) yang dapat menyerahkan hidupnya dan sebagai bukti dia mengembalikan milik Tuhan yaitu perpuluhan.

Imamat 1:1 dibuka dengan Tuhan berfirman dan Imamat 27:34 ditutup dengan Tuhan berfirman.
Imamat 27:34
Itulah perintah-perintah yang diperintahkan TUHAN kepada Musa di gunung Sinai untuk disampaikan kepada orang Israel.

Korban yang menjadi dasar ibadah pelayanan kita.
Imamat 7:37-38
37 Itulah hukum tentang korban bakaran, korban sajian, korban penghapus dosa, korban penebus salah, persembahan pentahbisan dan korban keselamatan,
38 yang diperintahkan TUHAN kepada Musa di atas gunung Sinai pada hari TUHAN memerintahkan kepada orang Israel mempersembahkan persembahan mereka kepada TUHAN di padang gurun Sinai.
Musa terlebih dahulu harus menerima dasar-dasar ibadah yang akan dilaksanakan ketika mereka mengembara di padang gurun menuju ke tanah kanaan, tanah permai.
Yehezkiel 20:6
Pada hari itu Aku bersumpah kepada mereka untuk membawa mereka dari tanah Mesir ke tanah yang Kupilih baginya, negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, tanah yang permai di antara semua negeri.

Perjalanan bangsa Israel dari Mesir sampai ke gunung Torsinah berada di bawah pimpinan tongkat, ini menunjuk Injil keselamatan. Dalam perjalanan mereka dari gunung Torsinah sampai di perbatasan tanah kanaan mereka mendapatkan Firman penggembalaan lewat bunyi dua nafiri dan Tabut perjanjian, ini menunjuk injil kemuliaan. Kita sekarang berada pada era Injil Kemuliaan.
II Korintus 4:4
yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

Bangsa Israel adalah bangsa pilihan yang telah ditebus oleh Tuhan namun masih binasa ketika diperjalanan menuju tanah kanaan. Oleh sebab itu kita harus menghindari hal-hal yang menyebabkan kegagalan bangsa Israel yang terdapat dalam I Korintus 10.


1.      Ingin hal-hal yang jahat
I Korintus 10:6
Semuanya ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita untuk memperingatkan kita, supaya jangan kita menginginkan hal-hal yang jahat seperti yang telah mereka perbuat,

Ketika itu bangsa Israel menerima Firman penggembalaan yang keluar dari Tabernakel namun mereka masih menginginkan hal yang jahat. Segala sesuatu yang bertentangan dengan Firman Allah itu jahat, jangan sampai kita lakukan.

2.      Penyembahan berhala
I Korintus 10:7
dan supaya jangan kita menjadi penyembah-penyembah berhala, sama seperti beberapa orang dari mereka, seperti ada tertulis: "Maka duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria."

Segala sesuatu yang menghalangi kita untuk beribadah dan melayani Tuhan itu sudah menjadi bagian dari berhala. Dalam bahasa aslinya penyembahan berhala memiliki dua pengertian:
a)      Edelon artinya sesuatu bentuk atau gambar.
Kita mau dibawa pada bentuk dan gambar Allah, kalau ada yang mau membawa kita pada gambar dan bentuk yang lain itu berarti sedang digarap oleh berhala.

b)      Lapsis artinya budak.
Segala sesuatu yang memperbudak kita sehingga tidak bebas untuk beribadah dan melayani  Tuhan adalah berhala. Contoh:
II Petrus 2:19-20
19 Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.
20 Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula.

Bilangan 7:89
Apabila Musa masuk ke dalam Kemah Pertemuan untuk berbicara dengan Dia, maka ia mendengar suara yang berfirman kepadanya dari atas tutup pendamaian, yang di atas tabut hukum Allah, dari antara kedua kerub itu; demikianlah Ia berfirman kepadanya.
Mengapa suara Firman penggembalaan keluar dari ruangan maha suci dari atas Tabut perjanjian? Karena suara Firman penggembalaan mau membawa kita untuk dua menjadi satu, untuk membawa kita menjadi mempelai wanita Tuhan.

I Korintus 10:7
dan supaya jangan kita menjadi penyembah-penyembah berhala, sama seperti beberapa orang dari mereka, seperti ada tertulis: "Maka duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria."

Perkataan di atas adalah keadaan bangsa Israel saat menyembah lembu emas.
Keluaran 32:6
Dan keesokan harinya pagi-pagi maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, sesudah itu duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria.

Pembangunan Lembu emas berada dibawah pimpinan Harun seorang hamba Tuhan senior dan yang tampil di depan untuk berkorban adalah wanita. Kalau perempuan yang tampil di depan dalam beribadah maka arah ibadah sudah mengarah pada edelon dan laksis
Keluaran 32:2-3
2 Lalu berkatalah Harun kepada mereka: "Tanggalkanlah anting-anting emas yang ada pada telinga isterimu, anakmu laki-laki dan perempuan, dan bawalah semuanya kepadaku."
3 Lalu seluruh bangsa itu menanggalkan anting-anting emas yang ada pada telinga mereka dan membawanya kepada Harun.

Namun dalam pembangunan Tabernakel yang tampil di depan untuk berkorban adalah laki-laki.
Keluaran 35:22, 29
22 Maka datanglah mereka, baik laki-laki maupun perempuan, setiap orang yang terdorong hatinya, dengan membawa anting-anting hidung, anting-anting telinga, cincin meterai dan kerongsang, segala macam barang emas; demikian juga setiap orang yang mempersembahkan persembahan unjukan dari emas bagi TUHAN.
29 Semua laki-laki dan perempuan, yang terdorong hatinya akan membawa sesuatu untuk segala pekerjaan yang diperintahkan TUHAN dengan perantaraan Musa untuk dilakukan -- mereka itu, yakni orang Israel, membawanya sebagai pemberian sukarela bagi TUHAN.




3.      Percabulan
I Korintus 10:8
Janganlah kita melakukan percabulan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga pada satu hari telah tewas dua puluh tiga ribu orang.

Yang menjadi provokator terjadinya percabulan di sini adalah Bileam. Dia menasihati Balak untuk mengajak umat Israel dalam pesta dan membuat mereka mabuk sehingga mencium baal dan menyebabkan murka Tuhan bangkit atas Israel dan menewaskan 23.000 orang. Ini semua terjadi karena persekutuan yang salah (ibadah campur), umat Israel datang bersekutu dengan orang Moab dan ini adalah pelajaran serta peringatan bagi kita.
Roma 15:4
Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.

I Korintus 10:11
Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.

4.      Mencobai Tuhan
I Korintus 10:9
Dan janganlah kita mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular.

Hanya ada satu hal yang Tuhan izinkan kita untuk mencobai Dia yaitu tentang membawa perpuluhan, di luar hal itu tidak boleh.
Maleakhi 3:8-10
8 Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!
9 Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa!
10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

5.      Bersungut-sungut
I Korintus 10:10
Dan janganlah bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut.

Inilah yang seringkali dilakukan oleh banyak anak Tuhan bahkan hamba Tuhan. Bersungut-sungut nampak sebagai hal yang enteng, padahal dosa bersungut-sungut mempercepat murka Tuhan.

Imamat 1:3-17 berbicara tentang korban yang menjadi dasar ibadah kita dan sekarang menunjuk pada korban Kristus.
1.      Imamat 1:3-9 berbicara korban Lembu yang menunjuk pelayanan Tuhan Yesus dalam kerendahan hati dan kerelaan untuk menanggung beban semaksimal mungkin.
2.      Imamat 1:10-13 berbicara korban Domba yang menunjuk ketaatan dan dengar-dengaranya Tuhan Yesus kepada Bapa Sorgawi.
3.      Imamat 1:14-17 berbicara korban Merpati yang menunjuk pada ketulusan Yesus dalam mengerjakan penebusan bagi umat manusia.

Kita beribadah atas dasar Korban ini.
Ibrani 9:14
betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Sepandai-pandainya manusia namun dasar ibadah bukan datang dari manusia namun tetap datang dari Tuhan. Mengapa?
Pengkhotbah 8:17
maka nyatalah kepadaku, bahwa manusia tidak dapat menyelami segala pekerjaan Allah, yang dilakukan-Nya di bawah matahari. Bagaimanapun juga manusia berlelah-lelah mencarinya, ia tidak akan menyelaminya. Walaupun orang yang berhikmat mengatakan, bahwa ia mengetahuinya, namun ia tidak dapat menyelaminya.

Karena manusia tidak bisa menyelami segala pekerjaan Allah maka aturan untuk kita beribadah dan melayani Tuhan datang dari Tuhan sendiri. Oleh sebab itu jangan sampai berani kita ubah.
Jangan seperti ini:
Kolose 2:23
Peraturan-peraturan ini, walaupun nampaknya penuh hikmat dengan ibadah buatan sendiri, seperti merendahkan diri, menyiksa diri, tidak ada gunanya selain untuk memuaskan hidup duniawi.
Amsal 21:30
Tidak ada hikmat dan pengertian, dan tidak ada pertimbangan yang dapat menandingi TUHAN.

Untuk menjalin hubungan kita dengan Tuhan caranya datang dari Tuhan sendiri supaya hubungan kita mencapai hubungan mempelai. Di penghujung akhir zaman ini Tuhan bermurah hati memberikan hal ini kepada kita.
Efesus 1:8-10
8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Mengapa ada yang berani mempreteli cara yang dari Tuhan ini? Sebab merasa lebih berhikmat dari Tuhan. Ini adalah manufer iblis untuk menggagalkan gereja Tuhan menikah dengan Kristus. Bahkan kadang kala iblis memakai pelayan-pelayan yang menurut kita seharusnya menjadi panutan tetapi ternyata pengajaran yang ia sampaikan sudah lain. Ini yang harus kita waspadai

Kalau lembu dijual yang muncul adalah keledai artinya kalau pelayanan dalam kerendahan hati dan kerelaan untuk menanggung beban tidak ada lagi maka yang akan muncul adalah kekafiran. Kalau domba dijual yang muncul serigala, kalau ketaatan dilepaskan yang akan muncul adalah kebuasan.
Amsal 28:16
Seorang pemimpin yang tidak mempunyai pengertian keras penindasannya, tetapi orang yang membenci laba yang tidak halal, memperpanjang umurnya.

Kalau burung tekukur dijual yang muncul ular artinya kalau tidak ada ketulusan dalam pelayanan maka sama dengan menipu jemaat.
II Korintus 2:17
Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah. Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.

Firman penggembalaan diberikan supaya jemaat selamat.
I Timotius 4:15-16
15 Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang.
16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Suara penggembalaan membawa suasasana penyelamatan kepada jemaat tujuannya supaya lepas dari aniaya 3.5 tahun antikris dan masuk dalam penyingkiran gereja.
Yohanes 2:13-14
13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem.
14 Dalam Bait Suci didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ.

Di sini lembu dijual maka  yang tertinggal adalah keledai, ini menunjuk pada kekafiran.

II Raja-raja 6:25
Maka terjadilah kelaparan hebat di Samaria selama mereka mengepungnya, sehingga sebuah kepala keledai berharga delapan puluh syikal perak dan seperempat kab tahi merpati berharga lima syikal perak.
Saat Samaria dikepung, terputuslah jalur logistik ke dalam kota sehingga terjadi kelaparan yang hebat dan yang laku dijual adalah kepala keledai dan tahi burung merpati. Artinya kalau terputus jalur makanan dari Sorga karena kita terkepung oleh berbagai aturan maka akhirnya yang akan hadir di tengah-tengah sidang jemaat adalah kepala keledai yang menunjuk suara kekafiran, suara asing atau Firman pengajaran yang lain dan tahi burung merpati yang artinya tidak ada lagi Roh Kudus, tinggal kata-kata asing yang dibuat-buat.

Yohanes 2:15
Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.

Tuhan Yesus membuat cambuk dari tali. Dari mana tali ini?
Mazmur 118:27
TUHANlah Allah, Dia menerangi kita. Ikatkanlah korban hari raya itu dengan tali, pada tanduk-tanduk mezbah.

Ketika bangsa Israel datang untuk mempersembahkan korban maka mereka mengikat hewan korbannya pada tanduk-tanduk mezbah sebelum penyembelihan. Tali inilah yang dilepaskan oleh Tuhan. Artinya kalau tali itu dilepas dari mezbah berarti orang yang beribadah itu tidak ada hubungannya lagi dengan mezbah maksudnya ibadah tidak terkait lagi dengan Sorga, sekalipun mereka beribadah tidak ada lagi hubungannya dengan Tuhan sebab tali kasih antara korban dan mezbah sudah dilepas. Jangan sampai kita beribadah dan melayani Tuhan tanpa pertalian lagi dengan Tuhan dan tinggal menjalankan ibadah serta pelayanan dengan terpaksa.

Tanduk tempat mengikat korban itu adalah tanduk kuasa kebangkitan, kuasa penebusan. Tanduk mezbah dibuat dari tulang yang dibungkus dengan tembaga.

Tuhan itu selektif, Dia tidak mau kita beribadah tetapi tidak berkenan di hadapanNya. Supaya ibadah itu berkenan kepada Allah ada tuntunannya yang datang dari Tuhan sendiri. Kalau ibadah itu kita buat dengan cara kita sendiri maka tidak akan berkenan kepada Tuhan.
Ibrani 12:28
Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

Roma 14:17-18
17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.
18 Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.

Cara yang berkenan kepada Tuhan adalah ibadah sesuai dengan pola pengajaran Tabernakel (pola Sorga). Jangan kita buat model ibadah yang keluar dari pola pengajaran Tabernakel. Dalam alkitab ada ibadah yang tidak berkenan, ibadah yang tidak berhasil sebab tidak ada kaitannya dengan darah itulah ibadah Kain.
Kejadian 4:3 (Terejemahan Lama)
Maka sekali peristiwa, pada kesudahan tahun, dibawa oleh Kain akan hasil tanah akan persembahan kepada Tuhan.

Pada kesudahan tahun menunjuk pada akhir zaman yaitu masa kita sekarang di mana ada dua model ibadah yaitu yang berkenan dan yang tidak berkenan.
Kejadian 4:4-5
4 Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu,
5 tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.

Demikian juga dalam Kitab Maleakhi yang dibuka dengan dua pribadi yaitu Esau dan Yakub lalu dikunci dengan dua golongan di mana yang satu berkenan kepada Tuhan dan yang satunya tidak berkenan.
Maleakhi 1:2-3
2 "Aku mengasihi kamu," firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah Engkau mengasihi kami?" "Bukankah Esau itu kakak Yakub?" demikianlah firman TUHAN. "Namun Aku mengasihi Yakub,
3 tetapi membenci Esau. Sebab itu Aku membuat pegunungannya menjadi sunyi sepi dan tanah pusakanya Kujadikan padang gurun."

Ini yang harus kita waspadai yaitu ibadah yang tidak berkenan. Akibat ibadah tidak berhasil adalah hati panas dan muka muram.
Kejadian 4:6-7
6 Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram?
7 Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."

Ada satu suku bangsa yang memiliki pertalian darah dengan bangsa Israel yang ibadahnya tidak berhasil, itulah bangsa Moab. Mengapa ibadahnya tidak berhasil? Karena menganggap semuanya sama saja, menganggap semua ibadah dan semua pengajaran sama saja.
Yesaya 16:12
Maka sekalipun Moab pergi beribadah dan bersusah payah di atas bukit pengorbanan dan masuk ke tempat kudusnya untuk berdoa, ia tidak akan mencapai apa-apa.

Ibadah tidak berhasil berarti tidak bisa jumpa dengan Tuhan, tertinggal pada masa 3.5 tahun siksaan antikristus.

Imamat dibuka dengan penyerahan mempelai Laki-laki dan ditutup dengan penyerahan mempelai wanita. Apakah kita ada pada kondisi seperti ini? Dalam Imamat 27:30-33 terlihat seperti enteng yaitu tentang mengembalikan perpuluhan tetapi sebetulnya mengembalikan perpuluhan itu adalah pengakuan saudara bahwa saudara adalah milik Tuhan. Dan sebagai miliknya Tuhan ayo kita merendah, taat dan tulus sehingga ketika Tuhan Yesus datang maka Dia akan datang merampas kita dari ancaman yang akan menimpa dunia akhir zaman. Biarlah kita semua merindu untuk ke sana.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar