20120314

Kebaktian PA Tabernakel, Rabu 14 Maret 2012 Pdt. Bernard Legontu




Keluaran 29:38-43,45-46
38 "Inilah yang harus kauolah di atas mezbah itu: dua anak domba berumur setahun, tetap tiap-tiap hari.
39 Domba yang satu haruslah kauolah pada waktu pagi dan domba yang lain kauolah pada waktu senja.
40 Dan beserta domba yang satu kauolah sepersepuluh efa tepung yang terbaik dengan minyak tumbuk seperempat hin, dan korban curahan dari seperempat hin anggur.
41 Domba yang lain haruslah kauolah pada waktu senja; sama seperti korban sajian dan korban curahannya pada waktu pagi harus engkau mengolahnya sebagai persembahan yang harum, suatu korban api-apian bagi TUHAN,
42 suatu korban bakaran yang tetap di antara kamu turun-temurun, di depan pintu Kemah Pertemuan di hadapan TUHAN. Sebab di sana Aku akan bertemu dengan kamu, untuk berfirman kepadamu.
43 Di sanalah Aku akan bertemu dengan orang Israel, dan tempat itu akan dikuduskan oleh kemuliaan-Ku.
45 Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan Aku akan menjadi Allah mereka.
46 Maka mereka akan mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allah mereka, yang telah membawa mereka keluar dari tanah Mesir, supaya Aku diam di tengah-tengah mereka; Akulah TUHAN, Allah mereka."

Hasil dari korban yang dipersembahkan di atas mezbah tersebut adalah kesediaan Tuhan yang sampai dua kali dikatakan: “Aku akan bertemu dengan kamu” dan dua kali juga dikatakan: “Aku akan diam”. Jadi tidak sekedar ada pertemuan tetapi sekaligus Tuhan mau berdiam. Ini adalah hasil akhir dari tahbisan yang benar.

Bila Tuhan tidak berkenan kepada kita maka kita tidak akan bisa berbicara dan memaparkan tentang pribadi Tuhan yang maha kudus kepada orang lain. Sebab kita adalah manusia berdosa, tidak akan mungkin bisa mengerti tentang pribadi Tuhan yang maha kudus bila bukan Tuhan sendiri yang menyatakannya. Apabila Tuhan menyatakan tentang pribadiNya maka itulah kemurahan Tuhan bagi seorang hamba Tuhan dan juga kepada sidang jemaat.

Hasil dari Tahbisan yang benar kita menerima berkat-berkat dari Tuhan, mulai dari berkat perlindungan, disingkirkan saat 3.5 tahun masa antikristus berkuasa dan akhirnya kita menjadi milik Tuhan sepenuhnya.

Keluaran 29:40
40 Dan beserta domba yang satu kauolah sepersepuluh efa tepung yang terbaik dengan minyak tumbuk seperempat hin, dan korban curahan dari seperempat hin anggur.
Masa pentahbisan ada 7 hari dimana tiap pagi dan senja diolah seekor domba. Jadi selama pentahbisan ada 14 ekor domba yang disembelih yang tiap ekornya diolah dengan ¼ hin minyak tumbuk dan anggur sehingga minyak dan anggur yang digunakan selama pelayanan adalah 14 x ¼ = 3.5
Ini menunjuk bahwa bila kita berada pada tahbisan yang benar maka kita diluputkan dari masa 3.5 tahun aniaya antikristus.

Untuk kebutuhan minyak pagi dan sore          = 3.5 hin
Untuk kebutuhan anggur pagi dan sore = 3.5 hin
                                                                    7 hin

Angka 7 adalah angka sempurna artinya kita diberi kesempatan untuk sempurna bila memenuhi syarat-syarat di atas.

Keluaran 29:36
Tiap-tiap hari haruslah engkau mengolah seekor lembu jantan menjadi korban penghapus dosa untuk mengadakan pendamaian dan haruslah kausucikan mezbah itu, dengan mengadakan pendamaian baginya; haruslah engkau mengurapinya untuk menguduskannya.
Selama 7 hari masa pentahbisan imam-imam tersebut ada 7 ekor lembu dan 14 ekor domba yang harus disembelih. Total korban sembelihan ini adalah 21 ekor. Ini menunjuk bahwa bila kita sungguh-sungguh berada dalam tahbisan yang benar maka Tuhan telah janjikan perlindungan untuk luput dari 21 hukuman yang akan turun atas dunia ini. Bila berada dalam tahbisan yang benar kita akan luput dari 7 hukuman Roh Kudus (7 meterai), 7 hukuman Anak Allah (7 sangkakala) dan 7 hukuman Allah Bapa (7 bokor).

Terdapat tiga korban yang disembelih setiap hari selama 7 hari masa pentahbisan:

1.      Sembelihan domba di pagi hari

Domba sembelihan di pagi hari adalah untuk menghadapi sepanjang hari yang menunjuk pada masa kerja kita.
Yohanes 9:4
Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.

Kita tidak bisa lepas dari sembelihan domba ini sebab ada hal-hal yang akan mengganggu, mengganjal, merebut dan menarik pelayan Tuhan sehingga selama masa pekerjaan dalam pelayanan ini banyak yang berjatuhan. Itu terjadi sebab tidak mengawali pelayanan dengan sembelihan domba di pagi hari. Oleh sebab itu hargai korbanNya dengan sikap sujud menyembah dan menyerahkan diri kepada Tuhan.

Kita harus memiliki persekutuan dengan domba sembelihan di pagi hari. Bila tidak memiliki persekutuan dengan korban domba di pagi hari maka akan ada aktifitas lain yang mempengaruhi kita saat berada di siang hari. Siang hari menunjuk pada masa untuk kita bekerja melayani Tuhan. Aktifitas tersebut menyenangkan untuk daging tetapi bisa menyebabkan masa kerja kita tersita untuk hal yang tidak harus kita lakukan sehingga kita bisa hancur dan binasa.

Bila dalam masa kerja ini kita bersantai-santai, kurang antusias dan membuang-buang waktu maka akibatnya Tuhan akan berbalik menyamakan kita seperti binatang (hewan yang tidak berakal).
II Petrus 2:12-13
12 Tetapi mereka itu sama dengan hewan yang tidak berakal, sama dengan binatang yang hanya dilahirkan untuk ditangkap dan dimusnahkan. Mereka menghujat apa yang tidak mereka ketahui, sehingga oleh perbuatan mereka yang jahat mereka sendiri akan binasa seperti binatang liar,
13 dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka. Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan. Mereka adalah kotoran dan noda, yang mabuk dalam hawa nafsu mereka kalau mereka duduk makan minum bersama-sama dengan kamu.

Itu sebabnya mengapa harus disembelih domba di pagi hari untuk menghadapi aktifitas pelayanan kita supaya saat kita berada pada waktu siang yaitu waktu bekerja melayani Tuhan kita tidak ikut untuk berfoya-foya dan mengikuti keinginan daging. Kita harus melihat salib Golgota di mana darah Tuhan Yesus mengalir sehingga tidak akan memberi peluang untuk diri kita berfoya-foya dan menyenangkan daging. Hargai kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita untuk terlibat dalam pelayanan pembangunan Tubuh Kristus sebab itu senilai dengan korban Kristus.

Tidak sedikit anak Tuhan dan hamba Tuhan yang mengabaikan kesempatan untuk melayani Tuhan dan malah berfoya-foya dan menyenangkan daging sehingga berbalik mereka menjadi binatang liar. Sebenarnya sudah tersedia korban sembelihan bagi mereka tetapi mereka menolak sehingga anak Tuhan yang demikian menjadi binatang sembelihan pada masa antikris.
Mazmur 49:13, 21
13 Tetapi dengan segala kegemilangannya manusia tidak dapat bertahan, ia boleh disamakan dengan hewan yang dibinasakan
21 Manusia, yang dengan segala kegemilangannya tidak mempunyai pengertian, boleh disamakan dengan hewan yang dibinasakan.

Kapan terbukti seseorang mengabaikan pekerjaan pelayanannya kepada Tuhan? Ketika ia mulai mengentengkan kesempatan beribadah sebab mengejar perkara jasmani. Orang yang demikian tidak memposisikan diri sebagai Anak Tuhan tetapi sebagai binatang yang liar, tinggal menunggu kesempatan untuk disembelih.

Kadangkala tanpa disadari ibadah dan pelayanan masih diisi dengan persungutan dan omelan. Kalau saat datang beribadah dan melayani kita bersungut-sungut maka arahnya bukan bertemu dengan Tuhan tetapi bertemu dengan antrikris dan menjadi binatang yang siap untuk disembelih dan dibinasakan.

Berfoya-foya dan pesta pora merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Lukas 21:34-36
34 "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.
35 Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.
36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

Dengan kita melibatkan diri dalam masa kerja pelayanan kita kepada Tuhan maka kita pasti akan diluputkan dari penghukuman yang akan menimpa dunia ini dan mampu untuk memandang wajah Tuhan. Mungkin bisa luput dari penghukuman tetapi apakah mampu memandang wajah Tuhan? Dua perkara ini telah dijamin oleh Tuhan untuk kita peroleh bila kita memulai masa kerja pelayanan kita dengan merenungkan pengorbanan Kristus.

Kita harus tekun dalam tiga macam ibadah penggembalaan. Jangan mengeluh di dalam hati bila waktu kita beribadah terasa lama. Biarlah kita bersukacita saat datang beribadah dan melayani sekalipun bertolak belakang dengan keinginan daging kita.


Ulangan 28:47-48
47 "Karena engkau tidak mau menjadi hamba kepada TUHAN, Allahmu, dengan sukacita dan gembira hati walaupun kelimpahan akan segala-galanya,
48 maka dengan menanggung lapar dan haus, dengan telanjang dan kekurangan akan segala-galanya engkau akan menjadi hamba kepada musuh yang akan disuruh TUHAN melawan engkau. Ia akan membebankan kuk besi ke atas tengkukmu, sampai engkau dipunahkan-Nya.

Bila saat beribadah dan melayani Tuhan tidak disertai dengan sukacita dan gembira hati maka apa yang telah kita miliki dalam kelimpahan akan kembali diambil sehingga berada dalam keadaan kekurangan sampai dipunahkan.

Kita melayani Tuhan sebab kita adalah hamba-hamba Tuhan seperti bangsa Israel.
Imamat 25:55
55 Karena pada-Kulah orang Israel menjadi hamba; mereka itu adalah hamba-hamba-Ku yang Kubawa keluar dari tanah Mesir; Akulah TUHAN, Allahmu."

Imamat 25:42
Karena mereka itu hamba-hamba-Ku yang Kubawa keluar dari tanah Mesir, janganlah mereka itu dijual, secara orang menjual budak.

Saat keluar dari Mesir bangsa Israel disebut sebagai hamba Tuhan. Saat kita keluar dari ikatan-ikatan dunia ini maka kita bisa menjadi hamba Tuhan, bukan lagi menjadi hamba dunia ini.
Roma 6:18-19
18 Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.
19 Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah
menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu
kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi
hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan.

Contoh kehidupan yang selama hidupnya berfoya-foya dan berpesta pora sehingga akibatnya dia harus menderita kekal selamanya di neraka.
Lukas 16:19,23
19 "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan.
23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.

Orang kaya ini menunjuk pada kehidupan yang percaya sebab dia mengenal Abraham dan Abraham mengakui dia anaknya, namun harus menderita selamanya sebab tidak peduli dengan kesempatan untuk beribadah dan melayani Tuhan.
Lukas 16:24-25
16:24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.
16:25 Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita.

2.      Sembelihan domba di petang hari
Korban ini mempersiapkan kita untuk menghadapi kegelapan malam, dosa malam.
I Tesalonika 5:6-7
6 Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar.
7 Sebab mereka yang tidur, tidur waktu malam dan mereka yang mabuk, mabuk waktu malam.

Ada dua dosa malam yang disebutkan pada ayat 7 di atas yaitu tidur dan mabuk. Tidur ini menunjuk pada kemalasan.
Amsal 6:9
Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu?

dan orang malas pasti juga tukang kritik,
Matius 25:26
Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam?

2 Tesalonika 3:10
Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

Orang yang tidur mudah dipermainkan. Kehidupan yang tidur rohani mudah dipermainkan oleh iblis.
Bila orang yang tidur dipermainkan oleh iblis maka orang yang mabuk menjadi alatnya iblis untuk menghasilkan kekacauan. Mabuk disini antara lain adalah mabuk kedudukan, mabuk harta, mabuk seks. Orang mabuk ini hanya menghasilkan keresahan dan kerusuhan.
Siapa yang suka mengendap-endap di waktu malam?
Ayub 24:14
Pada parak siang bersiaplah si pembunuh, orang sengsara dan miskin dibunuhnya, dan waktu malam ia berlaku seperti pencuri.

Apa yang dikerjakan pencuri?
Matius 24:43
Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.
Pencuri datang untuk membongkor rumah. Rumah ini menunjuk pada nikah. Pencuri datang untuk menghancurkan nikah rumah tangga.

Bagi orang fasik malahan lebih senang bersekutu dengan pencuri artinya senang dengan perceraian
Mazmur 50:16-18
16 Tetapi kepada orang fasik Allah berfirman: "Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku, dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu,
17 padahal engkaulah yang membenci teguran, dan mengesampingkan firman-Ku?
18 Jika engkau melihat pencuri, maka engkau berkawan dengan dia, dan bergaul dengan orang berzinah.

Ayub 24:15-17
15 Orang yang berzinah menunggu senja, pikirnya: Jangan seorang pun melihat aku; lalu dikenakannya tudung muka.
16 Di dalam gelap mereka membongkar rumah, pada siang hari mereka bersembunyi; mereka tidak kenal terang,
17 karena kegelapan adalah pagi hari bagi mereka sekalian, dan mereka sudah biasa dengan kedahsyatan kegelapan.

Amsal 6:32-33
32 Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri.
33 Siksa dan cemooh diperolehnya, malunya tidak terhapuskan.

Banyak orang yang jatuh oleh sebab pekerjaan dosa kenajisan ini, jangan kita menambah jumlah orang yang seperti itu.
Amsal 7:26
Karena banyaklah orang yang gugur ditewaskannya, sangat besarlah jumlah orang yang dibunuhnya.

Bila masa lalu kita berada dalam kegelapan maka sekarang kita telah di tolong oleh Tuhan dan kita mengkondisikan diri kita berada di dalam proyek pemulihan Tuhan. Sehancur-hancurnya dan serusak-rusaknya keadaan kita Tuhan telah menyediakan korban untuk menebus dosa kita.

3.      Korban Lembu
Korban 7 lembu menunjuk pada korban Kristus yang menghancurkan dosa dan kesalahan sekecil apapun. Menyadari hal ini kita pasti tidak akan menyembunyikan dosa sekecil apapun di dalam diri kita, bahkan bisa berani bersaksi tentang dosa kesalahan yang telah Tuhan hancurkan. Jangan malah menyembunyikan dosa sendiri dan mempersalahkan orang lain.
Amsal 28:13
Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

Korban sembelihan telah ada tetapi Tuhan mau memperlengkapi kita dengan tepung, minyak dan anggur.
Keluaran 29:40
Dan beserta domba yang satu kauolah sepersepuluh efa tepung yang terbaik dengan minyak tumbuk seperempat hin, dan korban curahan dari seperempat hin anggur.

Domba sembelihan itu diolah dengan sepersepuluh efa tepung yang terbaik. Kita telah menerima korban Kristus tetapi sifat tabiat kita masih kasar maka yang bisa memperhalus kita adalah Firman Pengajaran yang bagaikan tepung yang halus. Orang yang telah mengalami pendamaian dosa harus mau menerima pengajaran Firman Tuhan untuk membentuk sifat dan karakternya sampai sifat dan karakter Kristus tumbuh dan menguasai kehidupannya.
Matius 11:28-29
28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

Angka 1/10 ini menunjuk pada angka miliknya Tuhan. Bukti kehidupan yang mau menerima Firman pengajaran adalah menjadi miliknya Tuhan dan bila menjadi milik Tuhan berarti tidak akan ada yang bisa menggangu.
Yohanes 10:28
dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.
Buktikan kita menjadi milik Tuhan mulai dari mengembalikan miliknya Tuhan yaitu perpuluhan.

Ke mana perpuluhan ini dibawa?
Ulangan 12:11
maka ke tempat yang dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah kamu bawa semuanya yang kuperintahkan kepadamu, yakni korban bakaran dan korban sembelihanmu, persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu dan segala korban nazarmu yang terpilih, yang kamu nazarkan kepada TUHAN.

Di mana tempat yang dipilih oleh Tuhan?
II Tawarikh 12:13
Raja Rehabeam menunjukkan dirinya kuat dalam pemerintahannya di Yerusalem. Rehabeam berumur empat puluh satu tahun pada waktu ia menjadi raja, dan tujuh belas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem, kota yang dipilih TUHAN dari antara segala suku Israel untuk membuat nama-Nya tinggal di sana. Nama ibunya ialah Naama, seorang perempuan Amon.

Mengapa Yerusalem? Sebab di Yerusalem ada Firman Pengajaran dan ke sanalah kita membawa perpuluhan.
Mikha 4:2
2 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan firman TUHAN dari Yerusalem."

Yesaya 2:3
3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."

Ulangan 14:28-29
28 Pada akhir tiga tahun engkau harus mengeluarkan segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu dalam tahun itu dan menaruhnya di dalam kotamu;
29 maka orang Lewi, karena ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau, dan orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu, akan datang makan dan menjadi kenyang, supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu."

Ulangan 26:12-13
26:12 "Apabila dalam tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu, maka haruslah engkau memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan di dalam tempatmu dan menjadi kenyang.
26:13 Dan haruslah engkau berkata di hadapan TUHAN, Allahmu: Telah kupindahkan persembahan kudus itu dari rumahku, juga telah kuberikan kepada orang Lewi, dan kepada orang asing, anak yatim dan kepada janda, tepat seperti perintah yang telah Kauberikan kepadaku. Tidak kulangkahi atau kulupakan sesuatu dari perintah-Mu itu.

Artinya kalau orang asing saja boleh makan, diberi kesempatan untuk menikmati berkat Tuhan, apalagi hamba Tuhan yang dari padanya kita dapat firman Pengajaran, sehingga dianjurkan supaya:
2 Timotius 3:14
Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.
melalui hamba Tuhan kita mendapatkan pelayanan Firman Allah (roti), tetapi mengapa seperti merasa berat untuk berbuat?

Amsal 13:13
Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Keluaran 29:40
Dan beserta domba yang satu kauolah sepersepuluh efa tepung yang terbaik dengan minyak tumbuk seperempat hin, dan korban curahan dari seperempat hin anggur.
Selain tepung, korban domba tersebut harus diolah dengan minyak tumbuk seperempat hin dan dengan seperempat hin anggur.

Seperempat ini menunjuk pada sifat tanah yang baik. Kalau kita menjadi tanah yang baik maka akan ada kesaksian ganda dan pelayanan ganda. Minyak dan anggur ini dipakai untuk membersihkan dan mengobati luka.
Lukas 10:33-34
33 Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.
34 Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.

Minyak untuk mengisi pelita supaya pelita menyala, mengusir kegelapan dan anggur untuk
membawa sukacita terutama dalam kehidupan nikah.
Mazmur 104:15
dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia.
Minyak itu menunjuk pada kesaksian kita yang nampak keluar. Air anggur yang diminum menunjuk pada kesaksian ke dalam sebab diminum terutama dalam pesta nikah = kesaksian dalam hidup nikah.

Anggur dan minyak ini amat berharga di hadapan Tuhan sehingga mendapat pemeliharaan Tuhan.
Wahyu 6:6
Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Orang yang mendapatkan perlindungan yang ajaib dari Tuhan bagaikan tanah yang baik.
Ada 3 ciri tanah yang baik:
1.      Mendengar dan mengerti Firman Tuhan
Matius 13:23
Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."

Kehidupan yang seperti tanah yang di tepi jalan mendengar tetapi tidak mengerti, tetapi orang yang seperti tanah yang baik mendengar dan mengerti sehingga mudah baginya untuk memperaktekkan. Orang yang mendengar dan mengerti tidak akan tertutup kesempatan baginya untuk masuk dalam pesta pondok daun-daunan, artinya bagi orang yang mendengar dan mengerti Firman Tuhan terbuka kesempatan untuk mengalami penyingkiran gereja ke padang belantara.
Nehemia 8:3-4,9,13
3 Lalu pada hari pertama bulan yang ketujuh itu imam Ezra membawa kitab Taurat itu ke hadapan jemaah, yakni baik laki-laki maupun perempuan dan setiap orang yang dapat mendengar dan mengerti.
4 Ia membacakan beberapa bagian dari pada kitab itu di halaman di depan pintu gerbang Air dari pagi sampai tengah hari di hadapan laki-laki dan perempuan dan semua orang yang dapat mengerti. Dengan penuh perhatian seluruh umat mendengarkan pembacaan kitab Taurat itu.
9 Bagian-bagian dari pada kitab itu, yakni Taurat Allah, dibacakan dengan jelas, dengan diberi keterangan-keterangan, sehingga pembacaan dimengerti.
13 Maka pergilah semua orang itu untuk makan dan minum, untuk membagi-bagi makanan dan berpesta ria, karena mereka mengerti segala firman yang diberitahukan kepada mereka.

2.      Tekun
Lukas 8:15
Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan."

Apa yang diharapkan oleh orang yang tekun pasti akan menjadi kenyataan.
Roma 5:4-5
4 dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.
5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Pengharapan kita adalah untuk memandang Tuhan Yesus muka dengan muka dan ini dapat menjadi kenyataan bila kita tetap tekun dalam ibadah dan pelayanan. Tekun dalam penyucian.
I Yohanes 3:2
Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.

3.      Mengeluarkan buah yang berkembang sampai buah tetap
Markus 4:20
Dan akhirnya yang ditaburkan di tanah yang baik, ialah orang yang mendengar dan menyambut firman itu lalu berbuah, ada yang tiga puluh kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, dan ada yang seratus kali lipat."
Buah ini harus meningkat dari 30, 60 sampai 100.

30 menunjuk pada penghargaan terhadap korban Kristus yang dijual dengan tiga puluh keping perak. Selanjutnya kita yang telah ditebus dibawa kepada penggembalaan.
Zakharia 11:12-13
12 Lalu aku berkata kepada mereka: "Jika itu kamu anggap baik, berikanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah!" Maka mereka membayar upahku dengan menimbang tiga puluh uang perak.
13 Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Serahkanlah itu kepada penuang logam!" -- nilai tinggi yang ditaksir mereka bagiku. Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak itu dan menyerahkannya kepada penuang logam di rumah TUHAN.

60 menunjuk pada penggembalaan yang mengarahkan kita menuju pada joly Salomo, artinya bahwa di dalam penggembalaan kita di arahkan untuk jumpa dengan Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga.
Kidung Agung 3:7
Lihat, itulah joli Salomo, dikelilingi oleh enam puluh pahlawan dari antara pahlawan-pahlawan Israel.
100 menunjuk pada angka kelengkapan tubuh atau angka nikah. Kita menjadi mempelai wanita Tuhan yang sempurna.
1 Samuel 18:25,27
25 Kemudian berkatalah Saul: "Beginilah kamu katakan kepada Daud: Raja tidak menghendaki mas kawin selain dari seratus kulit khatan orang Filistin sebagai pembalasan kepada musuh raja." Saul bermaksud untuk menjatuhkan Daud dengan perantaraan orang Filistin.
27 tetapi Daud sudah bersiap, ia pergi dengan orang-orangnya dan menewaskan dari orang Filistin itu dua ratus orang serta membawa kulit khatan mereka; dan dalam jumlah yang genap diberikan merekalah semuanya itu kepada raja, supaya Daud menjadi menantu raja. Kemudian Saul memberikan Mikhal, anaknya, kepadanya menjadi isterinya.

Yoel 1:9
Korban sajian dan korban curahan sudah lenyap dari rumah TUHAN; dan berkabunglah para imam, yakni pelayan-pelayan TUHAN.
Tidak ada korban curahan berarti tidak ada lagi penyucian oleh Firman sehingga tidak dapat terluput pada masa 3.5 tahun masa antikristus. Ini adalah gereja yang benar-benar sudah tidak memilik tepung, air anggur dan minyak. Bila di dalam sidang jemaat sudah tidak ada penyucian lagi maka yang harus terlebih dahulu mengoreksi diri adalah hamba Tuhan. Pelayan Tuhan harus berkabung, bergumul dalam doa puasa sebab umat Tuhan terancam untuk tidak bisa luput dari 21 bela dan tidak bisa menjadi milik Tuhan.

Sebaliknya, Titus 2:14
yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Kehidupan yang ada persekutuan dengan korban yang diolah dengan tepung, ¼ hin minyak dan ¼ hin anggur artinya mengalami pekerjaan penyucian pasti bisa terluput dari masa 3.5 tahun aniaya antrikris, terluput dari 21 bela yang akan menimpa dunia dan dimiliki oleh Tuhan selama-lamanya.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar