20120321

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 21 Maret 2012 Pdt. Bernard Legontu




Dalam ibadah kita di dunia yang fana ini untuk menuju pada kesempurnaan gereja Tuhan maka yang lebih utama dibutuhkan adalah pemberitaan Firman dibandingkan dengan pujian sebab Firman Tuhan yang akan menyucikan kita dan bukanlah pujian. Namun bukan berarti pujian itu tidak perlu tetapi bila pujian ditampilkan lebih banyak sehingga mengecilkan porsi pemberitaan Firman Tuhan maka sama dengan pujian itu tidak memuaskan Tuhan. Sebab pada mulanya adalah Firman dan Firman itu bersama-sama dengan Allah.
Yohanes 1:1-2
1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.

Amos 5:21-23
21 "Aku membenci, Aku menghinakan perayaanmu dan Aku tidak senang kepada perkumpulan rayamu.
22 Sungguh, apabila kamu mempersembahkan kepada-Ku korban-korban bakaran dan korban-korban sajianmu, Aku tidak suka, dan korban keselamatanmu berupa ternak yang tambun, Aku tidak mau pandang.
23 Jauhkanlah dari pada-Ku keramaian nyanyian-nyanyianmu, lagu gambusmu tidak mau Aku dengar.

Apabila pujian ini yang diberi penekanan dan menjadi prioritas maka malah akan berubah menjadi ratapan.
Amos 8:3
Nyanyian-nyanyian di tempat suci akan menjadi ratapan pada hari itu," demikianlah firman Tuhan ALLAH. "Ada banyak bangkai: ke mana-mana orang melemparkannya dengan diam-diam."

Muara orang yang demikian adalah berada di kota Babel yang akan dibinasakan.
Wahyu 18:22
Sebab itu segala malapetakanya akan datang dalam satu hari, yaitu sampar dan perkabungan dan kelaparan; dan ia akan dibakar dengan api, karena Tuhan Allah, yang menghakimi dia, adalah kuat."

Yehezkiel 37:1-4
1 Lalu kekuasaan TUHAN meliputi aku dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya dan menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang.
2 Ia membawa aku melihat tulang-tulang itu berkeliling-keliling dan sungguh, amat banyak bertaburan di lembah itu; lihat, tulang-tulang itu amat kering.
3 Lalu Ia berfirman kepadaku: "Hai anak manusia, dapatkah tulang-tulang ini dihidupkan kembali?" Aku menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, Engkaulah yang mengetahui!"
4 Lalu firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!

Ada tujuh hal yang ada pada Yehezkiel (hamba Tuhan) yang dipercaya Tuhan untuk dipakai dalam kegerakan pembangunan Tubuh Kristus. Hal ini menubuatkan kepada kita di ujung akhir zaman ini sebab apa yang dinubuatkan dalam kitab Yehezkiel dalam pasal 37 ini menyentuh pada akhir zaman di mana kita berada sekarang.

Ketujuh hal ini menjadi alasan Tuhan memakai seorang hamba Tuhan untuk menyuarakan Firman Tuhan dalam rangka pembangunan Tubuh Kristus. Biarlah kita memiliki kerinduan untuk diperlengkapi oleh Tuhan dengan tujuh hal yang dimiliki oleh Yehezkiel. Ketujuh hal ini harus telah menjadi atribut dari seorang hamba Tuhan atau sidang jemaat yang mau masuk dalam kegerakan pembangunan Tubuh Kristus.

1.      Ada di bawah pengaruh Roh Kudus

Sejak dari Kitab Yehezkiel pasal yang ketiga Yehezkiel telah berada sepenuhnya di bawah pengaruh Roh Kudus. Sebelumnya Yehezkiel telah diberi peringatan oleh Tuhan supaya jangan mengikuti kebanyakan orang tetapi memiliki pendirian yang kuat.
Yehezkiel 2:8
Dan engkau, anak manusia, dengarlah apa yang Kufirmankan kepadamu; janganlah memberontak seperti kaum pemberontak ini. Ngangakanlah mulutmu dan makanlah apa yang Kuberikan kepadamu."

Hal ini diperingatkan Tuhan kepada Yehezkiel sebab Tuhan mempunyai rencana yang indah pada dirinya. Tuhan juga memperingatkan hal ini kepada bangsa Israel.
Keluaran 23:2
Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang melakukan kejahatan, dan dalam memberikan kesaksian mengenai sesuatu perkara janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang membelokkan hukum.

Begitu Yehezkiel mengangakan mulutnya dan memakan apa yang Tuhan berikan maka Roh Kudus mulai mengusai dia dan langsung beraksi sebab dalam dirinya ada rencana Tuhan yang mulia. Membuka mulut sama dengan membuka hati. Bila kita membuka hati menerima Firman Tuhan maka Tuhan memberikan Roh Kudus kepada kita sebab tanpa campur tangan Roh Kudus kita tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan Firman Tuhan.
Yehezkiel 3:1-3
1 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, makanlah apa yang engkau lihat di sini; makanlah gulungan kitab ini dan pergilah, berbicaralah kepada kaum Israel."
2 Maka kubukalah mulutku dan diberikan-Nya gulungan kitab itu kumakan.
3 Lalu firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, makanlah gulungan kitab yang Kuberikan ini kepadamu dan isilah perutmu dengan itu." Lalu aku memakannya dan rasanya manis seperti madu dalam mulutku.

Setelah Yehezkiel dikuasai sepenuhnya oleh Roh Kudus, maka ia menjadi seperasaan dengan Tuhan. Bahkan rasanya ia seperti dipaksa untuk bisa seperasaan dengan Tuhan. Seseorang yang mau dipakai oleh Tuhan dalam kegerakan pembangunan Tubuh Kristus maka mau tidak mau ia harus belajar untuk seperasaan dengan Tuhan.

Seperti ditawan oleh Roh Kudus,
Kisah Para Rasul 20:22
Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ

Yehezkiel 3:14-15
14 Dan Roh itu mengangkat dan membawa aku, dan aku pergi dengan hati panas dan dengan perasaan pahit, karena kekuasaan TUHAN memaksa aku dengan sangat.
15 Demikianlah aku datang kepada orang-orang buangan yang tinggal di tepi sungai Kebar di Tel-Abib dan di sana aku duduk tertegun di tengah-tengah mereka selama tujuh hari.

Apa yang dirasakan oleh Tuhan terhadap umatNya itulah yang dimasukkan Tuhan ke dalam hati dan perasaan Yehezkiel sehingga hatinya menjadi panas sebagaimana hati Tuhan yang panas melihat umatNya di dalam pemberontakan dan perasaannya pahit seperti pahitnya perasaan Tuhan melihat perilaku umatNya.

Yehezkiel 3:22; 11:1,5; 37:1
3:22Maka di sana kekuasaan TUHAN meliputi aku dan Ia berfirman kepadaku: "Bangunlah dan pergilah ke lembah, di sana Aku akan berbicara dengan engkau."
11:1 Lalu Roh itu mengangkat aku dan membawa aku ke pintu gerbang Timur dari rumah TUHAN, pintu yang menghadap ke sebelah timur. Lihat, di dalam pintu gerbang itu ada dua puluh lima orang dan di antara mereka kulihat Yaazanya bin Azur dan Pelaca bin Benaya, yaitu pemimpin-pemimpin bangsa.
11:5 Maka Roh TUHAN meliputi aku dan TUHAN berfirman kepadaku: "Katakanlah: Beginilah firman TUHAN: Kamu berkata-kata begini, hai kaum Israel, dan Aku tahu apa yang timbul dalam hatimu.
37:1 Lalu kekuasaan TUHAN meliputi aku dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya dan menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang.

Filipi 2:5
Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
Seorang hamba Tuhan dan umat Tuhan tidak bisa hanya menerima Firman Tuhan tanpa Roh Kudus atau menerima Roh Kudus tanpa Firman Tuhan. Kita harus sungguh-sungguh dikuasai oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus supaya  bisa diisi dengan perasaan yang terdapat dalam Tuhan Yesus Kristus.

2.      Dipercayakan oleh Tuhan untuk mengetahui hal-hal yang akan datang

Kisah Para Rasul 20:22-23
22 Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ
23 selain dari pada yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku, bahwa penjara dan sengsara menunggu aku.
Secara manusia Paulus tidak mengerti apa yang akan dialami tetap saat dikuasai oleh Roh Kudus dia bisa mengetahui apa yang akan terjadi di depan

Tuhan memperlengkapi hambaNya untuk mengetahui apa yang Tuhan perbuat.
Amos 3:7-8
7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.
8 Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"



Maksud dari singa mengaum ini agar ada perasaan takut di dalam diri kita anak-anak Tuhan.
Mazmur 119:120
Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu.

Hamba Tuhan yang memakan Firman dalam urapan Roh Kudus pasti diberitahu oleh Tuhan apa yang akan terjadi di depan, ini artinya ada Firman Tuhan dalam pembukaan rahasiaNya.

Merupakan tanggung jawab yang besar bagi seorang hamba Tuhan yang dipercayakan pembukaan rahasia Firman Tuhan. Oleh sebab itu sidang jemaat harus mendukung gembalanya masing-masing, sebab bersamaan dengan tanggung jawab yang besar ini ada tantangan yang besar pula.
Efesus 6:18-20
18 dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,
19 juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil,
20 yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan. Berdoalah supaya dengan keberanian aku menyatakannya, sebagaimana seharusnya aku berbicara.

Kolose 4:3
Berdoa jugalah untuk kami, supaya Allah membuka pintu untuk pemberitaan kami, sehingga kami dapat berbicara tentang rahasia Kristus, yang karenanya aku dipenjarakan.

Orang yang suka berbicara miring atau mengeritik hamba Tuhan dalam tahbisan yang benar dan  memiliki tanda-tanda kepercayaan Tuhan maka penyucian terhadap orang tersebut akan terkendala sehingga kerohaniaanya tidak dapat maju dan berujung pada kematian rohani.
Ulangan 17:12; 33:8-11
17:12 Orang yang berlaku terlalu berani dengan tidak mendengarkan perkataan imam yang berdiri di sana sebagai pelayan TUHAN, Allahmu, ataupun perkataan hakim, maka orang itu harus mati. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari antara orang Israel.
33:8 Tentang Lewi ia berkata: "Biarlah Tumim dan Urim-Mu menjadi kepunyaan orang yang Kaukasihi, yang telah Kaucoba di Masa, dengan siapa Engkau berbantah dekat mata air Meriba;
33:9 yang berkata tentang ayahnya dan tentang ibunya: aku tidak mengindahkan mereka; ia yang tidak mau kenal saudara-saudaranya dan acuh tak acuh terhadap anak-anaknya. Sebab orang-orang Lewi itu berpegang pada firman-Mu dan menjaga perjanjian-Mu;
33:10 mereka mengajarkan peraturan-peraturan-Mu kepada Yakub, hukum-Mu kepada Israel; mereka menaruh ukupan wangi-wangian di depan-Mu dan korban yang terbakar seluruhnya di atas mezbah-Mu.
33:11 Berkatilah, ya TUHAN, kekuatannya dan berkenanlah kepada pekerjaannya. Remukkanlah pinggang orang yang melawan dia dan yang membenci dia, sehingga mereka tidak dapat bangkit."

Sekarang ini di atas pundak kita ada kepercayaan Tuhan untuk terlibat dalam kegerakan pembangunan Tubuh Kristus. Bila kita percaya kepada Tuhan itu merupakan hal yang sudah seharusnya kita lakukan, tetapi bila Tuhan mempercayakan rahasia Kristus kepada kita itu merupakan hal yang luar biasa dan bukan hal yang lumrah. Oleh sebab itu hargai kemurahan Tuhan dan biarlah kita terlibat dalam kegerakan pembangunan Tubuh Kristus.

Contoh kongkrit sikap anak Tuhan yang telah mengetahui hal yang akan datang ketika perpisahan akan segera terjadi ada dalam kisah Elia terangkat ke sorga. Keadaan perpisahan yang terjadi ini menunjuk keadaan kita di akhir zaman.
II Raja-raja 2:3,5
3 Pada waktu itu keluarlah rombongan nabi yang ada di Betel mendapatkan Elisa, lalu berkatalah mereka kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!"
5 Pada waktu itu mendekatlah rombongan nabi yang ada di Yerikho kepada Elisa serta berkata kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!"

Dalam kisah ini ada dua kelompok yaitu Elisa dan murid-murid yang lain yang sama-sama mengetahui apa yang akan terjadi di depan tetapi perbedaannya terlihat jelas bahwa murid-murid yang lain hanya sampai pada mengetahui tetapi pasif dan tidak ada aktifitas. Sekarang ini banyak orang mengetahui bahwa Tuhan segera akan datang tetapi tidak ada kegiatan atau usaha untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan. Mungkin secara manusia terlihat ada kegiatan tetapi hanyalah kegiatan yang lain yang tidak ada hubungannya dengan kedatangan Tuhan. Beribadah tetapi mendirikan kebenaran sendiri, menolak kebenaran Allah.

Rombongan nabi ini mengetahui Elia akan diangkat namun mereka hanya memandang dari jauh, tidak ada kegiatan. Sekalipun ada kegiatan namun hanya kegiatan yang lain. Kehidupan yang hanya mengetahui tetapi tidak ada tindakan atas apa yang telah ia ketahui maka akhirnya mereka tidak mencari Tuhan tetapi malah mencari pribadi (figur) manusia atau hanya mencari gedung gerejanya, tempat yang ramai, dsb.

Amos 5:4-5
4 Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!
5 Janganlah kamu mencari Betel, janganlah pergi ke Gilgal dan janganlah menyeberang ke Bersyeba, sebab Gilgal pasti masuk ke dalam pembuangan dan Betel akan lenyap."

Akibatnya mereka tidak mendapatkan apa-apa.
II Raja-raja 2:7,16-17
7 Lima puluh orang dari rombongan nabi itu ikut berjalan, tetapi mereka berdiri memandang dari jauh, ketika keduanya berdiri di tepi sungai Yordan.
16 Mereka berkata: "Coba lihat! Di antara hamba-hambamu ini ada lima puluh orang laki-laki, orang-orang tangkas. Biarlah mereka itu pergi mencari tuanmu, jangan-jangan ia diangkat oleh Roh TUHAN dan dilemparkan-Nya ke atas salah satu gunung atau ke dalam salah satu lembah." Elisa menjawab: "Janganlah suruh pergi!"
17 Tetapi ketika mereka mendesak-desak dia sampai memalukan, maka berkatalah ia: "Suruhlah pergi!" Mereka menyuruh lima puluh orang. Orang-orang ini mencari tiga hari lamanya, tetapi tidak bertemu dengan Elia.

Mereka tidak mau menyeberang Yarden artinya tidak mau masuk dalam perobekan daging,
Matius 16:24-25
24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.
25 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Elisa sungguh-sungguh mencari Tuhan, mencari Firman Pengajaran yang benar. Ini yang harus kita cari supaya kita bisa menyeberang (merobek daging/kalahkan nafsu daging) dan tidak tertinggal saat Tuhan datang pada kali yang kedua.
II Raja-raja 2:14
Ia mengambil jubah Elia yang telah terjatuh itu, dipukulkannya ke atas air itu sambil berseru: "Di manakah TUHAN, Allah Elia?" Ia memukul air itu, lalu terbagi ke sebelah sini dan ke sebelah sana, maka menyeberanglah Elisa.
Siapakah Allah Elia?
Yesaya 54:5
Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Amos 5:6
Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup, supaya jangan Ia memasuki keturunan Yusuf bagaikan api, yang memakannya habis dengan tidak ada yang memadamkan bagi Betel.

Mau mencari Tuhan yang adalah suami kita tidaklah rumit, caranya dengarkan pengajaran kabar Mempelai dan setelah mendengar bukan hanya sekedar tahu tetapi harus ada aktivitas, harus dipraktekkan. Sekarang inilah saatnya Tuhan masih berkenan untuk kita temui, sebab itu carilah Tuhan.
Yesaya 55:6
Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

Elisa sungguh-sungguh mencari Tuhan dan dia tidak memisahkan pribadi Tuhan dengan pribadi hamba Tuhan. Jangan mencari Tuhan tetapi terlepas dari pribadi hamba Tuhan maksudnya jangan sampai terlepas dengan Firman Pengajaran yang benar yang disampaikan oleh hamba Tuhan. Hamba Tuhan dalam tahbisan yang benar dan berpegang teguh pada Firman pengajaran yang benar, itulah yang harus dicari.
Maleakhi 2:6-7
6 Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.
7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.

II Raja-raja 2:2,4,6
2 Berkatalah Elia kepada Elisa: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Betel." Tetapi Elisa menjawab: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu pergilah mereka ke Betel.
4 Berkatalah Elia kepadanya: "Hai Elisa, baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Yerikho." Tetapi jawabnya: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu sampailah mereka di Yerikho.
6 Berkatalah Elia kepadanya: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke sungai Yordan." Jawabnya: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu berjalanlah keduanya.



3.      Memahami keadaan rohani umat Tuhan

Yehezkiel diberi pemahaman dengan jelas bagaimana kondisi dari umat Tuhan. Yehezkiel melihat bagaimana kondisi dari umat Tuhan yang telah menjadi tulang-tulang kering.
Yehezkiel 37:2
Ia membawa aku melihat tulang-tulang itu berkeliling-keliling dan sungguh, amat banyak bertaburan di lembah itu; lihat, tulang-tulang itu amat kering.

Hamba Tuhan harus mengetahui bagaimana kondisi dari jemaat yang menjadi sasaran dari Tuhan. Agar seorang hamba Tuhan bisa mengerti keadaan jemaat maka harus tekun dalam doa dan puasa. Setelah mengetahui keadaan jemaat seorang hamba Tuhan harus ada pergumulan ekstra untuk sidang jemaat terutama yang mulai membelakangi Tuhan. Oleh sebab itu anak Tuhan tidak usah bersandiwara di depan hamba Tuhan yang memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan sebab Tuhan pasti menyatakan keadaan jemaat yang sebenarnya kepada hambaNya.

Amsal 27:23
Kenallah baik-baik keadaan kambing dombamu, perhatikanlah kawanan hewanmu.

Seorang hamba Tuhan harus dapat mengetahui dan memahami dengan persis tabiat dan sifat jemaat yang ia gembalakan supaya dapat bersikap dengan benar dan tepat terhadap masing-masing pribadi.
I Timotius 5:1-2
1 Janganlah engkau keras terhadap orang yang tua, melainkan tegorlah dia sebagai bapa. Tegorlah orang-orang muda sebagai saudaramu,
2 perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian.

4.      Percaya/yakin bahwa Allah mampu melakukan segala sesuatu dan mempercayakan diri sepenuhnya kepada Tuhan

Yehezkiel 37:3
Lalu Ia berfirman kepadaku: "Hai anak manusia, dapatkah tulang-tulang ini dihidupkan kembali?" Aku menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, Engkaulah yang mengetahui!"
Hamba Tuhan harus sungguh-sungguh percaya dan mempercayakan diri kepada Tuhan yang sanggup memelihara hidupnya sehingga tidak melakukan pekerjaan sambilan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan jasmani.

Serta yakin bahwa Tuhan sedang berkarya untuk menciptakan, membentuk dan menjadikan.
Yesaya 43:7
semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"

5.      Benar-benar mendapat kasih karunia (anugerah)

Kasih karunia Allah yang diperoleh seorang hamba Tuhan dialirkan kepada sidang jemaat.
Filipi 1:7
Memang sudahlah sepatutnya aku berpikir demikian akan kamu semua, sebab kamu ada di dalam hatiku, oleh karena kamu semua turut mendapat bagian dalam kasih karunia yang diberikan kepadaku, baik pada waktu aku dipenjarakan, maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Berita Injil.
Apa yang dinikmati oleh sidang jemaat merupakan bagian dari kasih karunia yang diberikan oleh Tuhan kepada hamba Tuhan. Sidang jemaat yang memahami hal ini tidak akan memiliki kesempatan untuk bermegah diri dan bertingkah di hadapan seorang hamba Tuhan. Kita harus menyadari hal ini supaya dapat selalu merendahkan diri di hadapan Tuhan.

Perempuan kaya di Sunem saat melayani Elisa tidak pernah tersungkur atau merendahkan diri karena dia tidak menyadari bahwa kasih karunia yang dia nikmati diberikan oleh Tuhan lewat pribadi hamba Tuhan. Oleh sebab itu Tuhan izinkan anaknya meninggal supaya dia dapat merendahkan diri di hadapan Tuhan dan juga hamba Tuhan oleh sebab dia memahami kasih karunia Tuhan yang diterima dengan kebangkitan anaknya diperolehnya lewat pelayanan hamba Tuhan.
2 Raja-raja 4:12,15,37
4:12 Kemudian berkatalah ia kepada Gehazi, bujangnya: "Panggillah perempuan Sunem itu." Lalu dipanggilnyalah perempuan itu dan dia berdiri di depan Gehazi.
4:15 Lalu berkatalah Elisa: "Panggillah dia!" Dan sesudah dipanggilnya, berdirilah perempuan itu di pintu.
4:37 Masuklah perempuan itu, lalu tersungkur di depan kaki Elisa dan sujud menyembah dengan mukanya sampai ke tanah. Kemudian diangkatnyalah anaknya, lalu keluar.

II Korintus 1:15
Berdasarkan keyakinan ini aku pernah merencanakan untuk mengunjungi kamu dahulu, supaya kamu boleh menerima kasih karunia untuk kedua kalinya.
Kehadiran seorang hamba Tuhan di tengah-tengah jemaat sama dengan membagi-bagikan kasih karunia yang ia terima dari Tuhan kepada sidang jemaat.
Saat hamba Tuhan berada bersama dengan sidang jemaat harus berbicara tentang Firman bukan hanya mengenai perkara-perkara jasmani terlebih bila disertai ucapan-ucapan yang diikuti dengan keinginan untuk mendapatkan perkara-perkara jasmani tersebut, hal seperti ini tidak menjadi berkat bagi umat bahkan bisa menjadi sandungan.

6.      Mendapat penyataan-penyataan Ilahi dalam dirinya.

Yehezkiel mendapatkan penyataan-penyataan Allah yang begitu transparan. Seorang hamba Tuhan harus mendapat penyataan dari Tuhan untuk menegaskan bahwa ia sungguh-sungguh seorang hamba Tuhan yang dipakai dalam kegerakan pembangunan Tubuh Kristus.

Penyataan Ilahi dinyatakan untuk meneguhkan hamba Tuhan dalam pelayanan pembangunan Tubuh Kristus di tengah-tengah kegoncangan yang terjadi di akhir zaman.
Daniel 11:35
Sebagian dari orang-orang bijaksana itu akan jatuh, supaya dengan demikian diadakan pengujian, penyaringan dan pemurnian di antara mereka, sampai pada akhir zaman; sebab akhir zaman itu belum mencapai waktu yang telah ditetapkan.

Rasul Paulus mendapatkan penyataan-penyataan Ilahi di dalam dirinya.
Galatia 1:12; 2:2
1:12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.
2:2 Aku pergi berdasarkan suatu penyataan. Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi -- dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang --, supaya jangan dengan percuma aku berusaha atau telah berusaha.

Ibrani 2:4
Allah meneguhkan kesaksian mereka oleh tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karunia Roh Kudus, yang dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak-Nya.

II Timotius 4:1
Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya:

II Korintus 12:1,7
1 Aku harus bermegah, sekalipun memang hal itu tidak ada faedahnya, namun demikian aku hendak memberitakan penglihatan-penglihatan dan penyataan-penyataan yang kuterima dari Tuhan.
7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.

7.      Yehezkiel bernubuat dan mengerti akan nubuatan

Apa makna dari nubuatan yang benar? Bernubuat adalah berkata-kata kepada manusia, dalam Yehezkiel pasal 37 nubuatan itu disampaikan kepada umat Tuhan yang bagaikan tulang-tulang kering.
I Korintus 14:3
Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur.

Isi dari nubutan adalah membangun, menasihati dan menghibur. Ciri kehidupan yang menyampaikan nubuatan yang benar adalah:
a)      Membangun
Berarti orang yang bernubuat terlebih dahulu kerohaniaannya harus terbangun. Hamba Tuhan tidak bisa bernubuat untuk membangkitkan jemaat yang bagaikan tulang kering bila kerohaniannya juga dalam keadaan kering atau mati rohani.

Berarti ada pada kondisi Matius 7:24-25
7:24 "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.
7:25 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.

bukan seperti dalam Matius 7:26-27
7:26 Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir.
7:27 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya."

Seorang hamba Tuhan harus terlebih dahulu membangun dulu kerohanian yang dimulai dari dirinya pribadi, di dalam nikahnya dan sampai mengalami kegerakan di dalam sidang jemaat.
Imamat 16:17
Seorang pun tidak boleh hadir di dalam Kemah Pertemuan, bila Harun masuk untuk mengadakan pendamaian di tempat kudus, sampai ia keluar, setelah mengadakan pendamaian baginya sendiri, bagi keluarganya dan bagi seluruh jemaah orang Israel.

b)      Menasihati
Ketika Petrus berlaku salah maka yang menasihati adalah Paulus. Bila yang bersalah seorang hamba Tuhan maka yang menasihati adalah sesama hamba Tuhan bukannya sidang jemaat.

Nasihat mengarahkan umat Tuhan menuju pada kesempurnaan.
Kolose 1:27-28
27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Pengkhotbah 4:13
Lebih baik seorang muda miskin tetapi berhikmat dari pada seorang raja tua tetapi bodoh, yang tak mau diberi peringatan lagi.

Amsal 24:6
Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.

Dengan kita saling memberi nasihat yang membangun berarti kita telah mengisi apa yang disebut nubuatan.
Ibrani 10:25
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Ada kehidupan yang hanya memberikan nasihat jahat untuk mencelakakan.
Yehezkiel 11:2
Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, inilah orang-orang yang merancang kedurjanaan dan menaburkan nasihat jahat di kota ini,

Kita harus bisa memberikan nasihat seperti Husai yang bisa menggagalkan nasihat jahat yang ditujukan kepada saudara kita.

Ester bisa terpilih menjadi permasuri dari antara banyak gadis-gadis yang lain sebab ia mau menerima nasihat dari Mordekhai dan Hegai. Anak Tuhan yang mau menerima nasihat bisa dibawa untuk duduk setakhta dengan Tuhan.

c)      Menghibur
Penghibur yang manjur adalah orang yang pernah mengalami pengalaman derita sengsara.
2 Korintus 1:3-6
1:3 Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan,
1:4 yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.
1:5 Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah.
1:6 Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita juga.

Jangan berperilaku seperti dalam:
Ayub 16:1-4
16:1 Tetapi Ayub menjawab:
16:2 "Hal seperti itu telah acap kali kudengar. Penghibur sialan kamu semua!
16:3 Belum habiskah omong kosong itu? Apa yang merangsang engkau untuk menyanggah?
16:4 Aku pun dapat berbicara seperti kamu, sekiranya kamu pada tempatku; aku akan menggubah kata-kata indah terhadap kamu, dan menggeleng-gelengkan kepala atas kamu.



d)      Mencintai ibadah
Orang yang bernubuat adalah orang yang mencintai ibadah. Orang yang bernubuat tetapi tidak tekun dan setia dalam ibadah maka pasti yang ia sampaikan adalah nubuatan palsu.

Lukas 2:36-38
2:36 Lagipula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya,
2:37 dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa.
2:38 Dan pada ketika itu juga datanglah ia ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem.

e)      Mencintai kesucian/kekudusan
Orang yang bernubuat mencintai kesucian/kekudusan. Contohnya adalah empat anak dara Filipus yang beroleh karunia bernubuat. Anak dara berarti hidup dalam kekudusan.
Kisah Para Rasul 21:8-9
8 Pada keesokan harinya kami berangkat dari situ dan tiba di Kaisarea. Kami masuk ke rumah Filipus, pemberita Injil itu, yaitu satu dari ketujuh orang yang dipilih di Yerusalem, dan kami tinggal di rumahnya.
9 Filipus mempunyai empat anak dara yang beroleh karunia untuk bernubuat.

Sebab banyak orang yang bernubuat tetapi bila diperiksa nikahnya tidak benar (tidak ada kesucian).

Biarlah kita datang kepada Tuhan dan memohon pembenahan dalam diri kita supaya apa yang dipaparkan tentang 7 hal ini benar-benar terpatri di dalam diri kita sehingga kita bisa dipakai oleh Tuhan masuk di dalam kegerakan yang besar, kegerakan pembangunan Tubuh Kristus yang sempurna.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar