20120304

Kebaktian Umum, Minggu 04 Maret 2012 Pdt. Bernard Legontu




Kita yang mengerti Firman pengajaran janganlah meniru cara beribadah orang lain, antara lain dengan menyerukan kata syalom di dalam ibadah. Mengapa kata Shalom tidak dibahasakan dari mimbar? Dalam perkumpulan orang Yahudi kata Shalom tidak diucapkan dalam Sinagoge apalagi di dalam Bait Allah. Kata Shalom ini digunakan untuk sapaan dalam kegiatan sehari-hari dan tidak digunakan pada saat ibadah karena tidak ada kaitannya dengan perkara yang rohani, hanya bersuasana yang bersifat lahiriah misalnya makmur, sehat, subur.

II Raja-raja 13:14-19
14 Ketika Elisa menderita sakit yang menyebabkan kematiannya, datanglah Yoas, raja Israel, kepadanya dan menangis oleh karena dia, katanya: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!"
15 Berkatalah Elisa kepadanya: "Ambillah busur dan anak-anak panah!" Lalu diambillah busur dan anak-anak panah.
16 Berkatalah ia kepada raja Israel: "Tariklah busurmu!" Lalu ia menarik busurnya, tetapi Elisa menaruh tangannya di atas tangan raja,
17 serta berkata: "Bukalah jendela yang di sebelah timur!" Dan ketika dibukanya, berkatalah Elisa: "Panahlah!" Lalu dipanahnya. Kemudian berkatalah Elisa: "Itulah anak panah kemenangan dari pada TUHAN, anak panah kemenangan terhadap Aram. Engkau akan mengalahkan Aram di Afek sampai habis lenyap."
18 Sesudah itu berkatalah ia: "Ambillah anak-anak panah itu!" Lalu diambilnya. Setelah diambilnya, berkatalah Elisa kepada raja Israel: "Pukulkanlah itu ke tanah!" Lalu dipukulkannya tiga kali, kemudian ia berhenti.
19 Tetapi gusarlah abdi Allah itu kepadanya serta berkata: "Seharusnya engkau memukul lima atau enam kali! Dengan berbuat demikian engkau akan memukul Aram sampai habis lenyap. Tetapi sekarang, hanya tiga kali saja engkau akan memukul Aram."

Kisah di atas menceritakan akhir dari pelayanan Elia. Awal pelayanan Elisa adalah akhir dari pelayanan Elia. Pada awal pelayanannya Elisa membelah sungai Yordan dengan jubah Elia. Elia adalah pribadi yang memiliki Firman dan Roh Kudus dan secara estafet diteruskan kepada Elisa. Jadi Elisa juga adalah pribadi yang memiliki Firman dan Roh Kudus.

2 Raja-raja 2:15 F Roh Kudus
Ketika rombongan nabi yang dari Yerikho itu melihat dia dari jauh, mereka berkata: "Roh Elia telah hinggap pada Elisa." Mereka datang menemui dia, lalu sujudlah mereka kepadanya sampai ke tanah.

2 Raja-raja 3:12 F Firman Tuhan
Berkatalah Yosafat: "Memang padanya ada firman TUHAN." Sesudah itu pergilah raja Israel dan Yosafat dan raja Edom kepada Elisa.

Apa yang dibicarakan dalam kisah ini adalah pembelajaran bagi kita di akhir zaman.
Roma 15:4
yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

Elia diangkat hidup-hidup ke Sorga. Elisa meninggal secara wajar dan rohnya diangkat ke Sorga. Keduanya menggambarkan bahwa akan tiba saatnya Firman dan Roh Kudus diangkat dari dunia ini. Gereja Tuhan yang tanpa Firman Tuhan dan Roh Kudus tidak akan bisa terangkat ke Sorga. Ada gereja Tuhan yang hanya menekankan tentang karunia Roh Kudus dan mengecilkan Firman Tuhan, padahal Roh Kudus itu tampil untuk memuliakan Firman Tuhan. Pekerjaan Roh Kudus tidak akan mungkin bertentang dengan Firman Tuhan, sebab Firman Tuhan yang dituliskan semuanya berasal dari ilham Roh Kudus.
Yohanes 16:14
Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

Roh Kudus datang untuk memuliakan Tuhan Yesus sedangkan Tuhan Yesus adalah Firman yang menjadi daging.
Yohanes 1:1-2,14
1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Firman dan Roh Kudus adalah bagaikan dua sayap burung nazar yang akan mengangkat kita dan menerbangkan kita pada penyingkiran gereja. Itu sebabnya keduanya sangat dibutuhkan oleh gereja Tuhan.
Dari sekarang ini kita harus mulai merasakan kerohanian kita terangkat oleh pekerjaan Firman Tuhan dalam urapan Roh Kudus.

Di dalam pelayanan Elia dan Elisa mereka bagaikan gembala yang menggembalakan umat Tuhan yaitu bangsa Israel. Seorang gembala harus memiliki Firman dan Roh Kudus. Jabatan penilik jemaat atau gembala ditetapkan oleh Roh Kudus dan syarat seorang gembala dicatat di dalam Firman Tuhan.
Kisah Para Rasul 20:28
Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri.

Ada anak Tuhan yang mempraktekkan dengan salah apa yang tertulis dalam ayat di atas sehingga menganggap siapapun yang digerakkan oleh Roh Kudus itulah yang harus menjadi gembala saat ibadah dijalankan. Padahal yang dimaksud dengan Roh Kudus menetapkan gembala di sini bukanlah pengangkatan yang temporer namun penetapan yang permanen dan harus sesuai dengan persyaratan seorang gembala dalam Firman Tuhan.
I Timotius 3:1-2
1 Benarlah perkataan ini: "Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah."
2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,

Roh Kudus menetapkan gembala dan Firman Tuhan memberikan persyaratan dari gembala, diilhami
2 Timotius 3:16
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
Firman dan Roh Kudus berjalan bersama-sama.

Seorang gembala haruslah seorang yang tak bercacat maksudnya bukan cacat secara jasmani tetapi artinya tidak ada hal yang dapat dituduhkan terhadap pribadi tersebut mulai dari kehidupannya secara pribadi dan juga dalam kehidupan nikahnya.

Jangan seperti dalam:
Amsal 6:32-33
32 Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri.
33 Siksa dan cemooh diperolehnya, malunya tidak terhapuskan.
Setiap dosa bila diakui akan diampuni, demikian juga dengan dosa seperti ayat di atas walaupun sudah diampuni tetapi tidak bisa dijadikan teladan lagi.

Seorang gembala adalah suami dari satu istri, artinya yang menjadi gembala adalah seorang pria dan bukanlah perempuan.

Apa yang telah ditetapkan oleh pengajaran Firman Tuhan jangan kita ubah. Sedikit saja kita mengubahnya maka pintu Surga tidak akan terbuka bagi kita. Pengajaran Tabernakel adalah pengajaran yang dari Sorga dan inilah yang dihujat oleh antikristus.
Wahyu 13:6
Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.

Bila menghujat Tabernakel berarti sama dengan menghujat Sorga sebab alat-alat Tabernakel adalah gambaran dari apa yang ada di Sorga.

Contoh yang dipertontonkan di Sorga:
Tabut perjanjian
Wahyu 11:19
Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.

Mezbah Dupa Emas
Wahyu 9:13
Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah,

Pada doa pembukaan dalam setiap ibadah kita harus memohon supaya Tuhan Yesus Imam Besar hadir dalam ibadah pelayanan kita. Apapun pelayanan yang kita lakukan tanpa diimami oleh Tuhan Yesus Imam Besar akan menjadi sia-sia. Pelayanan Tuhan Yesus sebagai Imam Besar tidak berhenti hanya di dunia ini tetapi sampai di Sorga kekal selama-lamanya. Gereja Tuhan membutuhkan Firman dan Roh Kudus sehingga pelayanan Imam Besar terasa dalam penampilan Firman dan Roh Kudus yang berkuasa untuk menyucikan dan mendamaikan kehidupan kita sehingga bisa tampil berkenan di hadapan Tuhan.

Ibrani 7:25-26
25 Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.
26 Sebab Imam Besar yang demikianlah yang kita perlukan: yaitu yang saleh, tanpa salah, tanpa noda, yang terpisah dari orang-orang berdosa dan lebih tinggi dari pada tingkat-tingkat sorga,

Roma 15:16
yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

Firman pengajaran menunjukkan kesalahan kita dan Roh Kudus memampukan kita untuk mengakui dosa kita kemudian darah Tuhan Yesus yang akan mengampuni dosa-dosa kita.
Ibrani 9:12-13
12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal.
13 Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah,

Menjelang kematian Elisa, raja Yoas mengangkat kembali kalimat yang pernah diucapkan oleh Elisa menjelang Elia terangkat ke Sorga.
II Raja-raja 13:14b (perkataan raja Yoas)
katanya: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!"

Bahasa yang diucapkan oleh Yoas membangkitkan ingatan dan pengertian Elisa bahwa kehadiran Yoas saat itu sama seperti keadaan dia bersama gurunya yaitu Elia yang akan segera mengalami perpisahan.
II Raja-raja 2:12 (perkataan nabi Elisa)
Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!"

Dengan mengucapkan kalimat ini mengingatkan kembali bahwa akan terjadi perpisahan dan pemisahan. Jangan sampai terjadi pemisahan antara suami dan istri, orang tua dan anak atau jemaat dan gembala. Biarlah perpisahan yang kita alami adalah perpisahan dengan dunia ini. Jangan sampai ada di antara kita yang terpisah dan tertinggal saat pengangkatan gereja sehingga terpaksa berjumpa dengan antikristus.

Mintalah kepada Tuhan supaya kita memperoleh kekayaan sorgawi supaya jangan kita terpisah dan tertinggal.

Þ     Kekayaan Yesus Putra Allah dicurahkan kepada kita lewat meja roti atau ibadah Pendalaman Alkitab dan ini bagaikan mata air. Mata air ini menyentuh dan membenahi nikah.
Yohanes 4:14
tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

Þ     Kekayaan Roh Kudus dicurahkan kepada kita lewat pelita emas atau ibadah Raya dan ini bagaikan batang sungai yang mengalir. Inilah yang memampukan kita mengiring Tuhan dengan setia di dalam ibadah dan pelayanan sampai Ia datang kembali.
Yohanes 7:38-39
38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."
39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.

Þ     Kekayaan Allah Bapa dicurahkan kepada kita lewat mezbah dupa emas atau ibadah Doa Penyembahan dan ini bagaikan danau yang menampung aliran air yang berasal dari mata air tadi. Saat Tuhan Yesus naik ke perahu setelah meredakan angin dan gelombang, murid-murid yang berada di perahu langsung menyembahNya sekalipun saat itu mereka masih berada di atas danau.
Matius 14:32
Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau Anak Allah."
Suatu pengakuan bahwa Yesus adalah Mempelai Laki-laki Sorga.

Akan terjadi perpisahan dan pemisahan. Perpisahan antara gereja dan dunia dan pemisahan antara orang-orang percaya. Ada yang disingkirkan ke padang belantara untuk bertemu dengan Tuhan Yesus Kristus dan ada yang tertinggal terpaksa bertemu dengan antikristus. Biarlah kita rajin mendengar Firman Tuhan dan setia di dalam ibadah.
Apapun yang kita miliki dan apapun yang menjadi kesenangan kita di dunia ini, jangan sampai hal itu yang mempesona kita. Biarlah pembukaan rahasia Firman Tuhan menjadi hal yang memikat dan mempesona kita serta terasa kuasaNya menggarap hidup kita.

II Raja-raja 13:15
Berkatalah Elisa kepadanya: "Ambillah busur dan anak-anak panah!" Lalu diambillah busur dan anak-anak panah.
Ketika raja Yoas datang kepada Elisa, Elisa tidak lagi mempertanyakan apa maksud kedatangan Yoas sebab ia telah mengetahuinya. Di saat kita datang beribadah maka Firman Tuhan dalam urapan Roh Kudus telah mengetahui dengan tepat apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan kita tanpa perlu kita minta. Sekarang tinggal tergantung kepada kita mau menerima perintah dari Firman dan Roh Kudus ini atau tidak.

Busur dan anak-anak panah itulah ayat-ayat Firman Tuhan di dalam Alkitab yang sanggup mengoreksi kehidupan kita.
Habakuk 3:9
Busur-Mu telah Kaubuka, telah Kauisi dengan anak panah. Sela Engkau membelah bumi menjadi sungai-sungai;

Yang bisa mengoreksi kita hanyalah anak panah Firman Tuhan, bukan perkara-perkara yang lain misalnya filsafat, dongeng ataupun bahasa pujangga.
Mazmur 38:3
sebab anak panah-Mu menembus aku, tangan-Mu telah turun menimpa aku.

Bagi orang yang mengerti fungsi dari busur dan anak panah, mengerti akan Firman Tuhan maka ia pasti akan terkoreksi dan disucikan sehingga mengalami kemenangan.
Mazmur 45:6
Anak-anak panahmu tajam, menembus jantung musuh raja; bangsa-bangsa jatuh di bawah kakimu.

Bila tidak mengerti tentang busur dan anak panah ini, tidak mengetahui dan mengerti Firman Tuhan maka yang dialami bukanlah kemenangan tetapi bencana penghukuman.
Ulangan 32:23
Aku akan menimbun malapetaka ke atas mereka, seluruh anak panah-Ku akan Kutembakkan kepada mereka.

II Raja-raja 13:16
Berkatalah ia kepada raja Israel: "Tariklah busurmu!" Lalu ia menarik busurnya, tetapi Elisa menaruh tangannya di atas tangan raja,
Saat Yoas menarik busurnya dia tidak memiliki arah yang jelas untuk menembak. Itu sebabnya Elisa meletakkan tangannya di atas tangan Yoas untuk menunjukkan sasaran yang tepat. Tuhan menunjukkan kepada kita bahwa harus ada gembala yang memiliki Firman dan Roh Kudus untuk mengarahkan ke mana seharusnya kita menembak.

Sekarang ini beberapa anak Tuhan yang tidak mengarahkan panahnya kepada musuh tetapi kepada temannya sehingga yang memperoleh keuntungan adalah musuh kita yaitu iblis.

II Raja-raja 13:17
serta berkata: "Bukalah jendela yang di sebelah timur!" Dan ketika dibukanya, berkatalah Elisa: "Panahlah!" Lalu dipanahnya. Kemudian berkatalah Elisa: "Itulah anak panah kemenangan dari pada TUHAN, anak panah kemenangan terhadap Aram. Engkau akan mengalahkan Aram di Afek sampai habis lenyap."
Arah yang ditunjukan untuk menembakkan panah adalah sebelah timur. Apa yang terjadi di sebelah timur yang harus kita panah dan tewaskan?

1.      Kejatuhan Adam dan Hawa
Sebelah timur ini mengingatkan pada kejatuhan manusia pertama yang harus diusir ke sebelah Timur
Kejadian 3:23-24
23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.
24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

Manusia diusir ke sebelah timur oleh sebab jatuh ke dalam dosa dan yang lebih dahulu tergoda adalah Hawa kemudian diikuti oleh Adam. Hal ini diingatkan lagi oleh rasul Paulus.
I Timotius 2:13-14
13 Karena Adam yang pertama dijadikan, kemudian barulah Hawa.
14 Lagipula bukan Adam yang tergoda, melainkan perempuan itulah yang tergoda dan jatuh ke dalam dosa.

Sekarang ini roh dari Hawa yaitu perempuan yang tampil untuk mengajar laki-laki inilah yang banyak membuat gereja Tuhan menjauh dari Eden, menjauh dari sukacita yang sejati.
Terhadap hal inilah kita harus mengarahkan anak panah, kita harus menolak dan jangan mau untuk menerima hal ini.
I Timotius 2:11-12
11 Seharusnyalah perempuan berdiam diri dan menerima ajaran dengan patuh.
12 Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri.

Perempuan bisa mengajar di antara sesama perempuan.
Titus 2:3-5
3 Demikian juga perempuan-perempuan yang tua, hendaklah mereka hidup sebagai orang-orang beribadah, jangan memfitnah, jangan menjadi hamba anggur, tetapi cakap mengajarkan hal-hal yang baik
4 dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya,
5 hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar Firman Allah jangan dihujat orang.

Akibat dari kejatuhan manusia dalam dosa menghasilkan buah ini yaitu perempuan yang tampil untuk mengajar laki-laki. Bila kita terus menggalakan perempuan yang tampil berkhotbah di tengah sidang jemaat berarti kita bukannya menghasilkan buah Roh Kudus tetapi menghasilkan buah pelanggaran. Hal ini yang harus kita panah, kita tewaskan.

Sekalipun istri para rasul ikut di dalam pelayanan suami mereka namun tidak pernah disebutkan di dalam Alkitab bila istri mereka ini tampil mengajar.
I Korintus 9:5
Tidakkah kami mempunyai hak untuk membawa seorang isteri Kristen, dalam perjalanan kami, seperti yang dilakukan rasul-rasul lain dan saudara-saudara Tuhan dan Kefas?

2.      Kejatuhan kain
Kejadian 4:16
 Lalu Kain pergi dari hadapan TUHAN dan ia menetap di tanah Nod, di sebelah timur Eden.

Buah kejatuhan yang selanjutnya adalah kebencian sama seperti yang dimiliki oleh Kain. Roh kebencian ini yang harus kita panah, harus kita tewaskan di dalam diri kita dengan Firman dan Roh Kudus.
Orang yang suka membunuh/membenci menjadi anaknya iblis.
Yohanes 8:44
Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Sejak Kain membunuh Habel oleh sebab kebenciannya maka ia berpindah dari anak Adam menjadi anaknya Iblis.
I Yohanes 3:11-12
11 Sebab inilah berita yang telah kamu dengar dari mulanya, yaitu bahwa kita harus saling mengasihi;
12 bukan seperti Kain, yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya. Dan apakah sebabnya ia membunuhnya? Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar.

3.      Kejatuhan Babel
Kejadian 11:2,7
2 Maka berangkatlah mereka ke sebelah timur dan menjumpai tanah datar di tanah Sinear, lalu menetaplah mereka di sana.
7 Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing."

Hal ketiga yang terjadi di sebelah timur adalah hilangnya roh pengertian. Yang harus kita lawan adalah aktifitas yang coba merampas kita dari pengertian akan Firman Tuhan. Jangan sampai roh pengertian itu dicabut dari kehidupan kita.
II Timotius 2:7
Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.

Mengapa banyak anak Tuhan datang beribadah tetapi tidak ada pengertian akan Firman? Sebab tidak menaruh perhatian saat Firman Tuhan disampaikan. Bila seseorang tidak memperhatikan pemberitaan Firman Tuhan berarti kehidupan tersebut berada pada posisi yang akan dibangun menjadi kota babel padahal Tuhan ingin membawa kita pada pembangunan kota Yerusalem Baru.

Secara manusia apabila usia semakin bertambah maka akan semakin menjadi lemah, tetapi sesuai dengan Firman Tuhan kehidupan kita anak Tuhan semakin bertambah usia maka kita semakin banyak berbuah di hadapan Tuhan dan semakin berkobar-kobar untuk beribadah dan melayani Tuhan.
Mazmur 92:13-15
13 Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon;
14 mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.
15 Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar,

4.      Ismael dan anak-anak Ketura diusir
Kejadian 25:6
tetapi kepada anak-anaknya yang diperolehnya dari gundik-gundiknya ia memberikan pemberian; kemudian ia menyuruh mereka -- masih pada waktu ia hidup -- meninggalkan Ishak, anaknya, dan pergi ke sebelah timur, ke Tanah Timur.

Ismael dan anak-anak Ketura pergi ke sebelah timur dan harus kehilangan berkat Abraham. Hal keempat yang harus ditewaskan adalah roh yang membawa kita untuk terlepas dari berkat Abraham. Kita harus melawan bila ada usaha iblis yang mau membuat kita jauh dari berkat Abraham.
Galatia 3:13-14,29
13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"
14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.
29 Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.

II Raja-raja 13:18-19
18 Sesudah itu berkatalah ia: "Ambillah anak-anak panah itu!" Lalu diambilnya. Setelah diambilnya, berkatalah Elisa kepada raja Israel: "Pukulkanlah itu ke tanah!" Lalu dipukulkannya tiga kali, kemudian ia berhenti.
19 Tetapi gusarlah abdi Allah itu kepadanya serta berkata: "Seharusnya engkau memukul lima atau enam kali! Dengan berbuat demikian engkau akan memukul Aram sampai habis lenyap. Tetapi sekarang, hanya tiga kali saja engkau akan memukul Aram."
Setelah memanah ke Timur, anak panah itu diambil dan dipukul ke tanah. Mengapa tanah ini harus dipukul?

Kejadian 2:7
ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Ayub 5:6-7
6 Karena bukan dari debu terbit bencana dan bukan dari tanah tumbuh kesusahan;
7 melainkan manusia menimbulkan kesusahan bagi dirinya, seperti bunga api berjolak tinggi.
Tanah itu menunjuk pada kita dan dari diri kita inilah timbulkan kesusahan dan masalah. Jangan mempersalahkan perkara yang lain dan orang lain. Kita harus memberikan diri kita dipukul, dikoreksi oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus.

Mengapa Elisa gusar? (gembala yang mempunyai Firman dan Roh Kudus)
sebab maksud dari pukul tanah dalam Ayub 5:6-7
ayat 6 menunjuk kondisi yang lain, ayat 7 adalah pribadi yang lain artinya jangan mencari-cari kambing hitam yang lain tetapi diri sendiri (daging sendiri) yang harus dipukul/dikalahkan, bukan mencari siapa penyebabnya.

Tanah ini harus dipukul sampai 6 kali jangan hanya 3 kali, artinya diri kita harus mau menerima pukulan Firman Tuhan supaya kita terbenahi dan mencapai apa yang Tuhan rindukan untuk terwujud pada hari keenam itulah sepasang nikah. Tuhan memukul kita dengan Firman dalam urapan Roh Kudus untuk  membawa kita menjadi Mempelai WanitaNya yang sempurna yang layak untuk bersanding dengan Tuhan Yesus Kristus Mempelai Laki-laki Sorga.

Dipukul 3X berarti baru sampai pada taraf pencelikan mata,
Bilangan 22:28-32
28 Ketika itu TUHAN membuka mulut keledai itu, sehingga ia berkata kepada Bileam: "Apakah yang kulakukan kepadamu, sampai engkau memukul aku tiga kali?"
29 Jawab Bileam kepada keledai itu: "Karena engkau mempermain-mainkan aku; seandainya ada pedang di tanganku, tentulah engkau kubunuh sekarang."
30 Tetapi keledai itu berkata kepada Bileam: "Bukankah aku ini keledaimu yang kautunggangi selama hidupmu sampai sekarang? Pernahkah aku berbuat demikian kepadamu?" Jawabnya: "Tidak."
31 Kemudian TUHAN menyingkapkan mata Bileam; dilihatnyalah Malaikat TUHAN dengan pedang terhunus di tangan-Nya berdiri di jalan, lalu berlututlah ia dan sujud.
32 Berfirmanlah Malaikat TUHAN kepadanya: "Apakah sebabnya engkau memukul keledaimu sampai tiga kali? Lihat, Aku keluar sebagai lawanmu, sebab jalan ini pada pemandangan-Ku menuju kepada kebinasaan.

Bukan berarti salah tetapi itu belum tujuan akhir dari apa yang dimaksud Elisa (Firman dan Roh) sebab tujuan akhir ialah angka 6 dan ini angka di mana dimunculkan pertama oleh alkitab yaitu pada
Kejadian 1:31
1:31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

yaitu menunjuk terciptanya pasangan nikah pertama (persekutuan pertama) yang menunjuk nikah yang rohani antara Yesus (Kepala) dan gereja (tubuh) yang juga akan terwujud pada hari ke 6 “minggu ketebusan” dan kita sekarang sudah masuk pada suasana itu berarti rencana Allah akan segera terwujud.
Roma 9:28
Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera."

Pencelikan mata itu penting. Ada beberapa contoh pencelikan mata dalam alkitab:
1)      Kejadian 3:7
Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.
Adam dan Hawa sadar akan ketelanjangannya, bukan datang pada Tuhan malah mereka menjauh dan mencari jalan sendiri, cara ini harus dipukul (distop!) jangan diteruskan praktek seperti ini.

2)      Bilangan 22:31
Kemudian TUHAN menyingkapkan mata Bileam; dilihatnyalah Malaikat TUHAN dengan pedang terhunus di tangan-Nya berdiri di jalan, lalu berlututlah ia dan sujud.
Kegiatan yang melawan rencana Allah ini harus dihentikan (dikalahkan) tidak boleh dibiarkan.

3)      2 Raja-raja 6:17
Lalu berdoalah Elisa: "Ya TUHAN: Bukalah kiranya matanya, supaya ia melihat." Maka TUHAN membuka mata bujang itu, sehingga ia melihat. Tampaklah gunung itu penuh dengan kuda dan kereta berapi sekeliling Elisa.
Meyakinkan orang yang ragu akan penyertaan Tuhan,
Roma 8:31
Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?
artinya singkirkan segala keraguan bila melayani Tuhan.

4)      Markus 10:51-52
51 Tanya Yesus kepadanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang buta itu: "Rabuni, supaya aku dapat melihat!"
52 Lalu kata Yesus kepadanya: "Pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau!" Pada saat itu juga melihatlah ia, lalu ia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya.
Tinggalkan kegiatan lama dan lanjutkan untuk ikut Yesus menuju Yerusalem baru. Saat itu perjalanan Yesus menuju Yerusalem dan otomatis Bartimeus mengikuti irama ini.

5)      Lukas 24:30-31
30 Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.
31 Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.
supaya kembali pada Yerusalem, pada persekutuan yang benar yang akhirnya bermuara pada
Wahyu 21:9-10
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
21:10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.


Sebab itu jangan berhenti pada pencelikan mata lanjutkan pada puncak rencana Tuhan yaitu bawa diri untuk masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus (mempelai perempuan untuk Kristus Yesus Mempelai Pria Sorga) berarti daging (tanah) dikalahkan (dihancurkan) sehingga tidak bersuara lagi.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar