20120606

Kebaktian PA Tabernakel, Rabu 6 Juni 2012 Pdt. Bernard Legontu



Keluaran 29:44
Aku akan menguduskan Kemah Pertemuan dan mezbah itu, lalu Harun dan anak-anaknya akan Kukuduskan supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku.

Ayat ini kemudian disusul dengan kerinduan hati Tuhan untuk diam di tengah-tengah umatNya. Sebelum Tuhan menyatakan hal itu didahului dengan dua perkara penting yaitu pembangunan Tabernakel dan pentahbisan Harun beserta anak-anaknya untuk memegang jabatan imam bagi Tuhan.

Pembangunan Tabernakel adalah ilham Tuhan kepada Musa. Perintah Tuhan adalah untuk membangun satu Tabernakel dan yang menerima ilham juga hanya satu yaitu Musa. Pembangunan ini dipercayakan Tuhan kepada dua ahli yaitu Bezaleel dan Aholiab. Sekalipun keduanya telah teliti untuk membangun namun tetap Musa harus kembali mengeceknya. Hal ini perlu sebab jangan sampai ada yang kurang atau ada yang ditambah.

Jangan melanggar:
Wahyu 22:18-19
22:18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.
22:19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

Kalau saat itu ada Tabernakel yang lain berarti itu adalah tiruan dan kalau ada orang lain yang mengaku menerima ilham dari Tuhan tentang Tabernakel maka itu pasti imitasi.

Keluaran pasal 25-39 merupakan pasal suasana pertunangan dan pasal 40 adalah pasal pernikahan. Pada Keluaran pasal 39 yaitu akhir dari pertunangan, Musa masih diperintahkan untuk memeriksa lagi hasil pembangunan Tabernakel. Sebab bila terjadi sedikit perbedaan saja dengan ilham yang ia terima dari Tuhan maka apa yang dibangun itu sudah tidak sesuai dengan selera Tuhan dan pernikahan itu pasti ditangguhkan atau bahkan dibatalkan.
Keluaran 39:43
Dan Musa melihat segala pekerjaan itu, dan sesungguhnyalah, mereka telah melakukannya seperti yang diperintahkan TUHAN, demikianlah mereka melakukannya. Lalu Musa memberkati mereka.

Ini sama seperti kisah perempuan yang kehilangan 1 dari 10 dirham yang seharusnya dia simpan dengan baik. Apabila ada dirham yang hilang itu berarti perempuan ini tidak bisa dipercaya dan pernikahan pasti dibatalkan.
Lukas 15:8-10
15:8 "Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya?
15:9 Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan.
15:10 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat."

Setelah Tabernakel dibangun dan ditahbiskan maka kemuliaan Allah turun dan api dari sorga turun membakar korban di atas mezbah korban bakaran. Ini bukti Tuhan berkenan dengan pembangunan Tabernakel sebab dibangun sesuai dengan selera dari Tuhan. Mana bisa kita menjadi gereja Tuhan yang sesuai dengan selera Tuhan kalau kita membangun kerohanian namun mempreteli apa yang menjadi keinginan Tuhan yang diilhamkan kepada hambaNya.

Sekarang ini mulai bermunculan pengajaran Tabernakel yang lain yang tidak lagi sesuai dengan ilham Tuhan kepada hambaNya Pdt. V.G. Fan Gesel. Mereka mengubah pengajaran Tabernakel, misalnya susunan papan jenang itu telah diubah. Kalau gambar pola Tabernakel secara fisik telah diubah pasti arti secara rohani juga akan berubah.
I Korintus 15:45-46
45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.

Ada dua hal pokok yang harus ada supaya Tuhan hadir di tengah-tengah umatNya. Yang pertama pembangunan Tabernakel sesuai ilham dari Tuhan dan yang kedua pentahbisan imam-imam sebagai penyelenggara kebaktian.
Keluaran 29:44
Aku akan menguduskan Kemah Pertemuan dan mezbah itu, lalu Harun dan anak-anaknya akan Kukuduskan supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku.

Ulangan 18:5
Sebab dialah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu, supaya ia senantiasa melayani TUHAN dan menyelenggarakan kebaktian demi nama-Nya, ia dan anak-anaknya.

Tuhan menguduskan Harun dan anak-anaknya lewat pelajaran tahbisan. Tuhan menguduskan para hamba-hambaNya untuk melayani pembangunan Tubuh Kristus. Namun selanjutnya ternyata banyak imam dan pelayan Tuhan yang malah mencemarkan jabatan imam yang Tuhan percayakan. Bila kekudusan tahbisan itu dicemarkan maka Tuhan mengatakan itu kejahatan besar.
Nehemia 13:27-29
27 Apakah orang harus mendengar bahwa juga kamu berbuat segala kejahatan yang besar itu, yakni berubah setia terhadap Allah kita karena memperisteri perempuan-perempuan asing?"
28 Seorang dari anak-anak Yoyada bin Elyasib, imam besar itu, adalah menantu Sanbalat, orang Horoni itu. Oleh sebab itu kuusir dia dari padaku.
29 Ya Allahku, ingatlah bagaimana mereka mencemarkan jabatan imam serta perjanjian mengenai para imam dan orang-orang Lewi.

Kalau dalam pelayanan kita telah cemar maka segera manfaatkan korban Kristus untuk mendamaikan kita mumpung sekarang masih ada kesempatan.

Sekarang ini banyak anak Tuhan menggelar ibadah namun bukan ibadah yang memenuhi selera Tuhan sebab tahbisan imam yang menyelenggarakan kebaktian telah dicemarkan.

Ada 4 penyebab terjadinya jabatan imam itu dicemarkan:

1.      Merombak janji Tuhan
Perjanjian Tuhan kepada Lewi adalah suku Lewi yang melayani Tuhan hidup dari milik Tuhan dan tidak boleh mendapatkan miliki pusaka serta warisan sebab Tuhanlah miliki pusakanya. Namun sekarang ini banyak hamba Tuhan yang merombak janji Tuhan ini dengan praktek tidak menjadi hamba Tuhan sepenuh tetapi masih melakukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan jasmaniNya. Kebanyakan dari hamba Tuhan ini tidak sadar dan sidang jemaat yang mereka layani juga tidak sadar bahwa ini adalah kejahatan besar. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab yang dianut adalah pengajaran Tabernakel yang lain, mereka mengubah pola Tabernakel yang benar. Jemaat jangan mau digembalakan oleh hamba Tuhan yang seperti ini.
Bilangan 18:19-21
19 Segala persembahan khusus, yakni persembahan kudus yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan bersama-sama dengan engkau; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya; itulah suatu perjanjian garam untuk selama-lamanya di hadapan TUHAN bagimu serta bagi keturunanmu."
20 TUHAN berfirman kepada Harun: "Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat milik pusaka dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan milik pusakamu di tengah-tengah orang Israel.
21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.

Tuhan Yesus adalah jaminan bagi imam dan pelayan-pelayan yang melayaniNya. Tidak mungkin Tuhan yang telah mempercayakan jabatan imam kepada kita akan membiarkan kita.
Ibrani 7:22
demikian pula Yesus adalah jaminan dari suatu perjanjian yang lebih kuat.

Paulus sendiri menyadari ketika dia masih bekerja dia tidak dapat melayani sepenuh.
Kisah Para Rasul 18:5
Ketika Silas dan Timotius datang dari Makedonia, Paulus dengan sepenuhnya dapat memberitakan firman, di mana ia memberi kesaksian kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesus adalah Mesias.

Kalau kita dipercayakan jabatan pelayanan jangan pernah lepaskan dan jangan dicemarkan. Sekali lagi yang mencemarkan jabatan imam adalah kalau hamba Tuhan tidak percaya kepada Tuhan Yesus sebagai penjamin hidupnya dan selanjutnya melakukan pekerjaan sambilan. Kalau gembala seperti itu maka jemaat juga akan turut menerima akibatnya/kena imbasnya.
Bilangan 18:5
Dan kamu ini haruslah melakukan kewajibanmu mengenai tempat kudus dan kewajibanmu mengenai mezbah, supaya orang Israel jangan lagi tertimpa oleh murka.

Kalau hamba Tuhan tetap mencemarkan jabatan imam yang Tuhan percayakan maka akibatnya:
Maleakhi 2:1-3
1 Maka sekarang, kepada kamulah tertuju perintah ini, hai para imam!
2 Jika kamu tidak mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati nama-Ku, firman TUHAN semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan.
3 Sesungguhnya, Aku akan mematahkan lenganmu dan akan melemparkan kotoran ke mukamu, yakni kotoran korban dari hari-hari rayamu, dan orang akan menyeret kamu ke kotoran itu.

Tidak berhenti di situ sebab murka Tuhan masih bernyala-nyala maka Tuhan mengizinkan musuh mengejar untuk membinasakan.
Hosea 8:1-3
1 Tiuplah sangkakala! Serangan laksana rajawali atas rumah TUHAN! Oleh karena mereka telah melangkahi perjanjian-Ku dan telah mendurhaka terhadap pengajaran-Ku.
2 Kepada-Ku mereka berseru-seru: "Ya Allahku, kami, Israel mengenal Engkau!"
3 Israel telah menolak yang baik -- biarlah musuh mengejar dia!

Jabatan imam dan pembangunan Tabernakel adalah dua hal yang tidak dapat terlepas. Kalau kita salah dalam tahbisan atau berada dalam pelayanan hamba Tuhan yang mencemarkan jabatan pelayanannya maka bukannya kita masuk dalam pentahbisan dan melihat kemuliaan Tuhan tetapi malah menjadi musuh Tuhan sebab mengganggu gugat selera Tuhan.

Oleh kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus maka kepada kita diberikan kesempatan untuk memegang jabatan imam. Jangan anggap enteng pelayanan sekecil apapun menurut pandangan manusia sebab itu ada kaitannya dengan sorga, dengan Raja segala raja Mempelai Laki-laki Sorga dan juga Hakim yang adil. Hargai jabatan pelayanan yang Tuhan percayakan.

Kalau imam ini merombak janji Tuhan maka mereka menyebabkan umat Tuhan ikut tergelincir.
Maleakhi 2:8-9
8 Tetapi kamu ini menyimpang dari jalan; kamu membuat banyak orang tergelincir dengan pengajaranmu; kamu merusakkan perjanjian dengan Lewi, firman TUHAN semesta alam.
9 Maka Aku pun akan membuat kamu hina dan rendah bagi seluruh umat ini, oleh karena kamu tidak mengikuti jalan yang Kutunjukkan, tetapi memandang bulu dalam pengajaranmu.

2.      Perkawinan campur
Ezra 10:18-19
18 Di antara kaum imam yang memperisteri perempuan asing terdapat: dari bani Yesua bin Yozadak, dengan saudara-saudaranya: Maaseya, Eliezer, Yarib dan Gedalya.
19 Dengan memegang tangan, mereka itu berjanji akan mengusir isteri mereka. Dan mereka mempersembahkan seekor domba jantan dari kawanan kambing domba sebagai korban penebus salah karena kesalahan mereka.
Nehemia 13:28
Seorang dari anak-anak Yoyada bin Elyasib, imam besar itu, adalah menantu Sanbalat, orang Horoni itu. Oleh sebab itu kuusir dia dari padaku.

Di zaman taurat seorang imam tidak boleh menikah dengan suku selain suku Lewi. Ini menjadi ketetapan turun temurun bahkan dikatakan sampai selama-lamanya. Jadi secara rohani ketetapan ini juga berlaku kepada kita. Pernikahan campur inilah salah satu yang menyebabkan jabatan imam tercemar.

Akibat perkawinan dengan perempuan asing menghasilkan bahasa-bahasa yang sudah tidak benar. Artinya akibat kawin campur maka sudah tidak bisa berbicara bahasa yang rohani.
Nehemia 13:23-24
23 Pada masa itu juga kulihat bahwa beberapa orang Yahudi memperisteri perempuan-perempuan Asdod, perempuan-perempuan Amon atau perempuan-perempuan Moab.
24 Sebagian dari anak-anak mereka berbicara bahasa Asdod atau bahasa bangsa lain itu dan tidak tahu berbicara bahasa Yahudi.

Secara lahiriah Tuhan menyarankan kepada para pemuda pemudi kalau ingin berpasangan dengan orang yang belum mengenal pengajaran terlebih dahulu membawa pasangannya itu untuk mendengarkan Firman Tuhan bila memang tidak mau berarti itu bukan jodoh dari Tuhan.

Pasangan yang bagaimana yang sesuai dengan Firman Tuhan? Rasul Paulus mengangkat dua orang perempuan yaitu perempuan merdeka dan perempuan yang menjadi hamba.
Galatia 4:21-26
21 Katakanlah kepadaku, hai kamu yang mau hidup di bawah hukum Taurat, tidakkah kamu mendengarkan hukum Taurat?
22 Bukankah ada tertulis, bahwa Abraham mempunyai dua anak, seorang dari perempuan yang menjadi hambanya dan seorang dari perempuan yang merdeka?
23 Tetapi anak dari perempuan yang menjadi hambanya itu diperanakkan menurut daging dan anak dari perempuan yang merdeka itu oleh karena janji.
24 Ini adalah suatu kiasan. Sebab kedua perempuan itu adalah dua ketentuan Allah: yang satu berasal dari gunung Sinai dan melahirkan anak-anak perhambaan, itulah Hagar --
25 Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab -- dan ia sama dengan Yerusalem yang sekarang, karena ia hidup dalam perhambaan dengan anak-anaknya.
26 Tetapi Yerusalem sorgawi adalah perempuan yang merdeka, dan ialah ibu kita.
Maksudnya di sini jangan mencari pasangan yang masih berstatus hamba dosa. Hagar saat ditanya oleh Tuhan hendak ke mana dia tidak tahu menjawab dan malah mempersalahkan orang lain.
Kejadian 16:7
Lalu Malaikat TUHAN menjumpainya dekat suatu mata air di padang gurun, yakni dekat mata air di jalan ke Syur.

Hagar di jumpai di Syur, ini adalah daerah yang sudah dekat dengan Mesir.
Kejadian 25:18
Mereka itu mendiami daerah dari Hawila sampai Syur, yang letaknya di sebelah timur Mesir ke arah Asyur. Mereka menetap berhadapan dengan semua saudara mereka.
Keluaran 15:22-23
22 Musa menyuruh orang Israel berangkat dari Laut Teberau, lalu mereka pergi ke padang gurun Syur; tiga hari lamanya mereka berjalan di padang gurun itu dengan tidak mendapat air.
23 Sampailah mereka ke Mara, tetapi mereka tidak dapat meminum air yang di Mara itu, karena pahit rasanya. Itulah sebabnya dinamai orang tempat itu Mara.

Jangan sampai mengambil pasangan yang hanya akan menyeret kita ke Syur sebab tujuannya pasti kembali ke Mesir, kembali ke dunia. Di Syur ada mata air pahit.

Kalau mencari pasangan yang masih diperhamba dosa maka pasti akan merasakan pahitnya dalam hidup nikah sehingga diseret kembali ke Mesir, ke dunia yang akan binasa.

Kejadian 16:8-9
8 Katanya: "Hagar, hamba Sarai, dari manakah datangmu dan ke manakah pergimu?" Jawabnya: "Aku lari meninggalkan Sarai, nyonyaku."
9 Lalu kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya."
Hagar tidak tahu dari mana dan ke mana dia akan melangkah. Pasangan yang sesuai dengan kehendak Tuhan adalah yang sadar dari mana dia datang yaitu dari lumpur dosa dan sekarang melangkah pada salib Golgota untuk terus ke kota Yerusalem Baru. Kalau telah sama-sama tahu diri berasal dari lumpur dosa maka tidak lagi akan saling mempersalahkan.

Jangan kawin dengan orang yang tidak tahu akan bahaya dosa, tidak tahu bagaimana cara untuk menyelesaikan dosanya dan yang tidak tahu tujuan akhir perjalanan hidupnya. Kawin campur inilah salah satu yang mencemarkan jabatan imam.

Yang mengambil perempuan asing ini malah adalah para imam sehingga membuat hamba Tuhan yang benar marah, apalagi Tuhan.
Nehemia 13:25
Aku menyesali mereka, kukutuki mereka, dan beberapa orang di antara mereka kupukuli dan kucabut rambutnya dan kusuruh mereka bersumpah demi Allah, demikian: "Jangan sekali-kali kamu serahkan anak-anak perempuanmu kepada anak-anak lelaki mereka, atau mengambil anak-anak perempuan mereka sebagai isteri untuk anak-anak lelakimu atau untuk dirimu sendiri!

Jangan sampai kita cemarkan benih ilahi yang ada dalam diri kita dengan praktek kawin campur.
Ezra 9:2
Karena mereka telah mengambil isteri dari antara anak perempuan orang-orang itu untuk diri sendiri dan untuk anak-anak mereka, sehingga bercampurlah benih yang kudus dengan penduduk negeri, bahkan para pemuka dan penguasalah yang lebih dahulu melakukan perbuatan tidak setia itu."

Saat Ezra dan Nehemia menentang perkawinan campur ini maka tampil 4 orang yang berdiri menentang mereka bahkan dua orang diantaranya adalah imam.
Ezra 10:15-16
15 Hanya Yonatan bin Asael, dan Yahzeya bin Tikwa, berdiri menentang perkara itu, disokong oleh Mesulam dan Sabetai, orang Lewi itu.
16 Tetapi mereka yang pulang dari pembuangan melakukannya. Maka imam Ezra memilih beberapa orang, kepala-kepala kaum keluarga, masing-masing untuk kaum keluarganya, semuanya dengan namanya disebut. Pada hari pertama bulan kesepuluh mereka bersidang untuk menyelidiki perkara itu,

Ini menunjuk bahwa saat kita mau menegakkan tahbisan yang benar maka pasti akan ada perlawanan di ke empat penjuru dunia. Jadi kemanapun kita pergi pasti akan ada perlawanan kalau kita mau mempertahankan tahbisan yang benar bahkan yang tampil melawan adalah pelayan-pelayan yang tidak memiliki tahbisan yang benar.

Saat Tuhan Yesus melakukan penyucian dalam Bait Allah yang bangkit melawan adalah imam-imam yang seharusnya di atas pundak mereka dipercayakan tugas untuk menjaga keberadaan Bait Allah tetapi justru mereka yang mengotori. Jangan kaget kalau di akhir zaman ini juga tampil imam-imam yang seperti ini.

Markus 11:18
Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mendengar tentang peristiwa itu, dan mereka berusaha untuk membinasakan Dia, sebab mereka takut kepada-Nya, melihat seluruh orang banyak takjub akan pengajaran-Nya.

Lukas 19:47
Tiap-tiap hari Ia mengajar di dalam Bait Allah. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta orang-orang terkemuka dari bangsa Israel berusaha untuk membinasakan Dia,

3.      Penyimpangan motivasi pelayanan
Mazmur 109:8
Biarlah umurnya berkurang, biarlah jabatannya diambil orang lain.
Kisah Para Rasul 1:20
"Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.

Di sini motivasi pelayanan sudah salah, bukan untuk membawa kehidupan yang dari lumpur dosa datang kepada Golgota dan digiring kepada Yerusalem Baru tetapi motivasi pelayanannya hanya untuk meraup keuntungan.
II Korintus 2:17
Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah. Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.

4.      Umat tidak mau mengembalikan milik Tuhan
Nehemia 13:10-13
10 Juga kudapati bahwa sumbangan-sumbangan bagi orang-orang Lewi tidak pernah diberikan, sehingga orang-orang Lewi dan para penyanyi yang bertugas masing-masing lari ke ladangnya.
11 Aku menyesali para penguasa, kataku: "Mengapa rumah Allah dibiarkan begitu saja?" Lalu kukumpulkan orang-orang Lewi itu dan kukembalikan pada tempatnya.
12 Maka seluruh orang Yehuda membawa lagi persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak ke perbendaharaan.
13 Sebagai pengawas-pengawas perbendaharaan kuangkat imam Selemya dan Zadok, seorang ahli kitab, dan Pedaya, seorang Lewi, sedang Hanan bin Zakur bin Matanya diperbantukan kepada mereka, karena orang-orang itu dianggap setia. Mereka diserahi tugas untuk mengurus pembagian kepada saudara-saudara mereka.

Pemicu yang keempat ini adalah ulah jemaat. Kalau jemaat tidak mengembalikan milik Tuhan maka dia sendiri yang rugi sebab tidak akan bisa makan makanan rohani yang disajikan, tidak akan paham Firman Tuhan yang disampaikan sebab orang yang seperti itu tidak ada pertalian, tidak ada hubungan dengan hamba Tuhan yang dipercayakan Tuhan untuk menggembalakannya.

Hagai 1:6,11
1:6 Kamu menabur banyak, tetapi membawa pulang hasil sedikit; kamu makan, tetapi tidak sampai kenyang; kamu minum, tetapi tidak sampai puas; kamu berpakaian, tetapi badanmu tidak sampai panas; dan orang yang bekerja untuk upah, ia bekerja untuk upah yang ditaruh dalam pundi-pundi yang berlobang!
1:11 dan Aku memanggil kekeringan datang ke atas negeri, ke atas gunung-gunung, ke atas gandum, ke atas anggur, ke atas minyak, ke atas segala yang dihasilkan tanah, ke atas manusia dan hewan dan ke atas segala hasil usaha."

Kalau anak Tuhan menahan milik Tuhan maka akibatnya:
v  Tidak akan ada gandum artinya tidak ada kepuasan dalam mendengar Firman Tuhan.

v  Tidak akan ada anggur artinya tidak akan ada kesukaan dalam nikah. (Persekutuan dengan sesama anggota Tubuh).

v  Tidak akan ada minyak artinya tidak ada urapan dari Tuhan

v  Berpakaian tetapi tidak hangat artinya langkah kerohanian akan tetap dingin dan tidak akan panas, berapi-api dan berkobar-kobar mengikut Tuhan.

v  Upah hanya ditaruh dalam pundi-pundi yang lubang artinya semua pekerjaan yang dikerjakan akan sia-sia.

Kalau pemicu yang keempat ini disadari maka akan kembali hadir gandum, anggur dan minyak.
Nehemia 13:12
Maka seluruh orang Yehuda membawa lagi persembahan persepuluhan dari pada gandum, anggur dan minyak ke perbendaharaan.

Sikap Nehemia dalam pelayanannya tidak pernah lepas dengan Tuhan. Semua koreksi yang dia lakukan selalu dikunci dengan doa.
Nehemia 13:14, 22b, 29, 31b
14 Ya Allahku, ingatlah kepadaku karena hal itu dan janganlah hapuskan segala perbuatan bakti yang telah kulakukan terhadap rumah Allahku dan segala pelayanan di dalamnya!
22b Ya Allahku, ingatlah kepadaku juga karena hal itu dan sayangilah aku menurut kasih setia-Mu yang besar!
29 Ya Allahku, ingatlah bagaimana mereka mencemarkan jabatan imam serta perjanjian mengenai para imam dan orang-orang Lewi.
31b Ya Allahku, ingatlah kepadaku, demi kesejahteraanku!

Setiap koreksi dari Tuhan yang disampaikan oleh hamba Tuhan selalu dikaitkan dengan Tuhan jadi jangan coba-coba untuk menggangu gugat. Setajam apapun koreksi Firman Tuhan yang disampaikan oleh hamba Tuhan yang seperti Nehemia yang selalu ada doa penyahutan kepada Tuhan maka jangan coba untuk melawan.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar