20120613

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 13 Juni 2012 Pdt. Bernard Legontu




Yehezkiel 37:4-6
4 Lalu firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!
5 Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini: Aku memberi nafas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.
6 Aku akan memberi urat-urat padamu dan menumbuhkan daging padamu, Aku akan menutupi kamu dengan kulit dan memberikan kamu nafas hidup, supaya kamu hidup kembali. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

Di sini ada tahapan-tahapan penggenapan janji Tuhan yang akan diberikan kepada tulang-tulang yang kering bila mereka mendengar dan memperhatikan suara Firman Tuhan.

Untuk mengatasi kekeringan rohani dan problem rohani yang makin bertambah di akhir zaman maka Firman Tuhan juga tampil ganda. Menghadapi keadaan gereja Tuhan yang patah semangat sebab diterjang oleh berbagai masalah di akhir zaman ini maka solusinya Tuhan menyuruh kita memperhatikan Firman ganda.

Firman ganda= double porsi= 2 gomer untuk satu orang= 2 jadi 1= Firman Mempelai.
Ini jalan satu-satunya yang datang dari Tuhan untuk atasi kekeringan rohani.

Masalah-masalah yang menimpa gereja Tuhan adalah manuver iblis untuk membuat umat Tuhan patah semangat dan hilang pengharapan. Oleh sebab itu kita harus mendengarkan Firman Tuhan yang double porsi. Kalau sekarang diperdengarkan Firman Tuhan 2 kali lipat itu menunjukkan kita berada di penghujung akhir zaman. Apabila kita salah mendengar dan memperhatikan maka bukan hanya menjadi kering tetapi kering sekering-keringnya, binasa untuk selama-lamanya.

Tuhan berkata kepada ahli Taurat bahwa mereka menyelidik kitab suci padahal kitab suci itu bersaksi tentang Tuhan Yesus. Termasuk kitab Yehezkiel juga bersaksi tentang Tuhan Yesus. Dan kesaksian Tuhan Yesus adalah roh nubuatan yang ada kaitannya dengan penampilan Tuhan Yesus Kristus sebagai Mempelai Pria Sorga.

Wahyu 19:10
Maka tersungkurlah aku di depan kakinya untuk menyembah dia, tetapi ia berkata kepadaku: "Janganlah berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama dengan engkau dan saudara-saudaramu, yang memiliki kesaksian Yesus. Sembahlah Allah! Karena kesaksian Yesus adalah roh nubuat."

Yohanes 5:39
Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,

Jadi kesaksian Tuhan Yesus adalah roh nubuat atau roh nubuat itulah kesaksian Tuhan Yesus. Di akhir zaman kita harus menerima Firman ganda yaitu Firman dua menjadi satu itulah Firman Tuhan tentang Kabar Mempelai. Di akhir zaman kita harus memperhatikan Firman Tuhan yang mendorong kita untuk siap menjadi Mempelai Wanita Tuhan, sebab kalau kita tidak menjadi Mempelai Wanita Tuhan maka pasti tertinggal dalam siksaan antikristus selama 3,5 tahun, apakah saudara mampu?.

Yehezkiel 37:11
Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel. Sungguh, mereka sendiri mengatakan: Tulang-tulang kami sudah menjadi kering, dan pengharapan kami sudah lenyap, kami sudah hilang.

Kehidupan umat Tuhan akhir zaman sama dengan keadaan bangsa Israel yang telah patah semangat dan hilang pengharapan, kehilangan pegangan. Mengapa? Sebab terjadi kekacauan pengajaran yang menyebabkan sengketa (menimbulkan perselisihan Hamba-hamba Tuhan) antara hamba-hamba Tuhan.
Kisah Para Rasul 15:39
Hal itu menimbulkan perselisihan yang tajam, sehingga mereka berpisah dan Barnabas membawa Markus juga sertanya berlayar ke Siprus.

Contoh kehidupan yang kehilangan pengharapan adalah Kleopas suami istri.
Lukas 24:21
Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi.

Ayat di atas adalah bahasa dari Kleopas yang kehilangan pengharapan dan posisinya saat itu sedang berjalan meninggalkan Yerusalem dan menuju ke Emaus.
Orang yang meninggalkan Yerusalem salah satu tandanya adalah melangkah keluar dari persekutuan dan kehidupan tersebut pasti merasa terganggu pengharapannya dan mengarah pada kekeringan rohani. Untung Tuhan datang dan menyampaikan Firman Tuhan dalam perjalanan dan di dalam rumah, inilah Firman double porsi.

Porsi Firman Tuhan yang pertama saat mereka di jalan.
Lukas 24:14-15
14 dan mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu yang telah terjadi.
15 Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka.

Tuhan Yesus hadir untuk mengembalikan pengharapan mereka yang telah hilang. Bercakap-cakap dan bertukar pikiran dalam bahasa Gerikanya Susieteiho artinya menyelidik bersama. Isi percakapan Kleopas adalah bahwa mereka merasa kehilangan pengharapan. Kehidupan yang kehilangan pengharapan cirinya menjauh dari persekutuan.

Untuk menghadapi kehidupan yang patah semangat dalam Yehezkiel pasal 37 Tuhan tampil dengan Firman Tuhan ganda yang disertai janji Tuhan.
1.      Aku akan memberikan nafas hidup kepadamu
2.      Aku akan memberikan urat-urat padamu
3.      Aku akan memberi daging padamu
4.      Aku akan menutupi kamu dengan kulit
5.      Aku akan memberikan nafas hidup kepadamu

Ketika Yehezkiel melaksanakan perintah Tuhan untuk bernubuat maka kedengaran suara berderak-derak. Itulah suara gesekan tulang-tulang yang mau bergerak untuk kembali pada posisinya yang sebenarnya. Jadi jangan heran bila terjadi gesekan-gesekan antara anak Tuhan yang mengarahkan pada pembentukan Tubuh Kristus. Kalau tidak mau terjadi sentuhan satu dengan yang lain sama dengan kita menolak Firman Tuhan double porsi. Bila menjauh dari persekutuan yang di dalamnya diperdengarkan Firman Nubuatan maka tidak akan mungkin mengalami suara berderak-derak ini.

Porsi Firman Tuhan yang kedua adalah saat Kleopas di rumah.
Lukas 24:28-31
28 Mereka mendekati kampung yang mereka tuju, lalu Ia berbuat seolah-olah hendak meneruskan perjalanan-Nya.
29 Tetapi mereka sangat mendesak-Nya, katanya: "Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam." Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka.
30 Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.
31 Ketika itu terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.

Setelah Firman Tuhan yang kedua kali disampaikan maka Tuhan Yesus menghilang. Menjelang Firman Tuhan diangkat maka Tuhan akan mencurahkan Firman Tuhan yang ganda. Sebab itu jangan sampai kita kehilangan kesempatan emas ini.

Tidak ada cara lain untuk memulihkan keadaan anak Tuhan yang telah kering yaitu dengan memperhatikan Firman Tuhan yang tampil pada hari-hari terakhir. Bila kita memperhatikan Tuhan berarti kita menyatakan hidup kita hanya tergantung dari Tuhan. Hamba Tuhan tidak hidup dari jemaat, jemaat juga tidak hidup tergantung dari pekerjaan apapun yang dia miliki, tetapi kita semua hidup terpergantung hanya pada Tuhan.

Hidup kita harus benar-benar mempercayakan diri kepada Firman Tuhan. Kita menyambut Firman Tuhan sebab Firman Tuhan itulah kehidupan kita.
Mazmur 33:9
Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada.

Roma 11:36
Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

Tuhan bertanya kepada Yehezkiel apakah tulang-tulang kering bisa dihidupkan maka Yehezkiel menjawab dengan tepat. Setelah itu Tuhan balik menyuruh Yehezkiel untuk bernubuat lalu ia bernubuat dan semuanya terjadi. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil dan bila kita percaya kepada Tuhan maka bagi kita juga tidak ada yang mustahil.
Ratapan 3:37
Siapa berfirman, maka semuanya jadi? Bukankah Tuhan yang memerintahkannya?

Markus 9:23
Jawab Yesus: "Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!"

Elisa juga pernah mendapatkan/menyampaikan Firman Tuhan double porsi.
II Raja-raja 7:1
Lalu berkatalah Elisa: "Dengarlah firman TUHAN. Beginilah firman TUHAN: Besok kira-kira waktu ini sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal dan dua sukat jelai akan berharga sesyikal di pintu gerbang Samaria."

Ini Firman Tuhan double porsi. Dikatakan besok berarti waktu penggenapannya sudah tidak lama lagi. Kehidupan yang tidak percaya pada Firman Tuhan yaitu ajudan raja akhirnya bisa melihat kegenapan Firman tetapi tidak bisa mengalami dan dia hanya diinjak-injak di pintu gerbang. Kehidupan yang tidak percaya pada pemberitaan Firman Tuhan yang tampil berganda di akhir zaman ini pasti akan diinjak-injak oleh antikristus.

Kehidupan yang disentuh oleh Firman pasti ada reaksi.
1.      Suara berderak-derak
Reaksi pertama terhadap Firman nubuatan adalah terdengar suara berderak-derak.
Yehezkiel 37:7
Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan kepadaku; dan segera sesudah aku bernubuat, kedengaranlah suara, sungguh, suatu suara berderak-derak, dan tulang-tulang itu bertemu satu sama lain.

Suara berderak-derak ini adalah suara gerakan tulang yang saling mencari  satu dengan yang lain supaya kembali pada tempatnya yang benar agar terbentuk kerangka manusia. Kerangka menunjuk pada pendirian. Berarti reaksi pertama saat mendengar Firman adalah harus mencari pendirian yang benar dan tepat sesuai Firman.

Kalau tulang-tulang ini tidak berada pada tempat yang benar pasti tidak  nyaman, demikian juga bila pendirian tidak sesuai Firman. Contohnya tulang tangan berada di kaki pasti tidak nyaman. Prakteknya dalam kehidupan nikah adalah bila istri mau menjadi kepala dan menempatkan suami sebagai tubuh maka pasti tidak akan merasa nyaman di dalam nikah sehingga menyebabkan benturan di dalam nikah. Hal-hal seperti inilah yang menggelikan dan tidak indah di hadapan Tuhan.

Kalau gembala salah penempatannya maka sidang jemaat tidak akan nyaman. Kalau tidak nyaman bagaimana bisa menjadi mempelai?
Yehezkiel 37:7
Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan kepadaku; dan segera sesudah aku bernubuat, kedengaranlah suara, sungguh, suatu suara berderak-derak, dan tulang-tulang itu bertemu satu sama lain.

Setelah tulang ini bertemu pada tempat yang benar maka terasa nyaman. Kalau kita telah mengerti Firman maka pasti tidak akan menyetujui perempuan menyampaikan Firman Tuhan (mengajar) di tengah-tengah jemaat.
1 Timotius 2:11-12
11 Seharusnyalah perempuan berdiam diri dan menerima ajaran dengan patuh.
12 Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri.

1 Korintus 14:34-38
14:34 Sama seperti dalam semua Jemaat orang-orang kudus, perempuan-perempuan harus berdiam diri dalam pertemuan-pertemuan Jemaat. Sebab mereka tidak diperbolehkan untuk berbicara. Mereka harus menundukkan diri, seperti yang dikatakan juga oleh hukum Taurat.
14:35 Jika mereka ingin mengetahui sesuatu, baiklah mereka menanyakannya kepada suaminya di rumah. Sebab tidak sopan bagi perempuan untuk berbicara dalam pertemuan Jemaat.
14:36 Atau adakah firman Allah mulai dari kamu? Atau hanya kepada kamu sajakah firman itu telah datang?
14:37 Jika seorang menganggap dirinya nabi atau orang yang mendapat karunia rohani, ia harus sadar, bahwa apa yang kukatakan kepadamu adalah perintah Tuhan.
14:38 Tetapi jika ia tidak mengindahkannya, janganlah kamu mengindahkan dia.

Kalau pendirian sudah benar maka akan mengarah pada kecocokan.
Galatia 5:1,10
1 Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.
10 Dalam Tuhan aku yakin tentang kamu, bahwa kamu tidak mempunyai pendirian lain dari pada pendirian ini. Tetapi barangsiapa yang mengacaukan kamu, ia akan menanggung hukumannya, siapa pun juga dia.

Kadang-kadang di dalam gereja Tuhan ada yang sudah berdiri pada pendirian yang benar tetapi muncul yang lain yang coba untuk mengacaukan. Firman Tuhan mengatakan orang yang seperti itu biarlah dia kudung, berarti mengalami cacat secara rohani dan tidak bisa masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus yang sempurna.
Galatia 5:12
Baiklah mereka yang menghasut kamu itu mengebirikan saja dirinya!
Galatia 5:12 (Terjemahan Lama)
Biarlah segala orang yang menggoncang hatimu itu kudung.
Filipi 1:27
Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus, supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak datang aku mendengar, bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil,
Kalau semua pada tempatnya maka pasti akan enak dan nyaman. Tetapi kalau tidak berada pada tempatnya maka pasti tidak akan terasa nyaman dan akan banyak sengketa. Kalau terus seperti itu maka kapan bisa sempurna.

Tubuh Kristus yang inti benar-benar memiliki pendirian sama dengan Anak Domba.
Wahyu 14:1
Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.

Kalau tulang-tulang telah berada pada tempat yang benar itu berarti telah rapih tersusun.
Efesus 2:21
Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.

Pelayanan pada tubuh yang tersusun rapih adalah pelayanan yang dilakukan sesuai dengan kadar masing-masing.
Efesus 4:16
Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, -- yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota -- menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Tuhan memberikan talenta sesuai dengan kesanggupan kita masing-masing, jangan iri dengan talenta orang lain yang penting kita menjalankan apa yang dipercayakan kepada kita dalam keadaan yang benar, agar rapih tersusun.
Matius 25:14-15
14 "Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.
15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.

Roma 12:7-8
7 Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar;
8 jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.

2.      Urat-urat ada
Yehezkiel 37:8
Sedang aku mengamat-amatinya, lihat, urat-urat ada dan daging tumbuh padanya, kemudian kulit menutupinya, tetapi mereka belum bernafas.

Setelah pendirian benar dan rapih tersusun baru Tuhan mengikat dengan sendi supaya yang telah rapih tersebut jangan lagi terlepas dan berserakan= untuk mempertahankan susunannya supaya tetap rapih.
Kolose 2:19
dan tiada berpegang teguh kepada Kepala itu, daripada-Nyalah segenap tubuh dilengkapi dan dihubung dengan sendi dan pengikatnya, dan bertambah-tambah dengan karunia Allah.

Sesudah tersusun rapih baru diikat bukannya diikat supaya rapih. Kalau belum rapih sudah diikat akibatnya pasti tidak indah dan tidak nyaman bahkan sakit karena sesuatu yang tidak pas, tidak pada tempatnya namun terus dipaksakan, akan menimbulkan dampak yang menyakitkan.
Efesus 4:16
Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, -- yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota -- menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Efesus 4:16 (Terjemahan Lama)
Daripada-Nyalah segenap tubuh itu berhubung-hubungan dan bercantum teguh dengan tiap-tiap sendi yang sudah sedia, menurut kadar pekerjaan tiap-tiap anggota, memberi tubuh itu bertambah-tambah akan meneguhkan dirinya di dalam hal kasih.

Setelah diikat tidak akan lepas lagi sehingga bisa bergerak dengan luwes. Setelah nikah sudah rapih baru diikat dengan kasih. Kalau susunan nikah belum rapih maka tidak akan bisa diikat dengan kasih. Jadi kasih sebagai pengikat itu akan datang bila susunan nikah sudah benar, jadi praktek kasih tidak boleh dipaksakan.


3.      Daging tumbuh
Yehezkiel 37:8
Sedang aku mengamat-amatinya, lihat, urat-urat ada dan daging tumbuh padanya, kemudian kulit menutupinya, tetapi mereka belum bernafas.

Daging di sini menunjukkan bangun atau bentuk. Bukannya daging dalam pengertian hawa nafsu.
Kejadian 41:2,4
2 Tampaklah dari sungai Nil itu keluar tujuh ekor lembu yang indah bangunnya dan gemuk badannya; lalu memakan rumput yang di tepi sungai itu.
4 Lembu-lembu yang buruk bangunnya dan kurus badannya itu memakan ketujuh ekor lembu yang indah bangunnya dan gemuk itu. Lalu terjagalah Firaun.

Sekalipun tulang telah bertemu dan diikat oleh urat tetapi tidak ada daging maka tidak akan menarik. Kalau bentuknya tidak menarik bagaimana bisa menjadi tentara yang besar?
Yehezkiel 37:10
Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.

Kerohanian kita harus tampil indah dan menarik di hadapan Tuhan dan di hadapan sesama. Daging yang dimaksud di sini bukan daging yang dikuasai hawa nafsu tetapi daging yang dikuasai oleh Roh Kudus.

Tuhan tahu dengan persis dibagian mana harus diberikan daging otot yang kuat. Mengapa kita seringkali tidak kuat? Sebab bangun kita tidak menarik karena tidak membiasakan diri untuk berlutut menyembah Tuhan.

Tuhan Yesus telah kehilangan bentuk semata-mata untuk membentuk kita.
Yesaya 52:13-15; 53:2-3
52:13 Sesungguhnya, hamba-Ku akan berhasil, ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan.
52:14 Seperti banyak orang akan tertegun melihat dia -- begitu buruk rupanya, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi --
52:15 demikianlah ia akan membuat tercengang banyak bangsa, raja-raja akan mengatupkan mulutnya melihat dia; sebab apa yang tidak diceritakan kepada mereka akan mereka lihat, dan apa yang tidak mereka dengar akan mereka pahami.
53:2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknya pun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupa pun tidak, sehingga kita menginginkannya.
53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan.

Tuhan Yesus rela bentukNya dihancurkan untuk membentuk kita. Namun pendirian Tuhan tidak pernah goyah, itu sebabnya tulangNya tidak pernah dipatahkan.

4.      Kulit menutupi
Yehezkiel 37:8
Sedang aku mengamat-amatinya, lihat, urat-urat ada dan daging tumbuh padanya, kemudian kulit menutupinya, tetapi mereka belum bernafas.

Kulit ini selain membuat indah juga merupakan pernyataan supaya ada perbedaan atau dengan kata lain tampil beda. Orang Kristen harus beda dengan orang dunia. Ibadah jangan dilakukan seperti cara-cara dunia. Itu sama seperti daging yang tidak dibungkus oleh kulit. Tuhan ingin gerejaNya tampil indah dan tampil beda dengan dunia. Tetapi iblis berusaha untuk membuat anak Tuhan tidak ada bedanya dengan orang dunia.

Roma 12:1-2
1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kalau telah dikatakan “jangan” berarti bila dilanggar maka ada resiko besar yang harus ditanggung.

Yohanes 5:39
Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,

Kalau kita tidak menyadari apa yang sedang Allah lakukan di hari-hari terakhir ini akan membuat kita mudah diselewengkan oleh iblis.

Setelah semua ini maka Tuhan mengaliri dengan nafas hidup. Berarti langsung ada hubungan yang erat dengan Tuhan sebab nafas Tuhan ada dalam kehidupan pribadi tersebut, dengan kata lain bagian Allah ada dalam dirinya.
Kejadian 2:7
ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Ayub 32:8
Tetapi roh yang di dalam manusia, dan nafas Yang Mahakuasa, itulah yang memberi kepadanya pengertian.

inilah yang disebut tentara besar dan menunjuk penampilan sidang mempelai,
Kidung Agung 6:10
"Siapakah dia yang muncul laksana fajar merekah, indah bagaikan bulan purnama, bercahaya bagaikan surya, dahsyat seperti bala tentara dengan panji-panjinya?"


Tuhan Memberkati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar