20120617

Kebaktian Umum, Minggu 17 Juni 2012 Pdt. Bernard Legontu




Yehezkiel 37:4-5
4 Lalu firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!
5 Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini: Aku memberi nafas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.

Sekalipun Firman Tuhan telah ditulis ribuan tahun yang lampau  namun rahasianya baru dibukakan pada akhir zaman yaitu waktu kita sekarang ini. Hal itu terjadi sebab pembukaan Firman Tuhan di akhir zaman mempersiapkan umat Tuhan untuk masuk dalam kegenapan waktu persekutuan kepala dan tubuh artinya pernikahan Kristus dengan gereja Tuhan yang akan segera terjadi di penghujung akhir zaman.
Efesus 1:9-10
9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Salah satu contoh adalah murid-murid yang telah bersama dengan Tuhan Yesus selama 3,5 tahun tetapi mereka tidak mengerti apa yang Tuhan Yesus katakan, nanti menjelang Tuhan Yesus terangkat ke sorga baru pikiran mereka dibukakan. Begitu juga untuk kita sekarang.
Lukas 24:45
Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
Yang dapat membuka pikiran adalah kuasa kebangkitan Kristus.

Itu sebabnya kalau sekarang ini oleh kerelaan hati Tuhan kita bisa menerima pembukaan rahasia Firman kita harus berbesar hati dan mengucap syukur sebab diberi kesempatan untuk mengerti dan mendengar pembukaan rahasia Allah yaitu rahasia nikah Kristus dengan gereja dan rahasia ibadah atau keubahan hidup.
Efesus 1:8-10
8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Rahasia ibadah itu dikatakan agung berarti sesuatu yang di atas. Orang yang didorong oleh Tuhan untuk mengerti rahasia ibadah pelan dan pasti dalam hatinya ada roh yang membara untuk menempatkan ibadah itu pada tempat yang paling atas atau paling utama dalam segala hal.

Yeremia 1:5
"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."
Saat berada dalam kandungan kita mengalami proses pembentukkan, artinya penyucian itu identik dengan proses Tuhan sedang membentuk kita. Dan tujuannya supaya menjadi berkat bagi orang lain.

Rahasia Firman dibukakan kepada kita lewat Firman pengajaran. Berbeda dengan Firman penginjilan yang memanggil orang dari gelap datang kepada terang yang banyak kali disertai dengan mujizat-mujizat jasmani. Hal ini tidaklah salah namun menjadi salah kalau kita tidak mau melanjutkan perjalanan kerohanian kita untuk menerima Firman Pengajaran yang membawa kepada kesempurnaan menjadi mempelai wanita Tuhan. Yang menjadi sarana adalah Firman Pengajaran ini merupakan lanjutan dari Firman Penginjilan.
Ibrani 12:10-11
10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Ada 6 ungkapan tentang injil dalam Alkitab:
1.      Injil Keselamatan
Efesus 1:13
Di dalam Dia kamu juga -- karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu -- di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.
Dengan menerima Injil keselamatan kita pindah dari gelap kepada terang. Dalam terang Tabernakel Injil keselamatan ini disampaikan kepada orang yang berada di luar pintu gerbang (kegelapan) untuk masuk ke dalam halaman Tabernakel (terang). Jangan puas hanya menerima injil keselamatan, harus ditingkatkan pada Injil yang selanjutnya.

2.      Injil Kerajaan
Matius 24:14
Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."
Injil Kerajaan dihubungkan dengan kesudahan dunia ini = dihubungkan dengan kedatangan Tuhan. Injil kerajaan Allah polanya adalah Tabernakel yang merupakan gambaran kerajaan Allah. Dalam terang Tabernakel Injil kerajaan dimulai dari pintu gerbang (yang sudah dijelaskan di atas yaitu injil keselamatan).

Setelah menerima injil keselamatan dan berada di dalam terang maka kita dibina lewat Injil kerajaan untuk berperilaku sebagai anggota kerajaan Allah/keluarga Allah dan dari anggota keluarga Allah inilah dipilih siapa yang akan menjadi mempelai wanita Tuhan. Lewat injil kerajaan ini kita masuk pada pilihan.

Wilayahnya ada pada Ruangan Suci yang berhubungan langsung dengan 3 alat yang menunjuk 3 macam ibadah:
a.       Ibadah Raya à Pelita Emas
b.       Ibadah Pendalaman Alkitab à Meja Roti Sajian
c.       Ibadah Doa Penyembahan à Mezbah Dupa

I Timotius 3:15
Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.

Tujuan 3 macam ibadah tadi adalah sarana dari umat Tuhan diajar bagaimana berperilaku sebagai anggota keluarga Allah yang akan memuncak pada terbentuknya Tubuh Kristus (Sidang Mempelai).

3.      Injil Kemuliaan
II Korintus 4:3-4
3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,
4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

Dengan menerima injil kemuliaan kita tidak sekedar menjadi anggota keluarga Allah tetapi bisa menikmati kemuliaan Allah sepenuh-penuhnya. Dalam susunan Tabernakel Injil kemuliaan berada pada wilayah Ruangan Maha Suci.

Kalau tidak menerima injil Kemuliaan maka pasti menjadi buta sehingga jumpa dengan antikris dan akhirnya binasa selamanya. Memang awalnya akan dimanja oleh antrikris namun kemudian antikris berubah membenci dan menyembelih mereka dan sisanya dibakar.
Wahyu 17:8-9
8 Adapun binatang yang telah kaulihat itu, telah ada, namun tidak ada, ia akan muncul dari jurang maut, dan ia menuju kepada kebinasaan. Dan mereka yang diam di bumi, yaitu mereka yang tidak tertulis di dalam kitab kehidupan sejak dunia dijadikan, akan heran, apabila mereka melihat, bahwa binatang itu telah ada, namun tidak ada, dan akan muncul lagi.
9 Yang penting di sini ialah akal yang mengandung hikmat: ketujuh kepala itu adalah tujuh gunung, yang di atasnya perempuan itu duduk,

Yesaya 47:8
Oleh sebab itu, dengarlah ini, hai orang yang hidup bermanja-manja, yang duduk-duduk dengan tenang, yang berkata dalam hatimu: "Tiada yang lain di sampingku! Aku tidak akan jadi janda dan tidak akan menjadi punah!"

Wahyu 17:16-17
16 Dan kesepuluh tanduk yang telah kaulihat itu serta binatang itu akan membenci pelacur itu dan mereka akan membuat dia menjadi sunyi dan telanjang, dan mereka akan memakan dagingnya dan membakarnya dengan api.
17 Sebab Allah telah menerangi hati mereka untuk melakukan kehendak-Nya dengan seia sekata dan untuk memberikan pemerintahan mereka kepada binatang itu, sampai segala firman Allah telah digenapi.


4.      Injil Kasih Karunia
Dari ketiga injil di atas tersimpul bahwa semuanya itu hanyalah kasih karunia. Bila kita bisa berpindah dari gelap kepada terang, bisa dibina sebagai anggota keluarga Allah, bisa dibawa pada kemuliaan yang sempurna, itu semua hanyalah kasih karunia Tuhan.
Kisah para rasul 20:24
Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikit pun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.

5.      Injil yang kekal
Setelah semuanya itu Tuhan kunci dengan Injil yang kekal. Artinya semua injil tersebut di atas adalah untuk menghentar kita kepada kekekalan.
Wahyu 14:6
Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum,

6.      Injil manusia
Ini yang harus kita waspadai sebab akan mengganggu hubungan perjalanan kita menuju kekekalan Tuhan.
Galatia 1:6-7,11
6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
11 Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah injil manusia.

Yang dikedepankan ialah bagaimana meraup kekayaan untuk kesenangan daging sebab penekananya adalah untuk menyenangkan daging.

Dari penampilan ungkapan injil keselamatan, injil kerajaan, injil kemuliaan, injil kasih karunia dan injil kekal ada yang bisa menggoda dan menghancurkan kehidupan kita yang namanya injil manusia. Suasana injil manusia hanya untuk menyenangkan daging/menyenangkan manusia sehingga tidak akan berbicara tentang penyucian, perobekan daging, hal ini akan disingkirkan dari pemberitaan injil manusia.

Warna dari injil manusia adalah sebagai berikut.
II Petrus 2:19-20
19 Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.
20Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula.


Tulang-tulang kering di dalam kitab nabi Yehezkiel bukan cuma mendengar Firman nubuatan tetapi juga  langsung mempraktekkan. Tulang-tulang kering ini menunjuk kehidupan yang telah patah semangat. Jangan sampai ada satu di antara kita yang punya semangat yang patah/hilang pengharapan.
Amsal 17:22
Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Jangan sampai hati kita terganggu dengan kondisi dunia sekarang ini. Pasti tanpa kita sadari ada gangguan-gangguan yang tidak bisa kita elakkan tetapi sekalipun gangguan itu datang jangan sampai menyebabkan kita patah semangat atau menjadi tulang yang kering.

Tuhan sudah buka jalan bagi umatNya lewat:
Ibrani 6:18-20
18 supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita.
19 Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,
20 di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, ketika Ia, menurut peraturan Melkisedek, menjadi Imam Besar sampai selama-lamanya.



Menghadapi semangat yang patah Tuhan tawarkan Firman dua kali lipat. Bila Firman Tuhan tampil dua kali lipat itu menunjuk bahwa kita berada pada hari yang ke enam = akhir zaman.
Keluaran 16:22
Dan pada hari yang keenam mereka memungut roti itu dua kali lipat banyaknya, dua gomer untuk tiap-tiap orang; dan datanglah semua pemimpin jemaah memberitahukannya kepada Musa.

Kalau anak Tuhan mengabaikan untuk memungut roti 1 gomer bagaimana bisa memungut dua gomer? Kalau mengabaikan kesempatan mendengar Firman Tuhan pasti tidak bisa menerima Firman dua kali lipat, yaitu Firman yang akan membawa dua jadi satu = jadi mempelai Tuhan.

Firman dua kali lipat ini ditawarkan kepada tulang yang kering artinya sekalipun hidup kita sudah hancur berantakan Tuhan masih tawarkan kemurahan lewat Firman dua kali lipat, Tuhan memberi kesempatan untuk keluar dari hidup yang hancur berantakan itu. Kalau Tuhan sudah memberi kenapa kita tidak mau menyambut?

Tuhan menawarkan Firman dua kali lipat kepada kita yang telah hancur menunjuk bahwa Tuhan mengajar kepada kita agar berharap dan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan, jangan bergantung pada keadaan dan kekuatan kita.

Satu gomer = sepersepuluh efa, sepersepuluh adalah miliknya Tuhan.
Keluaran 16:36
Adapun segomer ialah sepersepuluh efa.

Efesus 4:7
Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus.

Satu gomer itu jatah untuk hari pertama sampai hari kelima. Artinya Tuhan memelihara kita karena kita adalah miliknya Tuhan dan kita dipelihara lewat Firman Tuhan.

Pada hari yang keenam dua gomer diperuntukkan buat satu orang. Ini bukan hanya sekedar menjadi milik Tuhan tetapi lebih dari itu. Dua gomer dimakan oleh satu orang menunjuk bahasa cinta kasih, dua yang menjadi satu. Kalau sekarang berita dua menjadi satu atau berita mempelai ini disampaikan jangan kita bersikap seperti ini:
II Raja-raja 7:1-2
1 Lalu berkatalah Elisa: "Dengarlah firman TUHAN. Beginilah firman TUHAN: Besok kira-kira waktu ini sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal dan dua sukat jelai akan berharga sesyikal di pintu gerbang Samaria."
2 Tetapi perwira, yang menjadi ajudan raja, menjawab abdi Allah, katanya: "Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?" Jawab abdi Allah: "Sesungguhnya, engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya."

Di sini disampaikan Firman dua kali lipat yang penggenapannya besok artinya tidak lama lagi (waktuNya sudah dekat). Kalau kita mengabaikan Firman seperti ajudan raja ini maka akan kehilangan kesempatan dan tidak akan menerima apa-apa lagi sebab penggenapannya akan segera terlaksana.

Yang memegang peranan dalam penggenapan Firman ini adalah 4 orang kusta.
Orang kusta yang sebenarnya disingkirkan, berteriak: najis najis! Dan harus berpakaian compang camping dengan rambut yang awut-awutan.
Imamat 13:45-46
45 Orang yang sakit kusta harus berpakaian yang cabik-cabik, rambutnya terurai dan lagi ia harus menutupi mukanya sambil berseru-seru: Najis! Najis!
46 Selama ia kena penyakit itu, ia tetap najis; memang ia najis; ia harus tinggal terasing, di luar perkemahan itulah tempat kediamannya.

Meskipun kita mengatakan hidup kita sudah hancur seperti orang kusta tetapi kalau kita mau mendengar Firman Tuhan maka ada harapan.
Ayub 14:7-9
7 Karena bagi pohon masih ada harapan: apabila ditebang, ia bertunas kembali, dan tunasnya tidak berhenti tumbuh.
8 Apabila akarnya menjadi tua di dalam tanah, dan tunggulnya mati di dalam debu,
9 maka bersemilah ia, setelah diciumnya air, dan dikeluarkannyalah ranting seperti semai.

Kusta adalah penyakit yang memiliki masa inkubasi yang panjang, artinya dari sejak pertama terkena kusta memakan waktu yang lama yaitu sekitar 8 tahun baru terlihat gejala penyakit kusta pada orang tersebut. Artinya punya kekuatan untuk menghalangi kelahiran baru (angka 8).

Mungkin tanpa kita sadari telah sekian lama hidup kita dicemari oleh dosa yang bagaikan terkena kusta tetapi kalau kita mau menerima Firman dua kali lipat maka sama seperti orang kusta yang karena berada di wilayah Firman dua kali lipat, kita ada kesempatan untuk diubah dan dipakai oleh Tuhan. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak dipakai oleh Tuhan.

Orang kusta ini mengambil sikap/keputusan yang berani sekalipun beresiko tinggi. Kita juga harus mengambil keputusan  yang tepat. Jangan mengambil keputusan  yang salah.
Lukas 12:57
Dan mengapakah engkau juga tidak memutuskan sendiri apa yang benar?

Kalau kita mengambil keputusan menerima Firman dua kali lipat maka kita pasti ditolong oleh Tuhan dan bisa menerima kelimpahan dari Tuhan.

Orang Aram menghimpun kekayaan tetapi yang menikmatinya adalah umat Tuhan.
Pengkhotbah 2:26; 6:2
2:26 Karena kepada orang yang dikenan-Nya Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kesukaan, tetapi orang berdosa ditugaskan-Nya untuk menghimpun dan menimbun sesuatu yang kemudian harus diberikannya kepada orang yang dikenan Allah. Ini pun kesia-siaan dan usaha menjaring angin.
6:2 orang yang dikaruniai Allah kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sehingga ia tak kekurangan suatu pun yang diingininya, tetapi orang itu tidak dikaruniai kuasa oleh Allah untuk menikmatinya, melainkan orang lain yang menikmatinya! Inilah kesia-siaan dan penderitaan yang pahit.

Orang yang bisa menikmati berkat Tuhan adalah orang yang dikenan oleh Tuhan. Siapa orang yang dikenan? Yaitu orang yang membuka hati menerima Firman dua kali lipat.

Bawalah hidup untuk berada dalam wilayah Firman dua kali lipat. Kalau keputusan yang kita ambil adalah untuk menerima Firman dua kali lipat maka kita berkenan di hadapan Tuhan dan pasti kita akan menikmati berkat Tuhan terutama bisa menikmati berkat terbesar yaitu masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar