20120610

Kebaktian Umum, Minggu 10 Juni 2012 Pdt. Bernard Legontu




Dari 12 nubuatan besar dalam kitab Yehezkiel, pasal 36 dan 37 terkena nubuatan kesebelas yaitu nubuatan tentang terjadinya kegerakan yang besar di penghujung akhir zaman ini. Kegerakan yang besar ini ditopang oleh pembukaan rahasia Firman dalam urapan Roh Kudus yang mempersiapkan kita untuk jumpa dengan Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga. Supaya jangan kita terkejut nantinya dan tidak tahu saat hal itu terjadi maka terlebih dahulu Firman Nubuatan tampil menyatakan hal ini kepada kita.

Dalam Kitab Yehezkiel pasal 37 ada 7 kali dikatakan bernubuat.
Angka 7 adalah angka kesempurnaan, angka akhir zaman dan angka perhentian atau angka sabat. Berarti nubuatan ini benar-benar mendorong kita yang ada di akhir zaman untuk masuk dalam kesempurnaan agar bisa berjumpa dengan Tuhan Yesus Kristus dan masuk dalam perhentian kekal selamanya.

Yehezkiel 37:4,7,9,10,12
4 Lalu firman-Nya kepadaku: "1Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!
7 Lalu aku 2bernubuat seperti diperintahkan kepadaku; dan segera sesudah aku 3bernubuat, kedengaranlah suara, sungguh, suatu suara berderak-derak, dan tulang-tulang itu bertemu satu sama lain.
9 Maka firman-Nya kepadaku: "4Bernubuatlah kepada nafas hidup itu, 5bernubuatlah, hai anak manusia, dan katakanlah kepada nafas hidup itu: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Hai nafas hidup, datanglah dari keempat penjuru angin, dan berembuslah ke dalam orang-orang yang terbunuh ini, supaya mereka hidup kembali."
10 Lalu aku 6bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.
12 Oleh sebab itu, 7bernubuatlah dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel.

Bernubuat berarti menyatakan apa yang akan terjadi di depan tetapi telah digambarkan dari sekarang. Jangan sampai kita sudah tiba pada waktu itu namun kita tidak ada kesiapan. Itu sebabnya Tuhan telah ingatkan dari jauh-jauh hari menyatakan tentang kedatanganNya supaya umat Tuhan punya kesiapan rohani yang mantap.

Dalam Kejadian pasal 3 telah dinubuatkan tentang kedatangan Tuhan Yesus yang akan menemukan kepala ular dan digenapkan 4000 tahun kemudian saat Ia mati di kayu salib dan meremukkan kepala ular.
Kejadian 3:15
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Di kayu salib Tuhan meremukkan kepala ular yaitu iblis dan sekarang ini yang bergerak bukan lagi kepalanya melainkan ekornya yang mau melibas gereja Tuhan.
Wahyu 12:4
Dan ekornya menyeret sepertiga dari bintang-bintang di langit dan melemparkannya ke atas bumi. Dan naga itu berdiri di hadapan perempuan yang hendak melahirkan itu, untuk menelan Anaknya, segera sesudah perempuan itu melahirkan-Nya.

Alkitab menubuatkan bahwa gereja Tuhan juga akan menginjak-injak musuh yaitu iblis.
Ibrani 10:13
dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kaki-Nya.

Kalau Tuhan Yesus adalah kepala dan gereja Tuhan adalah tubuh maka kaki yang akan menginjak musuh ini bukan berada pada kepala tetapi berada pada tubuh. Jadi yang dinubuatkan menginjak musuh disini adalah gereja Tuhan yang masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus. Sekarang ini banyak gereja yang dipecundangi tetapi bila tiba saatnya maka kita akan berbalik mengijak-injak musuh. Bagaimana supaya kita bisa masuk dalam kegenapan nubuatan ini? Dengan menerima pembukaan rahasia Firman.
Wahyu 10:1-2,5
1 Dan aku melihat seorang malaikat lain yang kuat turun dari sorga, berselubungkan awan, dan pelangi ada di atas kepalanya dan mukanya sama seperti matahari, dan kakinya bagaikan tiang api.
2Dalam tangannya ia memegang sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka. Ia menginjakkan kaki kanannya di atas laut dan kaki kirinya di atas bumi,
5Dan malaikat yang kulihat berdiri di atas laut dan di atas bumi, mengangkat tangan kanannya ke langit,

Kitab itu dikatakan kecil sebab memang manusia suka mengecilkan pembukaan rahasia Firman Tuhan. Jangan menolak dan mengkritik pembukaan rahasia Firman sebab mendengar Firman dengan menggunakan logika manusia.

Jangan mengira kalau beribadah dan memuji Tuhan gegap gempita sudah merupakan ukuran bahwa Tuhan menerima pujian kita sekalipun mengecilkan kesempatan untuk pemberitaan Firman Tuhan. Tuhan tidak hanya melihat apa yang diberikan tetapi Tuhan melihat hati dari orang yang memberi.

Kaki kanan di atas laut berarti menghadapi munculnya antikristus dengan kebuasannya yang digambarkan seperti binatang buas yang muncul dari dalam laut.
Wahyu 13:1-2
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Kaki kiri di atas bumi berarti menghadapi munculnya nabi palsu dengan ibadah tipuan yang akan berhasil menipu banyak orang. Nabi palsu ini akan mengedepankan perkara financial/ekonomi. Itu sebabnya bila anak Tuhan sekarang beribadah hanya mengejar mamon dan kepuasan secara lahirah maka dialah orang yang akan dikuasai oleh penipuan ibadah di akhir zaman ini.
Wahyu 13:11-12, 16-17
13:11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
13:16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
13:17 dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.

Tangan kanan ke langit berarti menghadapi iblis yang adalah penguasa kerajaan angkasa.
Efesus 2:2
Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Orang yang mendengar dan menerima pembukaan rahasia Firman serta mempraktekkannya mampu mengalahkan iblis, antikistus, nabi palsu. Jangan menyepelehkan nubuatan-nubuatan di dalam Alkitab. Firman nubuatan ini merupakan niat hati Tuhan yang murni dan suci untuk menunjukkan kepada kita perbuatan iblis supaya jangan kita terjebak. Maksud pembukaan rahasia Firman adalah agar kita mengerti hal-hal apa yang akan kita temui di depan serta Tuhan menunjukkan solusi agar kita bisa menghadapinya.

Antrikristus tampil dengan kekejamannya. Nabi palsu tampil dengan penipuan dalam ibadah di mana dia bergerak dengan mamon. Sekarang ini tampil banyak ibadah yang memancing orang untuk datang beribadah dan melayani dengan menggunakan mamon, ini adalah penipuan! Jangan kita mengkaitkan ibadah dengan mamon. Sama dengan menggunakan roti (Firman) campur madu,
Imamat 2:11
Suatu korban sajian yang kamu persembahkan kepada TUHAN janganlah diolah beragi, karena dari ragi atau dari madu tidak boleh kamu membakar sesuatu pun sebagai korban api-apian bagi TUHAN.

Jangan datang beribadah dengan pakaian yang tidak pantas dalam arti secara lahirah. Misalnya perempuan beribadah dengan memakai pakaian pria, ini sama dengan datang beribadah tetapi mengolok-olok Tuhan sebab di dalam Alkitab Tuhan melarang perempuan berpakaian laki-laki.
Ulangan 22:5
"Seorang perempuan janganlah memakai pakaian laki-laki dan seorang laki-laki janganlah mengenakan pakaian perempuan, sebab setiap orang yang melakukan hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu.

Sekarang ini banyak yang berbuat seperti itu tetapi belum mendapat ganjaran. Alangkah terkejutnya manusia tersebut bila satu ketika dia akan jumpa dengan antikris dan bukannya jumpa dengan Tuhan Yesus.

Rencana Allah akan digenapkan di atas bumi.
Roma 9:27-28
27 Dan Yesaya berseru tentang Israel: "Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan.
28 Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera."

Perkataan “banyak seperti pasir” menunjuk pada jumlah yang banyak (kwantitas) tetapi perkataan “sisa yang diselamatkan” bukan lagi berbicara soal jumlah yang banyak tetapi menunjuk pada kwalitas. Yang Tuhan cari dari dalam gereja Tuhan adalah mutu rohani. Untuk mencapai mutu rohani yang Tuhan inginkan marilah kita belajar kepada nubuatan Firman Tuhan.

Ribka adalah contoh kehidupan yang berpegang teguh dalam mempertahankan Firman Nubuatan yang ia terima sehingga dia bertindak sesuai Firman Nubuatan walaupun harus menghadapi resiko yang besar.
Kejadian 27:4
olahlah bagiku makanan yang enak, seperti yang kugemari, sesudah itu bawalah kepadaku, supaya kumakan, agar aku memberkati engkau, sebelum aku mati."

Ishak menggambarkan Tuhan Yesus. Menjelang Ishak meninggal di sini menunjuk bahwa Firman Tuhan yang segera akan diangkat dari bumi ini. Ishak meminta dibuatkan makanan yang sesuai dengan kegemarannya. Menjelang Firman Tuhan diangkat kita sudah harus bisa mengelolah masakan yang sesuai selera Tuhan artinya kita harus membawa diri kita dibenahi dan diatur oleh Firman supaya sesuai dengan selera Tuhan Yesus Kristus Mempelai Pria Sorga.

Suatu saat Firman dan Roh Kudus itu akan diangkat dan itu bersamaan dengan gereja Tuhan yang disingkirkan ke padang belantara.
Wahyu 12:14
Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.
Itulah mempelai wanita Tuhan yang sempurna yang bertumpu di atas bulan yang berbicara korban Kristus, bersalut dengan matahari menunjuk kasih Allah Bapa dan bermahkotakan dua belas bintang yang menggambarkan pekerjaan Roh Kudus.

Kejadian 27:5-13
5 Tetapi Ribka mendengarkannya, ketika Ishak berkata kepada Esau, anaknya. Setelah Esau pergi ke padang memburu seekor binatang untuk dibawanya kepada ayahnya,
6 berkatalah Ribka kepada Yakub, anaknya: "Telah kudengar ayahmu berkata kepada Esau, kakakmu:
7 Bawalah bagiku seekor binatang buruan dan olahlah bagiku makanan yang enak, supaya kumakan, dan supaya aku memberkati engkau di hadapan TUHAN, sebelum aku mati.
8 Maka sekarang, anakku, dengarkanlah perkataanku seperti yang kuperintahkan kepadamu.
9 Pergilah ke tempat kambing domba kita, ambillah dari sana dua anak kambing yang baik, maka aku akan mengolahnya menjadi makanan yang enak bagi ayahmu, seperti yang digemarinya.
10 Bawalah itu kepada ayahmu, supaya dimakannya, agar dia memberkati engkau, sebelum ia mati."
11 Lalu kata Yakub kepada Ribka, ibunya: "Tetapi Esau, kakakku, adalah seorang yang berbulu badannya, sedang aku ini kulitku licin.
12 Mungkin ayahku akan meraba aku; maka nanti ia akan menyangka bahwa aku mau memperolok-olokkan dia; dengan demikian aku akan mendatangkan kutuk atas diriku dan bukan berkat."
13 Tetapi ibunya berkata kepadanya: "Akulah yang menanggung kutuk itu, anakku; dengarkan saja perkataanku, pergilah ambil kambing-kambing itu."

Mengapa Ribka berani melakukan hal itu? Sebab dia berpegang pada Firman Nubuatan.
Kejadian 25:22-23
22 Tetapi anak-anaknya bertolak-tolakan di dalam rahimnya dan ia berkata: "Jika demikian halnya, mengapa aku hidup?" Dan ia pergi meminta petunjuk kepada TUHAN.
23 Firman TUHAN kepadanya: "Dua bangsa ada dalam kandunganmu, dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahimmu; suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain, dan anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda."

Firman nubuatan telah menyatakan bahwa anak yang muda akan menjadi lebih kuat dari pada yang tua dan Esau juga telah menjual hak kesulungannya kepada Yakub dengan sepiring kacang merah. Ribka mengetahui kedua hal ini sehingga dia berani bertindak untuk membawa Yakub untuk menerima berkat sulung dari Ishak.

Secara manusia Ribka dan Yakub ini seperti menipu namun sebenarnya tidaklah demikian sebab Yakub mengambil apa yang telah menjadi haknya. Kepada Yakub telah ada hak dan kedudukan sulung jadi apa yang dia lakukan ini bukanlah penipuan tetapi kecerdikan.

Seorang ibu menunjuk pada status gembala. Di tengah-tengah jemaat, gembala tampil sebagai ibu (mengasuh dan merawat) yang harus memotifasi jemaat untuk mendapatkan hak sulung.
I Tesalonika 2:7
Tetapi kami berlaku ramah di antara kamu, sama seperti seorang ibu mengasuh dan merawati anaknya.



dan sebagai bapa (mendidik dan mengajar).
I Tesalonika 2:11
Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang,

Gembala harus berani bertindak berdasarkan Firman Nubuatan supaya jangan sampai sidang jemaat yang dilayani gagal untuk mendapatkan berkat sulung. Seorang gembala harus mengerti Firman Nubuatan supaya jemaat bisa diarahkan pada apa yang akan Tuhan genapkan kepada gerejaNya di akhir zaman ini sehingga kita tidak salah melangkah atau salah sasaran yang disebut HARMATIA. Dosa dalam bahasa gerika adalah harmatia yang artinya salah sasaran.

Sebagai anak Tuhan kita harus tahu dan mendapatkan hak berkat sulung, sebab yang berkumpul di Yerusalem baru adalah anak-anak sulung itulah kehidupan yang tahu dan memperoleh hak serta berkat sulung= berkat 2X lipat à artinya seorang anak sulung mendapat berkat dua (2) untuk satu (1).
Ibrani 12:22-23
22 Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,
23 dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna,

Kita menjadi anak sulung artinya kita memiliki pengharapan untuk menuju Yerusalem baru dan inilah yang Tuhan kerjakan dalam kehidupan kita. Anak sulung itulah yang lebih dahulu disempurnakan.
Roma 8:29-30
29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.
30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.
Berkat besar ini akan dikaruniakan Tuhan kepada sidang jemaat justru menjelang Firman dan Roh Kudus itu akan diangkat.

Waspada: Matius 19:30
Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu."

Yakobus 1:17-18
17 Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.
18 Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.

Bagaimana caranya sehingga Yakub bisa mendapatkan berkat sulung?:

Pertama: Yakub memiliki kedudukan sulung.
Kejadian 25:31-34
31 Tetapi kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu."
32 Sahut Esau: "Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?"
33 Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.
34 Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.

Kedua: Yakub memiliki tanda-tanda kesulungan dan ini juga yang harus kita miliki yaitu:
a.      Kulit
Kejadian 27:16, 22
16 Dan kulit anak kambing itu dipalutkannya pada kedua tangan Yakub dan pada lehernya yang licin itu.
22 Maka Yakub mendekati Ishak, ayahnya, dan ayahnya itu merabanya serta berkata: "Kalau suara, suara Yakub; kalau tangan, tangan Esau."

Kulit anak kambing yang disembelih ini dilekatkan di tangan dan leher Yakub sehingga saat Ishak memegangnya dia merasa seperti memegang Esau sebab saat itu matanya sudah buta. Artinya bukan Firman Tuhan itu buta tetapi saat kita memiliki ciri kesulungan maka Tuhan sudah tidak melihat lagi kekurangan kita sebab telah ditutup oleh tanda kesulungan= kebenaran Allah.

Kulit ini dipalutkan pada leher. Leher menunjuk hubungan antara tubuh dan kepala. Artinya yang bisa membuat hubungan kita sidang jemaat yang adalah tubuh dengan Tuhan Yesus sebagai kepala menjadi harmonis hanyalah kebenaran dari Allah itu sendiri. Tangan dipalutkan dengan kulit artinya pelayanan kita bisa benar di hadapan Tuhan kalau ada di dalam kebenaran Allah.

2 Korintus 13:8
Karena kami tidak dapat berbuat apa-apa melawan kebenaran; yang dapat kami perbuat ialah untuk kebenaran.

Langkah-langkah dibenarkan ini harus ada dalam kehidupan kita supaya kita bisa masuk pada bilangan yang sedikit yaitu kehidupan yang dipilih bukan hanya sampai pada dipanggil.
Matius 22:14
Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

Matius 20:16
Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir."
Matius 20:16 (Terjemahan Inggris)
So the last shall be first, and the first last: for many be called, but few chosen. (artinya: sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih)

Esau lebih dahulu lahir namun kemudian menjadi yang terakhir dalam hal rohaninya. Yakub lahir terakhir namun akhirnya mendahului Esau. Hal ini dikaitkan dengan kalimat banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih. Kadangkala yang dipilih ini adalah orang yang datang terakhir. Bisa terjadi yang datang terdahulu telah menjadi bosan dan jenuh sehingga tidak bersungguh-sungguh lagi dan akhirnya tidak masuk dalam bilangan yang dipilih.

b.      Pakaian kesulungan
Kejadian 27:15
Kemudian Ribka mengambil pakaian yang indah kepunyaan Esau, anak sulungnya, pakaian yang disimpannya di rumah, lalu disuruhnyalah dikenakan oleh Yakub, anak bungsunya.

Pakaian ini dihubungkan dengan pandai memasak makanan kegemaran Ishak. Esau ini pandai mengelolah makanan namun berasal dari binatang hasil buruan. Kalau berburu maka hewan yang didapatkan tidak dapat dipilih. Apa yang ditemui itulah yang dipanah (tidak ada istilah dipilih) dan ditangkap lalu dikelolah menjadi makanan.

Yakub mengelolah makanan dari binatang gembalaan. Supaya kita menjadi orang pilihan maka harus membawa diri untuk masuk dalam penggembalaan dan jangan menjadi manusia liar. Sebelum Firman Tuhan dan Roh Kudus diangkat maka kita diingatkan untuk selalu berada di dalam wilayah penggembalaan. Dalam terang Tabernakel wilayah penggembalaan berada di dalam ruangan suci yang prakteknya tekun dalam ibadah pendalaman Alkitab, ibadah Raya dan ibadah doa penyembahan.
Roma 14:17
Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

Kehidupan yang mencintai penggembalaan pasti dikelolah untuk menjadi sesuai selera Tuhan Yesus sampai suatu saat dimakan oleh Tuhan artinya kita yang adalah tubuh dapat bersekutu dengan Tuhan Yesus sebagai Kepala.

Kejadian 27:9
Pergilah ke tempat kambing domba kita, ambillah dari sana dua anak kambing yang baik, maka aku akan mengolahnya menjadi makanan yang enak bagi ayahmu, seperti yang digemarinya.
Yakub mengikuti apa yang diperintahkan oleh ibunya. Artinya sidang jemaat dan gembala sepakat, tidak bertentangan. Jemaat harus mau diatur oleh gembala, jangan melawan atau malah mengatur gembala, tetapi harus mendukung gembala dalam pelayanan.

Namun gembala juga harus kenal diri. Kepada tujuh sidang jemaat di Asia kecil Tuhan menyurati gembalanya bukan jemaatnya. Gembala harus terlebih dahulu membaca, dikoreksi oleh Tuhan, ingat! oleh Tuhan bukan oleh jemaat, baru disampaikan kepada sidang jemaat. Kalau mau membenahi jemaat gembala harus terlebih dahulu tahu diri sendiri, benahi diri di hadapan Tuhan.

Makanan yang disajikan disini adalah dua ekor kambing. Ini menunjuk penyerahan ganda dan ini merupakan pelajaran bagi kita. Kita mau dijadikan oleh Tuhan sesuai seleraNya. Kita dikelolah oleh pekerjaan Firman di dalam penggembalaan supaya bisa menjadi sesuai selera Tuhan.

Dua ekor domba ini menunjuk penyerahan ganda yaitu penyerahan Mempelai, dua menjadi satu. Dua ekor dimakan oleh satu orang. Gereja Tuhan yang masuk dalam penyerahan double sama dengan gereja Tuhan yang masuk dalam suasana pesta sebab berada dalam suasana makanan yang berlimpah.
Matius 22:4
Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini.

Tuhan mau membawa kita masuk dalam pesta mempelai, pesta nikah Anak Domba Allah. Dan kehidupan yang berhak masuk di sana adalah Anak Tuhan yang memiliki penyerahan ganda. Sehancur apapun kehidupan kita tetapi kalau mau masuk dalam penggembalaan maka ada harapan untuk masuk ke sana.

Ayub 14:7-9
7 Karena bagi pohon masih ada harapan: apabila ditebang, ia bertunas kembali, dan tunasnya tidak berhenti tumbuh.
8 Apabila akarnya menjadi tua di dalam tanah, dan tunggulnya mati di dalam debu,
9 maka bersemilah ia, setelah diciumnya air, dan dikeluarkannyalah ranting seperti semai.

Wahyu 19:6-7
6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.
7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

Bahasa Haleluya ini menggelegar di Sorga menjelang digelarnya pesta nikah Anak Domba Allah. Sekarang ini ada pengajaran yang melarang orang untuk mengucapkan Haleluya dalam doa. Ini penipuan dalam ibadah!

Jangan sampai kita mempersembahkan hidup kita yang seperti ini:
Maleakhi 1:13-14
13 Kamu berkata: "Lihat, alangkah susah payahnya!" dan kamu menyusahkan Aku, firman TUHAN semesta alam. Kamu membawa binatang yang dirampas, binatang yang timpang dan binatang yang sakit, kamu membawanya sebagai persembahan. Akan berkenankah Aku menerimanya dari tanganmu? firman TUHAN.
14 Terkutuklah penipu, yang mempunyai seekor binatang jantan di antara kawanan ternaknya, yang dinazarkannya, tetapi ia mempersembahkan binatang yang cacat kepada Tuhan. Sebab Aku ini Raja yang besar, firman TUHAN semesta alam, dan nama-Ku ditakuti di antara bangsa-bangsa.

Artinya mempersembahkan binatang yang cacat adalah kehidupan yang tetap mempertahankan cacat cela rohani dan tidak mau lepas dari hal itu. Kalau kita mau keluar dari kondisi seperti ini, caranya adalah:
1.      Efesus 5:25-27
Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

Tuhan Yesus sendiri rela menyerahkan nyawaNya bagi kita, seperti anak domba yang tersembelih. Dalam terang Tabernakel ini terkena daerah halaman.
Wahyu 5:9-10
9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.
10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi."

2.      Efesus 5:26 à Suasana Ruang Suci
untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,

Tuhan memandikan umatNya dengan mandi air oleh Firman. Sebagian besar anak Tuhan bisa menerima poin yang pertama namun poin yang kedua ini banyak ditolak oleh anak Tuhan. Ketika mereka digiring untuk masuk dalam suasana penggembalaan mereka menolak. Padahal dari pihak Tuhan Yesus yang telah berkorban mau mendorong umatNya untuk masuk dalam wilayah penggembalaan yang dalam terang Tabernakel terkena ruangan suci.

Di dalam ruangan suci terdapat tiga alat yang menunjuk pada tiga macam ibadah penggembalaan:
1)      Meja roti sajian menunjuk kita mandi air Firman Allah dalam ibadah pendalaman Alkitab
2)      Pelita emas menunjuk kita mandi air Roh Kudus dalam ibadah Raya
3)      Mezbah dupa emas menunjuk kita mandi air kasih Allah dalam ibadah doa penyembahan

Banyak orang Kristen yang menolak untuk mandi air Firman Tuhan di dalam ibadah penggembalaan dan mereka hanya puas dengan suasana halaman yang berbicara tentang percaya, bertobat dan dibaptis (lahir baru).
Ada dua penyebab kondisi jemaat seperti ini:
Ø  Karena ulah jemaat yang tidak menghargai penggembalaan, tidak mau meningkat rohaninya.
Ø  Karena ulah gembala yang malah merusak penggembalan dan membuat banyak umat Tuhan tergelincir.

Motifasi pelayanan yang salah:
Zakharia 11:4-5
4 Beginilah firman TUHAN Allahku kepadaku: "Gembalakanlah domba-domba sembelihan itu!
5 Orang-orang yang membelinya menyembelihnya dengan tidak merasa bersalah dan orang-orang yang menjualnya berkata: Terpujilah TUHAN! Aku telah menjadi kaya! Dan orang-orang yang menggembalakannya tidak mengasihaninya.

Maleakhi 2:8-10
8 Tetapi kamu ini menyimpang dari jalan; kamu membuat banyak orang tergelincir dengan pengajaranmu; kamu merusakkan perjanjian dengan Lewi, firman TUHAN semesta alam.
9 Maka Aku pun akan membuat kamu hina dan rendah bagi seluruh umat ini, oleh karena kamu tidak mengikuti jalan yang Kutunjukkan, tetapi memandang bulu dalam pengajaranmu.
10 Bukankah kita sekalian mempunyai satu bapa? Bukankah satu Allah menciptakan kita? Lalu mengapa kita berkhianat satu sama lain dan dengan demikian menajiskan perjanjian nenek moyang kita?

Oleh karena ulah hamba Tuhan sehingga jemaat terkena kutuk.
Bilangan 18:5
Dan kamu ini haruslah melakukan kewajibanmu mengenai tempat kudus dan kewajibanmu mengenai mezbah, supaya orang Israel jangan lagi tertimpa oleh murka.

Jemaat bisa selamat karena peran gembala.
I Timotius 4:16
Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

3.      Efesus 5:27
 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Ayat ini menunjuk suasana ruangan maha suci. Jemaat yang kudus dan tidak bercela inilah jemaat yang memiliki penyerahan ganda dan mencapai mutu rohani yang tinggi, menjadi mempelai wanita Tuhan yang sempurna. Biarlah kita masuk dalam kegenapan Firman Tuhan dalam hal yang positif ini.
Wahyu 12:1-2,14
1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.
2 Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.
14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Oleh karena penyerahan ganda maka kita bisa menerima dua sayap burung nasar yaitu Firman dan Roh Kudus untuk menyingkirkan kita di padang belantara.

Kita harus cerdik supaya jangan kita dimangsa oleh iblis. Nubuatan Firman Tuhan sekarang ditujukan kepada kita bangsa kafir sebab bangsa Israel menolak padahal merekalah yang didahulukan oleh Tuhan.
Kisah Para Rasul 3:24-26
24 Dan semua nabi yang pernah berbicara, mulai dari Samuel, dan sesudah dia, telah bernubuat tentang zaman ini.
25 Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati.
26 Dan bagi kamulah pertama-tama Allah membangkitkan Hamba-Nya dan mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu dengan memimpin kamu masing-masing kembali dari segala kejahatanmu."

Beri dirimu untuk digembalakan oleh Firman, jangan menjadi kehidupan Kristen yang liar. Masuklah dalam penggembalaan yang benar seperti yang digambarkan oleh Firman yaitu lewat tekun dalam tiga macam ibadah penggembalaan.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar