20120711

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 11 Juli 2012 Pdt. Bernard Legontu




Yehezkiel 37:10-14
10 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.
11 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel. Sungguh, mereka sendiri mengatakan: Tulang-tulang kami sudah menjadi kering, dan pengharapan kami sudah lenyap, kami sudah hilang.
12 Oleh sebab itu, bernubuatlah dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel.
13 Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya.
14 Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN."

Di dalam pengamatan saya sebagai hamba Tuhan, saya memperhatikan banyak kali kami di dalam pelayanan hanya sebatas berkhotbah atau berkhotbah hanya untuk mengisi ibadah padahal hamba Tuhan harus menjadi motivator untuk memotivasi dan mengarahkan sidang jemaat agar tepat sasaran yaitu masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus.

Adalah sesuatu yang indah bila ketika berkhotbah Firman Tuhan itu diulangi untuk mengingatkan tentang apa yang telah diberitakan sebelumnya dan agar semakin dimengerti.

Pasal 37 ini menunjuk pasal kegerakan dan kena mengena dengan kegerakan hujan akhir dan indikasi atau petunjuknya ada empat. Pada kesempatan ini kita akan lebih memperhatikan hal yang keempat.
1.      Firman ganda/Firman double porsi
Yehezkiel 37:4-5
4 Lalu firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!
5 Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini: Aku memberi nafas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.

“Dengarlah firman TUHAN, beginilah firman TUHAN”
Firman double porsi atau dua kali lipat ini kena mengena dengan masa kita di akhir zaman ini. Ini sama dengan perjalanan bangsa Israel yang mana pada hari yang keenam mereka menerima manna dua gomer untuk satu orang. Dalam Yehezkiel pasal 37 ini Tuhan mau menggiring kita masuk dalam kegerakan hujan akhir pembentukan Tubuh Kristus yang sempurna, maka kita harus mengkonsumsi Firman dua kali lipat.Kalau lepas dari Firman ini maka pasti kehilangan arah.

Contoh hari ke 6 Israel dapat manna 2 gomer untuk 1 orang= 2 jadi 1
Keluaran 16:22
Dan pada hari yang keenam mereka memungut roti itu dua kali lipat banyaknya, dua gomer untuk tiap-tiap orang; dan datanglah semua pemimpin jemaah memberitahukannya kepada Musa.

Kita diperhadapkan pada Firman pengajaran mempelai yang intinya adalah untuk mendorong kita untuk dua menjadi satu (menjadi mempelai wanita Tuhan) dan untuk itu Tuhan memfasilitasi kita dengan Firman dua kali lipat supaya hal itu menjadi kenyataan. Kalau kita sudah nyata-nyata dilawati oleh Firman dua kali lipat ini namun tidak masuk dalam pesta nikah Anak Domba itulah yang dikatakan bodoh.

2.      Perkataan nubuatan disebut tujuh kali
Angka 7 adalah angka akhir zaman dan juga angka kesempurnaan. Kesempurnaan ini justru disediakan bagi kita.
Ibrani 11:40
Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan.

Angka 7 ini juga adalah angka perhentian (Sabat).

3.      Enam kali disebutkan nafas hidup
Nafas hidup ini adalah pemberian Tuhan kepada Adam dan Hawa dipenghujung hari yang keenam menjelang masuk pada hari yang ketujuh. Nafas hidup ini disebut oleh Ayub sebagai pengertian.
Ayub 32:8
Tetapi roh yang di dalam manusia, dan nafas Yang Mahakuasa, itulah yang memberi kepadanya pengertian.
Berbicara pengertian itu erat hubungannya dengan pesta pondok daun-daunan yang menunjuk penyingkiran gereja dimana gereja dibawa menjauh dari mata ular, jauh dari cengkraman antirkistus. Apakah kita kelak masuk dalam penyingkiran gereja atau tidak tergantung dari apakah kita memiliki pengertian yang benar tentang Firman atau tidak. Di dalam segala sisi kehidupan pengertian ini sangat dibutuhkan.

Untuk masuk dalam pesta pondok daun-daunan, pengertian ini berkali-kali ditekankan oleh Tuhan.
Nehemia 8:3-4,9, 13
3 Lalu pada hari pertama bulan yang ketujuh itu imam Ezra membawa kitab Taurat itu ke hadapan jemaah, yakni baik laki-laki maupun perempuan dan setiap orang yang dapat mendengar dan mengerti.
4 Ia membacakan beberapa bagian dari pada kitab itu di halaman di depan pintu gerbang Air dari pagi sampai tengah hari di hadapan laki-laki dan perempuan dan semua orang yang dapat mengerti.
9 Bagian-bagian dari pada kitab itu, yakni Taurat Allah, dibacakan dengan jelas, dengan diberi keterangan-keterangan, sehingga pembacaan dimengerti.
13 Maka pergilah semua orang itu untuk makan dan minum, untuk membagi-bagi makanan dan berpesta ria, karena mereka mengerti segala firman yang diberitahukan kepada mereka.

II Timotius 2:7
Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.

Apa yang harus diperhatikan ini adalah Firman. Bila kita memperhatikan Firman maka Tuhan akan mengaruniakan pengertian = nafas hidup ini dihembuskan kepada kita.

4.      Gaya hidup gereja Tuhan yang masuk dalam kategori Mempelai Wanita
Yehezkiel 37:10
Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.

Mereka tampil bagaikan tentara yang besar, ini menunjuk penampilan Tubuh Kristus yang ditandai dengan 5 ciri khusus. Apakah kita sedang melangkah untuk menuju ke sana atau hanya tinggal di tempat dan bahkan mundur.

Kalau 5 ciri khusus ini ada baru Tuhan berkata bahwa sudah dikeluarkan dari kubur. Dikubur disini bukan dalam pengertian harafiah tetapi yang dimaksud adalah dikubur oleh kedagingan kita. Kalau belum ada tanda ini maka mari kita bergegas melengkapi supaya kita berada dalam keadaan seperti tentara yang besar yaitu mempelai wanita Tuhan sebab sekarang kita sudah berada di ujung akhir zaman dan tidak ada perpanjangan waktu lagi, panjang sabar Allah akan segera berakhir.

Kidung agung 6:10
"Siapakah dia yang muncul (1)laksana fajar merekah, (2)indah bagaikan bulan purnama, (3)bercahaya bagaikan surya, (4)dahsyat seperti bala tentara (5)dengan panji-panjinya?"

1)      Laksana Fajar merekah

Kalau dikatakan Fajar merekah berarti kita berada dalam keadaan siap sedia untuk masuk dalam kegiatan pelayanan bagi Tuhan. Inilah ciri pertama yaitu gereja Tuhan yang memiliki hati, pikiran dan perasaan untuk memanfaatkan hari selagi siang. Namun seringkali anak Tuhan malah tidak memiliki gairah dan minat untuk terlibat di dalam ibadah pelayanan.

Kepada murid yang bertanya “siapakah yang berdosa orang buta ini atau orang tuanya” Tuhan Yesus menjawab bahwa itu terjadi untuk menunjukkan kemuliaan Tuhan. Kemudian Tuhan berbicara tentang kegiatan dalam pelayanan selagi siang.
Yohanes 9:4
Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.

Jangan buang-buang waktu,
Efesus 5:16
dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Orang buta ini seperti orang yang berada di dalam kubur dan tidak bisa melihat apa-apa. Ketika Tuhan mau menyembuhkan maka ada proses yang harus dijalani oleh orang buta ini. Setelah diletakkan lumpur di matanya selanjutnya Tuhan menyuruhnya untuk pergi ke Siloam yang artinya utusan. Maksudnya Tuhan tidak bekerja sendiri, Dia gunakan kolam Siloam, Dia gunakan hamba-hambaNya untuk membuat kita terbuka mata dan jangan tinggal terus dalam kubur. Jangan bercerita yang miring tentang hamba Tuhan apalagi terhadap gembala sendiri, itu hanya mendatangkan bencana bagi dirimu.

Laksana fajar merekah ini menunjuk gereja Tuhan yang selalu siap sedia dalam pelayanan atau kegiatan tanpa harus didorong apalagi dipaksa karena matanya terbuka melihat hamparan ladang Tuhan, bagaimana untuk membangun hidup sendiri bersama umat Tuhan untuk masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus yang disempurnakan.

Dari ciri pertama ini kita bisa melihat Yang Lanjut Usia melimpahkan segala kekuasaan, kekayaan, kekuatan dan takhta kepada Anak Manusia. Kemudian tidak ada seorangpun yang berada disekitar Anak Manusia ini yang tidak siap untuk melayaniNya. Yang Lanjut Usia ini menunjuk Allah Bapa dan Anak Manusia itu adalah Tuhan Yesus Kristus Mempelai Laki-laki Sorga.

Daniel 7:9, 13-14
9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;
13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.
14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

Yang kita layani bukanlah pribadi yang lemah tetapi pribadi yang memiliki kekuasaan kekal selama-lamanya.
Yesaya 60:12
Sungguh, bangsa dan kerajaan yang tidak mau mengabdi kepadamu akan lenyap; bangsa-bangsa itu akan dirusakbinasakan.

Laksana Fajar merekah menunjuk pada matahari yang baru bersinar dimana sinarnya lembut dan tidak menyengat. Kelembutan inilah yang harus kita gumuli untuk kita miliki juga. Kelembutan yang dimaksud di sini adalah bisa menerima teguran tanpa harus berbantah-bantah.

Ciri mempelai wanita yang lembut.
I Petrus 3:4-6
4 tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.
5 Sebab demikianlah caranya perempuan-perempuan kudus dahulu berdandan, yaitu perempuan-perempuan yang menaruh pengharapannya kepada Allah; mereka tunduk kepada suaminya,
6 sama seperti Sara taat kepada Abraham dan menamai dia tuannya. Dan kamu adalah anak-anaknya, jika kamu berbuat baik dan tidak takut akan ancaman.

Kalau tidak mau masuk dalam kegiatan pekerjaan Tuhan maka akibatnya:
Mazmur 28:5
Karena mereka tidak mengindahkan pekerjaan TUHAN dan perbuatan tangan-Nya; Ia akan menjatuhkan mereka dan tidak membangunkan mereka lagi.

Ulangan 28:47-48
47 "Karena engkau tidak mau menjadi hamba kepada TUHAN, Allahmu, dengan sukacita dan gembira hati walaupun kelimpahan akan segala-galanya,
48 maka dengan menanggung lapar dan haus, dengan telanjang dan kekurangan akan segala-galanya engkau akan menjadi hamba kepada musuh yang akan disuruh TUHAN melawan engkau. Ia akan membebankan kuk besi ke atas tengkukmu, sampai engkau dipunahkan-Nya.

2)      Indah bagaikan bulan purnama

Bulan menunjuk pada korban Kristus. Bulan terlihat utuh saat bulan purnama. Jadi indah bagaikan bulan purnama ini menunjuk kehidupan yang bersandar penuh kepada korban Kristus.
Hal ini adalah landasan, dasar dari penampilan anak Tuhan yang begitu indah/sempurna.

Banyak praktek hidup kita yang belum bersandar penuh pada korban Kristus sehingga tampil tidak indah bagaikan bulan purnama tetapi tampil seperti bulan yang menyakiti manusia di dunia ini karena bercahaya seperti matahari yang terik.
Yesaya 30:26
Maka terang bulan purnama akan seperti terang matahari terik dan terang matahari terik akan tujuh kali ganda, yaitu seperti terangnya tujuh hari, pada waktu TUHAN membalut luka umat-Nya dan menyembuhkan bekas pukulan.

Kalau anak Tuhan tidak tampil indah dan hanya tampil panas serta menyakiti orang lain maka tidak akan bisa menjadi tentara besar, akhirnya lepas dari pembentukan Tubuh Kristus yang sempurna dan bulan purnama akan berubah menjadi hukuman baginya.
Ibrani 10:29-31
29 Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?
30 Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umat-Nya."
31 Ngeri benar, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup.

3)      Bercahaya bagaikan surya

Kalau dikatakan bagaikan surya ada hubungannya dengan kemuliaan. Bercahaya bagaikan surya berarti penuh kemuliaan.

Hakim-hakim 5:31
Demikianlah akan binasa segala musuh-Mu, ya TUHAN! Tetapi orang yang mengasihi-Nya bagaikan matahari terbit dalam kemegahannya. Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya.

Menjelang kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang kedua, disinilah ditampilkan gereja Tuhan bagaikan matahari.
Matius 13:40-43
40 Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman.
41 Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya.
42 Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.
43 Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"

Di sisi lain terjadi penghukuman tetapi anak Tuhan justru tampil bercahaya bagaikan surya berarti berada dalam kemuliaan. Dari mana kita memperoleh kemuliaan? Dari Hikmat Allah yaitu pembukaan rahasia Firman.
I Korintus 2:6-7
6 Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan.
7 Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

Rahasia ini justru disimpan untuk dibukakan kepada kita bangsa kafir yang berada di akhir zaman ini.
Kolose 1:27-28
27Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Tuhan Yesuspun dalam doaNya mohon hal ini dikembalikan kepadaNya
Yohanes 17:4-5
4 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."
5 Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"

4)      Dahsyat seperti bala tentara

Tampil dahsyat seperti bala tentara artinya penampilan gereja Tuhan yang tidak mudah menyerah menghadapi berbagai tantangan dan tidak mudah dikalahkan oleh bujuk rayu dari iblis, dunia dan daging.

Hamba Tuhan jangan takut menyampaikan Firman, karena takut dengan jemaat sehingga mengotori pengajaran. Ini yang menyebabkan kehidupan tersebut binasa dan tidak tampil dalam kemuliaan.

Mazmur 68:12
Tuhan menyampaikan sabda; orang-orang yang membawa kabar baik itu merupakan tentara yang besar:

Kabar baik muaranya pasti pada:
Ibrani 11:40
Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan.


Titus 2:14
yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Rajin berbuat baik ini bukan sekedar baik menurut pandangan manusia tetapi berbuat baik yang ada hubungannya dengan pembentukan Tubuh Kristus. Itulah perbuatan baik menurut ukuran Tuhan. Kalau hanya memberi pada orang lain itu sosial.
Efesus 2:10
Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

5)      Dengan panji-panjinya

Gereja Tuhan yang menjadi mempelai wanita Tuhan ini ternyata memiliki panji. Sesudah Tabernakel dibangun bangsa Israel berjalan dengan panji-panjinya, setiap tiga suku memiliki satu panji.
Ø  Di timur berkemah suku Yehuda, Isakhar, Zebulon, ditambah dengan Musa dan Harun dengan panjinya  bergambar singa. (Bilangan 3:38; 2:3-9)
Ø  Di utara berkemah suku Dan, Asyer, Naftali ditambah dengan kaum Merari dengan panjinya bergambar burung nasar. (Bilangan 3:35; 2:25-31)
Ø  Di barat berkemah suku Efraim, Manasye, Benyamin ditambah dengan kaum Gersom dengan panjinya bergambar lembu (Bilangan 3:23; 2:18-24)
Ø  Di selatan berkemah suku Ruben, Simeon, Gat ditambah dengan kaum Kehat dengan panjinya bergambar manusia. (Bilangan 2:10-16; 3:29)

Panji dalam pengertian pertama adalah sesuatu yang diangkat lebih tinggi dari apa yang ada disekitarnya supaya bisa dilihat oleh semua orang dari jauh. Kita harus mengangkat panji-panji agar orang yang tersesat bisa diselamatkan, melihat alamat yang tepat.

Gereja Tuhan akan diangkat tinggi seperti dalam Wahyu 12:1 tetapi sebelum hal itu terjadi mulai dari sekarang kita sudah harus menjadi alamat yang jelas bagi orang lain yang tersesat. Kemana alamat yang tepat Tuhan akan membawa kita? Ke tanah Israel.
Filipi 2:15
supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,

Yehezkiel 37:12
Oleh sebab itu, bernubuatlah dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel.

Tanah Israel yang dimaksud adalah Yerusalem  Sorgawi.
Ibrani 12:22
Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,

Ketika panji itu diangkat maka Yehuda dan Israel menjadi satu. Karena panji diangkat maka satu papan yang ditulis nama Yehuda dan satu papan yang ditulis nama Israel menjadi satu. Sekarang ini bukan panji yang diangkat sehingga yang tadinya satu papan menjadi banyak papan! Dahulu satu organisasi sekarang malah membuat organisasi yang lain.
Yehezkiel 37:15-19
15 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:
16 "Hai engkau anak manusia, ambillah sepotong papan dan tulis di atasnya: Untuk Yehuda dan orang-orang Israel yang bersekutu dengan dia. Kemudian ambillah papan yang lain dan tulis di atasnya: Untuk Yusuf -- papan Efraim -- dan seluruh kaum Israel yang bersekutu dengan dia.
17 Gabungkanlah keduanya menjadi satu papan, sehingga keduanya menjadi satu dalam tanganmu.
18 Maka kalau teman-teman sebangsamu bertanya kepadamu: Tidakkah engkau bersedia memberitahukan kepada kami, apa artinya ini --
19 katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku mengambil papan Yusuf -- yang dalam tangan Efraim -- beserta suku-suku Israel yang bersekutu dengan dia dan menggabungkannya dengan papan Yehuda dan Aku akan menjadikan mereka satu papan, sehingga mereka menjadi satu dalam tangan-Ku.

Bagaimana cara menyatukan? Dengan mengangkat panji
Yesaya 11:11-14
11Pada waktu itu Tuhan akan mengangkat pula tangan-Nya untuk menebus sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal di Asyur dan di Mesir, di Patros, di Etiopia dan di Elam, di Sinear, di Hamat dan di pulau-pulau di laut.
12 Ia akan menaikkan suatu panji-panji bagi bangsa-bangsa, akan mengumpulkan orang-orang Israel yang terbuang, dan akan menghimpunkan orang-orang Yehuda yang terserak dari keempat penjuru bumi.
13 Kecemburuan Efraim akan berlalu, dan yang menyesakkan Yehuda akan lenyap. Efraim tidak akan cemburu lagi kepada Yehuda, dan Yehuda tidak akan menyesakkan Efraim lagi.
14 Tetapi mereka akan terbang ke barat, ke atas lereng gunung Filistin, bersama-sama mereka akan menjarah bani Timur; mereka akan merampas Edom dan Moab, dan orang Amon akan patuh kepada mereka.

Panji dalam pengertian yang kedua adalah pesan singkat dan khusus yaitu Firman Pengajaran/perjanjian-perjanjianNya. Kalau namanya pesan singkat berarti waktu itu terbatas. Khusus maksudnya bagi orang yang memiliki mata dia tahu bahwa panji itu alamat yang tepat maka sekalipun telah tersesat dia akan lari ke sana.
Ibrani 10:37
"Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya.
Ibrani 12:9-11
9 Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup?
10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Puncaknya dari panji yang ditinggikan ini adalah:
Wahyu 12:1
Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

Saat itu bukan lagi menjadi alamat untuk tempat orang sesat sebab sudah terlambat, tetapi Tuhan mempromosikan bahwa inilah mempelai wanitaNya yang tidak dikuasai oleh bumi.

Setelah memiliki kelima hal ini maka Tuhan mengatakan gerejaNya telah keluar dari kubur.
Mazmur 103:1-4
1 Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!
2 Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!
3 Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,
4 Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat,

Ciri kubur antara lain:
1.      Tidak jelas
Lukas 11:44
Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya."
Ahli taurat seperti kubur yang tidak ada tanda, sudah dikubur dan tidak jelas lagi.

2.      Penuh kemunafikan
Matius 23:27-28
27 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu sama seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran.
28 Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.
Jangan kita melayani tidak sepenuh hati, itu sama dengan munafik.

Jangan tunggu kesempatan melayani sudah ditutup oleh Tuhan. Kalau panji itu sudah ada di langit yaitu Mempelai Wanita yang sempurna maka kesempatan melayani itu sudah tidak ada. Firman Tuhan yang datang kepada kita di hari-hari terakhir ini sebenarnya bagaikan pesan singkat dan khusus bagi kita. Waktu ini tinggal sedikit dan segera akan berakhir.
Ibrani 10:37-39
37 "Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya.
38 Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."
39 Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar