20120725

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 25 Juli 2012 Pdt. Bernard Legontu




Ibadah itu bukan hanya sekedar upacara seperti yang dilakukan oleh banyak orang Kristen sehingga tidak mempunyai fokus, tidak mempunyai sasaran yang jelas. Mungkin berkata memiliki sasaran yang jelas yaitu masuk sorga tetapi sesungguhnya pekerjaan penyelamatan Tuhan bukan semata-mata supaya kita dibawa masuk ke sorga tetapi supaya ada Hawa yang kedua yang dimiliki oleh Adam yang akhir yaitu Tuhan Yesus yang rindu memiliki gereja Tuhan yang sempurna sebagai mempelai wanitaNya.

Yehezkiel 37:15-21
15 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:
16 "Hai engkau anak manusia, ambillah sepotong papan dan tulis di atasnya: Untuk Yehuda dan orang-orang Israel yang bersekutu dengan dia. Kemudian ambillah papan yang lain dan tulis di atasnya: Untuk Yusuf -- papan Efraim -- dan seluruh kaum Israel yang bersekutu dengan dia.
17 Gabungkanlah keduanya menjadi satu papan, sehingga keduanya menjadi satu dalam tanganmu.
18 Maka kalau teman-teman sebangsamu bertanya kepadamu: Tidakkah engkau bersedia memberitahukan kepada kami, apa artinya ini --
19 katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku mengambil papan Yusuf -- yang dalam tangan Efraim -- beserta suku-suku Israel yang bersekutu dengan dia dan menggabungkannya dengan papan Yehuda dan Aku akan menjadikan mereka satu papan, sehingga mereka menjadi satu dalam tangan-Ku.
20 Dan sedang engkau memegang papan-papan yang kautulisi itu dalam tanganmu di hadapan mereka,
21 katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku menjemput orang Israel dari tengah bangsa-bangsa, ke mana mereka pergi; Aku akan mengumpulkan mereka dari segala penjuru dan akan membawa mereka ke tanah mereka.

Dalam sejarah bangsa Israel hal ini telah digenapkan yaitu di tanggal 14 Mei 1948 di mana Negara Israel diproklamasikan. Sehari setelah mereka memproklamasikan kemerdekaannya mereka langsung diserang oleh sekutu negara-negara tetangga. Sekalipun jumlah mereka kurang lebih hanya 600.000 orang tetapi mereka tidak bisa dikalahkan sebab rencana dan janji Tuhan pasti digenapkan.
Mazmur 89:35
Aku tidak akan melanggar perjanjian-Ku, dan apa yang keluar dari bibir-Ku tidak akan Kuubah.

Secara historis apa yang dinubuatkan untuk bangsa Israel telah digenapi tetapi kita menantikan kegenapannya secara rohani. Firman Tuhan ini bernubuat ganda, pertama untuk Israel secara jasmani, kedua untuk Israel secara rohani yaitu gereja Tuhan.

Dalam Yehezkiel pasal 37 kata bernubuat ada 7 kali dikatakan, ini menunjuk bahwa Firman Tuhan ini menyentuh akhir zaman. Nubuatan ini ada hubungannya dengan nabi yang pekerjaannya memang bernubuat. Nabi yang memiliki nubuatan paling lengkap ternyata ada diperjanjian baru. Tetapi orang hanya memperhatikan untuk sesaat dan hal itu dicela oleh Tuhan.

Dia bersaksi tentang Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat.
Yohanes 1:15,30
15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku."
30 Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.

Kemudian kesaksiannya ditutup dengan menampilkan Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga. Yohanes 3:29
Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Tuhan Yesus menganjurkan kita untuk memperhatikan nubuatan dari Yohanes ini, jangan seperti sikap orang Yahudi saat itu. Bila dilihat dalam susunan Tabernakel nubuatannya dimulai dari pintu gerbang sampai ke Ruangan Maha Kudus.
Yohanes 5:35
Ia adalah pelita yang menyala dan yang bercahaya dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu.

Nubuatan yang ada kaitannya dari pintu gerbang sampai ruangan Maha Suci ini jangan hanya diperhatikan untuk seketika saja tetapi harus sampai terbit bintang fajar.
II Petrus 1:19
Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Kita lihat di sini bagaimana Tuhan menyatukan dua papan ini menjadi satu. Kita perhatikan bagaimana awal terpisahnya bangsa Israel terjadi oleh sebab kesalahan Salomo sekalipun terpisahnya bangsa Israel tidak terjadi di zaman Salomo melainkan di masa anaknya memerintah yaitu Rehabeam. Kepada Rehabeam diberikan 2 suku dan 10 suku yang lain diberikan kepada Yerobeam. Yerobeam sebenarnya adalah hamba Salomo tetapi karena dia tangkas dalam bekerja maka Salomo mengangkat dia menjadi pengawas.
I Raja-raja 11:28
Yerobeam adalah seorang tangkas; ketika Salomo melihat, bahwa orang muda itu seorang yang rajin bekerja, maka ditempatkannyalah dia mengawasi semua pekerja wajib dari keturunan Yusuf.

Di saat Rehabeam naik takhta menjadi raja dia mengentengkan serta tidak mentaati nasihat orang-orang tua dan lebih cenderung memperhatikan nasihat anak-anak muda. Ini yang menjadi pemicu terjadinya perpecahan!
Yehezkiel 7:26
26 Bencana demi bencana akan datang, kabar demi kabar akan tersiar. Mereka akan menginginkan suatu penglihatan dari nabi, pengajaran hilang lenyap dari imam, dan nasihat dari tua-tua.

Hal ini jangan sampai terjadi. Seringkali perpecahan itu muncul oleh sebab mendengar nasihat anak-anak muda.
Ayub 12:12 (Ayub mengakui kekuasaan dan hikmat Allah)
Konon hikmat ada pada orang yang tua, dan pengertian pada orang yang lanjut umurnya.

Ketika Rehabeam melihat bahwa 10 suku mendaulati Yerobeam untuk menjadi raja maka Rehabeam berniat memerangi mereka tetapi Tuhan mencegahnya. Yerobeam menjadi penjaga keturunan Yusuf. Yusuf adalah gambaran sidang mempelai. Bangsa Israel dalam kemewahannya melupakan keturunan Yusuf artinya sekarang anak Tuhan melupakan rencana Tuhan untuk menjadikan mereka sidang mempelai dan beralih mengutamakan gaya hidup orang dunia. Ini yang membuat Tuhan murka.
Amos 6:3-6
3 Hai kamu, yang menganggap jauh hari malapetaka, tetapi mendekatkan pemerintahan kekerasan;
4 yang berbaring di tempat tidur dari gading dan duduk berjuntai di ranjang; yang memakan anak-anak domba dari kumpulan kambing domba dan anak-anak lembu dari tengah-tengah kawanan binatang yang tambun;
5 yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus, dan seperti Daud menciptakan bunyi-bunyian bagi dirinya;
6 yang minum anggur dari bokor, dan berurap dengan minyak yang paling baik, tetapi tidak berduka karena hancurnya keturunan Yusuf!

Yerobeam akhirnya meninggalkan tugas untuk mengawasi keturunan Yusuf. Yerobeam artinya orangnya banyak. Untuk menjaga agar jangan orang banyak yang mengikuti dia pergi kepada Rehabeam maka dibuatlah ibadah yang menampilkan lembu emas yang disandingkan dengan ibadah kepada Tuhan lalu diletakkan satu di Dan dan satunya di Betel. Ibadah yang hanya untuk mempertahankan jumlah jiwa tidak akan merasa cukup hanya menampilkan pribadi Tuhan tetapi juga lembu emas yang menunjuk kemuliaan jasmani juga mereka tampilkan.

Bandingkan:
Kolose 2:23
Peraturan-peraturan ini, walaupun nampaknya penuh hikmat dengan ibadah buatan sendiri, seperti merendahkan diri, menyiksa diri, tidak ada gunanya selain untuk memuaskan hidup duniawi.
Ini adalah nuansa ibadah campuran dan sangat dicela oleh Tuhan.

Di sinilah awal terjadinya dua papan. Salah satu indikasinya adalah karena mengabaikan nasihat orang-orang tua dan lebih percaya nasihat orang-orang muda. Orang muda jangan melihat sebelah mata kepada yang tua. Lihat, pantau dan ikuti jejak orang tua terutama yang takut akan Tuhan. Jangan karena tidak senang sehingga sengaja mencari-cari alasan untuk melawan nasihat orang-orang tua.
Ibrani 13:7
Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

Yehezkiel 37:16-17
16 "Hai engkau anak manusia, ambillah sepotong papan dan tulis di atasnya: Untuk Yehuda dan orang-orang Israel yang bersekutu dengan dia. Kemudian ambillah papan yang lain dan tulis di atasnya: Untuk Yusuf -- papan Efraim -- dan seluruh kaum Israel yang bersekutu dengan dia.
17 Gabungkanlah keduanya menjadi satu papan, sehingga keduanya menjadi satu dalam tanganmu.

Pada ayat 17 yang memegang peranan untuk menggabungkan dua papan menjadi satu adalah Yehezkiel, hamba Allah. Ada apa pada Yehezkiel sehingga hal ini dipercayakan kepadanya? Ada dua jabatan yang disandang oleh Yehezkiel, dia sebagai nabi dan juga sebagai imam. Jadi yang bisa menyatukan dua papan ini adalah Firman Nubuatan dan Firman Pengajaran. Yehezkiel artinya yang dikuatkan oleh Yehova. Mungkin dengan hikmat dan cara-cara manusia bisa terlihat kembali menyatu tetapi itu hanya secara luar saja. Hanya dengan menerima Firman Nubuatan dan Pengajaran yang sama maka kita bisa sungguh-sungguh menjadi satu.
Jabatan Yehezkiel ada dua:

1.      Imam
Yehezkiel 1:3
datanglah firman TUHAN kepada imam Yehezkiel, anak Busi, di negeri orang Kasdim di tepi sungai Kebar, dan di sana kekuasaan TUHAN meliputi dia.
Imam adalah orang yang mempercayakan diri sepenuh kepada Tuhan dan tidak memiliki pekerjaan sambilan. Dari mulut seorang imam kita bertanya Firman, sebab kepadanya dipercayakan Firman pengajaran.

Maleakhi 2:5-7
5 Perjanjian-Ku dengan dia pada satu pihak ialah kehidupan dan sejahtera dan itu Kuberikan kepadanya -- pada pihak lain ketakutan -- dan ia takut kepada-Ku dan gentar terhadap nama-Ku.
6 Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.
7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.

Tetapi karena imam ini sudah membongkar janji Tuhan dengan suku lewi maka pengajarannya malah membuat umat tergelincir.
Maleakhi 2:8-9
8 Tetapi kamu ini menyimpang dari jalan; kamu membuat banyak orang tergelincir dengan pengajaranmu; kamu merusakkan perjanjian dengan Lewi, firman TUHAN semesta alam.
9 Maka Aku pun akan membuat kamu hina dan rendah bagi seluruh umat ini, oleh karena kamu tidak mengikuti jalan yang Kutunjukkan, tetapi memandang bulu dalam pengajaranmu.

Kalau imam sudah begini maka Tuhan pasti akan murka terhadap mereka.
Hosea 8:1-3
1 Tiuplah sangkakala! Serangan laksana rajawali atas rumah TUHAN! Oleh karena mereka telah melangkahi perjanjian-Ku dan telah mendurhaka terhadap pengajaran-Ku.
2 Kepada-Ku mereka berseru-seru: "Ya Allahku, kami, Israel mengenal Engkau!"
3 Israel telah menolak yang baik -- biarlah musuh mengejar dia!

dan umat ikut binasa.
Hosea 4:6-9 (Terjemahan Lama)
6 Bahwa umat-Ku dibinasakan sebab mereka itu tiada berpengetahuan, melainkan kamu sudah mencelakan pengetahuan, sehingga Kutolak akan kamu, supaya jangan kamu melakukan imamat bagi-Ku; tegal kamu sudah melupakan hukum Allahmu, maka Aku juga melupakan anak-anakmu.
7 Makin mereka itu bertambah-tambah banyaknya, makin mereka itu berdosa kepada-Ku; maka sebab itu Aku mengubahkan kelak kemuliaannya menjadi kehinaan.
8 Mereka itu makan dosa umat-Ku dan dipuaskannya hatinya dengan kesalahannya.
9 Seperti imam begitulah orang kebanyakan adanya, sebab itu Aku akan membalas sekadar jalan masing-masing dan sekadar perbuatan tiap-tiap mereka itu.

Belum ada juga hamba Tuhan yang tahbisannya sempurna tetapi jangan kita melecehkan hamba Tuhan.

2.      Nabi
Yehezkiel 2:5
Dan baik mereka mendengarkan atau tidak -- sebab mereka adalah kaum pemberontak -- mereka akan mengetahui bahwa seorang nabi ada di tengah-tengah mereka.

Gereja dibangun diatas dasar Firman pengajaran (imam/rasul) dan Firman nubuatan (nabi) dan Tuhan Yesus sebagai batu penjurunya.
Efesus 2:19-20
19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Firman pengajaran dan Firman nubuatan tidak boleh lepas dari pribadi Tuhan Yesus dan lewat ini kita bisa dibangun menjadi satu, kemudian dua papan menjadi satu papan. Kalau sudah lain pengajaran tidak mungkin masuk menjadi satu Tubuh Kristus yang sempurna. Mungkin secara kasat mata bisa satu tetapi di hadapan Tuhan tidak satu. Suami istri juga tidak akan bisa menjadi satu di hadapan Tuhan kalau tidak satu dalam Firman pengajaran dan Firman nubuatan.

Kita berada di penghujung akhir zaman dan Tuhan mau menggenapi FirmanNya. Bagaimana caranya Tuhan menjadikan dua papan menjadi satu papan? Dengan menaikkan panji.



Yesaya 11:11 (Sisa-sisa Israel akan kembali)
Pada waktu itu Tuhan akan mengangkat pula tangan-Nya untuk menebus sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal di Asyur (Irak) dan di Mesir, di Patros, di Etiopia dan di Elam (Iran), di Sinear, di Hamat (Siria) dan di pulau-pulau di laut.

Dalam kita nabi Yesaya ada 50 kali dikatakan “pada waktu itu”. Bukan tanpa maksud perkataan ini tampil 50 kali sebab ini menunjuk kepada zaman kita sekarang yang berada pada Yobel ke 50 di zaman gereja (zaman Roh Elkudus/kemurahan).

Di akhir zaman ini Tuhan menyatakan kuasa penebusannya kepada kita. 2000 tahun yang lalu penebusan ini telah dikerjakan tetapi di akhir zaman akan lebih ditekankan siapa umat tebusanNya yang akan masuk dalam kategori Tubuh Kristus menjadi mempelai wanita untuk Kristus Mempelai Pria Sorga.

Ditebus dalam bahasa gerikanya memiliki 3 pengertian:
1.      Agorazo artinya dibeli dari dalam pasar, dibeli dari kehidupan yang sedang diperjual belikan.
2.      Exagorazo artinya dibeli dari luar pasar.

Pengertian penebusan ini bertujuan untuk tidak dijual lagi namun disayangkan ada gembala-gembala yang menyelewengkan penggembalaannya terhadap domba-domba tebusan Tuhan. Mereka menjual domba tebusan Tuhan dan justru berteriak: “Puji Tuhan aku kaya”.
Zakharia 11:4-5
4 Beginilah firman TUHAN Allahku kepadaku: "Gembalakanlah domba-domba sembelihan itu!
5 Orang-orang yang membelinya menyembelihnya dengan tidak merasa bersalah dan orang-orang yang menjualnya berkata: Terpujilah TUHAN! Aku telah menjadi kaya! Dan orang-orang yang menggembalakannya tidak mengasihaninya.

Gembala jangan suka meninggalkan domba-domba di dalam penggembalaan apalagi kalau meninggalkan hanya untuk perkara yang tidak penting sebab yang terjadi nantinya serigala yang akan masuk dalam penggembalaan.


3.      Lutro artinya membebaskan dari perbudakan dan diangkat menjadi anak.
Galatia 4:5 (Terjemahan lama)
supaya Ia boleh menebus segala orang yang takluk di bawah syariat Taurat itu, dan supaya kita beroleh hak anak angkat.

Kita yang dahulu diperbudak oleh dosa dibebaskan lalu diangkat sebagai anak dan tidak berhenti hanya sebagai anak tetapi diangkat pada tahap yang lebih tinggi yaitu menjadi mempelai. Tetapi sayangnya Tuhan menyatakan lewat rasul Petrus ternyata ada pelayan-pelayan yang malah membawa umat Tuhan untuk kembali diperbudak.
II Petrus 2:19
19 Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.
Orang di sini artinya daging, jadi dikalahkan orang = dikalahkan daging berarti menjadi hamba daging.

II Petrus 2:20
20 Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula.

Pertama kali Tuhan Yesus melayani di Galilea Tuhan justru melayani orang-orang yang buruk.
Matius 4:23-24
23 Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.
24 Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka.

Dulu kita didapati Tuhan dalam keadaan buruk, Yesus rela jadi buruk untuk menebus dan membebaskan kita.
Yesaya 52:14; 53:3
52:14 Seperti banyak orang akan tertegun melihat dia -- begitu buruk rupanya, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi --
53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan.

Tetapi karena ulah para pelayan yang tidak bertanggung jawab maka kita bisa malah menjadi lebih buruk di hadapan Tuhan.

II Petrus 2:21-22
21 Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka tidak pernah mengenal Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian berbalik dari perintah kudus yang disampaikan kepada mereka.
22 Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya."

Yang memegang peranan terbentuknya Tubuh Kristus yang sempurna adalah hamba Tuhan
I Timotius 4:16
Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Dan dia bekerja sama dengan Tuhan. Tetapi yang bisa merusak umat Tuhan juga adalah hamba Tuhan. Gembala-gembala jangan malah membuat jemaat bertambah buruk di hadapan Tuhan.

Yesaya 11:12
Ia akan menaikkan suatu panji-panji bagi bangsa-bangsa, akan mengumpulkan orang-orang Israel yang terbuang, dan akan menghimpunkan orang-orang Yehuda yang terserak dari keempat penjuru bumi.

Pengertian panji:
1.      Sesuatu yang ditampilkan secara terbuka dan lebih tinggi dari wilayah dia berada. Ditampilkan secara terbuka supaya jangan ada yang menghalangi. Dengan panji itu pelan dan pasti kita akan digiring ke dalam bilik kudusnya Tuhan. Kasih Tuhan ditampilkan secara terbuka dan Dia tidak ingin ada yang menghalangi.
Kidung Agung 2:4
Telah dibawanya aku ke rumah pesta, dan panjinya di atasku adalah cinta.
Kidung Agung 2:4 (terjemahan lama)
Dihantarnya aku ke dalam bilik air anggur dan kasihnya adalah bagiku akan panji-panji.

Di hari-hari terakhir ini Tuhan tampilkan rahasia FirmanNya secara terbuka dan tidak ada yang ditutup-tutupi lagi. Yang buruk dan yang baik Tuhan beritahu sebab dari mulut Tuhan keluar yang baik dan buruk. Yang buruk itu penghukuman dan yang baik itu keselamatan.
Ratapan 3:38
Bukankah dari mulut Yang Mahatinggi keluar apa yang buruk dan apa yang baik?

2.      Diangkat lebih tinggi dari apa yang ada disekitarnya supaya menarik perhatian dan dilihat oleh orang lain, supaya tahu arah sasaran ibadah/pelayanan.

3.      Sesuatu pesan yang disampaikan secara singkat dan khusus. Pesan dari Bapa itu hanya untuk waktu yang singkat, oleh sebab itu hargai Firman Tuhan. Sebagai Bapa segala roh Tuhan juga mengajar kita untuk waktu yang tinggal sedikit.
Ibrani 10:37
"Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya.

Waktu tinggal sedikit jadi kita harus menaruh perhatian dengan sungguh-sungguh sebab tidak akan ada waktu lagi, tidak ada kesempatan lagi di depan kalau kita melewatkan atau mengabaikan pesan ini.

4.      Supaya umat memusatkan perhatian pada Firman.

Bila kita melihat perkemahan bangsa Israel di sekeliling Tabernakel mereka membentuk salib yang besar.
Di timur berkemah suku Yehuda, Isakhar, Zebulon beserta Musa dan Harun dengan panjinya  bergambar singa.
Di utara berkemah suku Dan, Asyer, Naftali ditambah kaum Merari dengan panjinya bergambar burung nasar.
Di barat berkemah suku Efraim, Manasye, Benyamin ditambah kaum Gersom dengan panjinya bergambar lembu
Di selatan berkemah suku Ruben, Simeon, Gat dengan panjinya bergambar manusia.
Kemah pertemuan berada di tengah-tengah, di sinilah Firman datang.
Imamat 1:1
TUHAN memanggil Musa dan berfirman kepadanya dari dalam Kemah Pertemuan:

Bilangan 1:1
TUHAN berfirman kepada Musa di padang gurun Sinai, dalam Kemah Pertemuan, pada tanggal satu bulan yang kedua dalam tahun yang kedua sesudah mereka keluar dari tanah Mesir:

Dari tengah-tengah salib inilah tampil Firman Tuhan. Berarti Firman Tuhan yang harus kita perhatikan adalah Firman Tuhan yang berasal dari salib, yang dibukakan rahasianya oleh Korban Kristus.
Wahyu 5:1
Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai.

Gulungan kitab ini ada di pusat kerajaan Allah. Maksudnya Tuhan mempertontonkan supaya kita juga memusatkan perhatian untuk melihat panji yaitu gulungan kitab yang akhirnya dibukakan itulah pembukaan rahasia Firman. Jadi pembukaan rahasia Firman Allah adalah pusat (inti) dari rencana Allah.

Wahyu 5:2,4
2 Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya: "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya?"
4 Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.
Pesan yang khusus itu adalah rahasia bagian dalam yang menunjuk Firman yang menampilkan rahasia nikah Kristus dan gerejaNya.

Wahyu 5:5-7
5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya."
6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.
7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.

Firman Tuhan itu sebenarnya disampaikan secara umum seperti panji yang diangkat tinggi tetapi hanya orang-orang khusus yang memperhatikan. Betapa sialnya ketika tidak memusatkan perhatikan kepada Firman yang khusus ini yang akan menggiring kita kepada kesempurnaan. Tuhan sangat menantikan kapan gerejaNya menjadi sempurna dan janji Tuhan  untuk menyatukan sidang mempelainya ini pasti akan digenapkan bagi yang memperhatikan panji itu.

Panji ini adalah isyarat Tuhan untuk membawa gereja Tuhan menjadi satu, itulah suara Firman. Kalau Firman yang menyatukan maka tulang itu bisa berderak-derak untuk menjadi satu lalu datang urat dan sendi serta daging kemudian kulit menutupinya dan Tuhan menghembuskan nafas hidup.

Kalau kita memperhatikan kembali sesuai dengan susunan Tabernakel maka:
Tulang yang berderak-derak itu menunjuk suasana halaman.
Urat, daging dan kulit itu menunjuk suasana ruangan suci.
Nafas hidup menunjuk suasana ruangan maha kudus dan ke sanalah Tuhan mau membawa kita menjadi satu Tubuh Kristus, Mempelai Wanita Tuhan yang sempurna.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar