20120715

Kebaktian Umum, Minggu 15 Juli 2012 Pdt. Bernard Legontu




Yehezkiel 37:10-14
10 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.
11 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel. Sungguh, mereka sendiri mengatakan: Tulang-tulang kami sudah menjadi kering, dan pengharapan kami sudah lenyap, kami sudah hilang.
12 Oleh sebab itu, bernubuatlah dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel.
13 Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya.
14 Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN."

Israel adalah bangsa pilihan Tuhan dan iblis tidak senang akan hal itu sehingga dia memperalat 7 bangsa di sekitar bangsa Israel untuk menghimpit mereka. Bukan saja menghimpit supaya mereka mengalami kesulitan dalam hal ekonomi tetapi ada roh lain yang bekerja di dalam 7 bangsa tersebut yang berusaha untuk merusak tatanan rohani bangsa Israel. Kita bisa melihat dalam Yehezkiel pasal 37 bagaimana keberhasilan 7 bangsa ini menghimpit kerohanian bangsa Israel sampai kerohanian mereka menjadi kering.

Gereja Tuhan juga bisa menjadi kering (seperti yang dicatat dalam Yohanes 15) manakala kehidupan kita lepas dari pokok anggur itulah Tuhan Yesus pokok anggur yang benar. Pokok anggur yang benar mengeluarkan buah dan buah anggur ini digunakan dalam suasana nikah. Tulang disebutkan pertama kali di dalam Alkitab saat persekutuan nikah yang pertama diciptakan. Jadi kalau keluar dari pokok anggur yang benar maka hidup nikah akan mengarah pada kekeringan. Lewat nubuatan Firman ini kita melihat bahwa ada rencana Tuhan yang pasti terpenuhi dan ada syarat buat kita supaya bisa masuk dalam kegenapan nubuatan ini yaitu kita harus memperhatikan Firman nubuatan. Firman Nubuatan adalah Firman yang menceritakan perkara-perkara yang akan datang. Sebagai contoh Kisah Para Rasul menceritakan tentang sejarah gereja sedangkan Kitab Wahyu menceritakan apa yang kelak terjadi pada gereja Tuhan, inilah yang dikatakan dengan nubuatan.

Firman nubuatan ini perlu kita perhatikan, sedikit saja perhatian kita melenceng dari Firman nubuatan maka kita bisa gugur karena pekerjaan kuasa kegelapan.
II Petrus 1:19
Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

II Petrus 1:19 (Terjemahan Inggris)
We have also a more sure word of prophecy(=Firman Nubuatan) ; whereunto ye do well that ye take heed, as unto a light that shineth in a dark place, until the day dawn, and the day star arise in your hearts:

Nubuatan ini menunjukkan arah yang tepat. Oleh sebab itu jangan sampai kita lepas dari Firman nubuatan agar jangan salah arah dan tersesat. Sementara itu ada Firman Pengajaran yang mendidik kita. Personil yang menyampaikan Firman nubuatan adalah nabi dan yang menyampaikan Firman pengajaran adalah rasul. Gereja Tuhan dibangun di atas nabi dan rasul dengan Kristus sebagai pengikatnya. Jadi Firman nubuatan dan Firman pengajaran tidak boleh menyeleweng dari Tuhan Yesus supaya bangunan rohani kita kokoh sehingga pribadi Mempelai Pria Sorga berkenan mendiami kehidupan kita.

Ada 7 bangsa disekitar bangsa Israel yang terus menghimpit mereka dan sekarang rohnya juga berusaha membuat kehidupan rohani anak Tuhan menjadi kering. Pada kesempatan ini akan dibicarakan 3 dari 7 bangsa tersebut.

1.      Amon
Bangsa Amon sebenarnya memiliki pertalian darah dengan bangsa Israel tetapi mereka malah menghimpit bangsa Israel dengan cara memutar balikkan fakta, yang benar dikatakan salah dan yang salah dikatakan benar. Sekarang roh ini juga bekerja di tengah gereja Tuhan oleh sebab itu kita harus memandang Firman Nubuatan yang benar.


Yesaya 5:20
Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat, yang mengubah kegelapan menjadi terang dan terang menjadi kegelapan, yang mengubah pahit menjadi manis, dan manis menjadi pahit.

Dalam matius pasal 28 terjadi konfrontasi antara kubu Petrus dan kubu imam-imam kepala. Kalau  dilihat kubu Petrus terdiri dari kaum yang sangat sederhana, dapat dikatakan di tengah masyarakat mereka tidak mempunyai nilai. Mereka adalah orang yang lemah yang berhadapan dengan imam-imam yang ditopang oleh serdadu romawi. Tetapi mereka tidak mudur dan gigih menceritakan kebenaran Firman. Sedangkan kelompok imam-imam kepala dengan prajurit romawi sebagai kaki tangannya juga gigih untuk memutar balikkan fakta dan terus menyampaikannya sebab mereka didorong oleh mamon. Namun yang mendorong Petrus dan teman-temannya adalah kasih, Firman dan Roh Kudus.

Amon suka memutar balikkan fakta. Ketika mereka datang untuk merampas tanah Israel mereka menuduh bangsa Israel yang merampas tanah mereka.
Hakim-hakim 11:13
Jawab raja bani Amon kepada utusan Yefta: "Orang Israel, ketika berjalan keluar dari Mesir, telah merampas tanahku, dari sungai Arnon sampai ke sungai Yabok dan sampai ke sungai Yordan. Maka sekarang, kembalikanlah semuanya itu dengan jalan damai."

Ulangan 2:19
maka engkau sampai ke dekat bani Amon. Janganlah melawan mereka dan janganlah menyerang mereka, sebab Aku tidak akan memberikan kepadamu apa pun dari negeri bani Amon itu menjadi milikmu, karena Aku telah memberikannya kepada bani Lot menjadi miliknya.

Padahal bangsa Israel tidak pernah merampas tanah orang Amon bahkan sebelum mereka melewati tanah orang Amon Tuhan telah memperingati supaya jangan mereka mengambil secara gratis barang-barang bangsa Amon tetapi harus dibeli.

Amon yang sudah memutar balikkan fakta selanjutnya tampil untuk menyerang bangsa Israel. Orang yang suka memutar balikkan fakta pasti tampil dengan kekuatan dagingnya. Jangan sampai saat kita ditekan kita juga malah tampil dengan kekuatan daging kita. Biarlah kita menengadah ke atas dan memohon kemurahan Tuhan sebagai pembela kita. Kalau kita benar maka pasti Allah bela tetapi bila salah segeralah minta ampun kepada Tuhan.

Awalnya Israel adalah satu kerajaan, satu papan tetapi karena berbagai permasalahan maka akhirnya terbagi menjadi dua papan. Papan pertama bertuliskan Yehuda yaitu kerajaan Yehuda dan papan kedua bertuliskan Efraim yaitu kerjaan Israel dengan 10 suku yang lain. Tetapi nubuatan Firman mengatakan mereka kembali menjadi satu papan dan secara jasmani sekarang telah digenapi dimana bangsa Israel menjadi satu negara.

Ibarat organisasi dahulunya satu papan nama, satu anggaran dasar, satu anggaran rumah tangga dan berkanjang pada Firman Pengajaran Alkitab dalam terang Tabernakel yang diilhamkan Tuhan kepada Pdt. Van Gessel namun akhirnya terpecah menjadi dua papan. Dasar pemikiran pendiri organisasi GPT mendirikan organisasi ini adalah agar ada kebebasan memberitakan kabar yang besar ini yang sudah diilhamkan Tuhan kepada Pdt. Van Gessel. Bukan untuk memberi kekuasaan bagi penyelenggara organisasi untuk menekan anggota yang lain seperti yang dilakukan oleh organisasi lain.

Kalau kita tetap berpegang teguh pada Firman Pengajaran yang murni, pokok anggur yang benar maka suatu saat pasti akan menjadi satu. Yang tidak mau kembali pada asas pengajaran yang benar pasti akan terpental keluar.

Saat Amon mau berperang sebenarnya tawaran damai ditawarkan oleh Yefta tetapi tawaran damai itu ditolak oleh raja Amon. Tujuan tawaran damai supaya tidak ada yang gugur atau binasa tetapi raja Amon lebih suka berperang dan ia suka akan kehancuran dan kebinasaan.

Waktu Tuhan Yesus disalib di Golgota Dia menebus kita dengan tunai dan tidak diangsur. Dahulu pembangunan Tabernakel murni berasal dari korban umat dan tidak ada yang dikredit. Demikian juga pembangunan rumah Tuhan secara jasmani harus secara tunai tidak boleh dengan sistem kredit. Ini yang disampaikan oleh hamba Tuhan namun faktanya dibolak balik sebab ada yang tidak senang dengan hal ini.

Yehezkiel 25:1-3
1 Datanglah firman TUHAN kepadaku:
2 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada bani Amon dan bernubuatlah melawan mereka!
3 Katakanlah kepada bani Amon: Dengarlah firman Tuhan ALLAH: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau menyerukan: Syukur! mengenai tempat kudus-Ku, waktu kekudusannya dilanggar, dan mengenai tanah Israel, waktu itu dijadikan sunyi sepi, dan mengenai kaum Yehuda, waktu mereka harus pergi ke dalam pembuangan,

Bangsa Amon senang melihat orang terkena bencana. Jangan suka mengejek orang yang terkena musibah, seharusnya kita mendoakannya.
Amsal 24:17-18
17 Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok,
18 supaya TUHAN tidak melihatnya dan menganggapnya jahat, lalu memalingkan murkanya dari pada orang itu.

Mazmur 35:13-15
13 Tetapi aku, ketika mereka sakit, aku memakai pakaian kabung; aku menyiksa diriku dengan berpuasa, dan doaku kembali timbul dalam dadaku,
14 seolah-olah temanku atau saudarakulah yang sakit, demikianlah aku berlaku; seperti orang yang berkeluh kesah karena kematian ibu, demikianlah aku tunduk dengan pakaian kabung.
15 Tetapi ketika aku tersandung jatuh, bersukacitalah mereka dan berkerumun, berkerumun melawan aku; orang-orang asing yang tidak kukenal menista aku dengan tidak henti-hentinya;

Jangan kita kesusupan roh Amon. Demikian juga dalam nikah. Apapun sengketa di dalam nikah jangan sampai saling mempersalahkan harus segera berdamai.

Amon menerima tanah pemberian Tuhan,
Ulangan 2:19
maka engkau sampai ke dekat bani Amon. Janganlah melawan mereka dan janganlah menyerang mereka, sebab Aku tidak akan memberikan kepadamu apa pun dari negeri bani Amon itu menjadi milikmu, karena Aku telah memberikannya kepada bani Lot menjadi miliknya.

demikian juga Moab.
Ulangan 2:9
Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: Janganlah melawan Moab dan janganlah menyerang mereka, sebab Aku tidak akan memberikan kepadamu apa pun dari negerinya menjadi milikmu, karena Ar telah Kuberikan kepada bani Lot menjadi miliknya.

Mereka sama seperti bangsa Israel yang menerima tanah dari Tuhan. Sebenarnya sudah wajar mereka menyukuri pemberian Tuhan. Seharusnya mereka mensyukuri apa yang telah diterima dari Tuhan dan jangan iri dengan pemberian Tuhan kepada yang lain.

2.      Moab
Yehezkiel 25:8-11
8 Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena Moab berkata: Sungguh, kaum Yehuda adalah sama dengan semua bangsa lain,
9 oleh sebab itu, sungguh, Aku akan membiarkan dataran tinggi Moab terbuka dengan runtuhnya kota-kotanya, ya, kota-kotanya tanpa terkecuali, yaitu kepermaian negeri itu: Bet-Yesimot, Baal-Meon dan Kiryataim.
10 Aku akan menyerahkan dia bersama bani Amon kepada orang dari sebelah Timur menjadi miliknya, supaya bani Amon jangan diingat-ingat lagi di antara bangsa-bangsa.
11 Aku akan menjatuhkan hukuman kepada Moab dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

Ternyata ketika Moab berucap menyamakan Yehuda dengan bangsa lain maka telinga Tuhan berdengung. Tuhan tidak suka suku Yehuda yang adalah jalur untuk menghadirkan Yesus Putra Allah yang tunggal ke dalam dunia disamakan dengan bangsa lain, artinya menganggap semua sama,
pandangan seperti ini mengundang murka Allah dan ibadahnya tidak akan berhasil.
Yesaya 16:12
Maka sekalipun Moab pergi beribadah dan bersusah payah di atas bukit pengorbanan dan masuk ke tempat kudusnya untuk berdoa, ia tidak akan mencapai apa-apa.

Kejadian 49:9-11
9 Yehuda adalah seperti anak singa: setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya?
10 Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.
11 Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur.

Berkat bagi Yehuda inilah yang membuka kesempatan kepada kita bangsa kafir (bangsa keledai) untuk tertambat pada pokok anggur pilihan, pokok anggur yang benar.

Kalau Moab mengatakan sama saja berarti ini sama dengan melecehkan nubuatan Firman Allah terhadap bani Yehuda. Ini yang Tuhan tidak setuju. Jangan izinkan hati saudara disusupi bahasa Moab karena kalau demikian berarti kita menganggap ada pokok anggur yang lain. Memang ada pokok anggur yang lain tetapi bukan berarti pokok anggur itu juga diberkati oleh Tuhan!.

Melalui suku Yehuda ini kemudian Tuhan percayakan untuk membuka rahasia Firman. Tidak kepada semua orang Tuhan percayakan pembukaan rahasia Firman.
1 Korintus 4:1-2
1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Bagi hamba Tuhan yang dipercayakan pembukaan rahasia Firman Allah tidak bisa disamakan dengan yang tidak ada pembukaan rahasia Firman.

Hanya secara khusus Tuhan memberikan pembukaan rahasia FirmanNya terutama rahasia nikah Kristus dengan gerejaNya. Oleh sebab itu kita harus mengerti bahwa untuk bisa mendapatkan pembukaan rahasia Firman Allah terlebih dahulu harus mengerti nubuatan Firman Allah dan melihat kepada suku Yehuda. Bukan berarti Yehuda tanpa cacat cela, tetapi saat kekurangannya disampaikan dia segera mengakui kesalahannya dan minta ampun. Kalau kehidupan kita mau terhubung dengan jalur keturunan Yehuda maka hidup kita harus transparan jangan ada yang kita tutup-tutupi. Bukti kita memiliki jalur keturunan Yehuda adalah tidak menyembunyikan kesalahan dan segera untuk minta ampun.

Janji Tuhan kepada Yehuda (Daud) tidak berubah,
Yeremia 33:20-22
33:20 "Beginilah firman TUHAN: Jika kamu dapat mengingkari perjanjian-Ku dengan siang dan perjanjian-Ku dengan malam, sehingga siang dan malam tidak datang lagi pada waktunya,
33:21 maka juga perjanjian-Ku dengan hamba-Ku Daud dapat diingkari, sehingga ia tidak mempunyai anak lagi yang memerintah di atas takhtanya; begitu juga perjanjian-Ku dengan orang-orang Lewi, yakni imam-imam yang menjadi pelayan-Ku.
33:22 Seperti tentara langit tidak terbilang dan seperti pasir laut tidak tertakar, demikianlah Aku akan membuat banyak keturunan hamba-Ku Daud dan orang-orang Lewi yang melayani Aku."
Matius 2:6
Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."

Moab hanya melihat Yehuda dari pandangan secara jasmani sehingga menyamakannya dengan bangsa lain. dia tidak memandang dengan mata rohani, mata nubuatan tentang siapakah Yehuda ini sebenarnya.

Jangan sejajarkan Tuhan Yesus dengan yang lain. Yesus adalah Firman, adalah Tuhan.
Kolose 1:15,18
15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,
18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

Kalau saudara mengaku adalah TubuhNya maka prakteknya adalah menempatkan Tuhan Yesus lebih utama dari segala sesuatu. Hanya orang yang menempatkan Yesus lebih dari segala-galanya yang bisa merasakan pelukan tanganNya dan dilindungi oleh Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga.

Ada seorang Moab yang tidak bersikap seperti orang sebangsanya itulah Rut. Rut mengaku kepada Naomi bangsamu adalah bangsaku. Apa yang istimewa dari bangsa Israel? Kepada bangsa Israel dipercayakan Firman Tuhan dan Rut juga ingin memiliki Firman yang dipercayakan Tuhan kepada bangsa Israel.
Roma 3:1-2
1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.

Mazmur 147:19-20
19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!
Selanjutnya Rut mengaku Allahmu adalah Allahku. Dia ingin memiliki Allah Israel karena Allah Israel adalah satu-satunya yang bisa menebus dosa.
Yesaya 54:5
Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Sebenarnya kita bangsa kafir tidak masuk hitungan untuk menjadi istrinya Tuhan, ini hanyalah kemurahan Tuhan. Hargailah kemurahan Tuhan. Bukti kita menghargai kemurahan Tuhan manakala kita menempatkan Dia di atas segala-galanya. Tuhan Yesus tidak akan membiarkan kita yang menjadi calon mempelai wanitaNya untuk diganggu oleh yang lain dan Dia siap berperkara untuk melindungi kita.

3.      Edom
Yehezkiel 25:12-14
12 Beginilah firman Tuhan ALLAH: "Oleh karena Edom membalaskan dendam kesumat terhadap kaum Yehuda dan membuat kesalahan besar dengan melakukan pembalasan terhadap mereka,
13 oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH, Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan Edom dan melenyapkan dari padanya manusia dan binatang dan Aku membuatnya menjadi reruntuhan; dari Téman sampai Dedan mereka akan mati rebah oleh pedang.
14 Aku akan melakukan pembalasan-Ku terhadap Edom dengan tangan umat-Ku Israel. Dan mereka akan memperlakukan Edom selaras dengan murka-Ku dan amarah-Ku, dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah yang membalas, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Sifat Edom ini suka membalas dendam dan Firman Tuhan mengatakan ini kesalahan besar.
Amos 1:11-12
11 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Edom, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena ia mengejar saudaranya dengan pedang dan mengekang belas kasihannya, memendamkan amarahnya untuk selamanya dan menyimpan gemasnya untuk seterusnya,
12 Aku akan melepas api ke dalam Téman, sehingga puri Bozra dimakan habis."

Ayub 17:5
Barangsiapa mengadukan sahabatnya untuk mencari keuntungan, mata anak-anaknya akan menjadi rabun.
Ayat ini berbicara tentang sifat seorang bapa, baik itu bapa secara jasmani maupun bapa secara rohani atau gembala dalam sidang jemaat. Kalau bapa jasmani menjelek-jelekkan sahabatnya demi mencari keuntungan maka nanti buah nikahnya akan menjadi rabun, artinya tidak memiliki pandangan rohani dan hanya melihat perkara jasmani yang ada di sekitarnya.

Kalau yang mengadukan sahabatnya ini adalah bapa secara rohani maka sidang jemaat yang dilayani tidak akan rohani karena pandangannya hanya sebatas perkara yang jasmani. Kalau sudah buta maka dekat dengan kekeringan dan pencabutan hak sulung.

Roh balas membalas ini sangat mudah terjadi dalam nikah rumah tangga. Karena itu segera selesaikan setiap permasalah di dalam rumah tangga, jangan diselesaikan dengan cara saling balas membalas sebab itu malah menghancurkan.

Orang yang hanya memikirkan balas dendam adalah ciri orang yang telah kehilangan hak dan berkat sulung. Berarti orang tersebut tidak akan ada di sini:
Ibrani 12:22-23a
22 Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,
23a dan kepada jemaat anak-anak sulung,

Sekalipun kita dicacimaki, dipecundangi, difitnah, dinista jangan kita membalas dan diamlah di kaki Tuhan, serahkan kepada Tuhan. Inilah contoh yang telah Tuhan Yesus teladankan kepada kita.
I Petrus 2:23
Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.

Satu ketika kita akan masuk ke dalam Yerusalem Baru. Orang yang masuk ke dalam Yerusalem baru pada dirinya ada nama baru dan di dalam dirinya ada nyanyian baru. Kita menyandang nama baru karena nama Yesus mempelai Laki-laki sorga dilekatkan pada diri kita. Nyanyian berarti ada nada naik dan turun. Jadi nyanyian baru artinya pengalaman hidup naik dan turun yang mengasah kita untuk memiliki karakter yang baru. Orang yang masuk Yerusalem baru di bawah kakinya ada bumi yang baru dan di atasnya ada langit yang baru.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar