20120722

Kebaktian Umum, Minggu 22 Juli 2012 Pdt. Bernard Legontu




Kisah Para Rasul 2:36-37, 41-42, 45-47
36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."
37 Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?"
41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.
42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.
45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
47 sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

Di penghujung akhir zaman Tuhan mengilhami seorang hamba Tuhan untuk menyusun Alkitab dalam terang Tabernakel. Tuhan merasa perlu sebab di akhir zaman menjelang kedatangan Tuhan kedua kali, tanda yang jelas nampak adalah terjadi penyesatan dan sampai 4 kali Tuhan memperingati untuk waspada terhadap penyesatan.
Matius 24:4,11,24
4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.
24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

II Timotius 3:13
sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.

Artinya di manapun kita berada atau di manapun kita pergi pada keempat penjuru dunia ini roh penyesatan pasti akan kita hadapi. Sebab itu supaya jangan kita mudah disesatkan maka Tuhan memberikan jalan keluar lewat Alkitab dalam terang Tabernakel.

Iblis tahu lewat pengajaran ini kita diempang untuk tidak tersesat dan mengarahkan kita pada pembentukan Tubuh Kristus yang sempurna oleh sebab itu iblis dengan nabi palsunya tidak tinggal diam dan terus menyerang dengan memasukan pengajaran yang sesat kepada pelayan-pelayan, sebab itu hati-hati/waspada! Jangan sampai kita melibatkan diri untuk disusupi oleh pengajaran yang tidak benar sebab sedikit demi sedikit pasti digiring sampai puncaknya menghujat Tabernakel artinya menjadi satu dengan antikristus.

Sekarang orang yang menyimpang dari pengajaran membenarkan perbuatannya dengan mengatakan bahwa Pdt. Van Gessel yang menerima Ilham tentang Tabernakel adalah manusia yang masih memiliki kekurangan. Memang benar manusia memiliki kekurangan tetapi Ilham dari Tuhan sempurna tidak ada kekurangan. Musa yang menerima Ilham untuk membangun Tabernakel masih ada kekurangan demikian juga dengan Daud yang menerima Ilham untuk menerima Bait Allah yang memiliki pola seperti Tabernakel. Mereka juga ada kekurangan, belum sempurna dan jatuh dalam dosa namun Ilham dari Tuhan tidak pernah salah.
I Tawarikh 28:19
Semuanya itu terdapat dalam tulisan yang diilhamkan kepadaku oleh TUHAN, yang berisi petunjuk tentang segala pelaksanaan rencana itu.

Kisah para rasul 2:1-36 terkena kepala dan selanjutnya terkena anggota tubuh. Khusus ayat 37 terkena tangan kanan. Orang yang memposisikan diri dalam ibadah pelayanan yang menekankan tangan kanan arahnya menuju ke Yerusalem baru, pasti peka dengan sentuhan-sentuhan Firman, peka akan suara Firman, cepat untuk tersentuh perasaannya oleh Firman Tuhan.
Ini buktinya: Kisah Para Rasul 2:37
Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?"
Kisah Para Rasul 2:37 (Terjemahan Lama)
Setelah didengarnya demikian, maka pedihlah hati orang sekalian, lalu berkatalah mereka itu kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain itu, "Hai Tuan-tuan dan Saudara sekalian, apakah yang wajib kami perbuat?"


Mazmur 137:5-6
5 Jika aku melupakan engkau, hai Yerusalem, biarlah menjadi kering tangan kananku!
6 Biarlah lidahku melekat pada langit-langitku, jika aku tidak mengingat engkau, jika aku tidak jadikan Yerusalem puncak sukacitaku!

Orang yang mendengar Firman tetapi tidak merasakan sentuhan Firman berarti hidup itu jauh dari Yerusalem Baru dan pasti tertinggal saat 3.5 tahun siksa antikris sebab tidak peka dengan sentuhan-sentuhan Firman. Oleh sebab itu bukalah hati, terima sentuhan Firman Allah sehingga kehidupan kita benar-benar merasakan jamahan Firman Tuhan sampai berkata: “Apakah yang harus kami perbuat?”. Artinya ada minat dan keinginan untuk menjalankan Firman Tuhan.

Tangan kanan ini harus lebih dahulu dibangkitkan artinya pemikiran kita harus lebih dahulu dibangkitkan pada rencana Tuhan yaitu kita akan dibawa ke kota Yerusalem Baru.

Setelah tangan kanan disentuh maka selanjutnya tangan kiri juga disentuh. Ayat 38-40 terkena tangan kiri.
Kisah Para Rasul 2:38-40
38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.
39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."
40 Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini."

Perkara tangan kiri inilah yang banyak menyeret manusia ke dalam kesesatan sehingga tidak bisa jumpa dengan Tuhan.
Amsal 3:16
Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.

Banyak kehidupan anak Tuhan tersesat karena mengejar yang duniawi. Awalnya mereka tidak sadar dan nanti tersadar saat telah berada di dalam kemelut dan terjebak dalam berbagai macam masalah. Justru apa yang dicari dan dikejar oleh manusia inilah yang menjebak banyak kehidupan anak Tuhan.
I Timotius 6:9-10
9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.
10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Supaya kita diselamatkan dari angkatan yang jahat maka harus kita memperhatikan apa yang harus kita lakukan. Apakah yang kita lakukan berasal dari perintah kepala atau berasal dari keinginan kita sendiri? Siapa kepala kita? Itulah Yesus yang tampil lewat Firman pengajaran/Kabar Mempelai dalam terang Tabernakel. Itulah berita kepala, kabar puncak yang dibukakan rahasianya oleh Tuhan. Kalau kita tidak berada di bawah komando kepala sehingga tidak bertindak sesuai komando Firman maka kita akan menyusahkan diri sendiri dan juga akan menyusahkan orang lain. Apalagi kalau dia sebagai gembala tidak dibawah komando kepala maka akan menyengsarakan umat kelak.

Karena tangan kanan sudah tersentuh artinya peka terhadap Firman dan kepada tangan kiri suara Firman tampil lebih keras maka orang yang mendengar pemberitaan Firman yang disampaikan oleh Petrus akhirnya bertobat dan memberi diri dibaptis. Ini bukti sambutan tangan kiri.
Kisah Para Rasul 2:41
Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.

Kehidupan yang telah tersentuh tangan kanan dan kirinya oleh Firman berarti berada di dalam pengaruh Kepala akan menikmati suasana angka 3000 itulah suasana rohani.
Volume ruangan suci dan Ruangan Maha Suci adalah 10x10x30=3000

kebalikannya :
Keluaran 32:28
Bani Lewi melakukan seperti yang dikatakan Musa dan pada hari itu tewaslah kira-kira tiga ribu orang dari bangsa itu.
Kehidupan yang tidak menerima komando dari kepala bukannya akan menikmati angka 3000 dalam pengertian menikmati suasana rohani yang dibangun sebagai kemah di mana Allah berdiam di dalamnya tetapi akan menerima angka 3000 dalam arti kematian. Mereka ini lebih percaya bahasa manusia dari pada Firman Tuhan itu sendiri.

Kalau kita berada di dalam komando Firman atau berita kepala yaitu Alkitab dalam terang Tabernakel maka kita akan diarahkan untuk menikmati kehidupan bersama Tuhan, untuk membentuk suatu komunitas yang rohani. 3000 jiwa dalam Kisah Para Rasul 2:41 itu menerima makanan rohani yang tidak berbeda, Firman pengajaran yang sama sehingga bisa membentuk kelompok rohani yang sama. Secara manusia mungkin bisa dipaksakan untuk menjadi satu tetapi di hadapan Tuhan tetap bukanlah orang yang masuk dalam kelompok 3000 bila berbeda pengajaran.

Kalau tidak berada dalam pengaruh Firman tidak bisa dibentuk menjadi kemah. Yang masuk dalam ukuran Tuhan adalah kehidupan yang dibangun menjadi Bait Allah (tubuh Kristus yang sempurna).
Wahyu 11:1-2
1 Kemudian diberikanlah kepadaku sebatang buluh, seperti tongkat pengukur rupanya, dengan kata-kata yang berikut: "Bangunlah dan ukurlah Bait Suci Allah dan mezbah dan mereka yang beribadah di dalamnya.
2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

Hamba Tuhan adalah yang pertama kali memegang buluh yang seperti tongkat pengukur artinya hamba Tuhan harus lebih dahulu masuk dalam suasana ukurannya Tuhan, sebab yang disuruh untuk mengukur ialah Yohanes (hamba Tuhan). Sebagai hamba Tuhan tidak boleh berkata “jangan lihat saya” tetapi hamba Tuhan harus berani berkata seperti Petrus dan Yohanes.
Kisah Para Rasul 3:4
Mereka menatap dia dan Petrus berkata: "Lihatlah kepada kami."

Keluaran 32:28
Bani Lewi melakukan seperti yang dikatakan Musa dan pada hari itu tewaslah kira-kira tiga ribu orang dari bangsa itu.

Yang menjadi pemicu sehingga harus tewas 3000 orang dari bangsa Israel adalah hamba Tuhan yaitu Harun yang adalah hamba Tuhan senior. Jangan kita terkecoh karena melihat hamba Tuhan senior sehingga menuruti perkataannya sekalipun sudah tidak sesuai Firman Pengajaran yang benar.
Keluaran 32:25
Ketika Musa melihat, bahwa bangsa itu seperti kuda terlepas dari kandang -- sebab Harun telah melepaskannya, sampai menjadi buah cemooh bagi lawan mereka --

Kuda yang terlepas dari kandang menunjuk kehidupan yang tidak tergembala akibatnya akan cemar dan akhirnya binasa sama dengan lepas dari suara Firman Penggembalaan yang benar dan mengikuti suara asing.
Yohanes 10:5
Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal."

Ibrani 13:9
Janganlah kamu disesatkan oleh berbagai-bagai ajaran asing. Sebab yang baik ialah, bahwa hati kamu diperkuat dengan kasih karunia dan bukan dengan pelbagai makanan yang tidak memberi faedah kepada mereka yang menuruti aturan-aturan makanan macam itu.

Dan ini disukai.
Yeremia 2:25; 5:31
2:25 Jagalah, supaya kakimu jangan tak bersepatu dan supaya kerongkonganmu jangan haus! Tetapi engkau berkata: Percuma saja! Percuma! Sebab aku cinta kepada orang-orang asing, jadi aku mau mengikuti mereka.
5:31 Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan umat-Ku menyukai yang demikian! Tetapi apakah yang akan kamu perbuat, apabila datang kesudahannya?

Ketika bangsa Israel menyembah lembu emas yang ada pada barisan depan untuk berkorban adalah perempuan. Kalau perempuan yang tampil di depan dalam ibadah maka hasilnya pasti lembu emas.

Tuhan Yesus adalah lembu yang tersembelih, lembu yang berdarah. Lembu emas ini tidak ada darah tetapi hanya menampilkan emas yang menunjuk kemuliaan jasmani. Ini yang mulai ditampilkan di dalam ibadah pelayanan hari-hari terakhir ini yaitu ibadah yang dikemas dengan kemuliaan secara lahiriah dan menolak berita salib, sehingga tanpa tanda darah, menolak untuk menderita sengsara.

Roma 8:17-18
17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.
18 Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.
Bagaimana langkah-langkah kehidupan yang masuk dalam ukuran, masuk dalam ruangan suci?
Kisah Para Rasul 2:42
42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan perjamuan kudus. Pengikut-pengikut Tuhan Yesus yang berasal dari Galilea justru lebih banyak adalah wanita tetapi tidak ada satu wanitapun yang diangkat oleh Tuhan menjadi rasul. Itu sebabnya yang menyampaikan pengajaran atau yang memberitakan Firman di tengah sidang jemaat harus seorang hamba Tuhan yang adalah laki-laki bukan perempuan! Perempuan tidak boleh menyampaikan Firman di tengah sidang jemaat, kalau ada yang tampil seperti itu sekalipun dia mengaku menyampaikan pengajaran Kabar Mempelai itu sudah tidak benar, itu adalah tipuan iblis. Sudah dinubuatkan akan tampil pemimpin yang membongkar jalannya Tuhan dan merusakkan kebun anggur. Kebun anggur menunjuk Kabar Mempelai.
Yesaya 3:12,14
12 Adapun umat-Ku, penguasa mereka ialah anak-anak, dan perempuan-perempuan memerintah atasnya. Hai umat-Ku, pemimpin-pemimpinmu adalah penyesat, dan jalan yang kamu tempuh mereka kacaukan!
14 TUHAN bertindak sebagai hakim atas tua-tua dan pemimpin-pemimpin umat-Nya: "Kamulah yang memusnahkan kebun anggur itu, barang rampasan dari orang yang tertindas tertumpuk di dalam rumahmu.

Yesaya 3:12 (terjemahan lama)
Bahwa pengerah umat-Ku itu anak-anak jua adanya dan orang perempuan merajalela atasnya. Hai segala umat-Ku! kamu disesatkan oleh pemimpinmu, dan jalan yang patut kamu jalani itu dibongkarnya.

Kemudian mereka bertekun dalam persekutuan. Ada juga persekutuan yang lain yang bukan dari Roh Kudus.
Yesaya 8:11-12; 30:1
8:11 Sebab beginilah firman TUHAN kepadaku, ketika tangan-Nya menguasai aku, dan ketika Ia memperingatkan aku, supaya jangan mengikuti tingkah laku bangsa ini:
8:12 "Jangan sebut persepakatan segala apa yang disebut bangsa ini persepakatan, dan apa yang mereka takuti janganlah kamu takuti dan janganlah gentar melihatnya.
30:1 Celakalah anak-anak pemberontak, demikianlah firman TUHAN, yang melaksanakan suatu rancangan yang bukan dari pada-Ku, yang memasuki suatu persekutuan, yang bukan oleh dorongan Roh-Ku, sehingga dosa mereka bertambah-tambah,

Persekutuan yang didorong oleh Roh Kudus tidak akan mungkin melawan kebenaran Firman karena Roh Kudus memuliakan Firman.
Yohanes 16:13-14
13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

Dalam persekutuan yang tidak didorong oleh Roh Kudus akan terlihat roh yang tampil melawan Firman Tuhan.

Selanjutnya mereka bertekun di dalam doa dan yang ditekankan di sini adalah doa penyembahan.
Mazmur 2:10-12
10 Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia!
11 Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar,
12 supaya Ia jangan murka dan kamu binasa di jalan, sebab mudah sekali murka-Nya menyala. Berbahagialah semua orang yang berlindung pada-Nya!

Menyembah dalam bahasa aslinya adalah Proskoneho yang artinya: seperti anjing yang menjilat kaki tuannya. Kita harus menyembah Tuhan dan merendahkan diri serendah-rendahnya.

Mengapa pengajaran ditaruh pada urutan awal? Karena Tuhan mau menunjukkan betapa pentingnya Firman pengajaran. Persekutuan kita akan benar kalau dikontrol oleh Firman pengajaran yang benar. Penyembahan akan benar kalau dikontrol oleh Fiman pengajaran yang benar.

Kisah Para Rasul 2:43
Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda.

Di sini timbul perasaan takut bukan hanya karena melihat mujizat tetapi karena tertarik dengan pengajaran Firman Tuhan. Kalau hanya karena melihat mujizat pasti tidak akan kuat.
Itu sebabnya dibutuhkan pengajaran yang membuat kita kuat. Yohanes tidak pernah membuat mujizat tetapi apa yang dia sampaikannya tentang Tuhan Yesus adalah benar sehingga membuat banyak orang percaya. Mereka percaya bukan karena melihat mujizat tetapi karena mendengar berita yang benar, pengajaran yang benar.
Yohanes 10:41-42
41 Dan banyak orang datang kepada-Nya dan berkata: "Yohanes memang tidak membuat satu tanda pun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar."
42 Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya.

Kalau sekarang ini masih ada yang tidak takut kepada Tuhan maka segera bertobat! Jangan tunggu Tuhan yang akan menakut-nakuti.
Yesaya 2:19-20
19 Maka orang akan masuk ke dalam gua-gua di gunung batu dan ke dalam liang-liang di tanah terhadap kedahsyatan TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya, pada waktu Ia bangkit menakut-nakuti bumi.
20 Pada hari itu berhala-berhala perak dan berhala-berhala emas yang dibuat manusia untuk sujud menyembah kepadanya akan dilemparkannya kepada tikus dan kelelawar,

Kehidupan yang ditakut-takuti oleh Tuhan ini akhirnya akan dilempar kepada tikus dan kelelawar. Kedua hewan ini memiliki kesamaan yaitu suka keluar di malam hari. Berarti kehidupan yang tidak takut akan Tuhan akan dibuang ke dalam kegelapan.

Kehidupan yang masuk dalam suasana rohani pasti memiliki rasa takut akan Tuhan dan ini harta di Sion.
Yesaya 33:6
Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan TUHAN, itulah harta benda Sion.

Mazmur 119:120
Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu.

Kisah Para Rasul 2:44-45
44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama,
45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.

Bisa terjadi persekutuan, terjadi kesatuan sebab mereka satu pengajaran. Mereka melekat pada ajaran yang sama, pada satu pokok anggur yang benar yaitu Tuhan Yesus.
Yohanes 15:1
"Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.

Ada pokok anggur yang lain, yang tidak benar.
Ulangan 32:32-33
32 Sesungguhnya, pohon anggur mereka berasal dari pohon anggur Sodom, dan dari kebun-kebun Gomora; buah anggur mereka adalah buah anggur yang beracun, pahit gugusan-gugusannya.
33 Air anggur mereka adalah racun ular, dan bisa ular tedung yang keras ganas.

Orang yang masuk dalam persekutuan dengan pengajaran yang sudah berbeda yang ditampilkan dalam pemberitaan adalah kepahitan hati. Kalau tidak melekat pada pokok anggur yang benar yang bukan kepunyaan Tuhan akibatnya akan dirusakkan.
Yeremia 5:10
Naiklah ke kebun anggurnya yang bertangga-tangga, rusakkanlah, tetapi jangan membuatnya habis lenyap. Buanglah carang-carang pokok anggurnya, sebab semuanya itu bukan kepunyaan TUHAN!

Sebab pokok anggur mereka:
Ulangan 32:32-36
32 Sesungguhnya, pohon anggur mereka berasal dari pohon anggur Sodom, dan dari kebun-kebun Gomora; buah anggur mereka adalah buah anggur yang beracun, pahit gugusan-gugusannya.
33 Air anggur mereka adalah racun ular, dan bisa ular tedung yang keras ganas.
34 Bukankah hal itu tersimpan pada-Ku, termeterai dalam perbendaharaan-Ku?
35 Hak-Kulah dendam dan pembalasan, pada waktu kaki mereka goyang, sebab hari bencana bagi mereka telah dekat, akan segera datang apa yang telah disediakan bagi mereka.
36 Sebab TUHAN akan memberi keadilan kepada umat-Nya, dan akan merasa sayang kepada hamba-hamba-Nya; apabila dilihat-Nya, bahwa kekuatan mereka sudah lenyap, dan baik hamba maupun orang merdeka sudah tiada.

Kisah Para Rasul 2:46
Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
Setiap hari berada di dalam Bait Allah artinya setiap hari tidak pernah terlepas dari pengaruh hadirat Tuhan sama dengan selalu membawa diri berada pada pengaruh Allah dengan mengutamakan Tuhan dan tidak mementingkan diri sendiri.
Pemakaian Tuhan sesuai dengan yang Tuhan percayakan. Kalau kita memiliki roh takut akan Tuhan kita tidak akan ditakut-takuti Tuhan lagi melainkan kita akan dibawa menjadi sama dengan Tuhan.
Gereja hujan awal selalu melakukan perjamuan kasih setiap hari dari rumah ke rumah. Perjamuan kasih ini bukan perjamuan kudus tetapi makan bersama dari rumah ke rumah. Namun seiring berjalannya waktu, perjamuan kasih ini mulai diselewengkan. Mereka berebutan makanan dan tidak peduli dengan orang yang lain bahkan sudah menodai perjamuan kasih.
Yudas 1:12
Mereka inilah noda dalam perjamuan kasihmu, di mana mereka tidak malu-malu melahap dan hanya mementingkan dirinya sendiri; mereka bagaikan awan yang tak berair, yang berlalu ditiup angin; mereka bagaikan pohon-pohon yang dalam musim gugur tidak menghasilkan buah, pohon-pohon yang terbantun dengan akar-akarnya dan yang mati sama sekali.

2 Petrus 2:13
dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka. Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan. Mereka adalah kotoran dan noda, yang mabuk dalam hawa nafsu mereka kalau mereka duduk makan minum bersama-sama dengan kamu.

I Korintus 11:17-22, 33-34
17 Dalam peraturan-peraturan yang berikut aku tidak dapat memuji kamu, sebab pertemuan-pertemuanmu tidak mendatangkan kebaikan, tetapi mendatangkan keburukan.
18 Sebab pertama-tama aku mendengar, bahwa apabila kamu berkumpul sebagai Jemaat, ada perpecahan di antara kamu, dan hal itu sedikit banyak aku percaya.
19 Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji.
20 Apabila kamu berkumpul, kamu bukanlah berkumpul untuk makan perjamuan Tuhan.
21 Sebab pada perjamuan itu tiap-tiap orang memakan dahulu makanannya sendiri, sehingga yang seorang lapar dan yang lain mabuk.
22 Apakah kamu tidak mempunyai rumah sendiri untuk makan dan minum? Atau maukah kamu menghinakan Jemaat Allah dan memalukan orang-orang yang tidak mempunyai apa-apa? Apakah yang kukatakan kepada kamu? Memuji kamu? Dalam hal ini aku tidak memuji.
33 Karena itu, saudara-saudaraku, jika kamu berkumpul untuk makan, nantikanlah olehmu seorang akan yang lain.
34 Kalau ada orang yang lapar, baiklah ia makan dahulu di rumahnya, supaya jangan kamu berkumpul untuk dihukum. Hal-hal yang lain akan kuatur, kalau aku datang.

Ada yang mengkaburkan Firman Tuhan dan menyebutkan perjamuan kasih itu adalah perjamuan kudus. Dan mengatakan perjamuan dilakukan setiap hari dari rumah ke rumah. Orang yang seperti itu beribadah tetapi sebenarnya sudah membongkar pola ibadah yang dari Tuhan.

Melihat perjamuan kasih yang sudah menyeleweng maka rasul Paulus mengangkat perjamuan kudus, perjamuan malam terakhir Tuhan Yesus Kristus bersama murid-muridNya sebagai teladan yang tidak mementingkan diriNya sendiri. Kita juga harus meneladani Tuhan Yesus dengan praktek memperhatikan orang lain. Seperti jemaat mula-mula kita harus ada bukti hidup di dalam kebersamaan.

Kisah Para Rasul 2:44-45
44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama,
45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
Ini berarti mereka masuk pada perobekan daging sehingga ada roh kebersamaan.

Zefanya 3:9
"Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama TUHAN, beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu.

Kita harus bahu membahu dalam pelayanan dengan gigih untuk mempertahankan pengajaran yang benar,
dan bertekun dalam ibadah/pelayanan sampai Tuhan datang.
I Korintus 15:58
Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Teladani Tuhan Yesus yang sampai menyerahkan nyawaNya.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar