20120912

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 12 September 2012 Pdt. Bernard Legontu




Yehezkiel 37:12-14
12 Oleh sebab itu, bernubuatlah dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel.
13 Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya.
14 Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN."

Bila kita perhatikan Yehezkiel 37:12-28 maka dapat dibagi menjadi 3 tahap:
1.      Ay 12-14: Kuasa kebangkitan, kubur dibuka.
2.      Ay 15-22: Bangsa Israel mengalami pemulihan dari Tuhan, dua kembali menjadi satu.
3.      Ay 23-28: Penggembalaan dan kekuasaan Ilahi.

1.      Kuasa kebangkitan di mana kubur dibuka
Kalau melihat bagian yang pertama sesungguhnya Israel telah hilang dari permukaan bumi sebab mereka bagaikan berada di dalam kubur dan dibangkitkan oleh Tuhan. Ini adalah awal penciptaan Tuhan kembali kepada manusia yang sudah mati ini yaitu Israel. Kita akan melihat dari dua sisi, Israel secara fisik dan kita yang adalah Israel secara rohani.

Pada tahun 135 ketika Pseudo Mesias Barkobar memberontak terhadap bangsa Romawi maka dibunuhlah ± 500.000 orang Israel dan kerjaan Israel benar-benar hilang dari muka bumi ini. Sebelumnya pada tahun 70 Jenderal Titus dari Romawi menyerang Israel dan membunuh 1.100.000 orang Yahudi. Pada waktu pembunuhan itu sampai habis kayu di tebang untuk menyalib mereka. Mengapa hal ini terjadi? Itu karena buah perkataan mereka sendiri. Jadi jangan kita sembarang berbicara sebab itu nanti akan kita alami sendiri.
Mazmur 106:33
sebab mereka memahitkan hatinya, sehingga ia teledor dengan kata-katanya.

Matius 27:25
Dan seluruh rakyat itu menjawab: "Biarlah darah-Nya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kami!"

Kisah Para Rasul 5:28
katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami."
Seharusnya mereka tidak boleh lagi bicara menolak tanggungan atas darah Tuhan Yesus sebab sebelumnya mereka telah berkata begitu. Setelah kejadian ini benar-benar sejarah Israel ditulis dengan darah! Ini pembelajaran bagi kita supaya jangan kita sembarang ngomong, jangan berbicara seenak perut. Sebab bila tidak dicabut dan diselesaikan itu akan menjadi warna kehidupan saudara kelak. Itu sebabnya apa yang negatif yang pernah kita gemakan di masa-masa yang silam saat ini harus dicabut. Mengapa seringkali terlalu mudah mengelurkan kata-kata? Sebab ada kedengkian di dalam hati!

Tuhan memulai penciptaan mulai dari kubur. Berbicara tentang kubur dikatakan akan ada kebangkitan yang sekarang ditunjukkan lewat baptisan air. Jangan mengharapkan penciptaan akan berkesinambungan dalam diri kita kalau tidak mulai dari dalam kubur yaitu baptisan.
Roma 6:3-5
3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?
4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
5 Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.

Kolose 2:12
karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.

Kalau kita sudah jumpa dengan tangan Tuhan yang menciptakan kita maka jangan berhenti pada awal penciptaan Tuhan, teruskan sampai akhir penciptaan Tuhan yaitu sampai terciptanya sepasang nikah antara Kristus dan GerejaNya.

II Korintus 5:17
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Galatia 6:15
Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

Ini adalah awal penciptaan yang ada kaitannya dengan kubur yaitu baptisan air dan tujuan akhir dari penciptaan adalah menampilkan sepasang nikah dan itu yang harus kita kejar. Itu sebabnya setelah berbicara kebangkitan selanjutnya pada tahap kedua dalam Yehezkiel pasal 37 berbicara tentang dua kerajaan yang dijadikan satu. Tuhan telah memulai dengan awal penciptaan dan akan Ia akhiri,
Filipi 1:6
Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

jangan sampai kita hanya ada pada awal penciptaan dan tidak masuk pada akhir penciptaan yaitu tampilnya sepasang nikah.

Sekarang ini kita tidak berteriak seperti orang Yahudi di depan pengadilan Pilatus tetapi dalam praktek hidup kita sebenarnya terlalu nyaring terdengar seruan “salibkan Yesus” artinya kita menolak pekerjaan penciptaan. Tuhan tidak akan berhenti bekerja sampai selesai.
Yohanes 4:34
Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

Tuhan mulai membenahi perempuan yang memiliki dekadensi moral di tepi sumur dan Ia tidak akan pernah berhenti. Di sini ada dua tahap pemulihan yaitu tahap pertama membenahi nikah dan tahap kedua adalah membenahi ibadah. Jadi kalau kita mau mencapai tahap akhir penciptaan maka ibadah kita harus dibenahi.

Galatia 6:15
Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

Pada bagian ketiga dari Yehezkiel 37 akhirnya mereka dibawa pada pemerintahan Daud, bukan menunjuk pada pribadi Daud tetapi menunjuk pada pribadi Tuhan Yesus.

2.      Bangsa Israel mengalami pemulihan dari Tuhan

Bagi Israel jasmani pemulihan ini sedang berjalan. Sejak 1897 terjadi gerakan Sionisme atau gerakan bangsa Yahudi kembali ke Sion. Ada 4 arti nama Sion:
1.      Diangkat
2.      Puing-puing
3.      Banyak sinar matahari
4.      Riang gembira
Jadi kembali ke Sion artinya kembali pada pembenahan puing-puing, kembali pada sinar matahari yang banyak, kembali untuk diangkat, kembali untuk riang gembira.

Pada tahun 1917 Inggris mendukung Israel untuk mendirikan kembali negara Israel. Pada tahun 1918 ada konfrensi Sanremo di mana dibawa mandat Ingris maka orang Yahudi berangsur-angsur kembali ke tanah Israel dan pada tanggal 14 Mei 1948 diproklamasikanlah negara Israel yang tadinya sudah hilang dari permukaan bumi. Pemulihan Israel secara jasmani ini menunjukkan bahwa kita sekarang telah berada pada suasana tengah malam dan pada waktu tengah malam penciptaan sepasang nikah ini akan segera terwujud itu sebabnya terdengar suara: Mempelai datang songsonglah Dia! Itulah Kabar Mempelai yang harus kita perhatikan.
Matius 25:6
Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia!

Nubuatan Firman Tuhan tentang pemulihan Israel.
Yeremia 30:3-7
3 Sebab, sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan memulihkan keadaan umat-Ku Israel dan Yehuda -- firman TUHAN -- dan Aku akan mengembalikan mereka ke negeri yang telah Kuberikan kepada nenek moyang mereka, dan mereka akan memilikinya."
4 Inilah perkataan-perkataan yang telah difirmankan TUHAN tentang Israel dan tentang Yehuda:
5 "Sungguh, beginilah firman TUHAN: Telah kami dengar jerit kegentaran, kedahsyatan dan tidak ada damai.
6 Cobalah tanyakan dan selidiki, adakah laki-laki melahirkan? Mengapakah setiap laki-laki Kulihat tangannya pada pinggangnya seperti seorang perempuan yang melahirkan? Mengapakah setiap muka berubah menjadi pucat?
7 Hai, alangkah hebatnya hari itu, tidak ada taranya; itulah waktu kesusahan bagi Yakub, tetapi ia akan diselamatkan dari padanya.
Yehezkiel 36:24
Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu.
Pada tahun 722 sebelum masehi kerajaan Israel yang 10 suku di tahan dan dibawa ke Asyur dan tidak pernah kembali lagi. 100 tahun kemudian Kerajaan Yehuda yang 2 suku juga ditahan dan dibawa ke Babel dan 70 tahun kemudian mereka kembali. Sekarang ke 10 suku juga berangsur-angsur kembali. Dan meraka semua mulai menyatu.

Yesaya 11:11-13
11 Pada waktu itu Tuhan akan mengangkat pula tangan-Nya untuk menebus sisa-sisa umat-Nya yang tertinggal di Asyur dan di Mesir, di Patros, di Etiopia dan di Elam, di Sinear, di Hamat dan di pulau-pulau di laut.
12 Ia akan menaikkan suatu panji-panji bagi bangsa-bangsa, akan mengumpulkan orang-orang Israel yang terbuang, dan akan menghimpunkan orang-orang Yehuda yang terserak dari keempat penjuru bumi.
13 Kecemburuan Efraim akan berlalu, dan yang menyesakkan Yehuda akan lenyap. Efraim tidak akan cemburu lagi kepada Yehuda, dan Yehuda tidak akan menyesakkan Efraim lagi.

Yesaya 11:11-13 (Terjemahan lama)
11 Maka pada hari itu juga akan jadi, bahwa pada kedua kalinya dihimpunkan Tuhan dengan tangan-Nya dan dijadikan-Nya milik-Nya akan orang yang lagi tinggal dari pada segala umat-Nya, yang lagi tinggal dari pada Asyur yang dari Mesir dan dari Pateros dan dari Kusy dan dari Elam dan dari Sinear dan dari Hamat dan dari pulau-pulau yang di laut.
12 Maka akan didirikan-Nyalah suatu alamat di antara segala orang kafir, dan dihimpunkan-Nyalah dari pada keempat ujung bumi akan segala orang Israel yang sudah dihalau itu, dan dikumpulkan-Nya segala orang Yehuda yang tercerai-berai itu.
13 Maka pada masa itu dengki akan lalu dari pada Efrayim dan cemburuanpun dipadamkan di dalam Yehuda, sehingga Efrayim tiada lagi dengki akan Yehuda dan Yehudapun tiada lagi mengusik akan Efrayim dari karena cemburuannya.

Dari ayat-ayat di atas telihat ternyata faktor penyebab terjadinya perpisahan adalah karena kedengkian, kecemburuan dan suka mengusik satu dengan yang lain. Untuk itu Tuhan mengangkat Hamba Tuhan yang jadi kepercayaan Tuhan untuk menyatukan dan membuat sirna segala kedengkian, kecemburuan dan kesesakkan. Kadangkala justru kepada orang yang diangkat oleh Tuhan untuk menangani itu yang diusik, dicemburui dan kepadanya orang lain mendengki.

Yehezkiel 37:15-16
15 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:
16 "Hai engkau anak manusia, ambillah sepotong papan dan tulis di atasnya: Untuk Yehuda dan orang-orang Israel yang bersekutu dengan dia. Kemudian ambillah papan yang lain dan tulis di atasnya: Untuk Yusuf -- papan Efraim -- dan seluruh kaum Israel yang bersekutu dengan dia.
Ada dua aliansi di sini yang masing-masing diisi oleh tabiat yang tidak baik sehingga membuat mereka tidak bisa menjadi satu. Benar kita telah keluar dari kubur, sudah lahir baru dan mengalami kuasa kebangkitan tetapi hal-hal ini yang harus dibersihkan supaya bisa menjadi satu, bukannya yang satu malah menjadi dua.

Isi hati seperti inilah yang membuat perpecahan dan sering terjadi mulai dari dalam nikah. Kalau tidak luwes di dalam nikah dan terjadi perasaan mau menguasai maka menimbulkan perasaan tidak nyaman sebab telah menyesakkan satu dengan yang lain.

Siapa yang dipercayakan menangani penyatuan ini?
Yehezkiel 37:17
Gabungkanlah keduanya menjadi satu papan, sehingga keduanya menjadi satu dalam tanganmu.

Yang dipercayai Tuhan di sini adalah Yehezkiel. Yehezkiel artinya yang dikuatkan Yehova. Mengapa dia menjadi kuat? Sebab pada dia dipercayakan Firman Pengajaran (sebagai seorang imam)
Yehezkiel 1:3
datanglah firman TUHAN kepada imam Yehezkiel, anak Busi, di negeri orang Kasdim di tepi sungai Kebar, dan di sana kekuasaan TUHAN meliputi dia.

Maleakhi 2:6-7
6 Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.
7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.

dan Firman Nubuatan (sebagai seorang nabi)
Yehezkiel 2:5
Dan baik mereka mendengarkan atau tidak -- sebab mereka adalah kaum pemberontak -- mereka akan mengetahui bahwa seorang nabi ada di tengah-tengah mereka.

2 Petrus 1:19
Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Jadi orang yang dipercaya oleh Tuhan adalah orang yang dikuatkan oleh Yehova sebab memiliki Firman nubuatan dan Firman pengajaran. Kalau benar kita dipercayakan Firman pengajaran dan Firman nubuatan gunanya bukan untuk menceraikan tetapi malah untuk menyatukan.

Yehezkiel 37:18-19
18 Maka kalau teman-teman sebangsamu bertanya kepadamu: Tidakkah engkau bersedia memberitahukan kepada kami, apa artinya ini --
19 katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku mengambil papan Yusuf -- yang dalam tangan Efraim -- beserta suku-suku Israel yang bersekutu dengan dia dan menggabungkannya dengan papan Yehuda dan Aku akan menjadikan mereka satu papan, sehingga mereka menjadi satu dalam tangan-Ku.

Tadinya papan Yusuf ada di tangan Efraim tetapi diambil artinya Firman pengajaran dan Firman Nubuatan itulah yang mengambil/membersihkan Efraim beserta 10 suku supaya bisa satu. Kalau saat Firman pengajaran dan nubuatan itu mau membersihkan dan bila kita mau membuka hati maka kita bisa menjadi satu.

Dua pihak ini menunjukkan dua karakter yang berbeda. Yehuda lebih mudah untuk menyerah sedangkan Efraim lebih keras dan sulit untuk menyatu. Sayangnya lebih banyak umat Tuhan yang bersikap seperti Efraim. Bagaimana karakter Efraim?
Pada Yehuda dan aliansinya tanpa paksa mereka sendiri yang menyerahkan papan yang gambaran-gambarannya adalah sikap (tabiat) mereka.
Yesaya 11:12-13
12 Ia akan menaikkan suatu panji-panji bagi bangsa-bangsa, akan mengumpulkan orang-orang Israel yang terbuang, dan akan menghimpunkan orang-orang Yehuda yang terserak dari keempat penjuru bumi.
13 Kecemburuan Efraim akan berlalu, dan yang menyesakkan Yehuda akan lenyap. Efraim tidak akan cemburu lagi kepada Yehuda, dan Yehuda tidak akan menyesakkan Efraim lagi.

Panji adalah sesuatu yang ditampilkan secara terbuka yang sekarang ini menunjuk Firman Allah dalam pembukaannya. Panji itu diangkat melebihi dari yang ada disekitarnya artinya pembukaan Firman Allah diperdengarkan di mana supaya menarik perhatian banyak orang dan menjadi alamat yang tepat. Panji itu juga adalah pesan singkat dan khusus. Dikatakan pesan khusus sebab hanya ditujukan kepada calon mempelaiNya. Ingat bahwa adanya pembukaan rahasia Firman adalah untuk mendorong kita masuk pada persiapan kegenapan waktu, berarti waktu sudah singkat!
Efesus 1:8-10
8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Kalau kita mendengar pembukaan rahasia Firman Allah berarti kita mendapat perhatian spesial dari Tuhan untuk kita didorong masuk dalam kegenapan waktu, kalau ada yang tidak mau menerima maka akan membayar dengan darahnya sendiri.

Ada dua tabiat negatif Efraim yang menonjol yaitu dengki dan cemburu. Dengki berbeda dengan iri. Iri itu ingin mempunyai seperti apa yang orang lain miliki. Dengki artinya ingin menghancurkan apa yang orang lain miliki. Tabiat negatif Yehuda adalah suka mengusik. Hanya kuasa Firman pengajaran dan Firman nubuatan yang sanggup melepaskan sifat dengki dan cemburu ini.

Yehezkiel 37:18-19
18 Maka kalau teman-teman sebangsamu bertanya kepadamu: Tidakkah engkau bersedia memberitahukan kepada kami, apa artinya ini --
19 katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku mengambil papan Yusuf -- yang dalam tangan Efraim -- beserta suku-suku Israel yang bersekutu dengan dia dan menggabungkannya dengan papan Yehuda dan Aku akan menjadikan mereka satu papan, sehingga mereka menjadi satu dalam tangan-Ku.
Yang diambil adalah papan Efraim sedangkan papan Yehuda tidak perlu diambil sebab sudah ada ditangan Tuhan sebelumnya. Berarti Yehuda dengan sukarela telah menyerahkan papannya. Sekalipun kita seperti Efraim yang memiliki banyak sifat yang tidak terpuji tetapi kalau mau dikuasai oleh Firman pengajaran dan Firman nubuatan maka masih ada harapan untuk dilepaskan.

Dalam Maleakhi dikatakan Imam tidak bisa lepas dari pengajaran tetapi sangat disayangkan ada imam yang membuat umat tergelincir sebab imam ini sudah membongkar janji Allah dengan mereka


Maleakhi 2:8-9
8 Tetapi kamu ini menyimpang dari jalan; kamu membuat banyak orang tergelincir dengan pengajaranmu; kamu merusakkan perjanjian dengan Lewi, firman TUHAN semesta alam.
9 Maka Aku pun akan membuat kamu hina dan rendah bagi seluruh umat ini, oleh karena kamu tidak mengikuti jalan yang Kutunjukkan, tetapi memandang bulu dalam pengajaranmu.

Kalau membongkar janji Tuhan maka sama dengan memposisikan diri sebagai musuh Tuhan.
Hosea 8:1-3
1 Tiuplah sangkakala! Serangan laksana rajawali atas rumah TUHAN! Oleh karena mereka telah melangkahi perjanjian-Ku dan telah mendurhaka terhadap pengajaran-Ku.
2 Kepada-Ku mereka berseru-seru: "Ya Allahku, kami, Israel mengenal Engkau!"
3 Israel telah menolak yang baik -- biarlah musuh mengejar dia!

Tuhan Yesus menggambarkan keadaan Israel khususnya Yerusalem secara jasmani dan juga menggambarkan keadaan rohani kita sebagai Israel yang rohani.
Lukas 21:20-21, 24
20 "Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat.
21 Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota,
24 dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu."

Keadaan Yerusalem:
1.      Keruntuhan Yerusalem
2.      Di tawan oleh bangsa kafir
3.      Penguasaan bangsa kafir terhadap Yerusalem
4.      Akhir penguasaan bangsa kafir

Seringkali kondisi rohani umat Tuhan lebih banyak berada pada 3 poin yang pertama.
1.      Keruntuhan Yerusalem
Kita ini digambarkan oleh Tuhan bagaikan Yerusalem. Jangan biarkan suasana Yerusalem itu runtuh. Jangan biarkan damai sejahtera itu runtuh. Kalau damai sejahtera itu dibiarkan runtuh maka akan menjadi bencana kelak. Secara jasmani Israel benar-benar runtuh. Pada tahun 135 mereka benar-benar dibinasakan sehingga hanya tertinggal 70KK orang Yahudi yang miskin dan melarat di dalam kota Yerusalem. Jangan biarkan rohani runtuh sehingga gagal masuk dalam persekutuan di kota Yerusalem Baru. Secara rohani kita sudah ada di Yerusalem sorgawi, jangan sampai runtuh!
Ibrani 12:22
Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,

2.      Ditawan oleh bangsa Kafir
Ditawan oleh bangsa Kafir berarti menjadi hamba bangsa Kafir. Sebenarnya bangsa Israel adalah hamba-hamba Allah.
Imamat 25:55
Karena pada-Kulah orang Israel menjadi hamba; mereka itu adalah hamba-hamba-Ku yang Kubawa keluar dari tanah Mesir; Akulah TUHAN, Allahmu."

Kerinduan Tuhan adalah menjadikan Israel sebagai hambaNya tetapi kerinduan hati ini tidak disambut oleh bangsa Israel, mereka tidak mau menjadi hamba-hamba Allah. Oleh korban Kristus kita telah diangkat menjadi imam-imam berarti menjadi hamba-hamba Allah, jangan biarkan Tuhan bertepuk tangan sebelah sebab kita menolak untuk melayani Tuhan. Keterlaluan kalau kita tidak mau melayani Tuhan. Kalau tidak mau menjadi hamba Tuhan akibatnya menjadi hamba musuh artinya masuk dalam siksaan antikris.

Bandingkan:
2 Tawarikh 12:8
Tetapi mereka akan menjadi hamba-hambanya, supaya mereka tahu membedakan antara mengabdi kepada-Ku dan mengabdi kepada kerajaan-kerajaan duniawi."

Yesaya 60:12
Sungguh, bangsa dan kerajaan yang tidak mau mengabdi kepadamu akan lenyap; bangsa-bangsa itu akan dirusakbinasakan.



Ulangan 28:47-48
47 "Karena engkau tidak mau menjadi hamba kepada TUHAN, Allahmu, dengan sukacita dan gembira hati walaupun kelimpahan akan segala-galanya,
48 maka dengan menanggung lapar dan haus, dengan telanjang dan kekurangan akan segala-galanya engkau akan menjadi hamba kepada musuh yang akan disuruh TUHAN melawan engkau. Ia akan membebankan kuk besi ke atas tengkukmu, sampai engkau dipunahkan-Nya.

Kalau seseorang mau menjadi hamba Allah maka tidak akan ada dengki, cemburu dan kesesakan sebab dia menyerah sepenuhnya kepada Tuhan.

3.      Penguasaan bangsa kafir terhadap Yerusalem
Di sini benar-benar yang dominan dalam Yerusalem adalah kekafiran artinya di dalam gereja benar-benar yang dominan adalah kekafiran dan peran rohani di dalam gereja mulai berkurang bahkan sama sekali tidak ada lagi. Kekuatan untuk menggusur peran-peran rohani dalam gereja akan lebih kuat di akhir zaman ini tetapi dengan pembukaan rahasia Firman Allah kita dorong untuk masuk pada kegenapan waktu persekutuan Kepala dan Tubuh yaitu persekutuan Kristus dengan gereja.

4.      Akhir penguasaan bangsa kafir
Kekuasaan Tuhan tidak akan pernah berakhir, tetapi kalau menggalakkan kekuasaan kafir maka pasti akan berakhir, sebab Firman itu kekal dan orang yang melakukan Firman Allah akan kekal.
1 Yohanes 2:17
Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Ketika Tuhan mengerjakan pemulihan terhadap Israel dan gereja Tuhan maka akan diserang oleh Gog dan Magog. Mereka mau menghadang supaya jangan kita masuk pada pembentukan tubuh Kristus.

Biarlah kita mau menghambakan diri kepada Tuhan.
Imamat 25:55, 42
55 Karena pada-Kulah orang Israel menjadi hamba; mereka itu adalah hamba-hamba-Ku yang Kubawa keluar dari tanah Mesir; Akulah TUHAN, Allahmu."
42 Karena mereka itu hamba-hamba-Ku yang Kubawa keluar dari tanah Mesir, janganlah mereka itu dijual, secara orang menjual budak.

Dahulu Israel yang telah menjadi hamba Tuhan tetapi mereka meninggalkan Tuhan dan mengikuti dewa kesia-siaan artinya mengikuti kekerasan hati mereka sehingga Tuhan bertanya kepada Israel
Yeremia 2:5
Beginilah firman TUHAN: Apakah kecurangan yang didapati nenek moyangmu pada-Ku, sehingga mereka menjauh dari pada-Ku, mengikuti dewa kesia-siaan, sampai mereka menjadi sia-sia?

Mikha 6:3
"Umat-Ku, apakah yang telah Kulakukan kepadamu? Dengan apakah engkau telah Kulelahkan? Jawablah Aku!

Dahulu umat Israel ditebus hanya dengan darah binatang tetapi sekarang kita ditebus dengan korban Kristus supaya kita menjadi hamba-hamba Allah. Karena Israel tidak mau menjadi hamba Tuhan maka mereka digiring ke Babel dan merasakan penderitaan menjadi hamba dari manusia. Kalau sekarang tetap tidak mau melayani Tuhan sebagai hambaNya maka pasti akan digiring dalam 3,5 tahun aniaya antikris dan merasakan siksaan karena diperbudak oleh antikristus. Jangan sampai hal ini terjadi pada kita.

Biarlah kita mau dibenahi dan dibersihkan sehingga bisa menjadi satu. Setelah menjadi satu papan satu nama.
Yohanes 17:11-12, 21-23
17:11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.
17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.
17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

maka Tuhan mengatakan: Aku akan mengangkat Daud menjadi gembalamu untuk selama-lamanya. Ini hanya dikaruniakan kepada orang yang mau menjadi hamba dan tidak diberikan kepada orang yang keras hati.
Jangan sampai kita bermain-main dalam pelayanan sebab apa yang kita kerjakan suatu saat akan kita pertanggung jawabkan kepada Tuhan.
Roma 14:12
Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.

2 Korintus 5:10
Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar