20130728

Kebaktian Umum, Minggu28 Juli2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Mempelai Pria Sorga yang kita nanti-nantikan.

I Raja-raja 9:1-3
1 Ketika Salomo selesai mendirikan rumah TUHAN dan istana raja dan membuat segala yang diinginkannya,
2 maka TUHAN menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya seperti Ia sudah menampakkan diri kepadanya di Gibeon.
3 Firman TUHAN kepadanya: "Telah Kudengar doa dan permohonanmu yang kausampaikan ke hadapan-Ku; Aku telah menguduskan rumah yang kaudirikan ini untuk membuat nama-Ku tinggal di situ sampai selama-lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa.

Raja Salomo mendapat penglihatan 2 kali di mana Tuhan menampakkan diri. Penglihatan pertama ketika dia pergi ke gunung Gibeon. Di sana ada Tabernakel yang dibuat oleh bangsa Israel bersama Musa. Setelah dia mempersembahkan korban 1000 ekor maka Tuhan menampakkan diri.
I Raja-raja 3:5
Di Gibeon itu TUHAN menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi pada waktu malam. Berfirmanlah Allah: "Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu."

Pada penampakkan Tuhan yang pertama, Salomo yang meminta dan Tuhan siap memberi. Lokasi pertemuan adalah dalam kemah pertemuan/Tabernakel.
II Tawarikh 1:3
Lalu pergilah Salomo bersama-sama dengan segenap jemaah itu ke bukit pengorbanan yang di Gibeon, sebab di situlah Kemah Pertemuan Allah yang dibuat Musa, hamba TUHAN itu, di padang gurun.

I Raja-raja 3:4
Pada suatu hari raja pergi ke Gibeon untuk mempersembahkan korban, sebab di situlah bukit pengorbanan yang paling besar; seribu korban bakaran dipersembahkan Salomo di atas mezbah itu.
Salomo mempersembahkan korban bakaran 1000 ekor. Artinya untuk mendapatkan lawatan Tuhan yang indah dan manis maka Salomo menghargai setinggi-tingginya korban bakaran, iniadalahgambaranmenghargaisetinggi-tingginyakorbanKristus. Untuk kita tidak perlu 1000, cukup 1. Kalau kita mau melihat dan jumpa dengan Tuhan baik secara pribadi maupun secara komunitas bersama maka syarat mutlak kita harus menghargai setinggi-tingginya korban Kristus.

Kita bisa berkumpul bersama tetapi ada perbedaan-perbedaan kita menanggapi penampakkan Tuhan lewat Firman pengajaran. Ada yang justru tidak paham ketika Firman Tuhan dipaparkan sehingga kurang antusias dalam menanggapi Firman Tuhan. Terutama anak-anak muda remaja yang tidak serius saat mendengarkan Firman Tuhan. Hati-hati anak muda remaja sebab kalau terus demikian akan berhadapan dengan antikristus sebab usiamu akan mencapai masa itu.

Saat Firman Tuhan dikumandangkan itu sebenarnya bersamaan dengan Tuhan Yesus menampakkan diri di tengah-tengah gerejaNya.
I Samuel 3:21
Dan TUHAN selanjutnya menampakkan diri di Silo, sebab Ia menyatakan diri di Silo kepada Samuel dengan perantaraan firman-Nya.

Pada penampakkan pertama ini Salomo meminta dan Tuhan memberi. Apa yang Tuhan berikan?
I Raja-raja 3:12
maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorang pun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorang pun seperti engkau.

Kalau dikaitkan dengan pembukaan rahasia Firman, rahasia Firman dibuka oleh hikmat Tuhan. Jadi yang diminta oleh Salomo untuk kita sekarang adalah meminta pembukaan rahasia Firman. Kalau Tuhan tidak membukakan rahasia Firman lewat hikmatNya bagaimana kita bisa tahu rahasia hubungan Kristus dengan gerejaNya.

Bersamaan dengan hikmat Tuhan memberikan pengertian kepada Salomo. Untuk kita sekarang bukan hanya pembukaan rahasia Firman tetapi Tuhan juga memberikan pengertian kepada kita. Sebab apa gunanya pembukaan Firman kalau kita tidak memiliki pengertian.
I Yohanes 5:20
Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.
Jadi diberikan hikmat/pembukaan rahasia Firman Allah dan pengertian supaya kita mengerti kebenaranNya dan tidak melenceng dari itu. Kalau kita ada perhatian terhadap pembukaan Firman maka Tuhan memberi pengertian sehingga bisa memilih mana yang benar dan mana yang salah.

Tuhan menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kali dan yang terakhir, sesudah itu tidak ada lagi. Artinya tidak untuk selamanya Tuhan menampakkan diri lewat pembukaan rahasia FirmanNya kepada kita. Suatu saat kita tidak bisa mendengar pembukaan rahasia Firman lagi.

Pada penampakkan Tuhan yang kedua kepada Salomo bukan lagi Salomo yang meminta tetapi Tuhan yang meminta dan Salomo harus memberi.
I Raja-raja 9:2-4
2 maka TUHAN menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya seperti Ia sudah menampakkan diri kepadanya di Gibeon.
3 Firman TUHAN kepadanya: "Telah Kudengar doa dan permohonanmu yang kausampaikan ke hadapan-Ku; Aku telah menguduskan rumah yang kaudirikan ini untuk membuat nama-Ku tinggal di situ sampai selama-lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa.
4 Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dengan tulus hati dan dengan benar, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku,

Sebagai bukti bahwa Tuhan hadir di tengah-tengah kita, ada sikap-sikap yang harus kita lakoni supaya kehadiran Tuhan itu langgeng dan tidak hanya sewaktu-waktu.

Kerinduan hati Tuhan untuk diam di tengah-tengah kita dan kerinduan hati Tuhan itu harus kita tanggapi dengan serius seperti permintaan Tuhan kepada kita. Kalau Salomo bermain-main dengan keseriusan Tuhan untuk diam di tengah-tengah umatNya maka akan ada orang lewat yang bersiut mengejek karena Tuhan meninggalkan baitNya.

Penampakkan Tuhan yang kedua ini bukan di dalam Tabernakel namun terjadi di dalam Bait Allah ketika Bait Allah selesai dibangun dan Tabernakel sudah dibawa masuk ke dalam Bait Allah.
1 Tawarikh 22:19 Perintah
22:19 Makasekarang, arahkanlahhatidanjiwamuuntukmencari TUHAN, Allahmu.Mulailahmendirikantempat kudus TUHAN, Allah, supayatabutperjanjian TUHAN danperkakas kudus Allah dapatdibawamasukkedalamrumah yang didirikanbaginama TUHAN."

2 Tawarikh 5:3 Prakteknya
5:3 Makapadahariraya di bulanketujuhberkumpullah di hadapan raja semuaorang Israel.

Allah telah menyatakan kesediaan hatiNya untuk diam di tengah-tengah kita dan ada 3 hal sebagai pembukti nyata Tuhan diam di tengah-tengah umatNya.
I Raja-raja 9:3
Firman TUHAN kepadanya: "Telah Kudengar doa dan permohonanmu yang kausampaikan ke hadapan-Ku; Aku telah menguduskan rumah yang kaudirikan ini untuk membuat nama-Ku tinggal di situ sampai selama-lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa.

1.      Nama-Ku
Dengan Nama Tuhan ini kita bisa menang atas trio iblis. Sekarang ini gereja Tuhan berhadapan dengan angkara murkanya trio iblis. iblis bekerja keras sebab kesempatan baginya sudah mau berakhir. Dia tidak mau kesempatannya berakhir sehingga dia mau menghambat gereja Tuhan untuk mencapai kesempurnaan. Sebab kalau gereja Tuhan mencapai kesempurnaan maka tamatlah riwayat trio iblis.

Kapan nama Tuhan ini dimeteraikan pada kita?
Mulai dari saat kanak-kanak ketika diserahkan, kemudian saat dibaptis dan saat menikah nama Tuhan itu dimeteraikan dalam kehidupan kita. Ini bukan hanya upacara biasa tetapi itu sakral. Mari kita jaga nama Tuhan ini sebab pada kedatangan Tuhan pada kali yang kedua nama ini sangat misterius. Nama Tuhan yang dimeteraikan kepada kita tujuannya untuk memberikan kemampuan dalam penyucian.
Mazmur 111:9
Dikirim-Nya kebebasan kepada umat-Nya, diperintahkan-Nya supaya perjanjian-Nya itu untuk selama-lamanya; nama-Nya kudus dan dahsyat.

Kekuatan nama Tuhan ini dahsyat untuk menyucikan dan untuk memangkas serta menghancurkan ranjau yang ditebar oleh trio iblis. Ini yang Tuhan karuniakan sebagai pembuktian Tuhan ada di tengah-tengah gereja Tuhan.

Nama Tuhan ini dikaruniakan kepada kita supaya memiliki kekuatan yang dahsyat untuk memberikan kita kemenangan menghadapi trio iblis yaitu iblis, antikris dan nabi palsu.
Filipi 2:8-11
8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Kalau kita dikaruniai nama Tuhan karena Tuhan tahu kita berhadapan dengan trio iblis, utamanya iblis yang menjadi sumber dari segala masalah, yang menjadi penyebab manusia dalam derita sengsara. Dengan nama Tuhan maka sumber masalah ini dikalahkan sehingga sukacita hadir dalam kehidupan kita karena nama Tuhan memberikan kemenangan dan juga perlindungan.
Mazmur 91:14
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Kalau tidak menghargai nama Tuhan dan menganggap nama Tuhan itu sama dengan nama-nama yang lain berarti sama dengan membuat hidup telanjang dan terbuka untuk diterkam oleh kuasa kegelapan (binatangbuas/ antikris). Dalam sikap kita mendengar Firman tunjukkan sikap bahwa kita menghargai nama itu.

2.      Mata-Ku
Mata Tuhan ada di situ berarti perhatian Tuhan kepada kita sangat serius. Ketika kita diganggu mata Tuhan melihat dan Tuhan akan beracara. Dengan kata lain ini adalah perhatian Tuhan yang ajaib sekaligus perlindunganNya yang ajaib.
II Tawarikh 16:9
Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. Dalam hal ini engkau telah berlaku bodoh, oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan."

Pada waktu menghadapi pasukan yang banyak raja Asa bersandar kepada Tuhan sehingga Tuhan memberikan kemenangan. Tetapi saat menghadapi pasukan yang sedikit dia melepaskan Tuhan dan mencari pertolongan pada negara tetangga. Akibatnya persoalan bukannya terselesaikan tetapi malah bertambah sebab tidak dipagari dan dilindungi oleh Tuhan. Ketika nabi Hanani menegurnya raja Asa malah sakit hati dan mendongkol akhirnya dia menderita sakit pada kakinya dan dia tidak mencari pertolongan dari Tuhan malah mencari tabib-tabib dan dia mati dengan penyakitnya itu.

Ketika kita tidak menghargai mata Tuhan melihat kitasupayamencaripertolonganpadaNya,dankita mencari pertolongan dari orang lain maka itu sama dengan melecehkan Tuhan.

Tuhan memberikan pengajaran dalam Alkitab supaya kita mengambil hikmahnya agar kita tidak meniru kegagalan tetapi meniru keberhasilan, yang mana keberhasilan itu terkait mata dan nama Tuhan.

Biarlah kita selalu mencari pertolongan dari Tuhan dan yakinlah nama Tuhan ada di atas kita sekaligus mata Tuhan melihat kondisi kita. Kalau memiliki kepercayaan bahwa mata Tuhan ada di atas kita maka ketika diperhadapkan dengan masalah kita berteriak kepada Tuhan: “Tuhan mataMu melihat keadaanku, tolong saya”.

Kalau nama Tuhan menyucikan maka mata Tuhan untuk mencari apa yang tersembunyi di dalam hati. Tujuannya supaya kita mengakui kesalahan kepada Tuhan dan jangan malah disembunyi seperti Efraim.
Hosea 13:12
Kesalahan Efraim dibungkus, dosanya disimpan.

Jangan membungkus dosa dengan opini, dengan alibi dan sebagainya padahal tidak ada yang tersamar di mata Tuhan.
Ibrani 4:13
Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.

Untuk apa kita menyembunyikan diri sebab semua telanjang di mata Tuhan. Tujuan kita mengetahui ini supaya kita mempercayakan diri kepada Tuhan. Kalau mau masuk ke dalam kesempurnaan maka tulus dan jujur saja kepada Tuhan supaya ditetesi dengan darahNya sehingga kita melekat dengan Tuhan dan kelak kita diluputkan oleh Tuhan dari semburan air yang keluar dari mulut ular naga.
Wahyu 12:15
12:15 Laluularitumenyemburkandarimulutnya air, sebesarsungai, kearahperempuanitu, supayaiadihanyutkansungaiitu.

Alangkah baiknya kalau kita jujur, suami jujur kepada istri dan sebaliknya, jemaat jujur kepada gembala dan sebaliknya. Kejujuran ini yang Tuhan tekankan. Mulai jujur dalam pengajaran.
Titus 2:10
jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.

Hamba Tuhan harus mempercayakan diri sepenuh kepada Tuhan. Hamba Tuhan tidak boleh kredit apapun, membangun rumah Tuhan tidak boleh kredit. Kalau seperti itu berarti tidak percaya dengan mata Tuhan yang memperhatikan. Kita ini dibeli oleh Tuhan dengan harga tunai, tidak kredit. Tuhan Yesus dalam derita sengsaraNya dan di atas kayu salib tidak ada berhenti untuk beristirahat lalu kembali untuk disalib.

3.      Hati-Ku
Yang ketiga ini menunjukkan Tuhan lebih serius lagi. Berarti belas kasihan Tuhan terhadap umatNya lebih dalam, lebih terasa, lebih nikmat lagi.

Contoh bagaimana hati Tuhan tertuju kepada umatNya.
Markus 8:1-2
1 Pada waktu itu ada pula orang banyak di situ yang besar jumlahnya, dan karena mereka tidak mempunyai makanan, Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata:
2 "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan.

Orang banyak ini 3 hari mengikut Tuhan. Seandainya 3 hari ini mereka gunakan untuk memburu perkara yang jasmani sudah berapa banyak keuntungan financial yang mereka dapatkan. Di sini mereka membuktikan bahwa Firman penggembalaan itu yang nomor satu sehingga hati Tuhan jatuh belas kasihan.Jadi hati Tuhan yang berbelas kasihan itu wilayahnya di dalam penggembalaan. Di luar penggembalaan kita tidak akan melihat hati yang penuh belas kasihan. Mereka mendahulukan Firman dari pada mencari makanan. Apalah artinya keuntungan yang kita peroleh kalau kita tidak menerima hati Tuhan yang berbelas kasihan.

Markus 8:3
Dan jika mereka Kusuruh pulang ke rumahnya dengan lapar, mereka akan rebah di jalan, sebab ada yang datang dari jauh."
Tuhan tidak menutup hati, Ia membuka hati kepada sidang jemaat di dalam penggembalaan yang mengutamakan Firman di atas segala-galanya. Hati Tuhan tergerak melihat itu dan memberikan pelayanan 7 roti. Angka 7 adalah angka kesempurnaan. Artinya ketika kita benar-benar menaruh Firman sebagai urutan pertama maka ada harapan untuk mencapai kesempurnaan.

Kalau penggembalaan Tuhan ini tidak kita hargai maka kelak Tuhan akan datang pada kali yang kedua dalam status sebagai gembala tetapi dengan gada besi untuk menghancurkan.
Wahyu 19:15
Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.

Tetapi yang kita nantikan kedatangan Tuhan sebagai gembala bukan untuk dihancurkan tetapi untuk mendapatkan penggembalaan yang membawa kita untuk menikmati mata air kehidupan.
Wahyu 7:17
Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."

Sekarang air mata kita boleh bercucuran tetapi kalau kita menghargai penggembalaan maka satu waktu Tuhan akan menghapus air mata kita. Kalau tidak menghargai penggembalaan Tuhan lewat Firman yang murni maka nanti kita akan diserahkan pada penggembalaan gembala pandir.

Kalau hati Tuhan ada pada kita, berarti kita ada pada penggembalaan Tuhan, maka kita akan mengagungkan Tuhan.
Wahyu 19:16
Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan.
Kalau kitatidak berada dalam penggembalaan yang benar makapenampilan Tuhan dalam keagungannya tidak akan berkurang tetapi kehidupan tersebut akan terkejut, akan ditegur oleh Tuhan tetapi sudah terlambat.Kalau sekarang sekalipun ada yang tidak mengagungkan Tuhan maka keabsaan nama Tuhan tidak akan turun sedikitpun pun.
Maleakhi 1:6
Seorang anak menghormati bapanya dan seorang hamba menghormati tuannya. Jika Aku ini bapa, di manakah hormat yang kepada-Ku itu? Jika Aku ini tuan, di manakah takut yang kepada-Ku itu? firman TUHAN semesta alam kepada kamu, hai para imam yang menghina nama-Ku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menghina nama-Mu?"

Kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang kedua disertai dengan 12 tanda di dalam diriNya. Antara lain adalah keagunganNya.
Wahyu 19:11
Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil.
1)      Tuhan Yesus menunggang kuda putih.
Kuda lambang kuasa Roh Kudus; putih lambang kebenaran dan kesucian Allah. Kalau sekarang ini menolak kebenaran kesucian Tuhan, menolak kuasa Roh Kudus maka ketika Ia datang orang tersebut akan tekejut.

2)      GelarNya adalah Yang Setia dan Yang Benar
Gelar ini pernah ditujukan kepada jemaat Laodekia. Ada yang setia tetapi tidak dalam kebenaran, ada yang benar tetapi tidak setia. Jadi setia itu bagaikan anak kembar siam dan tidak boleh dipisahkan. Allah itu setia dan benar.
II Timotius 2:13
jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya."

Contoh di dalam Alkitab yang setia tetapi tidak hidup dalam kebenaran adalah anak sulung.
Lukas 15:28-32
28 Maka marahlah anak sulung itu dan ia tidak mau masuk. Lalu ayahnya keluar dan berbicara dengan dia.
29 Tetapi ia menjawab ayahnya, katanya: Telah bertahun-tahun aku melayani bapa dan belum pernah aku melanggar perintah bapa, tetapi kepadaku belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing untuk bersukacita dengan sahabat-sahabatku.
30 Tetapi baru saja datang anak bapa yang telah memboroskan harta kekayaan bapa bersama-sama dengan pelacur-pelacur, maka bapa menyembelih anak lembu tambun itu untuk dia.
31 Kata ayahnya kepadanya: Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu.
32 Kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali."

Setia tetapi banyak komentar itu sama dengan kesetiaan anak sulung, setia tetapi tidak benar. Ketika adiknya datang dia banyak berkomentar salahdenganmenyalahkanbapanya/ membantah. Akhirnya ketika bapa menggelar pesta anak sulung itu ada di luar pesta.

3)      TindakanNya berperang dengan adil
Kalau Tuhan mau memerangi atau mau menghakimi dan menjatuhkan hukuman, Dia tidak bertindak hanya sesuai laporan orang. Tuhan datang turun memeriksa. Apakah Tuhan tidak tahu walaupun berada di Sorga? Tuhan tahu tetapi ini membuktikan bahwa Tuhan berperang dengan adil.
Kejadian 11:5,7
5 Lalu turunlah TUHAN untuk melihat kota dan menara yang didirikan oleh anak-anak manusia itu,
7 Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing."

Dua kali Tuhan turun, turun pertama untuk menyelidik  turun kedua untuk menghancurkan. Tuhan tidak menghukum hanya dari mendengar perkataan orang lain.
Kejadian 18:21
Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya."

Yesaya 11:3-4
3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.
4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.

4)      MataNya
MataNyaSepertinyalaapiartinya:
Ibrani 4:13
Dan tidakadasuatumakhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebabsegalasesuatutelanjangdanterbukadi depanmataDia, yang kepada-Nyakitaharusmemberikanpertanggunganjawab.

Janganmenyembunyikandosasepertidalam:
Hosea 13:12
KesalahanEfraimdibungkus, dosanyadisimpan.

5)      Banyak Mahkota di atas kepalaNya
Wahyu 19:12
Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri.

Paling kurang ada tiga mahkota Tuhan:
a)      Diadema = mahkota yang diterima sebagai ahli waris
b)      Stepanos = mahkota yang diterima hasildarikemenangandalampeperangan (cobaan)
c)      Mempelai wanita Tuhan sebagai mahkotanya
Amsal 12:14
Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya.

Kalau istri cakap menjadi mahkota suami dan suami akan dihormati, tidak akan dicemoh karena istri tahu membawa diri.

6)      NamaNya
Mazmur 111:9
Dikirim-Nyakebebasankepadaumat-Nya, diperintahkan-Nyasupayaperjanjian-Nyaituuntukselama-lamanya; nama-Nyakudusdandahsyat.

Dahsyatdalammenyucikan
Filipi 2:9-11
2:9 Itulahsebabnya Allah sangatmeninggikanDiadanmengaruniakankepada-Nyanama di atassegalanama,
2:10 supayadalamnamaYesusbertekuklututsegala yang ada di langitdan yang ada di atasbumidan yang ada di bawahbumi,
2:11 dansegalalidahmengaku: "YesusKristusadalahTuhan," bagikemuliaan Allah, Bapa!

7)      JubahNya terpercik darah
Tujuan utama darah itu untuk menebus kita, untuk menghapus dosa kita, untuk membeli kita. Tetapi kali ini untuk menjatuhkan hukuman bagi orang yang tidak menghargai korban Kristus. Dijauhkan Tuhan jangan terjadi dalam kehidupan kita.
Yesaya 63:1-3
1 "Siapa dia yang datang dari Edom, yang datang dari Bozra dengan baju yang merah, dia yang bersemarak dengan pakaiannya, yang melangkah dengan kekuatannya yang besar?" "Akulah yang menjanjikan keadilan dan yang berkuasa untuk menyelamatkan!"
2 "Mengapakah pakaian-Mu semerah itu, dan baju-Mu seperti baju pengirik buah anggur?"
3 "Aku seorang dirilah yang melakukan pengirikan, dan dari antara umat-Ku tidak ada yang menemani Aku! Aku telah mengirik bangsa-bangsa dalam murka-Ku, dan Aku telah menginjak-injak mereka dalam kehangatan amarah-Ku; semburan darah mereka memercik kepada baju-Ku, dan seluruh pakaian-Ku telah cemar.

Kalau sekarang ini tujuan percikan darah untuk mendamaikan kitadengan Allah tidak diperhatikan maka suatu saat darah orang itu akan dicurahkan. Jangan kita mempermainkan darah Kristus Yesus, sebab hanya darah ini yang bisa mengampuni kita. Darah yang dimiliki oleh nama Yesus, itulah nama di atas segala nama dan hanya oleh nama inilah manusia di kolong langit ini bisa selamat. Sehebat apapun cara ibadah tetapi tanpa nama Yesus, tanpa darah Yesus tidak ada keselamatan.

8)      PengiringNya sama menunggang kuda putih
Inilah kehidupan yang telah dibenarkan dan disucikan dan didorong oleh kekuatan Roh Kudus. Kuasa Roh Kudus yang menggerakkannya dalam kecepatan penuh bersama-sama dengan Yesus.

9)      Dari mulutNya keluar pedang terhunus
Ibrani 4:12
Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Dulu pedang ini untuk menyucikan gereja Tuhan tetapi kali ini pedang itu berubah fungsi untuk membunuh manusia/ memerangimanusia.

10)  Di tanganNya ada gada besi, Ini menunjuk kehancuran total

11)  Kakinya menginjak-injak musuh. Jadi musuh menjadi alas kakiNya.
Ibrani 10:13
dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kaki-Nya.

Zakharia 10:5
Maka mereka akan seperti pahlawan yang menginjak-injak musuh seakan-akan itu lumpur di jalan; mereka akan berperang, sebab TUHAN menyertai mereka, dan mereka akan membuat malu orang-orang yang mengendarai kuda.
Kuda di sini dalam pengertian daging.

12)  Kebesarannya

Marilah kita gereja Tuhan dipenghujung akhir zaman menantikan Tunan dengan 12 tanda ini. 3 tanda yaitu nama Tuhan, mata Tuhan, hati Tuhan, itu sudah cukup sebagai bukti bahwa Tuhan ada bersama dengan kita. Tuhan datang bukan untuk memerangi kita dengan pedang di mulutNya, bukan untuk menginjak-injak, bukan untuk membuat darah kita menyembur tetapi Tuhan datang untuk menjemput Mempelai WanitaNya yang adalah mahkotanya Tuhan. Biarlah saudara menjadi mahkotanya Tuhan Yesus.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar