20201220

Kebaktian Umum, Minggu 20 Desember 2020 Pdt. Bernard Legontu

Salam damai sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

 

Wahyu 12:1-2

12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

12:2 Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.

12:3 Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.

 

Ada 2 tanda di langit yang berbeda suasana. Tanda pertama seorang wanita atau seorang ibu dalam keadaan hamil tua dan saatnya untuk melahirkan. Secara hurufiah memang ibu yang mau melahirkan itu sengsara. Wanita atau perempuan ini diselubungi matahari, ini menunjukan kasih Allah Bapa. Kasih Allah Bapa yang digambarkan bagaikan cahaya matahari yang terang benderang. Matahari itu tidak menuntut terima kasih, tetapi kita harus mengerti “terima kasih matahari sudah nongol pagi hari”. Apalagi kasih Bapa. Dalam merayakan natal ayat yang selalu dihafal anak sekolah minggu adalah:

Yohanes 3:16

3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

 

Apakah masih kurang pemberian Tuhan ini sehingga kita juga masih tidak tahu berterima kasih! Semestinya kita harus tahu berterima kasih, minimal dengan ucapan. Apalagi dengan tindakan dan perbuatan. Dan memang ini yang Tuhan inginkan, bukan hanya sebatas kata tetapi tindakan harus ada ucapan terima kasih.

 

Kemudian di bawah tumpuan kaki ada bulan dalam tanda merah. Itu menunjukan pribadi Yesus dalam korban Anak Domba. Itulah yang menjadi tumpuan pijakan kita sehingga kita diselamatkan dan tidak terperangkap lagi di dalam dunia. Makanya di dalam Tabernakel, papan jenang, utamanya dalam ruangan suci dan ruangan maha suci, 1 papan itu memakai 2 sepatu dan sepatunya dari perak. Perak itu bicara korban Kristus. Supaya jangan sampai dia ditelan lagi oleh bumi. Begitu luar biasa perhatian Tuhan kepada kita. Itulah hasil jerih payah dari Tuhan. Dia tampilkan Mempelai WanitaNya. Lebih baik kita sengsara dalam Wahyu 12:1 dari pada sengsara 3,5 tahun aniaya, itu lebih parah. Jangan kita tolak sengsara Wahyu 12:1. Karena apa? Meskipun sengsara, kita dinaungi oleh Tritunggal Allah. Bapa menaungi dalam kasihnya, Yesus dalam korbanNya dan mahkota dari 12 bintang itu pekerjaan Roh Kudus di dalam kehidupan hamba-hamba Tuhan. Apakah kita tidak berterima kasih kepada Roh Kudus. Makanya ada nyanyian terima kasih Bapa, terima kasih Yesus, terima kasih Roh Kudus. Sebab ketigaNya telah melakukan karya. Dari Adam sampai Abraham Bapa berkarya. Bukan berarti sudah selesai di zaman Bapa. Karena Yohanes 5:17 Yesus berkata “sampai saat ini Bapa dan Aku bekerja”.

Yohanes 5:17

5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga."

 

Kemudian dilanjut zaman Anak dari Ishak anak tunggal Abraham hingga Yesus Anak Tunggal Allah. Waktunya kurang lebih 2000 tahun. Kemudian Roh Kudus berkarya 2000 tahun. Kita ada dalam zaman Roh Kudus dan sudah mau berakhir. Roh Kudus digambarkan mahkota di atas kepala, Dialah yang memimpin kita sekarang. Olehnya beri dirimu dipimpin Roh Kudus.

Galatia 5:24

5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

 

Salibkan daging ini sakit! Coba yang menjadi kegemaran, yang menjadi hoby saudara, yang menyenangkan daging kemudian harus disalibkan, apakah tidak sakit!

 

Galatia 5:25

5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

 

Saudara tidak melihat Roh Kudus, tidak melihat Yesus, tidak melihat Allah Bapa. Yang saudara lihat adalah hamba Tuhan yang adalah perpanjangan tangan dan lidahnya Tuhan untuk menyuarakan kabar dua menjadi satu. Hasilnya adalah Wahyu 12:1. Masakan saudara mau mendengar langsung dari sorga. Ada pemberita yang diutus oleh Tuhan. Walaupun pemberita itu tidak minta tetapi Alkitab mengajar kita harus tahu berterima kasih. Bukan mencerca dan mencaci maki hamba Tuhan, itu suatu kesalahan.

 

Wahyu pasal 2 dan 3 gembala di Efesus salah, Tiatira salah, Pergamus salah, Sardis salah, Laodekia salah. Yang benar hanya yang di Filadelfia dan Smirna. Kesalahan mereka ini langsung Tuhan surati mereka. Karena Tuhan yang angkat gembala, maka Tuhan surati gembala “kau sudah salah sehingga mereka begitu”. Jadi tidak langsung pada jemaat. Karena Tuhan yang angkat gembala maka Tuhan harus mempedulikan dia, Tuhan hajar dia. Sampai kita lihat bagaimana ancaman-ancaman Tuhan kepada gembala. Jadi urusan pelayanan gembala yang melayani itu adalah Tuhan punya urusan dan tanggung jawab. Tuhan yang tegur dia. Karena tidak mungkin Tuhan biarkan jemaat binasa gara-gara gembala. Tuhan lebih dahulu tegur kami. Seringkali ada yang menjadi risih ketika mendengar teguran Tuhan. Pikirnya teguran itu langsung dari atas sana, padahal dari sesama hamba Tuhan. Bahkan Bileam, ditegur Tuhan melalui keledai.

Ada tanda yang harus kita perhatikan.

Wahyu 12:1,3

12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

12:3 Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah, seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.

 

Tanda itu penunjuk arah dan ini sudah sampai pada arah. Sekarang Tuhan tunjukan arah mana yang kita jalani, tanda ayat 1 atau ayat 3. Saudara kondisikan diri pada ayat 1 atau ayat 3. Maka siang ini diingatkan oleh Tuhan dan saya sebagai hamba Tuhan mengingatkan, mari kita ada pada tanda yang pertama, jangan tanda yang kedua.

 

Kita menuju pada tanda yang mana?. Mau menghindar dari tanda pertama, awas ada tanda kedua! Disebut naga merah padam. Itu menunjuk murka dan amarah iblis, marah besar. Orang ketakutan mukanya pasti pucat. Kalau orang marah sampai matanya seperti tomat masak, merah padam. Sekarang ke mana kita mengarah/ menuju? Pada wanita yang lembut halus yang menyerah penuh pada Mempelai Laki-laki Sorga atau yang selalu marah. Kalau saudara selalu marah, di rumah marah, di mobil marah, di jalan marah itu berarti menuju Wahyu 12:3.

 

Naga ini berkepala 7 bertanduk 10. Itu kombinasi yang diwujudkan dalam Wahyu 13:1. Sudah dinubuatkan Daniel pasal 7. Ayat 4 dikatakan muncul singa, berarti hanya 1 kepala. Kemudian ayat 5 muncul beruang, berarti 1 kepala lagi. Kemudian ayat 6 muncul macan tutul 4 kepala. Kemudian ayat 7 muncul binatang ganas dan garang luar biasa berkepala 1 tetapi tanduk 10. Jadi jumlah beruang, singa, macan tutul dan binatang itu tanduknya 10. Itu yang muncul akhir zaman ini! Ini yang akan kita alami, begitu bejatnya dan garangnya dan disebutkan bagaimana sifatnya.

II Tesalonika 2:3,4,8

2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,

2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.

2:8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

 

Ini yang kita hadapi. Makanya kalau kita tidak masuk pada tanda yang pertama, waspada. Olehnya itu untuk kita tidak masuk pada tanda yang ketiga yaitu 7 kepala dan 10 tanduk, makanya perhatikan bagaimana Tuhan membentuk belahan jiwaNya. Tuhan membentuk dengan 7 Roh. Lihat dalam Yesaya pasal 11 dan Wahyu pasal 5. Makanya mereka tampil dengan 7 kepala, najis jahatnya binatang itu ada di situ. Tetapi kita tampil dengan 7 roh yang bukan najis dan cemar.

 

Ini yang kita hadapi, jangan diam, waktu sudah mau habis. Kalau pada tanda pertama anda tidak ada di situ, maka awas, berarti anda pada tanda kedua. Pada tanda kedua ini satu saat orang akan dipaksa untuk memakai tanda 666. Kalau tidak mau maka tanahmu diambil, rumahmu diambil, mobilmu diambil, ternakmu diambil, pakaianmu diambil, isterimu diambil, anakmu diambil. Mau ke mana kita! Makanya ayo kita ada pada tanda yang pertama, sekalipun sengsara rasanya untuk ada di sana.

 

Galatia 5:24

5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

 

Lebih baik matikan daging walaupun sakit. Tadinya hobi merokok saya lepas, tadinya hobi minum minuman keras saya lepas, tadinya hobi main perempuan saya lepas. Jangan jadi laki-laki hidung belang, jangan jadi perempuan jalang, harus dilepas! Namanya disalib itu pasti sakit.

 

Galatia 5:25-26

5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

5:26 dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

 

Ayat 26 ini adalah penampilan tanda kedua yang merah padam itu. Tuhan tolong saya dan tolong jemaat Kristus Penebus yang digembalakan di Langgadopi 4 ini.

 

Jangan sampai saudara pikir ini hanya dikarang.

Daniel 7:4-5

7:4 Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia.

7:5 Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.

 

Ada seekor singa, kalau seekor berarti satu kepala. Kemudian lihat beruang, pekerjaannya merusak nikah. Tulang rusuk ada pada mulutnya. Singa dan beruang ini sudah 2 kepala. Ini menjadi kombinasi dalam Wahyu pasal 13, mukanya seperti singa, badannya seperti macan tutul. Itulah antikristus yang sekarang bekerja. Kalau saudara tidak mau salibkan daging maka silahkan makan daging banyak-banyak, artinya silahkan ikuti keinginan daging, namun alamat kedua yang sedang dituju orang itu. Dia akan bersekutu dengan antikristus.

 

Daniel 7:6

7:6 Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan.

Macan tutul ini cerdik, ini gambaran Yunani. Singa 1 kepala, beruang 1 kepala dan macan tutul 4 kepala, total sudah 6 kepala. Macan tutul 4 kepala, ini menunjukan kepada 4 penjuru alam ini filsafat Yunani ini hebat. Tuhan tahu ini akan muncul, maka Tuhan berikan 7 roh untuk menghadapi yang akan datang. Dan mereka ini karena tahu Tuhan bekerja dengan 7 roh maka mereka tampil dengan 7 kepala.

 

Daniel 7:7

7:7 Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh.

 

Makanya 4 binatang ini jumlah kepalanya 7 dan bertanduk 10.

Wahyu 13:1-2

13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

 

Karena Tuhan sayang dan cinta umatNya maka Tuhan sudah perlihatkan hal-hal yang akan terjadi. Kitab Wahyu memperlihatkan kepada kita apa rencana Tuhan bagi gerejaNya dan nasib dunia ini. Ke mana saya mau lari! Tuhan sudah memperlihatkan cara bagaimana kita menghindar. Sebabnya kekasih dalam Tuhan, jangan sampai kita menjadi anak Tuhan yang tidak paham rencana Tuhan.

 

Penampilan Mempelai Wanita Tuhan di pimpin oleh Roh Kudus.

Wahyu 4:5

4:5 Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu, dan tujuh obor menyala-nyala di hadapan takhta itu: itulah ketujuh Roh Allah.

 

Roh Allah ini bagaikan mahkota di kepala Mempelai Wanita Tuhan, ini yang memimpin dan menuntun saya dan saudara hari-hari terakhir ini. Saya katakan kepada Tuhan berhembuslah oh Roh Kudus dalam sidang jemaat, nyatakan isi hatiMu kepada kami. Kalau ada pembukaan rahasia Firman berarti Roh Kudus bekerja dalam sidang jemaat. Memang ada tanda, tetapi tanda yang istimewa adalah pembukaan rahasia Firman.

 

Hari-hari terakhir ini ada les bahasa roh. Jangan karena saudara dengar sikiriku siwala-wala lalu saudara itu sudah betul. Lihat nikahnya dulu benar atau tidak, kalau benar maka itu betul bahasa rohnya. Kelihatannya sekarang terlalu dientengkan dan dimudahkan itu Roh Kudus. Padahal dalam Kisah Para Rasul pasal 1 mereka menunggu 10 hari dengan sabar dan setia. Nanti pasal 2 baru mereka berkata-kata roh sesuai dengan yang diajarkan oleh Roh Kudus. Sehingga orang yang datang berkata “ini bahasa kami”. Sama seperti saya ketika dipenuhkan Roh Kudus saya pakai bahasa mandarin. Tetangga saya yang mengerti bahasa cina berkata “brur Bernard sudah dipenuhkan Roh Kudus”.

 

Mari kita lihat bagaimana penanganan Tuhan menuntun kita dengan 7 roh sehingga kita bisa menyalibkan daging. Ini yang ditantang antikristus dengan tampil dengan 7 kepala. Puji Tuhan jika kita bisa memahami ini.

Yesaya 11:2-4

11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;

11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.

11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.

 

Ayat 3 bagian terakhir itu adalah roh pengadilan.

Yesaya 28:6; 4;4

28:6 akan menjadi roh keadilan bagi orang yang duduk mengadili, dan menjadi roh kepahlawanan bagi orang yang memukul mundur peperangan ke arah pintu gerbang.

4:4 apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar.

 

1.      Roh hikmat

Roh Hikmat ini antara lain tugasnya memberikan perlindungan. Menghadapi Wahyu 12:3 yaitu musuh yang luar biasa, kita butuh perlindungan. Dan perlindungan hikmat itu adalah perlindungan yang luar biasa.

Pengkhotbah 7:11-12

7:11 Hikmat adalah sama baiknya dengan warisan dan merupakan suatu keuntungan bagi orang-orang yang melihat matahari.

7:12 Karena perlindungan hikmat adalah seperti perlindungan uang. Dan beruntunglah yang mengetahui bahwa hikmat memelihara hidup pemilik-pemiliknya.

 

Bukan uang yang melindungi. Bagi orang kaya merasa uang itu adalah perlindungannya. Tetapi jika datang bencana uang tidak bisa menolong dia. Ada musibah dan itu memang akan terjadi. Penampilan Roh hikmat ini yang penting bagi gereja Tuhan menghadapi musuh yang luar biasa adalah kita butuh perlindungan. Olehnya gereja Tuhan jangan santai-santai. Karena perlindungan hikmat ini dalam penjabarannya bukan langsung dia jaga kita tetapi ada sistemnya, ada caranya.

Efesus 1:8-10

1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.

1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

 

Hikmat itu melindungi kita. Bentuk perlindungannya kita diajar oleh hikmat supaya kita mengenal ada pada waktu apa sekarang. Ini adalah waktu persiapan karena waktu akan berakhir. Makanya anak Tuhan jangan leha-leha, jangan buang waktu sia-sia, jangan cari-cari alasan sendiri, nanti saudara kecewa karena tidak ada yang melindungi saudara. Karena ketika ada arahan Tuhan untuk kita dibawa pada perlindungan untuk masuk dalam kegenapan waktu kita malah membuang-buang waktu. Ulang berulang saya katakan jangan membuang-buang waktu. Termasuk saya. Dalam usia seperti ini saya memang harus banyak refreshing, tetapi saya tidak boleh melupakan tanggung jawab pelayanan, karena kasihan umat Tuhan. Kita mau diterjang oleh 7 kepala dan 10 tanduk dan tampil dengan merah padam, berarti dia marah besar. Kenapa dia marah besar? Karena tahu waktunya sudah mau berakhir, dia sudah mau dilempar ke neraka. Sebab yang dibuang duluan ke neraka adalah nabi palsu dan antikristus. Setelah itu baru menyusul iblis.

Wahyu 20:10

20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

 

Jadi tanda besar kedua itu yang duluan dilempar ke neraka dan menyusul iblis. Kalau kita tidak punya kekuatan menghadapi binatang yang jahanam ini yaitu antikristus dan nabi palsunya yang memprovokasi menyembah binatang dalam Wahyu pasal 13 ini, bagaimana kita mampu menghadapi kalau tidak dipimpin oleh roh, mulai dari roh hikmat.

 

Kita didorong supaya kita tahu bahwa kita berada pada waktu yang akhir, sudah mau habis kesempatan bagi kita bangsa kafir, jangan leha-leha. Kerinduan hati saya dan itu doa kami setiap subuh “Tuhan bawa kami masuk dalam pembentukan TubuhMu”. Makanya ibadah itu bukan sebatas ceremonial atau upacara. Kita tertipu kalau menganggap ibadah itu hanya upacara, itu bukti tidak ada roh hikmat di dalamnya. Sekalipun mengatakan gereja Pantekosta tetapi kalau tidak ada roh hikmat maka akan gagal nanti. Jangan pikir akan masuk penyingkiran jika tidak ada persiapan untuk masuk dalam kegenapan waktu.

 

Tuhan katakan “katakan pada hikmat, engkau saudaraku”

Amsal 7:4

7:4 Katakanlah kepada hikmat: "Engkaulah saudaraku" dan sebutkanlah pengertian itu sanakmu,

 

Saudara itu artinya 1000 akar, kalau tanaman itu 1000 akar berarti susah tercabut. Kalau mengatakan hikmat adalah saudara kita, berarti kita tidak bisa terpisah dari Dia.

I Korintus 1:23-24

1:23 tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan,

1:24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

 

Katakan hikmat saudaramu, jangan lepaskan. Lihat saja, goncang-gancing dunia. Lihat saja negara kita sekarang, belum di negara-negara lain ada huru-hara, bencana alam, wabah. Masihkah kita santai dan membuang waktu sia-sia! Sebagai hamba Tuhan saya ingin merangkul saudara, Tuhan lebih lagi ingin merangkul saudara sebab di depan ini bahaya dan saudara butuh perlindungan. Walaupun dibodohi orang dengan hikmat dunia, tidak usah peduli.

 

Katakan kepada pembukaan rahasia Firman, kepada hikmat “engkau saudaraku”. Berarti kita melekat pada Tuhan maka kita dibentengi dan tidak bisa lepas karena kita sudah saudara, 1000 akar.

Mazmur 94:14

94:14 Sebab TUHAN tidak akan membuang umat-Nya, dan milik-Nya sendiri tidak akan ditinggalkan-Nya;

 

Saudagar itu 1000 akal, jangan jadi pedagang kalau tidak ada akalnya.

 

2.      Roh pengertian

Amsal 7:4

7:4 Katakanlah kepada hikmat: "Engkaulah saudaraku" dan sebutkanlah pengertian itu sanakmu,

 

Malaikat Gabriel bicara pada Maria “Roh dari Yang Maha Tinggi itu membuat semua itu terjadi”. Untuk membuktikan supaya Maria tidak ragu, maka Dia berkata “Lihat Elizabeth sanakmu yang disebut mandul itu sudah mengandung 6 bulan”. Berarti sanak ini saudara juga, katakanlah jauh sedikit.

Lukas 1:36

1:36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.

 

Ini menunjukan bagi Tuhan tidak ada perkara yang mustahil. Dia bisa lakukan apa yang Dia inginkan. Segala sesuatu bisa terjadi dari Allah. Maria katakan “saya tidak kenal laki-laki, saya tidak punya suami, bagaimana bisa mengandung”. Untuk meyakinkan Maria, maka ditunjuklah Elizabeth sanaknya. Jadi kalau sudah bicara pengertian itu menunjuk bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Makanya saya juga kaget, makin dalam rencana Tuhan bagi kita sebab Tuhan bukakan terus rahasia Firman kepada kita.

 

Maria mengandung dalam kekudusan, sanaknya juga mengandung dalam kekudusan.

Amsal 9:10

9:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.

 

Pengertian itu memperkenalkan kita pada Allah Yang Maha Kudus.

I Petrus 3:15

3:15 Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat,

 

Jadi pengertian akan Yang Maha Kudus, kita kuduskan Kristus dalam diri kita. Dikaitkan memberi pertanggung jawaban kepada orang apa sebenarnya pengharapan kita. Apa pengharapan kita? Mau bertemu dengan Tuhan Yesus.

I Yohanes 3:2-3

3:2 Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.

3:3 Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.

 

Ini pengertian mengenal Allah Yang Maha Kudus sehingga kita memiliki pengharapan “saya mau jumpa dengan Yang Maha Kudus, itulah Yesus Mempelai Laki-laki Sorga”.

 

3.      Roh Nasihat

Roh nasihat ini memberikan penekanan bahwa waktu sudah mau habis.

Ibrani 10:25

10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

 

Roh nasihat ini lebih membahana hari-hari terakhir ini untuk menyiapkan kita menjelang hari Tuhan yang mendekat. Kita harus waspada karena akhir zaman ini banyak penasihat jahat.

Yehezkiel 11:2

11:2 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, inilah orang-orang yang merancang kedurjanaan dan menaburkan nasihat jahat di kota ini,

 

Jadi ada nasihat, tetapi nasihat itu berangkat dari siapa. Kalau nasihat itu mendorong kita untuk mempersiapkan diri karena hari Tuhan sudah dekat, itu oke. Tetapi kalau nasihat itu nadanya menabur nasihat jahat seperti Ahitofel, jangan kita dengar. Dia beri nasihat kepada Absalom. Absalom ini anak dari Daud. Masakan dia nasihati Absalom ini menggauli isteri dari Daud dan dibuat tenda di atas sotoh rumah supaya dilihat semua orang. Jadi ada penasihat-penasihat yang justru menasihati untuk merusak keutuhan tubuh. Kita harus waspada hari-hari terakhir ini. Di sini juga saya harus waspada. Karena ada orang-orang yang menasihati “jangan ke langgadopi 4, jangan ikut KKR mereka”. Ini penasihat jahat, merasa lebih jempolan, merasa lebih gagah, merasa lebih hebat! Nanti satu saat mereka akan mencari nasihat tetapi sudah terlambat.

Yehezkiel 7:26

7:26 Bencana demi bencana akan datang, kabar demi kabar akan tersiar. Mereka akan menginginkan suatu penglihatan dari nabi, pengajaran hilang lenyap dari imam, dan nasihat dari tua-tua.

 

Mereka cari nabi, berarti mencari Firman nubuatan tetapi sudah tidak ada. Mereka mencari imam, berarti mencari Firman pengajaran tetapi sudah tidak ada. Mereka mencari tua-tua, berarti mencari nasihat tetapi sudah tidak ada. Malah kabar bencana demi bencana yang tersiar, bukankan itu yang kita lihat di televisi, kenapa kita masih santai!

 

Ahitofel menasihati Absalom untuk melawan papanya, itukan tidak bagus. Bahkan melawan dengan cara najis!

 

4.      Roh Keperkasaan

Ini kita butuh, makanya Tuhan siapkan.

Ulangan 3:24

3:24 Ya, Tuhan ALLAH, Engkau telah mulai memperlihatkan kepada hamba-Mu ini kebesaran-Mu dan tangan-Mu yang kuat; sebab allah manakah di langit dan di bumi, yang dapat melakukan perbuatan perkasa seperti Engkau?

 

Ini perkataan Musa. Dia lihat Tuhan melakukan perbuatan perkasa di bumi. Tidak ada ilah lain seperti itu. Tuhan mau dorong kita ke sini:

I Korintus 16:13

16:13 Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat!

 

Kuat imannya, perkasa imannya. Bukan loyo, bukan perempuan harus jadi seperti laki-laki. Ini banyak orang salah menafsirkan. Keperkasaan ini berarti harus kuat.

I Korintus 15:58

15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

 

5.      Roh Pengenalan, pengenalan kita harus bertumbuh.

 

6.      Roh Takut akan Tuhan

Ini akan diserukan kembali oleh Tuhan di antara langit dan bumi.

Wahyu 14:6-7

14:6 Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum,

14:7 dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air."

 

Takut akan Tuhan itu adalah isi Injil Kekal. Makanya roh yang keenam itu mengajar kita untuk takut akan Tuhan. Takut akan Tuhan ini adalah isi Sion.

Yesaya 33:6

33:6 Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan TUHAN, itulah harta benda Sion.

 

Jadi takut akan Tuhan itu diibaratkan harta benda.

 

7.      Roh Pengadilan

II Korintus 10:6

10:6 dan kami siap sedia juga untuk menghukum setiap kedurhakaan, bila ketaatan kamu telah menjadi sempurna.

 

Dunia ini akan dihukum. Siapa yang akan menghukum? Kami hamba Tuhan juga akan menghukum dunia ini.

Ibrani 11:6-7

11:6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

11:7 Karena iman, maka Nuh -- dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan -- dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya.

 

Air bah itu bagian hukuman Nuh terhadap dunia, ini bagian roh yang ketujuh. Jangan sampai saudara dan saya justru orang lain yang hukum. Malah sebenarnya kita yang akan menghakimi mereka.

 

Marilah kita yang hidup akhir zaman ini, jangan kita leha-leha dan santai-santai. Saya sebagai pemberita Firman Tuhan dituntut Tuhan hal ini dalam kehidupanku.

 

Tuhan Memberkati.

 

 

 

 

 

 

 

GPT “Kristus Penebus”

Jl. Langgadopi No.4 Tentena

Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663

HP: 085241270477

Email: imamat_raja@yahoo.com

www.gptkp.blogspot.com

JADWAL IBADAH

Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan

Perjamuan Suci → Pk. 17.00

Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30

Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30

            Ibadah Raya → Pk. 09.00

            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar