20120404

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 4 April 2012 Pdt. Bernard Legontu




Yehezkiel 37:1-3
1 Lalu kekuasaan TUHAN meliputi aku dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya dan menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang.
2 Ia membawa aku melihat tulang-tulang itu berkeliling-keliling dan sungguh, amat banyak bertaburan di lembah itu; lihat, tulang-tulang itu amat kering.
3 Lalu Ia berfirman kepadaku: "Hai anak manusia, dapatkah tulang-tulang ini dihidupkan kembali?" Aku menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, Engkaulah yang mengetahui!"

Kepada Yehezkiel ditampilkan umat Israel yang bagaikan tulang-tulang kering yang berserakan. Artinya disaat itu mereka hidup sendiri-sendiri dan tidak ada lagi hubungan satu dengan yang lain.

Ada 7 hal yang mutlak ada pada seseorang yang dipercayakan Tuhan untuk menyatukan tulang-tulang ini menjadi suatu tentara yang besar. Ini adalah peran yang tidak mudah karena menghadapi tulang-tulang kering yang terpisah-pisah yang menunjuk manusia yang benar-benar hidup dalam sifat egosentris. Manusia akhir zaman hidup dengan tidak ada kepedulian lagi terhadap orang lain dan ini merupakan salah satu ciri dari kehidupan yang bagaikan tulang-tulang kering.
II Timotius 3:1-5
1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.
2 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,
3 tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,
4 suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.
5 Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!

Untuk bisa memulihkan keadaan tulang yang kering ini harus ada 7 hal yang mutlak yang dimiliki oleh pribadi yang dipercaya oleh Tuhan menjadi alat untuk menyatukan tulang-tulang yang terpisah ini, dalam hal ini menyatukan TubuhNya.

Jangankan untuk menyatukan orang banyak, untuk menyatukan sepasang suami istri saja sudah merupakan suatu hal yang berat. Namun penyatuan kembali ini harus dimulai dari dalam nikah. Penyatuan nikah ini akan bermuara pada pesta nikah Anak Domba Allah.

Mengapa kondisi rohani umat Israel digambarkan seperti tulang-tulang kering yang terpisah-pisah, menjadi umat yang hidup satu-satu dan tidak menyatu?
Ada tiga hal yang menjadi penyebabnya:

1.      Gembala durhaka dan gembala pandir
Yeremia 2:8
Para imam tidak lagi bertanya: Di manakah TUHAN? Orang-orang yang melaksanakan hukum tidak mengenal Aku lagi, dan para gembala mendurhaka terhadap Aku. Para nabi bernubuat demiBaal, mereka mengikuti apa yang tidak berguna.

Gembala durhaka tidak ada kaitan lagi dengan Tuhan. Kita hanya bisa hidup bila ada di dalam Tuhan dan di luar Tuhan pasti mati sehingga tidak heran bila tampil sebagai tulang kering.
Kisah Para Rasul 17:28a
Sebab di dalam Dia (Tuhan) kita hidup,   

Penyebab kering yang pertama adalah hamba Tuhan tidak lagi mengkaitkan diri dengan Tuhan. Sekalipun terlihat melayani dan beribadah tetapi sebenarnya bukan lagi Firman Tuhan yang ditampilkan, yang ditampilkan adalah rasa sakit hati dan dendam serta ditambah dengan ilmu pengetahuan dunia. Ini yang menyebabkan sidang jemaat lepas dari Tuhan dan rohaninya menjadi kering.

Gembala yang mendurhaka terhadap Tuhan sama dengan orang murtad dan posisi mereka ada pada tempat yang sunyi.
Mazmur 68:7 (Terjemahan lama)
Ialah Allah yang mendudukkan orang bulus di antara orang isi rumah, dan yang mengeluarkan orang terbelenggu kepada kelimpahan; tetapi segala orang murtad duduklah pada tempat yang sunyi.

Yeremia 25:10
Aku akan melenyapkan dari antara mereka suara kegirangan dan suara sukacita, suara pengantin laki-laki dan pengantin perempuan, bunyi batu kilangan dan cahaya pelita.
Arti sunyi di sini adalah tidak ada lagi suara mempelai Laki-laki yang mendatangkan sukacita,
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

maksudnya tidak ada lagi suara Firman pengajaran yang benar dan yang terdengar hanyalah suara yang sesuai selera manusia bukan selera Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Tidak ada lagi suara pengantin perempuan artinya tidak ada lagi pujian dan penyembahan kepada Tuhan, yang terdengar hanyalah omelan dan persungutan. Tidak ada bunyi batu kilangan maka tidak ada tepung halus untuk membuat roti berarti tidak ada pembukaan rahasia Firman. Suasana sepi ini adalah akibat dari pengaruh Babel yang masuk ke dalam gereja Tuhan.

Paling celaka bila gembala berada dalam kondisi durhaka karena mengakibatkan sidang jemaat berada dalam kondisi kering rohani. Apalagi bila ditambah dengan keadaan gembala yang telah menjadi gembala pandir, ini menyebabkan kerohanian jemaat menjadi amat kering.
Zakharia 11:17
Celakalah gembala-Ku yang pandir, yang meninggalkan domba-domba! Biarlah pedang menimpa lengannya dan menimpa mata kanannya! Biarlah lengannya kering sekering-keringnya, dan mata kanannya menjadi pudar sepudar-pudarnya!"

Gembala pandir membawa sidang jemaat untuk bermuara pada kondisi kering sekering-keringnya. Salah satu ciri gembala pandir lengannya kering artinya tidak dapat lagi memberi, tidak dapat lagi memperhatikan sesamanya dan tidak dapat melihat kebutuhan pekerjaan Tuhan.
Matius 6:3
Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.
bila dia gembala tidak bisa memberi roti (firman pengajaran yang benar).

Bukti suara mempelai Laki-laki masih ada di dalam gereja berarti ada curahan isi hati Tuhan lewat pembukaan rahasia Firman. Tandanya ada suara mempelai wanita adalah ada sukacita dalam mendengarkan Firman Tuhan bukannya malah menolak Firman Tuhan.

Hasil dari kehidupan yang tampil dengan 7 perkara yang dari Tuhan adalah sebagai berikut.
Yeremia 33:3,6
3 Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.
6 Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah.
Apa yang dibicarakan pada ayat di atas ini jangan diasumsikan kepada injil kemakmuran. Kesehatan jasmani yang dirasakan ini bisa dialami sebab terlebih dahulu nikah dan kerohaniannya disehatkan.

Kehidupan yang ditangani oleh hamba Tuhan yang memiliki 7 perkara yang dari Tuhan bisa keluar dari lembah Yehezkiel, keluar dari kemurtadan dan kedurhakaan. Hasilnya akan terdengar lagi suara mempelai laki-laki dan perempuan.
Yeremia 33:7-9,11
7 Aku akan memulihkan keadaan Yehuda dan Israel dan akan membangun mereka seperti dahulu:
8 Aku akan mentahirkan mereka dari segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa terhadap Aku, dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku.
9 Dan kota ini akan menjadi pokok kegirangan: ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku di depan segala bangsa di bumi yang telah mendengar tentang segala kebajikan yang Kulakukan kepadanya; mereka akan terkejut dan gemetar karena segala kebajikan dan segala kesejahteraan yang Kulakukan kepadanya.
11 akan terdengar lagi suara kegirangan dan suara sukacita, suara pengantin laki-laki dan suara pengantin perempuan, suara orang-orang yang mengatakan: Bersyukurlah kepada TUHAN semesta alam, sebab TUHAN itu baik, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!, sambil mempersembahkan korban syukur di rumah TUHAN. Sebab Aku akan memulihkan keadaan negeri ini seperti dahulu, firman TUHAN.

Untuk menutupi kekeringan yang terjadi di dalam gereja maka iblis memasukan sukacita dunia di dalam gereja, dengan menampilkan pujian yang semarak namun mengecilkan suara mempelai Laki-laki, suara Firman pengajaran yang sehat diganti dengan sukacita dan rasa aman yang palsu.
Amos 6:1-6
6:1 "Celaka atas orang-orang yang merasa aman di Sion, atas orang-orang yang merasa tenteram di gunung Samaria, atas orang-orang terkemuka dari bangsa yang utama, orang-orang yang kepada mereka kaum Israel biasa datang!
6:2 Menyeberanglah ke Kalne, dan lihat-lihatlah; berjalanlah dari sana ke Hamat yang besar itu, dan pergilah ke Gat orang Filistin! Adakah mereka lebih baik dari kerajaan-kerajaan ini, atau lebih besarkah daerah mereka dari daerahmu?
6:3 Hai kamu, yang menganggap jauh hari malapetaka, tetapi mendekatkan pemerintahan kekerasan;
6:4 yang berbaring di tempat tidur dari gading dan duduk berjuntai di ranjang; yang memakan anak-anak domba dari kumpulan kambing domba dan anak-anak lembu dari tengah-tengah kawanan binatang yang tambun;
6:5 yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus, dan seperti Daud menciptakan bunyi-bunyian bagi dirinya;
6:6 yang minum anggur dari bokor, dan berurap dengan minyak yang paling baik, tetapi tidak berduka karena hancurnya keturunan Yusuf!

2.      Guru-guru palsu
II Petrus 2:17
Guru-guru palsu itu adalah seperti mata air yang kering, seperti kabut yang dihalaukan taufan; bagi mereka telah tersedia tempat dalam kegelapan yang paling dahsyat.
Guru-guru palsu bagaikan mata air yang kering, ini merupakan penipuan sebab tampil bagaikan mata air tetapi tidak ada air. Tampil bagaikan kabut tetapi tidak mengandung air lagi. Artinya pengajar-pengajar palsu ini mengaburkan kebenaran Firman Tuhan sehingga menjadi tidak jelas lagi. Bila hamba Tuhan kering maka apa yang akan diterima oleh sidang jemaat?

II Petrus 2:19
Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.
Dikalahkan orang dan menjadi hamba orang itu artinya dikalahkan oleh daging dan menjadi hamba daging. Bagaimana hamba Tuhan yang seperti ini mau menawarkan keselamatan kepada sidang jemaat padahal mereka sendiri dikalahkan oleh hawa nafsu daging?

II Petrus 2:20-22
20 Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula.
21 Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka tidak pernah mengenal Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian berbalik dari perintah kudus yang disampaikan kepada mereka.
22 Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya."

Yang menjadi penyebab jemaat Tuhan menjadi tulang-tulang kering adalah para pemberita Firman yaitu gembala dan pengajar.

3.      Tidak menyerap makanan dari pokok
Yohanes 15:2
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Ini adalah kehidupan orang yang mengaku anak Tuhan dan melekat kepada pokok yaitu Tuhan tetapi tidak mau menyerap makanan dari Tuhan sehingga sifat tabiat Kristus tidak tersalur kepadanya. Padahal janji Tuhan yang besar dan berharga adalah sifat tabiat Ilahi diisi di dalam diri kita.
II Petrus 1:4
Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Bila makanan itu sungguh-sungguh tersalur dari pokok kepada ranting maka ranting pasti berbuah. Berbuah artinya bermanfaat bagi Tuhan dan bermanfaat bagi sesama. Tetapi karena makanan itu tidak terserap oleh ranting maka ia tidak berbuah.

Yohanes 15:6
Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.
Orang yang tidak bermanfaat bagi Tuhan dan sesama sebab tidak menyerap tabiat Ilahi pasti terlepas dari Tuhan dan menjadi kering. Bagi kehidupan yang kering ini ada orang yang siap untuk mengumpulkan dan perkumpulan atau persekutuan yang kering ini mengarah pada kebinasaan.

Hal ini yang harus kita waspadai jangan sampai rohani kita kering. Saat tidak keringpun kita harus mengoreksi diri apakah kita telah berbuah atau tidak, apakah kita sudah bermanfaat bagi Tuhan dan orang lain?

Itulah sebabnya Tuhan menunjuk 7 langkah yang mutlak dimiliki oleh kehidupan yang dipercaya oleh Tuhan untuk menghidupkan kembali tulang-tulang yang kering ini.
1.      Harus berada di bawah pengaruh Firman dan Roh Kudus
Yehezkiel 37:1
Lalu kekuasaan TUHAN meliputi aku dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya dan menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang.
Bila berada di bawah pengaruh Firman dan Roh Kudus pasti diisi oleh Tuhan dengan pengertian.
Efesus 5:17
Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

Saat kita memiliki kerinduan maka Tuhan yang akan mempengaruhi kita dengan Firman dan Roh Kudus sehingga kita mengerti kehendak Allah. Tetapi bila kita tidak dipengaruhi oleh Firman dan Roh Kudus maka yang akan mempengaruhi adalah kebodohan.
Pengkhotbah 10:1
Lalat yang mati menyebabkan urapan dari pembuat urapan berbau busuk; demikian juga sedikit kebodohan lebih berpengaruh dari pada hikmat dan kehormatan.

Pengaruh dari kebodohan ini luar biasa karena menutup pengertian kita akan kehendak Tuhan oleh sebab itu bawalah diri untuk dibina oleh Firman dalam urapan Roh Kudus.

Tujuan yang lebih dalam lagi dari kedatangan Tuhan yang pertama kali adalah untuk membuka rahasia Allah yang besar itulah rahasia Kristus dan gereja serta rahasia ibadah. Kalau rahasia ibadah ini terbuka maka kita bisa mengalahkan trio iblis itulah antikristus, nabi palsu dan iblis. Saat rahasia Firman Tuhan dibukakan maka ada perintah untuk bernubuat dan ini merupakan perintah untuk bernubuat yang terakhir.
Wahyu 10:11
Maka ia berkata kepadaku: "Engkau harus bernubuat lagi kepada banyak bangsa dan kaum dan bahasa dan raja."
Hamba Tuhan harus membawa pengaruh Firman dan Roh Kudus kepada sidang jemaat. Setelah Yehezkiel bernubuat kegerakan yang pertama adalah tulang-tulang ini kembali pada posisinya yang sebenarnya. Tuhan tidak mau kita menjadi orang kristen yang aneh, di mana posisi anggota tubuh sudah tidak pada tempatnya. Misalnya istri jangan merampas posisi suami dan mau menjadi kepala dalam rumah tangga.

Tujuan utama kita dipengaruhi oleh Firman dan Roh Kudus adalah untuk menerima kodrat ilahi sehingga bisa tampil sebagai Mempelai Wanita Tuhan yang sempurna.
II Petrus 1:4
Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Saat Yehezkiel dikuasai oleh Firman dan Roh Kudus maka dia dibawa keluar dari dirinya artinya supaya kita bisa merasakan pengaruh Firman dan Roh Kudus kita harus keluar dari diri kita (dari sifat daging kita). Bagaimana kita bisa berada dalam pengaruh Firman bila mempertahankan harga diri dan ego kita? Jangan hanya menilai pengaruh Roh Kudus dari suara penyembahan yang bergemuruh tetapi apakah benar bisa keluar dari egosentrisnya.

Sikap umat Tuhan ketika mendapat perhatian Tuhan oleh penampilan hamba Tuhan yang membawa pengaruh Firman dan Roh Kudus adalah menopang hamba Tuhan tersebut di dalam doa.
Kolose 4:3
Berdoa jugalah untuk kami, supaya Allah membuka pintu untuk pemberitaan kami, sehingga kami dapat berbicara tentang rahasia Kristus, yang karenanya aku dipenjarakan.

Efesus 6:18-19
18 dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,
19 juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil,

Hamba Tuhan yang tampil dalam pengaruh Firman dan Roh Kudus bukan berarti sudah sempurna, namun jangan kita malah menceritakan kekurangannya dan tidak mendukung dalam doa. Jemaat Makedonia yang miskin dan dalam pencobaan menopang rasul Paulus, berbeda dengan jemaat Korintus yang kikir.
II Korintus 11:9-12
9 Dan ketika aku dalam kekurangan di tengah-tengah kamu, aku tidak menyusahkan seorang pun, sebab apa yang kurang padaku, dicukupkan oleh saudara-saudara yang datang dari Makedonia. Dalam segala hal aku menjaga diriku, supaya jangan menjadi beban bagi kamu, dan aku akan tetap berbuat demikian.
10 Demi kebenaran Kristus di dalam diriku, aku tegaskan, bahwa kemegahanku itu tidak akan dirintangi oleh siapa pun di daerah-daerah Akhaya.
11 Mengapa tidak? Apakah karena aku tidak mengasihi kamu? Allah mengetahuinya.
12 Tetapi apa yang kulakukan, akan tetap kulakukan untuk mencegah mereka yang mencari kesempatan guna menyatakan, bahwa mereka sama dengan kami dalam hal yang dapat dimegahkan.

Rasul Paulus harus meminta maaf sebab tidak membuat jemaat Korintus untuk terbeban menopang pelayanan pekerjaan Tuhan.
II Korintus 12:13
Sebab dalam hal manakah kamu dikebelakangkan dibandingkan dengan jemaat-jemaat lain, selain dari pada dalam hal ini, yaitu bahwa aku sendiri tidak menjadi suatu beban kepada kamu? Maafkanlah ketidakadilanku ini!
berarti yang jadi kehendak Tuhan adalah bila jemaat merasa terbeban dalam pelayanan seperti jemaat-jemaat Makedonia.

2.      Ada kepercayaan Tuhan untuk mengerti hal-hal yang akan datang
Wahyu 1:1
Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa  yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya,  Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.

Hamba Tuhan diberi Tuhan kepercayaan untuk mengerti hal-hal yang akan datang dan ini mutlak dimiliki oleh hamba Tuhan. Bagaimana hamba Tuhan membawa pengaruh Firman dan Roh kepada jemaat kalau tidak mengerti apa yang akan Allah lakukan bagi gereja dan terhadap dunia ini?

Wahyu 22:6
Lalu Ia berkata kepadaku: "Perkataan-perkataan ini tepat dan benar, dan Tuhan, Allah yang memberi roh kepada para nabi, telah mengutus malaikat-Nya untuk menunjukkan kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi."
Tampilnya hamba Tuhan yang membawa pengaruh Firman dan Roh Kudus adalah untuk mempersiapkan jemaat bertemu dengan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Sementara Firman Tuhan dalam urapan Roh Kudus disampaikan berarti Tuhan lewat hambanya sedang menyiapkan sidang jemaat untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan yang sempurna.

Pada waktu bangsa Israel kembali dari pembuangan seorang ahli kitab itulah Ezra tampil dalam pengaruh Firman dan Roh Kudus. ¼ hari dia menyampaikan Firman, ¼ hari jemaat mengaku dosa dan menyembah Tuhan sebab pengaruh Firman membuat mereka merasa bagaimana pahit getirnya berada di dalam pembuangan dan sekarang telah dipulihkan oleh Tuhan.
Nehemia 9:3
Sementara mereka berdiri di tempat, dibacakanlah bagian-bagian dari pada kitab Taurat TUHAN, Allah mereka, selama seperempat hari, sedang seperempat hari lagi mereka mengucapkan pengakuan dan sujud menyembah kepada TUHAN, Allah mereka.

3.      Dapat memantau keadaan rohani umat Tuhan
Bila hamba Tuhan memantau bahwa ada sifat yang akan mencelakakan jemaat maka hamba Tuhan harus menegur kehidupan tersebut dan orang yang mendengarkan teguran itu harus menerima jangan malah balik menantang, sebab Tuhan mengasihi pribadi tersebut.
Amos 5:10
Mereka benci kepada yang memberi teguran di pintu gerbang, dan mereka keji kepada yang berkata dengan tulus ikhlas.

Jangan mencari-cari kesalahan hamba Tuhan yang menegur kita.
Yesaya 29:21
yaitu mereka yang begitu saja menyatakan seseorang berdosa di dalam suatu perkara, dan yang memasang jerat terhadap orang yang menegor mereka di pintu gerbang, dan yang mendesak orang benar dengan alasan yang tidak-tidak.

4.      Percaya dan mempercayakan diri sepenuh kepada Tuhan karena yakin bahwa Tuhan sanggup melakukan
Banyak hamba Tuhan memberitakan Firman tetapi hanya disampaikan kepada orang lain namun diri sendiri tidak melakukannya. Itu adalah bukti orang tersebut tidak mempercayakan diri kepada Tuhan.

Dibuktikan banyak pekerjaan yang dia kerjakan yang bukan tugasnya dengan alasan menambah penghasilan dia telah melangkahi perjanjian garam dengan Tuhan,
Bilangan 18:19-20
19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.
20 Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati.

Ulangan 18:1-5
1 "Imam-imam orang Lewi, seluruh suku Lewi, janganlah mendapat bagian milik pusaka bersama-sama orang Israel; dari korban api-apian kepada TUHAN dan apa yang menjadi milik-Nya harus mereka mendapat rezeki.
2 Janganlah ia mempunyai milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudaranya; TUHANlah milik pusakanya, seperti yang dijanjikan-Nya kepadanya.
3 Inilah hak imam terhadap kaum awam, terhadap mereka yang mempersembahkan korban sembelihan, baik lembu maupun domba: kepada imam haruslah diberikan paha depan, kedua rahang dan perut besar.
4 Hasil pertama dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, dan bulu guntingan pertama dari dombamu haruslah kauberikan kepadanya.
5 Sebab dialah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala sukumu, supaya ia senantiasa melayani TUHAN dan menyelenggarakan kebaktian demi nama-Nya, ia dan anak-anaknya.

5.      Pembagi kasih karunia Tuhan (Oikonomos)
Filipi 1:7
Memang sudahlah sepatutnya aku berpikir demikian akan kamu semua, sebab kamu ada di dalam hatiku, oleh karena kamu semua turut mendapat bagian dalam kasih karunia yang diberikan kepadaku, baik pada waktu aku dipenjarakan, maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Berita Injil.

Pembagi ini diterjemahkan dari bahasa aslinya oikonomos yang artinya bendahara. Bendahara adalah orang yang membagi.

Matius 13:52
Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Karena itu setiap ahli Taurat yang menerima pelajaran dari hal Kerajaan Sorga itu seumpama tuan rumah yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya."
Harta baru dan harta lama yang dikeluarkan dari perbendaharaan itulah Firman Tuhan perjanjian lama dan perjanjian baru yang dibagikan hamba Tuhan kepada sidang jemaat. Hamba Tuhan membagi perkara-perkara rohani kepada sidang jemaat dan sidang jemaat adalah pembagi perkara-perkara jasmani kepada hamba Tuhan yang membagi berkat rohani kepadanya.

Galatia 6:6-7
6 Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu.
7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.

II Timotius 3:14
Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.

Roma 15:27-28
27 Keputusan itu memang telah mereka ambil, tetapi itu adalah kewajiban mereka. Sebab, jika bangsa-bangsa lain telah beroleh bagian dalam harta rohani orang Yahudi, maka wajiblah juga bangsa-bangsa lain itu melayani orang Yahudi dengan harta duniawi mereka.
28 Apabila aku sudah menunaikan tugas itu dan sudah menyerahkan hasil usaha bangsa-bangsa lain itu kepada mereka, aku akan berangkat ke Spanyol melalui kota kamu.

Dalam pelayanan Tuhan Yesus selama 3.5 tahun ada orang yang menjadi “oikonomos” yang membagi berkat jasmani untuk menopang pekerjaan Tuhan.
Lukas 8:1-3
1 Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia,
2 dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,
3 Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

6.      Memiliki penyataan-penyataan dari Tuhan
Sebelum Yehezkiel memulai pelayanannya, Allah memberikan penyataan-penyataan kepadanya. (Yehezkiel pasal 1) Hamba Tuhan yang menerima penyataan Allah akan kuat di dalam pelayanan.

Galatia 1:12; 2:2
1:12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.
2:2 Aku pergi berdasarkan suatu penyataan. Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi -- dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang --, supaya jangan dengan percuma aku berusaha atau telah berusaha.

2 Timotius 4:1
4:1 Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya:

7.      Bernubuat
Hamba Tuhan harus paham apa itu Firman nubuatan dan apa itu Firman pengajaran sebab kedua-duanya adalah dasar sidang jemaat dibangun untuk kokoh berdiri sampai ditahbiskan sebagai bait Allah.

Efesus 2:20
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Wahyu 10:11
Maka ia berkata kepadaku: "Engkau harus bernubuat lagi kepada banyak bangsa dan kaum dan bahasa dan raja."
Ini adalah perintah terakhir di dalam Alkitab untuk bernubuat.

Sekarang ini waktu kedatangan Tuhan sudah dekat dan saat Firman ini kembali dan diterima oleh bangsa Israel maka berakhirlah kesempatan untuk kita bangsa kafir. Oleh sebab itu manfaatkanlah kesempatan bagi kita bangsa kafir yang tinggal sedikit ini untuk menerima pengaruh Firman dan Roh Kudus yang memberikan kita kemampuan untuk menang terhadap kekuatan yang muncul dari laut itulah antikris, kekuatan yang muncul dari bumi itulah nabi palsu dan kekuatan iblis di angkasa, yang digambarkan dalam
Wahyu 10:2,5
10:2 Dalam tangannya ia memegang sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka. Ia menginjakkan kaki kanannya di atas laut dan kaki kirinya di atas bumi,
10:5 Dan malaikat yang kulihat berdiri di atas laut dan di atas bumi, mengangkat tangan kanannya ke langit,

Þ    Kaki kanan injak laut sebab menghadapi pergerakan binatang buas yang keluar dari laut: antikris,
Wahyu 13:1,6
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.

Þ    Kaki kiri injak bumi (darat) sebab menghadapi roh penipuan yang ditampilkan oleh nabi palsu
Wahyu 13:11-14
13:11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.

Þ     Tangan kanan dengan kitab kecil terbuka = pembukaan rahasia Firman Allah,
menghadapi iblis penguasa angkasa,
Efesus 2:2
2:2 Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Yang dapat mengalahkan semua ini hanyalah kehidupan yang menghargai pembukaan rahasia Firman Allah dan hidup di dalamnya.


Tuhan memberkati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar