20190115

Kebaktian Natal GSPDI Airmadidi, Selasa 15 Januari 2019 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Lukas 1:41-45
1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,
1:42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
1:43 Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?
1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.
1:45 Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

Ini pertemuan Maria dan Elizabet. Keduanya adalah wanita yang hamil dengan cara yang ajaib. Baik Elizabet maupun Maria, kejadiannya semua ajaib. Dan memang Tuhan akan memulai dengan ajaib dan akan Dia akhir dengan ajaib di muka bumi ini. Dipertanyakan, apakah kita akan bersama dengan Tuhan di dalam keajaiban ini. Jangan-jangan kita tidak ada dengan Tuhan di dalam keajaiban.

Kelahiran kita di dunia ini dilahirkan oleh mama kita hanya cocok di dunia tetapi tidak cocok di sorga. Supaya kita cocok di sorga maka perlu kita lahir baru. Kalau kita sudah lahir baru otomatis kita dibenci oleh dunia tetapi kita sudah cocok di sorga.

Kejadian Yesus lahir di dunia ini, itu mujizat besar atau keajaiban besar, Allah menjadi manusia. Tetapi keajaiban besar yang kedua adalah manusia menjadi sama dengan Dia, diawali dengan kelahiran baru. Olehnya jangan sampai kita gereja Tuhan meremehkan kelahiran baru.

Penampilan Firman malam hari ini saya tidak tahu mau mengarah ke mana. Tetapi mari kita buka hati, pandang ke sini. Saya tidak malu saudara pandang, sebab yang ada bersama dengan kita adalah Tuhan Yesus Kristus.

Hamba Tuhan itu harus ada bekal penyataan Tuhan.
II Timotius 4:1
4:1 Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya:

Sebagai bukti bahwa seseorang itu diutus oleh Tuhan harus ada penyataan Tuhan.
Galatia 1:12; 2:2
1:12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.
2:2 Aku pergi berdasarkan suatu penyataan. Dan kepada mereka kubentangkan Injil yang kuberitakan di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi -- dalam percakapan tersendiri kepada mereka yang terpandang --, supaya jangan dengan percuma aku berusaha atau telah berusaha.

II Korintus 12:7
12:7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.

I Korintus 14:6
14:6 Jadi, saudara-saudara, jika aku datang kepadamu dan berkata-kata dengan bahasa roh, apakah gunanya itu bagimu, jika aku tidak menyampaikan kepadamu penyataan Allah atau pengetahuan atau nubuat atau pengajaran?

Jadi, ciri hamba Tuhan itu harus ada penyataan Tuhan, artinya Tuhan menyatakan diri kepadanya. Banyak penyataan Tuhan yang kami alami. Satu ketika saya dalam doa puasa, kemudian saya mendapat penglihatan dan disuruh Tuhan untuk mengali sebuah sumur. Memang sumur itu sudah ada tetapi sudah disumbat oleh orang-orang. Saya keberatan, saya katakan kepada Tuhan kalau saya menggali, nanti saya benturan dengan yang sudah menutup. Tuhan katakan “apa yang Aku suruh engkau kerjakan”. Maka saya menggali sumur itu. Setelah cukup dalam saya berpikir pasti ada mata air yang membual-bual. Ternyata tidak ada air tetapi roti besar-besar di dalam sumur itu. Suara datang “hambaKu, ambil roti itu dan bagi-bagikan kepada kawan-kawanmu”. Saya ambil lalu saya bagi-bagikan.

Itu sebabnya di tempat kami di Tentena, setiap rabu ada Bible Study yang dihadiri oleh hamba-hamba Tuhan, ada dari Sulawesi Selatan maupun dari Sulawesi Tengah. Kemudian malam ini saya ada di Airmadidi dan saya mau membagi roti itu karena saya disuruh. Jadi kalau ini kesempatan saya membagi, kira-kira saudara mau menerima.

Ada fellowship antara dua ibu yang hamil yaitu Maria dan Elizabet. Yang menjadi pengikat mereka adalah salam. Bicara salam sama dengan bicara Firman pengajaran.
II Yohanes 1:10-11
1:10 Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya.
1:11 Sebab barangsiapa memberi salam kepadanya, ia mendapat bagian dalam perbuatannya yang jahat.
Kalau salam itu dihubungkan dengan pengajaran yang tidak benar maka kita akan kena. Olehnya kita harus waspada. Dalam ibadah pada umumnya orang mengatakan Shalom. Bagi orang Yahudi, kata shalom tidak mereka pakai dalam ibadah. Hanya mereka pakai kalau bertemu dengan teman, pergi ke rumah tetangga atau bertemu di kebun. Karena bagi mereka shalom itu tidak ada kaitannya dengan ibadah. Tetapi kalau saudara laksanakan, silahkan. Tetapi maaf, kalau kami tidak menggemakan itu. Sebab shalom itu sifatnya kemakmuran yang duniawi/jasmani.  

Salam ini adalah ucapan pembukan jalan untuk datangnya Firman pengajaran. Jadi kalau mengucapkan salam tetapi tidak mau menerima Firman pengajaran, itu sama dengan omong kosong. Kalau saya katakan “shalom” kemudian tidak membuka hati menerima pengajaran itu sama dengan kebohongan.

Kalau melihat fellowship dua ibu hamil ini, begitu Maria mengucapkan salam maka bayi dalam kandungan Elizabet itu girang dan melonjak-lonjak. Berarti dia menerima salam itu. Bayi yang ada di dalam kandungan Elizabet langsung melonjak kegirangan. Ini kesaksian Alkitab, ini bukan bohong-bohongan. Mengapa bayi ini girang mendengar salam? Sebab dia akan dipercayakan satu tugas yang sangat suci dan mulia, untuk mewujudkan umat yang layak bagi Tuhan.
Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Dulu dalam bentuk hurufiah bayi itu melonjak. Tetapi realisasinya, penggenapannya zaman kita sekarang. Sehingga ketika Yohanes sudah di dalam pelayanan, bukan cuma melonjak kegirangan, tetapi dia katakan sukacitanya penuh jika mendengar suara Yesus sahabatnya. Tanggung jawab Yohanes adalah untuk kepentingan sahabatnya.
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Kenapa gereja Tuhan kalau mendengar soal mempelai menjadi risih. Padahal Yohanes yang dalam kandungan itu bersorak dan melonjak. Ketika dalam pelayanan bukan lagi bertemu Yesus yang sama-sama bayi tetapi saat itu Yohanes sudah berusia 30an.

Lukas 1:41
1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,

Bukan Elizabet yang melonjak tetapi bayi dalam kandungannya yang melonjak. Lalu Elizabet penuh dengan Roh Kudus. Bukan nanti disapu dengan sapu tangan orang bisa penuh dengan Roh Kudus, apalagi menggunakan hipnotis. Sekarang ini banyak pendeta yang belajar hipnotis. Hati-hati, itu iblis! Nantinya kita bukan menuju sorga tetapi menuju Babel. Jangan sampai kita menjadi orang Kristen bukan melangkah ke Yerusalem Baru tetapi malah menuju ke Babel sundal besar. Sebab perjalanan gereja, ada dua kota yaitu Yerusalem Baru dan Babel. Babel disebut ibu, Yerusalem disebut pengantin perempuan. Dua-duanya wanita, yang mana sasaran kita.

Lukas 1:44
1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.

Saat melayani, usia antara Yohanes Pembaptis dan Yesus terpaut 6 bulan. Katakan saat itu Yesus 30 tahun berarti Yohanes 30 tahun 6 bulan.

Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Bukan hanya melonjak, tetapi sangat bersukacita mendengar suara Mempelai Laki-laki. Yohanes ini punya tugas adalah untuk menghadirkan Mempelai Wanita.
Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Siapa Yohanes? Dia lahir dari sepasang nikah Zakharia dan Elizabet, keduanya dari keturunan Lewi, keturunan Harun. Berarti Yohanes Pembaptis ini lahir dari keluarga yang setia terhadap panggilan sorga. Itu sebabnya Yohanes Pembaptis setia pada panggilan sorga sekalipun harus mengakhiri hidupnya dengan dipenggal lehernya.

Saya katakan “anggota paduan suara, jangan engkau tidak setia pada panggilan Tuhan”. Jika masuk pada paduan suara itulah panggilan, jangan anggap enteng. Sekalipun hanya menjalankan pundi dalam ibadah, itu karunia dari sorga. Mungkin oma tidak bisa lagi jalankan pundi, yang bisa dia lakukan adalah berdoa/ puasa, maka lakukanlah itu dengan setia sampai akhir.

Apalagi saya sebagai gembala, saya harus setia dalam pelayanan. Jadi lebih dahulu saya harus paham apa itu panggilan sorga.

Efesus 1:17
1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Rahasia Firman justru Tuhan bukakan kepada kita bangsa kafir, tetapi Firman Tuhan percayakan kepada bangsa Yahudi.
Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Tuhan tidak pernah mempercayakan Firman kepada bangsa kafir, hanya kepada bangsa Yahudi. Tetapi rahasia Firman Tuhan itu dibuka kepada kita bangsa kafir.
Efesus 3:5-7
3:5 yang pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan kepada anak-anak manusia, tetapi yang sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus,
3:6 yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus.
3:7 Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya.

Kolose 1:25-28
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Kalau sekarang kita dilawati oleh Tuhan dengan rahasia Firman Tuhan yang besar, mengapa kita bangsa kafir malah menolak. Ingat, Tuhan nantinya akan beralih pada bangsa Israel. Mengapa? Sebab ketika kita bangsa kafir dilawati Tuhan dengan pembukaan rahasia Firman kita memberikan label yang salah. Tuhan akan berpaling meninggalkan kita sesuai dengan Roma pasal 11. Jangan sampai kita terlambat.

Efesus 1:9
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

Atas kerelaanNya, Tuhan membukakan rahasia FirmanNya kepada kita bangsa kafir. Tujuannya supaya kita masuk dalam kegenapan waktu, waktu sudah mau habis.
Efesus 1:10
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

Rahasia Allah yang besar adalah rahasia Kristus dengan gereja dan rahasia ibadah. Itulah yang dibuka sekarang. Makanya Yohanes Pembaptis senang mendengar suara Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Mengapa Yesus disebut Mempelai Laki-laki? Sebab Yesus memiliki Mempelai WanitaNya. Inilah rahasia yang Tuhan buka hari-hari terakhir ini. Kita malah tutup hati dan memberi label “pengajaran tidak benar itu!”. Padahal yang tidak benar adalah yang berucap itu! Karena dia tidak mau bersukacita seperti Yohanes. Ini jangan terjadi pada kita.

Efesus 1:17
1:17 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

Hikmat ini yang membuka rahasia Allah. Makanya dari 9 karunia Roh, karunia Hikmat yang paling di atas.

Di dalam gereja kalau tidak ada Wahyu maka liarlah jemaat.
Amsal 29:18
29:18 Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.

Saya sebagai gembala tidak bisa melihat kalau jemaat liar. Kalau saya katakan “ibadah jam 7” maka jam 7 mereka sudah datang. Karena kita komitment, kita umumkan jam 7 berarti Imam Besar sudah ada di situ, kita sudah janji dengan Tuhan. Kalau kita datang jam 10, kira-kira kita liar atau tidak? Kalau datang telat itu berarti liar! Inilah yang liar, sukar dikendalikan.

Padahal ketika Roh Kudus turun di Yerusalem, yang pertama ditangkap adalah telinga. Mereka mendengar suara yang keras, itu telinga. Sesudah itu mereka melihat lidah-lidah api.
Kisah Para Rasul 2:2-3
2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.

Telinga yang pertama ditangkap karena ini pintu masuknya Firman untuk menggarap hidup kita. Mata ditangkap oleh Tuhan sebab kalau mata tidak ditangkap oleh Firman maka mata bisa ditangkap dunia. Seperti Hawa di taman Eden, matanya ditangkap oleh iblis. Akibatnya kita rasakan sampai sekarang ini. Karena mata tidak ditangkap oleh Firman maka anak Tuhan bisa liar. Telinganya tidak ditangkap oleh Firman maka sulit menerima Firman sehingga menjadi liar.

Kata Haleluya ada 27 kali dalam Alkitab. Perjanjian Lama ada 23, dan dalam Perjanjian Baru ada 4. Kata haleluya dalam perjanjian baru justru menggelegar di sorga saat pesta nikah Anak Domba Allah akan akan digelar. Makanya Yohanes mengatakan Mempelai Laki-laki mempunyai Mempelai Wanita. Kapan pestaNya digelar? Dalam Wahyu pasal 19. Bahasa yang membahana di sorga adalah haleluya ketika Mempelai Laki-laki dan Mempelai Wanita masuk dalam pesta nikah.
Wahyu 19:1,3,4,6
19:1 Kemudian dari pada itu aku mendengar seperti suara yang nyaring dari himpunan besar orang banyak di sorga, katanya: "Haleluya! Keselamatan dan kemuliaan dan kekuasaan adalah pada Allah kita,
19:3 Dan untuk kedua kalinya mereka berkata: "Haleluya! Ya, asapnya naik sampai selama-lamanya."
19:4 Dan kedua puluh empat tua-tua dan keempat makhluk itu tersungkur dan menyembah Allah yang duduk di atas takhta itu, dan mereka berkata: "Amin, Haleluya."
19:6 Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.

Kita kembali pada tujuan pemberitaan Firman, bagaimana Yohanes Pembaptis ini. Yohanes lahir dari pasangan nikah yang setia pada panggilan, sehingga turun genetika kepadanya dia setia dalam pelayanan sampai akhir dia dipenggal lehernya. Apa jabatannya? Kalau Zakharia adalah imam, juga Elizabet dari keturunan Harun, maka Yohanes adalah imam karena dia keturunan Harun.
Lukas 1:5-6,76
1:5 Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet.
1:6 Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat.
1:76 Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya,

Jadi jabatan Yohanes Pembaptis ini adalah imam dan nabi. Kalau bicara imam, Maleakhi mengatakan ada hubungannya dengan Firman pengajaran.
Maleakhi 2:7
2:7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.

Jadi kami hamba-hamba Tuhan adalah tempat bertanya Firman atau lumbungnya Firman. Berarti kalau Firman di mulutku berarti hati diisi oleh Firman.

Nabi Yehezkiel juga keturunan imam dan juga dia nabi.
Yehezkiel 1:3; 2:5
1:3 datanglah firman TUHAN kepada imam Yehezkiel, anak Busi, di negeri orang Kasdim di tepi sungai Kebar, dan di sana kekuasaan TUHAN meliputi dia.
2:5 Dan baik mereka mendengarkan atau tidak -- sebab mereka adalah kaum pemberontak -- mereka akan mengetahui bahwa seorang nabi ada di tengah-tengah mereka.

Pada pasal 3 Yehezkiel disuruh makan Firman itu dan penuhi perutnya dengan Firman itu. Jadi imam itu lumbungnya Firman, punya Firman pengajaran. Imam adalah tempat bertanya Firman dan banyak orang dibawa kepada kebenaran. Tetapi disesali oleh Tuhan, Maleakhir pasal 2 ayat 1 sampai 4 Tuhan menyesal melihat imam-imam sudah mengajarkan yang salah, sehingga Tuhan katakan “Aku akan melempar kotoran ke mukamu”.
Maleakhi 2:3
2:3 Sesungguhnya, Aku akan mematahkan lenganmu dan akan melemparkan kotoran ke mukamu, yakni kotoran korban dari hari-hari rayamu, dan orang akan menyeret kamu ke kotoran itu.

Jangan saya bangga memakai semi jas, tetapi kalau salah Tuhan akan melempar kotoran ke mukaku. Itu sebabnya saya sebagai hamba Tuhan harus waspada.

Maleakhi 2:5
2:5 Perjanjian-Ku dengan dia pada satu pihak ialah kehidupan dan sejahtera dan itu Kuberikan kepadanya -- pada pihak lain ketakutan -- dan ia takut kepada-Ku dan gentar terhadap nama-Ku.

Jadi pertama janji Tuhan kepada seorang imam adalah kehidupan, bukan mati. Masakan sepotong roti tidak Tuhan berikan. Saya belajar soal ini. Ketika Tuhan mengutus kami ke Tentena, isteri saya tidak mau. Hampir anak saya diambil oleh Tuhan, 11 hari tidak bisa makan dan berbau busuk. Setelah kami berdua mau ke Tentena, tanpa diobati sembuh anak itu. Sampai di Tentena saya melayani satu opa dan satu keluarga yang jaraknya 10Km dari Tentena. Kalau mereka tidak datang, apa yang kami mau makan? Saya bersama isteri dengan tiga orang anak, anak ketiga baru usia 40 hari. Kadang saya khotbah hanya pada isteri, anak pertama jaga adiknya yang masih bayi. Setelah tiba waktunya jalankan pundi, tidak ada yang diberi. Tetapi kami hidup, Tuhan yang pelihara. Tiba-tiba tanpa diketahui sapa yang beri, ada satu karung di depan gereja. Itulah pengalaman kami.

Kemudian saya menangis di kaki Tuhan “Tuhan, Engkau utus saya ke Tentena bukan untuk datang melayani bangku! Tetapi untuk melayani jiwa, mana jiwa Tuhan!”. Ketika saya menangis di kaki Tuhan, antara jam 3 dan jam 4 saya dengar suara. Tuhan katakan begini “Aku tahu siapa orangKu, jiwa itu urusanKu dan engkau hambaKu layanilah Aku”. Sejak itu saya tidak perlu menangis lagi memohon jiwa, saya layani saja Tuhan dan pelan-pelan Tuhan yang isi.
Maleakhi 2:5
2:5 Perjanjian-Ku dengan dia pada satu pihak ialah kehidupan dan sejahtera dan itu Kuberikan kepadanya -- pada pihak lain ketakutan -- dan ia takut kepada-Ku dan gentar terhadap nama-Ku.

Dari pihak imam harus ada ketakutan. Kalau tidak ada roh ketakutan ini maka awas, Tuhan nanti akan menakuti-nakuti. Kalau mulai dari saya sebagai hamba Tuhan tidak takut akan Tuhan, saya berbuat sesukanya, maka Tuhan akan menakut-nakuti.
Yesaya 2:19-20
2:19 Maka orang akan masuk ke dalam gua-gua di gunung batu dan ke dalam liang-liang di tanah terhadap kedahsyatan TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya, pada waktu Ia bangkit menakut-nakuti bumi.
2:20 Pada hari itu berhala-berhala perak dan berhala-berhala emas yang dibuat manusia untuk sujud menyembah kepadanya akan dilemparkannya kepada tikus dan kelelawar,

Kehidupan yang memelihara penyembahan berhala, akan Tuhan lempar kepada tikus dan kelelawar. Sekarang saudara boleh makan tikus dan kelelawar, tetapi satu saat saudara bisa dimakan tikus dan kelelawar, ini jangan sampai terjadi. Tikus dan kelelawar hampir sama, cuma bedanya kelelawar punya sayap. Namun kesamaannya mereka suka keluar pada malam hari. Jadi orang yang nanti akan ditakut-takuti Tuhan adalah orang yang ada dalam kegelapan. Awas, jangan sampai kita dilempar dalam kegelapan. Kegelapan malam yang paling dahsyat adalah 3,5 tahun aniaya antkristus. Jangan sampai kita nanti dilempar di sana oleh Tuhan. Makanya Tuhan bukakan rahasia Firman supaya jangan kita dilempar dalam aniaya antikristus.

Yesaya 2:21
2:21 dan ia akan masuk ke dalam lekuk-lekuk di gunung batu dan ke dalam celah-celah di bukit batu terhadap kedahsyatan TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya, pada waktu Ia bangkit menakut-nakuti bumi.

Kenapa harus ke celah-celah bukit batu? Sebab itu adalah tempat hamba Tuhan yang ditolak oleh dunia dan tidak disenangi oleh gereja.
Ibrani 11:38
11:38 Dunia ini tidak layak bagi mereka. Mereka mengembara di padang gurun dan di pegunungan, dalam gua-gua dan celah-celah gunung.

Setelah masuk dalam gelap malam, baru mereka mencari “mana itu pendeta botak dulu, yang gode pendek, mana itu pak Paat, mana itu pak Wiliam” tetapi sudah tidak ada. Kami tidak kurang hati jika ditolak. Kami tidak kecewa ditolak sebab Tuhan sendiri ditolak oleh bangsa Israel. Sehingga Tuhan katakan kepada Samuel:
I Samuel 8:7
8:7 TUHAN berfirman kepada Samuel: "Dengarkanlah perkataan bangsa itu dalam segala hal yang dikatakan mereka kepadamu, sebab bukan engkau yang mereka tolak, tetapi Akulah yang mereka tolak, supaya jangan Aku menjadi raja atas mereka.

Menolak hamba Tuhan sama dengan menolak Tuhan. Sebabnya jangan ganggu hamba Tuhan di dalam pelayanan.

Yesaya 2:21
2:21 dan ia akan masuk ke dalam lekuk-lekuk di gunung batu dan ke dalam celah-celah di bukit batu terhadap kedahsyatan TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya, pada waktu Ia bangkit menakut-nakuti bumi.

Kalau sekarang kita tidak mau belajar takut akan Tuhan, tunggu acaranya Tuhan, Tuhan akan buat saudara takut tetapi sudah telat. Akhirnya ketika kegelapan yang paling gelap itu datang, Alkitab mengatakan “baru mendengar kabarnya sudah terkencing-kencing ketakutan.
Yehezkiel 7:17, 25
7:17 Semua tangan terkulai dan semua orang terkencing ketakutan.
7:25 Ketakutan datang, dan mereka mencari keselamatan, tetapi tidak ada.

Makanya kalau sekarang ada panggilan, ada himbauan untuk mencari keselamatan, ayo kita kejar dan kita kerjakan.

Yehezkiel 7:26
7:26 Bencana demi bencana akan datang, kabar demi kabar akan tersiar. Mereka akan menginginkan suatu penglihatan dari nabi, pengajaran hilang lenyap dari imam, dan nasihat dari tua-tua.

Dia cari imam berarti dia cari Firman pengajaran, dia cari nabi berarti dia cari Firman nubuatan, dia mencari tua-tua berarti mencari nasihat, tetapi sudah tidak ada. Mau ke mana lagi dia. Makanya sekarang kami hamba-hamba Tuhan tidak kecil hati jika ditolak, karena kami belajar pada pribadi Tuhan. Dalam perjanjian lama, I Samuel 8:7 Tuhan di tolak. Dalam terjemahan baru Yesus ditolak.
Yohanes 1:10-12
1:10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.
1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Nabi hubungannya dengan Firman nubuatan. Imam hubungannya dengan Firman pengajaran.
Efesus 2:20
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Gereja dibangun di atas dasar rasul berarti Firman pengajaran dan di atas dasar nabi berarti Firman nubuatan. Jadi dua-duanya, jangan hanya nubuatan yang kita suka. Kita kadang hanya suka nubuatan kecil, tetapi nubuatan besar tidak kita suka. Firman yang disampaikan oleh para nabi itulah Firman nubuatan dan itu telah ditulis. Yesus mengatakan “apa yang telah ditulis dahulu bersaksi tentang Aku”.
Yohanes 5:39
5:39 Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku,

II Petrus 1:19
1:19 Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Pada Firman pengajaran juga ada bintang fajar menyingsing.
Hosea 6:3
6:3 Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."

Firman pengajaran dan Firman nubuatan menghentar kita pelan-pelan bertemu dengan Yesus, bintang fajar.
Wahyu 22:16
22:16 "Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."

Jadi Firman pengajaran arahnya jangan salah, arahnya harus jelas. Firman nubuatan juga arahnya jelas. Firman pengajaran dan Firman nubuatan arahnya menghentara gereja bertemu denga Yesus.

Wahyu 22:17
22:17 Roh dan pengantin perempuan itu berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!

Jadi gereja Tuhan sudah satu suara dengan Roh Kudus. Sekarang ini gereja Tuhan Roh berbicara sendiri, gereja berbicara sendiri. Jadi satu suara, jangan gereja Tuhan berseberangan dengan Roh Kudus. Apa yang disaksikan oleh Roh Kudus, itu juga yang harus kita saksikan.

Yohanes 15:25-26
15:25 Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.
15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Roh Kudus bersaksi tentang Yesus.

Yohanes 15:27
15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

Itulah gereja Tuhan, bersaksi tentang Yesus. Bukan sekedar kita datang menjalankan upacara ibadah tetapi kesaksian kita harus sama dengan kesaksian Roh Kudus. Roh Kudus menghentar gereja untuk tampil menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Kita gereja Tuhan bertunangan dengan Yesus, kenapa kita sungkan bicara tentang itu.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Kalau kita tahu rahasia nikah Kristus dengan gereja maka nikah yang jasmani tidak akan mudah dipermainkan. Lebih parah lagi kalau saya sebagai hamba Tuhan malah mempermainkan nikah. Saya punya isteri namanya Noorce Roboth, jika Tuhan izinkan kami hidup bersama sampai Tuhan datang.  Makanya nikah secara jasmani jangan dipermainkan. Jangan gonta ganti isteri, apalagi kalau pendeta seperti itu, malu sekali. Apa keteladannya kalau berbuat seperti itu!
Amsal 6:32
6:32 Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri.

Amsal 6:32-33 (Terjemahan Lama)
6:32 Tetapi orang yang berbuat zinah dengan bini orang, ia itu gila; barangsiapa yang berbuat demikian, ia itu membinasakan nyawanya sendiri.
6:33 Celaka dan kehinaan akan pendapatannya, dan kecelaannyapun tiada akan dihapuskan.

Amsal 6:33
6:33 Siksa dan cemooh diperolehnya, malunya tidak terhapuskan.

Jadi kalau saya melakukan ini lalu saya berdiri di sini, saya tidak menjadi teladan lagi. Bagaimana kita bisa menikah dengan Kristus, bagaimana bisa bertemu dengan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga kalau seperti ini.
Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadi suamimu ialah Dia yang menjadikan engkau, TUHAN semesta alam nama-Nya; yang menjadi Penebusmu ialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Ia disebut Allah seluruh bumi.

Tuhan Yesus yang menebus kita adalah suami kita. Pada pasal 53 lebih dahulu diceritakan tentang pengorbanan Yesus.
Yesaya 53:1
53:1 Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan?

Orang yang memberitakan seperti ini banyak orang tidak percaya, tidak mau terima. Entah apa alasannya, saya tidak tahu. Yang pasti itu karena dia tidak mau dikoreksi.
Yesaya 53:2-5
53:2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknya pun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupa pun tidak, sehingga kita menginginkannya.
53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan.
53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Dia tertikam karena pemberontakan kita dan pasal 54 Dia katakan “Aku suamimu yang menebus engkau. Kenapa gereja Tuhan justru alergi ketika dinyatakan Tuhan itu suami dan gereja diibaratkan seperti isteri.

Yesaya 53:6
53:6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

Tuhan menebus kita di Golgota. Yesus menderita karena saya dan saudara supaya kita mengakui “Engkau suamiku”. Kita baca bagaimana pengakuan Tuhan terhadap orang Israel.
Yeremia 2:2-3
2:2 "Pergilah memberitahukan kepada penduduk Yerusalem dengan mengatakan: Beginilah firman TUHAN: Aku teringat kepada kasihmu pada masa mudamu, kepada cintamu pada waktu engkau menjadi pengantin, bagaimana engkau mengikuti Aku di padang gurun, di negeri yang tiada tetaburannya.
2:3 Ketika itu Israel kudus bagi TUHAN, sebagai buah bungaran dari hasil tanah-Nya. Semua orang yang memakannya menjadi bersalah, malapetaka menimpa mereka, demikianlah firman TUHAN.

Kalau kita menempatkan diri sebagai pengantin perempuan, jangan coba ganggu, Tuhan yang akan berperang menggantikan kita. Saya tidak ragu melayani Tuhan, apalagi suami kita adalah Yesus, kita melayani Yesus, tidak usah kita ragu.

Tetapi sayang, dalam Yeremia pasal 3, Israel itu Tuhan kirimkan surat cerai. Karena dianggap oleh Tuhan bahwa Israel itu wanita sundal sehingga Tuhan ceraikan dia.
Yeremia 3:8
3:8 Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya Aku telah menceraikan Israel, perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat cerai; namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, melainkan ia juga pun pergi bersundal.

Tetapi pada ayat 11 dan 12, Tuhan katakan “kembalilah, asal akui kesalahanmu”.
Yeremia 3:11-13
3:11 Dan TUHAN berfirman kepadaku: "Israel, perempuan murtad itu, membuktikan dirinya lebih benar dari pada Yehuda, perempuan yang tidak setia itu.
3:12 Pergilah menyerukan perkataan-perkataan ini ke utara, katakanlah: Kembalilah, hai Israel, perempuan murtad, demikianlah firman TUHAN. Muka-Ku tidak akan muram terhadap kamu, sebab Aku ini murah hati, demikianlah firman TUHAN, tidak akan murka untuk selama-lamanya.
3:13 Hanya akuilah kesalahanmu, bahwa engkau telah mendurhaka terhadap TUHAN, Allahmu, telah melampiaskan cinta berahimu kepada orang-orang asing di bawah setiap pohon yang rimbun, dan tidak mendengarkan suara-Ku, demikianlah firman TUHAN."

Jadi sehancur-hancurnya kita, serusak bagaimanapun kita, kalau kita mau kembali, Tuhan siap menyambut saudara. Bukan hanya pada Israel dahulu tetapi juga kepada kita. Sekarang Dia sudah berkorban bagi kita, kenapa kita mesti bermain-main dengan Dia.

Kalau Yohanes Pembaptis dia adalah imam dan nabi, Yeremia imam dan nabi, Yehezkiel imam dan nabi. Yeremia menceritakan Yesus adalah Mempelai Laki-laki Sorga. Yehezkiel menceritakan pada pasal 16 bagamana Tuhan bersama dengan umatNya. Dia menemukan umatNya bagaikan bayi terlantar di ladang. Seringkali kita bagaikan anak Tuhan yang terlantar di ladang Tuhan, tidak ada yang menghiraukan kita. Kemudian Dia lewat, Dia ambil, Dia bersihkan darah bayi itu, Dia garami dan bedungi dengan kain dan Tuhan katakan “Engkau harus hidup”. Kemudian Tuhan lihat bayi itu sudah bertumbuh, buah dadanya sudah tumbuh dan rambutnya sudah panjang. Buah dada itu adalah tempat bayi untuk menyusui, untuk memberi kehidupan kepada orang lain. Berarti ini gereja Tuhan yang sudah siap menjadi saluran berkat bagi orang lain. Rambutnya panjang berarti sudah ada roh penundukan.
Yehezkiel 16:8
16:8 Maka Aku lalu dari situ dan Aku melihat engkau, sungguh, engkau sudah sampai pada masa cinta berahi. Aku menghamparkan kain-Ku kepadamu dan menutupi auratmu. Dengan sumpah Aku mengadakan perjanjian dengan engkau, demikianlah firman Tuhan ALLAH, dan dengan itu engkau Aku punya.

Kidung Agung 2:16
2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Untuk mendapatkan saudara, Dia harus mendaki Golgota, Dia harus menderita. Untuk itu mari kita dengarkan Firman, mau ke mana kita diarah. Apakah hanya suatu ritual ibadah. Tidak! Ibadah itu ada tujuan yang paling tinggi.

Tuhan mau menjadikan saudara Mempelai WanitaNya, jangan sampai Tuhan lempar saudara pada kegelapan. Dengarkan Firman, jangan tolak. Kalau mengatakan “saya sudah hancur” tetapi Tuhan Yesus justru menawarkan “kembali, asal akui kesalahanmu”.
Hosea 14:2-3
14:2 Bertobatlah, hai Israel, kepada TUHAN, Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu.
14:3 Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: "Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.

Pengakuan itu bagaikan memberikan persembahan sesuatu. Makanya pengakuan saudara bukan mengaku pada pendeta, tetapi pendeta hanya mendoakan saudara. Karena itu sama seperti saudara membawa korban ke gereja lalu pendeta mendoakan. Kekuatan Firman pengajaran mampu mengubahkan kita.

Tuhan Memberkati.


GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar