20190112

Kebaktian Natal Tomohon, Sabtu 12 Januari 2019 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Lukas 1:41-45
1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,
1:42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
1:43 Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?
1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.
1:45 Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

Kepada orang Yahudi Tuhan percayakan Firman.
Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Itu diangkat oleh rasul Paulus
Roma 3:1-3
3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.
3:3 Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah?

Jadi Tuhan tidak berfirman kepada kita bangsa kafir. Tetapi setelah Korban Kristus di Golgota, rahasia Firman justru dibuka kepada kita bangsa kafir, bukan kepada orang Yahudi.
Efesus 1:8-10; 3:6-8
1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus
1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.
3:6 yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus.
3:7 Dari Injil itu aku telah menjadi pelayannya menurut pemberian kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku sesuai dengan pengerjaan kuasa-Nya.
3:8 Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu,

Kolose 1:24-28
1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Jadi rahasia Firman Tuhan dibukakan kepada kita bangsa kafir, bangsa non Yahudi. Jadi alangkah tidak bijaknya kalau kita bangsa kafir dilawati Tuhan dengan rahasia FirmanNya kemudian kita menutup diri, terjadi penolakan. Makanya tidak heran Tuhan akan kembali pada bangsa Israel. Jika kita bangsa kafir tidak menghargai lawatan Tuhan yaitu pembukaan Firman maka Tuhan katakan dalam Roma pasal 11 bahwa Dia akan kembali kepada bangsa pilihanNya.

Apa yang kita baca dalam Lukas pasal 1 tidak berkisar pada saat itu tetapi punya nilai pengajaran dan nubuatannya di dalamnya. Karena dikatakan kita gereja Tuhan dibangun di atas dasar nabi dan atas dasar rasul dengan Kristus Yesus sebagai batu penjurunya.
Efesus 2:20
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

Bicara rasul hubungannya dengan Firman pengajaran.
Kisah Para Rasul 2:42
2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Bicara nabi hubungannya dengan Firman nubuatan.
II Petrus 1:19
1:19 Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.
Jadi gereja dibangun di atas dasar Firman pengajaran dan Firman nubuatan. Kalau hanya mendengarkan Firman nubuatan berarti kita hanya mendirikan sebelah tembok, bukan rumah. Dan kalau hanya mendengar Firman pengajaran berarti hanya mendirikan sebelah tembok rumah, tidak utuh. Makanya harus ada keduanya ini. Itu sebabnya di dalam gereja Tuhan harus disajikan dua hal ini. Firman pengajaran untuk menyucikan tabiat kita dan ditunjukkan apa tujuannya, itulah Firman nubuatan.

Di sini ada fellowship dua ibu hamil. Yang satu ibu bernama Elizabet. Dia mengandung secara ajaib. Itu mustahil secara manusia, tetapi bagi Tuhan tidak ada perkara yang mustahil. Siapa yang dia kandung? Kita lihat kemudian akhirnya lahir sosok seorang anak laki-laki yang akhirnya diberi nama Yohanes. Kemudian ibu yang satu yang hadir yang berkunjung cukup jauh dari utara yaitu Galilea dan harus ke Yudea, dia mengandung juga secara ajaib. Jadi Tuhan memulai dengan ajaib dan akan Tuhan akhir gerejaNya dengan ajaib.

Mari kita lihat sistem sorga ini. Siapa yang dikandung oleh Elizabet? Yohanes Pembaptis. Dia mengemban tugas tanggung jawab yang tidak dapat dikerjakan oleh kekuatan manusia sendiri, hanya oleh keajaiban Tuhan. Karena tugasnya ada dalam Lukas 1:17. Ini pelajaran bagiKu, hamba Tuhan yang sudah lanjut usia ini dan hamba Tuhan yang masih muda ini. Tugas kami ada pada poin ini kalau kita mengaku adalah hamba Tuhan. Bukan hanya sampai pada daoulos tetapi sampai menjadi huperetas, kita harus betul-betul mati bagi Tuhan.
Lukas 1:17
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Ini tugas hamba Tuhan yaitu menyiapkan umat Tuhan yang layak bagi Tuhan. Bukan hanya sekedar kami himpun. Dalam ibadah pelayanan kita bukan hanya menjalankan ritual ibadah, tetapi inilah tugas kami yaitu menyiapkan umat yang layak. Untuk siapa? Untuk bayi yang dikandung oleh Maria. Jika saya tanya, maukah bapak ibu saudara sekalian menjadi umat yang layak bagi Tuhan? Pasti semuanya mau. Tetapi ada tuntunannya.

Karena perhatian Tuhan pada kita bangsa kafir sampai mengundang hamba-hamba Tuhan harus melaksanakan konferensi pertama, kurang lebih tahun 50 sesudah Kristus. Bahkan Alkitab mengatakan Petrus dan yang lainnya bertengkar sangat hanya karena persoalan kita bangsa kafir.

Kisah para Rasul 15:7 (Terjemahan Lama)
15:7 Apabila mereka itu sedang bertengkar-tengkar sangat, bangkitlah Petrus serta berkata kepada mereka itu, "Hai Tuan-tuan dan Saudara-saudara, kamu ketahui bahwa sudah lama Allah memilih aku di antara kamu, supaya dengan lidahku orang kafir harus mendengar firman Injil, lalu percaya.

Kisah Para Rasul 15:7
15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.

Gara-gara kita bangsa kafir sehingga hamba-hamba Tuhan harus bertengkar sangat, tetapi kita seringkali tidak menyadarinya!.

Kisah Para Rasul 15:14
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

Bagi namaNya yaitu bagi Yesus, bayi yang dikandung oleh Maria itu yang sekarang ada di sorga, bukan lagi bayi. Memang secara hurufiah belum ada fakta di zaman Yohanes Pembaptis, bahkan di zaman para rasul belum ada. Jadi ini bernubuat bagi kita bangsa kafir di akhir zaman ini untuk ditampilkan umat yang layak bagi Tuhan.

Yohanes saat masih dalam kandungan ketika berusia 6 bulan saat itu, ketika mendengarkan salam Maria langsung melonjak kegirangan dan ibunya langsung penuh dengan Roh Kudus. Sebetulnya untuk mencari kepenuhan Roh Kudus tidak perlu ada lesnya. Tetapi harus serius mendengar Firman sehingga bisa penuh dengan Roh Kudus.

Jadi Yohanes Pembaptis ini adalah pribadi masih dalam kandungan sudah senang dengar Firman dan dia akan menurunkan berkat kepada kita bangsa kafir. Makanya kita sebagai umat Tuhan, jika pergi gereja jangan kita daulati pendeta “hai pak pendeta, hanya boleh khotbah 15 menit. Lebih dari itu saya tendang!”. Berarti kehidupan yang tidak suka mendengar Firman Tuhan sama dengan mencabut dirinya untuk menjadi umat yang layak bagi Tuhan, dia tidak bisa masuk dalam pembentukan umat yang layak bagi Tuhan.

Bagaimana sikap kita mendengar Firman, coba lihat Yohanes yang adalam kandungan ini. Masih dalam kandungan dia sudah senang mendengar Firman, sudah melonjak. Jangan sampai kita melonjak-lonjak tetapi tidak suka dengar Firman. Saat puji-pujian melonjak-lonjak tetapi ketika mendengarkan Firman malah ada di luar. Setelah Firman baru masuk kembali. Itu sikap yang salah di hadapan Tuhan.

Setelah Yohanes lahir dan ada dalam ladang pelayanan, bagaimana hatinya? Dia ungkapkan begitu bersukacita mendengar suara Yesus, suara Firman.
Yohanes 3:29
3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Siapa yang dimaksud dengan sahabat Mempelai di sini? Itulah Yohanes Pembaptis. Dia disebut nabi besar. Yohanes sangat bersukacita mendengar suara Mempelai Laki-laki, suara Yesus dan sukacitanya penuh. Bagaimana kalau kita mendengar Firman? Apakah kita muring-muring?

Yohanes statusnya hanya sebatas sahabat, tetapi ada suatu keunikan sebagai sahabat.
Yohanes 15:15
15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Hamba hanya disuruh kerja, tetapi tidak diberitahukan rahasia majikannya. Kalau sahabat, rahasia diberitahu kepadanya. Kita gereja Tuhan, apalagi yang hidup akhir zaman ini, punya tanggung jawab sebagai pemegang tongkat estafet. Dan saya katakan kamilah pemegang tongkat estafet yang terakhir sebab Yesus sudah mau datang.

Tugas kami hamba Tuhan bukan hanya sekedar memimpin upacara ibadah. Tetapi tanggung jawab kami untuk mempersiapkan umat seberapa yang Tuhan percayakan untuk dibawa kepada Yesus menjadi umat yang layak, berarti umat pilihan. Banyak yang dipanggil sedikit yang dipilih. Sebagai seorang pelayanan Tuhan, kalau boleh bicara capek, saya capek benar. Tetapi lebih baik capek melayani dari pada capek duduk-duduk.

Yohanes statusnya sahabat, sudah senang mendengar suara Mempelai Laki-laki yang adalah sahabatnya. Sekarang status saya dan saudara apa, status keluarga di sini apa? Apakah cukup kita disebut umat Tuhan. Kita ini lebih dari sahabat.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Rasul Paulus sampai mengungkap isi hatinya bahwa dia cemburu kepada kita sebab status kita adalah tunanganya Tuhan Yesus. Ini sebenarnya tujuan konferensi hamba-hamba Tuhan itu, yaitu untuk menampilkan dan mewujudnya Mempelai Wanita bagi Tuhan Yesus. Coba kalau saya dari tahun 1976 bertunangan dengan isteri saya sampai sekarang, kapan menikahnya? Jadi kita bertunangan tujuannya untuk apa? Apakah untuk bertengkar? Bukan, tetapi untuk masuk pada persekutuan nikah yang rohani.

Makanya suami isteri, benahilah hidupmu supaya kita dibawa pada nikah yang rohani. Mulai dari nikah jasmani, bukannya malah berantam terus, nanti berhenti kalau sudah di meja makan atau pada waktu tidur. Begitu subuh sudah berantam karena anjingnya “ini isteri tidak kasih makan anjing kesayanganku” anjingnya lebih dia sayang dari pada isterinya. Lebih sial lagi kalau saya hamba Tuhan seperti itu. Bangun pagi saya langsung berantam dengan oma. Apalagi isteri begitu bangun pagi langsung komando suami. Ini tidak harus dilanjutkan sebab kita sedang dikemas dan dibentuk. Hasil konferensi hamba-hamba Tuhan itu pasti terwujud pada akhir zaman ini.

Terima binaan Firman Tuhan, sekarang ini sedang terjadi pemulihan. Mari kita lihat pemulihan ini, bagaimana bentuknya. Kadang yang kita agung-agungkan hanya pemulihan liturgi, tidak menyentuh yang hakiki.
Hosea 14:5
14:5 Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.

Tuhan akan memulihkan dari penyelewengan, anak muda menyeleweng, isteri menyeleweng, suami menyeleweng. Jangan kita asumsikan penyelewengan hanya soal yang satu itu.  Banyak suami menerima gaji, sebagaian sudah diisi di kaos kaki, baru sisanya diserahkan pada isteri, itu sudah menyeleweng. Juga isteri, banyak penyelewengan. Sekarang Tuhan mau pulihkan dari penyelewengan termasuk penyelewengan dalam ibadah.

Penderitaan Kristus mulai dari kelahiranNya sampai naik ke Golgota, bukan berarti jerih payahNya tanpa upah. Ada upahnya Tuhan!
Yesaya 62:11-12; 40:10-11
62:11 Sebab inilah yang telah diperdengarkan TUHAN sampai ke ujung bumi! Katakanlah kepada puteri Sion: Sesungguhnya, keselamatanmu datang; sesungguhnya, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.
62:12 Orang akan menyebutkan mereka "bangsa kudus", "orang-orang tebusan TUHAN", dan engkau akan disebutkan "yang dicari", "kota yang tidak ditinggalkan".
40:10 Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.
40:11 Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.

Upahnya Tuhan, Dia tampilkan di depan. Seperti dulu di zaman Ahasyweros, dia mau menampilkan Wasti istrinya, tetapi Wasti tidak mau. Akhirnya Wasti jatuh saat yang terakhir dan Ester tampil di saat yang terakhir. Sekarang adalah kesempatan untuk kita tampil menjadi upahnya Kristus.

Hosea 14:6
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Ciri orang yang mengalami pemulihan Tuhan katakan “Aku akan seperti embun bagi Israel”.
Mazmur 110:3
110:3 Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun.
Ini berarti bicara soal waktu, gereja Tuhan harus tampil bagaikan seorang remaja, berarti sudah dekat untuk akil balig.

Yehezkiel 16:5
16:5 Tidak seorang pun merasa sayang kepadamu sehingga diperbuatnya hal-hal itu kepadamu dari rasa belas kasihan; malahan engkau dibuang ke ladang, oleh karena orang pandang enteng kepadamu pada hari lahirmu.

Tuhan lewat ada bayi yang menendang-nendang dengan kakinya dan terlantar. Sekarang banyak orang Kristen di ladangnya Tuhan tetapi terlantar. Terlampau banyak kehidupan Kristen terbuang tetapi ada di ladang Tuhan, dia tidak mendapat perhatian serius.
Yehezkiel 16:6
16:6 Maka Aku lalu dari situ dan Kulihat engkau menendang-nendang dengan kakimu sambil berlumuran darah dan Aku berkata kepadamu dalam keadaan berlumuran darah itu: Engkau harus hidup

Di sini Tuhan tampil memberikan kehidupan setelah Tuhan langsung menangani. Kalau kita biarkan diri kita ditangani oleh Tuhan lewat pelayanan hamba Tuhan yang ada tongkat estafet dari Tuhan maka kita tidak akan mati. Firman dan Roh Kudus itu hidup. Berarti Tuhan berikan Firman dan Roh Kudus.
Yohanes 6:63
6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

Yesus berbicara itu setelah sekian banyak murid-murid meninggalkanNya. Karena mereka mendengarkan perkataan Yesus terlalu keras sehingga mereka angkat kaki meninggalkan Yesus. Tetapi Yesus bukan berarti muram muka karena ditinggalkan, malah Dia menghadapi Petrus Cs (12 muridNya) “kamu mau pergi juga!”. Yesus tidak takut ditinggalkan, tetapi meninggalkan Yesus sama dengan meninggalkan kehidupan.

Yehezkiel 16:8
16:8 Maka Aku lalu dari situ dan Aku melihat engkau, sungguh, engkau sudah sampai pada masa cinta berahi. Aku menghamparkan kain-Ku kepadamu dan menutupi auratmu. Dengan sumpah Aku mengadakan perjanjian dengan engkau, demikianlah firman Tuhan ALLAH, dan dengan itu engkau Aku punya.

Sekarang langsung Tuhan angkat kita “engkau aku punya”.

Yehezkiel 16:7
16:7 dan jadilah besar seperti tumbuh-tumbuhan di ladang! Engkau menjadi besar dan sudah cukup umur, bahkan sudah sampai pada masa mudamu. Maka buah dadamu sudah montok, rambutmu sudah tumbuh, tetapi engkau dalam keadaan telanjang bugil.

Buah dada itu untuk menyusui anak, berarti dia sudah dewasa sudah siap memberi. Rambutnya sudah tumbuh, berarti roh penundukannya sudah nampak. Kalau kita mau dijadikan Tuhan menjadi miliknya, mulai dari sekarang tunjukkan ada roh penundukan kepada Tuhan. Bagaimana mau menjadikan Yesus belahan jiwamu kalau tidak ada roh penundakan. Kalau tidak ada roh penundukan itu berarti masih kanak-kanak.

Sekarang saatnya jangan lagi kita ulur-ulur waktu karena hari kedatangan Tuhan sudah diambang pintu. Kekuatan-kekuatan binatang buas sekarang dihimpun untuk melibas kita. Bagaimana kalau saudara tidak mencintai Yesus, tidak ada penundukan.

Kemudian Tuhan katakan “engkau Aku punya”. Ini luar biasa.
Kidung Agung 2:16
2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Kita dipertunangkan dengan Yesus, makanya Yesus mengatakan “kekasihku Aku punya”. Makanya Tuhan katakan tadi “engkau Aku punya” ini umat Tuhan yang punya perkembangan rohani yang mantap.

Kidung Agung 6:3
6:3 Aku kepunyaan kekasihku, dan kepunyaanku kekasihku, yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Bisakah bapa ibu mengatakan “Yesus kepunyaanku” dan Yesus mengatakan “engkau kepunyaanKu”. Masakan binatang buas datang, antikristus datang, laki-laki yang kejam itu datang kemudian kita kekasihNya dibiarkan dipijak-pijak? Tidak bakal. Tidak mungkin ada suami yang berkata “hore isteriku dianiaya” atau “puji Tuhan isteriku ditendang”. Itu suami tidak beres, sudah tidak betul itu. Tidak mungkin Yesus akan berbuat seperti itu. Tetapi orang Kristen yang tertinggal, benih perempuan yaitu kehidupan Kristus yang tidak tumbuh rohaninya, dia yang akan diayani. Itu yang akan dicungkil matanya, dibelah perutnya dan dikuliti oleh antikristus. Mampukah saudara hadapi itu?.
Wahyu 12:17
12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

Tetapi yang menjadi kepunyaan Yesus ada di padang belantara (dipelihara).
Wahyu 12:14
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Inilah umat yang layak bagi Tuhan yang yang dikatakan dalam Lukas 1:17 dan yang disebutkan dalam konferensi hamba Tuhan pertama kali dalam Kisah Para Rasul 15:14.
Ciri kehidupan yang ditentukan oleh Tuhan ke sana adalah suka mendengarkan Firman.
Kisah Para Rasul 13:48
13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Siapa mereka yang bergembira ini?
Kisah Para Rasul 13:48 (Terjemahan Lama)
13:48 Maka orang-orang kafir yang mendengar itu pun bersukacitalah sambil memuliakan firman Allah, dan seberapa banyak orang yang ditentukan bagi hidup yang kekal itu juga percayalah.

Semoga bapak ibu yang mendengarkan Firman malam hari ini bersukacita mendengarkan Firman Tuhan. Ciri saudara dan saya jika kita adalah orang pilihan Tuhan dan ditentukan oleh Tuhan maka selalu memulihkan Firman dan senang mendengarkan Firman.
Titus 2:10
2:10 jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.

Hamba Tuhan juga ditentukan oleh Tuhan.
Kisah Para Rasul 13:47
13:47 Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."

Kami harus klaim itu dan kami buktikan. Kami lebih dahulu harus seperti Yohanes Pembaptis. Masih bayi sudah senang dengar Firman, setelah di dalam pelayanan dia lebih bersukacita lagi mendengar Firman bahkan sukacitanya penuh. Kita gereja Tuhan, kita harus membawa diri kita pada posisi yang diinginkan oleh Tuhan. Kapan Tuhan Yesus gembira dan girang?
Yesaya 62:5
62:5 Sebab seperti seorang muda belia menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu, dan seperti girang hatinya seorang mempelai melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atasmu.

Jika kita menjadi umat pilihan, suka dengar Firman dan mau disucikan maka Tuhan girang melihat saudara. Kadang kita merasa membuat Tuhan girang, tetapi sebenarnya hanya kita yang girang. Tetapi awas ada yang negatif. Tuhan juga girang menjatuhkan hukuman.
Ulangan 28:63
28:63 Seperti TUHAN bergirang karena kamu untuk berbuat baik kepadamu dan membuat kamu banyak, demikianlah TUHAN akan bergirang karena kamu untuk membinasakan dan memunahkan kamu, dan kamu akan dicabut dari tanah, ke mana engkau pergi untuk mendudukinya.

Jangan sampai terjadi Tuhan girang yang negatif terhadap kita. Tetapi girang yang positif itu yang kita kejar.
Ada 3 tanaman yang ditampilkan ketika terjadi pemulihan.
1.      Bunga bakung.
Hosea 14:6
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Bukankah Salomo mengatakan pada Sulamit “engkau bagaikan bunga bakung di antara duri-duri. Jadi betul-betul pemulihan ini mengarahkan kita menjadi milikNya. Sekalipun banyak masalah yang kita hadapi tetapi Firman, Roh Kudus dan kasih Tuhan bisa menyelesaikan masalah.
Kidung Agung 2:2
2:2 -- Seperti bunga bakung di antara duri-duri, demikianlah manisku di antara gadis-gadis.

Apakah kita mau menjadi manisnya Tuhan biarpun ada di antara duri-duri? Walaupun di antara duri-duri, Tuhan melindungi. Makanya bunga bakung ini ada hubungannya dengan penggembalaan.
Kidung Agung 2:16
2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Suasana ini yang mau Tuhan drop dalam gereja. Ini MempelaiKu, ini kekasihKu, ini merpatiKu, itu kita peroleh di dalam penggembalaan. Jangan kita berpikir soal organisasi, itu buatan manusia. Organisasi itu supaya ada hubungan kita dengan pemerintah. Yang kita butuhkan adalah penggembalaan Firman pengajaran yang sehat.

2.      Pohon hawar
Hosea 14:6
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.

Ingat bagaimana Yakub mendapatkan ternak dari mertuanya. Dia menggunakan salah satunya adalah dahan pohon hawar. Ada tiga jenis pohon yang dia gunakan, namun yang kita bicarakan tentang pemulihan ini adalah pohon hawar. Dia mendapat ternak yang kuat, gesit dan lincah setelah menggunakan pohon hawar, pohon berangan dan pohon badam.
Kejadian 30:37
30:37 Lalu Yakub mengambil dahan hijau dari pohon hawar, pohon badam dan pohon berangan, dikupasnyalah dahan-dahan itu sehingga berbelang-belang, sampai yang putihnya kelihatan.

Pohon hawar cepat sekali besar sebab akarnya begitu cepat mencari butir-butir air di dalam tanah. Dan batangnya mudah dikelupas. Menggunakan dahan pohon hawar membuat Yakub meraih banyak domba-domba untuknya. Jadi kalau bicara pohon hawar langsung menunjukkan bahwa kita jelas adalah pilihannya Tuhan. Sebab pohon hawar, pohon berangan dan pohon badam digunakan untuk mendapatkan pilihan dari Yakub. Apa yang kurang kalau  kita sudah menjadi pilihannya Tuhan. Makanya ayo kita masuk dalam pemulihan. Untuk masuk dalam pemulihan, kita harus rela ditunjuk kesalahan.
Ratapan 2:14
2:14 Nabi-nabimu melihat bagimu penglihatan yang dusta dan hampa. Mereka tidak menyatakan kesalahanmu, guna memulihkan engkau kembali. Mereka mengeluarkan bagimu ramalan-ramalan yang dusta dan menyesatkan.

Jadi pemulihan itu berjalan seirama untuk menunjuk kekurangan kita. Sehingga belum tampil seperti bunga bakung, belum tampil seperti pohon hawar.

3.      Pohon Zaitun.
Hosea 14:7
14:7 Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon.

Di zaman Nuh, setelah air bah surut lalu merpati dilepaskan maka merpati itu membawa ranting pohon zaitun. Artinya Tuhan sudah berdamai dengan manusia di dunia. Jangan kita suka berperang nanti banyak korban. Apalagi kalau suami isteri yang perang, yang pecah piring, gelas hancur. Makanya tumbuhkan zaitun dan merambatlah keluar. Roh perdamaian itu mulai dari suami, turun kepada isteri, kepada anak, kepada cucu, kepada cece, kepada mantu, dst.

Tetapi lebih dahulu mari kita damai dengan Tuhan. Kalau kita damai dengan Tuhan maka kita tidak akan dihukum.
Roma 8:1
8:1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

Dengan Tuhan dulu kita berdamai, bila secara vertikal kita berdamai maka secara horizontal juga kita bisa berdamai. Bisa berdamai kepada suami, isteri, anak-anak dan semua saudara.

Tuhan Memberkati.










GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
JADWAL IBADAH
Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan
Perjamuan Suci → Pk. 17.00
Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30
Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30
            Ibadah Raya → Pk. 09.00
            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00
 

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar