20121031

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 31 Oktober 2012 Pdt. Bernard Legontu



Segala hormat dan puji kita persembahkan dan peruntukkan kepada Tuhan kita Yesus Kristus Mempelai Pria Sorga, bersama istri saya sampaikan salam sejahtera kepada kita sekalian.

Yehezkiel 38:1-6
1 Datanglah firman TUHAN kepadaku:
2 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Gog di tanah Magog, yaitu raja agung negeri Mesekh dan Tubal dan bernubuatlah melawan dia
3 dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menjadi lawanmu, hai Gog raja agung negeri Mesekh dan Tubal.
4 Aku akan menarik engkau dengan mengenakan kelikir pada rahangmu dan membawa engkau ke luar beserta seluruh tentaramu, yaitu pasukan berkuda, semuanya berpakaian lengkap, suatu kumpulan orang banyak dengan perisai besar dan kecil dan semuanya berpedang di tangannya.
5 Orang Persia, Etiopia, dan Put menyertai mereka dan semuanya dengan perisai dan ketopong;
6 orang Gomer dengan seluruh bala tentaranya, Bet-Togarma dari utara sekali dengan seluruh bala tentaranya, banyak bangsa menyertai engkau.

Tiga kali disebutkan dari utara sekali.
Yehezkiel 38:6,15; 39:2
38:6 orang Gomer dengan seluruh bala tentaranya, Bet-Togarma dari utara sekali dengan seluruh bala tentaranya, banyak bangsa menyertai engkau.
38:15 dan datang dari tempatmu dari utara sekali, engkau dengan banyak bangsa yang menyertai engkau, mereka semuanya mengendarai kuda, suatu kumpulan yang besar dan suatu pasukan yang kuat.
39:2 dan Aku akan menarik dan menuntun engkau dan Aku akan mendatangkan engkau dari utara sekali dan membawa engkau ke gunung-gunung Israel.

Daerah yang berada di utara sekali dari Israel adalah Rusia. Tidak heran bila jenderal Moshe Dayan yang memimpin perang Yom Kippur pada tahun 1973 berucap bahwa sekarang mereka menghadapi gabungan negara-negara timur tengah tetapi akan tiba saatnya nanti mereka akan menghadapi Rusia.

Mesekh adalah bahasa Ibrani, dalam bahasa gerika adalah Mosehi dan inilah akar kata dari Moskow yang sekarang adalah ibu kota Rusia. Pasukan kavaleri yang terkenal di dunia berasal dari Rusia selatan, itulah bangsa Kozak. Mereka berbatasan dengan Turki dan Turki inilah yang disebut Bet-Togarma. Mereka semua ini terkenal dengan sebutan bangsa Skit atau bangsa Barbar yang sangat biadab dan dahulu sangat ditakuti.

Mesekh artinya adalah tinggi besar, ini menunjuk orang yang hanya merawat daging, dagingnya yang dipertontonkan.
Tubal artinya produktif.
Kalau digabungkan Mesekh dan Tubal artinya kehidupan yang hanya produtif tentang daging.

Ini yang akan dihadapi oleh Israel secara fisik dan ini juga yang akan dihadapi gereja Tuhan secara rohani. Musuh gereja Tuhan yang paling berat bukanlah iblis tetapi daging kita sendiri karena daging ini selalu produktif, selalu menuntut.

Tokoh gereja yaitu Chamberlain telah berucap 100 tahun sebelum Israel seperti sekarang bahwa akan terjadi pemulihan Israel, secara lambat laun Israel akan kembali mewarisi tanah mereka dan mereka akan menjadi kaya dan makmur. Hal itu telah terbukti sekarang ini walaupun selalu ada gangguan terhadap mereka. Maksud Tuhan sebenarnya adalah untuk mempersiapkan Israel untuk bertemu dengan Mesias yang akan datang. Tetapi kalau kita melihat dalam Yehezkiel 38 dan 39 Israel hanya cenderung dengan persoalan yang duniawi. Mereka tidak siap secara rohani untuk jumpa dengan Mesias. Oleh sebab kekerasan hati mereka maka harus dipukul dipunggungnya supaya mereka sadar. Itu sebabnya ada pukulan yang harus datang dari utara sekali dan ketika pukulan datang di situ mereka baru sadar dan terbuka hati menerima Yesus sebagai Mesias.

Pelajaran bagi kita, apabila kita tidak siap menanti kedatangan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga maka oleh sebab cintanya Tuhan datanglah cemeti dari Tuhan. Ketika kita terkena cambuk dari Tuhan dalam bentuk apapun jangan malah membuat kita terpuruk tetapi kita harus segera sadar bahwa itulah cara Tuhan yang terakhir untuk mendorong kita supaya siap bertemu dengan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga, agar kita tidak mengikuti Mesekh dan Tubal yang hanya mengejar hal-hal yang duniawi saja, tidak mengikuti dan menggalakkan keinginan daging kita.

Tubal dan Mesekh ini berasal dari keturunan Yafet. Dalam kitab Kejadian berkali-kali disebutkan Sem, Ham dan Yafet, tetapi ini sebenarnya bukanlah demikian urutan kelahiran yang sebenarnya.

Kejadian 5:32; 6:10; 7:13; 9:18; 10:1
5:32 Setelah Nuh berumur lima ratus tahun, ia memperanakkan Sem, Ham dan Yafet.
6:10 Nuh memperanakkan tiga orang laki-laki: Sem, Ham dan Yafet.
7:13 Pada hari itu juga masuklah Nuh serta Sem, Ham dan Yafet, anak-anak Nuh, dan isteri Nuh, dan ketiga isteri anak-anaknya bersama-sama dengan dia, ke dalam bahtera itu,
9:18 Anak-anak Nuh yang keluar dari bahtera ialah Sem, Ham dan Yafet; Ham adalah bapa Kanaan.
10:1 Inilah keturunan Sem, Ham dan Yafet, anak-anak Nuh. Setelah air bah itu lahirlah anak-anak lelaki bagi mereka.

Susunan kelahiran yang benar adalah Sem, Yafet dan Ham, Ham adalah anak bungsu.
Kejadian 9:24
Setelah Nuh sadar dari mabuknya dan mendengar apa yang dilakukan anak bungsunya kepadanya,

Ham selalu disebutkan ada di tengah. Sebenarnya kedudukan Yafet sebagai anak yang kedua adalah tempat yang mantap untuk mendapatkan hak sulung. Contohnya adalah Kain dan Habel yang mendapat kesulungan adalah Habel. Esau dan Yakub yang mendapat hak sulung adalah Yakub. Manasye dan Efraim yang mendapat berkat sulung adalah Efraim. Dengan demikian kita melihat bagaimana Ham ini berhasil menggusur kedudukan Yafet sebagai anak kedua.

Sebagai perbandingan adalah susunan kelahiran Miryam, Harun dan Musa penulisannya juga dibalik, Miryam diletakkan paling terakhir. Jangan kita hanya melihat susunan penulisan nama dan menganggap itu adalah susunan kelahiran yang benar. Tidak selamanya demikian jadi perlu penelitian agar jangan salah dalam hal mengajarkan Firman Allah.
Bilangan 26:59
Dan nama isteri Amram ialah Yokhebed, anak perempuan Lewi, yang dilahirkan bagi Lewi di Mesir; dan bagi Amram perempuan itu melahirkan Harun dan Musa dan Miryam, saudara mereka yang perempuan.

Akhirnya Yafet ini menjadi seperti Esau yang hanya mengejar kekayaan dunia di mana keturunannya yaitu Yawan, Tubal dan Mesekh bekerja sama dengan Tirus.
Yehezkiel 28:2; 27:13
28:2 "Hai anak manusia, katakanlah kepada raja Tirus: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Karena engkau menjadi tinggi hati, dan berkata: Aku adalah Allah! Aku duduk di takhta Allah di tengah-tengah lautan. Padahal engkau adalah manusia, bukanlah Allah, walau hatimu menempatkan diri sama dengan Allah.
27:13 Yawan, Tubal dan Mesekh berdagang dengan engkau; mereka menukarkan budak-budak, barang-barang tembaga ganti barang-barang daganganmu.

Raja Tirus ini mengaku dirinya adalah Allah, itulah gambaran antikris. Akhirnya Tubal dan Mesekh ini berupaya untuk menghancurkan umat Tuhan yaitu Israel. Oleh karena mereka hanya mengejar barang yang fana maka mereka terpental dari kedudukan yang sebenarnya dapat meraih hak sulung. Kalau seseorang tidak mempertahankan kedudukannya yang sebenarnya memiliki hak dan berkat sulung maka apa boleh buat kehidupan itu bukannya akan bertemu Yesus tetapi akan bertemu dengan antikristus sebab roh kehidupan tersebut bekerja sama dengan antikristus. Kehidupan yang seperti itu adalah kehidupan yang pelan tapi pasti telah dibelit oleh roh antikristus.

Yafet memiliki 7 anak. Angka 7 adalah angka kesempurnaan. Berarti sempurnalah hubungannya dengan antikristus.

Tirus pandai sekali bergerak dalam bidang bisnis. Itu sebabnya bagi yang bergerak dibidang bisnis harus waspada jangan sampai dibelit oleh roh antikristus. Tirus adalah kota kuno di pulau karang ± 1 Km dari darat yang cukup luas yang kalau dipikir tidak memiliki nilai ekonomis. Namun pulau karang itu menghasilkan banyak kerang (diatamae lanyugatae) yang dijadikan pewarna. Inilah yang membuat mereka kaya.

Yehezkiel 38:1-2
1 Datanglah firman TUHAN kepadaku:
2 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Gog di tanah Magog, yaitu raja agung negeri Mesekh dan Tubal dan bernubuatlah melawan dia

Gog artinya himpunan manusia yang banyak jumlahnya atau jumlah yang sangat banyak. Inilah yang muncul dalam kitab Wahyu 20.
Wahyu 20:8
dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut.

Dalam sejarah manapun yang banyak inilah yang seringkali menghimpit dan menyusahkan yang sedikit jumlahnya, demikian juga dalam gereja Tuhan. Itu sebabnya Tuhan menghibur kita dengan perkataan:
Lukas 12:32
Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

Lukas 12:32 (Terjemahan Lama)
Janganlah takut, hai sekawan domba yang kecil ini, karena itulah kesukaan Bapamu mengaruniai kamu kerajaan itu.
Apakah kita sekarang memposisikan diri pada posisi domba yang kecil yang ada hubungannya dengan kerajaan Allah. Kita ini sudah kecil dan kalau tidak ada kaitan dengan kerajaan Allah sudah jelas pasti hancur. Kalau ada hubungan dengan kerajaan Allah dalam bentuk pengajaran Tabernakel maka sekalipun kita kecil jangan kita takut.

Dalam Alkitab ada 360 kali kata jangan takut. Kalender orang Yahudi dalam 1 tahun ada 360 hari. Berarti setiap pagi saat matahari terbit Tuhan sudah bersuara kepada kita supaya jangan takut, Tuhan tidak akan membiarkan tangan setan menjamah kita.
I Yohanes 5:18
Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya.

Mempelai wanita yang ditampilkan dalam Wahyu 12 ada di angkasa artinya tidak lagi ditarik oleh dunia, tidak seperti Yawan, Tubal dan Mesekh yang malah bekerja sama dengan antikris.

Pada waktu Nuh menjatuhkan kutuk kepada Ham maka disinggung ketiga anaknya. Yafet akan mendiami kemah Sem dan benar akhirnya keturunan Yafet menduduki/menjajah keturunan Sem termasuk kita orang Asia. Ham dikutuk menjadi hamba dan benar keturunan Ham (bangsa negro) menjadi budak dari keturunan Yafet dan Sem.

Dahulu keturunan Ham ini dilelang sebagai budak sehingga suami, istri dan anak terpisah-pisah. Kita juga dahulu adalah budak tetapi Tuhan Yesus sudah membeli kita sehingga kita tidak bisa terpisah lagi. Tetapi kita tidak tahu diri! Yesus telah membeli kita tetapi kita tidak serius beribadah dan melayani Tuhan, masih sering tepergantung mau kita untuk beribadah atau tidak.

Sem memiliki 5 anak dan dari keturunan Sem inilah datangnya Tuhan Yesus. Sem ada hubungannya dengan penggembalaan dan domba.

Ham memiliki 4 anak yang ada hubungannya dengan dunia yang sudah dikutuk ini. Terhadap keturunan Ham ini bumipun memuntahkan/menolak mereka. Bumi saja tidak menerima mereka apalagi Sorga. Kenapa Sorga tidak bisa terima? Sebab mereka hidup dalam keadaan najis.
Imamat 18:24-25
24 Janganlah kamu menajiskan dirimu dengan semuanya itu, sebab dengan semuanya itu bangsa-bangsa yang akan Kuhalaukan dari depanmu telah menjadi najis.
25 Negeri itu telah menjadi najis dan Aku telah membalaskan kesalahannya kepadanya, sehingga negeri itu memuntahkan penduduknya.

Catat setiap Firman yang kita dengar dan kembali kita baca sebab kita tidak akan mungkin mengingat semua. Bagaimana Roh Kudus akan mengingatkan kita kalau tidak pernah kita dengar dan kita baca kembali?
Efesus 3:3-4
3 yaitu bagaimana rahasianya dinyatakan kepadaku dengan wahyu, seperti yang telah kutulis di atas dengan singkat.
4 Apabila kamu membacanya, kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus,

Dari keturunan Yafet inilah yang melahirkan bangsa yang di utara sekali yaitu Rusia. Dan Israel juga akan dihimpit dari selatan yaitu Put. Yang termasuk orang Put antara lain adalah Aljazair, Tunisia dan Maroko. Sekarang Aljazair sudah berpaham komunis dan bekerja sama dengan Rusia. Pengaruh Rusia di timur tengah dan Afrika utara mulai terasa sekarang ini.

Mesekh, Tubal dan Yawan semuanya memiliki hubungan dengan Tirus. Tirus ini tidak hanya memperjualbelikan berbagai macam harta benda namun mereka juga  memperjualbelikan manusia, bahkan orang Yehuda pun mereka jual. Padahal dari jalur Yehuda inilah akan muncul Tuhan Yesus. Ini berarti Tirus berusaha untuk menghalangi datangnya Mesias, mempelai Pria Sorga.
Yoel 3:4-6
4 Lagi apakah sangkut pautmu dengan Aku, hai Tirus dan Sidon dan seluruh wilayah Filistin? Apakah kamu ini hendak membalas perbuatan-Ku? Apabila kamu melakukan sesuatu terhadap Aku, maka dengan cepat, dengan segera Aku akan membalikkan perbuatanmu itu kepadamu sendiri.
5 Oleh karena kamu telah mengambil perak-Ku dan emas-Ku dan telah membawa barang-barang-Ku yang berharga yang indah-indah ke tempat-tempat ibadahmu,
6 dan telah menjual orang-orang Yehuda dan orang-orang Yerusalem kepada orang Yunani dengan maksud menjauhkan mereka dari daerah mereka.

Kita sekarang tidak menjual manusia atau organ-organ tubuh manusia tetapi seringkali ada transaksi-transaksi terselubung dimana kita menjual teman kita dengan bahasa-bahasa yang tidak benar dengan maksud mencari keuntungan.
Ayub 17:9, 5
9 Meskipun begitu orang yang benar tetap pada jalannya, dan orang yang bersih tangannya bertambah-tambah kuat.
5 Barangsiapa mengadukan sahabatnya untuk mencari keuntungan, mata anak-anaknya akan menjadi rabun.

Orang yang rabun hanya bisa melihat jarak yang dekat dan tidak bisa melihat apa yang jauh. Artinya hanya bisa melihat perkara-perkara yang dekat yaitu yang duniawi dan tidak bisa melihat perkara-perkara sorgawi, perkara yang rohani. Kalau orang tua yang seperti ini maka anak-anaknya tidak akan rohani dan kalau hamba Tuhan yang seperti ini maka sidang jemaat hanya akan memiliki pandangan jasmani.

Jangan kita menjual teman, jangan kita menggalakkan gosip-gosip dan jangan memutar balikkan fakta. Banyak kali orang yang memutar balikkan fakta ini malah membuat orang lain yakin dengan ceritanya. Jangan sampai kita mengiyakan perkataan seseorang yang tidak benar tentang orang yang lain sebab hal tersebut bisa mengundang malapetaka. Kalau pernah berbuat hal-hal tersebut kita harus menyelesaikan, jangan menganggap itu hal yang tidak apa-apa.
Pengkhotbah 3:15
Yang sekarang ada dulu sudah ada, dan yang akan ada sudah lama ada; dan Allah mencari yang sudah lalu.

Yehuda adalah orang yang berani mempertaruhkan nyawa buat orang lain. Jadi menjual Yehuda artinya melepaskan sifat tabiat yang rela untuk menanggung beban orang lain.
Kejadian 44:32-33
32 Tetapi hambamu ini telah menanggung anak itu terhadap ayahku dengan perkataan: Jika aku tidak membawanya kembali kepada bapa, maka akulah yang berdosa kepada bapa untuk selama-lamanya.
33 Oleh sebab itu, baiklah hambamu ini tinggal menjadi budak tuanku menggantikan anak itu, dan biarlah anak itu pulang bersama-sama dengan saudara-saudaranya.

Sifat Yehuda berbeda dengan Ruben yang malah membuat kedua anaknya menjadi tumbal.
Kejadian 42:36-37
36 Dan Yakub, ayah mereka, berkata kepadanya: "Kamu membuat aku kehilangan anak-anakku: Yusuf tidak ada lagi, dan Simeon tidak ada lagi, sekarang Benyamin pun hendak kamu bawa juga. Aku inilah yang menanggung segala-galanya itu!"
37 Lalu berkatalah Ruben kepada ayahnya: "Kedua anakku laki-laki boleh engkau bunuh, jika ia tidak kubawa kepadamu; serahkanlah dia ke dalam tanganku, maka dia akan kubawa kembali kepadamu."

Jangan kita jual kerelaan hati untuk berkorban bagi orang lain, sebab ini juga adalah tabiat Yesus yang rela berkorban untuk kita. 

Yehezkiel 38:2
"Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Gog di tanah Magog, yaitu raja agung negeri Mesekh dan Tubal dan bernubuatlah melawan dia

Agung dalam terjemahan aslinya adalah Rosh artinya: sesuatu yang berada pada bagian atas. Kalau kita melihat penampilan Gog ini dia adalah raja agung yang benar-benar mempertahankan keagungannya dan tidak ada sedikitpun niat dalam hatinya untuk merendahkan diri. Bahkan dia tidak bisa menerima kalau ada orang lain yang merendahkannya. Berbeda dengan sifat raja agung yang satu ini.
Kejadian 23:6
"Dengarlah kepada kami, tuanku. Tuanku ini seorang raja agung di tengah-tengah kami; jadi kuburkanlah isterimu yang mati itu dalam kuburan kami yang terpilih, tidak akan ada seorang pun dari kami yang menolak menyediakan kuburannya bagimu untuk menguburkan isterimu yang mati itu."

Raja agung yang dimaksud di sini adalah Abraham. Berbeda dengan Gog, Abraham rela direndahkan dan rela untuk mengalah. Mengalah di sini bukan berarti bersekutu. Sebab seringkali istilah mengalah ini diartikan mengalah untuk bersekutu. Abraham mengalah kepada Lot, keponakannya sendiri. Namun hasil dari mengalah ini Abraham justru memperoleh berkat besar dari Tuhan. Abraham mengalah kepada Abimelekh akhirnya Abimelekh merasa bersalah dan datang berdamai. Ini sifat raja agung yang harus kita teladani.

Kenapa Abraham memiliki sifat mengalah? Sebab dia tahu ada yang lebih tinggi dari pada dia itulah Tuhan. Tetapi Gog di tanah Magog merasa dia sudah lebih dari segala-galanya, dia tidak mau tahu adanya Tuhan sebab dia atheis, tidak mengenal Tuhan. Abraham tahu ketika dia direndahkan dan merendahkan diri, ketika dia mengalah dan dikalahkan ada Tuhan yang membelanya. Akhirnya raja agung Abraham inilah yang keturunannya dipakai oleh Tuhan untuk menjadi saluran datangnya Yesus.

Yehezkiel 38:8,16
8 Sesudah waktu yang lama sekali engkau akan mendapat perintah; pada hari yang terkemudian engkau akan datang di sebuah negeri yang dibangun kembali sesudah musnah karena perang, dan engkau menuju suatu bangsa yang dikumpul dari tengah-tengah banyak bangsa di atas gunung-gunung Israel yang telah lama menjadi reruntuhan. Bangsa ini telah dibawa ke luar dari tengah bangsa-bangsa dan mereka semuanya diam dengan aman tenteram.
16 Engkau bangkit melawan umat-Ku Israel seperti awan yang menutupi seluruh bumi. Pada hari yang terkemudian akan terjadi hal itu dan Aku akan membawa engkau untuk melawan tanah-Ku, supaya bangsa-bangsa mengenal Aku, pada saat Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan mereka, hai Gog.

Pada hari yang terkemudian menunjuk waktu di depan kita yang sudah tidak akan lama lagi digenapi.
Yehezkiel 38:11
Engkau berkata: Aku akan bangkit bergerak menyerang tanah yang kota-kotanya tanpa tembok dan akan mendatangi orang-orang yang hidup tenang-tenang dan diam dengan aman tenteram; mereka semuanya diam tanpa tembok atau palang atau pintu gerbang.

Ini kondisi Israel sekarang yang tanpa tembok. Artinya mereka belum mengkaitkan kehidupannya dengan Tuhan yang menjadi pagar tembok berapi disekelilingnya. Mereka masih berbuat dengan kekuatan mereka sendiri.
Zakharia 2:5
Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok berapi baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan di dalamnya."

Yehezkiel 38:17
Beginilah firman Tuhan ALLAH: Engkaulah itu tentang siapa Aku sudah berfirman pada hari-hari dahulu kala dengan perantaraan hamba-hamba-Ku, yaitu nabi-nabi Israel, yang bertahun-tahun bernubuat pada waktu itu, bahwa Aku akan membawa engkau melawan umat-Ku.
Adapun yang dikerjakan oleh bangsa yang dari utara ini semuanya berada dibawah komando dari Tuhan dengan maksud untuk membuat umat Tuhan sadar. Akhirnya pada Yehezkiel 39 diceritakan bangsa Israel akhirnya sadar.

Yehezkiel 39:7-8
7 Dan Aku akan menyatakan nama-Ku yang kudus di tengah-tengah umat-Ku Israel dan Aku tidak lagi membiarkan nama-Ku yang kudus dinajiskan, sehingga bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Yang Mahakudus di Israel.
8 Sungguh, pasti datang dan terjadi, yaitu hari yang sudah Kufirmankan.

Cara Tuhan untuk membuat manusia sadar yang pertama adalah Dia berikan FirmanNya dalam bentuk pengajaran. Kalau orang itu masih belum sadar juga terpaksa Tuhan berikan cemeti dan pukulan. Kalau kehidupan tersebut tetap tidak mau sadar maka Tuhan biarkan. Oleh sebab itu kalau kita mendapat pukulan dari Tuhan ingat itu adalah cara Tuhan yang terakhir, jangan keraskan hati. Alangkah indahnya kita menerima cara yang pertama, saat mendengar pengajaran kita langsung melembutkan hati.

Jangan tunggu Gog di tanah Magog dan Bet-Togarma bergerak baru kita mau sadar. Mereka bergerak dengan kuda yang sangat mengerikan. Bangsa Kozak adalah bangsa yang memiliki pasukan Kaveleri yang ditakuti (yang terbaik). Hari-hari terakhir ini kita diperhadapkan dengan pentas dunia yang sungguh mengerikan, kalau kita tidak mengkaitkan diri kepada Tuhan yang adalah tembok yang berapi maka kita akan seperti Israel yang dikatakan tanpa tembok atau palang atau pintu gerbang. Gereja Tuhan disebutkan bagaikan kota, tetapi jangan sampai kita menjadi kota yang tidak bertembok.
Zakharia 2:5
Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok berapi baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan di dalamnya."

Yesaya 60:14
Anak-anak orang-orang yang menindas engkau akan datang kepadamu dan tunduk, dan semua orang yang menista engkau akan sujud menyembah telapak kakimu; mereka akan menyebutkan engkau "kota TUHAN", "Sion, milik Yang Mahakudus, Allah Israel."

Biarlah kita masuk dalam bilangan kota Tuhan, Yerusalem Baru. Kita sekarang belum masuk kota Yerusalem baru tetapi telah disebut kota Tuhan berarti kota yang dipagari oleh Tuhan. Mari kita mendengar dan mengikuti suara Tuhan dalam setiap ibadah kita.


Tuhan Memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar