20120111

Kebaktian PA Yehezkiel, Rabu 11 Januari 2012 Pdt. Bernard Legontu



Yehezkiel 36:20-24
20 Di mana saja mereka datang di tengah bangsa-bangsa, mereka menajiskan nama-Ku yang kudus, dalam hal orang menyindir mereka: Katanya mereka umat TUHAN, tetapi mereka harus keluar dari tanah-Nya.
21 Aku merasa sakit hati karena nama-Ku yang kudus yang dinajiskan oleh kaum Israel di tengah bangsa-bangsa, di mana mereka datang.
22 Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Bukan karena kamu Aku bertindak, hai kaum Israel, tetapi karena nama-Ku yang kudus yang kamu najiskan di tengah bangsa-bangsa di mana kamu datang.
23 Aku akan menguduskan nama-Ku yang besar yang sudah dinajiskan di tengah bangsa-bangsa, dan yang kamu najiskan di tengah-tengah mereka. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, demikianlah firman Tuhan ALLAH, manakala Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.
24 Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu.

Tuhan merasa sakit hati oleh karena umatNya menajiskan namaNya yang kudus di tengah-tengah bangsa Kafir, sehingga Tuhan bertindak untuk memulihkan bangsa Israel, dan inilah yang menjadi landasannya yaitu kekudusan namaNya. Begitu pentingnya nama Tuhan ini sehingga hal itu mendorong Tuhan untuk memulihkan bangsa Israel. Pemulihan yang akan dialami oleh gereja Tuhan dasarnya adalah karena Tuhan menghargai namaNya.

Betapa perlunya kita dimeteraikan dengan nama Tuhan, sebab hanya anak Tuhan yang termeterai dengan nama Tuhan yang memperoleh kesempatan untuk dipulihkan. Perihal nama Tuhan ini telah diucapkan oleh Tuhan Yesus saat menaikkan doa syafaat. Tuhan Yesus menyatakan dan memberitahukan nama Bapa kepada murid-muridNya dan selanjutnya kepada kita juga.

Ø  Yohanes 17:6
Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

Yang dimaksud dengan semua orang yang menerima penyataan nama ini bukanlah sembarangan orang melainkan orang yang diberikan oleh Bapa kepada Tuhan Yesus.
Yohanes 6:44,65
44 Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.
65 Lalu Ia berkata: "Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorang pun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya."

Cara Bapa menarik kita untuk dibawa kepada Tuhan Yesus adalah dengan pengajaran Firman Tuhan. Orang yang dibawa kepada Tuhan Yesus adalah orang yang menerima Firman pengajaran.
Yohanes 6:45
Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku.

Bila kita rindu untuk dipulihkan maka kita harus menerima berita tentang nama Tuhan dan caranya sekarang adalah dengan menerima Firman pengajaran yang benar. Inilah orang yang memiliki harapan untuk dipulihkan.

Ø  Yohanes 17:26
dan Aku telah 1memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan 2memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."
Aku telah memberitahu namaMu kepada mereka.
Dua kali Tuhan memberitahukan namaNya.
Orang yang dipulihkan Tuhan karena menerima meterai nama Tuhan harus menerima berita ini,
2 berita yang disampaikan oleh 1 pribadi. Orang yang menerima nama Tuhan adalah orang yang yang mau menerima kabar 2 menjadi 1, itulah “Kabar Mempelai”.

Manfaatkan kesempatan untuk menerima pemberitaan Firman Tuhan yang di dalamnya bernuansa nama Tuhan. Pemulihan tidak akan berjalan pada kehidupan yang tidak mau menyambut nama Tuhan. Nama Tuhan ini datang bersama dengan berita, datang dengan pengajaran.

Menolak pengajaran = menolak nama Tuhan.

Pengajaran yang membonceng nama Tuhan mempunyai dua kuasa yang bisa dirasakan oleh kehidupan yang menerimanya.
1.      Nama Tuhan berkuasa melindungi
Yohanes 17:11-12
Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

Nama ini berkuasa melindungi kecuali terhadap kehidupan yang mempertahankan roh Yudas. Apa yang membuat Yudas terlempar keluar dari perlindungan nama ini? Sebab Yudas suka mencuri kasnya Tuhan, mencuri milik Tuhan dan ia bertuhankan perutnya.

Mazmur 91:14
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

2.      Nama Tuhan berkuasa menyucikan
Mazmur 111:9
Dikirim-Nya kebebasan kepada umat-Nya, diperintahkan-Nya supaya perjanjian-Nya itu untuk selama-lamanya; nama-Nya kudus dan dahsyat.

NamaNya kudus dan dahsyat. Dalam terjemahan bahasa gerika disebutkan “Higies dan Higietzo”.
Higies = suci/murni
Higietzo = dahsyat menyucikan

Nama itu sangat dahsyat untuk menyucikan. Bagaimana nama itu menyucikan kita? Nama itu satu dengan Firman dan Firman Tuhan itulah yang menyucikan.
Wahyu 19:12-13
12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorang pun, kecuali Ia sendiri.
13Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."

Wahyu 19:11
Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil.
Pribadi yang bernama Yang Setia dan Yang Benar ini adalah pribadi yang mengirim surat kepada jemaat di Laodikia.

Wahyu 3:14
"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:
Tuhan yang setia dan benar masih mencari jemaat Laodikia yang sudah rusak rohaninya dan sekarang ini Tuhan juga mencari kita. Bagaimanapun hancur dan rusaknya kehidupan kita, Tuhan masih mencari kita dengan penampilan FirmanNya. Sebab itu jangan menolak nama Tuhan/Firman Tuhan. Adalah suatu kebohongan bila seseorang mengaku mengenal nama Tuhan tetapi tidak mau tahu tentang ajaran Firman Tuhan. Mengaku mengenal Tuhan dibuktikan dengan tunduk pada aturan Raja di atas segala raja (Tuhan Yesus Kristus).

Wahyu 19:16
Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."

Bagaimana sikap kita yang seharusnya terhadap nama ini?

1.      Sadar bahwa ada aib di dalam dirinya sehingga ada keinginan untuk disucikan.

Yesaya 4:1
Pada waktu itu tujuh orang perempuan akan memegang seorang laki-laki, serta berkata: "Kami akan menanggung makanan dan pakaian kami sendiri; hanya biarlah namamu dilekatkan kepada nama kami; ambillah aib yang ada pada kami!"
Tujuh orang perempuan menunjuk pada gereja Tuhan di akhir zaman yang merindu masuk di dalam kesempurnaan.

Mereka sadar bahwa di dalam dirinya terdapat aib. Kesadaran ini mendorong mereka untuk mencari cara supaya bisa melepaskan diri dari aibnya sebab mereka tahu persis bahayanya bila aib itu tetap ada di dalam dirinya. Hanya ada 1 cara untuk melepaskan aib tersebut yaitu dengan datang kepada satu laki-laki, itulah Tuhan Yesus Kristus.
2 Korintus 11:2
Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Bukti anak Tuhan  yang mau dibawa kepada kesempurnaan adalah prioritas mereka dalam mencari Tuhan dan beribadah kepada Tuhan bukanlah untuk mencari berkat-berkat jasmani seperti makanan dan pakaian, sebab banyak kita temukan penekanan dalam pemberitaan yang hanya menekankan berkat-berkat jasmani sehingga berkata gereja yang miskin berarti tanpa Yesus, ini adalah kekeliruan.

Yang menjadi prioritas utamanya adalah supaya aib itu diangkat/diserap, supaya mereka disucikan lewat nama Tuhan yang dilekatkan kepada mereka itulah penyucian sebab menerima Firman Tuhan. Ini adalah sikap gereja Tuhan yang sesuai dengan seleranya Tuhan. Bila anak Tuhan datang beribadah dengan kerinduan hati untuk disucikan maka Tuhan tidak akan tinggal diam dan langsung bertindak untuk menyucikan dan melindungi kita.

Perikop: Yerusalem disucikan dan dilindungi
Yesaya 4:2-6
2 Pada waktu itu tunas yang ditumbuhkan TUHAN akan menjadi kepermaian dan kemuliaan, dan hasil tanah menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi orang-orang Israel yang terluput.
3 Dan orang yang tertinggal di Sion dan yang tersisa di Yerusalem akan disebut kudus, yakni setiap orang di Yerusalem yang tercatat untuk beroleh hidup,
4 apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar.
5 Maka TUHAN akan menjadikan di atas seluruh wilayah gunung Sion dan di atas setiap pertemuan yang diadakan di situ segumpal awan pada waktu siang dan segumpal asap serta sinar api yang menyala-nyala pada waktu malam, sebab di atas semuanya itu akan ada kemuliaan TUHAN sebagai tudung
6 dan sebagai pondok tempat bernaung pada waktu siang terhadap panas terik dan sebagai perlindungan dan persembunyian terhadap angin ribut dan hujan.

Ayat di atas menubuatkan tentang gereja Tuhan yang mengalami penyingkiran di padang belantara. Kesanalah Tuhan akan membawa gereja Tuhan yang rindu untuk disucikan.

2.      Tertarik terhadap Firman.

Yeremia 15:16
Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.
Kita harus bersukacita dan menikmati saat-saat Firman Tuhan diberitakan.
Sebab banyak orang yang datang ke gereja tetapi menolak ajaran yang mau menyucikan tabiat-tabiat yang mengganggu hubungannya dengan Tuhan.

Tuhan menciptakan kita untuk kemuliaan namaNya. Setelah Tuhan memeteraikan namaNya kepada kita, jangan sampai kita mencemarkan namaNya seperti bangsa Israel yang malah menajiskan nama Tuhan di antara bangsa-bangsa kafir. Jangan kita mencemarkan nama Tuhan dengan pola hidup kafir!

Salomo di dalam doa pentahbisan Bait Allah, 14 kali menyebutkan nama yang dikaitkan dengan nama Tuhan.

4X disebut “Nama-Ku” F ayat 16, 18, 19, 29
2X disebut “Nama Tuhan” F ayat 17, 20
8X disebut “Nama-Mu” F ayat 33, 35, 41-44, 48

I Raja-raja 8:14-20
14 Kemudian berpalinglah raja lalu memberkati seluruh jemaah Israel, sedang segenap jemaah Israel berdiri.
15 Ia berkata: "Terpujilah TUHAN, Allah Israel, yang telah menyelesaikan dengan tangan-Nya apa yang difirmankan-Nya dengan mulut-Nya kepada Daud, ayahku, demikian:
16 Sejak Aku membawa umat-Ku Israel keluar dari Mesir, tidak ada kota yang Kupilih di antara segala suku Israel untuk mendirikan rumah di sana sebagai tempat kediaman nama-Ku, tetapi Aku telah memilih Daud untuk berkuasa atas umat-Ku Israel."
17 Lalu raja melanjutkan: "Ketika Daud, ayahku bermaksud mendirikan rumah untuk nama TUHAN, Allah Israel,
18 berfirmanlah TUHAN kepadanya: Engkau bermaksud mendirikan rumah untuk nama-Ku, dan maksudmu itu memanglah baik;
19 hanya, bukanlah engkau yang akan mendirikan rumah itu, melainkan anak kandungmu yang akan lahir kelak, dialah yang akan mendirikan rumah itu untuk nama-Ku.
20 Jadi TUHAN telah menepati janji yang telah diucapkan-Nya; aku telah bangkit menggantikan Daud, ayahku, dan telah duduk di atas takhta kerajaan Israel, seperti yang difirmankan TUHAN: aku telah mendirikan rumah ini untuk nama TUHAN, Allah Israel,


Dalam doa salomo ini terdapat 5 poin kuasa dari nama Tuhan:
1.      Uluran kasih Tuhan kepada kita yang berdosa dan sudah hancur
I Raja-raja 8:33-34
33 Apabila umat-Mu Israel terpukul kalah oleh musuhnya karena mereka berdosa kepada-Mu, kemudian mereka berbalik kepada-Mu dan mengakui nama-Mu, dan mereka berdoa dan memohon kepada-Mu di rumah ini,
34 maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di sorga dan mengampuni dosa umat-Mu Israel dan mengembalikan mereka ke tanah yang telah Kauberikan kepada nenek moyang mereka.

Sekalipun kita telah kalah oleh permasalahan sebab dosa-dosa kita namun bila kita mengingat nama Tuhan maka kita diberi kesempatan untuk keluar dari permasalahan kita.

2.      Persoalan ekonomi teratasi
I Raja-raja 8:35-40
35 Apabila langit tertutup, sehingga tidak ada hujan, sebab mereka berdosa kepada-Mu, lalu mereka berdoa di tempat ini dan mengakui nama-Mu dan mereka berbalik dari dosanya, sebab Engkau telah menindas mereka,
8:36 maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di sorga dan mengampuni dosa hamba-hamba-Mu, umat-Mu Israel, -- karena Engkaulah yang menunjukkan kepada mereka jalan yang baik yang harus mereka ikuti -- dan Engkau kiranya memberikan hujan kepada tanah-Mu yang telah Kauberikan kepada umat-Mu menjadi milik pusaka.
8:37 Apabila di negeri ini ada kelaparan, apabila ada penyakit sampar, hama dan penyakit gandum, belalang, atau belalang pelahap, apabila musuh menyesakkan mereka di salah satu kota mereka, apabila ada tulah atau penyakit apa pun,
8:38 lalu seseorang atau segenap umat-Mu Israel ini memanjatkan doa dan permohonan di rumah ini dengan menadahkan tangannya -- karena mereka masing-masing mengenal apa yang merisaukan hatinya sendiri --
8:39 maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, dan Engkau kiranya mengampuni, bertindak, dan membalaskan kepada setiap orang sesuai dengan segala kelakuannya, karena engkau mengenal hatinya -- sebab Engkau sajalah yang mengenal hati semua anak manusia, --
8:40 supaya mereka takut akan Engkau selama mereka hidup di atas tanah yang telah Kauberikan kepada nenek moyang kami.

Persoalan ekonomi teratasi bila kita mau kembali menyeru nama Tuhan, tetapi ini bukanlah faktor utama. Jangan lupa nama Tuhan, jangan pernah melupakan Firman Tuhan. Kembali kepada Firman Tuhan.

3.      Terbuka peluang bagi bangsa kafir untuk masuk dalam pembentukan Tubuh Kristus
I Raja-raja 8:41-43
41 Juga apabila seorang asing, yang tidak termasuk umat-Mu Israel, datang dari negeri jauh oleh karena 1nama-Mu, --
42 sebab orang akan mendengar tentang 2nama-Mu yang besar dan tentang tangan-Mu yang kuat dan lengan-Mu yang teracung -- dan ia datang berdoa di rumah ini,
43 maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, dan Engkau kiranya bertindak sesuai dengan segala yang diserukan kepada-Mu oleh orang asing itu, supaya segala bangsa di bumi mengenal 3nama-Mu, sehingga mereka takut akan Engkau sama seperti umat-Mu Israel dan sehingga mereka tahu, bahwa 4nama-Mu telah diserukan atas rumah yang telah kudirikan ini.

4 kali disebutkan nama-Mu, ini menunjuk bahwa Tuhan membuka kesempatan kepada semua bangsa di seluruh penjuru bumi untuk mendengar dan mengerti tentang nama Tuhan. Peluang bagi kita bangsa kafir untuk diselamatkan hanya ada di dalam nama Tuhan. Sikap kita bangsa kafir yang telah mendengar nama Tuhan seharusnya adalah takut akan Tuhan. Kita mendengar dan mengetahui Firman supaya kita ada rasa takut akan Tuhan.

4.      Jaminan kemenangan dalam peperangan menghadapi musuh
I Raja-raja 8:44-45
44 Apabila umat-Mu keluar untuk berperang melawan musuhnya, ke arah mana pun Engkau menyuruh mereka, dan apabila mereka berdoa kepada TUHAN dengan berkiblat ke kota yang telah Kaupilih dan ke rumah yang telah kudirikan bagi nama-Mu,
45 maka Engkau kiranya mendengarkan di sorga doa dan permohonan mereka dan Engkau kiranya memberikan keadilan kepada mereka.

Musuh yang kita hadapi sekarang adalah iblis, daging dan dunia ini. Bila kita terkait dengan nama Tuhan, dengan Firman Tuhan, maka ada jaminan kemenangan dari Tuhan. Oleh sebab itu jangan kita takut untuk berperang.


Contoh  1 Samuel 17:45-47, 49
17:45 Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.
17:46 Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah,
17:47 dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan TUHANlah pertempuran dan Ia pun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami."
17:49 lalu Daud memasukkan tangannya dalam kantungnya, diambilnyalah sebuah batu dari dalamnya, diumbannya, maka kenalah dahi orang Filistin itu, sehingga batu itu terbenam ke dalam dahinya, dan terjerumuslah ia dengan mukanya ke tanah.

5.      Mohon ampun akan dosa dan kesalahan
I Raja-raja 8:46-53
46 Apabila mereka berdosa kepada-Mu -- karena tidak ada manusia yang tidak berdosa -- dan Engkau murka kepada mereka dan menyerahkan mereka kepada musuh, sehingga mereka diangkut tertawan ke negeri musuh yang jauh atau yang dekat,
47 dan apabila mereka sadar kembali dalam hatinya di negeri tempat mereka tertawan, dan mereka berbalik, dan memohon kepada-Mu di negeri orang-orang yang mengangkut mereka tertawan, dengan berkata: Kami telah berdosa, bersalah, dan berbuat fasik,
48 apabila mereka berbalik kepada-Mu dengan segenap hatinya dan dengan segenap jiwanya di negeri musuh yang mengangkut mereka tertawan, dan apabila mereka berdoa kepada-Mu dengan berkiblat ke negeri mereka yang telah Kauberikan kepada nenek moyang mereka, ke kota yang telah Kaupilih dan ke rumah yang telah kudirikan bagi nama-Mu,

Kekuatan nama Tuhan itulah yang mengampuni dosa dan pelanggaran kita.
Lukas 24:47
dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Nama Tuhan itu benar-benar ada pada Yesus dan Yesus itu adalah pribadi Firman itu sendiri.
Kisah para rasul 2:36
Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Yohanes 17:11-12
11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

Bila ada 2 orang yang sama-sama menghargai nama Tuhan, menghargai Firman maka pasti bisa menjadi satu. Apabila di dalam nikah salah satu dari suami atau istri tidak menghargai nama Tuhan/Firman Tuhan maka di hadapan Tuhan nikah tersebut tidaklah satu.

Bapa itu namaNya adalah Tuhan.
Keluaran 15:2-3
2 TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Ia Allahku, kupuji Dia, Ia Allah bapaku, kuluhurkan Dia.
3 TUHAN itu pahlawan perang; TUHAN, itulah nama-Nya.

Yesaya 42:8; 63:16
42:8 Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.
63:16 Bukankah Engkau Bapa kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal kami. Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "Penebus kami" sejak dahulu kala.

Yeremia 16:21; 33:2
16:21 "Sebab itu, ketahuilah, Aku mau memberitahukan kepada mereka, sekali ini Aku akan memberitahukan kepada mereka kekuasaan-Ku dan keperkasaan-Ku, supaya mereka tahu, bahwa nama-Ku TUHAN."
33:2 "Beginilah firman TUHAN, yang telah menjadikan bumi dengan membentuknya dan menegakkannya -- TUHAN ialah nama-Nya --:

Mazmur 83:19
supaya mereka tahu bahwa Engkau sajalah yang bernama TUHAN, Yang Mahatinggi atas seluruh bumi.

Amos 5:8
Dia yang telah membuat bintang kartika dan bintang belantik, yang mengubah kekelaman menjadi pagi dan yang membuat siang gelap seperti malam; Dia yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi -- TUHAN itulah nama-Nya.

Tuhan itu adalah nama Bapa, Tuhan bukanlah julukan. Nama Bapa yaitu Tuhan itulah yang diberikan kepada Yesus, Firman yang menjadi manusia. Nama Roh Kudus adalah Kristus dan inilah yang menjadi satu di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Bila kita telah kalah di dalam dosa maka nama inilah yang bisa mengangkat dan menyucikan kita.

Tuhan sangat menghargai namaNya dan orang yang memiliki nama Tuhan Yesus Kristus di dalam dirinya, itulah yang di tarik oleh Tuhan untuk dipulihkan. Tuhan menarik kita dengan Firman pengajaranNya untuk dibawa kepada Tuhan Yesus.
Yesaya 43:6-7
6 Aku akan berkata kepada utara: Berikanlah! dan kepada selatan: Janganlah tahan-tahan! Bawalah anak-anak-Ku laki-laki dari jauh, dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi,
7 semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"

Sebab ada nama Tuhan di dalam diri kita maka jangan menolak saat Tuhan menciptakan kita. Disaat kita dibentuk oleh Tuhan maka pasti terasa sakit namun tujuannya untuk kemuliaan bagi Tuhan.
Yesaya 43:7
semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"

Yesaya 64:8
Tetapi sekarang, ya TUHAN, Engkaulah Bapa kami! Kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami sekalian adalah buatan tangan-Mu.

Dalam proses pembentukan ini ada orang-orang yang berbalik membantah sebab tidak tahan saat mereka dibentuk karena merasa sakit. Hal ini jangan sampai terjadi di dalam diri kita. Memang pasti akan ada reaksi yang timbul dalam proses pembentukan ini namun jangan sampai hal itu berlarut-larut sehingga kehidupan tersebut undur dan keluar dari proses pembentukan Tuhan lewat FirmanNya.
Roma 9:19-21
19 Sekarang kamu akan berkata kepadaku: "Jika demikian, apa lagi yang masih disalahkan-Nya? Sebab siapa yang menentang kehendak-Nya?"
20 Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: "Mengapakah engkau membentuk aku demikian?"
21 Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa?

Karena Tuhan menghargai namaNya maka Tuhan beraksi membangun kita saat sekarang ini. Tuhan memulihkan kita untuk kemuliaan namaNya.

Yehezkiel 36:24-26
24 Aku akan menjemput kamu dari antara bangsa-bangsa dan mengumpulkan kamu dari semua negeri dan akan membawa kamu kembali ke tanahmu.
25 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.
26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

Tujuan akhir dari Tuhan adalah supaya kita bisa tampil bersanding dengan Tuhan Yesus Kristus Mempelai Laki-laki Sorga dan kita menjadi Mempelai Wanita Tuhan yang sempurna yang telah dilepaskan dari aib dan memiliki hati yang taat pada Firman Tuhan.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar