20120115

Kebaktian Umum, Minggu 15 Januari 2012 Pdt. Bernard Legontu


Yehezkiel 36:22-23
22 Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Bukan karena kamu Aku bertindak, hai kaum Israel, tetapi karena nama-Ku yang kudus yang kamu najiskan di tengah bangsa-bangsa di mana kamu datang.
23 Aku akan menguduskan nama-Ku yang besar yang sudah dinajiskan di tengah bangsa-bangsa, dan yang kamu najiskan di tengah-tengah mereka. Dan bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, demikianlah firman Tuhan ALLAH, manakala Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepadamu di hadapan bangsa-bangsa.
Tuhan sangat menghargai namaNya. Tuhan sendirilah yang memberi nama pada diriNya dan tujuannya supaya kita bisa memanggil Tuhan dengan namaNya. Kita bersyukur Tuhan memperkenalkan namaNya bukan hanya pada bangsa Israel tetapi juga kepada bangsa-bangsa kafir. Untuk apa Tuhan mempromosikan namaNya kepada bangsa Kafir? Karena Tuhan berkerinduan hati untuk memiliki umat dari bangsa kafir. Inilah rahmat Tuhan kepada kita bangsa kafir.

Rahmat ialah Perhatian Tuhan yang istimewa dan pertolongan Tuhan yang segera pada manusia yang sengsara di dalam dosa, tepat pada waktunya.

Bila dihubungkan dengan bangsa kafir maka pengertian rahmat adalah perhatian Tuhan yang istimewa kepada kita bangsa kafir yang sengsara di dalam dosa, yang mendapat pertolongan yang segera dan tepat pada waktunya.
Galatia 4:4
4 Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat.

Efesus 2:13-15
13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.
14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,
15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Kisah Para Rasul 15:13-14
13 Setelah Paulus dan Barnabas selesai berbicara, berkatalah Yakobus: "Hai saudara-saudara, dengarkanlah aku:
14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya..
Perhatian dan pertolongan Tuhan yang tepat pada waktunya diberikan kepada bangsa kafir supaya Tuhan dapat memiliki umat pilihan dari antara bangsa kafir. Bila kita bisa memiliki nama Tuhan maka itu merupakan salah satu ciri bahwa kita adalah kehidupan yang masuk pada pilihannya Tuhan untuk menjadi umat bagi namaNya. Oleh sebab itu kita harus menghargai pilihan Tuhan atas kita.

Nama yang diberikan Tuhan kepada diriNya bukanlah nama sembarang nama melainkan nama di atas segala nama.
Filipi 2:9
Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,

Tuhan Yesus Kristus adalah nama yang diberikan Tuhan kepada diriNya sendiri.
Yohanes 5:43
Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.

Tuhan Yesus telah datang dengan nama Bapa namun ada orang yang tidak menerimaNya dan malah menerima orang yang datang dengan namanya sendiri, itulah antikristus. Kehidupan yang tidak menerima nama Tuhan maka pelan tapi pasti orang tersebut akan direkrut oleh antikristus yang membawa namanya sendiri.

Yohanes 17:26
dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."
Kerinduan hati Tuhan supaya orang yang mendengar dan menerima namaNya menjadi satu, di mulai dari dalam nikah rumah tangga. Dalam ayat di atas 2 kali Tuhan memberitahukan namaNya dan dikaitkan dengan kasih. Bila seseorang mendengar berita ini berarti dia menerima dua kali untuk satu pribadi dan selanjutnya diisi dengan kasih. Itulah kasih mempelai. Ini ciri kehidupan yang dipilih oleh Tuhan dari bangsa kafir untuk menjadi umat bagi namaNya, kehidupan tersebut ada bukti memiliki kasih.

Mengapa perihal memperkenalkan namaNya ini terasa penting bagi Tuhan sehingga dinaikkan di dalam doaNya? Sebab manusia suka berjalan sendiri, suka mementingkan diri sendiri.
II Timotius 3:1-2a
1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.
2a Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang.

Di dalam Yehezkiel pasal 1 Tuhan memperkenalkan diriNya dan dikunci pada pasal terakhir di ayat terakhir Tuhan memperkenalkan diriNya sendiri kepada umat sebagai Yehovah Shammah yang artinya Tuhan ada di sana.
Yehezkiel 48:35
Jadi keliling kota itu adalah delapan belas ribu hasta. Sejak hari itu nama kota itu ialah: TUHAN HADIR DI SITU."(TUHAN ADA DI SANA)

Arah perjalanan kita pada akhirnya adalah masuk ke dalam Yerusalem Baru dan orang yang masuk ke sana adalah orang-orang yang memiliki nama Tuhan di dahiNya. Mulai dari sekarang nama Tuhan ini harus termeterai di dahi kita, nama Tuhan harus menjadi pokok utama pemikiran kita setiap saat.
Wahyu 22:4
dan mereka akan melihat wajah-Nya, dan nama-Nya akan tertulis di dahi mereka.

Bila ada nama Tuhan tertulis di dahi suami dan istri maka tidak akan sulit untuk keduanya menjadi satu sebab mereka sama-sama memikirkan perkara yang di atas, perkara Tuhan.
Kolose 3:1
Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

Kepada Firaun Tuhan bermaksud supaya dia memasyurkan nama Tuhan padahal dia adalah bangsa kafir. Namun Firaun gagal dan menyia-nyiakan rahmat dari Tuhan bahkan dia berbalik melawan nama Tuhan.
Keluaran 9:16
akan tetapi inilah sebabnya Aku membiarkan engkau hidup, yakni supaya memperlihatkan kepadamu kekuatan-Ku, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi.

Roma 9:17
Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: "Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memperlihatkan kuasa-Ku di dalam engkau, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi."
Paulus mengangkat kembali perkataan Tuhan yang bermaksud supaya Firaun memasyurkan nama Tuhan. Hal ini diangkat oleh rasul Paulus ketika ia berbicara tentang dua bersaudara yaitu Yakub dan Esau. Keduanya berasal dari kandungan yang sama namun keduanya berbeda setelah bertumbuh dewasa.

Roma 9:10-13
10 Tetapi bukan hanya itu saja. Lebih terang lagi ialah Ribka yang mengandung dari satu orang, yaitu dari Ishak, bapa leluhur kita.
11 Sebab waktu anak-anak itu belum dilahirkan dan belum melakukan yang baik atau yang jahat, -- supaya rencana Allah tentang pemilihan-Nya diteguhkan, bukan berdasarkan perbuatan, tetapi berdasarkan panggilan-Nya --
12 dikatakan kepada Ribka: "Anak yang tua akan menjadi hamba anak yang muda,"
13 seperti ada tertulis: "Aku mengasihi Yakub, tetapi membenci Esau."
Mengapa Tuhan mengasihi Yakub tetapi membenci Esau? Sebab Esau lebih mementingkan perkara jasmani dari pada Tuhan.

Roma 9:14-16
14 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah Allah tidak adil? Mustahil!
15 Sebab Ia berfirman kepada Musa: "Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati."
16 Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah.
Tuhan memilih kita oleh sebab rahmatNya kepada kita bangsa kafir dan kita harus bersukacita oleh sebab hal itu.

Buktikan dengan memiliki hati yang bersukacita ketika mendengar Firman Allah.
Kisah Para Rasul 13:48
Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Yohanes 17:6
Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.

Kita ini adalah manusia duniawi yang diambil dan oleh Bapa dan diserahkan kepada Tuhan Yesus.
Setelah diajar (diberi pengajaran) demi penyucian kemudian dibawa kepada Yesus.

Yohanes 6:45
Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku.

Yohanes 17:11
Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
Tuhan benar-benar memahami bahwa kita masih berada di dunia, itu sebabnya Tuhan ingin melindungi dan memelihara kita. Tanggapan kita terhadap kerinduan Tuhan ini adalah dengan membawa diri kita untuk menjadi satu lewat pekerjaan Firman pengajaran. Tuhan Yesus berdoa bagi murid-muridNya supaya mereka mendapat perlindungan di dalam namaNya dan doa Tuhan Yesus pasti dijawab. Murid adalah orang yang mau menerima pengajaran.
Yesaya 8:16
Aku harus menyimpan kesaksian ini dan memeteraikan pengajaran ini di antara murid-muridku.

Yohanes 17:12
Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.
Bila di dalam surat Roma pasal 9 di tampilkan pribadi Esau maka dalam ayat di atas di tampilkan pribadi Yudas Iskariot. Tuhan mempertontonkan kepada kita dua pribadi yang lepas dari tangan Tuhan oleh sebab mereka hanya mengejar perkara jasmani dan mengesampingkan perkara yang di atas (perkara rohani).

Kolose 3:1-4
1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
4 Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.
Bila kita mencari dan memikirkan perkara yang di atas maka hidup kita tersembunyi bersama dengan Kristus. Itu sebabnya orang dunia tidak bisa melihat kita, mereka tidak bisa mengerti dan memahami tentang kita. Namun kita bisa menilai mereka.

I Korintus 2:14-15
14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.
15 Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain.

Orang duniawi hanya mengejar daging dan perkara jasmani sehingga mengabaikan perkara rohani seperti Esau dan Yudas Iskariot yang tidak dapat masuk ke dalam kota Yerusalem dan hanya masuk pada kebinasaan.

Yesaya 66:24
Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

Markus 9:48
di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam.

Di dalam doa Salomo saat pentahbisan Bait Allah disebutkan 4x nama Tuhan yang ditujukan kepada kita bangsa Kafir.
I Raja-raja 8:41-43
41 Juga apabila seorang asing, yang tidak termasuk umat-Mu Israel, datang dari negeri jauh oleh karena 1nama-Mu, --
42 sebab orang akan mendengar tentang 2nama-Mu yang besar dan tentang tangan-Mu yang kuat dan lengan-Mu yang teracung -- dan ia datang berdoa di rumah ini,
43 maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, dan Engkau kiranya bertindak sesuai dengan segala yang diserukan kepada-Mu oleh orang asing itu, supaya segala bangsa di bumi mengenal 3nama-Mu, sehingga mereka takut akan Engkau sama seperti umat-Mu Israel dan sehingga mereka tahu, bahwa 4nama-Mu telah diserukan atas rumah yang telah kudirikan ini.

4x ini menunjuk pada keempat penjuru bumi. Pengertiannya bagi kita bangsa kafir adalah di mana pun kita berada selalu ada peluang untuk menerima dan memanfaatkan nama tersebut, karena hanya di dalam nama ini ada keampunan.

Ada 5 kegunaan dari nama Tuhan:

1.      Dosa diampuni oleh sebab nama Tuhan

I Yohanes 2:12
Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, sebab dosamu telah diampuni oleh karena nama-Nya.

Lukas 24:47
dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
Kita telah mengenal nama ini biarlah kita juga memanfaatkannya. Saat kita jatuh dalam dosa, saat kita sudah tidak berdaya berteriaklah kepada nama Tuhan ini. Ketika nikah hancur oleh sebab dosa dan kesalahan berserulah mohon ampun lewat nama ini maka Tuhan mengampuni kesalahan suami dan istri sehingga bisa kembali jadi satu.

Kisah Para Rasul 10:1-2
1 Di Kaisarea ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia.
2 Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah.
Kornelius adalah bangsa kafir yang takut akan Tuhan dan banyak memberi sedekah serta berdoa. Namun bukan doa dan sedekahnya yang bisa membuat dosanya diampuni. Peluang untuk diampuni
oleh Tuhan hanya lewat nama Tuhan Yesus.

Kisah Para Rasul 10:43
Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."
Bila kita telah mengalami pengampunan oleh sebab nama Tuhan maka sudah seharusnya kita bisa memberi dan menjadi seorang pendoa syafaat.

2.      Nama Tuhan Menyucikan

Mazmur 111:9
Dikirim-Nya kebebasan kepada umat-Nya, diperintahkan-Nya supaya perjanjian-Nya itu untuk selama-lamanya; nama-Nya kudus dan dahsyat.

NamaNya kudus dan dahsyat. Dalam terjemahan bahasa gerika disebutkan “Higies dan Higietzo”.
Higies = suci/murni
Higietzo = dahsyat menyucikan
Nama itu sangat dahsyat untuk menyucikan. Bagaimana nama itu menyucikan kita? Nama itu satu dengan Firman dan Firman Tuhan itulah yang menyucikan.

Yesaya 4:1
Pada waktu itu tujuh orang perempuan akan memegang seorang laki-laki, serta berkata: "Kami akan menanggung makanan dan pakaian kami sendiri; hanya biarlah namamu dilekatkan kepada nama kami; ambillah aib yang ada pada kami!"
7 perempuan ini menunjuk pada gereja Tuhan di akhir zaman yang mendambakan supaya aib mereka diambil oleh satu laki-laki itulah Tuhan Yesus. Bila tidak ada kerinduan maka Tuhan tidak akan bereaksi untuk mengangkat aib. Namun begitu kita ada kerinduan untuk lepas dari aib maka Tuhan yang empunya nama ini tidak akan menunggu lama untuk menyucikan kita.

Tetapi bila mengatakan bahwa Firman Tuhan itu hanya beban maka aib itu bukannya terangkat namun menjadi kekal dan melekat pada diri orang tersebut. Jangan pernah kita mengeluh tentang Firman Tuhan yang kita terima sekalipun memang berat bagi daging untuk dipraktekkan.
Yeremia 23:33,34,36,38-40
33 Apabila bangsa ini -- baik nabi ataupun imam -- bertanya kepadamu: Apakah Sabda yang 1dibebankan oleh TUHAN?, maka jawablah mereka: Kamulah beban itu! Sebab itu kamu akan Kubuang dari hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
34 Adapun nabi atau imam atau rakyat yang masih berbicara tentang Sabda yang 2dibebankan oleh TUHAN, kepada orang itu dan kepada keluarganya akan Kulakukan pembalasan.
36 Tetapi Sabda yang 3dibebankan oleh TUHAN janganlah kamu sebut-sebutkan lagi, sebab yang menjadi beban bagi setiap orang ialah perkataannya sendiri, oleh karena kamu telah memutarbalikkan perkataan-perkataan Allah yang hidup, TUHAN semesta alam, Allah kita.
38 Tetapi jika kamu masih berbicara tentang Sabda yang 4dibebankan oleh TUHAN, maka beginilah firman TUHAN: Oleh karena kamu masih memakai ungkapan Sabda yang 5dibebankan oleh TUHAN itu, sekalipun Aku mengutus orang kepadamu mengatakan: Janganlah kamu berbicara tentang Sabda yang 6dibebankan oleh TUHAN,
39 maka sesungguhnya, Aku akan menangkap kamu dan membuang kamu dari hadapan-Ku, kamu serta kota yang telah Kuberikan kepadamu dan kepada nenek moyangmu itu.
40 Aku akan menimpakan kepadamu aib yang kekal dan noda yang kekal yang tidak akan terlupakan."
3.      Nama Tuhan Memberi Perlindungan

Mazmur 91:14
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.
Mengapa Tuhan berbicara tentang membentengi dan meluputkan? Sebab dunia yang kita tempati ini sudah tidak aman. Kita bisa aman bila hati kita melekat pada Tuhan dan sungguh-sungguh mengenal nama Tuhan.

Yohanes 17:12
Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

Ibrani 6:18-19
18 supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita.
19 Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,
Bagi orang percaya yang menaruh pengharapan seperti ini dia aman dan kuat.

4.      Doa terjawab bila diserukan dengan nama Tuhan

Yohanes 14:13
dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
Yohanes 15:16
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Apapun yang kita doakan di dalam nama Tuhan pasti akan diberi asalkan yang kita minta bukan untuk memuaskan hawa nafsu.
Yakobus 4:1-4
1 Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?
2 Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.
3 Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.
4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

Apabila yang kita minta adalah supaya kita bisa tetap menghasilkan buah maka Tuhan pasti berikan. Dikatakan buah itu tetap berarti kita tetap melekat pada pokok anggur.
Kejadian 49:11
Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur.

Induk keledai ditambatkan pada pohon anggur sedangkan anak keledai ditambatkan pada pohon anggur pilihan. Induk keledai adalah gambaran gereja hujan awal dan anak keledai adalah gambaran gereja hujan akhir. Artinya kita yang hidup di akhir zaman dikaitkan dengan pilihan Tuhan untuk berjumpa dengan Tuhan Yesus Kristus Mempelai Laki-laki Sorga dan kita sebagai Mempelai WanitaNya.

5.      Nama Tuhan Mengalahkan Musuh

Filipi 2:9-11
9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Nama Tuhan mengalahkan 3 musuh:
Ø  Yang di langit/di udara adalah iblis yang tampil dengan roh pendurhakaan


Efesus 2:2
Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Matius 24:12
Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.

Ø  Yang di atas bumi adalah nabi palsu yang tampil dengan penipuan di dalam ibadah
Wahyu 13:14-18
14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.
15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.
16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
17 dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Nabi palsu ini memanfaatkan ekonomi, memanfaatkan hal-hal yang bersifat financial. Jangan memberi kesempatan kepada roh nabi palsu yang mempermainkan hati pikiran kita sehingga menjadi gundah-gulana sebab melihat masalah ekonomi, melihat masalah uang.
Daniel 8:23&25
23 Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu.
25 Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil; ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.

Ø  Yang di bawah bumi adalah antikristus yang tampil dengan penghujatan
Wahyu 13:5-6
5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.
6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.


Kepada kita bangsa kafir Tuhan buka kesempatan. Tuhan memilih kita untuk menjadi umat bagi namaNya. Buktikan bahwa kita adalah umat pilihan dengan mau mengalami pengampunan dosa, penyucian, perlindungan Tuhan, menerima jawaban doa untuk membuat kita berbuah lebat dan buah itu tetap,
Yohanes 15:16
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.
serta kita menang terhadap iblis, dunia dan daging.


Tuhan memberkati.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar