20120101

Kebaktian Umum, Minggu 1 Januari 2012 Pdt. Bernard Legontu


Lukas 1:17-19
17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."
18 Lalu kata Zakharia kepada malaikat itu: "Bagaimanakah aku tahu, bahwa hal ini akan terjadi? Sebab aku sudah tua dan isteriku sudah lanjut umurnya."
19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.

Untuk menyampaikan kabar baik ini Tuhan secara spesial mengutus Gabriel kepada Zakharia. Isi beritanya adalah tentang kelahiran Yohanes pembaptis yang akan mempersiapkan umat yang layak. Hal ini merupakan curahan isi hati Tuhan yang sangat ingin untuk mendapatkan sidang yang layak, itulah gereja Tuhan yang sempurna yang tampil sebagai Mempelai Perempuan Sorga.
Wahyu 21:9-10
9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Penampilan Gabriel yang pertama kali adalah kepada Daniel. Kedatangan Gabriel kepada Daniel adalah untuk memberitahukan tetang binatang buas atau antikristus yang akan tampil di akhir zaman.
Daniel 8:25
Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil; ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.

Binatang buas itu akhirnya dilihat oleh Rasul Yohanes dalam bentuk,
Wahyu 13:1-2, 6
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.
13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.

Ada 2 pribadi yang sedang bergerak di akhir zaman ini dan kedua-duanya akan berhasil:
Ø  Binatang buas atau Antikristus yang dilatar belakangi oleh iblis akan berhasil dengan rencananya untuk menggagalkan anak Tuhan supaya tidak bisa tampil layak di hadapan Tuhan. Untuk mencapai tujuannya itu iblis si ular tua, menggunakan media dunia untuk memikat dan mempesona manusia. Bila kita terpesona dengan dunia ini maka tanpa kita sadari kita telah terkena ludah dari ular ini. Keberhasilan binatang buas ini mengarah pada kebinasaan.

Ø  Di pihak yang lain Tuhan juga pasti berhasil untuk membawa kita menjadi umat yang layak. Untuk itu Tuhan mau memikat kita dengan curahan isi hatiNya yaitu pembukaan rahasia FirmanNya dan Tuhan memanfaatkan hamba-hambaNya untuk menyampaikan Firman ini kepada kita. Bila kita terpesona dengan pembukaan rahasia Firman maka kita berada di dalam rangkulan Tuhan dan muaranya adalah membawa kita tampil sebagai mempelai wanitaNya yang sempurna. Keberhasilan Tuhan ini mengarahkan kita kepada kebahagiaan kekal selama-lamanya.

Semua umat manusia akan masuk pada salah satu keberhasilan ini, bila tidak ada pada keberhasilan Tuhan maka pasti berada pada keberhasilan dari binatang buas.

Sebab itu marilah kita dengan bijaksana dan perhatikan Ulangan 4:5-6, serta membawa diri pada program Allah (Tuhan pasti berhasil!).
Ulangan 4:5-6
4:5 Ingatlah, aku telah mengajarkan ketetapan dan peraturan kepadamu, seperti yang diperintahkan kepadaku oleh TUHAN, Allahku, supaya kamu melakukan yang demikian di dalam negeri, yang akan kamu masuki untuk mendudukinya.
4:6 Lakukanlah itu dengan setia, sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu dan akal budimu di mata bangsa-bangsa yang pada waktu mendengar segala ketetapan ini akan berkata: Memang bangsa yang besar ini adalah umat yang bijaksana dan berakal budi.

Iblis tidak akan mengganggu gereja Tuhan yang tidak memiliki pola ibadah sebab arah dari akhir perjalanan mereka dianggap oleh iblis tidak berbahaya baginya. Yang berusaha untuk dihadang oleh iblis adalah umat Tuhan yang mengerti pola ibadah dan hal inilah yang diingatkan oleh Gabriel kepada Daniel. Apa yang dibicarakan oleh Gabriel kepada Daniel adalah tentang akhir zaman yaitu waktu di mana kita hidup sekarang.
Daniel 8:16,17,19
16 dan aku mendengar dari tengah sungai Ulai itu suara manusia yang berseru: "Gabriel, buatlah orang ini memahami penglihatan itu!"
17 Lalu datanglah ia ke tempat aku berdiri, dan ketika ia datang, terkejutlah aku dan jatuh tertelungkup, lalu ia berkata kepadaku: "Pahamilah, anak manusia, bahwa penglihatan itu mengenai akhir masa!"
19 Lalu berkatalah ia: "Kuberitahukan kepadamu apa yang akan terjadi pada akhir murka ini, sebab hal itu mengenai akhir zaman.

Daniel 8:23,25
23 Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu.
25 Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil; ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.

Apa yang dilihat oleh Daniel tentang penampilan pribadi yang garang dan pandai menipu ini sama dengan yang dituliskan oleh rasul Paulus. Ini menunjuk pada pribadi antikristus.
II Tesalonika 2:8-12
8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.
9 Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu,
10 dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka.
11 Dan itulah sebabnya Allah mendatangkan kesesatan atas mereka, yang menyebabkan mereka percaya akan dusta,
12 supaya dihukum semua orang yang tidak percaya akan kebenaran dan yang suka kejahatan.

Binatang ini akan tampil menipu sasarannya adalah orang-orang yang telah berada pada pola ibadah yang benar. Dia tidak akan menipu orang yang tidak memiliki pola ibadah yang benar sebab orang yang beribadah seperti demikian sudah jelas arahnya masuk aniaya 3½ tahun antikris.

Ibadah tanpa pola yang benar seringkali hanya menampilkan puji-pujian dan bagi Tuhan belum dianggap  menyenangkan hati Tuhan sebab mereka mengabaikan penyucian terhadap diri mereka. Penyucian ini hanya bisa dikerjakan bila tekun dalam ibadah dengan pola yang benar.

Amos 5:21-23
21 "Aku membenci, Aku menghinakan perayaanmu dan Aku tidak senang kepada perkumpulan rayamu.
22 Sungguh, apabila kamu mempersembahkan kepada-Ku korban-korban bakaran dan korban-korban sajianmu, Aku tidak suka, dan korban keselamatanmu berupa ternak yang tambun, Aku tidak mau pandang.
23 Jauhkanlah dari pada-Ku keramaian nyanyian-nyanyianmu, lagu gambusmu tidak mau Aku dengar.

Mengapa Allah membenci? padahal bila dilihat bukankah Tuhan suka dipuji dan disembah?
karena mereka lupa Amos 5:24
24 Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir."

Bukan berarti kita tidak perlu memuji Tuhan. Pujian kepada Tuhan itu penting namun hal itu tidak akan mempunyai nilai apa-apa di hadapan Tuhan bila tidak disertai dengan penyucian. Penyucian ini tidak akan lepas dengan Firman pengajaran yang diterima dalam pola ibadah yang benar.

Bandingkan dalam Amos 6:3-6
6:3 Hai kamu, yang menganggap jauh hari malapetaka, tetapi mendekatkan pemerintahan kekerasan;
6:4 yang berbaring di tempat tidur dari gading dan duduk berjuntai di ranjang; yang memakan anak-anak domba dari kumpulan kambing domba dan anak-anak lembu dari tengah-tengah kawanan binatang yang tambun;
6:5 yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus, dan seperti Daud menciptakan bunyi-bunyian bagi dirinya;
6:6 yang minum anggur dari bokor, dan berurap dengan minyak yang paling baik, tetapi tidak berduka karena hancurnya keturunan Yusuf!
ini disebut oleh Tuhan rasa aman yang palsu, sebab itu perlu kita memperhatikan firman pengajaran yang benar.

Contohnya: Dalam suasana ibadah digelar seperti suasana konser, setelah ibadah selesai hati sudah merasa puas, tetapi perlu dipertanyakan apakah Tuhan juga sudah dipuaskan?  


Tuhan akan puas jika nikah dibenahi yang arahnya adalah hubungan Kristus dan jemaat,
Efesus 5:32
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.
Wahyu 21:9
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."

Ibadah terbenahi yang arahnya adalah Firman menjadi daging (praktek).
1 Timotius 3:16
3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."

II Timotius 2:7
Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.
Bila kita tidak memperhatikan, tidak tertarik dengan apa yang disampaikan Tuhan lewat FirmanNya yang diberitakan oleh hamba-hambaNya maka Tuhan juga tidak akan memberikan pengertian kepada kita. Itu sebabnya banyak anak Tuhan yang datang beribadah namun tetap tidak mengerti akan rencana Tuhan sebab hati mereka jauh dari Tuhan.
Matius 15:8-9
15:8 Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
15:9 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia."

Mengapa disebut sia-sia? sebab yang disenangkan hanya hati manusia bukan hati Tuhan yang dipuaskan.
Mereka beribadah bukan karena hati mereka tertarik akan penampilan Tuhan lewat pembukaan rahasia FirmanNya namun karena perkara-perkara yang lain.

Ciri mempelai perempuan untuk Kristus Yesus adalah melakukan Firman sepenuh, gereja yang ikut Firman bukan Firman yang ikut gereja.
Kejadian 24:19, 22, 58, 6
24:19 Setelah ia selesai memberi hamba itu minum, berkatalah ia: "Baiklah untuk unta-untamu juga kutimba air, sampai semuanya puas minum."
24:22 Setelah unta-unta itu puas minum, maka orang itu mengambil anting-anting emas yang setengah syikal beratnya, dan sepasang gelang tangan yang sepuluh syikal emas beratnya,
24:58 Lalu mereka memanggil Ribka dan berkata kepadanya: "Maukah engkau pergi beserta orang ini?" Jawabnya: "Mau."
24:6 Tetapi Abraham berkata kepadanya: "Awas, jangan kaubawa anakku itu kembali ke sana.

Daniel 8:4
Aku melihat domba jantan itu menanduk ke barat, ke utara dan ke selatan, dan tidak ada seekor binatang pun yang tahan menghadapi dia, dan tidak ada yang dapat membebaskan dari kuasanya; ia berbuat sekehendak hatinya dan membesarkan diri.

Yang ditanduk, yang diganggu oleh binatang ini adalah pola ibadah yang benar.
Ø  Di sebelah barat, alat dalam Ruangan Suci yaitu kedudukan Mezbah Dupa Emas. Ini menunjuk pada ibadah doa  penyembahan, persekutuan kita dengan Allah Bapa.
Keluaran 40:26
Ditempatkannyalah mezbah emas di dalam Kemah Pertemuan di depan tabir itu.

Iblis akan mengganggu penyembahan kita, mengganggu hubungan kasih kita dengan Tuhan. Di saat kita menyembah Tuhan, dia mengganggu pikiran kita supaya tidak terfokus kepada Tuhan tetapi hanya mengembara pada urusan yang jasmani sehingga kasih kita tidak terfokus lagi kepada Tuhan. Jangan kita mengentengkan doa penyembahan, jangan merasa tidak apa-apa bila kita tidak bisa fokus kepada Tuhan saat menyembah. Penyembahan inilah yang pertama diserang oleh iblis dan banyak anak Tuhan yang tertipu sehingga tidak dapat menyembah. Ada juga yang bisa menyembah namun telah tertipu sebab masuk dalam penyembahan palsu.

Sebab banyak orang yang menyembah Allah tetapi sasarannya supaya diberkati jasmaninya,
Yohanes 6:26
Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.

Bangsa Israel menipu dirinya sendiri dengan tampil berpura-pura seperti mau mendengarkan suara Firman Tuhan padahal sebenarnya tidak demikian.
Yeremia 42:5-7, 15, 19-20
5 Berkatalah mereka kepada Yeremia: "Biarlah TUHAN menjadi saksi yang benar dan yang dapat dipercaya terhadap kami, jika kami tidak berbuat menurut segala firman yang disuruh TUHAN, Allahmu, kausampaikan kepada kami.
6 Maupun baik ataupun buruk, kami akan mendengarkan suara TUHAN, Allah kita, yang kepada-Nya kami mengutus engkau, supaya keadaan kami baik, oleh karena kami mendengarkan suara TUHAN, Allah kita."
7 Sesudah sepuluh hari datanglah firman TUHAN kepada Yeremia.
15 maka dengarkanlah sekarang firman Allah, hai sisa Yehuda: Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Jika kamu sungguh-sungguh berniat hendak pergi ke Mesir, dan memang kamu pergi dan tinggal sebagai orang asing di sana,
19 TUHAN telah berfirman kepadamu, hai sisa Yehuda: Janganlah pergi ke Mesir! Camkanlah sungguh-sungguh, bahwa aku memperingatkan kamu pada hari ini!
20 Kamu telah menipu dirimu dan membahayakan nyawamu, ketika kamu mengutus aku kepada TUHAN, Allahmu, dengan berkata: Berdoalah untuk kami kepada TUHAN, Allah kita, dan beritahukanlah dengan tepat kepada kami apa yang difirmankan TUHAN, Allah kita, supaya kami melakukannya!

Ketika mereka mendengarkan Firman Tuhan, mereka malah berbalik menolak dan melawan Firman Tuhan.
Yeremia 43:1-2
1 Ketika Yeremia selesai mengatakan kepada seluruh rakyat segala firman TUHAN, Allah mereka, yang disuruh TUHAN, Allah mereka, disampaikannya kepada mereka, yaitu segala firman yang tersebut di atas,
2 maka berkatalah Azarya bin Hosaya dan Yohanan bin Kareah serta semua orang congkak itu kepada Yeremia: "Engkau berkata bohong! TUHAN, Allah kita, tidak mengutus engkau untuk berkata: Janganlah pergi ke Mesir untuk tinggal sebagai orang asing di sana,

Kehadiran kita yang terutama dalam ibadah adalah untuk mendengarkan Firman Tuhan.
Maksud dari mendengar Firman Allah adalah agar kita mengalami proses penyucian,
Efesus 4:23-24; 5:26-27
4:23 supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,
4:24 dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.
5:26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,
5:27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.


Ø  Di sebelah utara, alat dalam Ruangan Suci yaitu kedudukan Meja Roti. Ini menunjuk pada ibadah pendalaman Alkitab, persekutuan kita dengan Putra Allah dalam Firman pengajaran dan Perjamuan Kudus.
Keluaran 40:22
Ditaruhnyalah meja di dalam Kemah Pertemuan pada sisi Kemah Suci sebelah utara, di depan tabir itu.

Di dalam ibadah pendalaman Alkitab kita ditata dan dibina lewat Firman pengajaran untuk berprilaku sebagai anggota keluarga Allah. Dari anggota keluarga inilah akan tampil mempelai wanita Tuhan. Saat kita bersekutu dengan Firman pengajaran dan perjamuan kudus maka kita yang adalah orang berdosa diinsyafkan oleh Tuhan akan dosa-dosa kita sehingga kita bisa mengaku dosa dan mengalami penyucian.
Mazmur 32:5
Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. S e l a

Hosea 14:2-3
14:2 Bertobatlah, hai Israel, kepada TUHAN, Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu.
14:3 Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada TUHAN! katakanlah kepada-Nya: "Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.

Amsal 28:13
Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

Di dalam penyembahan kita tidak lagi mengaku dosa, di dalam penyembahan kita bersyukur kepada Tuhan sebab Ia telah mengampuni kita. Bila dalam suasana doa penyembahan kita mengaku dosa berarti kita bukan berada di mezbah dupa emas namun undur ke mezbah korban bakaran. Itu sebabnya Tuhan melarang supaya jangan ada korban curahan di mezbah dupa emas, jangan sampai ada perjamuan suci di dalam ibadah doa penyembahan.
Keluaran 30:9
Di atas mezbah itu janganlah kamu persembahkan ukupan yang lain ataupun korban bakaran ataupun korban sajian, juga korban curahan janganlah kamu curahkan di atasnya.


Ø  Di sebelah selatan, alat dalam Ruangan Suci yaitu kedudukan Pelita Emas. Ini menunjuk pada ibadah Raya, persekutuan kita dengan Allah Roh Kudus dalam karunia-karunia Roh Kudus.
Keluaran 40:24
Ditempatkannyalah kandil di dalam Kemah Pertemuan berhadapan dengan meja itu, pada sisi Kemah Suci sebelah selatan.

Penipuan ini bergerak di dalam ibadah dan yang menjadi alatnya adalah hamba-hamba Tuhan yang menyimpang dari pengajaran, menyimpang dari pola ibadah yang benar.

Roma 16:17
Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima, menimbulkan perpecahan dan godaan. Sebab itu hindarilah mereka!
Orang yang meninggalkan pengajaran yang benar adalah penyebab timbulnya perpecahan, bukannya orang yang mempertahankan pengajaran yang benar yang menjadi pemecah belah. Firman Tuhan dengan tegas mengatakan kepada kita untuk menghindari orang yang telah menyimpang dari pengajaran, menjauhi orang yang sudah tidak berada di dalam pola ibadah yang benar.

Roma 16:18
Sebab orang-orang demikian tidak melayani Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya.
Orang yang menipu di dalam ibadah ini tampil dengan kata yang muluk-muluk dengan maksud menipu orang yang tulus. Yusuf adalah orang yang tulus hatinya dan ia hampir saja tertipu untuk meninggalkan Maria. Hati-hati dengan suara tipuan iblis yang berbisik di dalam hati, bahkan di dalam hati yang tulus.

Roma 16:19-20
19 Kabar tentang ketaatanmu telah terdengar oleh semua orang. Sebab itu aku bersukacita tentang kamu. Tetapi aku ingin supaya kamu bijaksana terhadap apa yang baik, dan bersih terhadap apa yang jahat.
20 Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!
Kita berbahagia bila tetap mempertahankan Firman Pengajaran yang benar, kita pasti akan mengalahkan iblis yang tampil dengan penipuannya.

Gabriel tampil kedua kali kepada Daniel ketika Daniel sedang menaikan doa untuk mengakui dosa dan kesalahnya serta bangsanya kepada Tuhan.

Daniel 9:12
Dan telah ditetapkan-Nya firman-Nya, yang diucapkan-Nya terhadap kami dan terhadap orang-orang yang telah memerintah kami, yakni bahwa akan didatangkan-Nya kepada kami malapetaka yang besar, yang belum pernah terjadi di bawah semesta langit, seperti di Yerusalem.
Doa Daniel ini mengangkat tentang apa yang akan terjadi pada Yerusalem di akhir zaman yang juga pernah dikatakan oleh Tuhan Yesus dengan derai air mata.

Daniel 9:20-23
20 Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadapan TUHAN, Allahku, permohonanku bagi gunung kudus Allahku,
21 sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari.
22 Lalu ia mengajari aku dan berbicara dengan aku: "Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti.
23 Ketika engkau mulai menyampaikan permohonan keluarlah suatu firman, maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi. Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan itu!
Di dalam doanya Daniel mengaku dosa dan membuka semua kesalahannya dan kesalahan umat Tuhan kepada Tuhan. Tuhan tidak tinggal diam saat pengakuan Daniel ini diucapkan, Tuhan mengutus Gabriel kepadanya.

Saat apa yang kita perbuat di masa lampau kita akui, maka Tuhan tidak tinggal diam. Sama seperti yang terjadi pada Yesaya ketika ia mengaku dosa. Tuhan bertindak untuk menghapus dosanya dan kesalahannya.
Yesaya 6:5-7
5 Lalu kataku: "Celakalah aku! aku binasa! Sebab aku ini seorang yang najis bibir, dan aku tinggal di tengah-tengah bangsa yang najis bibir, namun mataku telah melihat Sang Raja, yakni TUHAN semesta alam."
6 Tetapi seorang dari pada Serafim itu terbang mendapatkan aku; di tangannya ada bara, yang diambilnya dengan sepit dari atas mezbah.
7 Ia menyentuhkannya kepada mulutku serta berkata: "Lihat, ini telah menyentuh bibirmu, maka kesalahanmu telah dihapus dan dosamu telah diampuni."


Doa Daniel ada hubungannya dengan gunung kudus Allah, itu menunjuk pada Bait Allah sebab Bait Allah dibangun di atas gunung kudus Allah. Doa Daniel ada hubungannya dengan pemulihan Bait Allah. Bila Bait Allah dipulihkan maka pelayanan juga dipulihkan.

II Tawarikh 36:22-23
22 Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini:
23 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, TUHAN, Allahnya, menyertainya, dan biarlah ia berangkat pulang!"
Saat rumah Tuhan dibangun maka Tuhan membuka peluang kepada kita untuk beribadah dan melayani. Tuhan menarik kita dari pengaruh Babel untuk memberi keuntungan kepada Tuhan, masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus yang sempurna, bukan untuk dimanfaatkan oleh iblis.

Tuhan begitu merindukan tubuhNya tampil sempurna, itulah mempelai wanitaNya. Di saat yang sama iblis tampil dan berusaha untuk menyaingi dan menghadang gereja. Oleh sebab itu jangan pernah kita memberikan kesempatan kepada iblis untuk berhasil atas diri kita.
II Korintus 2:11
supaya Iblis jangan beroleh keuntungan atas kita, sebab kita tahu apa maksudnya.

Siapa yang mengaku adalah umat Tuhan marilah kita kembali kepada Tuhan dan melibatkan diri untuk masuk dalam pembangunan rumah Tuhan, pembangunan Tubuh Kristus yang sempurna.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar