20151108

Kebaktian Kaum Muda Remaja Minggu 8 November 2015 Pdt. Handri Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus menyertai kita sekalian.

Keluaran 7:14-16
7:14 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Firaun berkeras hati, ia menolak membiarkan bangsa itu pergi.
7:15 Pergilah kepada Firaun pada waktu pagi, pada waktu biasanya ia keluar ke sungai; nantikanlah dia di tepi sungai Nil dengan memegang di tanganmu tongkat yang tadinya berubah menjadi ular.
7:16 Dan katakanlah kepadanya: TUHAN, Allah orang Ibrani, telah mengutus aku kepadamu untuk mengatakan: Biarkanlah umat-Ku pergi, supaya mereka beribadah kepada-Ku di padang gurun; meskipun begitu sampai sekarang engkau tidak mau mendengarkan.

Tulah menimpa Firaun dan orang Mesir sebab Firaun berkeras hati, ia tidak mengizinkan bangsa Israel keluar untuk pergi beribadah kepada Tuhan. Demikian juga kita jika selalu mempertahankan kekerasan hati, kehidupan kita tidak akan tertolong hanya mendatangkan tulah.

Praktek keras hati seperti Firaun :
1.      Firaun menolak membiarkan bangsa Israel pergi beribadah. Pengertian bagi kita sekarang yaitu tidak setia di dalam ibadah pelayanan sampai tidak mau beribadah melayani Tuhan.

Ayo kaum muda setia manfaatkan waktu untuk datang beribadah melayani Tuhan. Contoh seperti perempuan Sirofenisia. Ketika Yesus sampai di daerah Tirus, Ia tidak mau diketahui kedatanganNya oleh orang lain, tetapi kedatangan Tuhan Yesus tidak bisa disembunyikan, orang tahu dan perempuan Sirofenisia memanfaatkan kesempatan yang kecil untuk datang bertemu dengan Yesus.

2.      Tidak mau taat dengar-dengaran pada Firman/ Tuhan. Mulai dari malas mendengar Firman, mengantuk, bosan, termasuk tidak mau taat dengar-dengaran pada orang tua sampai memberontak terhadap orang tua.

Contohnya pada zaman Nuh roh tidak taat ini kena pada semua lapisan masyarakat dari anak kecil sampai orang tua. Hanya 8 orang yang taat yaitu Nuh dan istrinya dan 3 anaknya, 3 anak mantunya. Ketika Tuhan menghukum dunia dengan air bah hanya 8 orang yang selamat. Dari 8 orang yang selamat tidak ada anak kecil dan kaum muda remaja.
1 Petrus 3:20
3:20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

Praktek keras hati hanya mendatangkan tulah. Dalam Alkitab ada kaum muda yang punya potensi tapi tidak taat dengar-dengaran sehingga akibatnya binasa.

ð  Contoh dalam Perjanjian lama = Absalom tidak taat kepada Tuhan dan memberontak pada orang tuanya, ia mau membunuh Daud.

2 Samuel 14:25-26
14:25 Di seluruh Israel tidak ada yang begitu banyak dipuji kecantikannya seperti Absalom. Dari telapak kakinya sampai ujung kepalanya tidak ada cacat padanya.
14:26 Apabila ia mencukur rambutnya -- pada akhir tiap-tiap tahun ia mencukurnya karena menjadi terlalu berat baginya -- maka ditimbangnya rambutnya itu, dua ratus syikal beratnya, menurut batu timbangan raja.
Absalom secara jasmani punya potensi yang luar biasa, sebagai anak raja, punya kekayaan, kedudukan, punya rambut terindah, dari telapak kaki sampai ujung kepala tidak ada cacat padanya.

Ia punya potensi tetapi karena tidak taat dengar-dengaran justru potensinya menjadi penyebab kehancurannya. Rambutnya yang bagus tersangkut pada pohon dan ia ditikam oleh Yoab dan sepuluh bujang, pembawa senjata Yoab membunuhnya.
2 Samuel 18:9,14-15
18:9 Kebetulan Absalom bertemu dengan orang-orang Daud. Adapun Absalom menunggangi bagal. Ketika bagal itu lewat di bawah jalinan dahan-dahan pohon tarbantin yang besar, tersangkutlah kepalanya pada pohon tarbantin itu, sehingga ia tergantung antara langit dan bumi, sedang bagal yang dikendarainya berlari terus.
18:14 Tetapi Yoab berkata: "Aku tidak mau membuang-buang waktu dengan kau seperti ini." Lalu diambilnyalah tiga lembing dalam tangannya dan ditikamkannya ke dada Absalom, sedang ia masih hidup di tengah-tengah dahan pohon tarbantin itu.
18:15 Kemudian sepuluh bujang, pembawa senjata Yoab, mengelilingi Absalom, lalu memukul dan membunuh dia.

Kaum muda punya potensi jangan sombong, kalau tidak taat dengar-dengaran potensimu itu justru jadi penyebab kehancuran, hidup terkatung-katung sampai binasa selamanya. Jadi jangan bangga punya gelar/ title, punya kekayaan, punya wajah yang rupawan, punya suara yang bagus itu puji Tuhan tapi jangan jadikan itu suatu kesombongan.

ð  Contoh dalam perjanjian baru = Anak muda yang kaya. Ia mempunyai potensi secara rohani kelihatan takut akan Tuhan, tetapi tidak mau taat dengar-dengaran pada Firman Tuhan, ia tidak mau ikut Yesus/ tinggalkan Yesus sehingga akhirnya binasa selamanya.
Matius 19:16-22
19:16 Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
19:17 Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."
19:18 Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,
19:19 hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
19:20 Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"
19:21 Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."
19:22 Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Punya potensi rohani tapi tidak taat dengar-dengaran, semua tidak ada gunanya.
Matius 7:21-23
7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Sebaliknya mungkin secara jasmani dan rohani tidak punya potensi tapi kalau mau taat dengar-dengaran pada Firman itu yang menjamin keberhasilan sampai masuk dalam kerajaan sorga yang kekal, menjadi mempelai wanita Tuhan. Jadi jangan kecil hati jika tidak punya potensi/ talenta tetapi yang utama taat dan dengar-dengaran pada Firman Tuhan.

3.      Tidak mau mengaku dosa malah mempertahankan kebenaran diri sendiri, kebenaran yang didapat dengan cara menyalahkan orang lain bahkan sampai menyalahkan Tuhan.
Ini tabiat Firaun/ tabiat setan. Akibatnya air menjadi darah artinya:
Ø  Hidupnya tidak pernah puas sehingga mencari kepuasaan di dunia, lewat tontonan sampai mencari kepuasaan lewat berbuat dosa terutama dosa makan minum dan dosa seks, dilakukan dari anak kecil sampai orang dewasa. Nonton yang najis-najis sampai lakukan yang najis, merokok. Jangan lakukan yang seperti itu, hanya membuat malu dan menjadi sandungan.

Ø  Firaun setiap pagi biasanya mandi di sungai Nil.
Keluaran 7:15
7:15 Pergilah kepada Firaun pada waktu pagi, pada waktu biasanya ia keluar ke sungai; nantikanlah dia di tepi sungai Nil dengan memegang di tanganmu tongkat yang tadinya berubah menjadi ular.
Sungai Nil menunjuk arus kehidupan di dunia, kegiatan manusia, pekerjaan/ mata pencaharian manusia, cara hidup manusia.

Firaun mau mencemari kehidupan manusia dengan dosa, disetiap lini/ disetiap aspek kehidupan manusia, di sekolah, di pekerjaan Firaun tanamkan pengaruh negatif supaya manusia menjadi keras hati.

Jalan keluarnya:
a)      Nantikanlah Firaun di tepi sungai Nil. Sebelum Firaun datang Musa sudah harus ada di tepi sungai Nil. Artinya jangan tunda-tunda waktu, kita harus lebih cepat gerakannya dari setan, supaya jangan kena pengaruhnya iblis.

Prakteknya untuk perkara rohani jangan suka terlambat, termasuk untuk ibadah pelayanan, jangan sampai duluan setan yang datang di tempat ibadah. Setan bolak balik ke surga, setiap ada anak Tuhan berhimpun di situ setan muncul. Kalau setan sudah terobos duluan maka ibadah pelayanan tidak ada artinya.
Ayub 2:2
2:2 Maka bertanyalah TUHAN kepada Iblis: "Dari mana engkau?" Lalu jawab Iblis kepada TUHAN: "Dari perjalanan mengelilingi dan menjelajah bumi."

Sekalipun ada halangan, upayakan untuk bisa datang beribadah melayani Tuhan. Jangan berlambat-lambat untuk perkara yang rohani. Begitu Firman tunjuk dosa langsung segera selesaikan.

Wahyu 13:1-2
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Jangan dilumbai oleh antikrist, kalau kita suka berlambat-lambat untuk perkara rohani nanti akan menjadi mangsanya antikris.

b)      Jangan lupa doa sembayang pagi. Sangat penting untuk doa penyembahan pagi hari. Kalau kita tidak menyembah Tuhan pada pagi hari maka setan datang pagi-pagi untuk mendahului kita, dia sudah dahului kita di sekolah, di tempat bekerja, di tempat ibadah sehingga 1 hari sudah dikuasai setan.
Keluaran 30:6
30:6 Haruslah kautaruh tempat pembakaran itu di depan tabir penutup tabut hukum, di depan tutup pendamaian yang di atas loh hukum, di mana Aku akan bertemu dengan engkau.
Doa penyembahan dalam Tabernakel ditunjuk dengan alat Mezbah Dupa Emas. Letaknya di depan pintu tirai.

Pintu tirai/ tabir ini menunjukkan daging kita harus dirobek supaya kita bisa melihat Ruangan Maha Suci dan Tabut Perjanjian.
Ruangan Maha Suci menunjuk kesempurnaan, Yerusalem Baru.
Tabut Perjanjian menunjuk mempelai wanita Tuhan.

Jadi doa penyembahan merupakan proses merobek daging, mematikan daging supaya kita bisa masuk Yerusalem baru menjadi mempelai wanita Tuhan yang sempurna.

Markus 9:2
9:2 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendirian saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka,
Angka 6 itu angka daging, Yesus naik ke gunung berdoa menyembah 6 hari kemudian untuk merobek daging, mematikan daging. Daging yang paling keras adalah kekerasan hati. Lewat doa penyembahan kita matikan daging kita. Menyembah itu memang sakit bagi daging.

1 Timotius 2:1
2:1 Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang,

4 Macam tingkatan doa bagaikan naik gunung :
  1. Doa Permohonan, sentralnya untuk diri
Doa permohonan ini bagaikan baru di kaki gunung, jangan berhenti sampai di sini, harus ditingkatkan.
  1. Doa syafaat, sentralnya untuk kebutuhan orang lain, doakan orang tua, gembala, dll.
  2. Doa Ucapan Syukur, sentralnya berkat yang kita terima, berterima kasih sampai bisa mengucap syukur dalam segala hal.
  3. Doa Penyembahan, bagaikan mendaki ke puncak untuk merobek daging. Hati yang keras yaitu daging yang paling keras kita robek untuk menghasilkan hati lembut.

Praktek hati yang lembut :
Ø  Setia dan berkobar-kobar di dalam ibadah pelayanan
Ø  Taat dengar-dengaran pada Firman apapun resikonya
Ø  Menyelesaikan dosa sehingga bisa hidup dalam kebenaran dan kesucian.

Kalau kita melayani dengan setia dan berkobar-kobar, taat dengar-dengaran dan suci maka kita menjadi pelayan Tuhan seperti nyala api.
Ibrani 1:7
1:7 Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api."

Takhta Tuhan dari nyala api.
Daniel 7:9
7:9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;

Artinya kaum muda yang mau melayani dengan taat dengar-dengaran dan suci hidup kita akan bersuasana takhta Tuhan. Hidup kita pasti dipelihara oleh Tuhan. Takhta Tuhan adalah takhta kasih karunia berarti kita hidup dari kasih karunia Tuhan.
Ibrani 4:16
4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Jadi jangan kecil hati jika kita tidak punya apa-apa, kasih karunia Tuhan lebih dari cukup.
2 Korintus 12:9
12:9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Hasilnya kalau kita hidup dalam kasih karunia Tuhan:
Ø  Kita akan mendapat pertolongan Tuhan tepat pada waktunya.
Ø  Kasih karunia Tuhan memampukan kita untuk bisa bertahan dalam menyambut kedatangan Yesus sebagai Mempelai Pria Sorga. Diterpa oleh masalah, diterpa oleh angin pengajaran palsu kita tetap bertahan menanti kedatangan Tuhan.
Wahyu 22:20-21
22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: "Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus!
22:21 Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kamu sekalian! Amin.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar