20200715

Kebaktian PA Imamat, Rabu 15 Juli 2020 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus.

Imamat 24:1-4

24:1 TUHAN berfirman kepada Musa:

24:2 "Perintahkanlah kepada orang Israel, supaya mereka membawa kepadamu minyak zaitun tumbuk yang tulen untuk lampu, supaya lampu dapat dipasang dan tetap menyala.

24:3 Harun harus tetap mengatur lampu-lampu itu di depan tabir yang menutupi tabut hukum, di dalam Kemah Pertemuan, dari petang sampai pagi, di hadapan TUHAN. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya bagimu turun-temurun.

24:4 Di atas kandil dari emas murni haruslah tetap diaturnya lampu-lampu itu di hadapan TUHAN."

 

Ingat, dikatakan di hadapan Tuhan. Jadi kita tidak di hadapan manusia, tetapi di hadapan Tuhan. Ini perlu diingatkan sehingga ibadah pelayanan kita tidak asal atau main-main karena dilakukan di hadapan Tuhan.

 

Yang berkorban mempersembahkan minyak untuk lampu ini adalah pemimpin/ penghulu/ pemuka. Jadi saya sebagai hamba Tuhan yang dipercaya Tuhan untuk memimpin jemaat ini, tentu saya harus paham ke mana jemaat ini dikondisikan dan diposisikan yaitu dikondisikan di sisi Mempelai Laki-laki Sorga. Pengertian lebih jauh berarti membawa saudara menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Sehingga saya harus memberi keteladanan dalam hal yang penting adalah iman.

Ibrani 13:7

13:7 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

 

Dan kemudian jangan dibuat hati hamba Tuhan sebagai pemimpin itu kesal, tawar atau kurang hati karena ulah dari umat Tuhan.

Ibrani 13:17

13:17 Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

 

Tuhan memperlihatkan mujizat supaya umat Israel percaya kepadaNya dan percaya kepada hamba Tuhan.

Keluaran 14:31; 19:19

14:31 Ketika dilihat oleh orang Israel, betapa besarnya perbuatan yang dilakukan TUHAN terhadap orang Mesir, maka takutlah bangsa itu kepada TUHAN dan mereka percaya kepada TUHAN dan kepada Musa, hamba-Nya itu.

19:19 Bunyi sangkakala kian lama kian keras. Berbicaralah Musa, lalu Allah menjawabnya dalam guruh.

 

II Tawarikh 20:20

20:20 Keesokan harinya pagi-pagi mereka maju menuju padang gurun Tekoa. Ketika mereka hendak berangkat, berdirilah Yosafat, dan berkata: "Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!"

 

Jika kita berhadapan dengan peperangan melawan musuh yaitu kuasa kegelapan maka kita harus percaya Tuhan dan percaya hamba-hambaNya. Inilah yang menjadi penyebab antara lain bangsa Israel dibuang ke Babel, karena tidak percaya kepada hamba Tuhan.

Daniel 9:4-6

9:4 Maka aku memohon kepada TUHAN, Allahku, dan mengaku dosaku, demikian: "Ah Tuhan, Allah yang maha besar dan dahsyat, yang memegang Perjanjian dan kasih setia terhadap mereka yang mengasihi Engkau serta berpegang pada perintah-Mu!

9:5 Kami telah berbuat dosa dan salah, kami telah berlaku fasik dan telah memberontak, kami telah menyimpang dari perintah dan peraturan-Mu,

9:6 dan kami tidak taat kepada hamba-hamba-Mu, para nabi, yang telah berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, kepada pemimpin-pemimpin kami, kepada bapa-bapa kami dan kepada segenap rakyat negeri.

 

Dalam pengakuan dosa Daniel dan juga umat Israel, dia katakan “kami telah melawan hamba-hambaMu”. Jadi kehadiran hamba Tuhan itu adalah wakil Tuhan di tengah-tengah kita.

 

Perjalanan Israel dari Kadesy Barnea sampai di Kanaan itu selama 38 tahun, selama itu mereka berputar-putar. 1 tahun mereka di gunung Sinai dan tahun kedua mereka sampai di Kadesy Barnea dan di sana mereka memberontak sehingga Tuhan marah. Tuhan membawa mereka beredar-edar, sehingga dari yang berumur 20 tahun ke atas, yang sampai di Kanaan tinggal Kaleb dan Yosua. Tetapi ada satu rahasia, Eleazar sampai di Kanaan, dia yang dipercayakan oleh Tuhan untuk bertanggung jawab terhadap minyak untuk lampu, ukupan wangi-wangian, korban sajian yang tetap dan minyak urapan. Eleazar ini anak ketiga. Nadab yang sulung, Abihu yang kedua, tetapi mereka telah disambar api dari Tuhan dan mati.

 

Bilangan 4:16

4:16 Tetapi Eleazar, anak imam Harun, bertanggung jawab atas minyak untuk penerangan, ukupan dari wangi-wangian, korban sajian yang tetap dan minyak urapan; ia bertanggung jawab atas segenap Kemah Suci dan segala isinya, yakni barang-barang kudus dan perabotannya."

 

Eleazar artinya yang dibantu oleh Tuhan. Eliezer artinya Allah itu pertolongan. Eleazar sampai di Kanaan dan di kubur di Kanaan.

Yosua 21:1-2; 24:33

21:1 Kemudian datanglah para kepala kaum keluarga orang Lewi menghadap imam Eleazar, menghadap Yosua bin Nun, dan menghadap para kepala kaum keluarga di antara suku-suku orang Israel

21:2 dan berkata kepada mereka di Silo di tanah Kanaan, demikian: "TUHAN telah memerintahkan dengan perantaraan Musa, supaya diberikan kepada kami kota-kota untuk didiami dan tanah-tanah penggembalaannya untuk ternak kami."

24:33 Juga Eleazar bin Harun mati, dan dia dikuburkan di bukit yang diberikan kepada Pinehas, anaknya itu, di pegunungan Efraim.

 

Kenapa Eleazar bisa masuk ke Kanaan? Sebab pada waktu Bilangan pasal 1 pada pencatatan pertama, orang Lewi tidak masuk dalam pencatatan. Usia Eleazar waktu itu belum sampai 20 tahun. Yang berumur 20 tahun ke bawah yang tidak masuk pencatatan tembus ke Kanaan, bersama orang yang lahir di dalam perjalanan.

Bilangan 14:29

14:29 Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepada-Ku.

 

Dalam pencatatan pertama oleh Musa, orang Lewi tidak dibolehkan untuk dicatat. Tetapi pada pencatatan kedua yaitu dalam Bilangan pasal 26, orang Lewi sudah ikut dicatat yaitu anak laki-laki berusia 1 bulan ke atas. Kalau orang Israel yang 11 suku, 20 tahun baru di catat. Tetapi Lewi usia 1 bulan anak laki-laki sudah dicatat. Jadi termasuk Eleazar sudah dicatat di situ.

Bilangan 26:57-59

26:57 Inilah orang-orang yang dicatat dari orang Lewi, menurut kaum mereka: dari Gerson kaum orang Gerson; dari Kehat kaum orang Kehat dan dari Merari kaum orang Merari.

26:58 Inilah kaum-kaum Lewi: kaum orang Libni, kaum orang Hebron, kaum orang Mahli, kaum orang Musi dan kaum orang Korah. Adapun Kehat beranakkan Amram.

26:59 Dan nama isteri Amram ialah Yokhebed, anak perempuan Lewi, yang dilahirkan bagi Lewi di Mesir; dan bagi Amram perempuan itu melahirkan Harun dan Musa dan Miryam, saudara mereka yang perempuan.

 

Bilangan 26:60-62

26:60 Pada Harun lahir Nadab dan Abihu, Eleazar dan Itamar.

26:61 Tetapi Nadab dan Abihu mati, ketika mereka mempersembahkan persembahan api yang asing ke hadapan TUHAN.

26:62 Dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah dua puluh tiga ribu orang, semuanya laki-laki, yang berumur satu bulan ke atas, sebab mereka tidak dicatat bersama-sama dengan orang Israel, karena mereka tidak diberikan milik pusaka di tengah-tengah orang Israel.

 

Karena Nadab dan Abihu sudah mati, maka Eleazar sebagai anak ketigalah yang bertanggung jawab tentang minyak untuk lampu, minyak urapan, ukupan wangi-wangian dan korban yang tetap. Jadi tugas Eleazar tidak gampang, ini sangat berat, sebab dia bertanggung jawab terhadap minyak yang tadinya dikorbankan oleh para pemimpin.

 

Imamat pasal 24 ini, pusat pemikiran Tuhan adalah ruangan suci. Eleazar yang bertanggung jawab atas minyak, dia ditarik oleh Tuhan untuk berpikir tentang ruangan suci. Di situ ada 3 macam alat yang menunjuk 3 macam ibadah.

1.      Persekutuan kita dengan Roh Kudus secara murni. Ini sesuai Imamat 24:1-4

2.      Persekutuan yang murni dengan kuasa pengajaran yang sehat

Eleazar juga bertanggung jawab dengan korban sajian, itu ada hubungannya dengan meja roti.

3.      Ukupan wangi-wangian, itu ada di mezbah dupa emas

 

Kepercayaan Tuhan terhadap Eleazar, dia bertanggung jawab terhadap 4 hal. Tetapi minyak urapan itu tidak hanya mutlak di ruangan suci, di halamanpun ada. Saya sebagai hamba Tuhan mau katakan, kenapa Tuhan minta minyak zaitun yang murni atau yang tulen. Ini membawa kita pada persekutuan yang murni dengan Roh Kudus dan Firman pengajaran, sebagai pendorong untuk kita masuk pada penyembahan. Dengan demikian itu semua langsung ditangani oleh Eleazar ini.

 

Satu ketika Harun sudah dekat dipanggil Tuhan, Tuhan katakan kepada Musa “panggil Harun, panggil Eleazar, mari naik ke gunung”. Sebelum Harun diambil Tuhan lebih dahulu pakaian Harun diambil dan diserahkan kepada Eleazar. Berarti sepeninggalnya Harun, pengganti yang menjadi imam besar adalah Eleazar.

Bilangan 20:25-28

20:25 Panggillah Harun dan Eleazar, anaknya, dan bawalah mereka naik ke gunung Hor;

20:26 tanggalkanlah pakaian Harun dan kenakanlah itu kepada Eleazar, anaknya, kemudian Harun akan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya dan mati di sana."

20:27 Lalu Musa melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN. Mereka naik ke gunung Hor sedang segenap umat itu memandangnya.

20:28 Musa menanggalkan pakaian Harun dan mengenakannya kepada Eleazar, anaknya. Lalu matilah Harun di puncak gunung itu, kemudian Musa dengan Eleazar turun dari gunung itu.

 

Kita tidak bicara lagi tentang Harun sebagai imam besar tetapi Eleazar. Bukan berarti proses Harun sudah berakhir setelah itu, tidak. Namun yang kita perhatikan Eleazar setelah menjadi Imam Besar, dia menangani 3 alat di ruangan suci dan 1 alat di ruangan maha suci. Jadi hubungannya Eleazar bertanggung jawab terhadap minyak untuk lampu dan minyak ukupan, arahnya kelak dia akan menjadi imam besar. Dan kalau dia menjadi imam besar, jika gereja Tuhan ada persekutuan yang murni dengan Roh Kudus dan Firman pengajaran, maka dia ditangani oleh imam besar yang disebut yang dibantu oleh Tuhan.

 

Apalah artinya, apalah guna saya sebagai hamba Tuhan mengatakan saya ada Roh Kudus tetapi persekutuanku dengan Roh Kudus tidak murni. Apalah arti saya mengatakan ada Firman pengajaran tetapi persekutuanku dengan Firman pengajaran tidak murni. Kalau tidak murni berarti tidak ditangani oleh imam besar. Kalau persekutuan kita dengan Roh Kudus dan Firman pengajaran itu murni, berarti kita ditangani oleh Imam Besar. Saya tidak akan gegabah mengatakan saya ditangani oleh Imam Besar dalam pelayananku. Tetapi kalau persekutuanku dengan Roh Kudus dan pengajaran tidak murni, berarti saya mengesampingkan pelayanan Imam Besar dan berjalan dengan kekuatanku sendiri. Walaupun saya berbahasa roh, tetapi saya berjalan dengan kekuatanku sendiri!

 

Imamat 24:5-9 persekutuan yang murni

Imamat 24:10-15 persekutuan yang tidak murni atau persekutuan gado-gado.

Waktu dikandung di dalam kandungan ibu Israel, dia dilahirkan ibu Israel, disusui ibu Israel. Tetapi setelah besar, dia ditangani bapa yang berasal dari Mesir. Ini membuktikan ada pengajaran campur di situ. Persekutuan dengan roh tidak murni lagi, persekutuan dengan pengajaran tidak murni lagi. Sanksinya berat jika persekutuan dengan Firman dan Roh Kudus tidak murni, dia akan dilempar dengan batu perbiji 50kg. Ini yang menyesakan hati saya, saya takut jangan sampai dilempar oleh Tuhan karena persekutuanku tidak murni. Bila persekutuan dengan Roh Kudus tidak murni, persekutuan dengan Firman pengajaran tidak murni, akhirnya persekutuan yang digelar dalam gereja Tuhan tidak murni. Kita sudah banyak mempelajari ini dalam Yehezkiel pasal 4, persekutuan dengan pengajaran yang tidak murni.

 

Ini hamba Tuhan harus waspada. Saya mau katakan kepada keluarga besar Kristus Penebus, waspada! Sebabnya ikut suara penggembalaan dengan senyap dan rendah hati. Sebab di depan gawat dunia ini, dihatam oleh Tuhan dengan hujan batu. Di perlihatkan di televisi turun hujan es batu sebesar bola golf, itu menghancurkan mobil, domba-domba di luar habis mati. Di depan ini bukan domba atau mobil yang mau dihajar Tuhan, tetapi manusia yang terlibat dalam persekutuan yang tidak murni.

 

Saya takut melihat ini, Tuhan mengingatkan supaya kita gemetar akan hukuman Tuhan. Apa yang gembala suarakan ini jangan anda anggap sepeleh karena ini pemberian Tuhan. Orang yang tahu persis karakter Tuhan mengatakan “badanku gemetar”.

Mazmur 119:120

119:120 Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu.

 

Ini bahasa dari seorang pemazmur. Yang kemudian jika kita belajar lebih cermat, yang bicara ini adalah Ezra.

 

Ruangan suci ini adalah pusat pemikiran Tuhan karena Tuhan tidak ingin penyembahan kita nanti salah. Yang bertanggung jawab di sini adalah Eleazar dan Eleazar itu kelak menjadi imam besar. Dia bertanggung jawab untuk minyak untuk lampu, ukupan dari wangi-wangian berarti untuk mezbah dupa emas, korban sajian yang tetap berarti untuk meja roti sajian dan juga untuk mezbah korban bakaran, serta minyak urapan. Minyak (roh) jangan tidak murni, pengajaran jangan tidak murni, sebab salah satu saja tidak murni maka mezbah dupa emas tidak akan benar, sebab dua faktor ini yang mendorong kita untuk datang menyembah.

Yohanes 4:23-24

4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

 

Jangan sampai yang kita konsumsi adalah Imamat 24:10-15

Imamat 24:10

24:10 Pada suatu hari datanglah seorang laki-laki, ibunya seorang Israel sedang ayahnya seorang Mesir, di tengah-tengah perkemahan orang Israel; dan orang itu berkelahi dengan seorang Israel di perkemahan.

 

Ibu yang melahirkan, ayah yang mendidik.

I Tesalonika 2:7,11

2:7 Tetapi kami berlaku ramah di antara kamu, sama seperti seorang ibu mengasuh dan merawati anaknya.

2:11 Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang,

 

Ibunya Israel, setelah besar yang mendidiknya ayah orang Mesir. Jadi ayat 7 benar, ayat 11 sudah tidak benar. Kalau pengajaran tidak benar hanya akan menimbulkan perkelahian. Siapa yang suka berkelahi? Yang tidak sehat dan tidak murni. Roh Kudus tidak murni, pengajarannya juga tidak murni. Akhirnya zaman hal ini akan mencuat. Hamba Tuhan tidak boleh berkelahi/ bertengkar.

II Timotius 2:24

2:24 sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar

 

II Timotius 2:24 (Terjemahan Lama)

2:24 Seorang hamba Tuhan tiada patut berkelahi, melainkan manis dan lemah lembut kepada orang sekalian, pandai mengajar orang, dan sabar atas kesukaran,

 

Kalau sudah berkelahi berarti daging membengkak. Itu sebabnya dalam Yeremia pasal 8 kita sudah pelajari di mana Tuhan cari buah anggur tidak ada, cari buah ara tidak ada, bahkan Tuhan temukan daun-daunnya sudah layu. Tuhan cari buah anggur itulah kasih mempelai, tetapi tidak ada. Tuhan cari buah ara yang menyembuhkan bisul Hizkia tetapi tidak ada. Waktu Yesaya sudah di halaman, Tuhan berfirman “Yesaya masuk kembali ke istana, Aku telah mendengar doa Hizkia dan melihat air matanya. Tuhan katakan ambil buah ara kemudian tempel di bisulnya kemudian bisul itu sembuh. Bisul itu berarti daging yang membengkak. Kalau berkelahi berarti daging yang membengkak, butuh buah ara. Tetapi bagaimana bisa ada buah ara kalau daunnyapun sudah layu, kegiatannya sudah tidak ada lagi.

 

Tugasku adalah untuk mengkondisikan saudara duduk bersanding dengan Yesus. Saya tidak sendiri, ada bersama Yesus Imam Besar. Dulu ada Harun, ada Eleazar dan ada penerus, jadi ada imam besar. Agar persekutuan kita dengan Roh Kudus serta Firman pengajaran tetap bagus dan murni, jangan kita menjauh dari Imam Besar sebab Imam Besar melayani dan menangani kita.

 

Kita perhatikan kembali pekerjaan Eleazar ini. Yang bertanggung jawab soal bagaimana lampu itu ada isinya, bagaimana kebersihan kaki dian dan pelita adalah imam besar. Kaki dian itu gambaran sidang jemaat.

Wahyu 1:20

1:20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat."

 

Di atas sidang jemaat itu ditaruh pelita dan pelita itu harus ada minyak sehingga menyala pada malam hari. Paginya dibersihkan lagi oleh imam besar. Jadi begitu rupa tanggung jawab imam besar ini. Sebabnya jadilah sidang jemaat yang bukan cuma simbol kaki dian dengan 7 cabangnya. Tetapi pelitanya bagaimana?

 

Kaki dian yang menyala itu ada 66 bentuk. Jadi kalau kita disebut oleh Tuhan sebagai kaki dian berarti kita adalah kaki dian yang dibentuk oleh Firman yang 66 kitab dalam Alkitab.

Wahyu 1:20

1:20 Dan rahasia ketujuh bintang yang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku dan ketujuh kaki dian emas itu: ketujuh bintang itu ialah malaikat ketujuh jemaat dan ketujuh kaki dian itu ialah ketujuh jemaat."

 

Tuhan tidak biarkan, itu sebabnya Dia berjalan di antara kaki dian, Dia memperhatikan saya dan saudara. Saudara jemaat Tuhan? Saudara kaki dian? Kalau saudara katakan iya, pertanyaannya apakah kita dikondisikan oleh Tuhan menjadi kaki dian lewat 66 kitab dalam Alkitab ini? Itu baru murni kaki dian, itu baru murni sidang jemaat.

 

Tuhan melihat 7 sidang jemaat di Asia kecil sudah berantakan. Maka Imam Besar berjalan di antara kaki dian ini. Ini peduli Tuhan bagi saya dan saudara.

Wahyu 2:1

2:1 "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu.

 

Mengapa Dia harus datang berjalan menyorot kita? Sebab ada kekurangan. Saya dan saudara ada kekurangan, tetapi bersyukur Yesus masih mau berjalan di antara kita. Eleazar bertanggung jawab. Yesus lebih dari Eleazar, Dia bertanggung jawab terhadap minyak urapan dan minyak untuk pelita.

 

Setiap sidang jemaat, punya kekurangan. Sekalipun Filadelfia dikatakan sudah top, tetapi masih juga ada kekurangan. Sebab kasihnya masih kasih Phileo, belum kasih Agape, belum sampai pada kasih yang sempurna. Tetapi sudah dikatakan oleh Tuhan “kamu menjadi tiang gerejaKu. Jika pencobaan menimpa dunia ini, kamu akan Kulindungi”.

 

Wahyu pasal 11 terkena 2 kerub di atas tutup pendamaian. 2 kerub tidak melihat lagi kekurangan dari peti perjanjian. Yang mereka lihat hanya darah Yesus di atas tutup pendamaian. Itu sebabnya gereja Tuhan yang mengagungkan dan menjunjung tinggi korban Kristus, Bapa dan Roh Kudus tidak lagi melihat kekuranganmu. Tetapi hanya melihat darah Yesus yang menutupi kekuranganmu.

 

Wahyu 3:8,10

3:8 Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

3:10 Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

 

Menuruti itu diambil dari kata teireho, kata melindungi juga diambil dari kata teireho. Walaupun jumlah sedikit, kekuatan sedikit tetapi mereka tidak menyangkal Tuhan dan tidak melakukan hal yang tidak menyenangkan hati Tuhan, sehingga Tuhan jamin “Aku akan melindungi engkau pada hari pencobaan yang akan menimpa seluruh dunia ini” termasuk virus corona. Solusinya ikuti Firman dan bawa diri dalam penggembalaan, maka anda dijamin dilindungi oleh Tuhan dari virus corona. Bagaimana caranya? Persekutuanmu dengan Roh Kudus dan Firman pengajaran harus indah.

 

Saudara lihat, jaminan Firman, Tuhan akan melindungi saudara, walaupun virus corona sudah bisa melalui udara. Hal itu tidak bisa kita sangkali, tetapi ada Yesus. Jika saudara menuruti Firman maka Tuhan Yesus akan melindungi saudara. Kita memang harus waspada, namun saya yakin dan percaya Tuhan pasti lindungi. Jangan sampai kekuatiran membuat rohani kita bungkuk.

 

Kaki dian ini dipeduli oleh Tuhan. Sehingga Tuhan berjalan memeriksa jemaat, apakah dijunjung oleh 66 kitab, artinya dijunjung oleh Firman sepenuh. Bicara Firman sepenuh tidak ribet, hanya beritanya tentang Yesus Mempelai Laki-laki Sorga dan bagaimana gereja dikondisikan menjadi Mempelai Wanita Tuhan sehingga kita bisa bertemu dengan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Sebab itu, bawa dirimu menjadi Mempelai Wanita Tuhan dengan cara menyerah mempraktekan Firman di dalam penggembalaan. Masakan sulit minum susu? Kita ini mengkonsumsi air susu yang murni.

I Petrus 2:2

2:2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,

 

Kami suami isteri dengan kekuatan yang ada, berusaha untuk melakukan Firman walaupun banyak kekurangan, agar kamipun dilindungi oleh Tuhan dari bencana yang akan menimpa dunia akhir zaman. Nanti akan lebih hebat lagi, bukan hanya virus corona tetapi ada kelaparan dan peperangan. Tidak tanggung-tanggung, saudara bayangkan sampai darah mengalir 200 mil setinggi kekang kuda. Saudara bayangkan berapa ratus juta manusia dibantai sampai darahnya seperti itu. Melihat situasi dunia sekarang, ayo kita beribadah serius dan sungguh. Setia dan taat, dengarkan Firman Tuhan. Jangan sampai kita membantah Firman, jangan kita berbala-bala, mari kita lakukan.

 

Persekutuan kita dengan Roh Kudus dan Firman pengajaran harus murni. Karena ini adalah cara Tuhan untuk mencegah kita dari Imamat 24:10-19. Saya berbahagia mengikuti kegerakan Firman di zaman Pdt. In Yuwono dan Pdt. Pong Dongalemba dan dipertemukan dengan pengajaran ini.

 

Imamat 24:10-11

24:10 Pada suatu hari datanglah seorang laki-laki, ibunya seorang Israel sedang ayahnya seorang Mesir, di tengah-tengah perkemahan orang Israel; dan orang itu berkelahi dengan seorang Israel di perkemahan.

24:11 Anak perempuan Israel itu menghujat nama TUHAN dengan mengutuk, lalu dibawalah ia kepada Musa. Nama ibunya ialah Selomit binti Dibri dari suku Dan.

 

Ibunya Israel, berarti murni.

I Tesalonika 2:7

2:7 Tetapi kami berlaku ramah di antara kamu, sama seperti seorang ibu mengasuh dan merawati anaknya.

 

Ayahnya Mesir, berarti tidak murni.

I Tesalonika 2:11

2:11 Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang,

 

Imamat 24:11

24:11 Anak perempuan Israel itu menghujat nama TUHAN dengan mengutuk, lalu dibawalah ia kepada Musa. Nama ibunya ialah Selomit binti Dibri dari suku Dan.

 

Ini akibat kalau pengajaran campur, akan sampai pada penghujatan akan nama Tuhan. Sadar atau tidak sadar, kalau menganut pengajaran campur, di dalamnya ada roh antikristus yang bekerja, sebab antikristus itu menghujat nama Tuhan.

Wahyu 13:1,6

13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.

 

Dalam nama Yesus saya menyatakan kasih Tuhan. Walaupun saya katakan saya mengasihi saudara, ada yang lebih mengasihi saudara itulah Yesus. Tetapi jika menganut ajaran campur, ada roh antikristus di dalam gereja tersebut. Makanya saya harus waspada.

 

Imamat 24:12-14

24:12 Ia dimasukkan dalam tahanan untuk menantikan keputusan sesuai dengan firman TUHAN.

24:13 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa:

24:14 "Bawalah orang yang mengutuk itu ke luar perkemahan dan semua orang yang mendengar haruslah meletakkan tangannya ke atas kepala orang itu, sesudahnya haruslah seluruh jemaah itu melontari dia dengan batu.

 

Hukumannya dilempar batu seperti dalam Wahyu 16:21.

Wahyu 16:21

16:21 Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.

 

Imamat 24:15-16

24:15 Engkau harus mengatakan kepada orang Israel, begini: Setiap orang yang mengutuki Allah harus menanggung kesalahannya sendiri.

24:16 Siapa yang menghujat nama TUHAN, pastilah ia dihukum mati dan dilontari dengan batu oleh seluruh jemaah itu. Baik orang asing maupun orang Israel asli, bila ia menghujat nama TUHAN, haruslah dihukum mati.

 

Makanya saya harus awasi mimbar ini, jangan sampai saudara mengkonsumsi pengajaran campur. Sebab kalau seperti itu, berarti tanpa sadar ada roh antikristus bekerja. Ini yang harus saya jaga, sebab tugas kami untuk memposisikan dan mengkondisikan jemaat untuk duduk bersanding dengan Yesus menjadi Mempelai wanita Tuhan. Kalau ada yang bersih kuku mengatakan mereka juga baca Firman, tetapi bagaimana bentuk pengajarannya, apakah ada pada pola sorga? Ini dipertanyakan kepada kita semua.

 

Kaki dian adalah jemaat dan pelita yang menyala ini adalah ajaran.

Amsal 6:23

6:23 Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan,

 

Jadi jemaat Tuhan yang mengaku dan dikatakan Tuhan adalah kaki dian, maka dia menjunjung ajaran yang sehat dan itu dikatakan adalah cahaya. Dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan, jemaat Tuhan jangan marah kalau ditegur oleh Firman. Kalau ditegur kemudian kita mengalami kesesakan, itu berbahaya. Padahal tujuan ditegur oleh pengajaran itu, dia akan menerima 7 perkara yang besar dan luar biasa.

 

Ayub 5:17-19

5:17 Sesungguhnya, berbahagialah manusia yang ditegur Allah; sebab itu janganlah engkau menolak didikan Yang Mahakuasa.

5:18 Karena Dialah yang melukai, tetapi juga yang membebat; Dia yang memukuli, tetapi yang tangan-Nya menyembuhkan pula.

5:19 Dari enam macam kesesakan engkau diluputkan-Nya dan dalam tujuh macam engkau tidak kena malapetaka.

 

Olehnya jika ditegur jangan kurang hati dan sesak hati, sebab Tuhan sediakan 7 berkat yang luar biasa. Berkat pertama ini adalah berkat langsung kesempurnaan. Karena kalau disembuhkan berarti Tuhan mengerjakan penyempurnaan.

 

Jika berkata ada cahaya, menjunjung pelita tetapi tidak mau ditegur maka dia kehilangan 7 hal ini, justru berkat pertama adalah kesempurnaan. Ini yang saya tidak tega hilang dari dalam diriku. Sidang jemaat jangan kehilangan berkat ini. Sebabnya terima teguran dan pertahankan aktifitas yang bernyala-nyala dan berkobar-kobar.

 

Kesesakan itu ada 2, ada yang negatif ada yang positif. Yang negatif ada dalam Ayub ini. Yang positif ada dalam II Raja-raja pasal 6 dan ada dalam surat Korintus. Dalam surat Korintus, rasul Paulus berkata “hatiku sesak karena rindu untuk ada di antara kamu”. Itu positif, kerinduan hati hamba Tuhan mau berada di antara jemaat. Sampai di katakan “dua kali aku sudah berupaya untuk hadir padamu, tetapi yang ketiga kali baru Tuhan membuka jalan”. Tetapi kalau sesak hati karena ditegur, mengkal muka, marah, tunjuk tinju pada gembala dan mengajak adu duel. Ini bukti bahwa kehidupan itu tanpa sadar menolak 7 perkara. Berarti dalam kehidupannya dikuasai oleh roh antikristus. Ini jangan sampai terjadi dalam diri kita bersama.

 

Jangan kurang hati kalau ditegur. Karena Tuhan ingin mengkondisikan kalian duduk bersanding denganNya. Berarti saudara luput dari apa yang akan menimpa dunia ini. Tuhan sudah melihat bencana di depan dan Dia sudah memperlihatkan kepada kita. Dia tidak tega kita ada di sana. Itu sebabnya jika Dia sampaikan Firman, terima. Ikuti Firman Tuhan. Jaga persekutuan dengan Roh Kudus dan dengan Firman pengajaran yang sehat. Jangan saudara coba entengkan Firman pengajaran.

 

Saat ini jika mendengarkan Firman Tuhan, ayo kita jaga persekutuan kita dengan Tuhan. Dan jika Tuhan tegur kita karena persekutuan kita selama ini asal-asal, tambal sulam, kemudian persekutuan dengan Firman pengajaran saudara abaikan. Kalau anda teruskan seperti itu, berarti siap berhadapan dengan bencana. Kalau saudara minat dengan ajaran campur, berarti saudara siap bertemu dengan antikristus, bukan Yesus. Saya takut. Saya tidak mau ada satupun jemaat, besar, kecil, perempuan atau laki-laki mau meringkuk 3,5 tahun aniaya. Dengarkan baik-baik nasihat Firman.

 

Yang akan mendorong kita untuk sampai pada doa penyembahan yang benar, diawali dengan 2 hal ini. Begitu pasal 25, kita akan masuk pada Yobel. Itu adalah pembebasan secara penuh dan utuh dari Tuhan, tidak ada yang Dia biarkan lagi.

 

Pelayanan Imam Besar tidak akan pernah pupus. Harun pergi, ada Eleazar dan selanjutnya sampai Yesus datang, Dia Imam Besar kita. Sebabnya jadilah anak Tuhan yang menjunjung pelita, menjunjung cahaya, menjunjung Firman pengajaran.

Titus 2:10

2:10 jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.

 

Jangan ada kecurangan di situ. Soal kecurangan ini, dalam Yehezkiel 33:31-32. Itu adalah ciri pelayan yang diangkat oleh manusia, mereka curang. Tetapi Yehezkiel dijaga oleh Tuhan karena dia adalah pelayan yang diangkat oleh Tuhan.

 

Yehezkiel 33:1-6 adalah pelayan yang diangkat oleh manusia menjadi penunggu Israel, tetapi tipis Firman Tuhan. Tetapi ayat 7 sampai 20 adalah hamba Tuhan yang diangkat oleh Tuhan, dia sarat dengan Firman Tuhan dan tidak ada kecurangan dalam bibirnya. Tetapi yang tipis Firman Tuhan, penuh kecurangan. Ini yang berbahaya.

 

Bagiku lebih dahulu Firman Tuhan ini, jangan saya curang, sebab itu berbahaya. Sidang jemaat juga jangan curang. Apalah guna ditanya oleh Tuhan “siapa yang mengerumuni engkau?” Yehezkiel menjawab dan Tuhan katakan “katakan kepada mereka, kamu adalah curang!”. Hal ini adalah peringatan Tuhan yang keras. Sekarang ini secara fakta kita lihat virus corona, itu adalah peringatan yang keras dari Tuhan. Bawa dirimu untuk digembalakan untuk diarahkan pada posisi yang benar. Bukan hanya sekedar saya memimpin ibadah, tetapi saya mengarahkan saudara di posisi yang benar. Itu tanggung jawab saya bukan tanggung jawab orang lain. Saya tidak bertanggung jawab dengan jemaat yang lain, saya bertanggung jawab di sini. Sejauh mana saudara memperhatikan Firman Tuhan.

 

GPT “Kristus Penebus”

Jl. Langgadopi No.4 Tentena

Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663

HP: 085241270477

Email: imamat_raja@yahoo.com

www.gptkp.blogspot.com

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar