20201022

Kebaktian Pernikahan Daud dan Yulike Kamis 22 Oktober 2020 Pdt. Bernard Legontu

Salam damai sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

 

Efesus 5:30-32

5:30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya(daging dan tulangnya).

5:31 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.

5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

5:33 Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

 

Ephesians 5:30

5:30 For we are members of his body, of his flesh, and of his bones. (=daging dan tulangnya)

 

Ini tidak ada dalam terjemahan bahasa Indonesia, dalam bahasa asing ada.

Tetapi dalam Kejadian 2:23 itu disebutkan oleh Adam.

Kejadian 2:23

2:23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

 

Daging dan tulangnya Adam dibentuk menjadi Hawa, maka jadilah perempuan. Perempuan itu artinya empuk, jadi kalau perempuan itu menantang itu sudah tidak empuk. Itu bukan daging dari Daud.

 

Di dunia ini Tuhan membagi 2 kelompok atau 2 golongan bangsa.

1.      Israel itu bangsa lembu.

2.      Bangsa non Yahudi, itulah bangsa kafir yang disebut keledai. Berarti kita bangsa yang haram. Ini lebih banyak dari bangsa yang halal.

 

Ini harus kita pahami bahwa kita ini hanya bangsa kafir. Dalam surat Roma dikatakan kita ini zaitun hutan yang ditopang oleh 3 akar yaitu Abraham, Ishak dan Yakub. Abraham, Ishak dan Yakub ini yang menurunkan bangsa Israel, mereka disebut bangsa pilihan Tuhan. Kita ini zaitun hutan yang dicangkok pada zaitun yang asli. Setelah dipotong oleh Tuhan karena mereka keras hati sehingga dibuang oleh Tuhan. Maka dicangkoklah kita di atas 3 akar yang menunjang kita yaitu Abraham, Ishak dan Yakub. Adalah terlalu kalau kita sombong di hadapan Tuhan. Siapa kita ini, kita bangsa kafir, cuma bangsa haram, keledai. Seandainya keledai itu bisa hidup, itu karena ada domba yang dipotong dan disembelih. Kalau ditanya pada domba kenapa kau disembelih. Dia akan menjawa demi keledai itu supaya hidup. Coba kita bangsa kafir kalau tidak ada Yesus yang disembelih di Golgota kita mau apa. Tetapi kadang kala kita begitu angkuh di hadapan Tuhan. Daud dan Yulike, jangan sombong kita di hadapan Tuhan! Kita tidak usah bangga dan sombong, kita cuma bangsa kafir. Jika tidak ada domba yang disembelih, bagaimana nasib kita.

Keluaran 13:13

13:13 Tetapi setiap anak keledai yang lahir terdahulu kautebuslah dengan seekor domba; atau, jika engkau tidak menebusnya, engkau harus mematahkan batang lehernya. Tetapi mengenai manusia, setiap anak sulung di antara anak-anakmu lelaki, haruslah kautebus.

 

Andaikata tidak ada domba yang rela menebus kita, kita bisa patah leher. Berarti tidak ada hubungan kita dengan Tuhan, mau sombong apa kita! Kita hanya bisa berterima kasih karena kemurahan Tuhan. Saya menjadi anak Tuhan karena ada Korban Kristus, saya menjadi hamba Tuhan karena ada Korban Kristus. Jadi hamba Tuhan itu double. Ketika dia diselamatkan menjadi anak Tuhan itu karena ada korban Kristus sehingga dia menjadi umat yang diselamatkan. Kemudian dia ditahbiskan menjadi hamba Tuhan oleh Korban Kristus juga. Makanya saya mau bilang, jangan jemaat tunjuk-tunjuk gembalamu! Jangan coba lawan dia!

Keluaran 14:31; 19:9

14:31 Ketika dilihat oleh orang Israel, betapa besarnya perbuatan yang dilakukan TUHAN terhadap orang Mesir, maka takutlah bangsa itu kepada TUHAN dan mereka percaya kepada TUHAN dan kepada Musa, hamba-Nya itu.

19:9 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sesungguhnya Aku akan datang kepadamu dalam awan yang tebal, dengan maksud supaya dapat didengar oleh bangsa itu apabila Aku berbicara dengan engkau, dan juga supaya mereka senantiasa percaya kepadamu." Lalu Musa memberitahukan perkataan bangsa itu kepada TUHAN.

 

Jadi bukan cuma percaya kepada Tuhan lalu hamba Tuhan tidak dipercaya, itu keliru!

 

II Tawarikh 20:20

20:20 Keesokan harinya pagi-pagi mereka maju menuju padang gurun Tekoa. Ketika mereka hendak berangkat, berdirilah Yosafat, dan berkata: "Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!"

 

Daniel mengakui mereka telah melawan hamba-hamba Tuhan sehingga dibuang ke Babel!

Daniel 9:6

9:6 dan kami tidak taat kepada hamba-hamba-Mu, para nabi, yang telah berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, kepada pemimpin-pemimpin kami, kepada bapa-bapa kami dan kepada segenap rakyat negeri.

 

Peran hamba Tuhan dalam sidang jemaat tidak boleh dientengkan apalagi mau dimarah-marah, dia utusan Tuhan!

Kalau melawan hamba Tuhan, kita dibunuh oleh Tuhan!

Ulangan 17:12

17:12 Orang yang berlaku terlalu berani dengan tidak mendengarkan perkataan imam yang berdiri di sana sebagai pelayan TUHAN, Allahmu, ataupun perkataan hakim, maka orang itu harus mati. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari antara orang Israel.

 

Makanya jangan kita sok kepada hamba Tuhan, apalagi kalau dia ada tahbisan yang benar. Kalau ada jemaat yang suka caci maki gembalanya, stop sekarang! Anda sukar untuk masuk sorga kalau seperti itu, apalagi untuk menjadi Mempelai Wanita untuk Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.

 

Kepada bangsa Israel yang digambarkan seperti lembu ini, pada mereka dipercayakan Tuhan Firman.

Mazmur 147:19-20

147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.

147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

 

Jadi tidak ada Firman di luar Israel! Firman ini yang membawa hidup kita untuk selamat. Kemudian ayat ini diangkat oleh rasul Paulus. Di sini rasul Paulus monolog, dia bertanya dan dia jawab sendiri.

Roma 3:1-3

3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?

3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.

3:3 Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah?

 

Keselamatan datang dari orang Yahudi.

Yohanes 4:22

4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.

 

Setelah korban Kristus, kita bangsa yang dulu jauh menjadi dekat bersama dengan orang Israel. Tuhan orang Israel menjadi Tuhan kita dan tembok itu dirobohkan oleh Tuhan.

Efesus 2:11-17

2:11 Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu -- sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat", yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, --

2:12 bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia.

2:13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.

2:14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,

2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

2:16 dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.

2:17 Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang "jauh" dan damai sejahtera kepada mereka yang "dekat",

 

Lebih lagi kita berbahagia, sebab rahasia dari Firman yang dipercayakan pada orang Israel, dibukakan kepada kita bangsa kafir. Orang Israel dipercaya Firman, tetapi rahasianya tidak dibukakan pada mereka. Kita tidak mendapat Firman tetapi rahasia Firman dibukakan kepada kita. Sekarang ini Firman sudah ada pada kita dan rahasianya dibukakan kepada kita.

Kolose 1:24

1:24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.

 

Membaca ini aneh, rasul Paulus bersukacita walaupun dia menderita karena umat Tuhan. Saya mau katakan dulu, apakah pengorbanan dan penderitaan Kristus belum cukup? Sudah cukup bahkan melampaui. Yang dimaksud oleh rasul Paulus untuk menggenapkan yang kurang dari penderitaan Kristus adalah belum ada Mempelai WanitaNya. Itu yang dia gumuli supaya ada Mempelai Wanita Tuhan. dan secara estafet kami gereja Tuhan sekarang bertanggung jawab menghadirkan gereja menjadi Mempelai. Jadi ibadah bukan sekedar upacara belaka, namun ibadah adalah tempat sidang jemaat digarap untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan nantinya dan disingkirkan jauh dari antikristus. Antikristus sudah dekat, sengsara besar 3,5 tahun sudah dekat. Kalau saudara tidak tersingkir maka saudara menjadi mangsa antikristus. Doa opa kalian jangan menjadi mangsa antikristus. Makanya perhatikan pembukaan rahasia Firman hari-hari terakhir ini. Itu mendorong kita masuk dalam kegenapan waktu.

 

Kolose 1:25

1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,

 

Jadi bukan dipercayai oleh organisasi atau oleh manusia namun dipercayai oleh Tuhan. Sebab kalau pendeta cuma diangkat oleh organisasi atau manusia, dia akan seperti dalam Yehezkiel 33:1-6. Dalam Yehezkiel 33:7-23 itu diangkat oleh Tuhan. Hamba Tuhan yang diangkat oleh Tuhan itu sarat dengan Firman. Tetapi ada resiko, banyak yang melawan dia. Tetapi tidak peduli, kalau Tuhan yang percaya kita, siapa yang mau melawan kita. Biarpun 1000 orang memuji kita tetapi Tuhan melawan kita, apa artinya. Biarpun 1000 orang melawan kita tetapi Tuhan menganggap kita sebagai hambaNya, itu lebih mantap. Makanya digembalakan itu bukan asal! Apakah kami gembala sarat Firman? Kalau sarat Firman resikonya tidak sedap karena selalu dilawan.

 

Rasul Paulus berupaya untuk memberitakan Firman sepenuhnya, bukan separuh, atau 99%. Artinya membawa gereja Tuhan mencapai kesempurnaan. Itu kata Tuhan dan kerinduan hati Tuhan. Cuma rasul Paulus tidak sampai pada kesempurnaan gereja Tuhan, karena usianya tidak sampai 2000 tahun. Kerinduan hatinya untuk mempersembahkan umat yang layak bagi gereja Tuhan.

Roma 15:16

15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

 

Ini Tuhan percayakan secara estafet kepada kami. Rasul Paulus percayakan pada Timotius dan kepada Timotius disampaikan untuk meneruskan pada yang setiawan dan seterusnya sampai pada kita. Kita sekarang berada pada ruas jalan akhir, kesempurnaan gereja sudah dekat. Bagi Daud dan Yulike ada harapan sampai di sana.

 

Waktu rasul Paulus masih kerja membuat tenda bersama dengan Akwila dan Priskila, dia tidak bisa memberitakan Firman sepenuh. Tetapi begitu dia lepas baru bisa memberitakan Firman sepenuh.

Kisah Para Rasul 15:5

15:5 Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: "Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa."

 

Jadi kalau hamba Tuhan masih kerja ladang atau ada pekerjaan sambilan, maka dia tidak bisa memberitakan Firman sepenuhnya. Artinya tidak Tuhan percayakan pada orang itu untuk membawa gereja Tuhan yang sempurna.

 

Ini kepercayaan Tuhan kepada bangsa kafir. Tidak dipercayakan rahasia Firman kepada bangsa Yahudi. Kepada mereka ditutup dan kepada kita dibukakan. Kalau rahasia Firman dibukakan kepada kita, jangan kita sombong, itu hanya kemurahan Tuhan.

Kolose 1:27,28

1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!

1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

 

Kolose 1:27 (Terjemahan Lama)

1:27 Maka kepada mereka itulah Allah dengan kehendak-Nya sudah menyatakan bagaimana kayanya kemuliaan rahasia itu kepada orang kafir, yaitu Kristus di dalam kamu itulah pengharapan akan beroleh kemuliaan,

Kalau pada kita bangsa kafir Tuhan bukakan rahasia Firman, itu jangan dicela, dicemooh, dinista. Justru kita bangsa kafir tetapi dipercayakan rahasia Firman, jangan dinista. Bangsa kafir dapat kemurahan, kenapa kemurahan justru dicela.

 

Kolose 1:28

1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

 

Ini kesempurnaan tanpa cacat cela di dalam Kristus. Olehnya dengarkan Daud dan Yulike yang akan diteguhkan nikahmu. Nikahmu meneladani sorga. Kita akan membawa pada nikah yang rohani yaitu nikah Kristus dengan gereja. Kalau sekarang kita bermain-main dan tidak serius dengan Tuhan, mana Mempelai Laki-laki Sorga mau menerima kita, kita nanti bisa tertinggal.

 

Dalam Alkitab kita tahu ada 2 rahasia Tuhan yang besar.

1.      Efesus 5:32

5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

 

Efesus 5:32 (Terjemahan Lama)

5:32 Rahasia ini besar, tetapi aku kiaskan di sini kepada Kristus dan sidang jemaat itu.

 

Rahasia nikah Kristus dan gereja itulah yang dibukakan rahasianya sekarang, supaya kita mempersiapkan diri masuk dalam rencanaNya, masuk pada nikah yang rohani. Itulah tujuan Tuhan. Sebelum ayat 32 ini, kita telah disebut tubuhNya.

Efesus 5:30

5:30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya.

 

Jadi jangan berhenti disebut anggota tubuh Kristus tetapi lihat tampangmu, jihat wajahmu. Masakan anggota tubuh Kristus tetapi masih merokok, minuman kerasnya tidak habis-habis! Anggota tubuh Kristus bukan begitu, daging dan tulangnya Yesus tidak begitu! Apakah Yesus minum cap tikus? Tidak! Stop, berhenti, jangan bicara tubuh Kristus kalau tidak ada bukti pertobatan. Itu sebabnya ini tugasku sebagai gembala.

 

Siapa yang membentuk tulang Adam menjadi Hawa adalah Tuhan. Sekarang ini di dalam dunia Kristen, Tuhan bekerja bersama hambaNya.

I Korintus 3:9

3:9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.

 

Untuk apa kami bekerja? Untuk membangun daging dan tulangnya Adam yang akhir untuk menjadi Hawa yang akhir yaitu sidang jemaat. Begitu saudara menyatakan diri untuk saya gembalakan, saya punya tanggung jawab untuk membangun dan saya tidak akan membuat saudara tenang dengan dosamu. Karena saya dipercayakan Tuhan untuk membangun Mempelai Wanita Tuhan dari daging dan tulangNya.

I Korintus 15:45

15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.

 

Kita tulang dan daging Adam yang akhir. Tulang itu yang membuat kita bisa berdiri. Coba kalau tidak ada tulang, kita cuma seperti popeda/ dui/ kapurung. Tetapi karena ada tulang maka kita bisa berdiri, berjalan dan menjadi kuat. Yesus punya pendirian luar biasa, tidak goyang-goyang. Kalau kita adalah tulangnya Yesus, maka pendirian kita harus kuat mengiring Dia. Daging Tuhan Yesus di sini menunjuk ketaatan. Itu disebutkan dalam Yehezkiel pasal 20 dan pasal 36.

 

Yurike adalah tulang dan dagingnya Daud, maka pendirian kamu berdua harus seirama, harus sejalan, harus seia sekata. Jangan seperti Sintike dan Euodia di Filipi, sehingga Paulus katakan “beritahu kepada Sintike dan Euodia supaya mereka sehati sepikir” karena mereka pejuang. Akhirnya di tulis dalam ayat itu bahwa nama mereka tertulis dalam kitab kehidupan.

Filipi 4:2

4:2 Euodia kunasihati dan Sintikhe kunasihati, supaya sehati sepikir dalam Tuhan.

 

Suami isteri harus sepakat, sehati sepikir di dalam Tuhan, bukan di dalam kenajisan, lihat di luar sana. Baca di media elektronik, banyak suami jual isterinya karena kekurangan makanan dan isteri setuju. Itu bukan sepakat di dalam Tuhan, itu sepakat di dalam kenajisan! Banyak suami isteri jual anakknya, itu sehati sepikir di dalam iblis. Tidak boleh kita umat Tuhan seperti itu.

Filipi 4:3

4:3 Bahkan, kuminta kepadamu juga, Sunsugos, temanku yang setia: tolonglah mereka. Karena mereka telah berjuang dengan aku dalam pekabaran Injil, bersama-sama dengan Klemens dan kawan-kawanku sekerja yang lain, yang nama-namanya tercantum dalam kitab kehidupan.

 

Sunsugos ini disuruh menolong Sintike dan Euodia. Kalau kita melihat ada nikah yang goncang, kita yang mengerti coba nasihati. Kalau nanti Daud dan Yurike bertengkar, jangan malah saudara masuk campuri untuk menceraikan. Kalau sudah ada bahasa begitu, itu sudah bahasa iblis. Jangan mimpi di sorga, dagingmu senang di dunia tetapi tidak ada tempat di sorga. Tempatmu hanya untuk masuk aniaya antikristus! Maaf, memang Firman Tuhan ini keras! Siapapun yang datang di sini, saya tidak segan karena saya mencintai jiwanya, saya harus menolong dia supaya arahnya jelas. Saya dipercaya oleh Tuhan untuk mempersiapkan umat Tuhan menjadi Mempelai Wanita untuk Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki sorga, itu tugas saya.

 

Jadi yang namanya tercantum dalam kitab kehidupan di sorga adalah pejuang-pejuang. Makanya supaya pejuang-pejuang ini tidak terhapus namanya maka diajar supaya sehati sepikir. Ini yang Tuhan ajarkan untuk saya lebih dahulu sebagai hamba Tuhan. Jangan sampai saya katakan Yesus mitra kerjaku dan Yesus mitra kerjaku kemudian saya jalan sendiri dan Yesus jalan sendiri, bagaimana bisa seperti itu. Ini tugas untuk mengatur sidang jemaat di sini. Tuhan percayakan tubuh, jiwa dan rohmu di tangan ini untuk diunjuk-unjuk di hadapan Tuhan, sesuai Imamat pasal 23. Itu tugas gembala mengunjuk sidang jemaat.

 

2.      I Timotius 3:16

3:16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."

 

Agung berarti sesuatu yang paling di atas. Kami hamba Tuhan maupun jemaat harus menempatkan ibadah itu pada tempat yang paling di atas. Dalam bahasa Ibraninya, agung itu adalah Rosh, artinya sesuatu yang paling di atas. Jadi ibadah itu bukan gampang diremahkan lalu berkata “ini kolekteku, nanti kamu yang ibadah”. Saya mau tanya, saudara pernah mewakilkan makan pada orang lain? Kaulah yang makan, wakilkan saya. Padahal sudah kosong perutnya. Kalau satu minggu saudara wakilkan terus, siapa yang akan menderita? Saudara tidak bisa mewakilkan persoalan makan, kita harus makan sendiri-sendiri.

 

Soal ibadah itu tidak bisa diwakilkan, dalam ibadah itu tempat kita makan dan kita minum. Jangan nanti sudah setahun, sudah mengandung, mamanya sudah tidak mau datang ibadah. Setelah melahirkan, mamanya datang waktu penyerahan anak. Setelah 1 bulan tidak datang lagi karena sudah mengandung lagi anak kedua, nanti penyerahan anak lagi baru datang. Jangan seperti itu!

 

Kami suami isteri ada pengalaman dengan 6 anak, tidak ada satupun yang mengganggu ibadah. Cuma satu kali saja ada yang mengganggu ibadah. Saat itu anak ini rewel sekali, lalu mamanya bawa ke dalam wc dan dicubit habis-habisan sampai diam. Cuma kali itu saja anak kami mengganggu selama ibadah.

 

Makanya kalau mengandung, berkomunikasilah dengan bayi dalam kandunganmu. Jangan saudara berpikir itu mustahil, sebab Firman Tuhan sudah mengajar kita seperti itu.

Mazmur 22:10-11

22:10 Ya, Engkau yang mengeluarkan aku dari kandungan; Engkau yang membuat aku aman pada dada ibuku.

22:11 Kepada-Mu aku diserahkan sejak aku lahir, sejak dalam kandungan ibuku Engkaulah Allahku.

 

Masih dalam kandungan dia sudah tahu bahwa Tuhan itu Allahnya, kenapa bisa dia tahu? Sebab mamanya selalu ngomong kepadanya waktu dalam kandungan.

 

Mazmur 22:12

22:12 Janganlah jauh dari padaku, sebab kesusahan telah dekat, dan tidak ada yang menolong.

 

Siapa mau menolong kita, aniaya antikristus sudah dekat. Jangan berpikir ibadah itu sekedar atau tempat lelucon saja. Ibadah itu adalah tempat kita dibentuk, sebab kita adalah daging dan tulangnya Yesus.

Efesus 5:30

5:30 karena kita adalah anggota tubuh-Nya(daging dan tulangnya).

 

Kalau nanti setelah kalian diteguhkan dan kembali ke rumahmu, kemudian kalian beribadah, ingat ibadah itu tujuannya untuk membangunmu menjadi tubuh Kristus. Kalau kita sudah dibangun oleh Tuhan maka kita ditebus.

 

Lihat pengertian ditebus ini. Ada 144.000 orang yang disebut mereka ditebus dari 2 perkara.

1)      Wahyu 14:3

14:3 Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorang pun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.

 

144.000 ini intinya Tubuh Kristus dan kita hanya menempel. Kalau dikatakan ditebus dari bumi itu berarti kita ditebus dari bencana yang akan menimpa dunia ini. Kalau betul anda telah ditebus oleh Tuhan, berarti anda dipelihara Tuhan dari bencana. Anda cuma menonton. Virus corona silahkan bekerja, tetapi Alkitab katakan kita cuma menonton, karena ditebus oleh Tuhan dari bumi.

Mazmur 91:8-10,14

91:8 Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik.

91:9 Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu,

91:10 malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu;

91:14 "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

 

Kenapa dia dibentengi oleh Tuhan? Sebab dia sudah ditebus oleh Tuhan. Ditebus ini ada  3 pengertiannya:

Ø  Agurazo ditebut dari dalam pasar

Ø  Exagurazo ditebus dari luar pasar

Ø  Lutro ditebus dan diangkat menjadi anak

 

Kita dijanji oleh Tuhan cuma menonton. Kalau anak Tuhan tahu sudah ditebus dari bumi, maka dia paham pertama dia ditebus dari hukuman yang akan menimpa dunia ini. Salah satu hukuman Tuhan adalah hujan es batu seberat 100 pon atau 50 kg. Berapa batu saja jatuh di sini, gereja ini hancur.

Wahyu 16:21

16:21 Dan hujan es besar, seberat seratus pon, jatuh dari langit menimpa manusia, dan manusia menghujat Allah karena malapetaka hujan es itu, sebab malapetaka itu sangat dahsyat.

 

Kita berbahagia sebab rahasia Firman dibukakan kepada kita bangsa kafir, sedangkan kepada bangsa Israel tidak. Walaupun sekarang sudah banyak orang Israel menjadi orang Kristen. Awas kalau Tuhan sudah kembali ke Israel, tidak ada kesempatan bagi kita bangsa kafir. Sebabnya selagi Tuhan bukakan pintu kepada kita, ayo, ibadah pelayanan dan nikah harus dibenahi.

 

2)      Wahyu 14:4

14:4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.

 

Ada 2 perempuan yang berusaha menajiskan gereja yaitu Babel dan Izebel. Makanya gereja Tuhan kalau sudah Izebel yang berkhotbah itu sudah alamat bencana rohani.

 

Mereka ditebus dari antara manusia. Manusia itu ada  2 golongan yaitu bangsa kafir dan bangsa Yahudi. Bangsa kafir ini yang paling banyak sekarang ini. Jangan ngomong kalau tidak tahu Firman. Jangan lawan kalau itu kebenaran. 17-6-1987 Pdt. In Yuwono mengatakan “gereja Tuhan kehilangan bentuk karena adat istiadat”. Kalau anda tidak tahu, jangan berkoar-koar, itu bahaya!

 

Di saat apa Tuhan Yesus mengatakan pemimpin buta? Saat menerangkan adat istiadat! Kalau berlepotan lumpur di sawah kemudian mau bicara Firman seperti dia lebih tahu, kasihan sekali orang itu. Mana tahbisannya betul kalau sudah seperti itu,  mana bisa dia dipercaya.

 

Matius 15:12

15:12 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Engkau tahu bahwa perkataan-Mu itu telah menjadi batu sandungan bagi orang-orang Farisi?"

 

Saat itu Tuhan Yesus bicara adat istiadat. Sampai Tuhan katakan percuma kamu beribadah, hukum manusia kamu amalkan dan hatimu jauh dari Tuhan. Itu sebabnya mengapa kita ditebus dari manusia. Terserah kalau kalian mau tetap dengan adat istiadatmu! Tetapi saya sudah ditebus dari antara manusia, saya diselamatkan dari belenggu ini.

 

Matius 15:13

15:13 Jawab Yesus: "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya.

 

Imamat 19:19

19:19 Kamu harus berpegang kepada ketetapan-Ku. Janganlah kawinkan dua jenis ternak dan janganlah taburi ladangmu dengan dua jenis benih, dan janganlah pakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan.

 

Saudara lihat, orang yang pergi berjalan bawa Alkitab dan bawa lagi buku nyanyian, orang katakan “dia itu bekerja di ladangnya Tuhan”. Ladang Tuhan tidak boleh terdiiri dari 2 benih. Makanya Yesus katakan “benih yang tidak ditanam oleh BapaKu akan dicabut”. Itu sebabnya hanya satu benih yaitu Firman Tuhan, itu yang menghidupkan.

Matius 15:13

15:13 Jawab Yesus: "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya.

 

Kita ini bangsa kafir, bangsa keledai, hanya pohon Zaitun hutan yang dicangkok, kenapa kita terlalu angkuh di hadapan Tuhan! Kalau mempertahankan adat istiadat ini, jangan bicara Tubuh Kristus. Engkau akan tertinggal dan masuk aniaya antikristus dan dicungkil matamu nanti.

 

Matius 15:14

15:14 Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang."

 

Orang yang tidak merasa ditebus dari antara manusia, dia adalah orang buta yang menuntun orang buta!

 

Rasul Paulus sebelum menjadi rasul, dia rajin mempertahankan adat istiadat nenek moyangnya.

Galatia 1:14-16; 2:18

1:14 Dan di dalam agama Yahudi aku jauh lebih maju dari banyak teman yang sebaya dengan aku di antara bangsaku, sebagai orang yang sangat rajin memelihara adat istiadat nenek moyangku.

1:15 Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,

1:16 berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, maka sesaat pun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia;

2:18 Karena, jikalau aku membangun kembali apa yang telah kurombak, aku menyatakan diriku sebagai pelanggar hukum Taurat.

 

Rasul Paulus tidak lagi mengikuti adat istiadat. Kalau besok lusa kalian diberikan Tuhan momongan, jangan sampai dipakaikan adat istiadat. Kalau saudara tidak tahu persoalan ini lalu banyak bicara, anda melawan Tuhan! Kalau melawan Tuhan apakah bisa masuk sorga? Tidak bisa. Anda akan tertinggal dan masuk dalam aniaya antikristus, perut dibela, telinga dipotong, bibir dipotong. Yesus saja waktu bicara derita sengsara ini, itu dikatakanNya dengan derai air mata.

Matius 24:21

24:21 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.

 

Ini 3,5 tahun aniaya antikristus, inlah yang akan terjadi ke depan ini. Saya membayangkan bagaimana Yesus menangis waktu menceritakan ini. Karena hatiNya tidak tega melihat manusia harus dianiaya oleh sesamanya, apalagi melihat umatNya dianiaya oleh orang yang tidak kenal Tuhan. Ini akan terjadi nanti.

 

Janganlah kalian tidak setia satu dengan yang lain, tidak seia sepakat. Apalah guna dibangun nikah kemudian hari-hari berantam, berkelahi, baveto, hari-hari bersungut-sungut. Daud, kantong itu ada di tubuh kan? Tidak ada saku di kepala tetapi di tubuh. Jadi yang pegang uang adalah isteri. Tetapi isteri juga jangan sampai orang tuanya dia kasihkan uang lalu orang tua dari suami tidak dia berikan. Harus adil kedua belah pihak orang tua harus disayang. Jangan lagi kita bawa suku kita dari sini atau dari sana, sebab kita semua sudah jadi satu di dalam Tuhan.

 

 

Tuhan Memberkati.

GPT “Kristus Penebus”

Jl. Langgadopi No.4 Tentena

Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663

HP: 085241270477

Email: imamat_raja@yahoo.com

www.gptkp.blogspot.com

JADWAL IBADAH

Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan

Perjamuan Suci → Pk. 17.00

Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30

Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30

            Ibadah Raya → Pk. 09.00

            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar