20130202

Kebaktian Doa, Sabtu 2 Februari 2013 Pdt. Bernard Legontu


Puji Tuhan, saya sampaikan salam sejahtera, selamat kita memandang Tuhan di dalam FirmanNya.

Amos 1:2-5
2 Berkatalah ia: "TUHAN mengaum dari Sion dan dari Yerusalem Ia memperdengarkan suara-Nya; keringlah padang-padang penggembalaan dan layulah puncak gunung Karmel."
3 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Damsyik, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah mengirik Gilead dengan eretan pengirik dari besi,
4 Aku akan melepas api ke dalam istana Hazael, sehingga puri Benhadad dimakan habis;
5 Aku akan mematahkan palang pintu Damsyik dan melenyapkan penduduk dari Bikeat-Awen serta pemegang tongkat kerajaan dari Bet-Eden; dan rakyat Aram harus pergi sebagai orang buangan ke Kir," firman TUHAN.

Bacaan di atas dibuka dengan ancaman hukuman kepada 6 bangsa kafir setelah itu baru hukuman bagi bangsa Israel. Terlebih dahulu Tuhan mengaum dari Sion dan dari Yerusalem. Tuhan mengaum berarti tampil seperti singa dan lebih dahulu ditujukan kepada padang penggembalaan. Apa tujuan Tuhan mengaum?
Amos 3:8
Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"

Tujuannya supaya umat yang digembalakan itu dihinggapi rasa takut. Tuhan bermaksud untuk menghukum umatNya namun kalau masih mau mendengar suara auman ini, kemudian masih ada perasaan takut kepada Tuhan maka Tuhan akan mengurungkan niatnya.
Yeremia 18:7-10
7 Ada kalanya Aku berkata tentang suatu bangsa dan tentang suatu kerajaan bahwa Aku akan mencabut, merobohkan dan membinasakannya.
8 Tetapi apabila bangsa yang terhadap siapa Aku berkata demikian telah bertobat dari kejahatannya, maka menyesallah Aku, bahwa Aku hendak menjatuhkan malapetaka yang Kurancangkan itu terhadap mereka.
9 Ada kalanya Aku berkata tentang suatu bangsa dan tentang suatu kerajaan bahwa Aku akan membangun dan menanam mereka.
10 Tetapi apabila mereka melakukan apa yang jahat di depan mata-Ku dan tidak mendengarkan suara-Ku, maka menyesallah Aku, bahwa Aku hendak mendatangkan keberuntungan yang Kujanjikan itu kepada mereka.

Di sini ada dua hal yang bertolak belakang.
1.      Ada yang mendengar auman singa dan dia langsung bertobat dan menanggapi dengan serius sebab Allah tidak boleh dipermainkan dan tidak membiarkan diriNya dipermainkan.
Galatia 6:7
Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.

Acap kali kita mendengar Firman pengajaran itu seperti singa yang mau mencabik-cabik kita. Namun bila orang yang telinganya mendengar itu menanggapi dengan serius dan berubah maka dia tidak akan mengalami kekeringan di dalam penggembalaan dan gunung Karmel tidak akan layu kering. Ini hal yang positif.

2.      Ada yang bersikap negatif yang sekalipun mendengar auman dari Sion artinya ada Firman pengajaran yang seperti singa yang mau mencabik-cabik kita tetapi menganggap hal itu biasa dan tidak perduli. Itu sebabnya kehidupan yang seperti itu akan kering. Firman pengajaran yang dia dengar tidak membuat hatinya basah dan menjadi seperti tanah yang retak-retak karena tidak turun hujan (Firman Pengajaran) sehingga benih Firman yang ditabur itu tidak bermanfaat baginya.

Tiga pengertian Karmel:
1.      Taman yang berbuah lebat
Dalam kisah Daud dengan Abigail istri Nabal diceritakan bahwa Nabal mempunyai kebun di semenajung Karmel dan berhasil luar biasa. Di gunung Karmel ini  Elia melipatkan lutut sampai kepalanya masuk di antara lututnya sebanyak 7 kali dan Tuhan menurunkan hujan.
Tuhan ingin supaya: Yohanes 15:15-16
15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.
16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

2.      Taman sembayang
Kalau ketika sembayang tidak ada suasana apa-apa dalam diri kita itu pertanda Firman yang kita dengar tidak merasuk, tidak membuahkan sesuatu sehingga seperti yang dikatakan puncak gunung Karmel menjadi layu, artinya sembayangnya menjadi kering. Saat menyembah sudah tidak ada suara dan malah tertidur. Ini pertanda yang gawat, jangan dianggap biasa-biasa.

3.      Limpah dengan gandum
Kehidupan yang tidak menanggapi Firman tidak akan limpah dengan Firman dan malah menjadi kering sebab tidak mendapatkan Firman yang hidup yang bisa memacu dan meningkatkan rohani.
Filipi 2:16
sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.

Bisa saja mendengar Firman Tuhan yang sama tetapi bagi yang tidak menanggapi dengan serius Firman itu akan lalu begitu saja.

Kita ini adalah bangsa kafir yang bagaikan pokok zaitun hutan yang sebenarnya bersekutu dengan binatang buas namun diambil oleh Tuhan, dicangkok dan ditanam di kebunnya Tuhan. Kita berbahagia kalau menanggapi suara dari Sion yang bagaikan auman, itulah suara Firman pengajaran yang bagaikan auman singa yang tujuannya supaya kita takut. Awas ada auman singa yang lain!,
1 Petrus 5:8
Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

di mana posisi kita sekarang?

Sekarang kita berada di penghujung akhir zaman di mana akan segera muncul antikris. Itu sebabnya kepada kita selalu disampaikan untuk mengingat bahwa di depan ini ada masa yang mengerikan itulah masa 3,5 tahun siksaan antikris supaya kita ada rasa takut.

Jangan sampai ada di antara kita mendengar Firman tetapi kering, jangan sampai penyembahan kita tidak seperti taman sembayang tetapi seperti taman yang layu. Di gunung Karmel ini Elia berdoa dengan berlutut sampai kepalanya masuk di antara kakinya sebanyak 7 kali. Angka 7 ini menunjuk masa akhir zaman. Setelah 7 kali Elia berdoa, muncullah awan sebesar telapak tangan dan awan ini makin besar. Melihat itu ia tahu bahwa akan segera turun hujan dan menyuruh Ahab untuk segera kembali ke kota namun Elia lebih dahulu tiba. Artinya kalau kita bagaikan taman sembayang maka kita pasti lebih cepat dari pada apapun yang akan terjadi.
1 Raja-raja 18:44-45
44 Pada ketujuh kalinya berkatalah bujang itu: "Wah, awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut." Lalu kata Elia: "Pergilah, katakan kepada Ahab: Pasang keretamu dan turunlah, jangan sampai engkau terhalang oleh hujan."
45 Maka dalam sekejap mata langit menjadi kelam oleh awan badai, lalu turunlah hujan yang lebat. Ahab naik kereta lalu pergi ke Yizreel.

Wahyu 12:13-14
13 Dan ketika naga itu sadar, bahwa ia telah dilemparkan di atas bumi, ia memburu perempuan yang melahirkan Anak laki-laki itu.
14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Dua sayap itulah Firman dan Roh Kudus. Kalau kita bersama Tuhan maka tidak ada yang bisa mengejar kita. Itu sebabnya jangan kita santai dan tidak merasa apa-apa saat mendengar auman singa. Sekarang ini iblis seperti ular yang menunjukkan taringnya, jangan kita malah seperti daging yang menggelinding masuk ke dalam mulut ular itu. Jangan kita menjadi Kristen daging, jadilah kehidupan Kristen yang perkasa menghadapi hebatnya dunia sekarang ini. Biarlah kita seperti taman yang berbuah dan bukan hanya sekedar berbuah tetapi berbuah lebat. Itu adalah tanda kita dipilih oleh Tuhan.
Yohanes 15:15-16
15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.
16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Tidak ada alasan untuk kita tidak berbuah karena Tuhan sudah memberikan kita Firman dalam pembukaan rahasia Firman, tidak ada yang dirahasiakan, tidak ada yang ditutup oleh Tuhan kecuali yang memang Tuhan punya.
Ulangan 29:29
Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini."

Kehidupan yang seperti karmel yaitu yang berbuah lebat, yang memiliki roh sembayang dan limpah dengan gandum (Firman Tuhan) adalah orang pilihan Tuhan asalkan menanggapi dengan serius. Tetapi kita harus waspada, di Karmel ini ada Nabal suami Abigail. Dengan kata lain di dalam gereja ada orang yang bertipe Nabal yang bebal, mereka mendengar Firman tetapi tidak merasakan apa-apa.

Hukuman itu mulai dari Damsyik. Damsyik artinya kegiatan. Jadi kegiatan kita akan dikoreksi oleh Tuhan. Ada 3 bahkan 4 perbuatan jahat Damsyik.
II Raja-raja 8:7-8
7 Elisa masuk ke Damsyik, dan pada waktu itu Benhadad, raja Aram, sedang sakit. Ketika dikabarkan kepada raja: "Sudah datang abdi Allah ke mari,"
8 berkatalah ia kepada Hazael: "Ambillah persembahan, pergilah menyongsong abdi Allah itu dan mintalah petunjuk TUHAN dengan perantaraannya: Sembuhkah aku dari penyakit ini?"

Benhadad ini raja kafir namun minatnya untuk mendengar Firman dari abdi Allah besar sekali.

II Raja-raja 8:9-13
9 Lalu pergilah Hazael menyongsong dia, diambilnyalah persembahan berupa segala barang yang indah-indah dari Damsyik, sebanyak muatan empat puluh ekor unta. Sesudah sampai, tampillah ia ke depan Elisa dan berkata: "Anakmu Benhadad, raja Aram, menyuruh aku menanyakan kepadamu: Apakah aku akan sembuh dari penyakit ini?"
10 Jawab Elisa kepadanya: "Pergilah, katakanlah kepadanya: Pastilah engkau sembuh. Namun demikian, TUHAN telah memperlihatkan kepadaku, bahwa ia pasti mati dibunuh."
11 Elisa menatap dengan lama ke depan, lalu menangislah abdi Allah itu.
12 Hazael berkata: "Mengapa tuanku menangis?" Jawab Elisa: "Sebab aku tahu bagaimana malapetaka yang akan kaulakukan kepada orang Israel: kotanya yang berkubu akan kaucampakkan ke dalam api, terunanya akan kaubunuh dengan pedang, bayinya akan kauremukkan dan perempuannya yang mengandung akan kaubelah."
13 Sesudah itu berkatalah Hazael: "Tetapi apakah hambamu ini, yang tidak lain dari anjing saja, sehingga ia dapat melakukan hal sehebat itu?" Jawab Elisa: "TUHAN telah memperlihatkan kepadaku, bahwa engkau akan menjadi raja atas Aram."

4 kegiatan Damsyik yang menghalang-halangi gereja Tuhan:
1.      Kotanya yang berkubu akan kaucampakkan ke dalam api.
Artinya kegiatan Damsyik mau menghalang-halangi gereja Tuhan sehingga gereja Tuhan tidak tampil bagaikan kota yang luar biasa tetapi justru dicampakkan. Kita ini direkrut Tuhan dan disebut kota.
Yesaya 60:14
Anak-anak orang-orang yang menindas engkau akan datang kepadamu dan tunduk, dan semua orang yang menista engkau akan sujud menyembah telapak kakimu; mereka akan menyebutkan engkau "kota TUHAN", "Sion, milik Yang Mahakudus, Allah Israel."

Kita mau menjadi kota Tuhan yaitu Yerusalem Baru yang menunjuk Mempelai Wanita Tuhan. Itu sebabnya sekarang Damsyik berusaha untuk mencampakkan saudara dan sekarang ini banyak yang sudah dicampakkan.

2.      Terunanya akan kaubunuh dengan pedang.
Artinya ini adalah upaya kegiatan Damsyik supaya kita gagal masuk pada inti atau orang pilihan Allah.
Wahyu 14:1-4
1 Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.
2 Dan aku mendengar suatu suara dari langit bagaikan desau air bah dan bagaikan deru guruh yang dahsyat. Dan suara yang kudengar itu seperti bunyi pemain-pemain kecapi yang memetik kecapinya.
3 Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorang pun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.
4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.

Wahyu 14:4
Inilah orang yang belum menajiskan dirinya dengan perempuan, karena mereka itu teruna; dan inilah orang yang mengikut Anak domba itu barang ke mana Ia pergi. Maka orang ini sudah ditebus dari antara manusia menjadi buah sulung bagi Allah dan bagi Anak domba itu,

Ada kegiatan iblis yang mau membuat kita tidak masuk pada pilihan. Sekalipun kita sudah ada di dalam penggembalaan jangan kita main-main karena iblis berusaha membuat kita keluar dari pilihan Tuhan.


Ada 7 senjata iblis yang terang-terangan:
Roma 8:35
Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? (1)Penindasan atau (2)kesesakan atau (3)penganiayaan, atau (4)kelaparan atau (5)ketelanjangan, atau (6)bahaya, atau (7)pedang?

dan ada 7 senjata iblis yang terselubung:
a)      Kemuliaan dunia
b)     Tawaran kedudukan
c)      Harta
d)     Hawa nafsu
e)      Keinginan
f)      Jemu
g)      Malas

3.      Bayinya akan kauremukkan.
Mazmur 8:3
Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.

Bayi diremukkan berarti dikalahkan musuh. Tidak ada kekuatan lagi karena tidak mengkonsumsi susu yang murni yaitu Firman pengajaran yang murni. Roh pujian ini yang mau diremukkan oleh iblis.
1 Petrus 2:1
Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.

Matius 21:15-16
15 Tetapi ketika imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat melihat mujizat-mujizat yang dibuat-Nya itu dan anak-anak yang berseru dalam Bait Allah: "Hosana bagi Anak Daud!" hati mereka sangat jengkel,
16 lalu mereka berkata kepada-Nya: "Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?"

Pujian itu perlu tetapi harus disertai Firman pengajaran. Kalau hanya pujian tanpa Firman pengajaran itu sama dengan bohong. Firman pengajaran itu menghadirkan rasa syukur kepada Tuhan sebab hidup itu mengalami penyucian.

4.      Perempuannya yang mengandung akan kaubelah.
Artinya ini adalah kegiatan Damsyik yang memaksakan kelahiran baru, tidak melalui jalur yang benar. Hati-hati dengan baptisan yang salah, itu kelahiran baru yang tidak melalui jalur.

Amos 1:3
Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Damsyik, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah mengirik Gilead dengan eretan pengirik dari besi,

Gilead artinya bukit kesaksian. Berarti hilanglah kesaksian. Jadi kegiatan dari Damsyik ini adalah kegiatan yang banyak tidak kita sadari tetapi malah menghancurkan kita. Mari kita lebih baik banyak melipatkan lutut menyembah Tuhan. Biarlah kita menjadi taman sembahyang, menjadi anak Tuhan yang suka menyembah Tuhan dan bukannya malah tidur di kaki Tuhan.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar