20200805

Kebaktian PA Yeremia, Rabu 5 Agustus 2020 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus.

Sebelum terjadi pandemi virus corona, beberapa hamba Tuhan melayani dengan cara online. Memang awalnya banyak yang menentang dan yang tidak bisa menerima. Tetapi dengan adanya corona ini, akhirnya situasi yang memaksa bagi siapapun untuk bisa menerima. Pribadi saya sendiri sudah melakukan ibadah online sebelum corona. Dasarnya adalah ini:
Zakharia 10:1
10:1 Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! TUHANlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras, dan hujan lebat akan diberikanNya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang.

Saya tidak keluar dari Firman Tuhan atau hanya ikut-ikutan. Kita harus minta hujan yang deras dari Tuhan dan jawabannya Tuhan kirim awan yang memuat air, tujuannya:
Ayub 37:11-13
37:11 Awan pun dimuati-Nya dengan air, dan awan memencarkan kilat-Nya,
37:12 lalu kilat-Nya menyambar-nyambar ke seluruh penjuru menurut pimpinan-Nya untuk melakukan di permukaan bumi segala yang diperintahkan-Nya.
37:13 Ia membuatnya mencapai tujuannya, baik untuk menjadi pentung bagi isi bumi-Nya maupun untuk menyatakan kasih setia.

Inilah dasarnya saya diyakinkan oleh Tuhan, bukan meniru-niru tetapi karena diyakinkan Tuhan lewat ayat Firman Tuhan ini. Jika hanya meniru maka ketika terbentur bisa langsung lemas dan berkata sayonara. Tetapi kalau benar diyakinkan oleh Tuhan, bukan karena situasi, maka itu kuat atau teguh. Jika saya menyampaikan ini bukan dasarnya kesombongan atau keangkuhan. Kalau itu ada maka Tuhan tidak akan mempercayakan rahasia Firman. Jika bicara tentang Tuhan itu tidak enak. Sebab beda Tuhan dengan manusia. Jika Tuhan tidak mempercayakan diriNya kepada seseorang tidak mungkin orang itu akan berbicara benar tentang Tuhan.
Yehezkiel 33:1-6 Pelayan yang diangkat oleh manusia
Yehezkiel 33:7-30 Pelayan yang diangkat oleh Tuhan.

Yang diangkat oleh Tuhan ini sarat dengan Firman dan sarat dengan perlawanan atau ditantang habis-habisan. Namun itu memang resiko yang harus terima sebagai hamba Tuhan.

Yeremia 8:8-17
8:8 Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana, dan kami mempunyai Taurat TUHAN? Sesungguhnya, pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong.
8:9 Orang-orang bijaksana akan menjadi malu, akan terkejut dan tertangkap. Sesungguhnya, mereka telah menolak firman TUHAN, maka kebijaksanaan apakah yang masih ada pada mereka?
8:10 Sebab itu Aku akan memberikan isteri-isteri mereka kepada orang lain, ladang-ladang mereka kepada penjajah. Sesungguhnya, dari yang kecil sampai yang besar, semuanya mengejar untung; baik nabi maupun imam, semuanya melakukan tipu.
8:11 Mereka mengobati luka puteri umat-Ku dengan memandangnya ringan, katanya: Damai sejahtera! Damai sejahtera!, tetapi tidak ada damai sejahtera.
8:12 Seharusnya mereka merasa malu, sebab mereka melakukan kejijikan; tetapi mereka sama sekali tidak merasa malu dan tidak kenal noda mereka. Sebab itu mereka akan rebah di antara orang-orang yang rebah, mereka akan tersandung jatuh pada waktu mereka dihukum, firman TUHAN.
8:13 Aku mau memungut hasil mereka, demikianlah firman TUHAN, tetapi tidak ada buah anggur pada pohon anggur, tidak ada buah ara pada pohon ara, dan daun-daunan sudah layu; sebab itu Aku akan menetapkan bagi mereka orang-orang yang akan melindas mereka."
8:14 Mengapakah kita duduk-duduk saja? Berkumpullah dan marilah kita pergi ke kota-kota yang berkubu dan binasa di sana! Sebab TUHAN, Allah kita, membinasakan kita, memberi kita minum racun, sebab kita telah berdosa kepada TUHAN.
8:15 Kita mengharapkan damai, tetapi tidak datang sesuatu yang baik, mengharapkan waktu kesembuhan, tetapi yang ada hanya kengerian!
8:16 "Dengus kuda musuh terdengar dari Dan; karena bunyi ringkik kuda jantan mereka gemetarlah seluruh negeri. Mereka datang dan memakan habis negeri dengan isinya, kota dengan penduduknya.
8:17 Lihatlah, Aku melepaskan ke antaramu ular-ular beludak, yang tidak dapat dimanterai, yang akan memagut kamu, demikianlah firman TUHAN."

Ditutup dengan melepaskan ular beludak yang tidak bisa dimantra. Kembali Tuhan ingatkan karena ada maksud Tuhna yang indah bagi kiat sekalian. Sekali lagi, umat Tuhan di sini sudah tertipu dengan tulisan pena palsu. Berarti ada penyurat, kalau namanya penyurat berarti tulisan. Dan alatnya adalah pena palsu. Tetapi mereka mengatakan mereka adalah orang-orang bijak, mereka katakan "kami mempunyai Taurat Tuhan". Memang benar, jika sungguh-sungguh mempunyai Taurat Tuhan atau ketetapan-ketetapan Tuhan dan mereka lakukan maka itulah yang membuat mereka bijaksana dan berakal budi sehingga diakui oleh bangsa-bangsa di luar Israel. Inilah bangsa yang berakal budi dan bijaksana karena ada Firman Tuhan.

Tetapi mereka di sini bukan mengikuti lagi kebenaran Firman. Kebijakan yang ada pada mereka adalah yang mengikuti jalur daging. Akal budi yang ada pada mereka bukan jalur Firman tetapi jalur daging, jalur duniawi. Kita bisa membedakan orang yang bijaksana, berpengertian dan berakal budi, kita bisa tahu dia dari jalur dunia atau jalur Firman. Ini perlu kita pantau dalam diri gereja Tuhan di permukaan. Sebab jika kita terpukau seperti mereka ini, akhirnya yang benar mereka tolak. Kebijakan-kebijakan menurut jalur dunia, menurut jalur manusiawi dan menurut jalur daging, itu yang mereka agung-agungkan dan itu juga yang nampak di permukaan hari-hari terakhir ini.

Saya pernah mendengar seorang pendeta yang melecehkan kehadiran Petrus di ladang Tuhan, dia katakan Petrus orang bodoh. Sampai dia tidak percaya tulisan Petrus yaitu surat I Petrus dan II Petrus. Dan karena dia adalah dosen maka dia desak mahasiswanya untuk sepandai-pandai mungkin menghadapi dunia ini. Inilah kebijakan dari jalur dunia dan tidak mungkin menandingi kebijakan dari Tuhan.
Amsa 21:30
21:30 Tidak ada hikmat dan pengertian, dan tidak ada pertimbangan yang dapat menandingi TUHAN.

Ini kesimpulannya, tidak mungkin menandingi hikmat Tuhan. Itu sebabnya bapak, ibu kekasih dan dalam Tuhan, jika anda datang di sini karena anda andalkan profesor doktor maka anda keliru. Itu sebabnya bapak Pdt. Pong Dongalemba mengatakan kalau seperti itu anda salah alamat.

Untuk menjadi bijak caranya lewat jalur Firman.
Ulangan 4:5
4:5 Ingatlah, aku telah mengajarkan ketetapan dan peraturan kepadamu, seperti yang diperintahkan kepadaku oleh TUHAN, Allahku, supaya kamu melakukan yang demikian di dalam negeri, yang akan kamu masuki untuk mendudukinya.

Jadi ini datang dari Tuhan, bukan datang dari imajinasi pikiran duniawi. Makanya tidak mungkin orang berbicara tentang Tuhan yang suci dan kudus jika Tuhan tidak percayakan diriNya kepada pelayan tersebut.

Ulangan 4:6
4:6 Lakukanlah itu dengan setia, sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu dan akal budimu di mata bangsa-bangsa yang pada waktu mendengar segala ketetapan ini akan berkata: Memang bangsa yang besar ini adalah umat yang bijaksana dan berakal budi.

Jadi tidak ribet, untuk berakal budi dan bijaksana, lakukanlah Firman. Jika pendidikannya tinggi, yang utama lakukan saja Firman. Sebab kenyataannya banyak orang setelah pendidikannya tinggi, dia kesampingkan itu Firman Tuhan.

Ulangan 4:10
4:10 yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan TUHAN, Allahmu, di Horeb, waktu TUHAN berfirman kepadaku: Suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka.

Jadi pengajaran ini berkesinambungan dan tidak bisa ditandingi. Ini jalur dari Tuhan dan tidak bisa kita bingung lagi. Banyak yang menjadi bingung sebab jalur pendidikan dunia itu mereka jadikan kebanggaan, itulah yang dinamakan sombong, angkuh dan congkak yang menghalangi pengenalan akan Tuhan. Kalau jalur dari Tuhan tidak ada yang bisa menuduh dia angkuh, sombong dan congkak. Orang dunia boleh bicara begitu kepada hamba Tuhan. Tetapi kita ini anak Tuhan jangan berucap seperti itu. Lihat jalur mana yang dia pakai. Kalau jalur kebenaran Firman dan kita berkata miring maka kita jadi musuh Tuhan nantinya. Mestinya ada dukungan karena ada pada jalur sorga.

Jalur inilah yang akan dipercaya oleh Tuhan untuk mmbangun Tubuh Kristus. Dulu digambarkan dalam bentuk Bait Allah. Jalur ini, bukan jalur dunia, jalur daging, jalur pemikiran manusiawi, bukan! Tetapi jalur yang digunakan oleh Tuhan ini jalur dari sorga, jalur rohani, itulah yang dipercayai oleh Tuhan untuk membangun Tubuh Kristus.

Dalam kitab Yeremia ini, itulah yang disayangkan. Karena mereka ini sudah tertipu dengan jalur penyurat pena palsu. Jalur daging yang merteka agung-agungkan. Dan anehnya umat Tuhan lebih gemar dan senang dengan itu. Coba saudara timbang-timbang saja mana yang lebih banyak penggemarnya? Jalur dunia! Tetapi mereka tidak bisa dipercayai oleh Tuhan untuk membangun Tubuh Kristus. Walaupun saya mengaku pelayan Tubuh Kristus dan saudara anggota Tubuh Kristus, kita ada di luar kalau memakai jalur daging, jalur dunia. Kalau kita tahu hamba Tuhan itu dipercaya dan kita direkrut oleh Tuhan untuk masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus, ayo dukung hamba Tuhan itu.

Coba kita lihat pengakuan raja kafir terhadap anak Tuhan atau umat Tuhan.
II Tawarikh 2:12
2:12 Lalu Huram melanjutkan: "Terpujilah TUHAN, Allah orang Israel, yang menjadikan langit dan bumi, karena Ia telah memberikan kepada raja Daud seorang anak yang bijaksana, penuh akal budi dan pengertian, yang akan mendirikan suatu rumah bagi TUHAN dan suatu istana kerajaan bagi dirinya sendiri!

Dia tahu yang utama itu langit baru bumi. Kalau orang Kristen sering salah, bumi dulu baru langit. Ini yang berbicara adalah raja kafir, raja tirus. Dia katakan langit, berarti perkara rohani yang ditaruh pada urutan atas dan kemudian baru bumi, berarti dunia di bawah. Jangan dibalik urutannya

Jadi ciri orang yang ada pada jalur sorga yang dipercayakan untuk membangun Tubuh Kristus adalah orang bijaksana, penuh akal budi dan berpengertian. Raja kafir malah mengakui ini. Kalau kita kebalikannya. Kalau si B dipercayakan Tuhan ini dan itu, si A malah mendongkel terus, bukannya mendukung!

Tuhan tolong dan ubahkan saya!
Zakharia 10:1
10:1 Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! TUHANlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras, dan hujan lebat akan diberikanNya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang.

Ini gereja hujan akhir pada musim semi. Ini untuk menghadapi Zakharia 10:2
Zakharia 10:2
10:2 Sebab apa yang dikatakan oleh terafim adalah jahat, dan yang dilihat oleh juru-juru tenung adalah dusta, dan mimpi-mimpi yang disebutkan mereka adalah hampa, serta hiburan yang diberikan mereka adalah kesia-siaan. Oleh sebab itu bangsa itu berkeliaran seperti kawanan domba dan menderita sengsara sebab tidak ada gembala.

Bagaimana jawaban doa terhadap permintaan akan hujan yang deras dan lebat itu.
Ayub 37:11
37:11 Awan pun dimuati-Nya dengan air, dan awan memencarkan kilat-Nya,

Awan kalau ada muatan air, dia punya muatan positif dan negatif, jika bersentuhan mengeluarkan kilat.

Ayub 37:12-13
37:12 lalu kilat-Nya menyambar-nyambar ke seluruh penjuru menurut pimpinan-Nya untuk melakukan di permukaan bumi segala yang diperintahkan-Nya.
37:13 Ia membuatnya mencapai tujuannya, baik untuk menjadi pentung bagi isi bumi-Nya maupun untuk menyatakan kasih setia.

Jadi ada 2 hal yang akan dituai sesuai ayat di atas:
Yesaya 55:9-10
55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.
55:10 Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan,

Ada 2 hal yang akan terjadi yaitu pentung bagi isi dunia dan menyatakan kasih setia.

Kalau gembalamu adalah awan yang ada muatan air dan memancarkan kilat, ayo kita dukung dan kita topang! Sekarang ini sulit kita berfellowship pergi ke mana-mana. Apalagi seperti kami, walaupun tidak ada corona, tetapi dengan usia seperti kami, banyak kendala, tubuh sudah sangat lemah. Tubuh ini tidak bisa dipaksakan, pasti lemah! Kalau ada yang diizinkan Tuhan seperti Musa, sampai usia 120 tahun tetap kuat seperti anak muda, syukur bagi Tuhan untuk orang itu.
2 Korintus 4:16
4:16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Ini orang yang dipercayai Tuhan.
II Tawarikh 2:12
2:12 Lalu Huram melanjutkan: "Terpujilah TUHAN, Allah orang Israel, yang menjadikan langit dan bumi, karena Ia telah memberikan kepada raja Daud seorang anak yang bijaksana, penuh akal budi dan pengertian, yang akan mendirikan suatu rumah bagi TUHAN dan suatu istana kerajaan bagi dirinya sendiri!

Orang yang dipercayai oleh Tuhan, cirinya bijaksana. Memang salah satu kriteria gembala adalah kebijakan dan pertimbangan. Pertimbangan ini sudah masuk pada bijaksana, akal budi dan pengertian. Jadi yang menonjol dari seorang gembala adalah kebijakannya dan pertimbangan. Kalau rasul yang menonjol adalah hikmat. Kalau nabi nubuatan, kalau penginjil kuasa, kalau guru mahrifat. Guru sudah satu dengan gembala. Kalau gembala dia juga guru. Tetapi guru belum tentu bisa jadi gembala.

Inilah adalah orang yang dipercayai pembangunan Tubuh Kristus alias Bait Allah pada waktu itu. Kalau ini ada di dalamnya, maka kebijakan saya di sini tidak bisa diatur oleh orang lain. Pengertian dan akal budi saya tidak bisa distel oleh orang lain, itu sesuai kepercayaan Tuhan kepada gembala setempat. Ini yang dipercayai Tuhan untuk membangun. Kalau ini tidak ada, berarti dia ada pada jalur daging, jalur duniawi, berpengertian dan berakal budi tetapi dari jalur dunia atau daging. Puji Tuhan jika gereja Tuhan memahami ini.

Kalau dari jalur daging, jalur manusia, kata yang tidak enak dan kata yang tidak sedap melekat pada dirinya, yaitu penipu! Jadi jangan saudara pikir kalau berdiri di sini adalah profesor doktor dan sebagainya, walaupun selangit, kalau dari jalur dunia, itu bukan panggilan Tuhan. Bukan saya katakan, tetapi Tuhan yang bilang itu penipuan! Saya tidak mau umat Tuhan yang Tuhan percayakan dalam pelayanan, ditipu.
Yeremia 8:5,8
8:5 Mengapakah bangsa ini berpaling, berpaling terus-menerus? Mereka berpegang pada tipu, mereka menolak untuk kembali.
8:8 Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana, dan kami mempunyai Taurat TUHAN? Sesungguhnya, pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong.

Kalau Alkitab yang bicara, sorga yang bicara, saya tidak bisa menyembunyikan diri, tidak bisa mengelak. Mereka ada tipu dan bohong. Makanya Tuhan tanya kembali pada pasal 9 "bagaimana kebijakan kamu itu". Sebab Tuhan akan mantapkan. Karena tugas hamba Tuhan ini membangun Tubuh Kristus, membangun Bait Allah yaitu Mempelai Wanita Tuhan.  
Yeremia 9:12
9:12 Siapakah orang yang begitu bijaksana, sehingga ia dapat mengerti hal ini, orang yang telah menerima firman dari mulut TUHAN, supaya ia dapat memberitahukannya? Apakah sebabnya negeri ini binasa, tandus seperti padang gurun sampai tidak ada orang yang melintasinya?

Jadi seharusnya orang yang bijaksana adalah orang yang telah menerima Firman dari mulut Tuhan. Tuhan suruh supaya mereka sampaikan mengapa mereka sudah seperti padang gurun, padahal mereka mengaku bijaksana tetapi bohong, karena jalur dunia yang mereka pakai! Kalau jalur dunia Tuhan benarkan, tidak perlu Tuhan berikan Firman Tuhan.

Yeremia 9:13
9:13 Berfirmanlah TUHAN: "Oleh karena mereka meninggalkan Taurat-Ku yang telah Kuserahkan kepada mereka, dan oleh karena mereka tidak mendengarkan suara-Ku dan tidak mengikutinya,

Suara Tuhan itu, jika kita ikuti, itu menghasilkan 7 perkara yang besar. Dalam penggembalaan, pertautan antara domba dan gembala karena suara gembala, suara Firman penggembalaan. Olehnya mari kita lihat betapa hebatnya itu suara.
Mazmur 29:1-3
29:1 Mazmur Daud. Kepada TUHAN, hai penghuni sorgawi, kepada TUHAN sajalah kemuliaan dan kekuatan!
29:2 Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, sujudlah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan!
29:3 Suara TUHAN di atas air, Allah yang mulia mengguntur, TUHAN di atas air yang besar.

1.    Suara Tuhan di atas air
Bukan suara Tuhan di bawah air atau dikalahkan air. Air ini adalah bangsa-bangsa yang banyak. Suara Tuhan tidak bisa dikalahkan suara bangsa-bangsa, suara daging, suara manusia, tidak bisa! Suara Tuhan ada di atas.
Wahyu 17:1
17:1 Lalu datanglah seorang dari ketujuh malaikat, yang membawa ketujuh cawan itu dan berkata kepadaku: "Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu putusan atas pelacur besar, yang duduk di tempat yang banyak airnya.

Jadi kalau jalur dunia, justru join dengan Babel. Sadar atau tidak sadar, itu dimanfaatkan oleh Babel.
Wahyu 17:15
17:15 Lalu ia berkata kepadaku: "Semua air yang telah kaulihat, di mana wanita pelacur itu duduk, adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.

Sekalipun ada suara bangsa-bangsa, kaum dan rakyat banyak, tetapi suara Tuhan masih di atas. Jadi suara Firman penggembalaan itu yang harus kita taruh paling di atas. Bukan suara bangsa-bangsa, rakyat banyak, kaum dan bahasa manusia.

Ayo gereja Tuhan, sudah sejauh mana kebijakan, akal budi dan pengertian yang ada pada kita. Untuk membangun Tubuh Kristus bukan kita dikalahkan suara bangsa-bangsa, kita tetap harus ada di atas suara penggembalaan.

2.    Mazmur 29:4
29:4 Suara TUHAN penuh kekuatan, suara TUHAN penuh semarak.

Suara Tuhan itu penuh kekuatan.
Ibrani 4:12
4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.
Kita di atas, bukan kita dikalahkan suara jalur daging, suara jalur manusia, suara jalur dunia. Bukan berarti pendidikan tinggi itu salah, jangan saudara salah tafsir. Puji Tuhan jika pendidikanmu tinggi, tetapi bukan itu jalur pemakaian Tuhan. Jika kita tetap menempatkan suara Firman lebih di atas pendidikan kita, itu luar biasa. Kalau tidak ada pendidikan, yah jangan itu yang dikejar. Tetapi kejar suara Tuhan/ penggembalaan.

Mazmur 29:4
29:4 Suara TUHAN penuh kekuatan, suara TUHAN penuh semarak.

Mengapa suara Tuhan penuh kekuatan?
Roma 1:16
1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

Apalagi yang merisaukan saudara dan saya, kekuatan Injil itu luar biasa, tidak bisa dikalahkan, Dia ada di atas segala-galanya.

3.    Mazmur 29:4
29:4 Suara TUHAN penuh kekuatan, suara TUHAN penuh semarak.

Semarak itu indah, semarak itu luar biasa. Apakah suara Tuhan itu semarak dalam hati saudara. Kalau saya dan saudara adalah pribadi-pribadi yang akan masuk dalam Tubuh Kristus yang dibangun oleh orang yang dipercaya Tuhan yang berakal budi dan berpengertian, maka ciri ketiganya saudara mendengar Firman dengan semarak.

Kenapa anak Tuhan masih diliputi ketakutan? Padahal Injil itu kekuatan Allah. Saudara ketakutan karena saudara tidak dekat dengan Tuhan dan alam pikiran saudara selalu yang jasmani dan duniawi yang dilihat. Ini yang menyebabkan hati risau dan gundah gulana, sehingga Yehezkiel menyanyikan nyanyian tentang ratapan, keluh kesah dan rintihan. Ini jangan terjadi pada saudara.
Yehezkiel 2:10
2:10 lalu dibentangkan-Nya di hadapanku. Gulungan kitab itu ditulisi timbal balik dan di sana tertulis nyanyian-nyanyian ratapan, keluh kesah dan rintihan.

Saya dalam usia jalan 74 ini hatiku muda walaupun tubuh jasmani sudah tua seperti Paulus bilang dalam II Korintus 4:14-16.
II Korintus 4:14-16
4:14 Hal ini kutuliskan bukan untuk memalukan kamu, tetapi untuk menegor kamu sebagai anak-anakku yang kukasihi.
4:15 Sebab sekalipun kamu mempunyai beribu-ribu pendidik dalam Kristus, kamu tidak mempunyai banyak bapa. Karena akulah yang dalam Kristus Yesus telah menjadi bapamu oleh Injil yang kuberitakan kepadamu.
4:16 Sebab itu aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku!

4.    Mazmur 29:5
29:5 Suara TUHAN mematahkan pohon aras, bahkan, TUHAN menumbangkan pohon aras Libanon.

Dalam Yehezkiel ada yang diibaratkan pohon aras yang menjulang tinggi di gunung Libanon. Yang diibaratkan pohon aras ini adalah Firaun dan Tuhan katakan akan mengirim bangsa yang lebih kuat darinya untuk menebang pohon aras ini.
Yehezkiel 31:3,10-12
31:3 Lihat, Aku menyamakan engkau dengan pohon aras di Libanon, penuh dengan cabang yang elok dan daun yang rumpun sekali; tumbuhnya sangat tinggi, puncaknya sampai ke langit.
31:10 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena ia tumbuh tinggi dan puncaknya menjulang sampai ke langit dan ia menjadi sombong karena ketinggiannya,
31:11 maka Aku telah menyerahkan dia ke dalam tangan seorang berkuasa di antara bangsa-bangsa, supaya ia memperlakukannya selaras dengan kejahatannya; Aku menghalau dia.
31:12 Orang-orang asing, yaitu yang paling ganas di antara bangsa-bangsa, akan menebang dia dan membiarkannya; di atas gunung-gunung dan di semua lembah cabang-cabangnya berjatuhan dan di semua alur sungai negeri itu ranting-rantingnya berpatahan dan semua bangsa di bumi pergi lari dari naungannya dan membiarkan dia.

Ini nubuatan tentang Firaun. Suara yang kuat menebang Firaun karena dia menghalang-halangi umat Tuhan. Padahal Tuhan katakan "biarkan umatKu pergi beribadah kepadaKu" tetapi dihalang-halangi oleh Firaun. Bapak ibu dan kekasih dalam Tuhan, jika dalam dirimu ada roh yang menghalang-halangi engkau untuk beribadah, berarti itu roh Firaun. Berarti suara Tuhan tidak dihargai, jangan sampai terjadi seperti itu.

Apa yang kita pegang sekarang? Bukankah suara itu yang mengalahkan Firaun, mengalahkan raja dunia, mengalahkan setan iblis. Ini suara Firman, bukan sekedar kita dengar. Sebab suara Firman ini yang membuat kita bijaksana, berakal budi dan berpengertian. Itu suara Firman bukan kata manusia atau bangsa-bangsa.

Firaun ini menjulang tinggi sampai ke laut, betapa sombongnya Firaun. Tetapi Tuhan suruh bangsa lain yang lebih kuat dari pada dia untuk memotong dia. Jadi kalau orang berkata kuat, ada yang lebih kuat darinya, itu manusia. Tetapi di hadapan Tuhan, kalau kita punya Injil, kita lebih kuat dari Firaun dan siapapun juga.

5.    Mazmur 29:7
29:7 Suara TUHAN menyemburkan nyala api.

Apakah kita belum percaya bahwa Firman itu api yang menghanguskan! Dalam Bilangan pasal 11 hati Tuhan sakit dan sebal kepada orang Israel, sehingga Tuhan katakan pada Musa dan Harun "geser kamu, Aku akan bakar bangsa itu". Tiba-tiba api sudah menyala, sudah banyak yang disambar oleh api. Musa memanggil "Harun ambil pendupaan dan berdiri di antara orang yang sudah mati dan orang yang masih hidup". Harun lari dan stop api itu. Jadi suara Tuhan menyemburkan nyala api.

Kemudian Korah, Datan dan Abiram serta On melawan Musa, Harun dan Miryam. Bumi membuka mulut menelan mereka. Kemudian mendadak api membakar 250 orang yang membawa ukupan untuk Tuhan, tetapi mereka disambar oleh Tuhan seperti Nadab dan Abihu.
Bilangan 16:35
16:35 Lagi keluarlah api, berasal dari pada TUHAN, lalu memakan habis kedua ratus lima puluh orang yang mempersembahkan ukupan itu.

Api berfungsi dua untuk membakar segala kekotoran di dalam diri kita. Tetapi kalau kita tidak mau disucikan maka sekaligus api itu membakar tubuh kita! Sebab suara Tuhan menyembur bagaikan api. Kita umat Tuhan yang hidup akhir zaman ini, masihkan kita meragukan akan Firman? Tidak! Tuhan tolong kalau kami masih meragukan kekuatan Firman. Suara Injil itu adalah kekuatan.

6.    Mazmur 29:8
29:8 Suara TUHAN membuat padang gurun gemetar, TUHAN membuat padang gurun Kadesh gemetar.

Itu baru bagian padang gurun sudah gemetar, tetapi Alkitab mengatakan bukan cuma padang gurun tetapi langit dan bumipun digoncang oleh Tuhan. Sehingga Firman Tuhan mengatakan banyak orang akan mati ketakutan.
Ibrani 12:26
12:26 Waktu itu suara-Nya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: "Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga."

Apakah kita tidak gemetar, padang gurun Kadesh Barnea saja gemetar. Di sanalah berhenti perjalan bangsa Israel dan mereka berkeliling-keliling di semenanjung Sinai selama 38 tahun. Sebab dari Mesir sampai gunung Torsina itu 1 tahun. Dan mereka berjalan lagi sampai di Kadesh Barnea itu selama 1 tahun dan 38 tahun mereka berpusing-pusing di padang gurun.

Itu sebabnya di serambi kolam Betesda, Tuhan Yesus datang kepada orang yang lumpuh sudah 38 tahun dan menyembuhkannya. Kita sudah mengalami 38 tahun gereja lumpuh, sekarang harus tampil Yesus dengan Kabar Mempelai untuk menyembukan gereja yang lumpuh. Di saat menutup tahun ke 38, Yesus tampil sebagai Mempelai Laki-laki Sorga.

Yesus bertanya "maukah engkau sembuh". Dia tidak menjawab mau, dia malah berkata "tidak ada yang membawaku ketika air itu bergoncang". Ini kesalahan gereja, minus pemimpin yang bisa menolong. Tetapi sekarang tampil Kabar Mempelai, inilah Yesus dalam bentuk Kabar untuk menolong gereja yang lumpuh selama 38 tahun, untuk menolong persekutuan-persekutuan yang lumpuh mulai dari persekutuan yang kecil yaitu persekutuan nikah.

7.    Mazmur 29:9
29:9 Suara TUHAN membuat beranak rusa betina yang mengandung, bahkan, hutan digundulinya; dan di dalam bait-Nya setiap orang berseru: "Hormat!"

Berarti rusa betina ini tidak mandul. Bukankah dalam Kidung Agung, gereja Tuhan diibaratkan seperti rusa betina. Kalau burung, gereja Tuhan diibaratkan seperti merpati.
Kidung Agung 2:7
2:7 Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem, demi kijang-kijang atau demi rusa-rusa betina di padang: jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya!

Itulah kita gereja Tuhan yang tidak mandul. Suara Firman itu membuat kita mengandung dan melahirkan. Suara Firman Kabar Mempelai itu bukan untuk membuat kita mandul rohani, tidak! Tetapi justru membuat kita mengandung dan melahirkan.
Wahyu 12:1-2
12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.
12:2 Ia sedang mengandung dan dalam keluhan dan penderitaannya hendak melahirkan ia berteriak kesakitan.

Jangan abaikan suara Firman pengajaran, suara penggembalaan, karena itu yang membuat kita bisa satu dengan Dia sebab kita diikat dengan suara ini. Begitu gembala keluar, domba ikut dari belakang. Mengapa? Sebab mereka mendengar suara gembala. Jangan kita kecilkan, jangan kita entengkan. Jika pelayan Tuhan dipercaya oleh Tuhan maka ada kebijakannya, ada akal budi Tuhan berikan. Kalau takut akan Tuhan maka dia dipercaya oleh Tuhan untuk membangun Tubuh Kristus. Dan dengar suara itu, ada 7 perkara menjadi bagian kehidupan yang mendengar suara Tuhan. Jangan mendengar suara dari yang lain. Mendengar suara asing, domba itu lari, dia tidak mau dengar.
Yohanes 10:5
10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal."

Jadi kalau suara itu berangkat dari jalur daging, jalur dunia, jalur manusia, jangan dengar, lari! Orang katakan sombong banget, biarkan saja. Sebab memang pasti beresiko, Tuhan Yesus saja mengalami resiko sampai Tuhan Yesus ditampar. Kemudian Yesus balik berkata "apakah salah kata-kataKu! Mengapa engkau menampar Aku! Kalau salah, di mana salahnya!". Jangan kita main tampar, kalau memang salah, gentelman katakan salah, supaya tidak main tampar.

Yeremia 9:12-13
9:12 Siapakah orang yang begitu bijaksana, sehingga ia dapat mengerti hal ini, orang yang telah menerima firman dari mulut TUHAN, supaya ia dapat memberitahukannya? Apakah sebabnya negeri ini binasa, tandus seperti padang gurun sampai tidak ada orang yang melintasinya?
9:13 Berfirmanlah TUHAN: "Oleh karena mereka meninggalkan Taurat-Ku yang telah Kuserahkan kepada mereka, dan oleh karena mereka tidak mendengarkan suara-Ku dan tidak mengikutinya,

Yohanes 10:3
10:3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.

Jadi gembala yang ada kebijakan dan diberikan akal budi, kepadanya dibukakan pintu. Berarti kepadanya dibukakan rahasia Firman.

Yohanes 10:4
10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.

Jadi lebih dahulu pintu dibuka, gembala di depan, domba di belakang karena mengikuti suara.

Yohanes 10:16
10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Jadi domba yang ada di dusun A dan di dusun B menjadi satu karena mendengar suara yang sama. Jika saudara mendengar di sini suara sudah tidak benar, jangan datang! Dan saya tidak akan dipercayakan rahasia Firman kalau sudah tidak benar! Rahasia Firman dibukakan bagi saya, tidak ada alasan saudara mengatakan sesat! Memang kita masih banyak hal yang salah.
Yakobus 3:2
3:2 Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.

Digembalakan oleh satu gembala, siapakah dia?
Yeremia 3:15
3:15 Aku akan mengangkat bagimu gembala-gembala yang sesuai dengan hati-Ku; mereka akan menggembalakan kamu dengan pengetahuan dan pengertian.

Kalau pengetahuan ini saudara kaitkan dengan ilmiah, bukan saya orangnya. Tetapi ini yang dimaksud:
Amsal 17:27
17:27 Orang yang berpengetahuan menahan perkataannya, orang yang berpengertian berkepala dingin.

Jadi 2 hal ini, harus menahan kata dan menahan sikap. Jika di antara saudara merasa pengajaran di sini tidak teguh, apa boleh buat, lebih baik tidak usah datang. Dari pada datang tetapi di luar bicara miring! Jangan sampai hal itu kita lakoni.

Yohanes 10:27
10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,

Jangan sampai kita tidak diikat oleh suara  Firman. Kita telah mendengar ada 7 suara hebatnya Tuhan. Dia di atas air, tidak bisa dikalahkan oleh suara dunia.

Yang mereka agung-agungkan adalah kebijakan dari jalur dunia, daging, manusia, tetapi jalur sorga mereka abaikan. Mereka tidak sadar, karena mengikuti jalur daging, dunia dan manusia, akhirnya mereka kena tipu dan binasa.

II Timotius 3:16
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Diilhamkan berarti dinafasi oleh Tuhan. Ini jalur sorga, ini suara dari sorga. Kalau ini ditolak nanti nafas itu berubah untuk membinasakan manusia. Olehnya kenapa pada waktu mereka mengikuti jalur daging, jalur dunia dan jalur manusia, maka Tuhan memberikan hukuman. Memang mereka mengatakan kami bijak, namun Tuhan katakan bagaimana kamu mengatakan bijak kalau kamu menolak Firman.

Maka Tuhan menjatuhkan hukuman pada mereka:
¢    Isteri mereka diambil orang
¢    Ladang mereka dirampas
¢    Mereka rebah di antara orang yang rebah
¢    Mereka diinjak-injak

Kalau nafas itu ditolak maka nafas itu akan membunuh yang menolak.
II Tesalonika 2:8
2:8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

Kalau menolak tulisan yang dinafasi oleh Tuhan, bukan tulisan pena palsu, maka sangsinya, ketika Tuhan datang, dia dibunuh oleh nafas yang keluar dari mulut Tuhan.
Ayub 4:9
4:9 Mereka binasa oleh nafas Allah, dan lenyap oleh hembusan hidung-Nya.

Tidak tanggung-tanggung, jika kita menolak tulisan yang diilhakan oleh Tuhan dari Kejadian sampai Wahyu berarti kita siap dibinasakan oleh nafas yang keluar dqari mulutnya. Jika kita menerima nafas maka langsung diberikan 4 karakteristik dari nafas Tuhan itu. Tetapi lebih dahulu kita lihat kesaksian Paulus tentang nafas ini.
Efesus 3:3
3:3 yaitu bagaimana rahasianya dinyatakan kepadaku dengan wahyu, seperti yang telah kutulis di atas dengan singkat.

Jadi tulisan ini adalah nafas Allah. Disebutkan rahasia. Jadi apapun, jika ada pembukaan rahasia Firman yaitu nikah Kristus dengan gereja, rahasia ibadah dan rahasia keubahan sekejab mata, berarti kehidupan itu adalah kepercayaan Tuhan. Karena dia tahu apa itu nafas Tuhan.

Tujuan nafas Allah.
1.    Bermanfaat untuk mengajar
a)    Diajar supaya umat Tuhan takut akan Tuhan.
Ulangan 4:10-12
4:10 yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan TUHAN, Allahmu, di Horeb, waktu TUHAN berfirman kepadaku: Suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka.
4:11 Lalu kamu mendekat dan berdiri di kaki gunung itu, sedang gunung itu menyala sampai ke pusar langit dalam gelap gulita, awan dan kegelapan.
4:12 Lalu berfirmanlah TUHAN kepadamu dari tengah-tengah api; suara kata-kata kamu dengar, tetapi suatu rupa tidak kamu lihat, hanya ada suara.

Jadi manfaat Firman pengajaran itu supaya umat Tuhan dan hamba Tuhan takut akan Tuhan dan hidupnya disucikan.

b)    Supaya umat Tuhan mengalami penyucian terus menerus, sesuai ayat ini:
Ibrani 12:8-11
12:8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.
12:9 Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup?
12:10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
12:11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

c)    Supaya umat Tuhan selamat menghadapi dunia akhir zaman termasuk virus corona atau belasampar ini. Kalau kitab Wahyu mengatakan belasampar ini akan membunuh 1/4 penduduk dunia ditelan habis.
Yesaya 42:21
42:21 TUHAN telah berkenan demi penyelamatan-Nya untuk memberi pengajaran-Nya yang besar dan mulia;

Dia memberikan pengajaran besar, manfaatnya supaya kita diselamatkan. Ini adalah keselamatan yang akan datang. Kalau sekarang meninggal kita selamat. Itu sebabnya pengajaran ini disebut besar karena membuka rahasia Tuhan yang besar yaitu rahasia nikah Kristus dan gereja. Kenapa disebut mulia? Sebab Mempelai Wanita yang duduk di pelaminan itu yang lebih mulia. Itu rahasia Allah yang dibuka demi menyelamatkan kita, supaya kita memacu diri lewat pengajaran ini untuk duduk di pelaminan bersama Yesus secara rohani, bukan secara daging.

2.    Menyatakan kesalahan
Harus berani menyatakan kesalahan. Makanya Yesus ditampar karena menyatakan kesalahan.
Yohanes 18:23
18:23 Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku itu salah, tunjukkanlah salahnya, tetapi jikalau kata-Ku itu benar, mengapakah engkau menampar Aku?"

Yesus saja berani berkata, kalau memang salah tunjukan! Apalagi saya! Kalau salah tunjukan, jangan berkoar di luar! Bagaimana bisa terjadi pemulihan? Beritahu  kalau salah.
Ratapan 2:14
2:14 Nabi-nabimu melihat bagimu penglihatan yang dusta dan hampa. Mereka tidak menyatakan kesalahanmu, guna memulihkan engkau kembali. Mereka mengeluarkan bagimu ramalan-ramalan yang dusta dan menyesatkan.

Pemulihan itu menunjukan kesalahan. Yesus berani ditampar walaupun Dia benar. Apalagi kalau kita salah. Resiko saya hamba Tuhan, walaupun benar kalau ditampar tidak menjadi masalah bagi saya. Apalagi kalau saya salah, terima saja. Itu yang harus kita terima supaya kita tidak menjadi hamba Tuhan dan anak Tuan yang salah kaprah. Akhirnya hanya berputar-putar dalam Yesaya 29:1.
Yesaya 29:1
29:21 yaitu mereka yang begitu saja menyatakan seseorang berdosa di dalam suatu perkara, dan yang memasang jerat terhadap orang yang menegor mereka di pintu gerbang, dan yang mendesak orang benar dengan alasan yang tidak-tidak.

Pemulihan harus berjalan sebab Yesus tidak akan datang kembali ke dunia sebelum pemulihan selesai.
Kisah para Rasul 3:21
3:21 Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.

Jadi menyatakan kesalahan untuk diselesaikan ini mengundang Yesus segera datang. Pemulihan ini harus terjadi dengan sukarela sesuai kehendak Tuhan.
Hosea 14:5-8
14:5 Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.
14:6 Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar.
14:7 Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon.
14:8 Mereka akan kembali dan diam dalam naungan-Ku dan tumbuh seperti gandum; mereka akan berkembang seperti pohon anggur, yang termasyhur seperti anggur Libanon.

3.    Memperbaiki kelakuan
Apa tujuan diperbaiki kelakuan? Supaya Tuhan diam di antara umatNya. Kalau tidak mau diperbaiki kelakuan dan ditunjuk kesalahan, maka Tuhan tidak akan diam bersamamu.
Yeremia 7:3,7
7:3 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu, maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini.
7:7 maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini, di tanah yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu, dari dahulu kala sampai selama-lamanya.

4.    Mendidik dalam kebenaran
Maksudnya mendidik dalam kebenaran adalah mengusir roh fasik dalam gereja. Karena roh fasik ini yang mengusik kebenaran.
Titus 2:12-14
2:12 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini
2:13 dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Jadi umat kepunyaan Tuhan sendiri yang rajin berbuat baik adalah orang yang melepaskan diri dari kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi. Ini untuk saya lebih dahulu. Karena kita akan menunjuk kepada langit dan bumi yang baru yang penuh kebenaran.
II Petrus 3:13
3:13 Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.

Untuk ke sana kita perlu dididk di dalam kebenaran. Kalau kita join dengan kefasikan, tidak mungkin kita menjadi penghuni langit dan bumi yang baru.
Saya punya pengalaman di masa silam saya, saya tidak segan-segan mengatakan kalau itu salah, walaupun kepada pimpinan saya. Menunjuk kesalahan ini jangan kita segan-segan walaupun kita ditampar. Kalau kita benar kita terima saja, kalau salah yah terima saja.

Ada 7 kuasa suara itu. Dan suara inilah yang mengikat domba dan gembala.
Mazmur 29:9
29:9 Suara TUHAN membuat beranak rusa betina yang mengandung, bahkan, hutan digundulinya; dan di dalam bait-Nya setiap orang berseru: "Hormat!"

Gereja Tuhan diibaratkan seperti rusa betina, ayo jangan sampai mandul, mari kita hormat bagi Tuhan.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar