20200802

Kebaktian Umum, Minggu 2 Agustus 2020 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

 

Kalau diibaratkan bertani, pujian itu mencangkul tanah, sehingga ketika benih Firman Tuhan ditaburkan, hati kita sudah siap. Jika tidak gembur tanahnya, itu sebabnya pemberita Firman sampai berteriak-teriak.

Wahyu 11:7-10

11:7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.

11:8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan.

11:9 Dan orang-orang dari segala bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak memperbolehkan mayat mereka dikuburkan.

11:10 Dan mereka yang diam di atas bumi bergembira dan bersukacita atas mereka itu dan berpesta dan saling mengirim hadiah, karena kedua nabi itu telah merupakan siksaan bagi semua orang yang diam di atas bumi.

 

Mereka bersukacita atas kematian kedua saksi itu karena mereka anggap usil dan banyak bicara akan apa yang mereka lakukan. Kebejatan mereka tidak mau dihambat, juga roh Mesir tidak mau dihambat. Itulah kecenderungan manusia, jika keinginan dagingnya dihambat, mengamuklah mereka.

 

Wahyu 11:11-14

11:11 Tiga setengah hari kemudian masuklah roh kehidupan dari Allah ke dalam mereka, sehingga mereka bangkit dan semua orang yang melihat mereka menjadi sangat takut.

11:12 Dan orang-orang itu mendengar suatu suara yang nyaring dari sorga berkata kepada mereka: "Naiklah ke mari!" Lalu naiklah mereka ke langit, diselubungi awan, disaksikan oleh musuh-musuh mereka.

11:13 Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan orang-orang lain sangat ketakutan, lalu memuliakan Allah yang di sorga.

11:14 Celaka yang kedua sudah lewat: lihatlah, celaka yang ketiga segera menyusul.

 

Segala sesuatu yang akan terjadi, Tuhan tidak lakukan sebelum diberitahu kepada hamba-hambaNya.

Amos 3:7

3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.

 

Jadi sebelum kisah-kisah yang mengerikan ini akan terjadi, sudah diberitahu lebih dahulu. Apalagi secara hurufiah sudah diberitahu, lebih lagi rahasia rohani apa yang akan terjadi ini juga Tuhan diberitahu. Itulah doa dan permohonan kami hamba Tuhan.

 

Penampilan kedua saksi ini, benar-benar menyusahkan bagi orang-orang yang gemar dengan kebejatan, bagi orang yang gemar dengan kenajisan dan bagi orang yang suka bertanya kepada berhala. Seorang artis ternama di Amerika, ketika bapak Pdt. Billy Graham menasihati dia malah marah dan berkata “saya tidak butuh nasihat bapak dan tidak butuh Tuhan!”. Akhirnya dia mati di kamar mandi. Hobi seseorang yang suka menggalakan daging dan suka yang najis, ketika itu dihambat, mereka anggap itu suatu persoalan berat.

 

Dua saksi ini tampil dalam pelayanan selama 1260 hari dan itu menyesakan orang yang gemar dan hobi dengan keinginan daging. Saya mau katakan dalam nama Yesus, jika ada keinginan daging, kemudian Tuhan datang lewat FirmanNya melalui hamba Tuhan dan saudara ada reaksi tidak senang, itu sudah betul, berarti saudara sudah kena Firman. Tetapi bukan berarti itu diteruskan, ini tandanya saudara harus berhenti, itu berarti Tuhan tidak membiarkan saya dan saudara berjalan terus dan berujung pada jurang kebinasaan. Itu sudah benar! Makanya banyak kali ketika orang mendengarkan suara Firman dengan segala ketajamannya, jika itu menyentuh hobinya, dia pasti bereaksi. Contohnya judi.

 

Satu ketika kami menggelar ibadah Paskah di Sulewana, kami mengundang gereja tetangga dan mereka hadir dengan jumlah cukup besar. Ada satu kekasih malamnya tidak bisa tidur, rasanya dia tersiksa. Firman yang dia dengar tadi sore, itu yang selalu mengejar dia. Sekitar jam 3 subuh dia dengar suara “engkau harus berkorban di mana engkau beribadah kemarin sore”. Akhirnya dia yakin itu suara Tuhan. Setengah 6 pagi dia keluar halaman, lalu lewat anak Tuhan anggota jemaat yang kami layani, dia bertanya, podium di gereja itu apakah memang harus begitu?” lalu anak Tuhan itu bertanya “kenapa?”. Bapak itu menjawab “malam ini saya tersiksa dan saya dengar suara harus berkorban di gerejanya kamu”. Jemaat itu berkata “tunggu dulu, nanti saya tanya bapak gembala”. Lalu dia bertanya kepada saya dan saya katakan mimbar ini akan dibeton. Jemaat itu kembali mengatakan pada bapak itu dan bapak itu berkata “kalau begitu saya tanggung semua dananya”. Baru tenang hatinya. Hatinya cenderung ikut pengajaran, kemudian isterinya berkata “kalau papa ke sana maka papa tidak boleh merokok, tidak boleh minum minuman keras dan tidak boleh main judi”. Begitu dia dengar tidak boleh merokok, tidak boleh minum minuman keras dan tidak boleh main judi, maka dia urung niatnya dan balik kanan.

 

Ini yang saya katakan, jangankan orang dunia, jika orang Kristen keinginannya dibendung, bukan senang-senang saja tetapi ada penderitaan. Jika penderitaan ini tidak bisa dia kuasai maka akan ada reaksi daging/ dia tetap lakukan apa yang dilarang oleh Tuhan.

Dalam Wahyu pasal 11 ini kita lihat, setelah mereka merasa menang karena membunuh 2 saksi ini, berarti hambatan tidak ada lagi bagi mereka, maka mereka bersukaria dan bertukar kado. Tetapi mereka tidak menyadari setelah 3,5 hari kemudian, mayat yang mereka biarkan di jalan kota yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, mendadak hidup. Dan mereka sendiri mendengar suara “naiklah kemari” maka kedua saksi ini naik ke sorga dibawa oleh awan.

 

Ternyata orang-orang yang tadinya hobi dan kesenangan dagingnya dihalangi, kemudian merasa sudah menang, ternyata kemenangannya hanya 3,5 hari. Kemudian mereka kalang kabut sebab terjadi gempa bumi dan 7.000 orang mati dalam waktu sesaat.

Wahyu 11:13

11:13 Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan orang-orang lain sangat ketakutan, lalu memuliakan Allah yang di sorga.

 

Tuhan izinkan 1/10 dari bagian kota itu rubuh. 1/10 adalah angka milik Tuhan. Karena mereka selama ini tidak menyerahkan dirinya sebagai milik Tuhan maka Tuhan hajar 1/10 kota itu dan 7.000 orang mati. Angka 7.000 ini mengingatkan pada zaman Elia. Di gunung Horeb Tuhan bertanya pada Elia “apa kerjamu di sini Elia?”. Padahal Tuhan sendiri yang menyuruh Elia ke gunung Horeb. Elia menjawab “Engkau tahu bagaimana aku giat bekerja untuk Engkau dan tinggal aku sendiri yang hidup”. Tuhan katakan “masih ada 7.000 saya simpan”. 7000 ini milik Tuhan, tetapi gempa bumi di sini menghancurkan orang yang tidak mengakui dirinya milik Tuhan.

 

Bumi ini diciptakan oleh Tuhan dan diberikan kepada kita manusia, semua itu ciptaan Tuhan tetapi si Pencipta tidak dihargai. Inilah yang terjadi. Mari kita mengapresiasi Firman Tuhan di akhir zaman ini.

I Raja-raja 19:18

19:18 Tetapi Aku akan meninggalkan tujuh ribu orang di Israel, yakni semua orang yang tidak sujud menyembah Baal dan yang mulutnya tidak mencium dia."

 

Makanya dikatakan kota itu Sodom dan digandeng dengan Mesir. Mesir bukan hanya sebatas keduniawian, tetapi di Mesir juga terkenal dengan berhala. Dari seluruh Mesir selalu ada berhala yang mereka dirikan. Di sini Tuhan tunjukan kuasaNya dengan gempa bumi. Bumi yang diciptakan untuk manusia tetapi Tuhan goncang dan membunuh 7.000 orang pada waktu itu.

 

Roma 11:4

11:4 Tetapi bagaimanakah firman Allah kepadanya? "Aku masih meninggalkan tujuh ribu orang bagi-Ku, yang tidak pernah sujud menyembah Baal."

 

Mereka bangga menghampar mayat 2 saksi ini di jalan raya kota besar yang disebut Sodom dan Mesir. Berhala ini paling banyak di seluruh Mesir. 400 tahun Isreal ada di Mesir dan selama di Mesir tidak pernah mereka membangun mezbah untuk menyembah Allah seperti Abraham, Ishak dan Yakub. Malah mereka menyembah berhala orang Mesir. Inilah kebanggaan dan itu ditunjukan dalam Wahyu pasal 11, mereka merasa berhala mereka menang menghadapi Allah yang benar.

 

Kita lihat dulu bagaimana Israel ketika ada di Mesir.

Yehezkiel 20:6-7

20:6 Pada hari itu Aku bersumpah kepada mereka untuk membawa mereka dari tanah Mesir ke tanah yang Kupilih baginya, negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, tanah yang permai di antara semua negeri.

20:7 Dan Aku berkata kepada mereka: Biarlah setiap orang membuangkan dewa-dewanya yang menjijikkan, ke mana ia selalu melihat dan janganlah menajiskan dirimu dengan berhala-berhala Mesir; Akulah TUHAN, Allahmu.

 

Israel sudah di Kanaan tetapi berhala Mesir masih ikuti mereka, mereka sembah dimanapun mereka berada.

 

Yehezkiel 20:8

20:8 Tetapi mereka memberontak terhadap Aku dan tidak mau mendengar kepada-Ku; setiap orang tidak membuangkan dewa-dewanya yang menjijikkan, ke mana ia selalu melihat, dan tidak meninggalkan berhala-berhala Mesir. Maka Aku bermaksud hendak mencurahkan amarah-Ku ke atas mereka untuk melampiaskan murka-Ku kepadanya di tengah-tengah tanah Mesir.

 

2 saksi ini bersaksi khusus bagi bangsa Israel, bukan lagi bagi bangsa kafir. Berarti berhala Mesir di Israel dan roh kebejatan juga di Israel. Dunia sekarang lagi marak dengan ini. Jika anak Tuhan tidak bisa mengendalikan diri, kita akan sama seperti Sodom dan Mesir yang dikatakan yang di mana Yesus disalib. Saya tidak langsung memberikan poin bahwa ini Yerusalem, tidak! Kita lihat bagaimana Israel ini dulu di Mesir selama 400 tahun tidak pernah membangun mezbah untuk Tuhan di sana. Mengapa? Sudah dijajah berhalanya orang Mesir. Ketika dikatakan dipertontonkan di kota Sodm dan Mesir, ini sebatas julukan.

 

Saya bukan meramal, saya cuma katakan waspada hari-hari terakhir ini dengan alam. Akan ada bencana alam kita hadapi. Semoga ini halusinasi saya, kalau halusinasi tidak akan terjadi. Tetapi mulut ini tidak pernah meleset! Ketika saya duduk di belakang saya bertanya “Tuhan bagaimana dengan keadaan alam ini” bahasa kalbu saya berkata akan ada bencana. Virus corona sudah menjadi bencana di seluruh dunia. Saya tidak tahu di Tentena ini bagaimana bentuk bencananya. Saya katakan ini supaya  kita berdoa bersama agar diluputkan dan dilindungi oleh Tuhan. Sebabnya jika ada hobi dan kesenangan saudara yang bertentengan dengan Firman, stop, berhentilah segera! Sebab kalau tidak, mungkin saudara berkata “ternyata sekarang kami menang. Yang memberitakan Firman malah itu yang kena”. Jangan saudara berpikir seperti itu atau berkata gegabah! Ini peringatakan bagi kita,

 

Kita lihat lebih dahulu tentang Sodom yang dikatakan dalam Yehezkiel 16 adalah kakak termuda dari Yehuda.

Yehezkiel 16:46-47

16:46 Kakakmu yang tertua ialah Samaria, yang beserta anak-anaknya perempuan diam di sebelah utaramu, dan kakakmu yang termuda ialah Sodom, yang beserta anak-anaknya perempuan diam di sebelah selatanmu.

16:47 Bukankah engkau hidup menurut perbuatan mereka dan engkau lakukan seperti perbuatan-perbuatan mereka yang keji; sebentar lagi saja engkau berbuat lebih jahat dari mereka dalam seluruh hidupmu.

 

Di sini terjadi pendadakan. Bukan pendadakan untuk hidup lebih benar di hadapan Tuhan, tetapi pendadakan untuk hidup lebih bejat di hadapan Tuhan. Ini kebalikan dari kehendak Tuhan!

Yehekiel 16:48

16:48 Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, sesungguh-sungguhnya Sodom, kakakmu yang termuda beserta anak-anaknya perempuan tidak berbuat seperti engkau lakukan beserta anak-anakmu perempuan.

 

Ini cermin bagi kita, justru orang percaya, orang Kristen malah lebih jahat dari pada Sodom dan Samaria. Kenapa disebut seperti itu? Karena kita sudah mendengar Firman Tuhan, hobi dan kesenangan yang berseberangan dengan Tuhan harus kita lepaskan dan jangan kita pelihara. Jika tetap pelihara, berarti unjuk jago dan busung dada di hadapan Tuhan. Kalau itu ada pada seseorang, berarti orang itu lebih jahat dari pada Sodom.

 

Yehezkiel 16:49-51

16:49 Lihat, inilah kesalahan Sodom, kakakmu yang termuda itu: kecongkakan, makanan yang berlimpah-limpah dan kesenangan hidup ada padanya dan pada anak-anaknya perempuan, tetapi ia tidak menolong orang-orang sengsara dan miskin.

16:50 Mereka menjadi tinggi hati dan melakukan kekejian di hadapan-Ku; maka Aku menjauhkan mereka sesudah Aku melihat itu.

16:51 Dan Samaria tidak membuat setengah pun dari dosa-dosamu, bahkan engkau melakukan lebih banyak kekejian dari mereka berdua, sehingga dengan segala kekejian-kekejianmu yang engkau lakukan, engkau membuat kakak-kakakmu perempuan kelihatan benar.

 

Jadi kebejatan dan kekejian itu ada pada sodom. Dan mereka merasa dengan hal itu mereka menang menghadapi dua saksi Tuhan. Ada 6 hal yang dilakukan oleh Sodom:

1.      Kecongkakan

Kecongkakan ini merasa mereka sudah menang. Pikir mereka “tidak bersalah soal sombong dan congkak, ternyata saya menang menghadapi 2 saksi”. Ini kebanggaan mereka.

 

2.      Makanan berlimpah

Artinya mereka merasa tidak ada kekurangan lagi.banyak kali orang dunia berpikir seperti itu “biar saya tinggalkan gereja, biar saya tidak dengar Firman, ternyata saya hidup berlimpah tidak kekurangan satu apapun”. Wahyu 3:17

 

3.      Hidup jemawa

Yang penting, kesenangannya yang dia ikuti, hobinya yang dia ikuti, kegemarannya yang dia ikuti, perduli amat dengan Firman. Ini yang banyak terjadi di dalam kalangan orang kristen. Kalau itu ada, waspada, itu roh Sodom! Dan hanya sesaat yaitu 3,5 hari mereka merasa menang, sesudah itu binasa.

 

4.      Tidak ada belas kasihan

Kalau ada kegemaran yang bejat dan najis, dia merasa jangan ada orang usil dengan dia, karena bagaimanapun tidak akan ada belas kasihan.

 

5.      Tinggi hati

 

6.      Melakukan berbagai macam kekejian.

 

Orang Sodom ini bekerja sama dengan Mesir. Orang Mesir ini lebih hebat dari bangsa manapun soal berhala. Berhala Mesir itu sudah merasuk Yehuda dan itu adalah Sodom yang berangkulan dengan Mesir.

 

Segala sesuatu kegiatan mereka sudah diatur oleh berhala dan itu sukar diganti dengan Allah yang benar. Sangat sukar mengganti ilah dengan Tuhan yang benar. Tetapi dari Tuhan yang benar untuk diganti berhala, itu mudah sekali. Buktinya Israel, mereka sudah punya Tuhan yang benar namun begitu cepat mereka ganti dengan yang tidak benar. Kalau yang tidak benar mau diganti dengan yang benar, itu sulit sekali. Kenapa begitu sulit? Karena latar belakangnya adalah iblis. Mana yang saudara anggap mudah sekarang, berubah dari tidak rohani menjadi rohani atau berubah dari yang rohani menjadi tidak rohani.

 

Contohnya saja, anak muda itu kelihatan begitu rohani, mendadak seperti petir di siang bolong, mudah sekali dia berubah. Apakah saudara mau berubah lagi seperti itu, merubah yang rohani menjadi non rohani. Meninggalkan Tuhan itu sangat mudah dari pada datang kepada Tuhan.

 

Di 3 sudut negeri Mesir ada berhala Mesir dan di sana berbondong-bondong orang datang menyembah berhala. Berhala orang Mesir ini telah merasuk orang Israel. Mesir ini kerja sama dengan moral orang yang seperti Sodom. Makanya orang Sodom mudah sekali untuk bekerja sama dengan hal ini. Coba saudara berhadapan dengan hal ini, bagaimana sekarang akhir zaman ini. Sebab apa yang disebut dalam Wahyu pasal 11 ini terjadi pada akhir zaman. Lihat saja, sangat mudah orang meninggalkan Yesus lalu datang kepada berhala.

 

Saudara bisa perhatikan bagaimana murka Tuhan kada Mesir. Tetapi akhirnya Tuhan merubah hati Mesir. Akan ada jalan poros Israel ke Mesir, Mesir ke Asyur, Asyur ke Mesir. Sehingga Tuhan katakan Mesir anakKu dan Israel milik pusakaKu. Hari-hari terakhir ini kita akan menyaksikan. Semoga ini terjadi di mata saya, saya ingin menyaksikan.

Yesaya 19:23-25

19:23 Pada waktu itu akan ada jalan raya dari Mesir ke Asyur, sehingga orang Asyur dapat masuk ke Mesir dan orang Mesir ke Asyur, dan Mesir akan beribadah bersama-sama Asyur.

19:24 Pada waktu itu Israel akan menjadi yang ketiga di samping Mesir dan di samping Asyur, suatu berkat di atas bumi,

19:25 yang diberkati oleh TUHAN semesta alam dengan berfirman: "Diberkatilah Mesir, umat-Ku, dan Asyur, buatan tangan-Ku, dan Israel, milik pusaka-Ku."

 

Itu sebabnya dalam kitab Wahyu tadi, ketika terjadi gempa bumi dan 7000 orang mati maka mereka ketakutan dan percaya kepada Tuhan. Pasti ini yang terjadi.

Wahyu 11:13

11:13 Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan orang-orang lain sangat ketakutan, lalu memuliakan Allah yang di sorga.

 

Asyur ini dulu ibu kotanya Damsyik, Damsyik artinya kegiatan. Ada poros Mesir, Asyur dan Israel. Tuhan katakan “Ayur anakKu, Mesir milikKu dan Israel pusakaKu”.

 

Wahyu 11:8

11:8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan.

 

Mesir ini terkenal dengan berhalanya. Ketika Tuhan perlihatkan kuasa wibawaNya lewat 10 tulah di Mesir, maka semua berhala Mesir ini Tuhan hancurkan. Tuhan buat gelap di Mesir, tetapi di Gosyen terang. Itu membuktikan Allah Abraham, Ishak dan Yakub yang kita sembah itu tidak bisa dikalahkan oleh siapapun, itulah Tuhan Yesus Kristus! Sebabnya kenapa begitu mudah melepaskan Yesus! Orang Kristen terlalu gegabah padahal Tuhan sudah memperlihatkan kuasaNya di Mesir. Tuhan rubah air menjadi darah, dimunculkan katak, nyamuk, dll. Tuhan memperlihatkan Dia di atas segala-galanya. Ini yang disaksikan oleh 2 saksi ini. Walaupun diizinkan Tuhan mereka dikalahkan dan 3,5 hari mayat mereka tergeletak di jalan raya, tetapi Tuhan perlihatkan wibawa kuasaNya,  masuk kembali roh mereka dan nyawanya dikembalikan. Tuhan berfirman “naiklah kemari”. Mereka naik ke Sorga.

Wahyu 11:12

11:13 Pada saat itu terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan sepersepuluh bagian dari kota itu rubuh, dan tujuh ribu orang mati oleh gempa bumi itu dan orang-orang lain sangat ketakutan, lalu memuliakan Allah yang di sorga.

 

Tadinya mereka ramai dengan dangdut, ramai dengan lagu pop, ramai dengan seriosa, ramai dengan keroncong, ramai dengan langgam doni dole, sekarang dihinggapi ketakutan karena 2 saksi itu bangkit. Kemenangan mereka hanya sesaat, namun mereka merasa sudah luar biasa sehingga tukar menukar kado. Tuhan izinkan manusia yang ada di sekitar itu berjoget di sana, akhirnya menjadi ketakutan.

 

Wahyu 11:12

11:12 Dan orang-orang itu mendengar suatu suara yang nyaring dari sorga berkata kepada mereka: "Naiklah ke mari!" Lalu naiklah mereka ke langit, diselubungi awan, disaksikan oleh musuh-musuh mereka.

 

Dua saksi itu naik ke sorga dan musuh-musuh mereka takluk! Kalau sekarang anda merasa benar meninggalkan Yesus, satu saat engkau akan menangis karena musuh-musuh yaitu yang meninggalkan Yesus akan ketakutan. Bukan cuma 2 orang yaitu Musa dan Elia tetapi semua anggota Tubuh Kristus yang sempurna akan naik ketemu Yesus di awan-awan yang permai. Lihat Mempela Wanita yang tadinya disingkirkan, sekarang mengalami pengangkatan. Jangan dibalik pengangkatan baru penyingkiran. Disingkirkan dulu selama 3,5 tahun, setelah itu yang disingkirkan itu diubahkan sekejap mata, kemudian orang yang mati itu bangkit dan ketemu Yesus di awan-awan. Saya tidak mau kehilangan kesempatan ini. Doaku dan kerinduan hatiku jangan seorangpun di antara kita kehilangan kesempatan bertemu Yesus Mempelai Laki-laki Sorga. Kalau mereka hamya berdansa 3,5 hari, tetapi kesukaan kita tidak akan pernah berakhir, selama-lamanya bersama Yesus di dalam Kerajaan Sorga.

 

Kita lihat bagaimana Sodom dan Mesir ini bekerja sama menghadapi utusan Tuhan. Di atas kertas kekuatan Mesir dan Sodom ini luar biasa dan mereka merasa menang. Maka dibiarkanlah mayat 2 saksi ini tergeletak di sana.

 

Apa yang terjadi pada ayat 13, ada gempa bumi dan 7.000 orang mati. Angka 7.000 adalah angka pilihan Tuhan yang disimpan oleh Tuhan, disembunyikan oleh Tuhan, sehingga tidak dapat dideteksi oeh Izebel dan Ahab. Apa yang terjadi dalam Wahyu 11:13? 7000 orang mati. Kalau di pihak Tuhan, 7000 ini Tuhan pelihara dan dilindungi. Tetapi dari pihak Ahab dan Izebel bukannya dilindungi tetapi dibunuh oleh Tuhan. Pada zaman Elia 7000 orang dilindungi oleh Tuhan, itu ada pada era pemerintahan Ahab dan Izebel. Ahab sekedar pajangan dan yang berkuasa adalah Izebel.

 

Di sini 7000 orang mati. Kekuatan Sodom dan Mesir tidak bisa lagi mempertahankan murka Tuhan sehingga 7.000 mati dan 1/10 kota itu hancur. 1/10 adalah angka milik Tuhan. Jika anda-anda bermain-main dalam persoalan perpuluhan ini, tanpa saudara sadar, saudara dimasukan dalam barisan Sodom dan Mesir. Jadi kalau mempermainkan persoalan perpuluhan ini, bukan rohani kita hidup, justru mati karena Tuhan sejajarkan dengan Sodom dan Mesir.

 

Saya heran, umat Tuhan bahkan hamba Tuhan salah menilai persoalan ini, seakan-akan kita berkorban kepada manusia. Saudara berikan pada Tuhan kemudian Tuhan berikan pada imam-imam sebagai balas jasa dia melayani Tubuh Kristus. Kemudian imam melayani umat.

 

 Tuhan

 

 

 

 


                                                Imam                           umat Tuhan

 

Bilangan 18:19

18:19 Segala persembahan khusus, yakni persembahan kudus yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan bersama-sama dengan engkau; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya; itulah suatu perjanjian garam untuk selama-lamanya di hadapan TUHAN bagimu serta bagi keturunanmu."

 

Garam ini menggambarkan Roh Kudus.

 

Bilangan 18:20-21

18:20 TUHAN berfirman kepada Harun: "Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat milik pusaka dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan milik pusakamu di tengah-tengah orang Israel.

18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.

 

Kalau kami yang menikmati, itu Tuhan yang berikan sebagai balas jasa telah melayani Tubuh Kristus atau Tabernakel. Jadi kalau saudara adalah anggota Tubuh Kristus, janganlah kita berpkir kita memberi kepada manusia, sebab saudara memberi kepada Tuhan.

Ibrani 7:8

7:8 Dan di sini manusia-manusia fana menerima persepuluhan, dan di sana Ia, yang tentang Dia diberi kesaksian, bahwa Ia hidup.

 

Di sini manusia fana menerima, tetapi tembus di sana. Diberikan kesaksian bahwa Dia hidup.

 

Dalam Wahyu pasal 11 ayat 7 tadi dikatakan mereka mati, itu menggenapi Wahyu 6:9.

Wahyu 6:9-11

6:9 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki.

6:10 Dan mereka berseru dengan suara nyaring, katanya: "Berapa lamakah lagi, ya Penguasa yang kudus dan benar, Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka yang diam di bumi?"

6:11 Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka.

 

Dua saksi ini penggenap Wahyu 6:11. Kematian dua saksi ini mengakhiri 3,5 tahun aniaya. 2 saksi dibunuh berarti memenuhi kegenapan jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka yang dibunuh sama seperti mereka.

 

Jika membaca ini saya berdoa, Tuhan tolong saya, saya tidak mampu seperti itu. Apakah saudara mampu untuk dibantai seperti Petrus disalib terbalik, rasul Yohanes digoreng di belanga goreng tetapi tidak mati dan tidak gosong. Saya mau menjadi tubuh Kristus yang tidak diganggu gugat oleh setan. Tetapi kalau saudara terdaftar sebagai orang yang mati sahid, saya cuma berdoa Tuhan jangan daftar mereka. Lebih baik kami terangkat di awan-awan yang permai. Tidak seperti 2 saksi ini yang sudah menggenapi jumlah tersebut. Jangan ada dari antara kita yang alami seperti itu, seperti Petrus dan seperti Paulus. Bukan berarti mereka tidak mulia, tetapi Mempelai Wanita adalah kekasihnya Yesus yang duduk bersanding dengan Yesus. Kenapa? Sebab dia mampu mengalahkan dagingnya, mampu menghadapi roh sodom dan mampu mengalahkan rohnya Mesir.

 

 

Tuhan Memberkati.

JADWAL IBADAH

Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan

Perjamuan Suci → Pk. 17.00

Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30

Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30

            Ibadah Raya → Pk. 09.00

            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar