20111228

Kebaktian Natal di Tambu, Rabu 28 Desember 2011 Pdt. Bernard Legontu


Lukas 1:17
dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Ayat ini menyatakan kerinduan hati Tuhan untuk memiliki umat yang layak bagiNya. Bagaimana sambutan kita terhadap kerinduan hati Tuhan ini akan nampak dalam perilaku hidup kita, apakah kita ada di dalam proses pembangunan umat yang layak bagi Tuhan atau malah berada di luar?

Apakah di saat itu tidak ada umat Tuhan? Di saat itu ada bangsa Israel yang adalah umat Tuhan, bahkan disebutkan sebagai umat pilihan Tuhan. Mereka adalah hamba-hamba Tuhan namun mereka telah menyeleweng dan melakukan hal-hal yang menyakiti hati Tuhan.
Imamat 25:55
Karena pada-Kulah orang Israel menjadi hamba; mereka itu adalah hamba-hamba-Ku yang Kubawa keluar dari tanah Mesir; Akulah TUHAN, Allahmu."

Ulangan 28:47-48
47 "Karena engkau tidak mau menjadi hamba kepada TUHAN, Allahmu, dengan sukacita dan gembira hati walaupun kelimpahan akan segala-galanya,
48 maka dengan menanggung lapar dan haus, dengan telanjang dan kekurangan akan segala-galanya engkau akan menjadi hamba kepada musuh yang akan disuruh TUHAN melawan engkau. Ia akan membebankan kuk besi ke atas tengkukmu, sampai engkau dipunahkan-Nya.

Di dalam perilaku hidupnya, bangsa Israel sudah tidak dapat disebut sebagai umat pilihan yang dipilih oleh Tuhan untuk menyenangkan hatiNya. Mereka berbalik menjadi umat yang menyakiti hati Tuhan.

Sehingga Allah berpaling kepada bangsa lain,
Kisah Para Rasul 15:14; 13:48 (Terjemahan lama)
15:14 Bahwa sudah diceriterakan oleh Simon atas peri bagaimana pada mulanya Allah menilik orang kafir serta memilih daripadanya suatu kaum untuk nama-Nya.
13:48 Maka orang-orang kafir yang mendengar itu pun bersukacitalah sambil memuliakan firman Allah, dan seberapa banyak orang yang ditentukan bagi hidup yang kekal itu juga percayalah.

I Korintus 3:23
Tetapi kamu adalah milik Kristus dan Kristus adalah milik Allah.

Kita telah menjadi miliknya Tuhan oleh sebab itu kita harus memuliakan Tuhan dengan tubuh dan roh kita.
I Korintus 6:20
Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!
I Korintus 6:20 (Terjemahan Inggris)
For ye are bought with a price: therefore glorify God in your body, and in your spirit (dan dengan rohmu), which are God's.

Bukti bahwa seseorang merupakan umat pilihan Tuhan yang kelak tampil sebagai umat yang layak di hadapan Tuhan adalah dia sadar dan paham bahwa dirinya telah dibeli oleh Tuhan sehingga dalam perilaku hidupnya dia selalu memuliakan Tuhan dengan tubuh dan rohnya.

Untuk menangani umat yang layak yang dirindukan oleh Tuhan ini, Tuhan telah menyiapkan orang-orang kepercayaanNya. Orang-orang ini adalah orang pilihan Tuhan. Di atas pundak mereka telah Tuhan percayakan tugas untuk melayani umat agar bisa tampil layak di hadapan Tuhan. Kriteria pelayan-pelayan ini harus seperti kriteria yang dimiliki oleh Yohanes pembaptis. Yohanes pembaptis adalah murni suku lewi, artinya seorang pelayan harus memiliki kriteria sebagai seorang Lewi yaitu mereka hidup hanya bergantung sepenuhnya kepada Tuhan dan tidak memiliki pusaka lain selain Tuhan.
Yeremia 33:20-21
20 "Beginilah firman TUHAN: Jika kamu dapat mengingkari perjanjian-Ku dengan siang dan perjanjian-Ku dengan malam, sehingga siang dan malam tidak datang lagi pada waktunya,
21 maka juga perjanjian-Ku dengan hamba-Ku Daud dapat diingkari, sehingga ia tidak mempunyai anak lagi yang memerintah di atas takhtanya; begitu juga perjanjian-Ku dengan orang-orang Lewi, yakni imam-imam yang menjadi pelayan-Ku.

Kriteria suku Lewi ini tidak pernah berubah dan tidak pernah Tuhan ingkari. Meskipun Tuhan Yesus tidak datang dari suku Lewi namun kriteria yang dimiliki Tuhan Yesus sesuai dengan kriteria orang Lewi.
Ibrani 7:14
Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku itu Musa tidak pernah mengatakan suatu apa pun tentang imam-imam.

Hamba Tuhan yang dipercayakan untuk mewujudkan kerinduan hati Tuhan harus memiliki kriteria seorang Lewi. Bila seorang hamba Tuhan tidak memiliki kriteria tersebut berarti dia tidak melayani Tuhan namun melayani perutnya sendiri.

Di akhir zaman akan tampil pribadi yang akan menghalangi terwujudnya umat Tuhan yang layak. Firman Tuhan menyebutkan mereka adalah penipu dan mereka akan berhasil. Penipu ini adalah orang-orang yang bertuhankan perutnya.

Iblis tidak senang bila kita berhasil ditampilkan sebagai umat yang layak bagi Tuhan. Oleh sebab itu dia berusaha untuk menghalangi dan usahanya tersebut semakin dahsyat di akhir zaman ini.

Kerinduan hati Tuhan supaya kita tampil sebagai umat yang layak, yang tanpa cacat dan cela.
Efesus 5:27
supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Tuhan Yesus telah mati untuk menyelamatkan kita.
Efesus 5:25
Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

Proses selanjutnya yang menghentar kita untuk menjadi umat yang layak adalah dengan menerima penyucian lewat Firman Tuhan.
Efesus 5:26
untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,
Yang terlibat dalam proses ini adalah pelayan-pelayan Tuhan, orang-orang kepercayaan Tuhan,
Efesus 4:11-12
11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,
dan dapat dipercaya.
1 Korintus 4:1-2
1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Umat yang layak yang tanpa cacat dan kerut adalah penampilan gereja Tuhan di penghujung akhir zaman.
I Korintus 1:8
Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.
Filipi 1:10
sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus,
Kolose 1:22
sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.
I Tesalonika 3:13
Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya.
I Tesalonika 5:23
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Di akhir zaman ini, di saat Tuhan berusaha mewujudkan umat yang layak yang merupakan kerinduan hatiNya maka tampillah penipu ulung yang mencoba untuk menghambat gereja yang akan tampil layak tanpa cacat dan cela. Hal ini telah diingatkan oleh Gabriel kepada Daniel.
Daniel 8:23-25
23 Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu.
24 Kekuatannya akan menjadi hebat, tetapi tidak sekuat yang terdahulu, dan ia akan mendatangkan kebinasaan yang mengerikan, dan apa yang dilakukannya akan berhasil; orang-orang berkuasa akan dibinasakannya, juga umat orang kudus.
25 Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil; ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.

Ada 4 kali Malaikat Gabriel menampakkan dirinya kepada manusia. Pada kali yang pertama dan kedua kepada Daniel, yang ketiga kepada Zakharia dan yang keempat kali kepada Maria. Pada kesempatan ini akan dibicarakan tiga kali penampakan dari Malaikat Gabriel.

1.      Kepada Daniel untuk pertama kali
Daniel 8:16-19
16 dan aku mendengar dari tengah sungai Ulai itu suara manusia yang berseru: "Gabriel, buatlah orang ini memahami penglihatan itu!"
17 Lalu datanglah ia ke tempat aku berdiri, dan ketika ia datang, terkejutlah aku dan jatuh tertelungkup, lalu ia berkata kepadaku: "Pahamilah, anak manusia, bahwa penglihatan itu mengenai akhir masa!"
18 Sementara ia berbicara dengan aku, jatuh pingsanlah aku tertelungkup ke tanah; tetapi ia menyentuh aku dan membuat aku berdiri kembali.
19 Lalu berkatalah ia: "Kuberitahukan kepadamu apa yang akan terjadi pada akhir murka ini, sebab hal itu mengenai akhir zaman.

Penampilan pertama kali Gabriel kepada manusia adalah untuk berbicara tentang akhir zaman. Gabriel berbicara tentang antikristus yang memperalat sesama manusia dengan kepandaiannya menipu. Pergerakan dari penipu ini diperlihatkan sebagai domba jantan yang bertanduk dua yang ditampilkan dalam kitab Daniel pasal 8.
Daniel 8:3-4
3 Aku mengangkat mukaku dan melihat, tampak seekor domba jantan berdiri di depan sungai itu; tanduknya dua dan kedua tanduk itu tinggi, tetapi yang satu lebih tinggi dari yang lain, dan yang tinggi itu tumbuh terakhir.
4 Aku melihat domba jantan itu menanduk ke barat, ke utara dan ke selatan, dan tidak ada seekor binatang pun yang tahan menghadapi dia, dan tidak ada yang dapat membebaskan dari kuasanya; ia berbuat sekehendak hatinya dan membesarkan diri.

Domba jantan bertanduk dua ini menunjuk pada dua kerajaan yang menjadi satu yaitu Media dan Persia. Dalam mimpi Nebukadnesar mengenai patung, kerajaan Media dan Persia ini terkena pada bagian dada dan lengan yang terbuat dari perak. Dalam penglihatan Daniel tentang empat binatang, kerajaan Media dan Persia ditunjukkan oleh binatang beruang. Pada mulutnya terdapat tiga rusuk menunjuk pada keberhasilannya memperluas daerah kekuasaannya ke barat, utara dan selatan.

Daniel 7:5
Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.

Dahulu ini menunjuk pada kerajaan purbakala yaitu Media dan Persia namun sekarang ini menunjuk pada antikristus yang tampil dengan roh penipu yang berusaha menyerang gereja Tuhan.
Yang diserang adalah :

Ø  Di sebelah barat, alat dalam Ruangan Suci yaitu kedudukan Mezbah Dupa (penyembahan). Antikristus tampil untuk menipu anak Tuhan dalam bentuk penyembahan palsu.
Keluaran 40:26
Ditempatkannyalah mezbah emas di dalam Kemah Pertemuan di depan tabir itu.

Wahyu 13:8, 15
8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.
15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

Ø  Di sebelah utara yaitu mengganggu Meja Roti (Firman Pengajaran). Antikristus menipu anak Tuhan dengan penampilan firman palsu. Di taman Eden, roh penipu yang tampil dalam wujud ular telah berhasil menipu hawa dengan firman yang palsu. Di akhir zaman ini penipuan lewat firman palsu ini akan terulang kembali dan akan berhasil menipu banyak anak Tuhan.
Keluaran 40:22
Ditaruhnyalah meja di dalam Kemah Pertemuan pada sisi Kemah Suci sebelah utara, di depan tabir itu.

Ø  Di sebelah Selatan yaitu mengganggu kesaksian kita dengan Allah dalam hubungan kita dengan pekerjaan Roh Kudus.
Keluaran 40:24
Ditempatkannyalah kandil di dalam Kemah Pertemuan berhadapan dengan meja itu, pada sisi Kemah Suci sebelah selatan.

Yang seharusnya Yohanes 15:26-27
26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

     
Oleh sebab itu kita harus mempertahankan 3 macam ibadah tersebut:
Ø  Ibadah Penyembahan F Mezbah Dupa
Ø  Ibadah Pendalaman Alkitab F Meja Roti
Ø  Ibadah Raya (kesaksian) F Kaki Dian

Daniel 7:5
Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.

Rusuk menunjuk pada nikah.
Kejadian 2:22
Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Dahulu iblis berhasil menghancurkan nikah pertama dengan roh penipu, di akhir zaman ini iblis berusaha mengganggu tatanan ibadah dengan roh penipu dan ia akan berhasil membuat banyak anak Tuhan tidak bisa tampil sebagai umat yang layak, tidak masuk di dalam pesta nikah Anak Domba Allah, oleh karena iblis menghancurkan persekutuan nikah.
Maleakhi 2:15-16
15 Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.
16 Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel -- juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!

Namun iblis tidak akan berhasil mengagalkan umat yang mau sungguh-sungguh digarap di dalam ibadah yang benar, ibadah yang ditangani oleh hamba Tuhan yang bergantung sepenuhnya kepada Tuhan.

Rasul Paulus di dalam ilham Roh Kudus juga menulis tentang penipu yang semakin bertambah jahat dan ini terjadi di akhir zaman.
II Timotius 3:13
sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.

Daniel 9:12,27
12Dan telah ditetapkan-Nya firman-Nya, yang diucapkan-Nya terhadap kami dan terhadap orang-orang yang telah memerintah kami, yakni bahwa akan didatangkan-Nya kepada kami malapetaka yang besar, yang belum pernah terjadi di bawah semesta langit, seperti di Yerusalem.
27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

Pekerjaan dari penipu ini tampil dengan sayap kekejian. Sayap berbicara kekuatan untuk mengangkat. Jangan sampai kita terlihat seperti terangkat ibadah pelayanan kita,
bukti Wahyu 2:19
Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.
padahal dengan sayap kekejian yang penuh dengan tipu muslihat. Mungkin terlihat jemaat berkembang namun sebenarnya di dalamnya ada penipuan dalam tahbisan, tahbisan dari hamba Tuhan yang melayani sudah tidak murni Lewi. Artinya hamba Tuhan sudah tidak bergantung sepenuh kepada Tuhan, sudah mempunyai pekerjaan yang lain. Hamba Tuhan yang seperti itu menipu sidang jemaat!

Bila kita menyatakan diri percaya kepada Tuhan namun masih mengandalkan kekuatan diri kita sendiri, maka itu sama dengan kita berteriak dari bumi bahwa Tuhan itu pembohong dan tidak sanggup memelihara kita. Bagaimana kita bisa masuk ke dalam kerajaan Sorga bila menuduh Tuhan itu pembohong? Inilah kehidupan yang disebutkan bertuhankan perutnya.

Roma 16:17-18
17 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima, menimbulkan perpecahan dan godaan. Sebab itu hindarilah mereka!
18 Sebab orang-orang demikian tidak melayani Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya.

Penipuan yang dibicarakan dalam ayat di atas adalah penipuan di dalam pelayanan di tengah sidang jemaat. Penipuan dalam pelayanan inilah yang berhasil menipu banyak anak Tuhan sebab mereka tidak sadar bahwa sebenarnya mereka telah ditipu dan digiring untuk berjumpa dengan bosnya penipu yaitu iblis yang akan berwujud sebagai manusia yang disebut antikristus (anthropostes anomias) = manusia tanpa hukum (menolak hukum Allah).

2.      Kepada Daniel untuk kedua kali
Daniel 9:20-24
20 Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadapan TUHAN, Allahku, permohonanku bagi gunung kudus Allahku,
21 sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari.
22 Lalu ia mengajari aku dan berbicara dengan aku: "Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti.
23 Ketika engkau mulai menyampaikan permohonan keluarlah suatu firman, maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi. Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan itu!
24 Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.

Penampakan Gabriel yang kedua kali kepada Daniel adalah jawaban dari doa permohonan Daniel untuk pemulihan Yerusalem.
Daniel 9:2-4
2 pada tahun pertama kerajaannya itu aku, Daniel, memperhatikan dalam kumpulan Kitab jumlah tahun yang menurut firman TUHAN kepada nabi Yeremia akan berlaku atas timbunan puing Yerusalem, yakni tujuh puluh tahun.
3 Lalu aku mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon, sambil berpuasa dan mengenakan kain kabung serta abu.
4 Maka aku memohon kepada TUHAN, Allahku, dan mengaku dosaku, demikian: "Ah Tuhan, Allah yang maha besar dan dahsyat, yang memegang Perjanjian dan kasih setia terhadap mereka yang mengasihi Engkau serta berpegang pada perintah-Mu!

Doa dari Daniel ini dijawab oleh Tuhan. Jawaban Tuhan yang disampaikan oleh Gabriel ini berisi tentang pemulihan ibadah dan sekaligus penampilan dari antikristus. Penampilan kedua dari Gabriel berhubungan dengan pemulihan gereja Tuhan untuk bisa menjadi umat yang layak, masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus yang sempurna.

II Tawarik 36:22-23
22 Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini:
23 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda. Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, TUHAN, Allahnya, menyertainya, dan biarlah ia berangkat pulang!"

Koresh berasal dari bangsa kafir dan dialah yang ditugaskan Tuhan untuk perintahkan umatNya agar mendirikan bait Allah di Yerusalem. Ini menunjukkan kepada kita bahwa justru dari bangsa kafirlah Tuhan mendambakan pemulihan gereja Tuhan. Betapa besar kasihnya Tuhan kepada kita bangsa kafir, Tuhan rindu untuk mendapatkan umat yang layak dari bangsa kafir. Prakarsa untuk pembangunan Tubuh Kristus ini justru datang dari bangsa kafir itu sebabnya sekarang ini kegerakan pembukaan rahasia Firman Tuhan terjadi di tengah-tengah bangsa kafir.

Kolose 1:26-28 (Terjemahan Lama)
1:26 yaitu rahasia yang sudah tersembunyi berzaman-zaman dan turun-temurun, tetapi sekarang sudah dinyatakan kepada orang-orang suci-Nya.
1:27 Maka kepada mereka itulah Allah dengan kehendak-Nya sudah menyatakan bagaimana kayanya kemuliaan rahasia itu kepada orang kafir, yaitu Kristus di dalam kamu itulah pengharapan akan beroleh kemuliaan,
1:28 yang kami ini beritakan, sambil menasehatkan tiap-tiap orang dan mengajar tiap-tiap orang dengan segala hikmat, supaya dapat kami mendirikan tiap-tiap orang menjadi sempurna di dalam Kristus.
Kita ini adalah bangsa kafir namun bila kita mengaku sebagai anak Tuhan maka Tuhan memprioritaskan kita untuk masuk di dalam pembangunan Tubuh Kristus.

Selain berbicara tentang pemulihan gereja, pada penampakannya yang kedua kali kepada Daniel, Gabriel juga berbicara tentang penampilan antirkistus. Pergerakan dari antikristus ini ditunjukkan oleh penampilan kambing jantan.
Daniel 8:5
Tetapi sementara aku memperhatikannya, tampak seekor kambing jantan datang dari sebelah barat, yang melintasi seluruh bumi tanpa menginjak tanah; dan kambing jantan itu mempunyai satu tanduk yang aneh di antara kedua matanya.

Kambing jantan ini menunjuk pada kerajaan Yunani. Dalam penglihatan Nebukadnesar mengenai patung, kerajaan Yunani ini terkena pada bagian perut dan pinggang yang terbuat dari tembaga. Dalam penglihatan Daniel tentang empat binatang, kerajaan Yunani ditunjukan oleh binatang macan tutul yang tampil dengan garang. Kegenapannya pada akhir zaman menunjuk pada antikristus yang akan mencemarkan ibadah dan menganiaya umat yang tertinggal.

Catatan sejarah Yunani (macan tutul) tampilnya Iskandar Agung dengan 4 jenderal :
a)      Selencus ke Timur dan keturunannya ialah Antiochus Epiphanes, mempersembahkan babi betina di atas Medzbah Korban Bakaran, ini merupakan penghinaan terhadap Allah.
b)      Lysimachus ke Utara
c)      Cassander ke Barat
d)      Ptolemy ke Selatan

Ini artinya pergerakan-pergerakan antikristus akan menjangkau seluruh dunia, waspadalah! sebab hal ini pasti akan terjadi di depan kita (menuju pada kegenapannya).

Daniel 8:8-9
8 Kambing jantan itu sangat membesarkan dirinya, tetapi ketika ia sampai pada puncak kuasanya, patahlah tanduk yang besar itu, lalu pada tempatnya tumbuh empat tanduk yang aneh, sejajar dengan keempat mata angin yang dari langit.
9 Maka dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil, yang menjadi sangat besar ke arah selatan, ke arah timur dan ke arah Tanah Permai.

2 Tesalonika 2:4-5
4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.
5 Tidakkah kamu ingat, bahwa hal itu telah kerapkali kukatakan kepadamu, ketika aku masih bersama-sama dengan kamu?
Berarti Paulus sudah berulang kali menyatakan hal ini.

Antikristus ini akan bergerak sampai ke tanah permai. Tanah permai itulah tanah Israel. Antikristus akan masuk sampai ke Israel dan ia akan berhasil.
Yehezkiel 20:6
Pada hari itu Aku bersumpah kepada mereka untuk membawa mereka dari tanah Mesir ke tanah yang Kupilih baginya, negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, tanah yang permai di antara semua negeri.

Umat Tuhan yang tertipu oleh pelayananan hamba Tuhan yang tidak berada dalam tahbisan yang benar akan mengikuti antikristus dan berakhir dalam kebinasaan bersama antikristus.
II Tesalonika 2:8
pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

3.      Kepada Zakharia
Lukas 1:19
Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.

Penampilan Gabriel kepada Zakharia adalah untuk menyampaikan kabar baik. Apa yang disampaikan Gabriel di dalam dua kali penampilannya kepada Daniel juga menyampaikan kabar baik. Apa yang dibicarakan oleh Gabriel pada Daniel bertujuan supaya kita terhindar dari antikristus namun seringkali berita yang baik ini di tolak dan menganggap ini hanya hayalan belaka dan manusia
hanya menakut-nakuti saja alias beranggapan hal ini tidak akan terjadi,

Zefanya 1:12
Pada waktu itu Aku akan menggeledah Yerusalem dengan memakai obor dan akan menghukum orang-orang yang telah mengental seperti anggur di atas endapannya dan yang berkata dalam hatinya: TUHAN tidak berbuat baik dan tidak berbuat jahat!
tetapi baru akan terkejut bila Zefanya 1:14-17 digenapkan,
Zefanya 1:14-17
1:14 Sudah dekat hari TUHAN yang hebat itu, sudah dekat dan datang dengan cepat sekali! Dengar, hari TUHAN pahit, pahlawan pun akan menangis.
1:15 Hari kegemasan hari itu, hari kesusahan dan kesulitan, hari kemusnahan dan pemusnahan, hari kegelapan dan kesuraman, hari berawan dan kelam,
1:16 hari peniupan sangkakala dan pekik tempur terhadap kota-kota yang berkubu dan terhadap menara penjuru yang tinggi.
1:17 Aku akan menyusahkan manusia, sehingga mereka berjalan seperti orang buta, sebab mereka telah berdosa kepada TUHAN. Darah mereka akan tercurah seperti debu dan usus mereka seperti tahi.

Kepada Zakharia, Gabriel tampil memberitakan kelahiran Yohanes pembaptis. Siapakah Yohanes pembaptis itu? Dia adalah pribadi yang mendahului kedatangan Tuhan Yesus pada kali yang pertama.
Yohanes 3:28-29
28 Kamu sendiri dapat memberi kesaksian, bahwa aku telah berkata: Aku bukan Mesias, tetapi aku diutus untuk mendahului-Nya.
29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Yohanes pembaptis di akhir zaman itulah hamba-hamba Tuhan yang dipercayakan oleh Tuhan untuk mendahului kedatangan Tuhan Yesus kedua kali. Pemberita Firman yang menampilkan Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga itulah pelayan Tuhan yang memiliki ciri yang sama dengan Yohanes pembaptis. Jangan hanya sebagai slogan bahwa kita menyampaikan berita kabar Mempelai namun harus disertai dengan bukti bahwa di dalam pemberitaan Firman ada perkara yang harus dipangkas dan disucikan.

Lukas 3:4-6
4 seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, aluruskanlah jalan bagi-Nya.
5 bSetiap lembah akan ditimbun dan csetiap gunung dan bukit akan menjadi rata, dyang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan,
6 dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan."

a.       Luruskanlah lorong-lorong-Nya
Lukas 3:4 (Terjemahana Lama)
seperti yang tersurat di dalam kitab Nabi Yesaya, bunyinya, "Suara orang yang berseru-seru di padang belantara: Sediakanlah jalan Tuhan, dan luruskanlah lorong-lorong-Nya.

Lorong adalah jalan sempit yang diapit oleh rumah-rumah. Bila lorong diluruskan berarti lorong ini sebelumnya berada dalam kondisi yang bengkok oleh sebab rumah-rumah yang berjajar tidak lurus. Supaya lorong ini bisa lurus maka tempat rumah-rumah ini harus dibenahi supaya menjadi lurus. Rumah berbicara nikah. Isi dari pemberitaan Yohanes pembaptis di akhir zaman harus membenani nikah, mengoreksi nikah-nikah yang salah.

Bila lorong ini tidak diluruskan maka yang akan berjalan di lorong bukanlah Tuhan Yesus tetapi orang bodoh.
Pengkhotbah 10:2-3
2 Hati orang berhikmat menuju ke kanan, tetapi hati orang bodoh ke kiri.
3 Juga kalau ia berjalan di lorong orang bodoh itu tumpul pikirannya, dan ia berkata kepada setiap orang: "Orang itu bodoh!"

Apabila nikah tidak dibenahi maka yang ada hanyalah kumpulan orang-orang bodoh. Apa yang terjadi dengan kumpulan orang bodoh ini? Orang yang bodoh, orang yang nikahnya tidak mau dibenahi pasti tertinggal saat Tuhan Yesus datang kedua kali.

Matius 25:8-11
8 Gadis-gadis yang bodoh berkata kepada gadis-gadis yang bijaksana: Berikanlah kami sedikit dari minyakmu itu, sebab pelita kami hampir padam.
9 Tetapi jawab gadis-gadis yang bijaksana itu: Tidak, nanti tidak cukup untuk kami dan untuk kamu. Lebih baik kamu pergi kepada penjual minyak dan beli di situ.
10 Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup.
11 Kemudian datang juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata: Tuan, tuan, bukakanlah kami pintu!
12 Tetapi ia menjawab: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya aku tidak mengenal kamu.
13 Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya."


b.      Lembah akan ditimbun
Bilangan 14:25
Orang Amalek dan orang Kanaan diam di lembah. Sebab itu berpalinglah besok dan berangkatlah ke padang gurun, ke arah Laut Teberau."

Lembah adalah tempat kediaman orang Amalek. Amalek ini berbicara kedagingan (kehidupan yang dikuasai hawa nafsu daging).
2 Petrus 2:12-15, 19-22
2:12 Tetapi mereka itu sama dengan hewan yang tidak berakal, sama dengan binatang yang hanya dilahirkan untuk ditangkap dan dimusnahkan. Mereka menghujat apa yang tidak mereka ketahui, sehingga oleh perbuatan mereka yang jahat mereka sendiri akan binasa seperti binatang liar,
2:13 dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka. Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan. Mereka adalah kotoran dan noda, yang mabuk dalam hawa nafsu mereka kalau mereka duduk makan minum bersama-sama dengan kamu.
2:14 Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk!
2:15 Oleh karena mereka telah meninggalkan jalan yang benar, maka tersesatlah mereka, lalu mengikuti jalan Bileam, anak Beor, yang suka menerima upah untuk perbuatan-perbuatan yang jahat.
2:19 Mereka menjanjikan kemerdekaan kepada orang lain, padahal mereka sendiri adalah hamba-hamba kebinasaan, karena siapa yang dikalahkan orang, ia adalah hamba orang itu.
2:20 Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula.
2:21 Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka tidak pernah mengenal Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian berbalik dari perintah kudus yang disampaikan kepada mereka.
2:22 Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya."

Kedagingan inilah yang harus ditimbun. Jangan kita biarkan tempat Amalek, jangan kita biarkan hawa nafsu daging dalam diri kita bila ingin berjumpa dengan Tuhan Yesus.

c.       Gunung dan bukit akan menjadi rata
Bila gunung dan bukit diratakan maka kita bisa melihat satu dengan yang lain sebab tidak terhalang lagi oleh gunung dan bukit. Artinya kita harus melepaskan keegoisan kita, terutama di dalam nikah. Jangan sampai kita tidak mempedulikan kebutuhan orang lain sebab hanya mementingkan diri sendiri. Ingat! kepala barisan dosa adalah mementingkan diri sendiri.

2 Timotius 3:2a
Manusia akan mencintai dirinya sendiri

d.      Yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan,
II Samuel 22:26-27
26 Terhadap orang yang setia Engkau berlaku setia, terhadap orang yang tidak bercela Engkau berlaku tidak bercela,
27 terhadap orang yang suci Engkau berlaku suci, tetapi terhadap orang yang bengkok Engkau berlaku belat-belit.

Perkara keempat yang harus dipangkas adalah karakter yang suka berliku-liku atau yang bengkok yang seringkali diwujudkan dengan berdusta.

Berarti mengikuti tabiat bapa yang lain ialah:
Yohanes 8:44
Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.


Tuhan tidak pernah membenci kita, Tuhan selalu mencintai kita. Itulah sebabnya FirmanNya selalu tampil menyucikan kita. Biarlah kita mau menerima penyucian Firman Tuhan supaya kita bisa layak berjumpa dengan Tuhan saat Ia datang kembali.


Tuhan memberkati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar