20111225

Kebaktian Natal Umum, Minggu 25 Desember 2011 Pdt. Bernard Legontu


Lukas 1:17, 19
17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."
19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.

Gabriel artinya Hamba Allah, Pemberita kabar baik.
Penampilan Gabriel kepada Zakharia bukan merupakan kali pertama dia menampakan diri kepada manusia. Sebelumnya Gabriel pernah berjumpa dengan Daniel bahkan sampai dua kali. Semua penampakan Gabriel selalu terkait dengan akhir zaman di mana Tuhan Yesus datang sebagai Mempelai Laki-laki Sorga dan berbicara akhir zaman berarti tidak lepas dengan keadaan kita sekarang ini.

Daniel 8:16-17; 9:21; 10:14; 11:35
8:16 dan aku mendengar dari tengah sungai Ulai itu suara manusia yang berseru: "Gabriel, buatlah orang ini memahami penglihatan itu!"
8:17 Lalu datanglah ia ke tempat aku berdiri, dan ketika ia datang, terkejutlah aku dan jatuh tertelungkup, lalu ia berkata kepadaku: "Pahamilah, anak manusia, bahwa penglihatan itu mengenai akhir masa!"
9:21 sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari.
10:14 Lalu aku datang untuk membuat engkau mengerti apa yang akan terjadi pada bangsamu pada hari-hari yang terakhir; sebab penglihatan ini juga mengenai hari-hari itu."
11:35 Sebagian dari orang-orang bijaksana itu akan jatuh, supaya dengan demikian diadakan pengujian, penyaringan dan pemurnian di antara mereka, sampai pada akhir zaman; sebab akhir zaman itu belum mencapai waktu yang telah ditetapkan.

Semua menubuatkan hal-hal yang akan terjadi di akhir zaman. Tuhan mengaruniakan akal budi kepada Daniel demikian juga dikaruniakannya kepada kita,
Ulangan 4:4-6
4:4 sedangkan kamu sekalian yang berpaut pada TUHAN, Allahmu, masih hidup pada hari ini.
4:5 Ingatlah, aku telah mengajarkan ketetapan dan peraturan kepadamu, seperti yang diperintahkan kepadaku oleh TUHAN, Allahku, supaya kamu melakukan yang demikian di dalam negeri, yang akan kamu masuki untuk mendudukinya.
4:6 Lakukanlah itu dengan setia, sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu dan akal budimu di mata bangsa-bangsa yang pada waktu mendengar segala ketetapan ini akan berkata: Memang bangsa yang besar ini adalah umat yang bijaksana dan berakal budi.

Dalam kitab Daniel pasal 8 ini ada dua binatang yang di tampilkan:

1.      Domba jantan yang bertanduk dua
Daniel 8:3-4
3 Aku mengangkat mukaku dan melihat, tampak seekor domba jantan berdiri di depan sungai itu; tanduknya dua dan kedua tanduk itu tinggi, tetapi yang satu lebih tinggi dari yang lain, dan yang tinggi itu tumbuh terakhir.
4 Aku melihat domba jantan itu menanduk ke barat, ke utara dan ke selatan, dan tidak ada seekor binatang pun yang tahan menghadapi dia, dan tidak ada yang dapat membebaskan dari kuasanya; ia berbuat sekehendak hatinya dan membesarkan diri.

Domba jantan bertanduk dua ini menunjuk pada dua kerajaan yang menjadi satu yaitu Media dan Persia. Dalam mimpi Nebukadnesar mengenai patung, kerajaan Media dan Persia ini terkena pada bagian dada dan lengan yang terbuat dari perak. Dalam penglihatan Daniel tentang empat binatang, kerajaan Media dan Persia ditunjukan oleh binatang beruang. Pada mulutnya terdapat tiga rusuk menunjuk pada keberhasilannya memperluas daerah kekuasaannya ke barat, utara dan selatan dan merusak nikah-nikah (rusuk)

Kejadian 2:22
Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Daniel 7:5
Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.

Dahulu ini menunjuk pada kerajaan purbakala yaitu Media dan Persia namun sekarang ini terdapat kekuatan yang sedang bergerak baik dari barat, utara dan selatan yang diperalat oleh kuasa kegelapan untuk mewujudkan rencananya.
Yang diserang adalah :
Ø  Di sebelah barat, alat dalam Ruangan Suci yaitu kedudukan Mezbah Dupa (penyembahan),
Ø  Di sebelah utara yaitu mengganggu Meja Roti (Firman Pengajaran),
Ø  Di sebelah Selatan yaitu mengganggu hubungan kita dengan pekerjaan Roh Kudus.

Oleh sebab itu kita harus mempertahankan 3 macam ibadah tersebut:
·         Ibadah Penyembahan F Mezbah Dupa
·         Ibadah Pendalaman Alkitab F Meja Roti
·         Ibadah Raya (kesaksian) F Kaki Dian

Jangan sampai gagal !!!

Apa yang Tuhan nyatakan kepada Daniel ini sebenarnya ditujukan kepada kita yang hidup di akhir zaman ini. Tujuannya supaya jangan kita menjadi lengah dan tidak bersiap karena berpikir dunia ini akan tetap tenang seperti sekarang. Sebab itu jadilah orang Kristen yang bijaksana yang memperhatikan waktu dan keadaan dunia ini seperti yang telah digambarkan di dalam Alkitab.


2.      Kambing jantan
Daniel 8:5
Tetapi sementara aku memperhatikannya, tampak seekor kambing jantan datang dari sebelah barat, yang melintasi seluruh bumi tanpa menginjak tanah; dan kambing jantan itu mempunyai satu tanduk yang aneh di antara kedua matanya.

Kambing jantan ini menunjuk pada kerajaan Yunani. Dalam penglihatan Nebukadnesar mengenai patung, kerajaan Yunani ini terkena pada bagian perut dan pinggang yang terbuat dari tembaga. Dalam penglihatan Daniel tentang empat binatang, kerajaan Yunani ditunjukan oleh binatang macan tutul yang tampil dengan garang. Kegenapannya pada akhir zaman menunjuk pada antikristus yang akan mencemarkan ibadah dan menganiaya umat yang tertinggal.

Catatan sejarah Yunani (macan tutul) tampilnya Iskandar Agung dengan 4 jenderal :
a)      Selencus ke Timur dan keturunannya ialah Antiochus Epiphanes, mempersembahkan babi betina di atas Medzbah Korban Bakaran, ini merupakan penghinaan terhadap Allah.
b)      Lysimachus ke Utara
c)      Cassander ke Barat
d)      Ptolemy ke Selatan

Ini artinya pergerakan-pergerakan antikrist akan menjangkau seluruh dunia, waspadalah! sebab pasti pasti akan terjadi di depan kita.

Oleh sebab itu carilah perlindungan pada FirmanNya,
Mazmur 91:14
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.

Daniel 8:23-25
23 Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu.
24 Kekuatannya akan menjadi hebat, tetapi tidak sekuat yang terdahulu, dan ia akan mendatangkan kebinasaan yang mengerikan, dan apa yang dilakukannya akan berhasil; orang-orang berkuasa akan dibinasakannya, juga umat orang kudus.
25 Dan oleh karena akalnya, penipuan yang dilakukannya akan berhasil; ia akan membesarkan dirinya dalam hatinya, dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.

Dahulu Hawa jatuh karena tipuan iblis,
Kejadian 3:1-2, 4-6
3:1 Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"
3:2 Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,
3:4 Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati,
3:5 tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."
3:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.

di akhir zaman gereja Tuhan akan menghadapi suatu masa di mana muncul ahli penipu.
Roma 16:17-18
17 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima, menimbulkan perpecahan dan godaan. Sebab itu hindarilah mereka!
18 Sebab orang-orang demikian tidak melayani Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya.

II Timotius 3:12-13
12 Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya,
13 sedangkan orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan.

Untuk menghadapi roh penipuan di akhir zaman ini tidak ada cara lain selain kita harus memperhatikan penampilan Tuhan lewat pembukaan rahasia FirmanNya. Tuhan berupaya untuk memikat kita dengan pembukaan FirmanNya supaya kita terkait dengan PribadiNya. Di satu pihak iblis sedang berusaha untuk menipu kita dengan mempesona kita dengan media dunia ini, kemuliaan dunia, dan banyak yang tertipu sehingga tidak hiraukan lagi untuk beribadah
Maleakhi 3:13-15
3:13 Bicaramu kurang ajar tentang Aku, firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: "Apakah kami bicarakan di antara kami tentang Engkau?"
3:14 Kamu berkata: "Adalah sia-sia beribadah kepada Allah. Apakah untungnya kita memelihara apa yang harus dilakukan terhadap-Nya dan berjalan dengan pakaian berkabung di hadapan TUHAN semesta alam?
3:15 Oleh sebab itu kita ini menyebut berbahagia orang-orang yang gegabah: bukan saja mujur orang-orang yang berbuat fasik itu, tetapi dengan mencobai Allah pun, mereka luput juga."


Gabriel dua kali menampakan dirinya kepada Daniel. Di dalam Lukas pasal 1 Gabriel juga menampakan diri dua kali kepada dua pribadi yang berbeda.

1.      Gabriel bertemu dengan Zakharia
Lukas 1:9, 19
9 Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan di situ.
19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.

Keluaran 30:7-8
30:7 Di atasnya haruslah Harun membakar ukupan dari wangi-wangian; tiap-tiap pagi, apabila ia membersihkan lampu-lampu, haruslah ia membakarnya.
30:8 Juga apabila Harun memasang lampu-lampu itu pada waktu senja, haruslah ia membakarnya sebagai ukupan yang tetap di hadapan TUHAN di antara kamu turun-temurun.
Waktu pagi menghadapi pelayanan, waktu petang menghadapi kegelapan malam, jadi sangat penting bahan ukupan (penyembahan).

Gabriel adalah hamba Allah demikian juga dengan Zakharia. Mereka bertemu di Bait Allah di dalam suasana ibadah pelayanan. Isi pembicaraan mereka adalah tentang Yohanes pembaptis yang bertugas untuk mempersiapkan umat yang layak bagi Tuhan. Agar sidang jemaat bisa layak tampil sebagai mempelai wanitaNya maka tidak bisa lepas dari pelayanan hamba Allah di dalam ibadah.

Di dalam ibadah pelayanan ada tersirat rahasia Tuhan yang besar yaitu untuk membawa jemaat menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Ibadah pelayanan yang ditangani oleh hamba Tuhan dalam tahbisan yang benar membawa kita untuk tampil sebagai sidang MempelaiNya. Ibadah yang tidak mengarahkan kita untuk menjadi umat yang layak hanya merupakan ritual atau prosesi ibadah yang tidak ada pembukaan rahasia Firman Tuhan di dalamnya. Arahnya tidak membawa jemaat untuk berjumpa dengan Kristus Mempelai Laki-laki Surga tetapi hanya membawa sidang jemaat untuk berjumpa dengan antikristus.

Lukas 1:8-10
8 Pada suatu kali, waktu tiba giliran rombongannya, Zakharia melakukan tugas keimaman di hadapan Tuhan.
9 Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan di situ.
10 Sementara itu seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Waktu itu adalah waktu pembakaran ukupan.

Daniel 9:20-21
20 Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadapan TUHAN, Allahku, permohonanku bagi gunung kudus Allahku,
21 sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari.
Waktu perjumpaan Gabriel dan Zakharia sama dengan waktu perjumpaan Gabriel dengan Daniel yaitu di saat untuk melayani, waktu persembahan korban petang = menghadapi kegelapan malam yang dahsyat, nubuatan tentang menghadapi suasana antikrist.

Daniel 9:22-24,27
22 Lalu ia mengajari aku dan berbicara dengan aku: "Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti.
23 Ketika engkau mulai menyampaikan permohonan keluarlah suatu firman, maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi. Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan itu!
24 Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.
27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."
Yang dibicarakan Gabriel kepada Daniel adalah tentang akhir zaman yang mana akan tampil antikristus.

Gabriel adalah hamba Tuhan dari sorga, Zakharia adalah hamba Tuhan dari dunia. Artinya di dalam pelayanan seorang hamba Tuhan harus terkait dengan kerajaan sorga, harus selalu ada hubungan yang erat dengan Tuhan/suasana Sorga. Untuk itu seorang hamba Tuhan harus menjaga kekudusan, bila semakin menguduskan diri maka hubungan dengan Tuhan pasti semakin indah.

Hamba Tuhan yang bisa mengerti perkara yang akan datang adalah hamba Tuhan yang memiliki hubungan pribadi yang indah dengan sorga, sama seperti Daniel yang kepadanya diungkapkan perkara-perkara yang akan datang.
Yohanes 3:31-36
31 Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.
32 Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorang pun yang menerima kesaksian-Nya itu.
33 Siapa yang menerima kesaksian-Nya itu, ia mengaku, bahwa Allah adalah benar.
34 Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.
35 Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya.
36 Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."

1 Tesalonika 1:8
Karena dari antara kamu firman Tuhan bergema bukan hanya di Makedonia dan Akhaya saja, tetapi di semua tempat telah tersiar kabar tentang imanmu kepada Allah, sehingga kami tidak usah mengatakan apa-apa tentang hal itu.

Ada 2 golongan :
1)      Yang tidak mau mengenal Allah,
2)      Tidak mentaati injil Yesus Tuhan kita, berarti percaya hanya di mulut saja tetapi tidak disertai dengan perbuatan.
Yakobus 2:17
Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Yang dibicarakan di sini bukan persoalan percaya atau tidak percaya namun percaya yang dilanjutkan dengan ketaatan. Orang yang menerima murka Tuhan ini adalah orang yang tidak percaya, serta mereka yang mengaku Kristen dan tahu tentang hukum Tuhan namun tidak taat! Jangan sampai kita tidak menghargai pembukaan rahasia Firman Tuhan yang telah banyak kita terima sehingga harus menerima murka Allah yaitu 21 hukuman di dalam kitab Wahyu, 7 hukuman Allah Roh Kudus, 7 hukuman Putra Allah dan 7 hukuman Allah Bapa.

Umat yang layak adalah orang yang mau menerima undangan Tuhan. Disaat menolak undangan berarti menempatkan diri tidak layak di hadapan Tuhan. Bagaimana praktek orang menerima undangan Tuhan? Orang yang menerima undangan adalah orang yang memberi dirinya untuk dikuduskan.

Zefanya 1:7
Berdiam dirilah di hadapan Tuhan ALLAH! Sebab hari TUHAN sudah dekat. Sungguh TUHAN telah menyediakan perjamuan korban dan telah menguduskan para undangan-Nya.

Ada beberapa hal yang harus dikuduskan:
a.       Pengudusan diri secara pribadi
Kita harus menguduskan diri secara pribadi dan jangan sampai terkena ludah ular itulah dosa penipuan sehingga kita juga ikut menipu orang lain bahkan sampai menipu Tuhan. Bagaimana seseorang menipu Tuhan? Dengan tidak mengembalikan milik Tuhan yaitu perpuluhan dan persembahan khusus.
Maleakhi 3:8
Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!

Ada 11 dosa yang menjadi penghalang kita masuk ke dalam pembentukan Tubuh Kristus.
II Korintus 12:20-21
20 Sebab aku kuatir, bahwa apabila aku datang aku mendapati kamu tidak seperti yang kuinginkan dan kamu mendapati aku tidak seperti yang kamu inginkan. Aku kuatir akan adanya 1perselisihan, 2iri hati, 3amarah, 4kepentingan diri sendiri, 5fitnah, 6bisik-bisikan, 7keangkuhan, dan 8kerusuhan.
21 Aku kuatir, bahwa apabila aku datang lagi, Allahku akan merendahkan aku di depan kamu, dan bahwa aku akan berdukacita terhadap banyak orang yang di masa yang lampau berbuat dosa dan belum lagi bertobat dari 9kecemaran, 10percabulan dan 11ketidaksopanan yang mereka lakukan.

Fitnah dalam bahasa gerika adalah diabolos, setan dalam bahasa gerika juga diabolos. Orang yang suka memfitnah menjadi sama dengan setan.
Keangkuhan prakteknya adalah tidak mempunyai minat untuk mengenal Tuhan dengan benar, bahkan menghalang–halangi/menentang orang lain untuk mengenal Tuhan.

Tanpa disadari salah satu praktek hidup tidak sopan banyak terjadi di dalam gereja Tuhan yaitu perempuan yang tampil berkhotbah di depan sidang jemaat.
I Korintus 14:35
Jika mereka ingin mengetahui sesuatu, baiklah mereka menanyakannya kepada suaminya di rumah. Sebab tidak sopan bagi perempuan untuk berbicara dalam pertemuan Jemaat.

Perempuan yang tampil mengajar di depan sidang jemaat adalah orang yang disamakan dengan tidak memiliki kasih Allah (Agape).
I Korintus 13:4-5
4 Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

b.      Pengudusan dalam persoalan pekerjaan
Pekerjaan kita harus ada dalam tanda penebusan, pekerjaan kita harus diperdamaikan dengan Tuhan. Seperti Boas yang adalah gambaran Tuhan Yesus, dia bukan hanya menebus Rut untuk menjadi istrinya namun dia juga menebus ladangnya yang menunjuk pekerjaannya.
Rut 4:5, 9-10
4:5 Tetapi kata Boas: "Pada waktu engkau membeli tanah itu dari tangan Naomi, engkau memperoleh Rut juga, perempuan Moab, isteri orang yang telah mati itu, untuk menegakkan nama orang itu di atas milik pusakanya."
4:9 Kemudian berkatalah Boas kepada para tua-tua dan kepada semua orang di situ: "Kamulah pada hari ini menjadi saksi, bahwa segala milik Elimelekh dan segala milik Kilyon dan Mahlon, aku beli dari tangan Naomi;
4:10 juga Rut, perempuan Moab itu, isteri Mahlon, aku peroleh menjadi isteriku untuk menegakkan nama orang yang telah mati itu di atas milik pusakanya. Demikianlah nama orang itu tidak akan lenyap dari antara saudara-saudaranya dan dari antara warga kota. Kamulah pada hari ini menjadi saksi."

Zefanya 1:8
"Pada hari perjamuan korban TUHAN itu Aku akan menghukum para pemuka, para anak-anak raja dan semua orang yang memakai pakaian asing.
 Orang yang menerima hukuman dari Tuhan adalah orang yang tidak mau merendahkan diri.

2.      Gabriel bertemu dengan Maria
Lukas 1:28, 26
28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."
26 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,


Maria dilawat oleh Gabriel di dalam rumah untuk memberitakan kelahiran Tuhan Yesus. Berbicara rumah berarti berbicara nikah dan yang ditampilkan di sini adalah Tuhan Yesus sebagai Mempelai Laki-laki Sorga yang akan menikah dengan Gereja yang sempurna, Mempelai WanitaNya.

Lukas 1:28 (Terjemahan Inggris)
And the angel came in unto her, and said, Hail, thou that art highly favoured, the Lord is with thee: blessed art thou among women. (diberkatilah engkau di antara  wanita / berbahagialah engkau di antara wanita).

Tiga kali Maria menerima ucapan bahagia.
a.       Malaikat Gabriel (Bahasa dari Bapa)
Lukas 1:28
Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."

Ucapan kebahagiaan yang pertama berhubungan dengan anak yang akan mewarisi takhta. Ini yang menjadi kebahagiaan gereja Tuhan yang mau dibawa oleh Tuhan untuk duduk setakhta denganNya. Duduk setakhta sama dengan duduk bersanding, berarti kita dibawa untuk menjadi Mempelai Wanita Tuhan.

b.      Elisabet (Bahasa dari Anak)
Lukas 1:45
Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

Ucapan kebahagiaan yang kedua berhubungan dengan penggenapan Firman dan janji Tuhan. Apa yang dikatakan Firman tentang jemaatNya? Maut tidak akan bisa menjamah jemaat Tuhan.
Matius 16:18
Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Disaat kapan janji Tuhan itu digenapi? Janji Tuhan ini digenapi saat kita tampil sebagai gereja Tuhan yang tidak berbuat dosa lagi, tampil sebagai sidang MempelaiNya yang sempurna. Di saat itu kita tidak dapat dijamah oleh setan dan tidak dikuasai lagi oleh maut.
I Yohanes 5:18
Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya.

c.       Maria sendiri (Bahasa dari Roh Kudus)
Lukas 1:48
sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,

Ucapan kebahagiaan yang ketiga berhubungan denga kerendahan hati. Orang yang rendah hati itulah yang akan ditinggikan Tuhan.
Matius 23:12
Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.


Pertemuan Gabriel dengan Zakharia di Bait Allah berbicara tentang rahasia Ibadah yang menampilkan kita menjadi Mempelai Wanita Tuhan. Pertemuan Gabriel dengan Maria di rumah Maria berbicara tentang rahasia Nikah yang menampilkan Tuhan Yesus Kristus Mempelai Laki-laki Sorga. Perjalanan kerohanian kita sekarang sedang menuju ke sana, jangan sampai kita menyimpang sehingga harus berjumpa dengan antikristus.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar