20130817

Kebaktian Doa, Sabtu 17 Agustus 2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Amos 2:4-5
2:4 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Yehuda, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah menolak hukum TUHAN, dan tidak berpegang pada ketetapan-ketetapan-Nya, tetapi disesatkan oleh dewa-dewa kebohongannya, yang diikuti oleh nenek moyangnya,
2:5 Aku akan melepas api ke dalam Yehuda, sehingga puri Yerusalem dimakan habis."

Nubuatan ini terjadi pada saat raja Yehuda yaitu Uzia yang memerintah. Selanjutnya dari Uzia pemerintahan berlanjut kepada Yotam, Ahas, Hizkia, Manasye, Amon dan kemudian Yosia. Di zaman Yosia ketika imam-imam membersihkan Bait Allah di Yerusalem mereka menemukan lembaran-lembaran kitab Taurat kemudian disampaikan kepada raja Yosia. Kemudian Hilkia danSafanpanitera raja membacakan kitab Taurat itu di depan raja Yosia. Ketika raja Yosia mendengar ancaman Firman Tuhan yang dibacakan dia tidak berkeras hati tetapi dia berderai air mata kemudian mengoyakkan pakaiannya.
2 Tawarikh 34:27
34:27 olehkarenaengkausudahmenyesaldanengkaumerendahkandiri di hadapan Allah padawaktuengkaumendengarfirman-Nyaterhadaptempatinidanterhadappenduduknya, olehkarenaengkaumerendahkandiri di hadapan-Ku, mengoyakkanpakaianmudanmenangis di hadapan-Ku, Aku pun telahmendengarnya, demikianlahfirman TUHAN,

Kondisi ini dilihat oleh Tuhan dan Tuhan menyuruh seorang nabi kepada raja Yosia bahwa Tuhan telah mendengar tangisannya dan telah melihat hancur hatinya sehingga apa yang telah diancamkan ini tidak akan dijatuhkan pada zamannya.

Ini pembelajaran bagi kita, walaupun ancaman itu sudah dantang dan ditujukan langsung kepada kita tetapi kita mengambil sikap berubah, mengoyakkan hati di hadapan Tuhan dan dengan derai air mata yang adalah pembuktian hati kita hancur di hadapan Tuhan dan diikuti dengan perubahan sikap hidup maka ancaman itu akan Tuhan lewatkan. Tetapi kalau mendengar ancaman lalu tetap mengeraskan hati maka sudah dapat dipastikan kehidupan itu mengolok-olok dan mempermainkan Tuhan. Tuhan tidak akan membiarkan diriNya untuk dipermainkandanancamanituakandiwujudkan.
Galatia 6:7
6:7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.

Ketika ancaman itu sudah datang dan kita sudah terkurung dalam situasi yang sangat berbahaya maka jalan pintas yang paling indahadalahkita berubah sikap artinya menerima dengan penuh penyesalan. Maka Tuhan tidak akan menjatuhkan hukuman bagi orang yang menyesal dan berubah sikap.

Nabi Amos selalu berbicara “demikianlah Firman Allah” artinya dia adalah nabi yang tidak berbicara di luar Firman Tuhan. Benar-benar landasan penyajiannya adalah Firman Allah yang murni. Tetapi yang harus kita perhatikan adalah nabi palsupun memakai nama Tuhan. Ini yang bisa membuat orang bingung mana yang murni dan mana yang tidak. Itu sebabnya kita harus mengerti untuk memilah-milah dan menyeleksi mana Firman Allah yang betul diberitakan atau itu suara nabi palsu. Suara nabi palsu yang menyuarakan Firman padahal itu ada dalam kepalsuan tujuannya hanya satu yaitu apa yang diancamkan oleh Tuhan menjadi kenyataan dalam diri kita. Ini manufer iblis yang memanfaatkan manusia yang  berbicara Firman padahal hanya mengundang murka Tuhan.

Sepanjang 9 pasal nabi Amos selalu berkata “demikianlah Firman Allah”. Ini adalah hamba Tuhan yang memiliki hati yang terbeban bagaimana agar umat Tuhan terlepas dari ancaman Tuhan. Maka tidak dapat diragukan hamba Tuhan seperti ini pemberitaan yang dia sampaikan dasarnya adalah Firman Tuhan. Kalau tujuan sudah mengarah pada hal yang lain maka kalaupun hamba Tuhan seperti itu menyampaikan Firman, dia hanya memperalat Firman tetapi tujuannya sudah salah sehingga umat Tuhan tidak terbebas dari ancaman Tuhan. Ini yang harus saya waspadai sebagai hamba Tuhan jangan sampai tujuan dan motivasi pelayanan sudah salah.

Empat hal yang dilakukan iblis untuk menggagalkan kita agar kita tetap kena murka Tuhan.
1.      Mengikuti yang dipunahkan Tuhan
Ulangan 12:29-30
12:29 "Apabila TUHAN, Allahmu, telah melenyapkan dari hadapanmu bangsa-bangsa yang daerahnya kaumasuki untuk mendudukinya, dan apabila engkau sudah menduduki daerahnya dan diam di negerinya,
12:30 maka hati-hatilah, supaya jangan engkau kena jerat dan mengikuti mereka, setelah mereka dipunahkan dari hadapanmu, dan supaya jangan engkau menanya-nanya tentang allah mereka dengan berkata: Bagaimana bangsa-bangsa ini beribadah kepada allah mereka? Aku pun mau berlaku begitu.
Sudah menduduki berarti sudah mewarisi sesuatu yang indah dari Tuhan tetapi kita tetap harus hati-hati. Jangan malah mengikuti apa yang sudah dipunahkan Tuhan. Iblis memperalat banyak cara dari segala lini kehidupan kita. Entah hal itu dikeluarkan oleh yang berkepentingan dengan hal-hal dunia. Ada orang yang mau mencari nyawa orang yang sudah meninggal. Hal ini sekarang digalakkan untuk menarik minat wisatawan. Inilah salah satu apa yang dipunahkan oleh Tuhan yang malah digalakkan kembali.
Ini adalah siasat iblis untuk menghambat saudara supaya tidak masuk dalam rencana Allah bahkan masuk pada hukuman. Kami hamba Tuhan terbeban hati dengan persoalan ini.
Ulangan 12:31
12:31 Jangan engkau berbuat seperti itu terhadap TUHAN, Allahmu; sebab segala yang menjadi kekejian bagi TUHAN, apa yang dibenci-Nya, itulah yang dilakukan mereka bagi allah mereka; bahkan anak-anaknya lelaki dan anak-anaknya perempuan dibakar mereka dengan api bagi allah mereka.

Hati-hati sekarang ada orang yang melakukan sulap di dalam gereja Tuhanpadahal itu kekejian bagi Tuhan.
Ulangan 18:10,12
18:10 Di antaramu janganlah didapati seorang pun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir,
18:12 Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu.

Ulangan 18:10 (Terjemahan Lama)
18:10 Jangan di antara kamu didapati akan seorang juapun yang menyuruh anaknya laki-laki atau perempuan menerusi api, atau yang bertenung atau orang hobatan atau yang melihat dalam nujum atau orang sulapan,

Sekarang ada bagianibadah yang mereka sebut magic gospel. Saudara jangan terpukau dengan hal ini. Ini dimusnakan Tuhan, jangan kita malah mengangkat apa yang sudah dimusnahkan oleh Tuhan. Padahal ini yang menjadi penghambat gereja Tuhan dan malah mengundang murka Tuhan. Itulah yang namanya ibadah kafir. Ini manuver iblis untuk mengikat kita dengan cara-cara ibadah kafir.

Dalam Ulangan 18:10-12 ada 9 karunia iblis untuk menyaingi 9 karunia Roh dalam I Korintus 12. Iblis itu adalah pesaing ulet, itu sebabnya hamba Tuhan harus melihat dengan teliti supaya jangan jemaat hancur. Ini yang dipakai oleh iblis untuk menggagalkan rencana Allah dalam diri kita sehingga Allah sakit hati dan murkaNya tidak tertahankan.

2.      Tampilnya nabi palsu dengan mujizat yang benar terjadi untuk mengajak murtad dari Tuhan
Ulangan 13:1-5
13:1 Apabila di tengah-tengahmu muncul seorang nabi atau seorang pemimpi, dan ia memberitahukan kepadamu suatu tanda atau mujizat,
13:2 dan apabila tanda atau mujizat yang dikatakannya kepadamu itu terjadi, dan ia membujuk: Mari kita mengikuti allah lain, yang tidak kaukenal, dan mari kita berbakti kepadanya,
13:3 maka janganlah engkau mendengarkan perkataan nabi atau pemimpi itu; sebab TUHAN, Allahmu, mencoba kamu untuk mengetahui, apakah kamu sungguh-sungguh mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.
13:4 TUHAN, Allahmu, harus kamu ikuti, kamu harus takut akan Dia, kamu harus berpegang pada perintah-Nya, suara-Nya harus kamu dengarkan, kepada-Nya harus kamu berbakti dan berpaut.
13:5 Nabi atau pemimpi itu haruslah dihukum mati, karena ia telah mengajak murtad terhadap TUHAN, Allahmu, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir dan yang menebus engkau dari rumah perbudakan -- dengan maksud untuk menyesatkan engkau dari jalan yang diperintahkan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk dijalani. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu.

Siasat iblis begitu licik tetapi sekaligus diizinkan Tuhan untuk menguji umatNya apakah benar-benar mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan segenap jiwanya.

Penyesatan ini menggenapi bahasa Firman Tuhan yang Tuhan Yesus katakan di atas bukit Zaitun dengan derai air mata bahwa tanda awal kedatanganNya kedua kali adalah tampilnya penyesatan bukannya gempa bumi atau peperangan.
Matius 24:4-5,11,24
24:4 JawabYesuskepadamereka: "Waspadalahsupayajanganada orang yang menyesatkankamu!
24:5 Sebabbanyak orang akandatangdenganmemakainama-Ku danberkata: AkulahMesias, danmerekaakanmenyesatkanbanyak orang.
24:11 Banyaknabipalsuakanmunculdanmenyesatkanbanyak orang.
24:24 SebabMesias-mesiaspalsudannabi-nabipalsuakanmunculdanmerekaakanmengadakantanda-tanda yang dahsyatdanmujizat-mujizat, sehinggasekiranyamungkin, merekamenyesatkan orang-orang pilihanjuga.

3.      Ajakan orang terdekat (keluarga sendiri)untuk meninggalkan Tuhan
Ulangan 13:6
13:6 Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu,

Tidak disebutkan disini “suamimu” tetapi “istrimu”. Hal ini disebutkan sebab kejatuhan manusia pertama kali adalah ulah hawa yaitu istri Adam. Akibat ulah istri menyebabkan terbuka pintu untuk iblis masuk. Banyak pekerjaan Tuhan rusak karena ulah ibu rohani.

Bukan berarti kita harus membenci keluarga tetapi hal ini harus kita jaga. Di sini berarti terjadi konfrontasi.
Ulangan 13:6-9
13:6 Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu,
13:7 salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi,
13:8 maka janganlah engkau mengalah kepadanya dan janganlah mendengarkan dia. Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, janganlah mengasihani dia dan janganlah menutupi salahnya,
13:9 tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.
Artinya dibunuh di sini bukan orangnya tetapi sifatnya harus dibunuh, tidak boleh masuk dalam diri kita.

Ulangan 13:10-11
13:10 Engkau harus melempari dia dengan batu, sehingga mati, karena ia telah berikhtiar menyesatkan engkau dari pada TUHAN, Allahmu, yang telah membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.
13:11 Maka seluruh orang Israel akan mendengar dan menjadi takut, sehingga mereka tidak akan melakukan lagi perbuatan jahat seperti itu di tengah-tengahmu.

Jadi yang bisa menyebab kita meninggalkan Tuhan sehingga murka Tuhan jatuh ke atas kita adalah orang-orang terdekat kita yaitu keluarga kita sendiri. Jangan sampai karena pertalian darah membuat rohani kita hancur.

4.      Muncul orang dursila
Ulangan 13:12-15
13:12 Apabila di salah satu kota yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diam di sana, kaudengar orang berkata:
13:13 Ada orang-orang dursila tampil dari tengah-tengahmu, yang telah menyesatkan penduduk kota mereka dengan berkata: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak kamu kenal,
13:14 maka haruslah engkau memeriksa, menyelidiki dan menanyakan baik-baik. Jikalau ternyata benar dan sudah pasti, bahwa kekejian itu dilakukan di tengah-tengahmu,
13:15 maka bunuhlah dengan mata pedang penduduk kota itu, dan tumpaslah dengan mata pedang kota itu serta segala isinya dan hewannya.

Yang menyebabkan kita bisa terjebak masuk dalam hukuman adalah orang dursila. Orang dursila atau orang tidak bermoral ini mudah diperalat asalkan ada uang. Kalau kita gampang dipengaruhi atau gampang tertarik kalau melihat uang itu berarti dalam dirinya ada roh dursila dan itu berbahaya sekali.

Contoh konkritnya:
I Raja-raja 21:10,13
21:10 Suruh jugalah dua orang dursila duduk menghadapinya, dan mereka harus naik saksi terhadap dia, dengan mengatakan: Engkau telah mengutuk Allah dan raja. Sesudah itu bawalah dia ke luar dan lemparilah dia dengan batu sampai mati."
21:13 Kemudian datanglah dua orang, yakni orang-orang dursila itu, lalu duduk menghadapi Nabot. Orang-orang dursila itu naik saksi terhadap Nabot di depan rakyat, katanya: "Nabot telah mengutuk Allah dan raja." Sesudah itu mereka membawa dia ke luar kota, lalu melempari dia dengan batu sampai mati.

Orang dursila terlalu mudah menghempaskan kebenaran karena uang.Roh dursila ini dikatakan Firman Tuhan bagaikan duri dan onak, sukar untuk dicabut dengan tangan tetapi hanya bisa dengan tongkatbesi.
II Samuel 23:6-7
23:6 Tetapi orang-orang yang dursila mereka semuanya seperti duri yang dihamburkan; sesungguhnya, mereka tidak terpegang oleh tangan:
23:7 tidak ada orang yang dapat mengusik mereka, kecuali dengan sebatang besi atau gagang tombak, dan dengan api mereka dibakar habis!"

Empat hal inilah yang digunakan iblis untuk menggagalkan kita masuk dalam rencana Allah dan malah menerima penghukuman yang diancamkan oleh Tuhan. Biarlah kita mengambil pelajaran supaya jangan seperti itu.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar