20130827

Kebaktian Pentahbisan Gereja di Korobono, Selasa 27 Agustus 2013 Pdt. Bernard Legontu



Salam sejahteradi dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Ibrani 13:7
13:7 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

Bila kita melihat nuansa isi surat Ibrani ini dalam terang Tabernakel terkena Pintu Tirai/perobekan daging. Artinya untuk gereja Tuhan masuk ke Ruangan Maha Kudus, mau menjadi mempelai wanita Kristus, mau menjadi Tubuh Kristus harus mengalami perobekan daging. Bukannya mengikuti alur keinginan dagingnya. Kalau seperti itu berarti dia siap sedia bukan untuk ketemu dengan Yesus tetapi antikristus.

Orang yang diteladani adalah orang yang telah lebih dahulu dan ada teladan yang dapat diteladani oleh penerus. Jadi antara pendahulu dan penerus ada mata rantai yang tidak boleh diputuskan. Kalau ada kesan seakan-akan memutuskan mata rantai antara pendahulu dan penerus itu adalah manuver iblis. Kita perlu memahami hal ini, haruswaspada.

Ketika Tuhan menciptakan manusia,sepasang suami dan istri, maka Tuhan juga mengambil teladan. Jadi Tuhan tidak bekerja tanpa teladan. Yang menjadi teladan pada waktu itu adalah DiriNya sendiri sebab tidak ada teladan lain yang lebih sempurna dari pada Tuhan. Kalau Tuhan sendiri dalam program kerjanya bekerja dengan memiliki teladan maka siapa kita ini yang mau kerja dengan asal tanpa teladan, kita butuh teladandanTuhantelahsediakanteladan/ contoh.

Ketika Tuhan melihat manusia yang diciptakan itu sudah berkembang biak tetapi arahnya sudah salah maka Nuh, orang yang mendapat kasih karuniadiberi teladan untuk membuat bahtera, ia membangunnya sesuai dengan petunjuk Tuhan bukan dengan maunya sendiri. Ketika nuh akan membangun maka Tuhan yang menyodorkan ukuran dan bahan-bahan apa yang harus dipakai. Jadi bahtera Nuh dibangun tidak asal. Bahtera Nuh untuk keselamatan itu hanya satusehinggatidaksulitlagiuntukmencaricontohsebabsudahdiketengahkanhanyasatubahtera.
Kejadian 6:8,12,15
6:8 Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.
6:12 Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi.

Nuh tidak membangun dengan maunya sendiri tetapi ada ketentuan dari Tuhan. Jadi yang menjadi inspirator adalah Tuhan dan Nuh sebagai pelaksana.  Kita ini adalah anggota Tubuh Kristus dan Tuhan Yesus adalah kepala, kita harus mengikuti aturanNya Tuhan. Apakah kita beribadah sesuai dengan mau kita sendiri dan tidak ada dalam cengkraman sorga/ aturan sorga.
Alangkahbahayanyajikaseperti:
Kolose 2:20-23
2:20 Apabilakamutelahmatibersama-samadenganKristusdanbebasdariroh-rohdunia, mengapakahkamumenaklukkandirimupadarupa-rupaperaturan, seolah-olahkamumasihhidup di dunia:
2:21 janganjamahini, jangankecapitu, jangansentuhini;
2:22 semuanyaituhanyamengenaibarang yang binasaolehpemakaiandanhanyamenurutperintah-perintahdanajaran-ajaranmanusia.
2:23 Peraturan-peraturanini, walaupunnampaknyapenuhhikmatdenganibadahbuatansendiri, sepertimerendahkandiri, menyiksadiri, tidakadagunanyaselainuntukmemuaskanhidupduniawi.

Kejadian 6:15-16,22
6:15 Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya.
6:16 Buatlah atap pada bahtera itu dan selesaikanlah bahtera itu sampai sehasta dari atas, dan pasanglah pintunya pada lambungnya; buatlah bahtera itu bertingkat bawah, tengah dan atas.
6:22 Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.

Nuh tidak berani mengurangi atau menambah satu milipun dari apa yang diperintahkan Tuhan. Sebab kalau dia tambahi atau kurangi berarti sudah ada campur tangan manusia dan bukan lagi murniberasal dari Tuhan.Nuh tidak lagi berani mengubah, apa yang diperintahkan dari atas itu yang harus dia kerjakan sebab dia mendapat teladan.

Keselamatan zaman Nuh dikatakan keselamatan mempelai sebab yang diselamatkan berpasang-pasangan, Nuh beserta istri, Sem beserta istri, Ham beserta istri dan Yafet beserta istri. Di depan ini bukan lagi hukuman air bah tetapi api. Kitapunsedanghadapisuasanakeselamatanmempelai.
Mari kita melihat proyek Allah selanjutnya yaitu pembangunan Tabernakel.
Keluaran 25:8-9,40; 39:42-43
25:8 Dan mereka harus membuat tempat kudus bagi-Ku, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.
25:9 Menurut segala apa yang Kutunjukkan kepadamu sebagai contoh Kemah Suci dan sebagai contoh segala perabotannya, demikianlah harus kamu membuatnya."
25:40 Dan ingatlah, bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu."
39:42 Tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah dilakukan orang Israel segala pekerjaan melengkapi itu.
39:43 Dan Musa melihat segala pekerjaan itu, dan sesungguhnyalah, mereka telah melakukannya seperti yang diperintahkan TUHAN, demikianlah mereka melakukannya. Lalu Musa memberkati mereka.

Inilah hamba-hamba yang patut diteladani yaitu Nuh dan Musa. Mereka dengar-dengaran kepada apa yang diperintahkan oleh Tuhan. Tidak seperti di penghujung akhir zaman ini masing-masing mengikuti seleranya sendiri.

Kalau ada perkataan “tidak usah menyinggung Firman yang disampaikan oleh pendahulu” itu adalah manuver iblis yang paling berbahaya. Saya tidak akan membuang keteladan bpk Pdt. Pong Dongalemba dalam keteguhannya terhadap pengajaran. Saya tidak dapat meremehkan keteladan bpk Pdt. In Juwono dan bpk Pdt. Totaijs. Dalam surat Ibrani 13:7 dikatakan Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka, ada iman karena ada Firman pengajaran berarti yang dicontoh adalah pengajarannya.

Proyek Tuhan yang berikut adalah pembangunan Bait Allah oleh Salomo.
I Tawarikh 28:19
28:19 Semuanya itu terdapat dalam tulisan yang diilhamkan kepadaku oleh TUHAN, yang berisi petunjuk tentang segala pelaksanaan rencana itu.

Ini adalah pesan Daud kepada Salomo putranya supaya membangun Bait Allah menurut ilham dari Tuhan yang diberikan kepada Daud. Ketika Salomo selesai membangun Bait Allah dan semua komponen Tabernakel di bawa masuk ke dalam Bait Allah maka hadirat Allah turun sehingga orang tidak bisa berdiri lagi.
I Raja-raja 8:4
8:4 Mereka mengangkut tabut TUHAN dan Kemah Pertemuan dan segala barang kudus yang ada dalam kemah itu; semuanya itu diangkut oleh imam-imam dan orang-orang Lewi.

I Tawarikh 22:9
22:9 Sesungguhnya, seorang anak laki-laki akan lahir bagimu; ia akan menjadi seorang yang dikaruniai keamanan. Aku akan mengaruniakan keamanan kepadanya dari segala musuhnya di sekeliling. Ia akan bernama Salomo; sejahtera dan sentosa akan Kuberikan atas Israel pada zamannya.

II Tawarikh 5:5
5:5 Mereka mengangkut tabut itu dan Kemah Pertemuan dan segala barang kudus yang ada dalam kemah itu; semuanya itu diangkut oleh imam-imam dan orang-orang Lewi.

Demikian juga ketika Tabernakel ditahbiskan oleh Tuhan maka orang tidak bisa lagi masuk karena awan kemuliaan Allah turun. Ini tanda apa yang mereka lakukan sesuai dengan perintah Tuhan dan diterima oleh Tuhan.
II Tawarikh 5:5-6, 13-14
5:5 Mereka mengangkut tabut itu dan Kemah Pertemuan dan segala barang kudus yang ada dalam kemah itu; semuanya itu diangkut oleh imam-imam dan orang-orang Lewi.
5:6 Tetapi raja Salomo dan segenap umat Israel yang sudah berkumpul di hadapannya, berdiri di depan tabut itu, dan mempersembahkan kambing domba dan lembu sapi yang tidak terhitung dan tidak terbilang banyaknya.
5:13 Lalu para peniup nafiri dan para penyanyi itu serentak memperdengarkan paduan suaranya untuk menyanyikan puji-pujian dan syukur kepada TUHAN. Mereka menyaringkan suara dengan nafiri, ceracap dan alat-alat musik sambil memuji TUHAN dengan ucapan: "Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya." Pada ketika itu rumah itu, yakni rumah TUHAN, dipenuhi awan,
5:14 sehingga imam-imam itu tidak tahan berdiri untuk menyelenggarakan kebaktian oleh karena awan itu, sebab kemuliaan TUHAN memenuhi rumah Allah.

Ketika Rasul Yohanes di pulai Patmos dia melihat bait Allah yang dibangun oleh Salomo bersanding dengan Tabernakel yang dibangun oleh Musa.
Wahyu 15:5
15:5 Kemudian dari pada itu aku melihat orang membuka Bait Suci -- kemah kesaksian -- di sorga.

Untuk memahami perjalan gereja Tuhan kita harus melihat keteladanan orang-orang yang dipercaya Tuhan untuk membangun proyek keselamatan umat Tuhan. Sekarang di zaman gereja, bagaimana keteladan bagi kita sekarang.

Di dalam Alkitab adalah 5 tempat dikatakan jangan menambah dan jangan mengurangi.Dari kelima ini ada penekanan-penekanan khusus dari Tuhan.
Ø  Yang pertama dan yang kedua penekanannya adalah supaya kita berpegang teguh terhadap pengajaran Firman Tuhan dan supaya tidak mudah disesatkan.
Ulangan 4:2
4:2 Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya, dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu.

Ulangan 12:32
12:32 Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya.

Adam dan Hawa tersesat oleh karena ulah iblis yang mendorong Hawa sehingga berujung menambah dan mengurangi Firman Tuhan. Tambah dan kurang berarti kira-kira, tidak ada kepastian. Jadilah anak Tuhan dan pelayan Tuhan yang mempunyai kepastian jangan yang kira-kira. Harus ada kepastian dalam keselamatan.
Roma 5:9-10
5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.
5:10 Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!

Kenapa perintah Tuhan memakai ukuran hasta baik dalam pembangunan Bahtera, pembangunan Tabernakel dan pembangunan Bait Allah? Ukuran hasta dalam pengertian rohani adalah kepastian keselamatan. Tuhan Yesus pernah berkata tidak ada seorang pun yang bisa menambah sehasta saja umurnya kalau dia kuatir. Berarti sehasta ini adalah lawan dari jangan kuatir.
Matius 6:27
6:27 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?

Mengapa banyak umat Tuhan ragu dalam mengiring Tuhan?Sebab tidak ada ketajaman Firman diajarkan di dalam gereja sehingga mudah saja meninggalkan Tuhan Yesus seperti Yudas menyepak Tuhan Yesus dengan tumitnya. Banyak anak Tuhan mengejar 30 keping perak dengan rela menendang kebenaran Firman Allah. Itu terjadi karena dalam dirinya tidak merasa ada kepastian keselamatan di dalam Yesus Kristus.

Ø  Yang ketiga agar kita tidak meragukan kemurnian Firman itu sendiri.
Amsal 30:5-6
30:5 Semua firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung pada-Nya.
30:6 Jangan menambahi firman-Nya, supaya engkau tidak ditegur-Nya dan dianggap pendusta.
Kalau Firman sudah murni dan sudah tepat mengapa harus ditambah dan dikurangi? Ini adalah ulah kuasa kegelapan yang tanpa disadari menyelinap masuk kepada si pemberita dan bisa terjadi pada siapa saja. Mengapa sudah murni tetapi masih didiskusikan? Padahal Alkitab itu tinggal kita menerima kebenarannya, tidak perlu kita lawan atau ragukan.

Ø  Yang keempat memberi kita rasa takut kepada Tuhan.
Pengkhotbah 3:14
3:14 Aku tahu bahwa segala sesuatu yang dilakukan Allah akan tetap ada untuk selamanya; itu tak dapat ditambah dan tak dapat dikurangi; Allah berbuat demikian, supaya manusia takut akan Dia.

Kalau menambah dan mengurangi berarti tidak takut kepada Tuhan dan malah berani menantang Tuhan.
I Korintus 10:22
10:22 Atau maukah kita membangkitkan cemburu Tuhan? Apakah kita lebih kuat dari pada Dia?

Kalau manusia sekarang ini seperti tidak ada kegentaran terhadap Tuhan maka suatu waktu Tuhan akan beraksi, akan menakut-nakuti manusia sehingga manusia akan lari ke lubang gunung karena kedahsyatan Tuhan.
Yesaya 2:19-21
2:19 Maka orang akan masuk ke dalam gua-gua di gunung batu dan ke dalam liang-liang di tanah terhadap kedahsyatan TUHAN dan terhadap semarak kemegahan-Nya, pada waktu Ia bangkit menakut-nakuti bumi.
2:20 Pada hari itu berhala-berhala perak dan berhala-berhala emas yang dibuat manusia untuk sujud menyembah kepadanya akan dilemparkannya kepada tikus dan kelelawar,

II Timotius 3:16
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.


Alkitab itu dinapasi oleh Allah. Napas itu kehidupan jadi ayat-ayat Firman Allah itu adalah kehidupan kita karena dinapasi oleh Allah yang hidup. Firman Tuhan berfaedah untuk mengajar, menyatakan yang salah, memperbaiki kelakuan yang tidak baik dan mendidik pada jalan yang benar. Jadi kalau ayat yang diilhami oleh Allah diangkat maka jangan kaget kalau pemberitaan Firman itu menunjuk kesalahan kita, berarti kita berhadapan dengan napas Allah supaya kita hidup.

Kalau pemberitaan Firman Allah tidak ada menunjukkan kesalahan maka diragukan apakah yang disampaikan itu berangkat dari Alkitab yang diilhami oleh Tuhan.Kalau anak Tuhan dan pelayanan Tuhan tidak mau ditegur kesalahannya berarti dia menolak napas Allah/menolak kehidupan.

Napas Allah berangkat dari tempat yang sempit.
Yesaya 59:19
59:19 Maka orang akan takut kepada nama TUHAN di tempat matahari terbenam dan kepada kemuliaan-Nya di tempat matahari terbit, sebab Ia akan datang seperti arus dari tempat yang sempit, yang didorong oleh nafas TUHAN.

Dalam Tabernakel tempat yang sempit adalah Ruangan Maha Kudus. Berarti Firman Allah yang diilhami oleh Tuhan berangkat dari suasana kasih Tuhan, supaya gereja Tuhan menjadi Mempelai Wanita Kristus dan satu ketika kita bertemu dengan Tuhan Yesus Kristus Mempelai Laki-laki Sorga.
Bilangan 7:89
7:89 Apabila Musa masuk ke dalam Kemah Pertemuan untuk berbicara dengan Dia, maka ia mendengar suara yang berfirman kepadanya dari atas tutup pendamaian, yang di atas tabut hukum Allah, dari antara kedua kerub itu; demikianlah Ia berfirman kepadanya.
Dari sini suara Allah (Firman Allah) disuarakan.

Apakah ibadah hanyalah upacara saja, ke mana jemaat digiring? Jangan sampai saya pribadi salah menggiring saudara, bukannya ketemu Yesus tetapi antikristus karena tidak membawa napas Tuhan kepada jemaat.Napas Allah harus menjadi isi dari pemberitaan Firman Tuhan.

Penggembalaan versi Sorga bukan ditetapkan oleh organisasi tetapi Tuhan yang menetapkan. Oleh sebab itu gembala harus menyuarakan ayat-ayat Firman Allah yang dinapasi oleh Tuhan.

Mazmur 119:120
119:120 Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu.

Jangankan pemazmur, iblis saja gemetar ketakutan tetapi anehnya umat Tuhan tidak takut. Iblis tahu ada masa penghukuman baginya dan pengikut-pengikutnya. Semoga kita ada rasa takut kepada Tuhan.
Markus 1:24
1:24 "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah."

Ø  Wahyu 22:18-19
22:18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.
22:19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

Itu sebabnya kita tidak boleh bermain-main dengan Tuhan.
Galatia 6:7-8
6:7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.
6:8 Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

Karena Allah sendiri hargai FirmanNya.
Mazmur 138:2b (Terjemahan Lama)
karena lebih dari pada segala kepujian-Mu Engkau telah membesarkan firman-Mu.

Mazmur 37:28a
37:28 sebab TUHAN mencintai hukum, dan Ia tidak meninggalkan orang-orang yang dikasihi-Nya.

Sebab bagi kita manusia:
Mazmur 56:5,11
56:5 kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?
56:11 Kepada Allah, firman-Nya kupuji, kepada TUHAN, firman-Nya kupuji,


Ibrani 13:7
13:7 Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka.

Akhir hidup mereka berarti keteguhan mereka dalam Firman pengajaran, mencontoh iman berarti mencontoh pengajarannya.

Rasul Paulus adalah rasul yang spesial diangkat oleh Tuhan menjadi rasul untuk bangsa kafir. Paulus berani berkata ikutilah teladanku sebagaimana aku meneladani Tuhan Yesus. Hamba Tuhan harus berani untuk dilihat oleh jemaat. Kalau ada pendeta yang berkata:“dengar suara saya tetapi jangan lihat saya”lebihbaik dia berhentilah menjadi hamba Tuhan!Orang seperti itu tidak memberi keteladanan! Berarti dia menutup diri untuk tidak dilihat kekurangannya agar diabebas meneruskan dosanya/kesalahannya.

Sebagai hamba Tuhan saya tidak akan berkata pada jemaat “jangan lihat saya” tetapi harus berkata “lihat saya”. Bukan berarti saya sudah sempurna. Saya ada kekurangan tetapi jangan sampai pengajaran yang salah sebab apalagi yang akan membina saya dan jemaat kalau pengajaran sudah salah.

Rasul paulus berkata:
I Korintus 4:16
4:16 Sebab itu aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku!

I Korintus 11:1
11:1 Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus.

Filipi 3:17
3:17 Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu.

Filipi 4:9
4:9 Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.

Secara estafet keteladan ini Paulus turunkan kepada Titus gembala jemaat di Kreta dan kepada Timotius gembala jemaat di Efesus. Saat itu sekalipun Timotius masih muda namun jemaat di Efesus berjumlah ribuan dan Timotius mengambil keteladanan dari pribadi Paulus.
II Timotius 3:10
3:10 Tetapi engkau telah mengikuti ajaranku, cara hidupku, pendirianku, imanku, kesabaranku, kasihku dan ketekunanku.

7 hal yang diteladani oleh Timotius dari Rasul Paulus. Yang pertama adalah ajaran itulah pengajarannya. Cara hidup, pendirian, iman, kesabaran, kasih dan ketekunan menunjuk tahbisan.Tahbisan Paulus ini yang diteladani oleh Timotius.

Rasul Paulus adalah hamba Tuhan yang dipercayakan oleh Tuhan untuk melayani bangsa kafir. Paulus berkata “aku bekerja untuk membawa bangsa kafir disucikan oleh Firman dan Roh Kudus supaya mereka diterima ketika ku persembahkan kepada Yesus”.
Roma 15:16,18
15:16 yaitubahwaakubolehmenjadipelayanKristusYesusbagibangsa-bangsabukanYahudidalampelayananpemberitaanInjil Allah, supayabangsa-bangsabukanYahudidapatditerimaoleh Allah sebagaipersembahan yang berkenankepada-Nya, yang disucikanolehRoh Kudus.
15:18 Sebabakutidakakanberaniberkata-kata tentangsesuatu yang lain, kecualitentangapa yang telahdikerjakanKristusolehku, yaituuntukmemimpinbangsa-bangsa lain kepadaketaatan, olehperkataandanperbuatan,

Paulus adalah pribadi yang mempertunangkan umat Tuhan dengan Tuhan Yesus.
II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Dengan kata lain jemaat itu diibaratkan seorang wanita yang sedang bertunangan dengan seorang laki-laki yaitu Yesus. Ketika bangsa Israel keluar dari Mesir mereka bagaikan pengantinya Tuhan.
Yeremia 2:1-2
2:1 Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:
2:2 "Pergilah memberitahukan kepada penduduk Yerusalem dengan mengatakan: Beginilah firman TUHAN: Aku teringat kepada kasihmu pada masa mudamu, kepada cintamu pada waktu engkau menjadi pengantin, bagaimana engkau mengikuti Aku di padang gurun, di negeri yang tiada tetaburannya.



Yesaya 54:5
54:5 Sebab yang menjadisuamimuialahDia yang menjadikanengkau, TUHAN semestaalamnama-Nya; yang menjadiPenebusmuialah Yang Mahakudus, Allah Israel, Iadisebut Allah seluruhbumi.

Orang Israel digambarkan bagikan istrinya Tuhan tetapi masuk pada Yeremia pasal 3 kerajaan Israel yang 10 suku disebutkan perempuan sundal dan kerajaan Yehuda yang 2 suku disebut perempuan yang tidak setia sehingga Tuhan memberikan surat cerai.

Kita gereja Tuhan mengarah ke sana yaitu menjadi istrinya AnakDomba Allah. Dulu hanya nubuatan tetapi kelak menjadi kenyataan. Apakah kita akan ada di sana?

Rasul Paulus dalam soal pengutusannya mempunyai motivasi yang benar. Tuhan Yesuslah yang menjadi teladannya.

Matius 10:8
10:8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Inilah pekabarmempelai tulen, dia pergi dalam pelayanan motivasinya bukan untuk mendapatkan seberapa tebalnya amplop. Paulus berani memberikan klarifikasi dan menunjukkan 2 kelompok pemberita.Pemberita yang melayani untuk mencari sesuatu bukanlah pelayan yang diutus oleh Tuhan tetapi maunya sendiri.

II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Gereja bertunangan dengan Yesus, terdengar aneh tetapi ini bukan nikah yang jasmani melainkan nikah yang rohani. Paulus bagaikan “suami pura-pura” untuk membawa gereja Tuhan kepada Kristus Yesus Mempelai Pria Sorga. Gembala adalah “suami pura-pura” dalam sidang jemaat untuk membawa kepada Tuhan Yesus sebagai yang berhak atas sidang jemaat, gembala jangan sampai salah terhadap sidang jemaat.

II Korintus 11:7
11:7 Apakah aku berbuat salah, jika aku merendahkan diri untuk meninggikan kamu, karena aku memberitakan Injil Allah kepada kamu dengan cuma-cuma?

Paulus berani untuk tegas, ketika dia diutus oleh Tuhan untuk melayani ke mana saja dia tidak pernah mencari kolekte. Dengan kata lain Paulus melayani bukan untuk mencari berkatjasmani.

Mempelai Wanita dan Roh Kudus berkata dengan cuma-cuma.
Wahyu 22:17
22:17 Roh dan pengantin perempuan itu berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: "Marilah!" Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!

Kesimpulannya kalau dalam diri seorang pelayan Tuhan ada Roh Mempelai maka dia akan berani untuk cuma-cuma di dalam pelayanannya. Mari kita bekerja sama untuk membangun Tubuh Kristus tanpa memikirkan apa yang akan kita makan sebab itu adalah urusannya Tuhan. Tuhan tidak pernah membohongi kita.

I Korintus 9:7,12,15-17
9:7 Siapakah yang pernahturutdalampeperanganatasbiayanyasendiri?Siapakah yang menanamikebunanggurdantidakmemakanbuahnya?Atausiapakah yang menggembalakankawanandombadan yang tidakminumsusudombaitu?
9:12 Kalau orang lain mempunyai hak untuk mengharapkan hal itu dari pada kamu, bukankah kami mempunyai hak yang lebih besar? Tetapi kami tidak mempergunakan hak itu. Sebaliknya, kami menanggung segala sesuatu, supaya jangan kami mengadakan rintangan bagi pemberitaan Injil Kristus.
9:15 Tetapi aku tidak pernah mempergunakan satu pun dari hak-hak itu. Aku tidak menulis semuanya ini, supaya aku pun diperlakukan juga demikian. Sebab aku lebih suka mati dari pada ...! Sungguh, kemegahanku tidak dapat ditiadakan siapa pun juga!
9:16 Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.
9:17 Kalau andaikata aku melakukannya menurut kehendakku sendiri, memang aku berhak menerima upah. Tetapi karena aku melakukannya bukan menurut kehendakku sendiri, pemberitaan itu adalah tugas penyelenggaraan yang ditanggungkan kepadaku.

Pelayanan yang berangkat dari keinginannya sendiri merasa berhak untuk menerima upah, itu sebabnya dijalankan kolekte berulang-ulang untuk pembicara. Kalau kita mengatakan mengikuti teladan Paulusmaka lihatlah teladan yang diberikan oleh Pdt. In Yuwono dan Pdt. Pong Dongalemba yang dalam pelayanannya semuanya dengan sistem cuma-cuma.

I Korintus 9:18
9:18 Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah ini: bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa upah, dan bahwa aku tidak mempergunakan hakku sebagai pemberita Injil.

Gereja Tuhan membutuhkan pembukaan rahasia Firman. Ada 2 rahasia besar dalam Alkitab yaitu rahasia nikah Kristus dan rahasia ibadah/keubahan hidup.
Efesus 5:32
5:32 Rahasiainibesar, tetapi yang akumaksudkanialahhubunganKristusdanjemaat.

I Timotius 3:16
3:16 Dan sesungguhnyaagunglahrahasiaibadahkita: "Dia, yang telahmenyatakandiri-Nyadalamrupamanusia, dibenarkandalamRoh; yang menampakkandiri-Nyakepadamalaikat-malaikat, diberitakan di antarabangsa-bangsa yang tidakmengenal Allah; yang dipercayai di dalamdunia, diangkatdalamkemuliaan."

Kalau dalam sidang jemaat tidak mendapatkan pembukaan rahasia Firman maka itu adalah petaka.

Contoh kalau tanpa pembukaan rahasia Firman:
Yehezkiel 24:25-27
24:25 Dan engkau, anak manusia, bukankah begini akan terjadi? Pada hari Aku mengambil dari mereka benteng mereka, perhiasannya yang menggirangkan hatinya, kenikmatan matanya dan yang dirindukan jiwanya, anak-anak mereka lelaki dan perempuan,
24:26 pada hari itu juga akan datang seorang yang terluput membawa berita kepadamu.
24:27 Pada hari itu mulutmu akan terbuka dan engkau akan berbicara kepada orang yang terluput itu dan tidak lagi tetap bisu. Dengan demikian engkau menjadi lambang bagi mereka dan mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN."

Ketika Yehezkiel dibuat Tuhan bisu itu menggambarkan tidak ada pembukaan Firman, maka ada 6 hal yang berakibatpadaumat (jemaat). Itu sebabnya gembala harus banyak bergumul. Ikutilah persekutuan yang benar supaya dilengkapi oleh Tuhan dengan pembukaan rahasia Firman dan bergaul eratlah dengan Tuhan. Sebab tanpa pembukaan Firman maka jemaat akan kena 6 musibahyaitu:

1.      Benteng atau perlindungan diambil
Itu sebabnya leluasa binatang untuk menggorogoti sehingga nikah menjadi berantakan, terjadi kawin cerai, karena di dalam jemaat tidak ada pembukaan rahasia Firman. Kalau Tuhan berbicara perlindungan itu karena Tuhan tahu di depan ada bencana yang akan menimpa dunia, itu sebabnya kita butuh perlindungan. Kehidupan yang mendapatkan pembukaan Firman akan mendapatkan perlindungan.
Ibrani 6:18-20
6:18 supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita.
6:19 Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,
6:20 di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, ketika Ia, menurut peraturan Melkisedek, menjadi Imam Besar sampai selama-lamanya.

Pengkhotbah 7:11-12
7:11 Hikmat adalah sama baiknya dengan warisan dan merupakan suatu keuntungan bagi orang-orang yang melihat matahari.
7:12 Karena perlindungan hikmat adalah seperti perlindungan uang. Dan beruntunglah yang mengetahui bahwa hikmat memelihara hidup pemilik-pemiliknya.

2.      Perhiasan yang menggirangkan hati diambil
Berarti:
a)      Kesempatan untuk kita menjadi mempelai Wanita Tuhan tetutupsebab
Wahyu 21:2
21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

Permata-permata itu menjadi perhiasan di Yerusalem Baru.Dikatakan perhiasan yang menggirangkan hati, bukankah kerinduan hati kita untuk masuk Yerusalem Baru yang penuh hiasan.
Wahyu 21:18-21
21:18 Tembok itu terbuat dari permata yaspis; dan kota itu sendiri dari emas tulen, bagaikan kaca murni.
21:19 Dan dasar-dasar tembok kota itu dihiasi dengan segala jenis permata. Dasar yang pertama batu yaspis, dasar yang kedua batu nilam, dasar yang ketiga batu mirah, dasar yang keempat batu zamrud,
21:20 dasar yang kelima batu unam, dasar yang keenam batu sardis, dasar yang ketujuh batu ratna cempaka, yang kedelapan batu beril, yang kesembilan batu krisolit, yang kesepuluh batu krisopras, yang kesebelas batu lazuardi dan yang kedua belas batu kecubung.
21:21 Dan kedua belas pintu gerbang itu adalah dua belas mutiara: setiap pintu gerbang terdiri dari satu mutiara dan jalan-jalan kota itu dari emas murni bagaikan kaca bening.

Yerusalem dikatakan bagaikan pengantin yang berhias. Kenapa untuk bertemu dengan Tuhan kita tidak menghiasi diri dengan perhiasan rohani. Jangan sampai kami kehilangan perhiasan yang menggirangkan hati. Jangan kita kehilangan perhiasan sehingga Yerusalem Baru bukan hanya sekedar slogan tetapi tidakmenjadi kenyataan.

b)      Kehilangan pelayanan Imam Besar
Contohnya:
Keluaran 28:17-20
28:17 Haruslahkautatahitudenganpermatatatahan, empatjajarpermata: permatayaspismerah, krisolit, malakit, itulahjajar yang pertama;
28:18 jajar yang kedua: permatabatudarah, lazurit, yaspishijau;
28:19 jajar yang ketiga: permataambar, akik, kecubung,
28:20 jajar yang keempat: permatapirus, krisoprasdannefrit. Denganberikatkanemas, demikianlahpermata-permataitudalamtatahannya.

Pada dada Imam besar ada perhiasan demikian juga pada tapal bahunya. Pada perhiasan itu terukir nama-nama anak Israel menurut urutan kelahirannya. Jadi hiasan itu sebenarnya Tuhan sudah siapkan dan mau Tuhan berikan kepada kita ketika dilahirkan baru oleh Tuhan. Kalau kehilangan pelayanan Imam Besar seringkali dampaknya bisa terlihat dalam nikah terjadi cekcok. Seharusnya kita cocok dan bukannya cekcok. Jangan tepis pelayanan Tuhan Yesus sebagai Imam Besardalamdirikitaketikaadadalamsuasanaibadah.

3.      Kenikmatan mata akan diambil
Saat Yohanes di pulau Patmos dia melihat seorang yang duduk di takhta yang di tangan kanannya ada sebuah kitab yang kecil. Pandangan matanya tertuju pada gulungan kitab yang kecil itu. Karena dia tahu itu adalah kenikmatan tetapi tidak ada yang bisa membuka maka dia menangis. Tetapi Tuhan melalui tua-tua menyampaikan supaya jangan dia menangis sebab ada Singa dari suku Yehuda yang akan dapat membuka. Kemudian ketika dia melihat Anak Domba yang seperti telah disembelih mengambil gulungan kitab itu dan membuka meterainya.

Mazmur 16:11
16:11 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

Di tangan kanan Tuhan ada sebuah kitab, tidak dua kitab. Saya heran bila orang Kristen mendengar Firman dan dia tidak merasa bahwa itu suatu kenikmatan. Padahal itu adalah kitab di tangan kanan Tuhan yang ditangisi oleh Yohanes karena ingin mengetahui rahasia bagian dalam itulah rahasia nikah.

Kalau bertamu di rumah seseorang kita bisa bebas untuk pergi ke ruang tamu atau sampai ke dapur tetapi ada kamar yang tidak boleh kita masuki dengan sembarangan itulah kamar suami istri. Rahasia nikah yang rohani inilah yang ingin diketahui oleh Yohanes. Akhirnya Yohanes mendapatkan bahkan dia disuruh makan, berarti dia menikmati.

Yesaya 55:1-2
55:1 Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!
55:2 Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.

4.      Yang dirindukan oleh jiwa akan diambil
Apa yang dirindukan oleh jiwa kita?
Ibrani 11:14-16
11:14 Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air.
11:15 Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ.
11:16 Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.

Yang dirindukan oleh Abraham adalah tanah air sorgawi itulah Yerusalem Baru. Kalau tidak ada pembukaan rahasia Firman hal ini akan diambil oleh Tuhanartinyatidakadakerinduanhati yang mendalamakankotaitu.

Ibrani 11:10
11:10 Sebab ia menanti-nantikan kota yang mempunyai dasar, yang direncanakan dan dibangun oleh Allah.

Kota yang dibangun oleh Tuhan adalah Yerusalem Baru dan Yerusalem Baru disebut istri Anak Domba Allah.
Wahyu 21:9-10
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
21:10 Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggi dan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

Ada kota yang lain namanya Babel sundal besar, itulah istrinya iblis. Saya tidak mau menggiring jemaat ke sana tetapi akan menggiring jemaat ke Yerusalem Baru istri Anak Domba Allah.

5.      Anak Laki-laki diambil
Mazmur 127:3
127:3 Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah.

Artinya kita kehilangan waris. Kalau dalam jemaat tidak ada pembukaan rahasia Firman maka jemaat kehilangan hak waris.
Roma 8:17-18
8:17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.
8:18 Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.

6.      Anak Perempuan diambil
Anak perempuan menunjuk kesenangan.
Yesaya 60:4
60:4 Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong.

Jangan tunggu kesenangan di hatimu diambil oleh Tuhan kalau tidak ada pembukaan rahasia Firman. Berdoa kepada Tuhan supaya Tuhan berikan pembukaan rahasia Firman kepada gembalamu. Bergaul kariblah dengan Tuhan maka rahasia akan Tuhan bukakan.
Mazmur 25:14
25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Kita harus melihat teladan dari pendahulu kita, tidak boleh kita memutuskan mata rantai antara pendahulu dan paenerus. Napas Tuhan sudah saya teruskan kepada jemaat Tuhan pada kesempatan ini. Napas Tuhan itu mengalir dari tempat yang sempit dan membawa suasana mempelai. Tetapi ketika napas Tuhan itu ditolak maka napas Tuhan itu akan berubah untuk membinasakan musuh-musuhnya.
II Tesalonika 2:8
2:8 padawaktuitulahsipendurhakabaruakanmenyatakandirinya, tetapiTuhanYesusakanmembunuhnyadengannafasmulut-Nyadanakanmemusnahkannya, kalauIadatangkembali.

Kalau meremehkan Firman Tuhan akan menanggung akibatnya.
Amsal 13:13
13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Tuhan mencintai kita, jangan marah bila kelakuan kita yang salah ditunjuk oleh Firman, itu berarti napas Allah tertuju kepada saudaradansaya.
II Timotius 3:16
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Tujuan kelakuan kita diperbaiki adalah supaya Allah diam di tengah-tengah kita.Bukannya untuk dipermalukan tetapi justru untuk mengangkat harkat rohani kita supaya seiras dengan Dia, Mempelai Laki-laki Sorga.

Yeremia 7:3-5
7:3 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu, maka Aku mau diam bersama-sama kamu di tempat ini.
7:4 Janganlah percaya kepada perkataan dusta yang berbunyi: Ini bait TUHAN, bait TUHAN, bait TUHAN,
7:5 melainkan jika kamu sungguh-sungguh memperbaiki tingkah langkahmu dan perbuatanmu, jika kamu sungguh-sungguh melaksanakan keadilan di antara kamu masing-masing,

Tanda Allah hadir di tengah-tengah kita, Dia tampil dengan FirmanNya. Tuhan memberitahukan 6 hal ini supaya kita tidak melangkah ke situ, supaya arah langkah kita menunuju kepada apa yang kita rindukan, apa yang menjadi kenikmatan, di mana kita mendapatkan perlindungan, apa yang menjadi kesenangan dan di mana kita mendapatkan warisan ke sanalah langkah yang kita tuju.

Tuhan memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar