20130825

Kebaktian Umum, Minggu25 Agustus2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Zakharia 4:1-14
4:1 Datanglah kembali malaikat yang berbicara dengan aku itu, lalu dibangunkannyalah aku seperti seorang yang dibangunkan dari tidurnya.
4:2 Maka berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?" Jawabku: "Aku melihat: tampak sebuah kandil, dari emas seluruhnya, dan tempat minyaknya di bagian atasnya; kandil itu ada tujuh pelitanya dan ada tujuh corot pada masing-masing pelita yang ada di bagian atasnya itu.
4:3 Dan pohon zaitun ada terukir padanya, satu di sebelah kanan tempat minyak itu dan satu di sebelah kirinya."
4:4 Lalu berbicaralah aku, kataku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"
4:5 Maka berbicaralah malaikat yang berbicara dengan aku itu, katanya kepadaku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"
4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.
4:7 Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!"
4:8 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:
4:9 "Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.
4:10 Sebab siapa yang memandang hina hari peristiwa-peristiwa yang kecil, mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel. Yang tujuh ini adalah mata TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi."
4:11 Lalu berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua pohon zaitun yang di sebelah kanan dan di sebelah kiri kandil ini?"
4:12 Untuk kedua kalinya berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua dahan pohon zaitun yang di samping kedua pipa emas yang menyalurkan cairan emas dari atasnya itu?"
4:13 Ia menjawab aku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"
4:14 Lalu ia berkata: "Inilah kedua orang yang diurapi yang berdiri di dekat Tuhan seluruh bumi!"

Dalam susunan Tabernakel pasal ini terkena Pelita Emas yang menunjuk kegerakan Roh Kudus dan Firman Pengajaran yang justru penggenapannya terjadi di zaman kita sekarang sebab penglihatan ini adalah penglihatan mengenai akhir zaman. Di sini  Tuhan membuka hati apa rencanaNya bagi kita. Tujuan dari apa yang dilihat oleh Zakharia ini adalah supaya gereja Tuhan yang hidup di akhir zaman ini jangan diterkam oleh kegelapan yang paling gelap, itulah masa 3,5 tahun antikristus.

Pada bagian yang terakhir ada disebutkan dua batang zaitun. Itu menunjuk kemurahan Tuhan secara khusus kepada bangsa Israel pada waktu 3,5 tahun aniaya antikristus mereka masih diinjili oleh 2 pribadi. Kalau melihat tanda yang mereka lakukan yaitu tanda api, air dan darah maka itu menunjuk Musa dan Elia. Ini hanya untuk bangsa Israel dan bukan untuk kita bangsa kafir.

Kita sudah diingatkan oleh Tuhan jauh-jauh sebelumnya agar kita tidak diterkam oleh kegelapan yang paling gelap ini. Itu sebabnya Tuhan mendorong kita untuk masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus Mempelai Wanita. Ada beberapa tahap yang perlu kita perhatikan di sini.

1.      Mempersiapkan seorang hamba Tuhan
Dalam hal ini dia perlu diuji. Jadi Tuhan tidak menginginkan hamba Tuhan yang sembarang, harus ada kekhususan seorang hamba Tuhan. Dia diuji apakah pandangannya memiliki penglihatan yang jelas atau tidak. Hamba Tuhan harus bisa melihat gerakan kuasa kegelapan dan apa yang sedang Tuhan lakukan di dalam gerejaNya. Ada dua hal yang harus dapat diperhatikan oleh mata hamba Tuhan:
a)      Kondisi gereja palsu
Wahyu 17:1
17:1 Lalu datanglah seorang dari ketujuh malaikat, yang membawa ketujuh cawan itu dan berkata kepadaku: "Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu putusan atas pelacur besar, yang duduk di tempat yang banyak airnya.

Hamba Tuhan harus paham hal ini, jangan sampai anak Tuhan sudah terjerat di dalamnya tetapi dia tidak tahu bahwa itu mencelakakan dia dan apa yang dia pimpin di dalam penggembalaan ternyata arahnya ke sana. Hamba Tuhan harus bisa mendeteksi gerakan-gerakan sekarang ini apakah gerakan ini mengarah pada pembentukan Tubuh Kristus Mempelai Wanita atau gerakan iblis yangmengarah pada pembentukan tubuh babel. Sekarang ini ada dua proyek yang sedang berjalan, proyek Tuhan dan proyek iblis. Keduanya disebut wanita, yang satu disebut Yerusalem Baru istri Anak Domba Allah, yang satunya lagi kota Babel ibu dari wanita-wanita pelacur.
Kalau mata saya sebagai hamba Tuhan buta maka kemana saya akan menggiring saudara. Kita harus mewaspadai hal ini di hari-hari terakhir. Tuhan mengajarkan di ruas jalan akhir ada 2 faktor yang harus diperhatikan oleh umat Tuhan.
Ø  Lihat Peti Perjanjian (berita Kabar Mempelai murni/ ajaran sehat)
I Timotius 4:16
4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Ø  Lihat pemikulnya (yang memberitakan)
Jadi bukan hanya beritanya tetapi harus memperhatikan juga pemberitanya. Jangan sampai pemikulnya tidak becus dan sudah menggerogoti apa yang dia telah terima sehingga bobotnya Kabar Mempelai itu sudah tidak terasa sebab sudah dibuang.

b)      Kondisi gereja Tuhan yang sempurna.
Wahyu 21:9
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."

Hamba Tuhan harus memohon hikmat dari Allah agar mampu mengkondisikan anak Tuhan pada posisi seperti ini (istri Anak Domba Allah).

Dua kali Zakharia diuji:
a)      Zakharia 4:2
4:2 Maka berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?" Jawabku: "Aku melihat: tampak sebuah kandil, dari emas seluruhnya, dan tempat minyaknya di bagian atasnya; kandil itu ada tujuh pelitanya dan ada tujuh corot pada masing-masing pelita yang ada di bagian atasnya itu.

Apa yang dilihat oleh Zakharia ini adalah gerakan Roh Kudus yang mengangkat Firman Allah secara berkesinambungan dan tidak akan pernah padam. Berarti kegerakan yang harus ada di dalam diri hamba Tuhan dan sidang jemaat adalah kegerakan yang terus menerus dan tidak suam.

Kita melihat pelita itu diperlengkapi oleh Tuhan supaya pelita itu menyala terus sebab minyak diisi terus sehingga terjadilah kegerakan dan anak Tuhan tetap berkobar-kobar dalam satu era pelayanan yang mengarah pada pembangunan Tubuh Kristus.

b)      Zakharia 4:3-5
4:3 Dan pohon zaitun ada terukir padanya, satu di sebelah kanan tempat minyak itu dan satu di sebelah kirinya."
4:4 Lalu berbicaralah aku, kataku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"
4:5 Maka berbicaralah malaikat yang berbicara dengan aku itu, katanya kepadaku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"

Zakharia jujur menjawab dia tidak tahu. Jangan pura-pura tahu padahal tidak tahu. Ini penyelewengan Firman Pengajaran, berlagak tahu padahal tidak tahu.
I Timotius 6:2b-4
6:2b Ajarkanlah dan nasihatkanlah semuanya ini.
6:3 Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat -- yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus -- dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita,
6:4 ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga,

Bandingkan:
Filipi 4:9
4:9 Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.

Berlagak tahu ini ukurannya bukan kalau dia lulusan dari institusi pendidikan apa. Siapa saja yang mengajar sudah tidak sesuai dengan yang diteladankan oleh Tuhan melalui hamba-hambaNya yang dahulu itu sudah berlagak tahu. Ada teladan yang Tuhan beri. Paulus meneladani Tuhan Yesus kemudian teladan ini diturunkan kepada Timotius gembala di Efesus dan Titus di Kreta, kemudian diteruskan kepada orang yang dapat dipercaya dan setiawan dan secara estafet sampai hari ini. Jadi ada keteladanan, kalau ada upaya untuk memutuskan pendahulu dan penerus maka itu sudah berbahaya.

Masakan harus dilarang melihat keteladan Pdt. In Yuwono dan Pdt. Pong Dongalemba, keteguhan mereka di dalam pengajaran. Kalau diputuskan dengan perkataan: “tidak usah menyebut-nyebut apa yang mereka katakan dahulu” maka itu adalah manuver iblis untuk merusak hubungan kita dengan kepala. Pergumulanku sebagai hamba Tuhan adalah supaya Tuhan mengasah pikiran dan Tuhan selalu berhadirat dalam hidup ini agar apa yang disampaikan jangan sampai menyeleweng dari apa yang telah saya terima dari pendahulu.

Persiapan hamba Tuhan ini sekaligus dengan persiapan untuk pembangunan. Sebab hamba Tuhan ini dipersiapkan tujuannya untuk membangung. Dikatakan tadi gunung diratakan, setelah diratakan maka pembangunan itu dimulai. Di dalam persiapan hamba Tuhan ini Tuhan fasilitasi dengan pelita emas, minyak dan corot-corotnya maksudnya hamba Tuhan itu harus dipercaya oleh Tuhan menyampaikan Firman pengajaran yang terang benderang dan terus menerus, tidak pernah pudar. Kepadanya dipercayakan pembukaan rahasia Firman dan tidak pernah merosot.
I Korintus 4:1-2
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Zakharia 4:2
4:2 Maka berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?" Jawabku: "Aku melihat: tampak sebuah kandil, dari emas seluruhnya, dan tempat minyaknya di bagian atasnya; kandil itu ada tujuh pelitanya dan ada tujuh corot pada masing-masing pelita yang ada di bagian atasnya itu.

Hamba Tuhan dituntut oleh Tuhan di dalam pelayanan agar ajaran jangan pudar atau merosot. Tadinya dipercayakan rahasia Firman tetapi kemudian merosot kembali pada berita penginjilan saja sebab sudah tidak ada pembukaan rahasia firman.
Amsal 6:23
6:23 Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan,

Alkitab ini perintah, tetapi apa gunanya perintah kalau tidak ada ajarannya. Oleh sebab itu kegerakan Firman yang diangkat oleh pekerjaan Roh Kudus tidak boleh pudar, harus menyala terus. Ini semua adalah usaha kasih Tuhan kepada gereja Tuhan yang tidak akan pudar sampai kita sempurna. Masakan Tuhan sudah berusaha seperti ini dan telah difasilitasi seperti ini lalu kita diam saja. Kalau saya sebagai hamba Tuhan tidak ada gerakan maka itu suatu bencana bagi saya dan sidang jemaat.
Filipi 1:6
1:6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Usaha kasih Tuhan tidak setengah jalan, Tuhan bekerja terus sampai sempurna, tergantung kita mau mengikuti irama kerja Tuhan sampai selesai atau hanya setengah jalan. Kita harus mengikuti irama kerja Tuhan seperti Paulus meneladani Tuhan Yesus demikian juga kita harus meneladani pendahulu kita.
I Tesalonika 1:2-3
1:2 Kami selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu semua dan menyebut kamu dalam doa kami.
1:3 Sebab kami selalu mengingat pekerjaan imanmu, usaha kasihmu dan ketekunan pengharapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus di hadapan Allah dan Bapa kita.

Usaha kasih kita yang dilihat oleh Tuhan lewat mata rasul Paulus adalah selalu ada inisiatif untuk bekerja dan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan itu dengan senang hati.
II Timotius 4:6-8
4:6 Mengenai diriku, darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan saat kematianku sudah dekat.
4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.
4:8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

Ketika bangsa Isael ketika maju berperang Tuhan katakan “Aku berperang ganti kamu” jadi ketika mereka menang dan mejarah barang-barang musuh sebenarnya itu sudah Tuhan siapkan. Begitulah kita sekarang bekerja, Kita bisa bekerja karena telah Tuhan fasilitasi.


Efesus 2:10
2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.
Kalau kita tidak mau bekerja berarti kita menelantarkan apa yang telah Tuhan fasilitasi.

2.      Meratakan gunung dan membangun
Zakharia 4:6-9
4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.
4:7 Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!"
4:8 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:
4:9 "Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.

Kalau Tuhan sudah memulai pekerjaanNya dalam diri saudara, yakinlah Tuhan pasti menyelesaikannya kecuali saudara yang menarik diri.

Setelah gunung diratakan maka ada peletakan batu pertama, pembangunan dimulai. Kalau ada bangunan berarti ada wujud. Pekerjaan yang kita kerjakan dan Tuhan kerjakan dalam diri kita ada wujudnya yaitu Mempelai Wanita Tuhan.
Wahyu 12:1
12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

Apakah kita mengarah ke sana?
I Korintus 1:8
1:8 Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.

Inilah gereja Tuhan yang kelak akan dibawa pada satu kondisi tidak ada cacat rohani sama seperti Yesus Kristus. Ini yang diteladani oleh Rasul Paulus dan kita harus menerima teladan ini.

I Tesalonika 5:23
5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

3.      Penyempurnaan lewat 7 mata Tuhan
Zakharia 4:10
4:10 Sebab siapa yang memandang hina hari peristiwa-peristiwa yang kecil, mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel. Yang tujuh ini adalah mata TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi."

Mata Tuhan memeriksa, bila masih ada sedikit selisih maka Tuhan akan menyempurnakan. Tuhan akan menyelidik dan ada orang special yang Tuhan selidik, tidak sembarang orang. Tuhan tidak akan menyelidik orang yang tidak mau, yang akan Tuhan selidik adalah orang yang mau tetapi belum bisa menjangkau ke sana. Kalau hati kita merindu maka mata Tuhan akan menggerayangi kehidupan kita, kalau masih ada cacat maka akan Tuhan bersihkan.
Mazmur 33:18-19
33:18 Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya,
33:19 untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

Di depan kita ada masa kelaparan yang dahsyat.
Amos 8:11-12
4:10 Sebab siapa yang memandang hina hari peristiwa-peristiwa yang kecil, mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel. Yang tujuh ini adalah mata TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi."

Tuhan tidak menggiring kita ke sana, itu sebabnya mataNya melihat kepada kitayang sedang Ia garap.
I Petrus 3:12
3:12 Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat."

Pelita Emas
Jumlah keseluruhan kelopak, kuntum dan bunga pada pelita emas adalah 66. Roh Kudus bekerja dalam wilayah 66 kitab di dalam Alkitab, tidak di luar itu. Jadi hanya orang yang memahami nilai-nilai terang Firman ini yang akan melihat Roh Kudus bekerja dan oleh pekerjaan Roh Kudus Tuhan rindu kita tenggelam dalam terang kebenaran Firman Allah. Disitulah kekuatan kita sehingga kita bisa menikmati pekerjaan Firman yang membawa kita pada kesempurnaan. Itu sebabnya tidak ada bagian Firman yang harus dientengkan. Kita harus menerima secara utuh sebagaimana pelita emas.

Mengapa Tuhan memakai simbol pelita emas dalam Zakharia pasal 4 ini? Karena kita berada dalam kegelapan malam dan yang dibutuhkan adalah terang pelita. Penduduk dunia sekarang ada 6 miliar lebih, hampir mendekati 7 miliar. Katakanlah setiap orang memiliki 10 dosa dan dosa itu gelap. Bila semuanya dikumpulkan betapa gelapnya dunia ini. Satu saja pelita menyala sudah bisa membuat kita memiliki pegangan apalagi bila 7 pelita menyala. Inilah 7 roh Allah, 7 mata Tuhan yang sedang bekerja di dalam gereja Tuhan supaya gereja jangan disergap dan diterkam oleh kegelapan dosa 7 miliar manusia sekarang ini.Manfaatkan kemurahan Tuhan ini sebelum saatnya pintu kemurahan ditutup.

Ada upaya iblis mau memadamkan 7 pelita ini dengan 7 cara.
Roma 13:11-14
13:11 Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya.
13:12 Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!
13:13 Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.
13:14 Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.

1.      Pesta Pora
Dunia menggalakkan pesta pora termasuk kita di daerah ini. Dalam masa setelah panen terjadi pesta pora sehingga banyak yang mabuk. Mereka mengatakan pengucapan syukur tetapi hanya sedikit yang ke gereja, yang lain sibuk dengan pesta pora. Bukan tidak boleh kita mengucap syukur tetapi jangan sampai nuansanya sudah pesta pora. Kita harus mengerti tentang ini supaya jangan kita terjerat di dalamnya. Ini adalah trik iblis untuk menjerat umat Tuhan bukan menuju pada Yerusalem Baru tetapi Babel Sundal besar.
2.      Kemabukan
3.      Percabulan
4.      Hawa nafsu
5.      Perselisihan
6.      Iri hati
7.      Tabiat tubuh, ini adalah pokok yang di tengah dan 6 hal di atas adalah cabangnya.

Tujuan Tuhan memberikan Firman supaya gereja Tuhan jangan disergap oleh kegelapan.Gereja Tuhan yang tenggelam dalam 7 hal ini jangan harap mendapatkan pembukaan rahasia Firman dan ada terang dalam kehidupan seperti itu.

Zakharia 4:11-14
4:11 Lalu berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua pohon zaitun yang di sebelah kanan dan di sebelah kiri kandil ini?"
4:12 Untuk kedua kalinya berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua dahan pohon zaitun yang di samping kedua pipa emas yang menyalurkan cairan emas dari atasnya itu?"
4:13 Ia menjawab aku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"
4:14 Lalu ia berkata: "Inilah kedua orang yang diurapi yang berdiri di dekat Tuhan seluruh bumi!"

Ayat ini tidak diperuntukkan untuk kita bangsa kafir, ini special hanya untuk bangsa Israel. Ketika gereja Tuhan yang sempurna sudah disingkirkan ke padang belantara maka orang Israel yang 144.000 ikut disingkirkan itulah inti Tubuh Kristus tetapi yang tertinggal akan lebih banyak bersama bangsa kafir yang tertinggal. 2 pribadi ini bukan lagi datang untuk menginjili orang Kristenasal bangsa kafir yang tertinggal, tetapi hanya untuk orang Israel.
Wahyu 11:2
11:2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."

Angka 42 adalah angka pengolok. Apa yang mereka olok? Yang diolok adalah kepala yang sekarang menunjuk berita kepala, pengajaran kepala. Kepala gereja adalah Tuhan Yesus Kristus, beritaNya adalah Kabar Mempelai yang sekarang kita dengar. Itulah yang diolok dan tidak dipeduli. Itu sebabnya Tuhan izinkan mereka masuk dalam sengsara 42 bulan.Itulah upah para pengejek berita kepala.



Contoh angka 42 dalam Alkitab:
1.      Pengejek
II Raja-raja 2:23-24
2:23 Elisa pergi dari sana ke Betel. Dan sedang ia mendaki, maka keluarlah anak-anak dari kota itu, lalu mencemoohkan dia serta berseru kepadanya: "Naiklah botak, naiklah botak!"
2:24 Lalu berpalinglah ia ke belakang, dan ketika ia melihat mereka, dikutuknyalah mereka demi nama TUHAN. Maka keluarlah dua ekor beruang dari hutan, lalu mencabik-cabik dari mereka empat puluh dua orang anak.

Binatang buas itulah antikristus.
Wahyu 13:1-2
13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

Dalam masa 3,5 tahun aniaya antikris yang menjadi sasaran pertama adalah orang yang mengejek pengajaran.

2.      Kehidupan yang memiliki ajaran campur
II Raja-raja 10:14
10:14 Berkatalah Yehu: "Tangkaplah mereka hidup-hidup!" Lalu ditangkaplah mereka hidup-hidup dan disembelih dekat perigi Bet-Eked, empat puluh dua orang, dan tidak ada seorang pun ditinggalkannya hidup dari pada mereka.

Yehu inilah yang dipercayakan oleh Tuhan untuk memusnakan keturunan Ahab dan Izebel. Dia bekerja keras dan dia menemukan 42 putra dari keluarga Yoram yang mau memberi salam pada keluarga Ahab. Pembunuhan itu terjadi di Bet-Eked. Bet artinya rumah, Eked artinya penggembalaan. Jadi ternyata dalam rumah penggembalaan ditemukan ajaran campur. Ini mengerikan karena sejajar dengan roh Izebel

Wahyu 11:3-6
11:3 Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.
11:4 Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam.
11:5 Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, keluarlah api dari mulut mereka menghanguskan semua musuh mereka. Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, maka orang itu harus mati secara itu.
11:6 Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan segala jenis malapetaka, setiap kali mereka menghendakinya.

Yang memiliki kuasa untuk menghanguskan dengan api dan mengubah air menjadi darah adalah Musa. Yang memiliki kuasa untuk menutup langit supaya jangan turun hujan adalah Elia.

Tuhan mempunyai rencana agar gereja Tuhan jangan diterkam atau disergap oleh kegelapan yang paling dalam maka kita diarahkan oleh Tuhan untuk masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus yang dimulai dengan persiapan hamba Tuhan. Hamba Tuhan itu harus melek matanya, dia harus mengerti apa yang akan terjadi, dia harus memberitakan kepada umat Tuhan.

Kemudian umat Tuhan akan terlibat masuk dalam pembangunan tetapi ratakan lebih dahulu gunung. Gunung percobaan apa yang kita hadapi sekarang? Apakah kita biarkan dan kita bangun bangunan di situ? Tidak, gunung harus diratakan terlebih dahulu. Jadi ada proses meratakan gunung. Jangan kita biarkan hati yang gundah gulana, itu gunung yang akan menghambat pembangunan rohani saudara. Jangan ada yang menggunung di dalam hati ini, baik hati yang penuh perselisihan dan sakit hati, pesta pora, percabulan, kemabukan, iri hati dan hawa nafsu. Semua harus diratakan supaya bisa membangun.

Zakharia 4:8-9
4:8 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:
4:9 "Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.

Tidak pindah tangan, kalau Tuhan sudah memulai pasti Tuhan selesaikan. Ini akan benar-benar digenapkan pada ujung akhir zaman.



Gunung yang harus diratakan:
Efesus 5:11-13
5:11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.
5:12 Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.
5:13 Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.

Proses kita membangun:
Efesus 5:14-21
5:14 Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu."
5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,
5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.
5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.
5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,
5:19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.
5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita
5:21 dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

Orang yang ada kriteria seperti ini maka mata Tuhan tertuju kepadanya.
Mazmur 33:18-19
33:18 Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya,
33:19 untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

Tuhan tidak pernah menipu kita. Apa yang akan terjadi di depan telah Tuhan beri tahu dan Tuhan berikan cara dan jalan keluarnya. Kita tidak dibuat oleh Tuhan seperti manusia robot tetapi kita diberi Tuhan kehendak untuk memilih seperti yang Tuhan teladankan, Dia tidak pernah memaksa. Mari kita memilih seperti apa yang diprogramkan Tuhan. Jangan salah pilih. Kalau kita mau menikmati hangatnya rangkulan kasihNya maka ikuti tahap demi tahap apa yang Tuhan mau lakukan. Mulai dari hamba-hamba Tuhan yang harus mempersiapkan matanya melihat bagaimana kondisi kondisi gereja palsu dan gereja benar supaya dapat menyampaikan secara transparan dan terang benderang kepada sidang jemaat. Biarlah pengajaran Firman Allah tetap bercahaya dan berkumandang di negeri ini.
Titus 2:10
2:10 jangan curang, tetapi hendaklah selalu tulus dan setia, supaya dengan demikian mereka dalam segala hal memuliakan ajaran Allah, Juruselamat kita.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar