20130803

Kebaktian Doa, Sabtu 3 Agustus 2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Amos 2:4-5
2:4 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Yehuda, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah menolak hukum TUHAN, dan tidak berpegang pada ketetapan-ketetapan-Nya, tetapi disesatkan oleh dewa-dewa kebohongannya, yang diikuti oleh nenek moyangnya,
2:5 Aku akan melepas api ke dalam Yehuda, sehingga puri Yerusalem dimakan habis."

Enam bangsa kafir yang mendahuluiYehudamendapatkan hukuman, dihukum oleh Tuhan tanpa dihubungkan dengan Firman karena mereka tidak tahu Firman. Inilah bentuk penghukuman mereka:
Roma 2:12-16
2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.
2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.
2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.
2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
2:16 Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.
Berartitidakada yang selamat.

Semua manusia telah berdosa.
I Raja-raja 8:46
8:46 Apabila mereka berdosa kepada-Mu -- karena tidak ada manusia yang tidak berdosa -- dan Engkau murka kepada mereka dan menyerahkan mereka kepada musuh, sehingga mereka diangkut tertawan ke negeri musuh yang jauh atau yang dekat,

Roma 3:23
3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Kalau mengatakan kita tidak berdosa berarti mengatakan Tuhan itu pendusta.
I Yohanes 1:10
1:10 Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita.

Sesungguhnya Tuhan sudah memberi Firman kepada bani Yehuda sebagai tanda kasih sayang Tuhan kepada mereka tinggal bagaimana mereka melakukannya. Tujuan Tuhan memberikan Firman kepada mereka:
1.      Untuk menyucikan kehidupan mereka
2.      Untuk memagari kehidupan mereka. Dalam hal ini pagar menunjuk perlindungan Tuhan kepada mereka.

Bangsa-bangsa kafir tidak ada hubungannya dengan Firman karena mereka tidak diberikan Firman. Hanya kepada bangsa Israel Tuhan mempercayakan Firman.
Roma 3:1-2
3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.

Mazmur 147:19-20
147:19 Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.
147:20 Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

Setelah Yesus Kristus datang kedunia ini dan mati di kayu salib maka kita bangsa kafir mendapat peluang untuk mendapatkan Firman supaya kita disucikan dan dilindungi/dipagari Tuhan bahkan lebih dari itu rahasia Firman dibukakan kepada kita bangsa kafir. Bangsa Israel Tuhan percayakan Firman tetapi rahasia dari Firman, Tuhan tidak bukakan kepada mereka dan justru dibukakan kepada kita bangsa kafir. Jadi kalau rahasia Firman dibukakan kepada kita semestinya kita melimpah syukur kepada Tuhan, aktivitas kegiatan kita untuk meraih rencana Allah akan menggebu-gebu.
Kolose 1:25-28
1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
1:28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.

Tetapi bani Yehuda yang kepadanya dipercayakan Firman malah ada 3 bahkan 4 perbuatan jahat yang mereka perbuat.
1.      Menolak/meremehkan Firman
berarti menolak penyucian dan merasa tidak butuh perlindungan Tuhan. Dahulu ini terjadi pada orang Yehuda, sekarang bisa terjadi kepada kita yang sudah dipercayakan Firman bahkan rahasia Firman. Kalau kita meremehkan Firman, meremehkan proses penyucian Firman, meremehkan perlindungan Tuhanberarti merasa sanggup untuk melindungi diri sendiri maka akan menerima akibatnya.

Untuk kita sekarang proses penyucian itu datang dari Firman pengajaran. Kalau mengentengkan itu maka jangan menangis kelak kalau menanggung akibatnya. Sama seperti bani Yehuda akhirnya ibadah mereka hancur,
Yeremia 52:13-15
52:13 Iamembakarrumah TUHAN, rumah raja dansegalarumah di Yerusalem; segalarumah orang-orang besardibakarnyadenganapi.
52:14 SegalatemboksekelilingkotaYerusalemdirobohkanolehtentaraKasdim yang adabersama-samadengankepalapasukanpengawalitu.
52:15 Sebagiandari orang-orang yang paling lemahdansisa-sisarakyat yang masihtinggal di kotaitudanpembelot-pembelot yang menyeberangkepihak raja Babel dansisa-sisaparapekerjatangandiangkutkedalampembuanganolehNebuzaradan, kepalapasukanpengawalitu.

Bait Allah di bakar, semua kekayaan rohani mereka di jarah, berarti sama sekali ibadahnya hancur.Kita bangsa kafir sekarang sudah dipercayakan Tuhan rahasia Firman berarti kita sedang digiring untuk masuk dalam kegenapan Firman yakni menjadi mempelai wanita Tuhandan ibadah kita diberkati oleh Tuhan. Kalau ini kita remehkan maka ibadah nantinya akan gagal.
Amsal 13:13
13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Tadinya bani Yehuda dipercayakan Firman dan mereka begitu serius sekali terhadap Firman. Tetapi lama kelamaan, dimakan oleh waktu maka tumbuh roh pembangkangan. Untuk kita sekarang justru waktu sudah terlalu singkat. Kita sekarang hidup pada waktu persiapan akhir karena waktu segera akan berakhir. Kalau Tuhan menemukan dalam diri kita bahwa kita meremehkan Firman maka tidak ada kesempatan lagi untuk membenahi diri, tinggal menunggu untuk binasa.

Kapan Tuhan melihat kita meremehkan Firman? Bukan hanya sikap-sikap kita di luar atau karena sikap kita yang tidak terpuji saat mendengar Firman tetapi lebih parah kalau merasa sudah lebih tahu Firman dari pada hamba Tuhan yang dipercayakan Tuhan menggembalakan sekaligus mengajar kita.
Lukas 12:47-48,46
12:47 Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan.
12:48 Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut."
12:46 maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang yang tidak setia.

Orang yang mengerjakan Firman hanya kalau dia suka melakukannya sama dengan orang yang meremehkan Firman.

Gembala memiliki 2 jabatan yang tidak boleh lepas yaitu gembala dan guru. Guru tidak hanya sebatas mengajar dan mendidik tetapi pengertian yang lebih dalam adalah pelatih.
Yakobus 3:1
3:1 Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.

Itu sebabnya kita belajar supaya diri kita dulu yang kita latih. Hamba Tuhan menyampaikan Firman sebagai gembala (Episkopos) dan guru (Didaskalos = pelatih). Itu sebabnya di dalam sidang jemaat ada seorang gembala dan guru sebagai pelatih. Jangan sampai terlalu banyak muncul pelatih-pelatih di dalam sidang jemaat yang akhirnya bahasanya menjadi miring, tidak lagi sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Tuhan yang dikumandangkan lewat seorang gembala yang adalah Episkopos dan Didaskalos. Akhirnya bahasa lain ini muncul dalam bentuk kritik. Kalau sudah menjadi tukang kritik itu sudah menjadi Didaskalos yang salah. Banyak bicara banyak salah. Jangan sampai kita seperti itu.

Kepada orang di luar kita harus bersaksi, kepada orang di dalam kita harus bersamasaling mengkuatkan. Itulah Didaskalos yang benar! Seringkali anak Tuhan menjadi lemah karenaDidaskalos yang salah sehingga akhir meremehkan Firman. Ini jangan terjadi pada kita dan harus kita buang jauh-jauh sebab kedatangan Tuhan sudah dekat. Alangkah indahnya kalau kita saling menguatkan.

Kepada bani Yehuda dipercayakan Firman berbeda dengan 6 bangsa yang sebelumnya.Tetapi sangat disesalkan orang Yehuda ini menolak Firman.
Amos 2:4
2:4 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Yehuda, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah menolak hukum TUHAN, dan tidak berpegang pada ketetapan-ketetapan-Nya, tetapi disesatkan oleh dewa-dewa kebohongannya, yang diikuti oleh nenek moyangnya,

Penyebab pertama Tuhan murka bani Yehuda adalah karena mereka meremehkan Firman. Yang seharusnya:
Mazmur 119:60
119:60 Aku bersegera dan tidak berlambat-lambat untuk berpegang pada perintah-perintah-Mu.

Ini adalah Mazmur Esra, ahlikitab, diainginsegeramelakukanFirman. Dia mencinta Firman Tuhan lebih dari pada kemuliaan dunia ini.
Mazmur 119:127
119:127 Itulah sebabnya aku mencintai perintah-perintah-Mu lebih dari pada emas, bahkan dari pada emas tua.

Kegagalan hamba Tuhan sebagai Episkopos dan Didaskalos adalah mau melatih orang lain padahal belum mahir melatih dirinya. Itu sebabnya bagi yang muda harus belajarlah kepada yang tua bagaimana melatih dirinya.
Ayub 12:12
12:12 Kononhikmatadapada orang yang tua, danpengertianpada orang yang lanjutumurnya.

Tidak menutup kemungkinan banyak yang sudah dilatih tetapi berbalik menyerang pelatih.
Hosea 7:15
7:15 Sekalipun Aku telah melatih dan menguatkan lengan-lengan mereka, namun mereka merancang kejahatan terhadap Aku.

Tuhan sudah menjadi guru/pelatih tetapi kemudian setelah lengan mereka kuat malah merancang mau melawan. Ini yang jangan ada pada diri kita. Lengan ini menunjuk pelayanan. Jangan setelah kita bisa melayani malah merancang yang jahat kepada pelatih.

2.      Mereka sudah terpengaruh dengan imam-imam berhala
Zefanya 1:4
1:4 Aku akan mengacungkan tangan-Ku terhadap Yehuda dan terhadap segenap penduduk Yerusalem. Aku akan melenyapkan dari tempat ini sisa-sisa Baal dan nama para imam berhala,

Tuhan sakit hatiNya dan mau membalas sebab ada peran imam-imam berhala dalam Yehuda. Berhala adalah kekerasan hati.
I Samuel 15:23
15:23 Sebab pendurhakaan adalah sama seperti dosa bertenung dan kedegilan adalah sama seperti menyembah berhala dan terafim. Karena engkau telah menolak firman TUHAN, maka Ia telah menolak engkau sebagai raja."

Imam-imam yang keras hati dan tidak mau melembut adalah pelayan yang dikategorikan oleh Tuhan sebagai imam berhala. Kalau mengikuti ibadah persekutuan kemana-mana tetapi ketika kembali tidak berubah itu berarti imam yang keras hati, apalagi kalau itu seorang gembala.

Dalam Zefanya ini Tuhan berbicara tentang pesta nikah dan selanjutnya Tuhan berbicara hari Tuhan sudah dekat.
Zefanya 1:7,14
1:7 Berdiam dirilah di hadapan Tuhan ALLAH! Sebab hari TUHAN sudah dekat. Sungguh TUHAN telah menyediakan perjamuan korban dan telah menguduskan para undangan-Nya.
1:14 Sudah dekat hari TUHAN yang hebat itu, sudah dekat dan datang dengan cepat sekali! Dengar, hari TUHAN pahit, pahlawan pun akan menangis.

Alkitab tidak pernah berkata hari Tuhan masih jauh, sejak dahulu selalu dikatakan hari Tuhan sudah dekat apalagi pada zaman kita sekarang, hari Tuhan sudah sangat dekat.
3.      Menyandingkan Tuhan dengan dewa Milkom
Zefanya 1:5
1:5 juga mereka yang sujud menyembah di atas sotoh kepada tentara langit dan mereka yang menyembah dengan bersumpah setia kepada TUHAN, namun di samping itu bersumpah demi Dewa Milkom,

Dewa Milkom ini adalah dewa bani Amon
I Raja-raja 11:5
11:5 Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon,

Apakah tidak membuat hati Tuhan tersayat-sayat, diriNya disandingkan dengan Milkom yang menjijikkan? Padahal Tuhan adalah pencipta langit dan bumi yang tidak ada duanya. Ini yang paling membuat hati Tuhan tidak tahan sebab ini terjadi di kalangan bangsa Yehuda.
Yesaya 42:8
42:8 Akuini TUHAN, itulahnama-Ku; Akutidakakanmemberikankemuliaan-Ku kepada yang lain ataukemasyhuran-Ku kepadapatung.

Kitab Zefanya di tulis lebih banyak ditujukan kepada bangsa Yehuda. Karena mereka menyandingkan Tuhan dengan dewa Milkom dewa bani Amon maka mereka disusupi oleh roh Amon sehingga memutar balikkan fakta.
Yesaya 5:20
5:20 Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat, yang mengubah kegelapan menjadi terang dan terang menjadi kegelapan, yang mengubah pahit menjadi manis, dan manis menjadi pahit.

Seruan Yesaya ini ditujukan kepada Yehuda.
Yesaya 1:1
1:1 Penglihatan yang telah dilihat Yesaya bin Amos tentang Yehuda dan Yerusalem dalam zaman Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda.

Ini terjadi akibat penyatuan dua paham. Mereka menyandingkan Allah yang benar dengan yang tidak benar dan menjadi penyebab Tuhan murka. Itu sebab yang harus kita taruh pada urutan pertama adalah Tuhan, jangan kita sandingkan dengan perkara yang lain supaya jangan kita menjadi umat yang dimurkai Tuhan sehingga ibadah kita hancur seperti Yehuda.
Kolose 1:15
1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

4.      Yehuda tidak setia kepada Tuhan
Yeremia 3:7-8,10-11
3:7 Pikir-Ku: Sesudah melakukan semuanya ini, ia akan kembali kepada-Ku, tetapi ia tidak kembali. Hal itu telah dilihat oleh Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia.
3:8 Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya Aku telah menceraikan Israel, perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat cerai; namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, melainkan ia juga pun pergi bersundal.
3:10 Juga dengan semuanya ini Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu, tidak kembali kepada-Ku dengan tulus hatinya, tetapi dengan pura-pura, demikianlah firman TUHAN."
3:11 Dan TUHAN berfirman kepadaku: "Israel, perempuan murtad itu, membuktikan dirinya lebih benar dari pada Yehuda, perempuan yang tidak setia itu.

Empat kali disebutkan Yehuda digambarkan sebagai perempuan yang tidak setia kepada suaminya. Angka empat adalah angka penjuru bumi. Ingat! Jangan sampai kita disergap oleh roh tidak setia ini sebab ini ada di mana-mana. Ada yang kembali tetapi pura-pura, tidak serius, ini sama dengan tidak setia.

Jangan sampai kita memiliki roh tidak setia kepada suami, kepada Yesus kepala kita. Tuhan Yesus adalah calon suami kita. Dia akan datang menjemput kita Mempelai WanitaNya. Ketika kita terancam oleh antikris Tuhan Yesus ada datang merebut kita (Harpazo).

Kita ini sebenarnya terancam, siapa yang melindungi kalau bukan suami kita yang jempolan yaitu Yesus. Dia akan merebut kita dari ancaman trio iblis. Marilah kita setia kepadaNya. Jangan sampai Tuhan melihat kita tidak setia lalu Tuhan mengumbar kita sebab masih ada gereja Tuhan yang lain yang setia. Tuhan Yesus adalah Mempelai Laki-laki Sorga akan datang merebut kita dari ancaman. Setialah kepada Yesus calon suami kita.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar