20130804

Kebaktian Umum, Minggu 4 Agustus2013 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Keluaran 18:1-6
18:1 Kedengaranlah kepada Yitro, imam di Midian, mertua Musa, segala yang dilakukan Allah kepada Musa dan kepada Israel, umat-Nya, yakni bahwa TUHAN telah membawa orang Israel keluar dari Mesir.
18:2 Lalu Yitro, mertua Musa, membawa serta Zipora, isteri Musa -- yang dahulu disuruh Musa pulang --
18:3 dan kedua anak laki-laki Zipora; yang seorang bernama Gersom, sebab kata Musa: "Aku telah menjadi seorang pendatang di negeri asing,"
18:4 dan yang seorang lagi bernama Eliezer, sebab katanya: "Allah bapaku adalah penolongku dan telah menyelamatkan aku dari pedang Firaun."
18:5 Ketika Yitro, mertua Musa, beserta anak-anak dan isteri Musa sampai kepadanya di padang gurun, tempat ia berkemah dekat gunung Allah,
18:6 disuruhnyalah mengatakan kepada Musa: "Aku, mertuamu Yitro, datang kepadamu membawa isterimu beserta kedua anaknya."

Pertemuan antara Yitro dengan Musa terjadi di lokasi Rafidim dan disebutkan dekat gunung Allah.
Keluaran 17:1,8
17:1 Kemudian berangkatlah segenap jemaah Israel dari padang gurun Sin, berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, sesuai dengan titah TUHAN, lalu berkemahlah mereka di Rafidim, tetapi di sana tidak ada air untuk diminum bangsa itu.
17:8 Lalu datanglah orang Amalek dan berperang melawan orang Israel di Rafidim.

Rafidim artinya sokongan/dukungan.
Kalau kita melihat di sini bahwa umat Israel di dalam perjalanan menggambarkan kita umat Tuhan yang sedang mengembara sebagai musafir di dunia yang fana ini menuju Yerusalem Baru yang membutuhkan dukungan/sokongan. Perjalanannya bangsa Israel selama 40 tahun menubuatkan 2000 tahun gereja menggembara di padang gurun dunia ini sejak gereja dilahirkan di loteng Yerusalem sampai masuk Yerusalem Baru.
40 tahun x 50 (Yobel) = 2000 tahun

Kita membutuhkan dukungan, kalau ada orang yang merasa tidak membutuhkan dukungan itu adalah hak orang itu tetapi dia tidak akan mencapai Yerusalem Baru. Mengapa kita membutuhkan dukungan?

1.      Sebab kita dahaga dan membutuhkan air
Amsal 25:25
25:25 Seperti air sejuk bagi jiwa yang dahaga, demikianlah kabar baik dari negeri yang jauh.

Ketika umat Israel dalam keadaan dahaga ini bersungut-sungut maka Musa melapor kepada Tuhan dan Tuhan memerintahkan Musa memukul gunung batu dengan tongkat sehingga air keluar mengalir. Artinya gereja Tuhan membutuhkan pekerjaan Salib Golgota untuk memuaskan dahaga kita dan itu hanya ada pada Yesus. Dalam kita mengembara di dunia fana ini kita membutuhkan berita salib, kita membutuhkan korban Kristus, kita membutuhkan Firman Pengajaran. Yang merasa tidak butuh kelak akan bertemu dengan antikristus.

Ini adalah tanggung jawab saya sebagai hamba Tuhan untuk menyampaikan hal ini supaya kita terjaga bahwa kita butuh dukungan lewat pertolongan Tuhan yang datang kepada kita melalui Firman penggembalaan yang disampaikan oleh hamba Allah.Hal inijangandiremehkan/ dientengkan.

Keluaran 17:3
17:3 Hauslah bangsa itu akan air di sana; bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa dan berkata: "Mengapa pula engkau memimpin kami keluar dari Mesir, untuk membunuh kami, anak-anak kami dan ternak kami dengan kehausan?"

Orang Israel bersungut-sungut, inilah sikap orang yang dahaga. Apa solusi dari Tuhan?
Keluaran 17:6
17:6 Maka Aku akan berdiri di sana di depanmu di atas gunung batu di Horeb; haruslah kaupukul gunung batu itu dan dari dalamnya akan keluar air, sehingga bangsa itu dapat minum." Demikianlah diperbuat Musa di depan mata tua-tua Israel.
17:7 Dinamailah tempat itu Masa dan Meriba, oleh karena orang Israel telah bertengkar dan oleh karena mereka telah mencobai TUHAN dengan mengatakan: "Adakah TUHAN di tengah-tengah kita atau tidak?"

Masa artinya beban tanggungan, Meriba artinya perbantahan.
Jadi untuk menghentikan beban tanggungan dan perbantahan yang menimbulkan persungutan perlu gunung batu itu dipukul. Artinya Tuhan Yesus batu karang yang teguh rela dipukul, rela terluka untuk menghentikan persungutan kita, untuk melepaskan kita dari tanggungan dan perbantahan. Itu sebabnya kita harus menghentikan persungutan dan perbantahan karena Kristus Yesus telah rela dilukai. Batu karang menggambarkan Kristus Yesus.
I Korintus 10:4
10:4 dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus.

Ini adalahkekuatan untuk mengalahkan roh perbantahan,  untuk mengalahkan persungutan dan untuk memberikan kelegaandi dalam perjalanan kita.

2.      Sebab menghadapi peperangan dengan Amalek
Ini adalah peperangan pertama yang di alami orang Israel ketika keluar dari Mesir yaitu menghadapi orang. Amalek menunjuk daging kita. Inilah peperangan yang kita lakoni yaitu melawan nafsu daging kita sendiri beserta keinginan-keinginannya yang tidak terkontrol itu. Kita membutuhkan sokongan supaya kita mampu menekan reaksi-reaksi hawa nafsu daging kita. Mulai dari anak muda remaja membutuhkan sokongan entahkah melalui doa dari orang tuanya, entah di dalam penggembalaan dia mendengar suara Firman penggembalaan beserta dengan doa penyahutan dari gembala. Orang yang merasa tidak butuh sama dengan menghempaskan penggembalaan Tuhan/ melepaskan diri dari penggembalaan Tuhan.

Allah dari Sorga mengulurkan tangan kepada kita dan dari bumi ada gembala yang menopang kita melalui doa penyahutan.
Ibrani 13:17
13:17 Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

Kalau merasa diri butuh dukungan maka bawalah hidupmu untuk digembalakan dibawah penggembalaan Firman yang sehat. Kita harus mencari penggembalaan. Acap kali yang dekat dengan tempat penggembalaan malah tidak nampak bahwa dia butuh sokongan.

Buktikan bahwa saudara bergairah untuk memperoleh dukungankarena kita menghadapi peperangan yang sengit.Musuh kita yang paling kuat adalah daging kita sendiri dan itu dimanfaatkan oleh iblis melalui panca indra kita.

3.      Menghadapi nikah
Dalam susunan Tabernakel Keluaran pasal 17 dan 18 terkena pelita emas yang memancarkan kesaksian baik keluar maupun ke dalam. Poin satu dan dua menunjuk kesaksian keluar dan poin ketiga ini menunjuk kesaksian ke dalam. Nikah ini yang sedang kita gumuli, jangan kita berpikir kita mampu mengatasinya. Ada pribadi yang Allah percayakan untuk mengatasi nikah-nikah kita, ini dukungan dari TuhandanhambaTuhan yang dipakaiolehTuhan.

4.      Menghadapi hubungan kita dengan Tuhan
Musa merasa perlu mengangkat satu orang untuk mengepalai 1000, satu orang mengepalai 100, satu orang mengepalai 50 dan satu orang mengepaoai 10. Ini menunjukkan dukungan di dalam penggembalaan. Baik kepala 1000, kepala 100, kepala 50 dan kepala 10 semuanya satu suara. Inilah dukungan yang ada dari dalam.
Keluaran 18:21
18:21 Di sampingitukaucarilahdariseluruhbangsaitu orang-orang yang cakapdantakutakan Allah, orang-orang yang dapatdipercaya, dan yang bencikepadapengejaransuap; tempatkanlahmereka di antarabangsaitumenjadipemimpinseribu orang, pemimpinseratus orang, pemimpin lima puluh orang danpemimpinsepuluh orang.

Ini anjuran Tuhan kepada jemaat Filipi. Surat Filipi terkena pelita emas. Dalam jemaat Filipi ada dua perempuan yang suka bertengkar yaitu Sintikhe dan Euodia.
Filipi 2:1-3;4:2
2:1 Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan,
2:2 karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan,
2:3 dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;
4:2 Euodia kunasihati dan Sintikhe kunasihati, supaya sehati sepikir dalam Tuhan.

Dalam menyampaikan sesuatu biarlah kita mengeluarkan kata-kata yang manis dan menyejukkan sehingga kesannya bukan seperti Sintikhe dan Euodia.Segala-galanya perlu dipahami sehingga dukung mendukung itu terasa nikmat di dalam rumah tangga. Berilah dukungan satu dengan yang lain di dalam rumah tangga. Dukungan ini jangan sampai menimbulkan percekcokkan.

Yitro sekalipun bangsa kafir adalah imam Tuhan di Midian. Ini menggambarkan kita sebagai imam yang berasal dari bangsa kafir. Yitro datang setelah bangsa Israel menang menghadapi Amalek. Yitro artinya menang atau pemenang, arti kedua adalah keunggulan. Untuk membenahi nikah harus tampil imam yang memiliki roh kemenangan dalam peperangan dan memiliki keunggulan.

Nama lain Yitro adalah Rehuel yang artinya sahabat Allah.
Keluaran 2:21
2:21 Musa bersedia tinggal di rumah itu, lalu diberikan Rehuellah Zipora, anaknya, kepada Musa.

Zipora artinya burung kecil. Imam Yitro ini berhasil mempersiapkan untuk Musa seorang gadis yang namanya Zipora. Burung kecil ini setiap pagi kerjanya berciap-ciap memuji Tuhan.

Zipora ini adalah gambaran gereja Tuhan untuk dibawa kepada Musa, Musa di sini ada persamaan dengan Yesus. Jadi apa yang dikisahkan di sini menubuatkan bagaimana hamba-hamba Tuhan menyiapkan gereja Tuhan bagaikan Zipora-Zipora di akhir zaman untuk dibawa kepada Yesus.
Roma 15:16
15:16 yaitubahwaakubolehmenjadipelayanKristusYesusbagibangsa-bangsabukanYahudidalampelayananpemberitaanInjil Allah, supayabangsa-bangsabukanYahudidapatditerimaoleh Allah sebagaipersembahan yang berkenankepada-Nya, yang disucikanolehRoh Kudus.

Hamba Tuhan harus memiliki keunggulan dan selalu menang menghadapi peperangan. Keunggulan hamba Tuhan ini harus ditopang oleh istri dan anak-anak.

Kisah Para Rasul 15:7
15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.
Seandainya disitu ada yang tidak sehat pikirannya maka pasti berkata: “Petrus mengangkat-angkat dirinya” tetapi tidak demikian.

Seorang yang disebut sahabat Allah berarti dipercayakan pembukaan rahasia Firman. Kalau hamba Tuhan dipercayakan rahasia Firman ujung-ujungnya adalah untuk jemaat supaya jemaat dipersiapkan (seperti Rehuel menyiapkan Zipora) untuk dibawa kepada Yesus.

Yitro/ Rehuel adalah dua nama untuk satu orang. Ini dua menjadi satu, ini bahasa mempelai. Dengan demikian Yitro ini adalah gambaran pekabar mempelai tulen. Dia adalah kehidupan yang dipercaya untuk membawa Zipora kepada Musa. Hamba Tuhan harus matang dalam pelajaran Kabar Mempelai sebab di atas pundaknya ada tanggung jawab berat untuk membawa sidang jemaat kepada Tuhan.

Contoh seorangsahabat Allah adalah Abraham.
Yakobus 2:23
2:23 Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: "Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." Karena itu Abraham disebut: "Sahabat Allah."

II Tawarikh 20:7
20:7 Bukankah Engkau Allah kami yang menghalau penduduk tanah ini dari depan umat-Mu Israel, dan memberikannya kepada keturunan Abraham, sahabat-Mu itu, untuk selama-lamanya?

Sahabat Allah ini akan menghentar umat Tuhan pada tanahnya Tuhan. Sahabat Allah yang dipercayakan pembukaan rahasia Firman Tuhan untuk menghentar umat Tuhan ke negerinya Tuhan.

II Tawarikh 7:20
7:20 maka Aku akan mencabut kamu dari tanah-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan rumah ini yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku, akan Kubuang dari hadapan-Ku, dan akan Kujadikan kiasan dan sindiran di antara segala bangsa.

Tanah kanaan adalah tanahnya Tuhan, ini bernubuat kanaan samawi dan bukan hanya tanah tetapi di sana ada kota yang dibangun oleh Tuhan itulah Yerusalem Baru.
Ibrani 11:10-13
11:10 Sebab ia menanti-nantikan kota yang mempunyai dasar, yang direncanakan dan dibangun oleh Allah.
11:11 Karena iman ia juga dan Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu, walaupun usianya sudah lewat, karena ia menganggap Dia, yang memberikan janji itu setia.
11:12 Itulah sebabnya, maka dari satu orang, malahan orang yang telah mati pucuk, terpancar keturunan besar, seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, yang tidak terhitung banyaknya.
11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini.

Ciri imam sebagai pemenang dan imam yang unggul adalah dipercaya rahasia Firman dan kepadanya ada harapan untuk membawa umat masuk dalam negerinya Tuhan.

Ada dua rahasia yang Tuhan buka kepada Abraham.
1.      Rahasia kedatangan Tuhan kedua kali
Kejadian 18:10,14
18:10 Dan firman-Nya: "Sesungguhnya Aku akan kembali tahun depan mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara, isterimu, akan mempunyai seorang anak laki-laki." Dan Sara mendengarkan pada pintu kemah yang di belakang-Nya.
18:14 Adakah sesuatu apa pun yang mustahil untuk TUHAN? Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki."

Pada Abraham dibukakan rahasia kedatangan Ishak anak laki-laki yaitu tahun depan artinya tidak lama lagi. Kepada hamba Tuhan yang unggul dan pemenang yang disebut sahabat Allah ini akan Tuhan bukakan rahasia kedatangan Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga yang tidak lama lagi. Bagaimana kondisi Yesus dan gereja Tuhan diberitahu kepada hamba Tuhan ini.

2.      Rahasia kebinasaan dunia ini
Kejadian 18:17-18, 20-21
18:17 Berpikirlah TUHAN: "Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?
18:18 Bukankah sesungguhnya Abraham akan menjadi bangsa yang besar serta berkuasa, dan oleh dia segala bangsa di atas bumi akan mendapat berkat?
18:20 Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: "Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya.
18:21 Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya."

Rahasia kebinasaan dunia diberitahu kepada sahabat Tuhan. Itu sebabnya peganglah dunia dengan tangan terlepas sebab dunia ini sedang binasa. Jangan sampai kita diseret oleh dunia ini ikut binasa. Sebab itu hati kita harus melekat kepada Tuhan. Di mana hartamu berada di situ hatimu berada. Kalau harta kita di Sorga maka hati kita di Sorga. Harta kita yang paling mulia adalah Yesus dan Dia ada di Sorga maka di situlah hati kita berada maka kehidupan kita akan aman terkendali.

Ulangan 18:15,18
18:15 Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.
18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

Ayat 15 adalah bahasa Musa dan ayat 18 adalah bahasa Tuhan sendiri yang menggaris bawahibahasa Musa ini.

Persamaan Musa dengan Tuhan Yesus:
1.      Sama-sama ditolak oleh bangsanya
Musa di tolak oleh kaumnya.
Kisah Para Rasul 7:27,39
7:27 Tetapi orang yang berbuat salah kepada temannya itu menolak Musa dan berkata: Siapakah yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim atas kami?
7:39 Tetapi nenek moyang kita tidak mau taat kepadanya, malahan mereka menolaknya. Dalam hati mereka ingin kembali ke tanah Mesir.

Tuhan Yesus ditolak oleh bangsa Yahudi.
Yohanes 1:11
1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

Jangan tambah barisan orang yang menolak dan meninggalkan Tuhan Yesus. Awalnya yang menolak Musa hanya satu pribadi (Kisah Rasul 7:27) tetapi kemudian berkembang menjadi seluruh bangsa (Kisah Rasul 7:39).
2.      Sama-sama menikmati pengalaman duri
Musa menanggalkan kasutnya padahal dia berjalan di daerah berduri. Tuhan Yesus dimahkotai dengan duri. Tegakah kita kembali menancapkan duri di kepala Yesus karena ulah perbuatan kita!

3.      Sama-sama dipakai Tuhan menjadi Juruselamat
Musa dipakai menjadi juruselamat bagi orang Israel, Tuhan Yesus dipakai menjadi juruselamat bagi seluruh dunia.

4.      Musa gembala Israel, Tuhan Yesus adalah gembala kita semua.
Tuhan Yesus sebagai Gembala Agung menggembalakan jiwa kita.
I Petrus 2:25
2:25 Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu.

Dengan dukungan Tuhan lewat FirmanNya dan doa penyahutan gembala maka kita umatNya terpelihara.

Tugas Yitro:
1.      Yitro mempersiapkan Zipora untuk dibawa pada Musa
Dia adalah gambaran Hamba Tuhan yang dipercayakan untuk membawa Gereja Tuhan kepada Tuhan Yesus Mempelai Pria Sorga. Ini adalah tanggung jawabku sebagai hamba Tuhan. Saya merindu semua jemaat ini menjadi burung kecil (Zipora) yang selalu memuji Tuhan untuk bertemu dengan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga.
Keluaran 2:16
2:16 Adapun imam di Midian itu mempunyai tujuh anak perempuan. Mereka datang menimba air dan mengisi palungan-palungan untuk memberi minum kambing domba ayahnya.

7 anak itu menggambarkan 7 jemaat di Asia kecil dan menggambarkan gereja Tuhan di ujung akhir zaman. Dari 7 jemaat di Asia kecil hanya satu yaitu jemaat Filadelfia yang benar-benarsehatrohani. Biarlah kita menjadi yang satu itu yaitu menjadi tubuh Kristus yang satu, Mempelaiperempuan.

Roma 15:16,18
15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.
15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,

2.      Membawa Zipora kepada Musa
Keluaran 18:2
18:2 Lalu Yitro, mertua Musa, membawa serta Zipora, isteri Musa -- yang dahulu disuruh Musa pulang --

Disuruh Musa pulang” ini adalah bahasa yang halus. Bukankan dahulu nenek moyang kita di taman Firdaus diusir oleh Tuhan. inilah kita bangsa kafir yang dahulu tidak masuk hitungan tetapi dipersiapkan oleh Yitro-Yitro (hamba-hambaTuhan) akhir zaman untuk dibawa kepada Yesus.
Efesus 2:11-13
2:11 Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu -- sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat", yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, --
2:12 bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia.
2:13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.

II Korintus 11:2
11:2 Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.

Biarlah jemaat paham bahwa sebenarnya saudara ini mau dibenahi oleh Tuhan lewat pelayanan Yitro-Yitro akhir zaman untuk dibawa kepada Yesus.

Selain membawa Zipora istri Musa, Yitro juga membawa buah nikah. Buah nikah di sini menunjuk suasana pemahaman terhadap diri kita .



Anak-anak Musa:
a)      Gersom
Artinya aku seorang pendatang di negeri ini. Kita harus paham bahwa kita hanya pendatang di dunia ini. Oleh sebab itu kita harus paham bahwa bukan dunia ini tempat kita, tetapi kita akan dibawa kepada Yesus. Ketika kita di dunia di situlah kita dibina.

Dunia ini bukan miliki kita tetapi sudah diserahkan kepada iblis.
I Yohanes 5:19
5:19 Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.

Dunia ini ada di bawah kuasa si jahat itu sebabnya iblis berani menawarkan seluruh dunia kepada Yesus asalkan Yesus menyembah iblis. Namun ketika ucapan ini muncul saat itulahTuhan Yesus mengusir setan.Ketika saudara mau diupayakan oleh iblis untuk tertarik dengan sesuatu di luar Tuhan maka cepat tengking, sebab itu adalah pekerjaan iblis/ tipuaniblis.

Orang yang memiliki pemahaman seperti ini berarti tidak terikat dengan dunia sehingga mudah untuk dia berbuat sesuatu bagi Tuhan. Orang Makedonia miskin tetapi dia bisa berbuat bagi Tuhan.

Tidak salah kalau persembahan itu disampaikan dari atas mimbar. Pengorbanan orang-orang di Makedonia disampaikan oleh Paulus, bukan orang Makedonia sendiri yang mencanangkan, tujuannya untuk merangsang yang lain untuk memberi.
II Korintus 8:2-5; 9:2
8:2 Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.
8:3 Aku bersaksi, bahwa mereka telah memberikan menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka.
8:4 Dengan kerelaan sendiri mereka meminta dan mendesak kepada kami, supaya mereka juga beroleh kasih karunia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus.
8:5 Mereka memberikan lebih banyak dari pada yang kami harapkan. Mereka memberikan diri mereka, pertama-tama kepada Allah, kemudian oleh karena kehendak Allah juga kepada kami.
9:2 Aku telah tahu kerelaan hatimu tentang mana aku megahkan kamu kepada orang-orang Makedonia. Kataku: "Akhaya sudah siap sedia sejak tahun yang lampau." Dan kegiatanmu telah menjadi perangsang bagi banyak orang.

Filipi 4:12
4:12 Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.

Yang tidak boleh adalah kita mengungkit-ungkit korban kita atau apa yang telah kita lakukan bagi pekerjaan Tuhan.

b)      Eliezer
Artinya Allah penolong danyang telah menyelamatkan aku dari pedang Firaun. Ada pedang yang lain yang akan muncul di akhir zaman itulah pedang yang bagaikan petir yang menyambar. Jangan tunggu pedang ini. Lebih baik kita menerima pedang Firman Tuhan dari pada pedang Firaun yang muncul di akhir zaman bagaikan petir yang menyambar.

Terimalah apa yang Allah berikan kepada kita. Ada tangan yang dipercaya Tuhan untuk membina dan mengelolah kita bersama. Marilah kita saling mendukung sehingga keberhasilan benar-benar menjadi kenyataan di tangan kita yaitu kita bertemu Yesus Mempelai Pria Sorga dan kita sebagai Mempelai Wanitanya.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar