20130907

Kebaktian Doa, Sabtu 7 September 2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, selamat berbahagia memandang Tuhan di dalam FirmanNya.

Amos 2:13
2:13 Sesungguhnya, Aku akan mengguncangkan tempat kamu berpijak seperti goncangan kereta yang sarat dengan berkas gandum.

Ini bahasa isyarat dari Tuhan. Tuhan mau menggoncang tempat di mana mereka berada seperti goncangan kereta yang sarat dengan berkas gandum. Tuhan mengingatkan kepada umat Israel supaya mereka mengingat kembali hal-hal yang sudah terjadi dimana mereka merasa tidak lagi membutuhkan layanan Firman Tuhan.

Kita ini ibarat dilawati oleh Tuhan dengan kereta yang sarat dengan berkas gandum artinya kelimpahan Firman. Bangsa Israel dahulu lama kelamaan tidak lagi peduli pada lawatan Tuhan dengan curahan berkat Firman yang begitu limpah sehingga mereka bersikap menolak dengan praktek menutup mulut hamba Tuhan supaya tidak bercerita tentang Firman Tuhan.

Bagi umat Israel pada waktu itu berbicara tentang Tuhan, itu hanya menjadi beban bagi mereka. Mereka merasa tidak lagi membutuhkan ransum dan logistik dari sorga artinya mereka merasa tidak membutuhkan lagi layanan Firman yaitu makanan yang sesungguhnya yang datang dari sorga karena hati, pikiran dan perasaan mereka telah tertarik dengan persoalan-persoalan yang duniawi yang langsung memuaskan daging mereka ketimbang Firman yang tidak memuaskan daging mereka. Kepuasaan daging ujung-ujungnya hanyalah kebinasaan di neraka tetapi kepuasan yang rohani ujungnya adalah kehidupan kekal bersama dengan Tuhan.
I Petrus 1:25
1:25 tetapi firman Tuhan tetap untuk selama-lamanya." Inilah firman yang disampaikan Injil kepada kamu.

I Yohanes 2:17
2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Tuhan akan membuat mereka merasa ada goncangan tanah di mana mereka berdiri seperti kereta yang sarat dengan berkas gandum. Hal ini telah dipakai oleh Tuhan sebab di dalamnya ada kuasa Tuhan untuk mengingatkan mereka dan ini bukan lagi untuk membuat mereka bertobat dan menyesali tetapi hanya sebatas mengingatkan mereka bahwa yang mereka tolak itu sebenarnya bisa menjamin, memelihara dan melindungi tubuh, jiwa dan roh mereka tetapi sudah mereka tolak. Sekalipun mereka sadar tetapi sudah tidak ada lagi kesempatan untuk bertobat.

Itu sebabnya sekarang ini adalah kesempatan bagi kita di penghujung akhir zaman untuk berubah sikap ketika Tuhan tidak memakai sesuatu sebagai gambaran tetapi yang sudah kita nikmati hari-hari terakhir ini yaitu pembukaan rahasia Firman.

Sekarang ini ada hamba Tuhan yang berubah sikap. Dahulu gesit dalam pengajaran Tabernakel dan mengajarkan bahwa hamba Tuhan sepenuh tidak boleh memiliki pekerjaan sambilan namun sekarang membenarkan hamba Tuhan sepenuh untuk bekerja sambilan. Ini tanpa sadar sudah menyumbat mulut Tuhan. Bagaimana kehidupan seperti ini mau kita jadikan panutan.

Ketika Firman dalam kelimpahan pembukaan rahasiaNya disampaikan , kita harus memperhatikannya. Sebab ketika kita tidak memperhatikan maka satu ketika kita akan tenggelam dengan dunia ini, saat itu Tuhan akan mengingatkan kembali tetapi tidak ada harapan lagi untuk kita. Orang yang sekarang ini tidak menghargai pembukaan rahasia Firman maka bagiannya adalah 6 perkara ini yaitu orang cepat tidak bisa lari lagi, orang kuat tak berdaya lagi, pahlawan terpaku tak berdaya, pemegang panah tidak bertahan, penunggang kuda tidak bisa luput dan orang pemberani lari dengan telanjang.

Apa yang dikatakan dalam Amos 2:13 ini akhirnya berwujud dalam Amos 8:11-14

Yang penting saat ini apakah kita merasa sedang dilayani oleh Tuhan dengan kelimpahan gandum? Atau kita memang merasa tetapi tidak merasa butuh. Tawaran Tuhan sekarang harus kita perhatikan. Getaran-getaran Firman seperti kereta yang sarat dengan berkas gandum harus kita rasakan di hati dan pikiran kita supaya kita menaruh perhatian serius, kita harus merasa butuh akan Firman Kehidupan.

Getaran kereta yang membawa logistik ini akan mengarahkan saudara pada tempat yang amat baik. Tujuan getaran kereta yang membawa ransum ini adalah untuk membangkitkan semangat yang sudah letih lesu. Contohnya adalah Yakub yang sudah letih lesu dan kehilangan pengharapan tetapi ketika melihat dan merasakan getaran kereta yang membawa gandum maka semangatnya bangkit.
Kejadian 45:18-21,23,25
45:18 jemputlah ayahmu dan seisi rumahmu dan datanglah mendapatkan aku, maka aku akan memberikan kepadamu apa yang paling baik di tanah Mesir, sehingga kamu akan mengecap kesuburan tanah ini.
45:19 Selanjutnya engkau mendapat perintah mengatakan kepada mereka: Buatlah begini: bawalah kereta dari tanah Mesir untuk anak-anakmu dan isteri-isterimu, jemputlah ayahmu dari sana dan datanglah ke mari.
45:20 Janganlah kamu merasa sayang meninggalkan barang-barangmu, sebab apa yang paling baik di seluruh tanah Mesir ini adalah milikmu."
45:21 Demikianlah dilakukan oleh anak-anak Israel itu. Yusuf memberikan kereta kepada mereka menurut perintah Firaun; juga diberikan kepada mereka bekal di jalan.
45:23 Di samping itu kepada ayahnya dikirimkannya sepuluh ekor keledai jantan, dimuati dengan apa yang paling baik di Mesir, lagipula sepuluh ekor keledai betina, dimuati dengan gandum dan roti dan makanan untuk ayahnya dalam perjalanan.
45:25 Demikianlah mereka pergi dari tanah Mesir dan sampai di tanah Kanaan, kepada Yakub, ayah mereka.
45:26 Mereka menceritakan kepadanya: "Yusuf masih hidup, bahkan dialah yang menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir." Tetapi hati Yakub tetap dingin, sebab ia tidak dapat mempercayai mereka.

Seringkali beginilah keadaan kita, sekalipun kita sudah berbicara tetapi orang itu belum tentu percaya karena berada dalam keadaan letih lesu.
Kejadian 45:27
45:27 Tetapi ketika mereka menyampaikan kepadanya segala perkataan yang diucapkan Yusuf, dan ketika dilihatnya kereta yang dikirim oleh Yusuf untuk menjemputnya, maka bangkitlah kembali semangat Yakub, ayah mereka itu.

Tujuan kereta yang membawa gandum ini supaya anak Tuhan bangkit semangat dan gairah rohaninya. Yusuf di sini adalah gambaran mempelai yang belum sempurna.
Kejadian 45:28
45:28 Kata Yakub: "Cukuplah itu; anakku Yusuf masih hidup; aku mau pergi melihatnya, sebelum aku mati."

Dalam ayat-ayat di atas 3 kali disebut “kamu akan menerima yang paling baik di Mesir”.
Kejadian 45:18,20,23
45:18 jemputlah ayahmu dan seisi rumahmu dan datanglah mendapatkan aku, maka aku akan memberikan kepadamu apa yang paling baik di tanah Mesir, sehingga kamu akan mengecap kesuburan tanah ini.
45:20 Janganlah kamu merasa sayang meninggalkan barang-barangmu, sebab apa yang paling baik di seluruh tanah Mesir ini adalah milikmu."
45:23 Di samping itu kepada ayahnya dikirimkannya sepuluh ekor keledai jantan, dimuati dengan apa yang paling baik di Mesir, lagipula sepuluh ekor keledai betina, dimuati dengan gandum dan roti dan makanan untuk ayahnya dalam perjalanan.

Tuhan akan memberikan apa yang paling baik bagi kita tetapi itu tidak bisa lepas dengan kuda yang menarik kereta yang penuh dengan berkas gandum. Kalau mau menerima yang terbaik maka jangan tolak limpahnya pembukaan rahasia Firman di hari-hari terakhir ini.

Gereja Tuhan dijanji oleh Tuhan akan diberikan yang paling baik.
Ibrani 11:40
11:40 Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan.

Ini nubuatan Firman Allah untuk gereja Tuhan akhir zaman. Apakah sekarang ini kita ada keseriusan menanggapi kelimpahan pembukaan rahasia Firman atau menolak. Di akhir zaman ini gereja Tuhan terbagi 2 yang menerima dan yang menolak. Yang menerima itu minoritas dan yang menolak yang mayoritas.

Apa yang terbaik yang akan diberikan kepada Yakub dan keluarganya? Itulah Gosyen, tempat yang terbaik di Mesir. Ketika tulah dijatuhkan di Mesir maka di Gosyen aman. Gosyen mempunyai 2 arti:
1.      Daerah segi empat
Inilah yang Tuhan janjikan kepada kita.
Wahyu 21:16
21:16 Kota itu bentuknya empat persegi, panjangnya sama dengan lebarnya. Dan ia mengukur kota itu dengan tongkat itu: dua belas ribu stadia; panjangnya dan lebarnya dan tingginya sama.

Sekarang ini ada manuver iblis untuk menghambat kita supaya jangan mewarisi apa yang terbaik yang dijanjikan oleh Tuhan. Caranya lewat hamba Tuhan yang tadinya dapat dipercayai kemudian berubah. Seseorang kalau ada masalah dalam nikah maka kompensasinya pasti mencari ajaran lain. Iblis tahu kita sudah mendekati garis finish sehingga dia berusaha untuk membuyarkan iman percaya kita, dengan cara tidak ada lagi yang hamba Tuhan yang dapat dijadikan teladan.

2.      Daerah penggembalaan
Wahyu 7:17
7:17 Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."

Penggembalaan Anak Domba, itulah wilayah yang terbaik. Ini tawaran Tuhan dan janji Tuhan pasti dipenuhi bagi kehidupan yang sekarang ini menerima lawatan dari Sorga itulah berkat pembukaan rahasia Firman.

Tuhan mau memberi kesampatan kepada kita untuk memahami betapa pentingnya penggembalaan karena akan mengarah kita pada yang terbaik ini. Kalau dalam penggembalaan hamba Tuhan kurang antusias, merasa biasa dan tidak serius maka itu merugikan dirinya sendiri dan merugikan jemaat. Kalau jemaat tidak memperhatikan walaupun hamba Tuhan sudah serius maka itu salahnya sendiri.

Yang ditakutkan di dalam penggembalaan adalah tampilnya suara asing, itulah suara Firman yang tidak lagi murni dan ini yang banyak terjadi di akhir zaman. Kita harus berhati-hati mengenai hal ini, utamanya gembala-gembala jangan malah menyampaikan suara asing di dalam sidang jemaat sehingga akhirnya jemaat mengalami bencana.
Yohanes 10:4-5
10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.
10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal."

Kalau sudah tahu itu suara asing jangan kita malah pergi mendengarkan. Jangan berkata ada filter dan bisa menyaring, itu tidak benar. Apakah kita lebih dari Salomo? Tidak ada yang bisa menandingi hikmat Salomo tetapi dia hancur karena mendengar suara asing.

Kita harus serius di dalam penggembalaan. Kita wajib menghargai suara penggembalaan supaya kita terhindar dari rekrutan iblis.

Ada dua model penggembalaan yaitu yang murni dan yang telah dicampur dengan suara asing.
Yehezkiel 44:7-8
44:7 yang membiarkan orang-orang asing, yaitu orang-orang yang tidak bersunat hatinya maupun dagingnya masuk dalam tempat kudus-Ku dan dengan kehadirannya mereka menajiskannya waktu kamu mempersembahkan santapan-Ku, yaitu lemak dan darah. Dengan berbuat begitu kamu lebih mengingkari perjanjian-Ku dari pada dengan segala perbuatanmu yang keji yang sudah-sudah.
44:8 Kamu tidak memelihara barang-barang-Ku yang kudus dan kamu mengangkat mereka untuk memelihara kewajibanmu terhadap Aku di dalam tempat kudus-Ku.

Hidup kita adalah barang kudusnya Tuhan yang sudah dibeli oleh Tuhan. Satu ketika digambarkan dalam Daniel perkakas kudus itu digunakan dalam pesta Belsyazar raja Babel lalu dia melihat tangan yang menulis “mene, mene tekel ufarzin” dan malam itu dia mati. Tubuh, jiwa dan roh kita adalah barang kudusnya Tuhan, jangan serahkan pada tangan orang lain untuk menjamah.

Yehezkiel 44:9
44:9 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak seorang pun dari orang-orang asing yang hatinya dan dagingnya tidak bersunat, boleh masuk dalam tempat kudus-Ku, ya setiap orang asing yang ada di tengah-tengah orang Israel.

Orang asing ini harus ditolak. Tuhan mengajar kita untuk menolak bukannya memakai filter. Dikatakan kita harus lari dari suara asing. Jangan kita masuk dalam penggembalaan yang dominan warna pelayanannya adalah suara asing. Awalnya sedikit saja yang tidak benar tetapi lama kelamaan semakin jauh sampai kelihatan penyimpangannya.

Dalam mendengar Firman harus membawa Alkitab tujuannya supaya bisa mendeteksi apakah penyampaian Firman berangkat dari Alkitab atau berangkat dari pemberita itu saja dan tidak ada dasar ayatnya. Jangan karena pendeta besar maka kita langsung menerima saja padahal dia berbicara tanpa dasar ayat Firman Tuhan, itu berarti sudah tertipu.

Untung di zaman Yeremia mereka ada kesadaran bahwa mereka telah menerima pelayanan dari orang asing.
Yeremia 51:51
51:51 Kami malu, sebab kami telah mendengar tentang aib, noda meliputi muka kami, sebab orang-orang asing telah memasuki tempat-tempat kudus di rumah TUHAN.

Semoga kita dijauhkan Tuhan dari pengaruh suara asing. Tuhan menjajikan kita tempat yang paling baik itulah Gosyen yaitu daerah penggembalaan dan Yerusalem Baru.

Tuhan memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar