20130901

Kebaktian Umum, Minggu 1 September 2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Zakharia 5:1-4
5:1 Aku melayangkan mataku pula, maka aku melihat: tampak sebuah gulungan kitab yang terbang.
5:2 Berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?" Jawabku: "Aku melihat sebuah gulungan kitab yang terbang; panjangnya dua puluh hasta dan lebarnya sepuluh hasta."
5:3 Lalu ia berkata kepadaku: "Inilah sumpah serapah yang keluar menimpa seluruh negeri; sebab menurut sumpah serapah itu setiap pencuri di sini masih bebas dari hukuman, dan setiap orang yang bersumpah palsu di sini juga masih bebas dari hukuman.
5:4 Aku telah menyuruhnya keluar, demikianlah firman TUHAN semesta alam, supaya itu masuk ke dalam rumah pencuri dan ke dalam rumah orang yang bersumpah palsu demi nama-Ku, dan supaya itu bermalam di dalam rumah mereka dan memusnahkannya, baik kayunya maupun batu-batunya."

Sejak saya menjadi hamba Tuhan dan dipercayakan Tuhan untuk menjadi gembala, satu yang tidak pernah hilang dari pikiran dan perasaan saya adalah bagaimana supaya umat Tuhan itu digiring sampai pada kondisi benar-benar mencintai Tuhan Yesus sepenuh-penuhnya/sempurna. Peran seorang gembala sangat-sangat menentukan selamat atau tidaknya umat Tuhan yang digembalakan.
I Timotius 4:16
4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

Zakharia diajar oleh Tuhan untuk melihat sesuatu yaitu gulungan kitab yang terbang. Zakharia tidak diberitahu tentang ukurannya tetapi dia langsung tahu.
Zakharia 5:1-2
5:1 Aku melayangkan mataku pula, maka aku melihat: tampak sebuah gulungan kitab yang terbang.
5:2 Berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?" Jawabku: "Aku melihat sebuah gulungan kitab yang terbang; panjangnya dua puluh hasta dan lebarnya sepuluh hasta."

Hamba Tuhan harus mengerti wilayah ini. Ternyata dalam wilayah berukuran 20x10 hasta ini masih dijumpai pencuri dan orang yang bersumpah palsu. Wilayah dengan luas 20x10 hasta adalah ruangan suci. Tuhan ingin membebaskan kita agar jangan sampai ada roh ini. Walaupun kita sudah mengupayakan diri untuk berada dalam wilayah ini tetapi ketika Tuhan jumpai masih ada dosa perbuatan yaitu mencuri dan dosa kata-kata yaitu sumpah palsu maka Tuhan akan datang membersihkan.

Betapa memilukan ketika kita sudah ada dalam ruangan suci, ada dalam persekutuan dengan Meja Roti, Kaki Dian dan Mezbah Dupa (yang menunjuk 3 macam ibadah pokok) tetapi kalau dua hal ini tetap ada maka Tuhan terpaksa mengirimkan kutuk. Kutuk ini akan bermalam sampai menghancurkan segalanya. Ini adalah peringatan Tuhan kepada kita agar kita menaruh perhatian yang serius.

Syukur pada Tuhan sebelum Zakharia pasal 5 ini lebih dahulu ada kegerakan Roh Kudus pada pasal 4. Tujuannya supaya jangan Tuhan menjumpai saya dan saudara ada di wilayah itu tetapi tidak pernah lepas dari roh mencuri dan sumpah palsu. Mengapa pembersihan itu mulai dari ruangan suci? Karena Tuhan mau memulai penghukuman dari dalam rumahNya. Kalau kita berada dalam ruangan suci kita harus rela untuk dibersihkan daripada harus menerima penghukuman.

I Petrus 4:17
4:17 Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?

Kalau orang di dalam Tuhan saja masih kena tamparan Tuhan apalagi orang yang berada di luar.
I Petrus 4:17 (Terjemahan Lama)
4:17 Karena sudah sampai waktunya hukuman mulai berlaku pada isi rumah Allah, tetapi jikalau pada kita ini mulanya, apakah kesudahannya segala orang yang tiada menurut Injil Allah itu?

Bila dikatakan terbang itu menunjuk kecepatan, itu sebabnya kita harus mengimbangi dengan kecepatan kita di dalam pertumbuhan rohani. Dalam ruangan suci ada potensi dari Allah untuk saudara dan saya memacu kerohanian kita. Jangan tunggu kutuk yang terbang itu lebih dahulu menerjang kita.

Kegerakan Roh Kudus membuat gereja Tuhan mendapatkan pelayanan yang indah dari Tuhan lewat 5 jataban yang ditransfer oleh Roh Kudus. Roh Kudus membawa 5 jabatan bagi gereja Tuhan.

1.      Jabatan guru
Yohanes 14:26
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

2.      Jabatan gembala
Yohanes 14:16-17; 16:13
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

3.      Jabatan penginjil
Yohanes 15:26-27
15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

4.      Jabatan nabi yang akan memberitakan hal-hal yang akan datang.
Yohanes 16:13b
16:13b sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

5.      Jabatan rasul akan mengajar dan menunjuk kekurangan kita serta mengungkapkan rahasia Allah.
Yohanes 16:8-11
16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.

Saya tidak mungkin memiliki 5 jabatan, minimal memiliki 2 jabatan yaitu gembala dan guru. Tetapi ketika kita mendengarkan Firman nubuatan itu berarti ada roh nabi di dalam sidang jemaat. Gereja Tuhan harus menerima ini dan biarkan pandangan saudara terarah tuju kemana arah yang ditunjuk oleh Roh Kudus lewat hamba Tuhan supaya jangan kita kena kutuk.

Kutuk ini sudah terbang dan mempunyai alamat yang jelas untuk dia tuju yaitu kepada rumah pencuri dan yang bersumpah palsu. Dikatakan kutuk ini akan bermalam, mengapa dikatakan bermalam? Sebab pencuri dan orang yang bersumpah palsu itu memiliki kegelapan malam dan kutuk ini akan menghancurkan rumah mereka sampai kepada batu-batunya. Berarti hidup itu tidak dapat lanjut ke ruangan maha kudus, tidak akan sampai pada kesempurnaan, benar-benar hancur total.

Saya bukanlah rasul tetapi kalau kita mendengar Firman yang menunjuk dosa maka ada roh rasul bergerak di tengah sidang jemaat, ada Firman pengajaran.
Kisah Para Rasul 2:42a
2:42a Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul

Sekarang kepak sayap gulungan yang berisi kutuk sudah terdengar menujuk ke rumah pencuri dan orang yang bersumpah palsu, oleh sebab itu kita harus menutup rumah kita dengan darah Yesus supaya tidak ada kesan pencuri dan sumpah palsu. Artinya berdamailah dengan Tuhan sehingga kutuk itu tidak masuk dalam rumah kita. Seperti pada tulah yang kesepuluh terhadap orang Mesir. Ketika Malaikat maut itu datang ke rumah orang Israel dan dia menemukan darah pada ambang pintunya maka dia tidak masuk ke sana. Kita harus menghindar jangan ada pada alamat yang labelnya pencuri dan bersumpah palsu.

Ukuran gulungan kitab itu jelas sekali dan Zakharia langsung paham tentang itu. Selanjutanya malaikat itu yang memberi tahu bahwa itu adalah sumpah serapah.
Zakharia 5:3
5:3 Lalu ia berkata kepadaku: "Inilah sumpah serapah yang keluar menimpa seluruh negeri; sebab menurut sumpah serapah itu setiap pencuri di sini masih bebas dari hukuman, dan setiap orang yang bersumpah palsu di sini juga masih bebas dari hukuman.

Sebagaimana dunia sedang membangun, kita juga harus membangun rohani kita. Sebagaimana dunia melaju pesat dengan kecepatan  yang luar biasa demikian juga kita harus melaju dengan kecepatan yang luar biasa untuk memotivasi rohani. Di mana hal ini terjadi? Di dalam kita beribadah bersama mendengarkan Firman Tuhan.

Mencuri dan bersumpah palsu adalah dua kelompok yang mensponsori penyaliban Tuhan Yesus. Berarti kehidupan itu sama dengan tidak menghargai korban Kristus. Siapa yang menjadi pencuri? Itulah Yudas.
Yohanes 12:6
12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.

Berarti yang dituju oleh gulungan kitab itu adalah alamat Yudas Iskariot. Ini yang mau Tuhan bebaskan dari kita. Jangan sampai kita menjadi umat Tuhan tetapi memiliki roh Yudas Iskariot. Dia mencuri kasnya Tuhan. Jangan pikir saudara aman sekalipun tidak mengembalikan perpuluhan. Sekarang mungkin terasa aman tetapi kalau gulungan kitab yang berisi kutuk itu sampai dia akan menghancurkan saudara sehingga akhirnya keluar dari pembentukan Tubuh Kristus. Jangan sampai kita menjadi umat Tuhan yang justru sudah berada di ruangan suci dan tinggal melangkah ke ruangan maha suci, menjadi mempelai wanita Tuhan tetapi kembali dibuang keluar.

Saat penyaliban Tuhan Yesus dicarilah orang untuk menjadi saksi dusta yang bersumpah palsu untuk menuduh Tuhan Yesus supaya bisa disalibkan.
Matius 26:59-61
26:59 Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati,
26:60 tetapi mereka tidak memperolehnya, walaupun tampil banyak saksi dusta. Tetapi akhirnya tampillah dua orang,
26:61 yang mengatakan: "Orang ini berkata: Aku dapat merubuhkan Bait Allah dan membangunnya kembali dalam tiga hari."

Tuhan Yesus tidak pernah berkata “Aku dapat merubuhkan Bait Allah”. Inilah yang sangat berbahaya di hari-hari terakhir ini di mana tampil orang yang menjadi saksi dusta dan mempertajam kata-kata untuk merusak pandangan orang lain terhadap seseorang baik itu hamba Tuhan ataupun anak Tuhan.
Zakharia 8:17
8:17 Janganlah merancang kejahatan dalam hatimu seorang terhadap yang lain dan janganlah mencintai sumpah palsu. Sebab semuanya itu Kubenci, demikianlah firman TUHAN."

Kitab itu terbang dengan kecepatan dan terbuka berarti tidak ada yang disembunyi oleh Tuhan, semua diberi oleh Tuhan pengertian. Itulah sistem Tuhan untuk menolong kita supaya sebelum kitab itu tiba kita harus menutup dosa pencuri dan dusta itu dengan darah Yesus, berdamai dan minta ampun kepada Tuhan lewat korban Kristus Yesus.
I Yohanes 2:1-2
2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
2:2 Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

Jangan berpikir salah tentang berkat-berkat Tuhan yang kita terima. Jangan saudara berpikir kalau memberi perpuluhan adalah untuk membuat hidup gembala menjadi enak. Justru saudara mengembalikan perpuluhan supaya hidupmu menjadi enak, diberkati oleh Tuhan. Gembala justru lebih berbahaya kalau makan perpuluhan milik Tuhan kalau hidup tidak benar di hadapan Tuhan.

Dikatakan kitab ini akan bermalam.
Zakharia 5:4
5:4 Aku telah menyuruhnya keluar, demikianlah firman TUHAN semesta alam, supaya itu masuk ke dalam rumah pencuri dan ke dalam rumah orang yang bersumpah palsu demi nama-Ku, dan supaya itu bermalam di dalam rumah mereka dan memusnahkannya, baik kayunya maupun batu-batunya."

Ada batu yang mati dan batu yang hidup. Tuhan Yesus batu yang hidup.
I Petrus 2:3-4
2:3 jika kamu benar-benar telah mengecap kebaikan Tuhan.
2:4 Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah.

Yang membuang di sini antara lain adalah Yudas dan para saksi palsu. Yudas terlihat setia mengikut Tuhan Yesus selama 3,5 tahun tetapi membuang Tuhan Yesus, orang-orang yang menjadi saksi dusta terlihat mendengar Tuhan Yesus berkata di dalam Bait Allah tetapi telinganya miring. Mengapa mereka membuang Tuhan Yesus? Karena dalam dirinya ada roh pencuri dan sumpah palsu, keinginan akan perkara-perkara duniawi begitu kuat dalam dirinya.

I Petrus 2:5
2:5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

Di penghujung akhir zaman ini Tuhan serius untuk membersihkan kita sebab Dia rindu untuk memeluk saudara untuk menjadi Mempelai WanitaNya. Sebagaimana saudara rindu untuk merangkul seseorang seperti itulah kerinduan Tuhan Yesus untuk merangkul kita bahkan lebih lagi dari itu.

Biarlah kita menjadi batu hidup dan bukan batu mati. Tuhan Yesus adalah batu hidup, Dia tidak pernah mencuri dan bersumpah palsu, itu sebabnya biarlah kita belajar kepadaNya. Jangan mempertahankan roh pencuri dan dusta sebab itu mengundang kutuk.
Mazmur 109:17-18
109:17 Ia cinta kepada kutuk -- biarlah itu datang kepadanya; ia tidak suka kepada berkat -- biarlah itu menjauh dari padanya.
109:18 Ia memakai kutuk sebagai bajunya -- biarlah itu merembes seperti air ke dalam dirinya, dan seperti minyak ke dalam tulang-tulangnya;

Dua kelompok ini yaitu pencuri dan saksi palsu adalah sponsor penyaliban Yesus. Jangan sampai kita sudah berada dalam ruangan suci, berada dalam persekutuan ibadah umum, ibadah pendalaman Alkitab dan ibadah doa penyembahan tetapi masih dijumpai Tuhan mempunyai roh pencuri dan salah dalam berucap.
Ibrani 6:5-6
6:5 dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,
6:6 namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.

Tuhan mau kita menghindarkan diri dari kedua hal ini lewat paparan pengajaran Firman. Kalau kita mendengar Firman sebenarnya itu adalah uluran tangan Tuhan supaya menghindarkan kita dari kutuk.

Tuhan tidak main-main, jangan tunggu kita sudah hancur baru mau bangkit kembali. Mumpung belum terjadi segeralah berdamai dengan Tuhan. Malaikat maut tidak dapat masuk bila darah Yesus kita labur pada pintu hati kita. Pencuri dan sumpah palsu ini jalan bersama-sama.
Imamat 19:11-12
19:11 Janganlah kamu mencuri, janganlah kamu berbohong dan janganlah kamu berdusta seorang kepada sesamanya.
19:12 Janganlah kamu bersumpah dusta demi nama-Ku, supaya engkau jangan melanggar kekudusan nama Allahmu; Akulah TUHAN.

Siapa yang bisa menghancurkan pencuri dan pendusta ini kecuali pedang Firman Tuhan.

Kutuk itu suasananya malam tetapi berkat suasananya siang. Jadi kalau kita mau menerima berkat kita harus belajar hidup di dalam tanda terang Firman. Kalau kita mau mengundang kutuk maka belajarlah hidup di di dalam kegelapan yaitu suka mencuri dan bersumpah palsu.

Jangan sampai kita mengundang kutuk. Bagian dari perhatian Tuhan adalah supaya kita lepas dari kutuk dan kita masuk dalam pembangunan Tubuh Kristus.
Yudas 1:24
1:24 Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya,

Dikatakan gulungan kitab yang berisi sumpah serapah itu terbang berarti Tuhan serius dengan persoalan waktu. Itu sebabnya kita juga harus serius dalam menggunakan waktu yang Tuhan berikan kepada kita. Orang yang mengulur waktu itu sangat berbahaya. Sekarang kita mendengar Firman harus jujur dan murni untuk melepaskan diri dari roh pencuri dan dusta. Di akhir zaman ini jangan sampai kita bersikap seperti itu.

Ribka diajak oleh ibu dan saudara-saudaranya untuk mengulur-ulur waktu tetapi dia tidak mau. Gereja Tuhan yang menjadi calon mempelai untuk Yesus tidak akan mau diulur-ulur waktu.
Kejadian 24:55-67
24:55 Tetapi saudara Ribka berkata, serta ibunya juga: "Biarkanlah anak gadis itu tinggal pada kami barang sepuluh hari lagi, kemudian bolehlah engkau pergi."
24:56 Tetapi jawabnya kepada mereka: "Janganlah tahan aku, sedang TUHAN telah membuat perjalananku berhasil; lepaslah aku, supaya aku pulang kepada tuanku."
24:57 Kata mereka: "Baiklah kita panggil anak gadis itu dan menanyakan kepadanya sendiri."
24:58 Lalu mereka memanggil Ribka dan berkata kepadanya: "Maukah engkau pergi beserta orang ini?" Jawabnya: "Mau."
24:59 Maka Ribka, saudara mereka itu, dan inang pengasuhnya beserta hamba Abraham dan orang-orangnya dibiarkan mereka pergi.
24:60 Dan mereka memberkati Ribka, kata mereka kepadanya: "Saudara kami, moga-moga engkau menjadi beribu-ribu laksa, dan moga-moga keturunanmu menduduki kota-kota musuhnya."
24:61 Lalu berkemaslah Ribka beserta hamba-hambanya perempuan, dan mereka naik unta mengikuti orang itu. Demikianlah hamba itu membawa Ribka lalu berjalan pulang.
24:66 Kemudian hamba itu menceritakan kepada Ishak segala yang dilakukannya.
24:67 Lalu Ishak membawa Ribka ke dalam kemah Sara, ibunya, dan mengambil dia menjadi isterinya. Ishak mencintainya dan demikian ia dihiburkan setelah ibunya meninggal.

Ayat 67 ini menggambarkan bagaimana perasaan Tuhan Yesus yang sudah rindu untuk merangkul saudara sebab Mempelai Wanita Tuhan adalah kesempurnaan Tuhan Yesus. Apakah kita tega membiarkan Tuhan Yesus terus menunggu, kapan kita mau datang? Biarlah kita datang agar Tuhan melepaskan dari segala ikatan dan izinkan Tuhan merangkul saudara maka perlindungan Tuhan yang ajaib sudah dapat menjadi bagian saudara dan saya.

Contoh akibat yang diterima oleh orang yang menunda-nunda waktu.
Hakim-hakim 19:26-30
19:26 Menjelang pagi perempuan itu datang kembali, tetapi ia jatuh rebah di depan pintu rumah orang itu, tempat tuannya bermalam, dan ia tergeletak di sana sampai fajar.
19:27 Pada waktu tuannya bangun pagi-pagi, dibukanya pintu rumah dan pergi ke luar untuk melanjutkan perjalanannya, tetapi tampaklah perempuan itu, gundiknya, tergeletak di depan pintu rumah dengan tangannya pada ambang pintu.
19:28 Berkatalah ia kepada perempuan itu: "Bangunlah, marilah kita pergi." Tetapi tidak ada jawabnya. Lalu diangkatnyalah mayat itu ke atas keledai, berkemaslah ia, kemudian pergi ke tempat kediamannya.
19:29 Sesampai di rumah, diambilnyalah pisau, dipegangnyalah mayat gundiknya, dipotong-potongnya menurut tulang-tulangnya menjadi dua belas potongan, lalu dikirimnya ke seluruh daerah orang Israel.
19:30 Dan setiap orang yang melihatnya, berkata: "Hal yang demikian belum pernah terjadi dan belum pernah terlihat, sejak orang Israel berangkat keluar dari tanah Mesir sampai sekarang. Perhatikanlah itu, pertimbangkanlah, lalu berbicaralah!"

Orang Lewi ini terkena 3 kali jerat sehingga dia terus mengulur waktu dan akhirnya bencana yang harus dia hadapi.

Mari kita perhatikan gerakkan kitab yang terbang. Kita diajar oleh Tuhan untuk jujur di dalam hati. Sebenarnya di dalam ketidakjujuran terkandung kepentingan diri sendiri. Kasih itu tidak mencari keuntungan dirinya sendiri.
I Korintus 10:24; 13:5
10:24 Jangan seorang pun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.
13:5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

Ada 3 hal hubungan antara pencuri dengan yang dicuri. Jangan sampai kita terlibat dalam 3 hal ini.
1.      Yang dicuri adalah harta dunia karena harta Sorga tidak bisa dicuri
Matius 6:19-21
6:19 "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.
6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.
6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Asyur mempunyai dua istri, yaitu Naara dan Hela.
I Tawarikh  4
4:5 Asyur, bapa Tekoa, mempunyai dua isteri, yakni Hela dan Naara.
Hela = karat (tahi besi), Naara = Perawan

Kalau kita menyimpan hati kita dalam suasana sorga maka tidak ada ngengat dan karat yang dapat merusak dan tidak ada yang dapat mencurinya. Tetapi kalau hati kita terikat dengan harta maka ada Asyur yang akan merusak kita.

Apa yang akan dibongkar? Itulah kehidupan kita. Tidak sedikit nikah rumah tangga terbongkar karena tidak ada kejujuran di dalamnya. Kalau terjadi pembongkaran berarti bersekutu dengan pencuri dan itu berarti mengundang kutuk.
Mazmur 50:16-18
50:16 Tetapi kepada orang fasik Allah berfirman: "Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku, dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu,
50:17 padahal engkaulah yang membenci teguran, dan mengesampingkan firman-Ku?
50:18 Jika engkau melihat pencuri, maka engkau berkawan dengan dia, dan bergaul dengan orang berzinah.

Ketika kita melihat nikah anak Tuhan seperti mau terbongkar jangan kita berkawan dalam arti kita mendukung apa yang mereka lakukan. Kita harus memberikan pandangan dan nasihat sesuai Firman Tuhan. Harta dunia jangan menjadi penyebab geger dalam rumah tangga, itu sebabnya suami harus jujur kepada istri dan istri harus jujur kepada suami.
2.      Mencuri Firman
Yeremia 23:16-17, 30
23:16 Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Janganlah dengarkan perkataan para nabi yang bernubuat kepada kamu! Mereka hanya memberi harapan yang sia-sia kepadamu, dan hanya mengungkapkan penglihatan rekaan hatinya sendiri, bukan apa yang datang dari mulut TUHAN;
23:17 mereka selalu berkata kepada orang-orang yang menista firman TUHAN: Kamu akan selamat! dan kepada setiap orang yang mengikuti kedegilan hatinya mereka berkata: Malapetaka tidak akan menimpa kamu!"
23:30 Sebab itu, sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan para nabi, demikianlah firman TUHAN, yang mencuri firman-Ku masing-masing dari temannya.

Pelayan Tuhan yang seperti Yeremia 23:16-17 itulah yang akan mencuri Firman dari temannya. Artinya dia mengambil sikap seperti iblis untuk merampas Firman dan merusak apa yang disampaikan oleh hamba Tuhan yang benar. Mencuri di sini maksudnya kebenaran Firman yang disampaikan oleh hamba Tuhan yang benar dirusak oleh pelayanan dengan mencabut (merampas) Firman Allah yang ditaburkan oleh hamba Tuhan yang lain.
Matius 13:19
13:19 Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan.

Tuhan membela pengajaranNya, Tuhan tidak mau ada yang merampas benih kebenaran Firman Allah yang ditaburkan. Kebenaran Firman Allah yang disampaikan oleh hamba Tuhan dalam pergumulan seorang hamba Tuhan yang menangis di kaki Tuhan demi keselamatan sidang jemaat jangan sampai saudara tanggapi salah sehingga saudara cabut kembali, itu berbahaya! Jangan hal ini terjadi pada kita. Dengar, terima Firman Allah dan praktekkan.
3.      Membongkar rumah
Matius 24:43
24:43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.

Dari sisi positif kedatangan Tuhan pada kali yang kedua tentu tidak akan berlambat-lambat. Dari sisi negatif pencuri sifatnya membongkar rumah. Jangan saudara berpikir harta benda yang saudara miliki itu di dalam tidak ada rencana iblis untuk menghancurkan nikah saudara. Suami istri harus sudah komitmen, jangan tidak terbuka dalam hal keuangan. Kalau dalam nikah tidak jujur dalam hal keuangan satu dengan yang lain maka nikah pasti terbongkar.

Hosea 4:1-3
4:1 Dengarlah firman TUHAN, hai orang Israel, sebab TUHAN mempunyai perkara dengan penduduk negeri ini, sebab tidak ada kesetiaan dan tidak ada kasih, dan tidak ada pengenalan akan Allah di negeri ini.
4:2 Hanya mengutuk, berbohong, membunuh, mencuri, berzinah, melakukan kekerasan dan penumpahan darah menyusul penumpahan darah.
4:3 Sebab itu negeri ini akan berkabung, dan seluruh penduduknya akan merana; juga binatang-binatang di padang dan burung-burung di udara, bahkan ikan-ikan di laut akan mati lenyap.
Mengutuk dan berbohong adalah dosa perkataan. Mencuri berarti tidak ada kesucian dalam perkara uang. Membunuh, melakukan kekerasan dan penumbahan darah berarti tidak ada roh perdamaian. Berzinah berarti tidak ada kesucian di dalam nikah.

Di sini yang menjadi penyebab jemaat kena kutuk adalah karena ulah hamba Tuhan.
Hosea 4:6-8 (Terjemahan Lama)
4:6 Bahwa umat-Ku dibinasakan sebab mereka itu tiada berpengetahuan, melainkan kamu sudah mencelakan pengetahuan, sehingga Kutolak akan kamu, supaya jangan kamu melakukan imamat bagi-Ku; tegal kamu sudah melupakan hukum Allahmu, maka Aku juga melupakan anak-anakmu.
4:7 Makin mereka itu bertambah-tambah banyaknya, makin mereka itu berdosa kepada-Ku; maka sebab itu Aku mengubahkan kelak kemuliaannya menjadi kehinaan.
4:8 Mereka itu makan dosa umat-Ku dan dipuaskannya hatinya dengan kesalahannya.

Jangan sampai kutuk itu mengalir dalam kehidupan jemaat karena kesalah saya sebagai hamba Tuhan. Saya rindu kita semua menantikan kedatangan Tuhan dengan bergandengan tangan. Tuhan akan datang pada kali yang kedua, biarlah apa yang salah dihapus dengan darah Yesus dan jangan kita lakukan lagi.
Tuhan memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar