20131012

Kebaktian Doa, Sabtu 12 Oktober 2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Amos 3:7-8
3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.
3:8 Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"

Yang dimaksud dari ayat ini adalah Tuhan akan membukakan rahasia Firman tentang apa yang terjadi di depan dan juga Tuhan akan mengingatkan apa yang telah kita terima di masa-masa silam. Jadi ada dua sisi di sini yaitu Tuhan akan membukakan rahasia FirmanNya kepada kita dan di sisi lain Dia akan membongkar apa yang tersembunyi dalam diri kita. Apa yang akan mengundang murka Tuhan itu diberi tahu oleh Tuhan dan apa yang kita harus tapaki ke depan Tuhan nyatakan.
Markus 4:22
4:22 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.

Amos pasal 3-4 terkena meja roti sajian. Apalah arti kita bersekutu dengan meja roti sajian bila tidak merasakan nikmatnya roti itu dalam pembukaan rahasia Firman. Rahasia Firman tidak Tuhan umbar secara umum tetapi diberitahu kepada hamba-hambaNya secara khusus.
I Korintus 4:1-2
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Lewat pembukaan rahasia Firman kita akan dibawa oleh Tuhan untuk memahami hal-hal yang akan datang. Tentu kendala-kendala dalam diri kita yang akan membuat kehidupan kita kelak tidak sampai pada apa yang akan datang yang Tuhan nyatakan, akan disingkap oleh Tuhan.
Markus 4:22
4:22 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.

Yang tersembunyi dalam diri kita akan dinyatakan. Mengapa? Sebab kalau tidak dinyatakan apa yang tersembunyi dalam diri kita lalu Tuhan menyingkapkan hal-hal yang akan datang maka itu menjadi sia-sia sebab kita juga tidak akan sampai ke sana sebab terkendala pada persoalan-persoalan masa lalu.

Kita harus loyal pada pembukaan rahasia Firman, jangan ada gerakan-gerakan daging. Kita harus diam, beri kesempatan Firman Tuhan itu menyatakan hal-hal yang tersembunyi di relung-relung hati kita yang paling dalam. Sekalipun kita sembunyi suatu saat itu juga akan terungkap lewat ucapan kita. Jadi apa yang muncul dari mulut kita yang bukan karena Firman itu adalah reaksi daging kita. Reaksi daging kita inilah yang akan membuat kita terkendala untuk masuk pada kegenapan Firman Tuhan yang positif yaitu membawa gereja Tuhan menjadi mempelai wanita Tuhan.
Matius 12:35-37
12:35 Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.
12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.
12:37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

Jadi pohonnya itu adalah hati, buahnya adalah yang keluar dari mulut orang itu. Apa yang ada di dalam hati (pokoknya) akan keluar buahnya lewat ucapan. Tentu kehidupan yang tidak ada dalam proses penyucian akan mengeluarkan buah yang jahat. Jangan sampai umat Tuhan utamanya hamba Tuhan, hatinya hanya mengandung hal-hal yang jahat sehingga bibir mulutnya hanya mengeluarkan buah yang jahat.

Itu sebabnya dalam Amos pasal 3 lebih dahulu Tuhan menyatakan kepada hamba-hambaNya apa yang akan Dia lakukan dan putuskan. Tuhan akan menyatakan keputusanNya ke depan lebih dahulu kepada hamba-hambaNya. Dalam pengertian umum Tuhan akan membukakan rahasia Firman. Jadi seorang hamba Tuhan yang dipercayai pembukaan rahasia Firman oleh Tuhan membuktikan bahwa hamba Tuhan ini dipercayai oleh Tuhan dan Tuhan memberi tahu keputusan-keputusanNya melalui hamba Tuhan ini untuk disampaikan kepada umat Tuhan supaya umat Tuhan jangan salah pilih dan terjebak oleh bujuk rayu iblis dan dunia ini.


I Korintus 4:1-2
4:1 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
4:2 Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Berarti ada orang-orang khususnya Tuhan. Bukti seorang pelayan adalah hamba Kristus kepadanya dipercayakan pembukaan rahasia Firman. Untuk apa kita harus memahami bahwa seorang pelayan itu dipercaya oleh Tuhan? Supaya kita mengerti keputusan-keputusan Allah yang dipercayakan kepadanya agar jangan kita malah terjebak melakukan yang salah. Jangan kita salah berbicara tentang orang kepercayaan Tuhan ini. Hati-hati berbicara negatif tentang hamba Tuhan yang dipercaya oleh Tuhan rahasia Firman. Orang yang berbicara seperti itu, sadar atau tidak sadar mengganggu gugat Pribadi yang mempercayai hamba Tuhan tersebut, itulah pribadi Tuhan sendiri.

Kalau pembukaan rahasia Allah diungkapkan kepada hamba Tuhan maka yang mendapat keuntungannya adalah jemaat, apa yang tersembunyi pada jemaat akan tersingkap karena agar sidang jemaat mengarah pada rencana Tuhan yang akan datang. Sebagai hamba Tuhan sekalipun dicaci maki tidak boleh membalas, itulah karakter hamba Tuhan yang bisa dipercaya Tuhan rahasia Firman.

Contoh hamba Tuhan yang dipercayai Tuhan rahasia Firman.

1.      Musa
Keluaran 33:11
33:11 Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.

Bilangan 12:8
12:8 Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan teka-teki, dan ia memandang rupa TUHAN. Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?"

Artinya berbicara muka dengan muka adalah Musa diberitahukan hal-hal yang akan datang. Maksudnya Tuhan menyatakan kepada hamba-hamba Tuhan di akhir zaman tentang hal-hal yang akan datang yaitu keputusan atas Ba      bel dan berkat untuk Yerusalem Baru.

Keluaran 33:23
33:23 Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan."

Artinya melihat belakang adalah Tuhan membuat Musa untuk mengenang masa yang lampau. Oleh pembukaan rahasia Firman kita bisa melihat masa lampau kita untuk dibenahi dan mengenang apa yang Tuhan telah buat untuk kita di masa lalu dan kita bisa melihat hal-hal yang akan datang supaya kita melangkah jangan salah arah. Tidak mungkin kita akan salah arah bila sudah ditunjukkan jalan ke depan.

Seperti Tuhan mengingatkan Daud dari mana dia diangkat yaitu dari belakang kandang domba supaya jangan dia sombong, demikian juga kita harus ingat dari mana kita diangkat yaitu dari dalam lumpur dosa, tujuannya supaya jangan kita sombong. Lewat pembukaan rahasia Allah kita dibersihkan dan ditunjukkan ke arah mana kita harus melangkah.

Kita membutuhkan mitra kerja Allah yaitu hamba Allah yang seperti Musa yang kepadanya dinyatakan pembukaan rahasia Firman Allah.
I Korintus 3:9
3:9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.

Ladang adalah tempat kegiatan, sidang jemaat adalah ladang Allah. Jangan sampai hanya menjadi ladang tidur tetapi biarlah menjadi ladang yang produktif yang menghasilkan buah yang bermanfaat bagi Tuhan dan sesama. Bangunan Allah adalah tempat beristirahat.

Ladang Tuhan jangan ditaburi dengan dua jenis benih, hanya boleh ditaburi satu benih yaitu benih Firman.
Imamat 19:19
19:19 Kamu harus berpegang kepada ketetapan-Ku. Janganlah kawinkan dua jenis ternak dan janganlah taburi ladangmu dengan dua jenis benih, dan janganlah pakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan.

Ketika orang Farisi mengatakan murid-murid Tuhan Yesus tidak mencuci tangan maka Tuhan mengatakan hal ini:
Matius 15:13
15:13 Jawab Yesus: "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya.
Yang dimaksud mencuci tangan sebelum makan di sini bukanlah seperti yang kita lakukan umumnya tetapi mencuci tangan sesuai tradisi Israel yaitu mencuci tangan dari air yang ditaruh di dalam telur dan dibiarkan mengalir ke siku, setelah itu boleh makan. Ini adalah tanaman lain! Tidak ada ayat Alkitab yang mengatakan hal seperti itu. Itu sebabnya Tuhan mengatakan akan mencabut tanaman lain.

Firman Tuhan ini diberikan kepada bangsa Israel, kita tahu tradisi Israel. Salah satunya ketika seorang jejaka meminang seorang gadis maka jejaka ini memberikan 10 dirham kepada gadis itu, bila satu saja hilang maka batallah pernikahan sebab itu tanda wanita itu tidak jujur. Itu sebabnya ketika satu dirham itu hilang wanita ini menyalakan pelita dan mencari karena dirham itu hilang dalam kegelapan. Berapa keping dirham yang hilang pada kita? Kita dipercayakan 10 hukum, hilang satu yang tidak kita lakukan maka kita batal untuk menikah dengan Tuhan Yesus.

2.      Abraham
Kejadian 18:16-19
18:16 Lalu berangkatlah orang-orang itu dari situ dan memandang ke arah Sodom; dan Abraham berjalan bersama-sama dengan mereka untuk mengantarkan mereka.
18:17 Berpikirlah TUHAN: "Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?
18:18 Bukankah sesungguhnya Abraham akan menjadi bangsa yang besar serta berkuasa, dan oleh dia segala bangsa di atas bumi akan mendapat berkat?
18:19 Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya."

Kita melihat di sini bahwa pada waktu panas terik Tuhan menyatakan dua rahasia kepada Abraham. Waktu panas terik di sini menunjuk keadaan dunia akhir zaman ini yang semakin memanas.
Kejadian 18:1
18:1 Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.

Sementara dunia makin memanas Tuhan membukakan dua rahasia besar:
a)      Datangnya Ishak, datangnya anak laki-laki tahun depan. Artinya datangnya Mempelai Laki-laki Sorga yang tidak lama lagi.
b)      Kehancuran Sodom dan Gomora. Artinya penghukuman atas dunia ini.
Kehidupan yang bisa selamat dari kehancuran ini adalah yang berada dalam lingkup angka 50 dan angka 10.
Kejadian 18:22-25,32
18:22 Lalu berpalinglah orang-orang itu dari situ dan berjalan ke Sodom, tetapi Abraham masih tetap berdiri di hadapan TUHAN.
18:23 Abraham datang mendekat dan berkata: "Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik?
18:24 Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu? Apakah Engkau akan melenyapkan tempat itu dan tidakkah Engkau mengampuninya karena kelima puluh orang benar yang ada di dalamnya itu?
18:25 Jauhlah kiranya dari pada-Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar bersama-sama dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah-olah sama dengan orang fasik! Jauhlah kiranya yang demikian dari pada-Mu! Masakan Hakim segenap bumi tidak menghukum dengan adil?"
18:32 Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu."
18:33 Lalu pergilah TUHAN, setelah Ia selesai berfirman kepada Abraham; dan kembalilah Abraham ke tempat tinggalnya.

Kehidupan yang akan ditolong dan terpelihara oleh Tuhan adalah yang ada dalam batas Pantekosta dan Firman sepenuh, jadi hanya yang berada dalam urapan Roh Kudus dan Firman sepenuhnya yang akan selamat dari kebinasaan dunia.

Ada hal-hal yang tersembunyi bagi kita.
Ulangan 29:29
29:29 Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini."

Jadi apa yang dibukakan oleh Tuhan oleh pekerjaan Roh Kudus dan FirmanNya lakukanlah, maka kita pasti dilindungi dan dipelihara Tuhan. Yang tidak diberitahu oleh Tuhan adalah kapan hari dan waktu kedatangan Tuhan.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar