20131006

Kebaktian Umum, Minggu 6 Oktober 2013 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Zakharia 5:5-11 (Penglihatan ketujuh: perempuan dalam gantang)
5:5 Tampillah malaikat yang berbicara dengan aku itu, katanya kepadaku: "Cobalah layangkan matamu dan lihatlah apa yang muncul itu!"
5:6 Lalu tanyaku: "Apa itu?" Jawabnya: "Yang muncul itu sebuah gantang!" Lagi katanya: "Inilah kejahatan mereka di seluruh negeri!"
5:7 Lihat, tutup timah gantang itu telah terangkat, dan seorang perempuan duduk di dalamnya!
5:8 Kemudian berkatalah ia: "Itulah kefasikan!" Lalu didorongnyalah perempuan itu kembali ke dalam gantang dan dibantingnyalah batu timah itu ke mulut gantang.
5:9 Lalu aku melayangkan mataku dan aku melihat: tampak tampil dua orang perempuan yang sayapnya didorong oleh angin. Adapun sayap mereka adalah sayap seperti burung ranggung. Mereka mengangkut gantang itu di antara bumi dan langit.
5:10 Bertanyalah aku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Ke mana mereka membawa gantang itu?"
5:11 Jawabnya kepadaku: "Ke tanah Sinear, untuk mendirikan sebuah rumah bagi perempuan itu. Dan apabila itu selesai, maka mereka akan menempatkan dia di sana di tempat rumah itu didirikan."

Ada 3 perempuan melakukan kerja sama, 2 yang terbang dengan sayap burung ranggung dan 1 yang di dalam gantang. Fellowship ketiga wanita ini arahnya ke Babel.

Arti kata Babel dalam bahasa Aram adalah pintu gerbang Allah.
Arti kata Babel dalam bahasa Ibrani adalah kekacauan.

Jadi ketiga perempuan ini pandangan mereka seakan-akan menuju ke pintu gerbang Allah tetapi sesunggunya kenyataannya hanya kekacauan. Ini pelajaran bagi kita agar kita jangan berangan-angan ke pintu gerbang Allah padahal akhirnya ada di dalam kekacauan. Kalau dalam nikah pribadi suami istri tidak harmonis dan terlebih lagi tidak harmonis hubungan dengan Tuhan berarti kehidupan itu diganggu roh Babel.

Babel ini berawal mula dari Kejadian pasal 11. Pendiri dan yang menjadi pemimpinnya adalah Nimrod. Nimrod artinya orang yang perkasa di hadapan Tuhan. Tetapi bukan perkasa yang positif namun Nimrod perkasa dalam melawan Tuhan. Dalam kepemimpinannya dia mengarahkan sehingga ada kerjasama yang indah di hadapan manusia. Ada himbauan untuk kebersamaan, tetapi apalah arti kebersamaan kalau melaksanakan pekerjaan di luar Firman. Mereka membangun di luar sistem Firman. Bahkan yang mereka pakai adalah batu bata, berarti mereka menyisihkan batu hidup.

Yang terjadi dalam Kejadian pasal 11 yaitu pembangunan Babel tergambar pada Zakharia pasal 5 ini dan memuncak pada Wahyu 17. Proyek ini kelihatan sudah berhenti dalam Kejadian 11:7 tetapi ternyata ini dilihat lagi oleh Zakharia dalam pasal 5 ini. Jadi iblis adalah pesaing yang juga mempunyai satu program pembangunan sebuah kota yang namanya Babel yang disebut wanita pelacur. Tuhan membangun sebuah kota yang akan disebut Mempelai Wanita untuk Kristus, itulah Yerusalem Baru.

Roh Babel mencakup zaman Bapa (Kejadian 11:1-8),  zaman Anak (Zakharia 5:5-11) zaman Roh (Wahyu 17-18).

Proyek iblis ini berusaha untuk merekrut sebanyak-banyaknya manusia termasuk anak Tuhan dan hamba Tuhan. Itu sebabnya sebelum itu ada seruan supaya umat Tuhan keluar dari Babel, jangan kena sentuh dengan cara Babel bekerja.
Zakharia 2:6-7
2:6 Ayo, ayo, larilah dari Tanah Utara, demikianlah firman TUHAN; sebab ke arah keempat mata angin Aku telah menyerakkan kamu, demikianlah firman TUHAN.
2:7 Ayo, luputkanlah dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!

Saat pemuncaknya ada seruan terakhir bagi gereja Tuhan. Semoga kita yang mendengar seruan ini menanggapi dengan serius, jangan sampai sudah mendengar namun tidak ada reaksi yang positif.
Wahyu 18:4
18:4 Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: "Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.

Ternyata umat Tuhan ada diseputar wilayah Babel. Antara lain adalah wanita yang ada di dalam gantangan. Diberi kesempatan untuk dia keluar, tutup timah hitam diangkat maksudnya supaya jangan dia menjunjung timah hitam. Timah itu menunjuk dunia, hitam menunjuk gelap. Jadi dunia yang gelap jangan kita jadikan junjungan kita, kita harus keluar. Sebab timah hitam akan berakhir di laut Kolsum seperti tentara-tentara Mesir beserta Firaun.
Seruan ini adalah perduli Tuhan terhadap umatNya. Andaikata Tuhan tidak peduli, tidak mengasihi kita untuk apa Dia menyeruhkan ini. Jangan kita menganggap sepi kasih sayang Tuhan kepada kita.
Wahyu 18:5
18:5 Sebab dosa-dosanya telah bertimbun-timbun sampai ke langit, dan Allah telah mengingat segala kejahatannya.

Dosa-dosanya telah bertimbun-timbun sampai ke langit artinya dosanya sampai ke hadirat Tuhan. Mereka tidak malu lagi melakukan dosa. Banyak kali umat Tuhan dan hamba Tuhan sudah tidak malu melakukan dosa sampai menyentuh hadirat Tuhan.
Yesaya 3:9
3:9 Air muka mereka menyatakan kejahatan mereka, dan seperti orang Sodom, mereka dengan terang-terangan menyebut-nyebut dosanya, tidak lagi disembunyikannya. Celakalah orang-orang itu! Sebab mereka mendatangkan malapetaka kepada dirinya sendiri.
Hadirat Tuhan ada dalam ibadah tetapi tidak sungkan-sungkan lagi untuk berbuat dosa dalam ibadah! Itu sama dengan dosa sampai ke langit. Tuhan ingatkan di sini akan ada pembalasan, olehnya itu Tuhan mengingatkan kita untuk keluar.

Ketiga wanita dalam Zakharia 5 menunjuk orang Kristen yang tadinya berikrar setia kepada Tuhan Yesus Kristus. Mereka pernah mengenal Yesus Kristus, buktinya ada dalam Efa. Efa ada hubungannya dengan roti manna, berarti ada di sekitar Firman. Dua wanita yang terbang dengan sayap burung ranggung juga ada hubungannya dengan Bait Allah karena burung ranggung bersarang di pohon Sanobar dan pohon Sanobar digunakan sebagai lantai Bait Allah Salomo.
1 Raja-raja 6:15
6:15 ia melapisi dinding rumah itu dari dalam dengan papan kayu aras; dari lantai sampai ke balok langit-langit dilapisinya dengan kayu aras, tetapi lantai rumah itu dilapisinya dengan papan kayu sanobar.

Jadi mereka ini tahu tentang Firman Tuhan, tahu tentang Bait Allah, mereka ikrar setia tetapi berubah karena didorong angin pengajaran palsu permainan manusia sehingga tanpa sadar mereka merasa seperti melayang dan menyatu dengan wanita dalam gantang namun mereka terbang ke Babel. Jadi kehidupan umat Tuhan siapapun, yang sudah meninggalkan prinsip Salib pasti akan tercemar dengan Babel. Mereka sudah ikrar setia kepada Tuhan tetapi ingkar janji, makanya disebut pelacur/sundal.

Contohnya Yehuda dan Israel yang disebut wanita tidak setia dan wanita sundal. Apakah orang Israel tidak kenal Tuhan? Mereka kenal. Apakah mereka tidak berikrar setia? Mereka berikar setia ketika di bawa masuk Yosua ke tanah perjanjian tetapi mereka ingkar janji.
Yeremia 3:6-10
3:6 TUHAN berfirman kepadaku dalam zaman raja Yosia: "Sudahkah engkau melihat apa yang dilakukan Israel, perempuan murtad itu, bagaimana dia naik ke atas setiap bukit yang menjulang dan pergi ke bawah setiap pohon yang rimbun untuk bersundal di sana?
3:7 Pikir-Ku: Sesudah melakukan semuanya ini, ia akan kembali kepada-Ku, tetapi ia tidak kembali. Hal itu telah dilihat oleh Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia.
3:8 Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya Aku telah menceraikan Israel, perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat cerai; namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, melainkan ia juga pun pergi bersundal.
3:9 Dengan sundalnya yang sembrono itu maka ia mencemarkan negeri dan berzinah dengan menyembah batu dan kayu.
3:10 Juga dengan semuanya ini Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu, tidak kembali kepada-Ku dengan tulus hatinya, tetapi dengan pura-pura, demikianlah firman TUHAN."

Kita ini telah mengenal lebih dalam siapa itu Yesus, kita juga berjanji setia. Iblis bukan iblis kalau dia tidak mengganggu ikrar saudara dengan Tuhan. Saya sebagai gembala menangis kalau melihat orang yang tadinya setia beribadah tetapi perlahan-lahan bagaikan berkata “selamat tinggal Tuhan Yesus”. Ini adalah karakter orang yang pelan dan pasti sudah dimasuki roh Babel. Kita harus waspada hari-hari terakhir ini sebab pemuncakkan pembangunan Babel ada pada era kita sekarang.

Eden
Prinsip Salib
                                                                                                         Menjadi Mempelai Wanita Tuhan
Karakter Daging
                           
Karakter Kristus
 




                                                                                                                       
                        Manusia jatuh dalam dosa
Dalam perjalanan kerohanian kita karakter daging harus semakin habis dan karakter Kristus semakin menguasai kita. Tetapi ketiga wanita ini berbeda perjalanannya sebab arus balik karena yang menjadi kekuatan pendorong mereka adalah pengajaran permainan palsu manusia.
Efesus 4:14
4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

7 ciri Babel:
1.      Karakternya kejam
Yeremia 25:8-9
25:8 Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam: Oleh karena kamu tidak mendengarkan perkataan-perkataan-Ku,
25:9 sesungguhnya, Aku akan mengerahkan semua kaum dari utara -- demikianlah firman TUHAN -- menyuruh memanggil Nebukadnezar, raja Babel, hamba-Ku itu; Aku akan mendatangkan mereka melawan negeri ini, melawan penduduknya dan melawan bangsa-bangsa sekeliling ini, yang akan Kutumpas dan Kubuat menjadi kengerian, menjadi sasaran suitan dan menjadi ketandusan untuk selama-lamanya.

Babel selalu kejam/penuh angkara murka, hanya amarahnya saja yang ia tampilkan. Kita harus keluar dari karakter ini jangan sampai daging kita selalu kita sulut dengan perasaan benci dan tidak senang. Itu bukan prinsip salib. Suatu ketika kehidupan yang menggalakkan karakter ini akan berada dalam persekutuan di Sinear/Babel. Mulai dari sekarang kita harus belajar meredam rasa angkara murka daging kita.

Yeremia 25:10
25:10 Aku akan melenyapkan dari antara mereka suara kegirangan dan suara sukacita, suara pengantin laki-laki dan pengantin perempuan, bunyi batu kilangan dan cahaya pelita.

2.      Tidak ada suara pengantin laki-laki dan pengantin perempuan
Tidak ada suara penganti laki-laki arti suara kabar mempelai tidak terdengar lagi, putus hubungan dengan kepala. Tidak ada suara pengantin perempuan artinya suara penyembahan tidak ada lagi, tanggapan terhadap Firman tidak ada lagi karena hati sudah kering.

3.      Tidak ada bunyi batu kilangan artinya tidak ada lagi roti di meja pertunjukkan, tidak ada lagi Firman sehingga manusia menjadi lapar oleh karena tepung untuk bahan roti tidak ada lagi.

4.      Pelita dipadamkan arti tidak ada kesaksian lagi.
Yohanes 15:26-27
15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

Kehidupan yang tidak lagi bersaksi dan yang nampak malah dagingnya, itu tanda telah dimasuki roh Babel.

5.      Tampil dengan kemuliaan dunia

6.      Dapat mempengaruhi penduduk dunia
Wahyu 17:2
17:2 Dengan dia raja-raja di bumi telah berbuat cabul, dan penghuni-penghuni bumi telah mabuk oleh anggur percabulannya."

7.      Hubungan dengan penguasa dunia begitu erat sekali
Setiap kedudukan yang kita terima ada maksud Tuhan tetapi iblis mengincar siapapun, dia akan berusaha merekrut untuk menjadi alatnya. Itu sebabnya kita harus mengingat ayat ini.
Ester 4:14
4:14 Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu."

Perempuan Babel yang ada dalam Wahyu begitu dimanjakan, dia dijunjung di atas kepala binatang. Oleh karena itu roh ketinggian hatinya benar-benar sulit direndahkan.
Matius 23:12
23:12 Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.



Lukas 14:11
14:11 Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

Gereja Tuhan ada pada poin yang kedua. Cara Tuhan untuk merendahkan perempuan Babel ini adalah dengan merubah hati binatang ini yang tadinya memanjakan menjadi membenci perempuan ini sehingga mereka sembelih perempuan itu lalu memakannya dan sisanya dibakar.
Wahyu 17:15-17
17:15 Lalu ia berkata kepadaku: "Semua air yang telah kaulihat, di mana wanita pelacur itu duduk, adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.
17:16 Dan kesepuluh tanduk yang telah kaulihat itu serta binatang itu akan membenci pelacur itu dan mereka akan membuat dia menjadi sunyi dan telanjang, dan mereka akan memakan dagingnya dan membakarnya dengan api.
17:17 Sebab Allah telah menerangi hati mereka untuk melakukan kehendak-Nya dengan seia sekata dan untuk memberikan pemerintahan mereka kepada binatang itu, sampai segala firman Allah telah digenapi.

Nantinya akan ada 10 persekutuan yang besar yang akan memanjakan Babel tetapi akhirnya dirubah hatinya untuk berbalik kejam terhadap Babel.

Perempuan di dalam gantang ini sudah ada di sekitar Efa, artinya ada di sekitar Firman tetapi penampilannya selalu dengan gaya hawa nafsu daging sehingga dari Tuhan langsung memberikan julukan yaitu “kefasikan”.
Zakharia 5:6-8
5:6 Lalu tanyaku: "Apa itu?" Jawabnya: "Yang muncul itu sebuah gantang!" Lagi katanya: "Inilah kejahatan mereka di seluruh negeri!"
5:7 Lihat, tutup timah gantang itu telah terangkat, dan seorang perempuan duduk di dalamnya!
5:8 Kemudian berkatalah ia: "Itulah kefasikan!" Lalu didorongnyalah perempuan itu kembali ke dalam gantang dan dibantingnyalah batu timah itu ke mulut gantang.

Bagaimana gaya kefasikan itu?
Yesaya 17:12-13
17:12 Wahai! Ributnya banyak bangsa-bangsa, mereka ribut seperti ombak laut menderu! Gaduhnya suku-suku bangsa, mereka gaduh seperti gaduhnya air yang hebat!
17:13 Suku-suku bangsa gaduh seperti gaduhnya air yang besar; tetapi TUHAN menghardiknya, sehingga mereka lari jauh-jauh, terburu-buru seperti sekam di tempat penumbukan dihembus angin, dan seperti dedak ditiup puting beliung.

Apa penyebab dari kegaduhan ini? Sebab adanya kefasikan.
Yesaya 57:20-21
57:20 Tetapi orang-orang fasik adalah seperti laut yang berombak-ombak sebab tidak dapat tetap tenang, dan arusnya menimbulkan sampah dan lumpur.
57:21 Tiada damai bagi orang-orang fasik itu," firman Allahku.

Jadi wanita di dalam Efa itulah biang keladi yang menimbulkan berbagai ombak gelombang sehingga tidak ada ketenangan dan membuat banyak orang tenggelam. Tidak ada damai bagi orang fasik, siapapun yang selalu menampilkan kefasikan biarpun bagaimana damai sudah tidak ada artinya pengampunan itu sudah tidak ada. Pengampunan hubungannya dengan hati jadi tidak bisa kita lihat, tetapi kita bisa melihat seseorang diampuni tandanya ada kelepasan.

Mazmur 50:16
50:16 Tetapi kepada orang fasik Allah berfirman: "Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku, dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu,
Kalau kita mendengar Firman lalu kita marah itu berarti sudah ada roh kefasikan. Kalau kita menerima Firman dengan ucapan syukur dan derai air mata berarti tidak ada roh kefasikan.

Mazmur 50:17-18
50:17 padahal engkaulah yang membenci teguran, dan mengesampingkan firman-Ku?
50:18 Jika engkau melihat pencuri, maka engkau berkawan dengan dia, dan bergaul dengan orang berzinah.

Pencuri ini membongkar rumah.
Matius 24:43
24:43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.

Membongkar rumah berarti setuju dengan perceraian. Melegalkan perceraian adalah roh pencuri dan inilah roh Babel yang sekarang masuk dalam segala lini kehidupan karena dia mau menghancurkan gereja Tuhan.


Mazmur 50:19-21
50:19 Mulutmu kaubiarkan mengucapkan yang jahat, dan pada lidahmu melekat tipu daya.
50:20 Engkau duduk, dan mengata-ngatai saudaramu, memfitnah anak ibumu.
50:21 Itulah yang engkau lakukan, tetapi Aku berdiam diri; engkau menyangka, bahwa Aku ini sederajat dengan engkau. Aku akan menghukum engkau dan membawa perkara ini ke hadapanmu.

Mazmur 50: 21 (Terjemahan lama)
50:21 Sekalian ini engkau perbuat, maka Aku berdiam diriku; pada sangkamu Aku ini sama seperti engkau; tetapi Aku akan menyiksakan dikau dan menaruh segala perkara itu beratur-atur di hadapan matamu.

Dalam kitab Wahyu Tuhan mengatur penghukuman satu persatu akan menimpa kehidupan yang fasik yang berprilaku seperti itu. Itu sebabnya mari kita belajar mengkondisikan diri meneladani Kristus Yesus.

Gereja palsu yaitu Babel dijunjung oleh binatang sehingga karakter binatang masuk dalam kehidupannya. Tetapi bagi gereja Tuhan yang disebut Mempelai Wanita Tuhan, Kristus Yesus adalah teladan kita, karakter Kristus yang tumbuh di dalamnya.
2 Petrus 1:4
1:4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Perbedaan gereja palsu dan gereja Tuhan:
1.      Mempelai wanita atau gereja Tuhan yang sempurna disebut istri Anak Domba Allah.
Wahyu 21:9
21:9 Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."

Mengapa disebut mempelai Anak Domba, bukan disebut mempelai Yesus atau mempelai Kristus? Sebab karakter Domba ini sudah mengalir di dalam mempelaiNya.

Ciri-ciri domba:
a)      Binatang yang halal.
Ibrani 12:8-9 (Terjemahan lama)
12:8 Tetapi jikalau kamu tiada diajari, padahal semua orang mendapat bahagian itu, maka kamu anak haram, bukannya anak halal.
12:9 Dan lagi kita sudah ada bapa darah daging yang mengajar kita, serta kita sudah memberi hormat kepadanya; bukankah terlebih patut kita menaklukkan diri kepada Bapa segala roh itu sehingga beroleh hidup?

Orang yang menerima Firman pengajaran disebut oleh Tuhan anak halal. Bagaimana karakter Anak Domba bisa mengalir pada istriNya kalau istriNya ini tidak mau menerima ajaran dari suami. Prakteknya dalam nikah, bagaimanapun suamimu, mungkin istri lebih pandai dari suamimu tetap kedudukan suami harus engkau hargai sebab istri harus tunduk kepada suami. Itu sebabnya suami harus menurunkan karakter rohani kepada istri.

Untuk menjadi mempelai wanita Anak Domba maka karakter Mempelai Laki-laki yang disebut Anak Domba itu sudah harus masuk dalam kehidupan kita.

b)      Memamah biak
Artinya setelah menerima Firman pengajaram, anak Tuhan atau hamba Tuhan itu harus merenungkan siang dan malam.
Mazmur 1:2
1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

Mengapa dikaitkan dengan siang dan malam? Siang adalah masa kerja, malam masa berjaga-jaga. Waktu siang jangan berfoya-foya dan berpesta pora tetapi harus bekerja. Waktu malam harus berjaga-jaga sebab roh tidur dan mabuk terjadi di waktu malam dan itu berbahaya sekali.
II Petrus 2:12-13
2:12 Tetapi mereka itu sama dengan hewan yang tidak berakal, sama dengan binatang yang hanya dilahirkan untuk ditangkap dan dimusnahkan. Mereka menghujat apa yang tidak mereka ketahui, sehingga oleh perbuatan mereka yang jahat mereka sendiri akan binasa seperti binatang liar,
2:13 dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka. Berfoya-foya pada siang hari, mereka anggap kenikmatan. Mereka adalah kotoran dan noda, yang mabuk dalam hawa nafsu mereka kalau mereka duduk makan minum bersama-sama dengan kamu.


Yohanes 9:4
9:4 Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorang pun yang dapat bekerja.

c)      Dengar-dengaran
Tidak semua domba penurut, ada juga domba yang nakal tetapi gembala sudah ada solusi untuk menanganinya. Domba yang nakal terhadap domba lain dilempari batu oleh gembala namun kalau sudah berulang-ulang maka kaki domba itu dipatahkan supaya jangan dia nakal mengganggu domba lain atau keluar dari penggembalaan, ini tradisi/ cara penggembalaan domba di Timur Tengah. Kalau ada umat Tuhan yang nakal maka yang disusahi adalah gembala, itu sebabnya yang dibutuhkan oleh Tuhan dari seorang gembala adalah harus bertanggung jawab,
Yohanes 10:16
10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.
Jadi domba-domba yang makan makanan pemeliharaan dari gembala, yang mendengar suara gembala menjadi satu kawanan. Kalau kita adalah dombanya Tuhan yang disebut istri Anak Domba Allah maka jangan kita menyendiri, biarlah kita menggabungkan diri dalam penggembalaan dengan satu suara.

Ketika bangsa Israel keluar dari Mesir mereka makan dari makanan yang sama dan minum dari minuman yang sama.
1 Korintus 10:3-4
10:3 Mereka semua makan makanan rohani yang sama
10:4 dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus.

d)      Bersandar penuh kepada gembala berarti tidak membela diri
Kebutuhan domba yang paling utama bukan rumput, bukan air tetapi gembala. Jadi domba itu membutuhkan penggembalaan. Kalau ada gembala pasti ada rumput dan air yang jernih. Ini tanggung jawab seorang gembala karena dari dalam dirinya Tuhan akan mentransfer sifat anak Domba Allah turun kepada sidang jemaat.

e)      Cepat berkumpul kalau musuh datang
Ini adalah kesigapan daripada domba, dia selalu mempunyai pemikiran bagaimana supaya cepat berkumpul agar jangan diterkam oleh binatang buas.
Pengkhotbah 4:9-11
4:9 Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.
4:10 Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!
4:11 Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas?

f)       Menjadi korban penghapus dosa
Artinya dia menjadi saluran Tuhan untuk membawa roh perdamaian kepada orang lain.

Itulah yang disebut istri Anak Domba Allah. Tetapi istri binatang buas berbeda, karakter yang ada padanya penuh dengan kekerasan, tidak mau direndahkan dan suka duduk di atas kepala.

2.      Gereja Tuhan yang disebut mempelai Anak Domba Allah berasal dari atas tetapi gereja palsu yang disebut pelacur berasal dari dunia dan berzinah dengan dunia.
Yakobus 4:4
4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

Yakobus 4:4 (Terjemahan lama)
4:4 Hai kamu yang disifatkan seperti orang berzinah, tiadakah kamu ketahui bahwa persahabatan dengan dunia ini, ialah perseteruan dengan Allah? Sebab itu barangsiapa yang mau bersahabat dengan dunia ini, ia itulah menjadi seteru Allah.

3.      Gereja disebut Yerusalem Baru, wanita pelacur disebut Babel sundal besar.

4.      Gereja tunduk kepada Tuhan Yesus sebagai kepala, pelacur menyembah binatang dan dia yang menjadi kepala.

5.      Gereja diselamatkan oleh Tuhan Yesus
Wahyu 12:14
12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Tetapi pelacur yang adalah mempelai iblis ini dihancurkan oleh binatang buas.

6.      Pada mempelai Anak Domba Allah ada cawan berkat.
I Korintus 10:16
10:16 Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?

Tetapi pada mempelainya iblis ada cawan kenajisan.
Wahyu 17:4
17:4 Dan perempuan itu memakai kain ungu dan kain kirmizi yang dihiasi dengan emas, permata dan mutiara, dan di tangannya ada suatu cawan emas penuh dengan segala kekejian dan kenajisan percabulannya.

Yang menjadi istri Anak Domba Allah itulah gereja Tuhan yang dibenarkan, disucikan dan disempurnakan. Tetapi yang menjadi istri iblis juga adalah orang yang disebut gereja Tuhan tetapi akhirnya tidak setia kepada Kristus, mereka ingkar janji dan jatuh ke tangan iblis.

Biarlah kita mohon supaya wataknya Kristus Yesus yang turun kepada kita, jangan wataknya iblis. Terimalah lawatan Tuhan jangan kita kesal hati menerima Firman Tuhan, bukannya Tuhan membenci kita tetapi Tuhan menyayangi kita. Apalah arti kita dimanja tetapi akhirnya kita ada di dalam kebinasaan.

Wahyu 18:6
18:6 Balaskanlah kepadanya, sama seperti dia juga membalaskan, dan berikanlah kepadanya dua kali lipat menurut pekerjaannya, campurkanlah baginya dua kali lipat di dalam cawan pencampurannya;

Kenapa Tuhan membalas mereka dua kali lipat? Karena mereka meninggalkan Tuhan dua kali lipat, dua kali berbuat jahat kepada Tuhan.
Yeremia 2:13
2:13 Sebab dua kali umat-Ku berbuat jahat: mereka meninggalkan Aku, sumber air yang hidup, untuk menggali kolam bagi mereka sendiri, yakni kolam yang bocor, yang tidak dapat menahan air.

Pertama mereka meninggalkan Tuhan dan yang kedua mereka menggantikan Tuhan dengan yang lain. Jangan tunggu kita dihajar oleh Tuhan karena kesalahan yang berganda.
Hosea 10:10
10:10 Aku telah datang untuk menghajar mereka; bangsa-bangsa akan berkumpul melawan mereka, apabila mereka dihajar karena salahnya yang berganda.


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar