20190226

Kebaktian PA Kitab Yehezkiel, Selasa 26 Februari 2019 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yehezkiel 11:19-21
11:19 Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat,
11:20 supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia; maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.
11:21 Mengenai mereka, yang hatinya berpaut pada dewa-dewanya yang menjijikkan dan pada perbuatan-perbuatannya yang keji, Aku akan menimpakan kelakuan mereka atas kepalanya sendiri, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Sangat memprihatinkan banyak gembala melepaskan penggembalaan. Karena apa? Jemaat tidak bisa diatur, semua jadi binal. Ini karena apa? Umat diatur dengan cara akal manusia, diorganisir dengan akal kita, bukan Firman. Firman itu ada kuasa untuk mengatur kita. Kalau akal yang mengatur maka tidak ada kuasanya. Hanya Firman yang bisa. Biarlah kita hidup dalam kategori yang sisa yang mempertahankan Firman pengajaran.
Yesaya 1:9
1:9 Seandainya TUHAN semesta alam tidak meninggalkan pada kita sedikit orang yang terlepas, kita sudah menjadi seperti Sodom, dan sama seperti Gomora.

Pemakaian Tuhan pada seseorang bukan ditentukan karena dia intelektuil, bukan ditentukan karena dia kaya. Itu boleh saja tetapi ditentukan dengan penyucian hidupnya. Jika dia paham tahbisan dan hidup dalam kesucian maka pemakaian Tuhan pasti lebih nyata dalam kehidupan orang itu. Itu yang harus kita pertahankan.

Kita lihat di sini bagaimana Tuhan janji Roh Kudus akan turun kemudian merubah hati daging menjadi hati taat.  Ini pemulihan, pemulihan dikerjakan oleh dua hal yaitu Firman  dan Roh Kudus. Pemulihan akan melakukan dua gerakan besar yaitu kegerakan Firman pengajaran dan kegerakan Roh Kudus. Kita sedang mengalami pemulihan bahkan akan mengalami pemulihan yang lebih besar lagi ke depan.

Peran Roh Kudus sangat nyata bagi Yehezkiel. Yehezkiel adalah nabi, punya Firman nubuatan, Yehezkiel adalah imam, punya Firman pengajaran. Tetapi Firman pengajaran dan Firman nubuatan belum cukup, kalau tidak ada Roh Kudus. Firman pengajaran untuk menyucikan, Firman nubuatan menunjuk sasaran kita dan ada Roh Kudus yang memberikan kita kemampuan yang ajaib untuk menjalani hidup yang ada ini.

Penasihat jahat ini bertengger di pintu gerbang sebelah timur. Karena pemberitaan Firman itu dari sebelah timur. Berita dari timur ke barat ini adalah berita yang tidak dapat dihalangi oleh apapun dan pasti akan berbuah. Ini keyakinan yang sangat mendalam bahwa apa yang kami beritakan itu adalah berita yang tidak dapat dibinasakan. Makanya berita ini dihadang hebat luar biasa oleh pembesar-pembesar.

Markus 16:8
16:8 Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapa pun juga karena takut. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu.

Jadi ini sudah dijamin, berita dari timur ke barat itu tidak terbinasakan. Jadi apapun upaya iblis, upaya manusia untuk memblokir berita dari timur ke barat, dari pintu gerbang halaman sampai di ruangan maha suci, tidak akan bisa dibendung. Ini yang mendorong saya sebagai hamba Tuhan untuk bergerak, berjalan pada jalur ini, saya percaya apapun upaya manusia untuk memblokir tidak akan bisa.

Inilah pemulihan yang Tuhan sedang lakukan. Mengapa? Sebab Tuhan mau memulihkan, mau mengangkat Israel pada kondisi awal. Ini nubuatan buat kita gereja Tuhan.
Keluaran 19:4
19:4 Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku.

Tuhan buka pikiran kita, Tuhan buka memori mereka. Bangsa Mesir yang menghalang-halangi mereka, sekarang ini bukan orang Mesir lagi yang menghalangi tetapi sesama mereka, pembesar-pembesar bangsa mereka. Yang Tuhan lakukan ini adalah Tuhan membawa Israel untuk diriNya “membawa kamu kepadaKu”. Ini pembelajaran bagi kita. Jadi keliru orang Kristen, keliru pendeta kalau mengatakan jemaat itu adalah milik organisasi. Kalau tidak ada di bawah wibawa pengajaran hancur kita.

Keluaran 19:5
19:5 Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.

Status mereka menjadi harta kesayangan Tuhan. Ini yang mau dikembalikan Tuhan kepada mereka. Ini pemulihan dalam Yehezkiel pasal 11. Ini pembelajaran bagi kita, agar kita mengerti status kita. Kalau kita mengkondisikan diri menjadi harta kesayangannya Tuhan maka kita ditangani spesial oleh Tuhan. Harta kesayangan tidak mungkin dibiar, itu pasti ditangani secara khusus. Itu sebabnya kita hargai, jika kita mendapatkan pelayanan secara khusus berarti kita adalah harta kesayangan Tuhan.

Keluaran 19:6
19:6 Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel

Bukan hanya harta kesayangan tetapi menjadi kerajaan Imam. Berarti semua singsingkan lengan baju, bergerak dan bekerja di alam rohani, sehingga semua terbentuk karakter Ilahi sebagai harta kesayangan, kita menjadi kerajaan imam, kita terlibat dalam pelayanan sehingga pelayanan kita benar-benar bersentuhan dengan kerajaan sorga, bukan kerajaan dunia.

Di dunia ini ada 3 pemerintahan.
1.      Efesus 2:2
2:2 Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Pemerintahan iblis, itu sudah berlangsung lama sampai sekarang dan kita rasa rohnya bekerja.

2.      Pemerintahan kedua ini juga kelihatan abstrak tetapi menjadi konkrit kalau kita melihat Israel, itulah pemerintahan Allah.

3.      Pemerintahan dunia, kita harus mengakui ini. Ini yang konkrit dan silih berganti.

Menjelang 3,5 tahun aniaya, pemerintahan iblis akan menjadi satu dengan pemerintahan dunia. Jadi pemerintahan dunia akan direkrut oleh iblis. Jadi yang bekerja di bidang pemerintahan jika tidak dibekali Firman, bisa kita tersedot ke sana. Ini saya tangkap dari pemberitaan Pdt. In Yuwono. Hati-hati karena pemerintahan iblis ini akan merekrut semua pemerintahan dunia. Dalam struktur organisasi apapun, dia akan bekerja di situ. Kemudian dalam masa 3,5 tahun akan dipimpin oleh seorang diktator.

Kalau sekarang kami hamba Tuhan lengah dan tidak memberikan bekalan yang lebih kuat kepada kehidupan-kehidupan yang terlibat dalam pemerintahan dunia, maka berbahaya bagi mereka. Makanya kami ngotot dan bergumul sehingga ketika 3,5 tahun kita terlepas, kita tersingkir ke padang belantara.

Ini kerajaan, kita kerajaan imam. Imam adalah orang-orang yang terlibat dalam pelayanan melayani kehendak Tuhan. Mereka itu punya kerajaan. Kalau namanya kerajaan, ada sentralnya kerajaan. Itulah sorga, yaitu Yesus, Dia Imam Besar yang memberikan arahan-arahan utamanya kami hamba Tuhan, kemudian kepada seluruh anggota sidang jemaat supaya kita semua ada dalam status kerajaan imam. Semua bergerak, di pemerintahan dia bergerak, di pendidikan dia bergerak, di militer dia bergerak. Jadi tidak ada sedikitpun yang lowong, semua bergerak.

Itulah kondisi Israel dulu dan mau Tuhan pulihkan dalam Yehezkiel pasal 11. Itu juga dulu kondisi kita sebagai umat Tuhan. Kita adalah imam yang berkerajaan.
II Petrus 2:9
2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

2000 tahun dulu itu dicetuskan, sekarang sudah dimakan waktu 2000 tahun dan kerajaan imam-imam itu sudah tidak jelas. Mengapa? Hamba-hamba Tuhan telah meninggalkan tahbisan. Padahal tahbisan itu adalah ciri khusus imam-imam yang berkerajaan.

Keluaran 19:6
19:6 Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel

Berakhir dengan bangsa yang kudus. Jadi ada langkah-langkahnya. Pertama Tuhan merekrut kita menjadi harta kesayanganNya. Kalau kita harta kesayanganNya, pasti ditangani khusus, tidak akan dibiar. Bagaimana cara Tuhan menangani kita secara khusus, bukan asal? Itulah tanggung jawab, peran hamba Tuhan alias gembala. Dia dipercayakan menangani khusus harta kesayangan Tuhan. Dia tidak boleh main-main. Saya utamanya, saya harus belajar taat dalam hal ini. Sebab harus ada pada lingkup berita dari timur ke barat. Kalau berita yang kami sampaikan dari timur ke barat, sama dengan mengarahkan jemaat dari timur melangkah ke barat, maka jelas harta kesayangan Tuhan itu ditangani supaya tidak bisa dibinasakan. Kalau kita ada pada level ini saya optimis kita tidak akan bisa dibinasakan. Asal perhatikan berita dari timur ke barat, jalani itu. Dan di situ ada peran gembala dalam memimpin ibadah pelayanan.

Ternyata dalam Yehezkiel 11:16-21, Tuhan punya gagasan untuk memulihkan umatNya namun ada yang tidak mau. Kalau bicara pemulihan, tidak semua orang menerima. Kalau sekarang yang didengungkan adalah pemulihan tata cara ibadah, hanya liturgi. Tetapi mana standarnya, Yesus mau datang, liturgi mana yang nomor satu.

Kisah Para rasul 3:21
3:21 Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.

Harus ada pemulihan baru Tuhan Yesus datang. Kalau pemulihan sifatnya hanya liturgi, berarti mana liturgi yang paling bagus!, tetapi bukan demikian. Ini kekeliruan yang banyak dijabarkan dalam gereja Tuhan.

Pemulihan yang dimaksud di sini adalah pemulihan hati keras menjadi hati taat. Kalau hati taat, taat dalam perkataan dan perbuatan maka Tuhan sambut masuk dalam persekutuan Tubuh Kristus.
Yehezkiel 11:21
11:21 Mengenai mereka, yang hatinya berpaut pada dewa-dewanya yang menjijikkan dan pada perbuatan-perbuatannya yang keji, Aku akan menimpakan kelakuan mereka atas kepalanya sendiri, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Roma 15:18
15:18 Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,

Mereka tidak mau menerima pemulihan. Saya percaya kita semua mau menerima pemulihan. Ciri orang yang tidak mau dipulihkan adalah tidak mau ditegur (ditunjuk) kesalahannya.
Ratapan 2:14
2:14 Nabi-nabimu melihat bagimu penglihatan yang dusta dan hampa. Mereka tidak menyatakan kesalahanmu, guna memulihkan engkau kembali. Mereka mengeluarkan bagimu ramalan-ramalan yang dusta dan menyesatkan.

Pemulihan itu adalah sukarelanya Tuhan terhadap kita. Karena Tuhan melihat penyelewengan kita maka Tuhan pulihkan dengan sukarela. Kalau seseorang menerima ketika ditunjuk kesalahan berarti dalam dirinya berjalan pemulihan.
Mazmur 17:15
17:15 Tetapi aku, dalam kebenaran akan kupandang wajah-Mu, dan pada waktu bangun aku akan menjadi puas dengan rupa-Mu.

Ini gambaran hati yang dipulihkan. Dia selalu memandang wajah Tuhan. Apa hubungannya memandang wajah Tuhan? Ketika Yesus dalam pengadilan Pilatus, bapak ibu tahu apa yang terjadi? Siapa yang sudah 3 kali menyangkal? Yaitu Petrus. Ketika Petrus menyangkal yang ketiga kali, Yesus memandang wajah Petrus dan Petrus memandang wajah Yesus lalu dia menyesal sebab sudah menyangkal Yesus. Jadi memandang wajah Tuhan membawa kita bercermin melihat kesalahan-kesalahan kita. Berarti rela ditunjuk kesalahan kita.

Tetapi aneh, banyak hamba Tuhan justru marah dan balik menyerang ketika ditegur kesalahannya. Hari-hari terakhir ini begitu banyak keluhan kami temukan karena asupan-asupan yang tidak sehat yang disampaikan. Saudara jangan sampai menolak ditunjuk kesalahan sebab itu berarti menolak pemulihan. Pemulihan yang akan kita alami adalah pemulihan yang luar biasa karena gereja Tuhan mau diangkat menjadi Mempelai WanitaNya.
Mazmur 17:15
17:15 Tetapi aku, dalam kebenaran akan kupandang wajah-Mu, dan pada waktu bangun aku akan menjadi puas dengan rupa-Mu.

Apakah memandang wajah ini tidak beresiko? Beresiko kalau kita memandang kebenaran. Kalau pemazmur ini tahu bahwa kalau memandang wajah Tuhan itu beresiko, tetapi dia tidak urung niat, tetap dia memandang. Berarti dia mau dikoreksi.
Lukas 22:61
22:61 Lalu berpalinglah Tuhan memandang Petrus. Maka teringatlah Petrus bahwa Tuhan telah berkata kepadanya: "Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku."

Jadi memandang wajah Tuhan dan Tuhan mengarahkan wajahNya kepada kita supaya sadar akan dosa salah kita. Petrus keluar dari situ dia langsung meraung-raung menangis. Petrus engkau dikasihi Tuhan. Dengan Tuhan mengarahkan wajahNya kepada Petrus berarti pemulihan berlaku kepada Petrus. Seandainya Tuhan Yesus tidak mengarahkan wajah kepada Petrus, maka Petrus akan tinggal terus dalam dosa dan kesalahan serta tidak akan dipakai di Yerusalem. Tetapi puji Tuhan, arahan wajah Tuhan nyata kepada Petrus dan dia sadar dan jadi alat yang luar biasa bagi Tuhan.

Kita ini harta kesayanganNya berarti kita ditangani langsung oleh Tuhan, selalu ditangani  khusus oleh Tuhan. Jadi kita harus sadar bahwa kita salah dan mohon ampun kepada Tuhan. Dalam doa penyahutan sebagai gembala selalu mohon Tuhan mengarahkan wajahNya supaya umat mengerti kesalahan kita.

Bukan hanya riang gembira saja digalakkan dalam gereja, tetapi dengan wajah Tuhan disorotkan kepada kita maka kita langsung sadar. Makanya dikatakan Tuhan akan merubah hati keras menjadi hati taat. Tuhan katakan “Aku akan memberikan roh baru untuk mengubah hati keras menjadi hati taat”. Tujuan Roh Kudus.
Yohanes 16:7-9
16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;

Itu tujuan Roh Kudus, menginsafkan kita akan dosa dan membawa pada kebenaran. Ini tujuan Roh itu yang akan membawa kita menjadi orang yang taat, dari hati keras menjadi taat. Kenapa hati keras dirubah menjadi hati taat? Itu pekerjaan sukarela yang dikerjakan oleh Tuhan lewat pemberiaan Roh KudusNya. Ini yang sedang dan akan kita nikmati di akhir zaman ini.

Ciri pemulihan menunjuk apa yang salah, kita harus terima.
Ratapan 2:14
2:14 Nabi-nabimu melihat bagimu penglihatan yang dusta dan hampa. Mereka tidak menyatakan kesalahanmu, guna memulihkan engkau kembali. Mereka mengeluarkan bagimu ramalan-ramalan yang dusta dan menyesatkan.

Jadi pemulihan itu menyatakan yang salah. Yang salah itu berarti dipulihkan. Jadi kesimpulannya, jika pemulihan itu berjalan, ditunjuk kesalahan kita, berarti itu yang asli, tidak menyesatkan. Kalau menyesatkan maka tidak ditunjuk kesalahan, bahkan ketika ditunjuk kesalahannya marahnya tidak ketulungan. Itu berarti menyesatkan, itu berarti penasihat jahat. Penasihat jahat itu bukan cuma dulu, pada gereja mula-mula itu juga muncul. Apalagi akhir zaman, lebih hebat pekerjaan penasihat jahat ini.

Untuk menghalangi pekerjaan gereja Tuhan maka iblis nongkrong di sebelah timur.
Wahyu 12:17
12:17 Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu, lalu pergi memerangi keturunannya yang lain, yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus.

Marah naga karena tidak bisa mengejar perempuan itu. Sehebat-hebatnya teknologi manusia tetapi tidak bisa mengejar wanita yang terbang ke padang belantara.
Amsal 21:30
21:30 Tidak ada hikmat dan pengertian, dan tidak ada pertimbangan yang dapat menandingi TUHAN.

Ada Firman, ada kesaksian, tetapi yang satu itu tidak ada yaitu doa penyembahan. Gereja Tuhan bicara Firman, bicara pekerjaan Roh Kudus, tetapi mana itu penyerahan diri, mana itu mezbah dupa emas = penyerahan mempelai?.

Wahyu 12:18
12:18 Dan ia tinggal berdiri di pantai laut.

Artinya dia menjadi piket kejam di situ, siapa yang berani menyeberang, habis orang itu. Dia jaga pantai laut artinya dia menjaga tidak ada lagi yang bisa menerima keselamatan. Kalau zaman Yehezkiel penasihat jahat itu menjaga di pintu sebelah timur, itulah pintu gerbang awal start manusia menuju ruangan maha suci Kalau di sini piket kejam berjaga di tepi pantai berarti tidak ada yang bisa menyeberang. Itu sebabnya selagi kita masih diberi kesempatan, ayo kita menyebarang. Jangan tunggu mau menyebrang tetapi sudah diblokir. Jangan tunggu sudah dicekik leher saudara baru mau lari.

Gawat kita sekarang, kalau salah bimbingan maka habislah kita. Olehnya sekarang mari kita pandang wajah Tuhan. Memandang wajah Tuhan berarti memandang Firman pengajaran.
Mazmur 119:135
119:135 Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.

Jadi seiring kita disinari oleh wajah Tuhan dan kita sadar akan kesalahan kita. Kemudian dia meminta “ajarlah aku Tuhan”. Untuk kita tidak melakukan kesalahan yang sama, tidak melakukan dosa yang sama maka kita mohon supaya Tuhan mengajar kita. Itulah fungsi dari “sinarilah aku dengan wajahMu”. Petrus kena sinar wajahnya Tuhan, dia langsung keluar dari tempat berdiang, dia pergi ke tempat sunyi, meraung menangis dan Petrus berubah 180 derajat, sampai akhirnya dia berani disalib dengan kepala di bawah.



Kalau memandang wajah Tuhan pasti kita mengalami keubahan. Makanya dikatakan tadi dalam Mazmur kita menjadi puas kalau memandang wajah Tuhan. Kita puas jika ditunjuk kesalahan kita. Berarti kita mengalami pemulihan. Disitulah letak kepuasan yang kita alami jika kita dipulihkan dari hati keras menjadi hati taat.

Tuhan Memberkati.

GPT “Kristus Penebus”
Jl. Langgadopi No.4 Tentena
Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663
HP: 085241270477
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar