20200905

Kebaktian Doa, Sabtu 5 September 2020 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yohanes 8:24-26

8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."

8:25 Maka kata mereka kepada-Nya: "Siapakah Engkau?" Jawab Yesus kepada mereka: "Apakah gunanya lagi Aku berbicara dengan kamu?

8:26 Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia."

 

Jadi kelompok orang banyak ini sudah disejajarkan orang dunia. Orang rohani bisa menilai orang dunia tetapi orang dunia tidak bisa menilai orang rohani. Kesimpulannya orang dunia ini tidak akan mengerti perkara-perkara rohani.

 

Yohanes 8:27-29

8:27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa.

8:28 Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.

8:29 Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya."

 

Jika manusia sekarang tidak mau mencari atau tidak peduli akan Tuhan, maka satu saat dia akan mencari Tuhan seperti kata Tuhan “satu saat kamu akan mencari tetapi tidak akan menemukan Aku”. Referensinya dalam Amsal pasal 1, mereka sungguh-sungguh mau mencari Tuhan tetapi Tuhan mengolok-olok dan menertawakan mereka dari sorga. Jadi kalau manusia sekarang ini tidak peduli akan Tuhan artinya tidak peduli keselamatan jiwanya, satu waktu mereka berupaya mencari Tuhan tetapi dia tidak temukan lagi. Alias keselamatan tidak akan diaperoleh lagi. Maka Tuhan akan mengolok-olok dari sorga dan menertawakan mereka.

Amsal 1:24-26

1:24 Oleh karena kamu menolak ketika aku memanggil, dan tidak ada orang yang menghiraukan ketika aku mengulurkan tanganku,

1:25 bahkan, kamu mengabaikan nasihatku, dan tidak mau menerima teguranku,

1:26 maka aku juga akan menertawakan celakamu; aku akan berolok-olok, apabila kedahsyatan datang ke atasmu,

 

Dari sisi ini kita menemukan Tuhan tertawa karena menertawakan manusia yang baru mau mencari Tuhan tetapi sudah terlambat. Waktu pintu kemurahan Tuhan buka, mereka tidak memanfaatkan. Mereka berpikir biasa-biasa saja, satu saat hati mereka akan ditekan oleh kuasa dari atas untuk mencari keselamatan bagi jiwanya tetapi tidak mereka peroleh lagi.

 

Yohanes 8:26-27

8:26 Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia."

8:27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa.

 

Keberadaan Bapa ada di sorga. Jadi kesimpulannya ketika Yesus bicara tentang yang rohani, mereka tidak mengerti. Alkitab mengatakan orang rohani bisa menilai orang dunia, tetapi orang dunia tidak bisa menilai orang yang rohani. Inilah yang terjadi dalam ayat 26 dan 27.

I Korintus 2:9

2:9 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."

 

Ini tidak mungkin dinikmati oleh orang yang tidak mencari Tuhan dan bahkan berniat membunuh.

 

I Korintus 2:10

2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

 

Ini yang Roh berikan kepada kita dan tidak dipahami oleh orang dunia.

 

I Korintus 2:11

2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

 

Yang diberitahu oleh Roh itu adalah yang ada di dalam diri Tuhan. Kepada siapa diberitahu? Kepada orang yang mengasihi serta mencari Tuhan dan sekarang dia bersekutu dengan Tuhan.

 

I Korintus 2:12

2:12 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita.

 

Kita bukan menerima roh dunia tetapi roh yang berasal dari Allah. Roh yang berasal dari Allah ini 1 dengan 7 manifestasinya.

 

Yesaya 11:2 (Terjemahan Lama)

11:2 Maka di atasnya akan berhenti Roh Tuhan, yaitu Roh 1hikmat dan 2akal, Roh 3bicara dan 4kuat, Roh 5pengetahuan dan 6takut akan Tuhan.

 

Yesaya 11:2

11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh 1hikmat dan 2pengertian, roh 3nasihat dan 4keperkasaan, roh 5pengenalan dan 6takut akan TUHAN;

 

Roh hikmat ini yang bekerja membuka rahasia Firman. Dia membawa dan transfer kepada kita, ini isi hati Bapa Dia berikan kepada kita lewat roh hikmat. Roh pengertian ini maksudnya supaya kita mengerti apa isi hati Tuhan yang Dia berikan. Roh nasihat supaya jangan kita terjebak dalam persoalan yang itu-itu saja. Bicara nasihat, tujuannya membawa kepada kesempurnaan.

Kolose 1:27-28

1:27 Maka kepada mereka itulah Allah dengan kehendak-Nya sudah menyatakan bagaimana kayanya kemuliaan rahasia itu kepada orang kafir, yaitu Kristus di dalam kamu itulah pengharapan akan beroleh kemuliaan,

1:28 yang kami ini beritakan, sambil menasehatkan tiap-tiap orang dan mengajar tiap-tiap orang dengan segala hikmat, supaya dapat kami mendirikan tiap-tiap orang menjadi sempurna di dalam Kristus.

 

Jadi dinasihati supaya kita tidak lemah, tidak lemas dan kita perkasa. Di dunia ini dipenuhi peperangan rohani, bukan peperangan jasmani. Di zaman Israel itu peperangan jasmani. Di zaman Daud ada 3 triwira yang sanggup sendirian melawan ratusan orang. Sampai pedang yang dia pegang tidak bisa dilepaskan lagi. Begitu perkasanya. Jadi kita yang menghadapi ratusan ribu masalah, kita perlu roh nasihat agar kita perkasa.

Jangan lepaskan Ibrani 4:12

4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

 

Untuk menunjang hal-hal di atas itu, perlu roh pengenalan. Supaya kita mengenal siapa Yesus yang mereka cari. Dalam Yohanes pasal 8 ada 4 kali dikatakan yang diutus.

Yohanes 8:16,18,26,29

8:16 dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan 1Dia yang mengutus Aku.

8:18 Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga 2Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku."

8:26 Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi 3Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia."

8:29 Dan 4Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya."

 

Ini kemurahan Tuhan. Bukan kita yang mengatakan Yesus Anak Allah, tetapi Allah Bapa sendiri yang mengakui Yesus AnakNya. Bukan anak secara biologis. Tuhan yang mengakui Yesus AnakNya. Maka saya sebagai hamba Tuhan, terima kesaksian Tuhan bahwa Yesus adalah AnakNya, ini perlu pengenalan lebih matang.

 

Manifestasi Roh Kudus yang keenam adalah roh takut akan Tuhan. Yang ketujuh adalah ini:

Yesaya 4:4

4:4 apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan 7roh yang mengadili dan yang membakar.

 

Itu ada dalam Yesaya 11:3-4, ini roh pengadilan yang langsung dijabarkan.

Yesaya 11:3-4

11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.

11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.

 

Saya tidak mengatakan semua saya sudah tahu, semua saya sudah benar, belum saya masih belajar. Saya tidak bisa untuk tidak bersuara, katakanlah saya tidak disenangi orang, silahkan saja. Tetapi itulah kebenaran.

 

Yesaya 28:6

28:6 akan menjadi 7roh keadilan bagi orang yang duduk mengadili, dan menjadi roh kepahlawanan bagi orang yang memukul mundur peperangan ke arah pintu gerbang.

 

Roh keadilan, roh pengadilan itulah yang ketujuh. Kalau 6 manifestasi roh ini ada pada kita maka kita akan diberikan kuasa mengadili dunia. Dunia tidak kenal kita, dunia tidak tahu hal yang rohani tetapi kita mengetahui mereka!

 

I Korintus 2:13-14

2:13 Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh.

2:14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.

 

I Korintus 2:14 (Terjemahan Lama)

2:14 Tetapi orang duniawi tiada menerima barang yang daripada Roh Allah itu, karena perkara itu menjadi kebodohan kepadanya, dan tiada dapat mengenalnya, sebab perkara itu diselidik dengan peri rohani.

 

I Korintus 2:15

2:15 Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain.

 

Kalau kita ini orang rohani dan ada Roh Allah, maka kita bisa menilai orang dunia. Tetapi orang dunia tidak bisa menilai kita orang yang rohani. Makanya mereka berkata “kenapa kamu dalam 1 minggu 3 kali ibadah, kalau kami satu kali saja”. Dalam hal itu saja sudah beda, kalau kita bicara 3 macam ibadah mereka melongo tidak tahu. Itu sebabnya kalau kita sudah dibekali Tuhan dengan pengajaran Tuhan yang diungkap bukakan oleh Roh, di mana Roh itu menyelidik hati Bapa dan ditransfer kepada kita, maka janganlah kita longgar leher lagi dan berpaling kepada yang dunia dan di sana kita bercokol. Bagi saya, saya sudah bisa mengerti dan paham orang itu bagaimana nasibnya kelak. Kita ini sebagai umat Tuhan harus lebih memahami apa itu yang dibicarakan oleh Tuhan sekarang lewat RohNya.

 

Setelah Tuhan sejajarkan mereka sama dengan manusia duniawi, maka Tuhan memberikan satu isyarat.

Yohanes 8:28

8:28 Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.

 

Kita lihat bagaimana Tuhan berbicara kepada Nikodemus.

Yohanes 3:14

3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,

 

Jadi setelah meninggikan Yesus barulah mereka mengerti.

Yohanes 2:22

2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan mereka pun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

 

Setelah Dia bangkit dari antara orang mati, berarti setelah Dia ditinggikan di Golgota, mati dan bangkit. Itu sebabnya kalau mau mengerti perkara rohani, perkara yang diatas, lihat Yesus yang ditinggikan, lihat Korban Kristus, lihat salib Golgota, di sana Yesus tersalib karena menolong/ menyelamatkan kita.

 

Dengan demikian kita melihat jika nilai Korban Kristus benar-benar kita hargai dan junjung tinggi maka kita akan mengerti. Karena dari situlah kita dapat memahami. Dari korban Kristus, Roh Kudus datang membuka rahasia Tuhan kepada kita. Apa yang ada di hati Bapa dan dicurahkan kepada kita.  Untuk ini kita harus mengerti, namun ada satu anjuran Tuhan. Kalau kita meninggikan Korban Kristus, itu bagus, tetapi kita harus tanggap apa yang diucapkan oleh Tuhan Yesus. Dalam hal ini antara lain bagaimana kata Yesus jika Anak Manusia ditinggikan. Bagaimana nalar, bagaimana daya tangkap saudara.

Yohanes 8:43

8:43 Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku.

 

Banyak kali anak Tuhan dengar Firman tetapi mimpi makan jagung rebus dan mimpi mengisap otak ikan gabus. Itu sebabnya kita harus dapat menangkap Firman dan itu anjuran Tuhan. Tetapi negatifnya tidak menangkap, positifnya kalau kita menangkap. Kita gereja Tuhan yang hidup pada akhir zaman, mari kita mau belajar bahwa Tuhan memberikan kepada kita Firman yang diungkap bukakan rahasianya kepada kita di akhir zaman ini.

 

Kalau kita tinggikan berarti kita mengagungkan Korban Kristus.

Yohanes 8:51

8:51 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya."

 

Dia sudah dipindahkan dari maut kepada kehidupan. Jika kita meninggikan dan menghargai Korban Kristus serta mengakui Yesus datang di dunia, mati, bangkit, dimuliakan, naik ke sorga dan akan datang kembali, maka kehidupan saudara sudah dipindahkan. Siapa yang bisa memindahkan dari maut kepada kehidupan? Tidak ada satu pribadipun kecuali Yesus. Biarpun tidur di atas paku atau merangkak berkilometer, tidak dapat menjamin kehidupan itu selamat. Hanya jika dia meninggikan dan menghargai Korban Kristus.

Yohanes 2:22; 3:14

2:22 Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan mereka pun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,

 

Wahyu 5:5

5:5 Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya."

 

Pembukaan rahasia Firman Allah itu karena Korban Kristus. Arti kata kita mendengar Firman bukan sebatas mendengar Firman dan enak mencatat, tetapi prakteknya! Bagaimana penjabaran dalam kehidupan kita. Apalagi pembukaan rahasia Firman Tuhan ini mengarah pada nikah yang rohani. Olehnya ayo kita jabarkan mulai dari kehidupan rumah tangga atau nikah kita.

 

Alkitab mengajarkan jika ada hal-hal yang dinyatakan Tuhan kepada hamba Tuhan harus kita apresiasi karena itu demi kepentingan kita juga. Jangan sampai kita membiasakan berpikir sepertinya “pendeta itu bodoh, saya harus begini dan begitu”. Tidak bisa kita berbuat seperti itu!

Kita lihat bagaimana status Yesus.

Ibrani 1:2

1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

 

Jadi pada zaman akhir Tuhan sudah berbicara lewat perantaraan AnakNya. Tuhan yang berkata bahwa Tuhan yang utus AnakNya untuk berbicara kepada kita. Kenapa mereka upayakan untuk dibunuh? Itu karena mereka salah menangkap Firman. Olehnya kita harus bisa menangkap Firman Tuhan, jangan salah.

2 Timotius 2:7

2:7 Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.

 

Kalau sekarang ini orang melecehkan, mengabaikan tentang Anak Allah yaitu Yesus, bukan anak secara biologis, maka yang melecehkan dia tidak akan mengerti rencana Allah dalam dirinya.

 

Anak itu adalah Pewaris segala sesuatu.

Daniel 7:13-14

7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.

7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

 

Pelimpahan kekuasaan itu ada di tangan Tuhan Yesus. Jadi Dia pewaris Kerajaan Sorga dan olehNya Tuhan menciptakan alam semesta serta segala sesuatu yang kita nikmati. Jadi aneh, menikmati langit dan bumi, kedondong, ubi kayu, labu, ketimun dan roti, namun tidak menghargai Tuhan Yesus. Padahal semua itu dari siapa! Itukan tidak benar, yang memberi dan menciptakan dicerca dan dinista, itu kan aneh. Jangan sampai kita salah, kita sudah menikmati kacang tanah, menikmati udara, menikmati sinar matahari, menikmati hujan, itu semuanya dari Tuhan Yesus!

 

Kolose 1:15-16

1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

 

Malu kalau menikmati yang diciptakan oleh Yesus tetapi memfitnah dan menjelek-jelekan Yesus. Tahu menikmati tetapi tidak menghargai Yang menciptakan. Diciptakan oleh Yesus dan untuk Yesus. Malu saya kalau saya tidak mengagungkan Tuhan. Malu saya kalau saya tidak melihat Dia ditinggikan. Disalibkan artinya ditinggikan. Ada nilai rohani di situ.

 

Sementara kita menikmati ubi goreng dan ubi rebus, hirup udara walaupun yang sudah tercemar, minum air dan makan makanan yang sudah terkontaminasi, tetapi oleh kuasa Firman itu semua terneteralisir. Jangan kita menolak Yesus sementara menikmati hidup yang ada ini. Pikirnya sorga, ada jalan yang disangka benar padahal ujungnya kebinasaan.

 

Ibrani 1:3

1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,

 

Kita tidak bisa melihat Tuhan tetapi bisa kita lihat dalam wujud AnakNya.

Kolose 1:19; 2:9

1:19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,

2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,

 

Yesus menopang segala sesuatu dengan FirmanNya. Kalau saudara di luar Kristus Yesus berarti tidak ada yang topang sehingga hancur hidup itu.

 

Tuhan Yesus mengadakan penyucian dosa.

I Yohanes 3:5

3:5 Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa.

 

Makanya Yesus tidak berdosa dan Dia menghapus dosa yang ada pada kita. Dia mengadakan penyucian dosa dan duduk di sebelah kanan Yang Maha Besar di tempat yang Maha tinggi. Di situ juga kita diundang oleh Yesus.

 

Yohanes 8:21

8:21 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak: "Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku tetapi kamu akan mati dalam dosamu. Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang."

 

Yesus duduk di takhta sorga, mereka tidak bisa ke sana sebab mereka bukannya mencari Yesus tetapi malah menista Yesus.

 

Yesus jauh lebih mulia dari malaikat walaupun untuk seketika Dia direndahkan lebih rendah dari malaikat. Itu untuk seketika ketika Dia ada di bumi ini.

 

Namanya jauh lebih indah, nama di atas segala nama.

Filipi 2:10

2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,

 

Dia adalah Anak Allah, Mempelai Laki-laki sorga. Jadi dibuka dengan Yesus sebagai Anak adalah pewaris, dikunci juga bahwa Dia Mempelai Pria Sorga.

Ibrani 1:5

1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?"

 

Adakah kepada salah satu malaikat Allah berkata “AnakKu Engkau” tidak ada! Hanya pada Yesus pernah Bapa berkata seperti itu. Bukan diperanakan seperti hubungan suami isteri, tidak! Allah yang mengakui Yesus adalah AnakNya. Tidak ada satupun malaikat yang kepadanya Tuhan berkata “anakKu engkau” hanya pada Yesus dikatakan seperti itu!

 

Mari kita gereja Tuhan yang hidup akhir zaman ini, kita perhatikan sekali lagi. Sekarang kita enak, bisa menikmati udara, bisa menikmati sinar matahari, bisa makan jagung, bisa makan onde-onde, tetapi Penciptanya siapa? Bukan berarti Yesus menciptakan onde-onde, tetapi bahannya dari Dia dan kita yang membuat. Bukan Yesus yang menciptakan ikan goreng, tetapi bahannya dari Dia. Mari kita agungkan nama Tuhan Yesus.

 

 

Tuhan Memberkati.

GPT “Kristus Penebus”

Jl. Langgadopi No.4 Tentena

Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663

HP: 085241270477

Email: imamat_raja@yahoo.com

www.gptkp.blogspot.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar