20200906

Kebaktian Umum, Minggu 6 September 2020 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

 

Wahyu 11:15-19

11:15 Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya."

11:16 Dan kedua puluh empat tua-tua, yang duduk di hadapan Allah di atas takhta mereka, tersungkur dan menyembah Allah,

11:17 sambil berkata: "Kami mengucap syukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, yang ada dan yang sudah ada, karena Engkau telah memangku kuasa-Mu yang besar dan telah mulai memerintah sebagai raja

11:18 dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi."

11:19 Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.

 

Jadi pelimpahan kekuasaan dan kuasa pemerintahan kepada Tuhan kita Yesus Kristus, disertai terbukanya sorga dan Tuhan memperlihatkan kepada kita Tabut Perjanjian. Tabut Perjanjian ini diperlihatkan ada di sorga dan ini alat yang tertinggi di dalam Tabernakel yang ada di ruangan maha suci. Ukuran ruangan maha suci lebar 10 hasta, panjang 10 hasta, tinggi 10 hasta, bentuknya kubus.

 

Orang percaya yang punya iman dan pengharapan, pengharapan itulah yang disebutkan oleh Firman bagaikan jangkar. Kalau kapal ketika berlabuh jangkar diturunkan supaya kapal tenang. Firman Tuhan mengatakan pengharapan kita sudah dilabuhkan di ruangan maha suci di mana ada Peti Perjanjian.

Ibrani 6:18-19

6:18 supaya oleh dua kenyataan yang tidak berubah-ubah, tentang mana Allah tidak mungkin berdusta, kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita.

6:19 Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,

 

Kalau bicara Tabernakel, tidak hanya pada perjanjian lama tetapi juga perjanjian baru. Tidak seperti kata orang yang sinis yang menghina kuasa pemerintahan Tuhan. Jangan kita seperti itu.

 

Petinya menunjuk gereja Tuhan, anak Tuhan yang ada isi.

1.      2 loh batu. Itu kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama, utamanya saudara seiman.

2.      Kemudian ada tongkat Harun yang bertunas, berbunga dan berbuah badam. Batang pohon yang sudah diraup menjadi tongkat, kemudian dimasukan ke ruangan maha suci, besoknya ditemukan sudah bertunas. Ini suatu keajaiban, itu mujizat luar biasa. Ini menunjukan kepada kita bahwa kehidupan keKristenan, bukan Kristen yang tidak ada aktifitasnya, tetapi harus ada. Tongkat ini menggambarkan pribadi Roh Kudus akan membawa kita berdaun berarti ada kegiatan, berbunga berarti ada keindahan, berbuah berarti bermanfaat bagi Tuhan dan bagi sesama. Ini maunya Tuhan, bukan gereja yang kosong tetapi ada isinya.

3.      Buli-buli emas berisi manna. Ini mengingatkan kepada kita perjalanan bangsa Israel selama 40 tahun, mereka mendapat ransum dari sorga, mereka mendapat roti manna. Hari pertama sampai kelima setiap orang mendapat satu gomer. Hari keenam setiap orang mendapat 2 gomer. Ini mengingatkan pemeliharaan Tuhan terhadap orang Israel. 1 gomer = 1/10 efa. Berarti orang Israel zaman dulu dipelihara dengan miliknya Tuhan. Kita ini juga miliknya Tuhan maka kita dipelihara dengan miliknya Tuhan yaitu kebesaran Firman Tuhan.

 

Gereja Tuhan tidak boleh kosong, bagaikan peti tidak boleh kosong, harus ada isinya. Setelah ada isi, baru peti itu ditutup dengan tutup pendamaian yang satu ukuran dengan peti. Tutup itu benar-benar murni dari emas. Tabut itu dari kayu penaga kemudian disalut dengan emas luar dan dalam. Berarti kita ini digambarkan bagaikan kayu. Yesus pernah berkata ketika Dia menuju ke Golgota saat ibu-ibu menangis “kalau mereka memperlakukan Aku kayu yang hidup seperti ini, bagaimana dengan kamu kayu yang kering!”. Jadi manusia itu diibaratkan kayu. Di sini diambil kayu penaga yang keras untuk dibuat menjadi peti, tetapi disalut dengan emas. Emas itu menunjuk sifat-sifat Ilahi yang menutupi kita.

 

Kemudian ada tutup pendamaian. Di atas tutup pendamaian ada tujuh percikan darah. Kerub kanan dan kiri memandang tutup peti yang ada darah. Yesus Anak Domba Allah adalah yang membawa darah kepada kita. Sehingga Bapa dan Roh Kudus tidak melihat lagi cacat cela peti perjanjian, tidak melihat lagi cacat cela kita, namun yang dilihat darah Yesus. Berarti Bapa, Anak dan Roh Kudus memberikan pengampunan kepada kita.

 

Ini adalah isi dari pemerintahan Tuhan. Yesus diangkat menjadi Raja berarti Dia memiliki takhta dan berkerajaan serta pemerintahan. Berarti saudara yang diberkati oleh Tuhan, berbahagia jika kita mengakui Yesus adalah Tuhan dan Raja kita. Bukan raja hanya waktu sekarang, tetapi Raja segala abad.

Mazmur 145:13

145:13 Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

 

Kalau Dia adalah Raja segala abad, maka mari kita melihat bagaimana sikap manusia terhadap Yesus sebagai Raja segala abad. Bagaimana keturunan-keturunan itu? Bercorak ragam, ada yang mau menyembah ada yang tidak mau. Bagi yang suka menyembah dia memetik hasil, dia berbahagia. Bagi yang tidak suka menyembah yang tidak mengakui Yesus adalah Rajanya maka dia menderita selama-lamanya.

Lukas 19:27

19:27 Akan tetapi semua seteruku ini, yang tidak suka aku menjadi rajanya, bawalah mereka ke mari dan bunuhlah mereka di depan mataku."

 

Kalau kita mengakui Yesus adalah Raja maka marilah kita menyembah, kita serahkan diri kepada Yesus. Bukan sekedar mulut kita mengaku Yesus Raja. Tetapi mana daun, mana aktivitas/ kegiatan kita. Mana bunga, mana keindahan Firman yang membentuk kita. Mana buah, apakah kita bermanfaat bagi Tuhan dan sesama? Mulai dari dalam nikah, apakah isteri indah terhadap suami dan suami indah terhadap isteri, itu bunga. Apakah ada buah, apakah kita bermanfaat bagi sesama mulai dari nikah? Makanya peti perjanjian diperlihatkan mulai dari nikah. Suami bermanfaat bagi isteri, isteri bermanfaat bagi suami. Jangan sampai kita salah seperti yang kita lakukan masa lampau. Apalagi laki-laki merasa kuat sehingga dia tampar isteri. Atau isteri merasa dirinya pandai dan melihat suami bego-bego sehingga dia marah terus.

 

Kalau seperti itu berarti tidak ada buah. Berarti pengakuan kita kepada Yesus sebagai Raja, tidak berhasil. Sudah dekat Yesus akan datang untuk berkerajaan di bumi ini selama 1000 tahun. Semoga bapak ibu ada di dalam kerajaan itu, jangan ada di luar. Itu disebut kerajaan 1000 tahun damai. Kenapa ditambahi damai padahal ayat tidak menyebut? Karena memang siapa yang mau mengusik lagi ketika Yesus menjadi Rajanya dan Mempelai WanitaNya di sampingNya. Semoga saudara adalah orang yang ikut memerintah bersama Yesus.

 

Kalau disebut Raja segala abad kemudian kita tidak menyembah Dia, bagaimana itu!

Mazmur 2:10 (Terjemahan Lama)

2:10 Bahwa sekarangpun, hai segala raja, jadilah kamu bijaksana dan terimalah pengajaran, hai segala hakim di bumi!

 

Mazmur 2:10

2:10 Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia!

 

Para raja disuruh menerima pengajaran, apalagi rakyat. Lebih dari itu, oleh Korban Kristus kita diangkat menjadi imam-imam dan raja-raja. Raja di sini bukan sebatas raja-raja dari kerajaan-kerajaan di dunia ini. Sebagai umat Tuhan, terimalah pengajaran. Mau menjadi Mempelai Wanita Tuhan tanpa Firman pengajaran, itu tidak mungkin. Jangan sampai kita menjadi orang Kristen yang tidak menerima pengajaran. Beribu kali kita mengatakan kita ini imam dan raja-raja tetapi kalau menolak pengajaran, kita tidak ada di sana.

Yesaya 5:24

5:24 Sebab itu seperti lidah api memakan jerami, dan seperti rumput kering habis lenyap dalam nyala api, demikian akar-akar mereka akan menjadi busuk, dan kuntumnya akan beterbangan seperti abu, oleh karena mereka telah menolak pengajaran TUHAN semesta alam dan menista firman Yang Mahakudus, Allah Israel.

 

Firman pengajaran mau membina mulai dari nikah kita supaya betul-betul masuk pada nikah yang rohani. Kita digambarkan seperti peti yang menerima Yesus tutup peti. Dia benar-benar emas sedangkan kita dari kayu, cuma disalut dengan emas dari dalam dan luar. Mengapa mulai dari dalam baru keluar? dalam itu adalah nikah setelah itu baru keluar. Kalau di luar kelihatan emas, orang berkata “baik sekali itu opa, baik sekali itu oma, baik sekali itu nyong, baik sekali itu nona” tetapi di rumah berantem terus. Mana emasnya! Mestinya di rumah dulu ada emas baru keluar! Ini kegagalan gereja Tuhan termasuk kita. Ini mau dibenahi dan dipulihkan oleh Tuhan lewat kita lihat di sini Tuhan sebagai raja ingin menampilkan Peti PerjanjianNya, mau menampilkan Mempelai WanitaNya.

 

Ingat ada guruh, gempa bumi dan hujan es. Itulah penghukuman di dunia. Sebab siapa yang merusakan bumi, dia akan dihukum.

Wahyu 11:18

11:18 dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi."

 

Mazmur 2:11,3-4

2:11 Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar,

2:3 "Marilah kita memutuskan belenggu-belenggu mereka dan membuang tali-tali mereka dari pada kita!"

2:4 Dia, yang bersemayam di sorga, tertawa; Tuhan mengolok-olok mereka.

 

Kalau ada manusia di bumi ini coba melawan Tuhan Raja segala raja, Tuhan di sorga malah menertawakan orang itu. Kalau kita bermain-main dengan Raja segala raja di Sorga, Tuhan hanya menertawakan kita.

 

Mazmur 2:5-7

2:5 Maka berkatalah Ia kepada mereka dalam murka-Nya dan mengejutkan mereka dalam kehangatan amarah-Nya:

2:6 "Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus!"

2:7 Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.

 

Anak yang diangkat menjadi Raja itulah Yesus. Ini adalah hak absolut, hak istemewa, hak mutlak dari Tuhab untuk melantik AnakNya. Tuhan sendiri mengakui Yesus AnakNya, kemudian kalau ada orang yang tidak mengakui pemerintahan Yesus dan tidak menyembahNya maka Tuhan akan menertawakan orang itu. Dunia boleh menertawakan dan mengolok-olok Tuhan tetapi satu saat Tuhan akan berbalik menertawakan dan mengolok-olok orang itu.

 

Mazmur 2:8

2:8 Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu.

 

Saudara dan saya orangnya yang diminta menjadi milikNya. Itu sebabnya kita berbahagia karena kita adalah orangNya:

Yohanes 6:44-45

6:44 Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

6:45 Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku.

 

Bapa yang memberikan kepada Yesus seperti dalam Mazmur 2:8. Orang yang diajar oleh Bapa dan menerima pengajaran dari Bapa, dia akan datang kepada Yesus.

 

Mazmur 2:11

2:11 Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar,

 

Tanda pengakuan kita bahwa Dia adalah Raja, kita beribadah dan melayani Dia dengan sepenuh hati. Dan kita cium kakiNya dengan gemetar seperti anjing mencium kaki tuannya. Kita ini harus merendahkan diri. Raja Daud menyamakan dirinya seperti cacing dan ulat. Tidak ada kebanggaannya, tidak ada kesombongannya kepada Tuhan.

 

Mazmur 2:11-12 (Terjemahan Lama)

2:11 Beribadatlah kamu akan Tuhan dengan takut dan bersukacitalah dengan gemetar.

2:12 Hormatilah Anak itu, supaya jangan Ia murka, dan kamu kelak binasa di jalan, apabila murka-Nya bernyala-nyala sedikit juga. Berbahagialah kiranya segala orang yang percaya akan Dia!

 

Mengapa harus hormat kepada Anak? Karena Dia adalah Raja yang dilantik oleh Bapa Sorgawi. Bapa Sorgawi memberikan penyerahan dan pelimpahan kekuasaan. Itu yang dilihat oleh Daniel kurang lebih 2600 tahun yang lampau.

Daniel 7:13-14

7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.

7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

 

Ini sikap yang benar dari anak Tuhan yaitu mengabdi kepadaNya. Dalam arti melayaniNya.

 

Mazmur 2:12

2:12 supaya Ia jangan murka dan kamu binasa di jalan, sebab mudah sekali murka-Nya menyala. Berbahagialah semua orang yang berlindung pada-Nya!

 

Siapa yang tidak mengakuiNya, akan Tuhan murkai! Sekarang ini zaman kemurahan sehingga tidak langsung murka Tuhan turun. Sekarang kita saksikan, banyak orang yang terpapar dan meninggal karena bela sampar kena virus corona. Ini bagian dari murka Tuhan dan sekaligus peringatan. Berbahagia semua orang yang berlindung pada Tuhan, tidak akan kena virus corona. Saudara percaya? Tetapi jangan juga sudah tahu ada buaya di sana lalu kita lompat saja.

 

Coba saudara lihat sikap kehidupan di sorga ketika Yesus datang dan sudah diberikan pelimpahan kekuasaan kepadaNya.

Wahyu 11:15

11:15 Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya."

 

Siapa yang diurapi? Itulah Yesus.

Ibrani 1:8-9

1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.

1:9 Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu."

 

Yesus Raja itulah yang diurapi. Makanya saya kasihan melihat dan mendengar orang mencerca dan menghina Yesus dengan berbagai macam bahasa yang menjelek-jelekan Tuhan Yesus. Dia tidak sadar bahwa dia bisa hidup di dunia ini karena Tuhan Yesus yang menciptakan. Ini yang harus kita sembah yaitu Raja ini.

 

Di dunia ini ada 3 macam pemerintahan:

1.      Pemerintahan dunia. Kita lihat ada raja dan ada struktur pemerintahan sampai paling bawah. Kalau kita di Indonesia ada Presiden, Menteri, Gubernur, Bupati, Camat, Lurah, RT dan RW. Alkitab mengajarkan kita harus takut dan hormat kepada mereka karena mereka akan memberikan sanksi kepada yang berlaku jahat dan memberikan pujian kepada orang yang berlaku baik. Jadi tugas mereka adalah mencegah kejahatan dan menggalang yang baik. Olehnya harus kita hargai.

 

Hanya tidak serta merta harus seperti itu. Saudara lihat Sadrakh, Mesakh dan Abednego, raja sudah menekan mereka tetapi mereka berkata “walaupun Tuhan tidak menolong kami, kami tidak akan menyembah kepada raja, hanya menyembah kepada Tuhan semata-mata”. Akhirnya raja perintahkan membuat api, jadi 7 kali lipat panasnya. Lalu mereka bertiga diikat dan dipanggil orang yang kuat untuk melempar. Orang yang melempar malah mati, yang dilempar dalam api ikatannya terlepas. Yang 3 orang itu malah terlihat menjadi 4 dan membuat raja tercengang-cengang “bukankah 3 orang yang tadi kamu lempar ke dalam api dan sekarang menjadi 4. Yang keempat itu seperti anak dewata”. Itulah Yesus yang hadir membela mereka. Akhirnya mereka dipanggil keluar dan tidak ada bekas terbakar, bau asappun tidak ada. Instruksi Nebukadnezar “jangan kamu menista Allah Sadarkh, Mesakh dan Abednego, itu Allah yang benar!”. Coba kalau mereka tunduk pada Nebukadenezar karena tunduk pada Roma 13:1.

 

Dalam Daniel pasal 6 juga Daniel mengalami berhadapan dengan aturan raja yang dimeterai oleh cincin raja. Daniel tahu bahwa tidak boleh menyembah dan menyampaikan permohonan selain kepada raja. Yang 120 pejabat kompak dengan 2 teman Daniel untuk menangkap Daniel karena ada iri hati terhadap Daniel. Singkatnya Daniel di buang dalam gua singa, tetapi dia tidak apa-apa. Apa kata Daniel ketika Dia sudah diangkat dari gua itu? Dia katakan pada raja Darius “aku tidak berbuat jahat kepadamu”. Mari kita memperhatikan supaya kita gereja Tuhan benar-benar menjadi anak Tuhan yang mengasihi Tuhan.

 

Dalam Ester pasal 3 sekalipun ada perintah harus menyembah Haman, tetapi Moerdekhai tidak mau. Dalam Ester pasal 4 tidak boleh orang sembarang masuk ke mahligai raja kalau raja tidak mengulurkan tongkat emas. Di sini dia melawan perintah Raja, dia masuk tanpa ada petunjuk tongkat raja tetapi dia dibela oleh Tuhan. Itu antara lain contoh orang yang diberkati Tuhan.

 

Dalam Ibrani pasal 11, di sana ada 1 keluarga yang berada di tengah-tengah kerajaan raja yang bengis yaitu Firaun. Perintahnya semua anak laki-laki Ibrani harus dibuang. Tetapi mereka suami isteri menyembunyikan bayi mereka selama 3 bulan melawan perintah raja.

 

Jadi tidak serta merta kita ikut pemerintah kalau berseberangan dengan rencana Allah. Bagaimana kalau sudah masuk pemerintahan antikristus, apakah kita mau tunduk? Tidak!

Ibrani 11:23-26

11:23 Karena iman maka Musa, setelah ia lahir, disembunyikan selama tiga bulan oleh orang tuanya, karena mereka melihat, bahwa anak itu elok rupanya dan mereka tidak takut akan perintah raja.

11:24 Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolak disebut anak puteri Firaun,

11:25 karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa.

11:26 Ia menganggap penghinaan karena Kristus sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab pandangannya ia arahkan kepada upah.

 

2.      Pemerintahan iblis

Efesus 6:12-13

6:12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

6:13 Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

 

3.      Pemerintahan Tuhan

Mazmur 22:29

22:29 Sebab TUHANlah yang empunya kerajaan, Dialah yang memerintah atas bangsa-bangsa.

 

Ini pemerintahan Tuhan, Dia adalah Raja segala abad dan memerintah manusia turun temurun.

 

Di zaman 3,5 tahun aniaya antikristus, pemerintahan dunia akan dikuasai oleh antikristus. Harus tunduk pada diktator yang luar biasa ini yang disebut manusia tanpa hukuman Allah. Jadi kelak nanti seluruh dunia akan dikuasai oleh diktator ini. Kalau sekarang kita tidak menyembah Yesus, siapa yang akan melindungi kita, siapa yang akan menolong saudara jika ini terjadi kelak. Hal ini sudah tidak lama dan bela samparnya ini adalah peringatan Tuhan.

 

Antikristus itu disebut manusia bejat, disebut binatang jahaman dan disebut terion.

Wahyu 13:1-2

13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.

13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.

 

Macan tutul, singa dan beruang itu adalah binatang-binatang buas, mereka menjadi satu dalam pemerintahan antikristus.

Ø  Macan tutul lambangnya orang Yunani yang berhikmat dengan filsafatnya.

Ø  Beruang lambang orang Medi dan Parsi, kalau sekarang yang ada di utara itulah Rusia.

Ø  Singa itu lambangnya Babel.

 

Makanya mari kita serius beribadah kepada Tuhan, tidak ada yang bisa menolong kita. Kalau antikristus sudah menguasai pemerintahan dunia kita mau lari ke mana? Karena semua ditekel dan dikuasai antikristus. Sebelum hal itu terjadi, Tuhan sudah memperingatkan kita, ayo anak Tuhan sembahlah Yesus. Yesus adalah yang diurapi, Dialah Mesias, Raja.

Wahyu 11:18

11:18 dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi."

 

Bangsa-bangsa menjadi marah. Dan itu sudah dilihat oleh raja Daud dahulu sebagai seorang nabi.

Mazmur 2:1-2

2:1 Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?

2:2 Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama melawan TUHAN dan yang diurapi-Nya:

 

Sia-sia melawan Yesus, itu sama dengan bohong. Jangan sampai kita menjadi anak Tuhan yang menunggu Tuhan murka, itu sudah terlambat.

Mazmur 2:3-4

2:3 "Marilah kita memutuskan belenggu-belenggu mereka dan membuang tali-tali mereka dari pada kita!"

2:4 Dia, yang bersemayam di sorga, tertawa; Tuhan mengolok-olok mereka.

 

Tuhan Yesus memberikan suatu perumpamaan yang menunjuk diriNya sendiri. Kepada hamba-hambaNya diberikan 1 mina kepada setiap orang dan Dia berkata “gunakan dan kembangkanlah mina yang ada pada kalian. Aku akan pergi dilantik menjadi raja”. Membaca ini saya melihat keterlaluan manusia tidak menghargai Tuhan.

 

Lukas 19:11-12

19:11 Untuk mereka yang mendengarkan Dia di situ, Yesus melanjutkan perkataan-Nya dengan suatu perumpamaan, sebab Ia sudah dekat Yerusalem dan mereka menyangka, bahwa Kerajaan Allah akan segera kelihatan.

19:12 Maka Ia berkata: "Ada seorang bangsawan berangkat ke sebuah negeri yang jauh untuk dinobatkan menjadi raja di situ dan setelah itu baru kembali.

 

Sebenarnya Yesus berbicara tentang diriNya sendiri. Ini pelimpahan kekuasaan, pemerintahan dan takhta Dia terima.

Matius 28:18

28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

 

Makanya orang yang sekarang menista Yesus, tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Rajanya, kelak Tuhan akan menertawakan mereka dan mengolok-olok mereka dari Sorga.

 

Lukas 19:13

19:13 Ia memanggil sepuluh orang hambanya dan memberikan sepuluh mina kepada mereka, katanya: Pakailah ini untuk berdagang sampai aku datang kembali.

Berarti ada aktivitas, ada daun. Bapak ibu sekalian yang ikut ibadah online, jangan cari keenakannya sendiri yang sambil dengar Firman makan pisang goreng dan bercerita. Itu sudah keenakan sehingga tidak fokus lagi.

 

Lukas 19:14

19:14 Akan tetapi orang-orang sebangsanya membenci dia, lalu mengirimkan utusan menyusul dia untuk mengatakan: Kami tidak mau orang ini menjadi raja atas kami.

 

Sekarang ini bukan cuma bangsanya tetapi seluruh dunia terlampau banyak yang tidak mengakui Yesus sebagai rajanya.

 

Lukas 19:25

19:25 Kata mereka kepadanya: Tuan, ia sudah mempunyai sepuluh mina.

 

Setelah raja itu datang, maka menghadaplah 10 hamba yang menerima masing-masing 1 mina. Bukan hanya mereka melapor, tetapi memang ditagih. Tuhan akan tagih kegiatan saudara. Aktivitas kita di ladang Tuhan dalam ibadah kita ditagih oleh Tuhan nantinya.

 

Lukas 19:23,20,18,16,15

19:23 Jika demikian, mengapa uangku itu tidak kauberikan kepada orang yang menjalankan uang? Maka sekembaliku aku dapat mengambilnya serta dengan bunganya.

19:20 Dan hamba yang ketiga datang dan berkata: Tuan, inilah mina tuan, aku telah menyimpannya dalam sapu tangan.

19:18 Datanglah yang kedua dan berkata: Tuan, mina tuan telah menghasilkan lima mina.

19:16 Orang yang pertama datang dan berkata: Tuan, mina tuan yang satu itu telah menghasilkan sepuluh mina.

19:15 Dan terjadilah, ketika ia kembali, setelah ia dinobatkan menjadi raja, ia menyuruh memanggil hamba-hambanya, yang telah diberinya uang itu, untuk mengetahui berapa hasil dagang mereka masing-masing.

 

Kesimpulannya kita ini diberikan Tuhan modal. Antara lain ada tangan kiri dan kanan, ada kaki kiri kanan, ada kepala, ada 2 kuping, ada hidung. Kita menghirup udara gratis, mendapat sinar matahari gratis, air gratis. Semua Tuhan berikan supaya kita beraktifitas, satu saat akan Tuhan tagih jika Dia datang sebagai Raja.

 

Lukas 19:26

19:26 Jawabnya: Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ada padanya.

 

Kepada orang yang memberi pelayanan, akan diberkati. Tetapi orang yang tidak ada pelayanan, dari padanya akan ditagih/ dimurkai!

 

Lukas 19:27

19:27 Akan tetapi semua seteruku ini, yang tidak suka aku menjadi rajanya, bawalah mereka ke mari dan bunuhlah mereka di depan mataku."

 

Di sini Tuhan tampil tidak lagi dengan kasih, tetapi dengan murka. Sekarang Tuhan tampil dengan kasih sayang, hargailah. Tuhan sudah memfasilitasi kita. Kenapa? Sebab Tuhan memanggil kita untuk dipakai bagaikan kilat. Makanya Tuhan memperlengkapi kita.

 

Jadi benar-benar orang yang tidak mau menerima Yesus sebagai Raja, Tuhan dan Juruselamatnya, dianggap Tuhan seteru, musuhNya! Apakah ini tidak ngeri. Saudara sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, jangan lagi saudara longgar leher. Orang yang meninggalkan Yesus sekarang mungkin nyaman dan memang nyaman secara daging, tetapi tunggu tanggal mainnya, anda ada pada posisi musuh Tuhan. Dengarkan saudara-saudara yang mengikuti secara online baik yang jauh maupun yang ada di sekitar ini, jangan sampai kita mengkondisikan diri menjadi musuh Tuhan! Bukan sorga yang orang itu terima. Mereka dibunuh, berarti kematian yang mereka terima, neraka, maut. Kalau kehidupan itu berarti sorga. Sikap kita kepada Tuhan, marilah kita cium kakiNya dengan merendahkan diri serendah-rendahnya.

 

Saya beritahu kepada salah satu kekasih, sikap merendahkan diri itu paling dihargai oleh Tuhan. Tetapi kalau kita merasa kita benar, Tuhan pangku tangan. Tetapi walaupun kita benar, namun kita mengaku salah dan pukul diri maka Tuhan angkat jempol. Saya kasih tahu dia, jangan coba pertahankan harga diri, rendahkan diri di kaki Tuhan.

 

Wahyu 12:1

12:1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.

 

Matahari gambaran kasih Allah Bapa, bulan dalam tanda darah gambaran korban Kristus Yesus Anak Allah dan mahkota 12 bintang gambaran pekerjaan Roh Kudus, itu semua menyaluti gereja Tuhan. Bukti gereja Tuhan ini menyerah kepada Tuhan, dia sedang mengandung. Itu artinya gereja Tuhan yang menyerah sepenuh kepada Tuhan, yang digambarkan isteri menyerah sepenuh kepada suami. Saya mau tanya dan dengar dengan telinga rohani, isterimu hamil karena menyerah sepenuh kepadamu suaminya. Mempelai Wanita yang hamil itu tanda menyerah sepenuh kepada Yesus Rajanya, Yesus Tuhannya, ada tanda bukti penyerahannya.

 

Yesus Mempelai Laki-laki Sorga mendambakan gerejaNya untuk menjadi Mempelai WanitaNya, belahan jiwaNya.

Wahyu 19:7

19:7 Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.

 

Pengantin Anak Domba ini telah siap untuk masuk pesta nikah. Namun dunia mengalami resesi/ kehancuran. Kita lihat banyak negara saat ini ekonominya merosot, kita Indonesia masih bergumul. Tetapi Firman Tuhan mengatakan, sementara dunia resesi, tetapi gereja Tuhan resepsi. Dalam Wahyu pasal 19 ini diceritakan gereja resepsi.

 

Jadikanlah Yesus Tuhan dan Rajamu, sembahlah Dia, jadilah berguna kepada Tuhan dan sesama. Nyatakan aktivitasmu di dalam Tuhan. Saudara mau berbuat ini dan itu untuk melayani Tuhan tanpa ada uneg-uneg. Pokoknya layani saja Tuhan dengan sejahtera hati. Karena Dia akan kembali setelah dilantik di sana menjadi Raja. Dan itu sudah dilihat jauh sebelumnya oleh nabi Daniel.

 

Tuhan Memberkati.

 

 

GPT “Kristus Penebus”

Jl. Langgadopi No.4 Tentena

Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663

HP: 085241270477

Email: imamat_raja@yahoo.com

www.gptkp.blogspot.com

JADWAL IBADAH

Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan

Perjamuan Suci → Pk. 17.00

Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30

Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30

            Ibadah Raya → Pk. 09.00

            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar