20200913

Kebaktian Umum, Minggu 13 September 2020 Pdt. Bernard Legontu

Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

 

Wahyu 11:15-19

11:15 Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya."

11:16 Dan kedua puluh empat tua-tua, yang duduk di hadapan Allah di atas takhta mereka, tersungkur dan menyembah Allah,

11:17 sambil berkata: "Kami mengucap syukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, yang ada dan yang sudah ada, karena Engkau telah memangku kuasa-Mu yang besar dan telah mulai memerintah sebagai raja

11:18 dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi."

11:19 Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.

 

Minggu kemarin kita sudah melihat ada 3 pemerintahan di bumi ini:

1.      Pemerintahan Allah

2.      Pemerintahan iblis

3.      Pemerintahan dunia yang nyata di setiap negara

 

Terdengar suara nyaring di dalam sorga. Suara nyaring ini memproklamasikan pemerintahan atas dunia yang akan dipegang oleh Tuhan Yesus, itulah Kerajaan 1000 tahun. Semoga kita semua yang ada ini masuk dalam pemerintahan yang ajaib.

 

Dalam kitab Daniel sudah dinubuatkan tentang yang akan terjadi ini dan kita akan dibawa dalam Daniel pasal 2. Sedikit tentang pribadi Daniel. Daniel ini adalah hakim, sesuai arti nama Daniel yaitu Allah hakimku. Dalam Daniel pasal 1, Tuhan menghakimi adat istiadat dunia. Pada pasal 2 para filsafat dihakimi oleh Tuhan. Pasal 3 dan 4 kesombongan dunia dihakimi oleh Tuhan. Pasal 5 kenajisan dunia dihakimi oleh Tuhan. Pasal 6 pengaruh dunia dihakimi oleh Tuhan. Pasal 7 sudah beda dengan persoalan penghakiman. Pasal 7 sampai pasal 12 adalah penjabaran-penjabarannya.

 

Ini yang kita perhatikan lebih dahulu sebab ini yang sudah, sedang dan akan terjadi.

Daniel 2:44

2:44 Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain: kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya,

 

Segala kerajaan yang lain akan dihabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya. Inilah kerajaan yang diproklamasikan oleh Sorga yaitu kerajaan yang dipimpin oleh Raja yang namanya Tuhan Yesus Kristus. Jangan kiranya kita bertahan dalam peristiwa Daniel pasal 1, 2, 3, 4, 5, 6 jangan sampai kita dihakimi oleh Tuhan.

 

Kerajaan yang tidak dapat binasa ini adalah Kerajaan Kristus Yesus. Lebih dari itu saudara adalah mempelaiNya yang ikut memerintah dengan Tuhan Yesus. Kerajaan itu akan meremukan segala kerajaan yang ada di dunia, Dia mengasai raja-raja.

Wahyu 1:5

1:5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya --

 

Sebelum kerajaan itu datang, kita diingatkan agar jangan bertahan dengan sistem yang ada, supaya jangan kita diremukan oleh Tuhan. Yaitu sistem dalam Daniel pasal 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Inilah kerajaan yang akan didirikan di depan ini. Semoga kita ada dalam kerajaan ini. Kalau kita mau ada dalam kerajaan ini, yang diproklamasikan sorga dengan suara nyaring, maka jangan kita menghina Yesus Raja di atas segala raja ini. Jangan sampai kita tidak patuh dan tidak tunduk kepada ketetapan dan keputusan Raja ini. Itu semua adalah Firman dan Firman itu kita dengar untuk kita lakukan dengan tepat dan setia mulai dari dalam nikah rumah tangga kita.

 

Makanya dalam nikah rumah tangga kita harus diatur oleh Tuhan. Kita sudah sekian tahun dalam Kabar Mempelai, bagaimana binaan nikah kita. Apa tugas suami dan apa tugas isteri. Yang ada dalam rumah tangga itu, suami bukan mengangkat diri, tetapi dia adalah orang penting dalam nikah yang harus dilayani. Jangan kita berkata “tidak ada orang penting” ini goblok namanya! Sudah dengar Firman tetapi belum mengerti Firman. Kalau tidak penting, tidak mungkin Sara sampai panggil tuan kepada Abraham. Makanya kalau suami diambil, kasihan isterinya, berarti orang penting tidak ada lagi di sisimu. Jangan katakan tidak ada orang penting! Ini bahasa yang mengerikan, sudah lama dengar Firman tetapi berkata begitu. Saya ngeri mendengar perkataan orang seperti itu.

 

Dalam Daniel pasal 2, ada patung yang besar dalam bentuk manusia. Patung itu kepalanya dari emas tua, dada dan lengan dari perak, perut dan paha dari tembaga. Paha belalang dari besi dan kaki dari besi dan tanah liat. Ini nubuatan bagaimana kerajaan-kerajaan di dunia. Memang zaman itu Nebukadnezar seperti emas, ini tahun 606 sebelum Kristus saat Daniel ada di Babel. Itu emas, kekuasaan kafir menguasai Israel, menguasai tanah suci, menguasi Bait Allah, menginjak-injak tanah permai.

Yehezkiel 20:6,15

20:6 Pada hari itu Aku bersumpah kepada mereka untuk membawa mereka dari tanah Mesir ke tanah yang Kupilih baginya, negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, tanah yang permai di antara semua negeri.

20:15 Walaupun begitu Aku bersumpah kepadanya di padang gurun, bahwa Aku tidak akan membawa mereka masuk ke tanah yang telah Kuberikan kepada mereka, yang berlimpah-limpah susu dan madunya, tanah yang permai di antara semua negeri,

 

Ini emas, kemudian menurun kualitasnya tetapi kekerasannya meningkat. Antara emas dan perak, mana yang lebih keras? Perak. Dari perak turun menjadi tembaga. Kemuliaannya menurun tetapi kekerasannya meningkat. Kemudian dari tembaga turun menjadi besi. Inilah keadaan dunia. Kalau kita mempertahankan adat istiadat, maka kita akan berhadapan dengan kerajaan yang bisa mengalahkan semua ini!

 

Dari tembaga turun menjadi besi, besi itu paling keras. Mana ada palu-palu dibuat dari emas, perak atau tembaga, selalu dari besi karena itu paling keras. Tetapi ada tanah dan itu rapuh. Makanya kerajaan dunia, memang kemuliaannya makin menurutn tetapi makin keras. Masuk 3,5 tahun kerasnya luar biasa. Itu yang saya dan saudara akan hadapi jika tidak mengklaim diri pada kerajaan yang diproklamasikan oleh Tuhan.

 

Saya berupaya dan bergumul bagaimana sebagai hamba Tuhan menggiring jemaat untuk luput dari kekerasan akhir zaman ini. Lihat saja yang saudara alami, di mana-mana ada kekerasan.

 

Kita lihat lagi, kemuliaannya makin merosot tetapi kekerasannya meningkat. Lihat saja sekarang beberapa negara mulai resesi ekonominya, kemuliaannya merosot. Tetapi kekerasannya akan lebih hebat. Kalau kita diingatkan oleh Tuhan dalam perkara ini, mari kita mengapresiasi dan memperhatikan hidup kita agar kita mengagungkan pribadi yang akan menghancurkan kerajaan yang tadinya mulia dan makin merosot namun kekerasaannya makin meningkat. Tetapi tidak tanggung-tanggung, kerajaan yang kita miliki di bawah pimpinan Raja di atas segala raja akan meremukan dan menghabisinya.

 

Pengaruh dunia akan dihakimi Tuhan, kenajisan dunia akan dihakmi Tuhan, kesombongan dunia akan dihakimi, filsafat dunia akan dihakimi dan adat istiadat dunia, akan dihakimi oleh Tuhan.

 

Wahyu 11:15

11:15 Lalu malaikat yang ketujuh meniup sangkakalanya, dan terdengarlah suara-suara nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya."

 

Untuk apa pemerintahan dunia dipegang oleh Tuhan Yesus? Untuk meremukan dan menghabisi semua pemerintahan ini. Makanya jangan main-main dengan Firman yang Tuhan Yesus berikan. Kuncinya ada pada ayat 18 dan 19. Kadang kala kuncinya ini sudah kita pegang, kita sudah punya, kita sudah ada pada situasi itu tetapi masih juga bermain-main. Lihat di mana kuncinya.

Daniel 2:18-19

2:18 dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel.

2:19 Maka rahasia itu disingkapkan kepada Daniel dalam suatu penglihatan malam. Lalu Daniel memuji Allah semesta langit.

 

Tuhan bukakan rahasia Firman, rahasia yang akan terjadi. Kita sudah banyak mendengar pembukaan rahasia Firman, tetapi cuma enak didengar dan dicatat namun prakteknya di mana! Kita dengar bagaimana sikap Daniel ketika dia menerima pembukaan rahasia Firman ini. Bagaimana seharusnya sikap kita menerima lawatan Tuhan lewat kasih sayang Tuhan sehingga dibuka rahasia yang akan terjadi. Saya bermohon-mohon kepada Tuhan sebab saya tahu keselamatan anda ada di atas pundak saya dan itu tidak gampang.

 

Kalau itu tanggung jawab seorang gembala demi keselamatan umat Tuhan di depan ini, maka saya tidak harus bermain-main dan harus memohon kepada Tuhan, pembukaan rahasia Firman seperti Daniel. Karena kita berada di ujung penglihatan Daniel ini. Sedikit lagi ada batu yang tidak diungkit oleh manusia, tiba-tiba menggelinding dan menghantam patung itu sehingga tidak kelihatan lagi bekasnya seperti debu diterbangkan angin. Begitu hebatnya kalau Tuhan menghabisi.

 

Ada batu menggelinding dari gunung. Nebukadnezar melihat dan dia bingung. Coba kalau tidak ada pembukaan rahasia Firman, apa yang akan terjadi. Daniel dan kawan-kawannya terancam nyawanya. Jika tidak ada pembukaan rahasia Firman, terancam nyawa kita. Jangan kita main-main! Itu tanggung jawab kami hamba Tuhan! Kita baca itu agar kita tidak meremehkan pembukaan rahasia Firman Tuhan kepada gembala, bukan menyontek! Boleh saja nyontek tetapi harus di dalam praktek.

I Timotius 4:16

4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.

 

Jadi ibadah itu bukan upacara tok, tetapi di dalamnya ada cara Tuhan untuk menyelamatkan umat Tuhan agar lepas dan tidak kena pada apa yang akan diremukan dan dihabisi oleh Tuhan. Jangan sampai kita masuk aniaya 3,5 tahun, ini  ulang berulang harus saya katakan.

 

Lihat bagaimana nasib Daniel, dll. Kalau tidak ada pembukaan rahasia Firman maka:

1.      Nyawa mereka terancam, termasuk kawan-kawannya.

2.      Hal kedua, adanya pembukaan rahasia Firman agar kita melihat akhir nasib pemerintahan dunia ini. Kita jalan saja lenggang kangkung padahal jala/bencana sudah siap menerjang kita. Seperti ikan di laut, di sungai, di danau, dia enak berenang dan tidak tahu ada orang di pinggir sungai sudah siap melempar jala, tinggal tunggu dia menjadi ikan bakar rica-rica. Itu nasib gereja Tuhan tanpa ada pembukaan rahasia Firman. Dia pikir dunia ini masih panjang lebar dan tidak akan terjadi sesuatu. Bahkan ada pendeta yang mengatakan Tuhan tidak akan datang, ini pendeta mendustai jemaat.

 

3.      Kita lihat kuasa Kerajaan Sorga.

 

Kita lihat sikap Daniel, bagaimana setelah menerima pembukaan rahasia Firman. Itu bukan hanya untuk dirinya, tetapi untuk selamatnya kawan-kawannya yang lain.

Daniel 2:18

2:18 dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel.

 

Dengar Firman bukan cuma enak didengar dan enak dicatat tetapi ayo kita praktek. Di mana prakteknya? Mulai dari dalam nikah rumah tangga kemudian antara anggota Tubuh Kristus di dalam satu penggembalaan, lalu antar penggembalaan.

 

Daniel 2:19

2:19 Maka rahasia itu disingkapkan kepada Daniel dalam suatu penglihatan malam. Lalu Daniel memuji Allah semesta langit.

 

Kita lihat sikap Daniel.

Daniel 2:20

2:20 Berkatalah Daniel: "Terpujilah nama Allah dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, sebab dari pada Dialah hikmat dan kekuatan!

 

Begitu Daniel dibukakan rahasia akhir kerajaan dunia, berarti mereka selamat dari ancaman Nebukadnezar. Mereka juga melihat kuasa kerajaan Sorga yang akan datang. Kemudian berkata terpujilah Tuhan, ada bahasa memuja dan memuji Tuhan. Mereka katakan terpujilah Tuhan dari selama-lamanya dan sampai selama-lamanya, berarti tidak hanya temporer dia memuji Tuhan.

 

Apa yang dicatat dalam Wahyu 11:15-19; 12:12 ada tersimpul dalam mimpi Nebukadnezar dan ditabirkan oleh Daniel.

Daniel 2:21-23

2:21 Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian;

2:22 Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya.

2:23 Ya Allah nenek moyangku, kupuji dan kumuliakan Engkau, sebab Engkau mengaruniakan kepadaku hikmat dan kekuatan, dan telah memberitahukan kepadaku sekarang apa yang kami mohon kepada-Mu: Engkau telah memberitahukan kepada kami hal yang dipersoalkan raja."

Para orang pandai/ cendekia di Babel tidak mengetahui hal-hal ini. Ternyata pembukaan rahasia Firman menyelesaikan semua masalah. Kalau ada masalah kita hadapi, dengar saja pembukaan rahasia Firman maka masalahmu selesai. Mulai dari rahasia besar yaitu rahasia nikah dan rahasia ibadah.

 

Sikap Daniel ini menjadi pelajaran/ teladan bagi kita. Kita harus memuji Tuhan, Dia beri kita hikmat, Dia beri kita kekuasaan. Ini menyangkut soal mimpi Nebukadnezar.

Ayub 33:14-15

33:14 Karena Allah berfirman dengan satu dua cara, tetapi orang tidak memperhatikannya.

33:15 Dalam mimpi, dalam penglihatan waktu malam, bila orang nyenyak tidur, bila berbaring di atas tempat tidur,

 

Ini banyak saya alami. Satu waktu daging saya bersuara karena melihat isteri dan ketiga anak saya, utamanya anak ketiga yang masih bayi. Saya percaya Tuhan pasti kirim burung gagak untuk pelihara saya. Tetapi begitu suara daging saya muncul maka saya berpikir, apa yang akan dikonsumsi isteri dan anak saya. Saat genting hati saya, ketika tidur Tuhan bangunkan dan suruh baca Ibrani 7:22. Itu terjadi tanggal 8-9-1983.

Ibrani 7:22

7:22 demikian pula Yesus adalah jaminan dari suatu perjanjian yang lebih kuat.

 

Begitu saya baca ini, saya berterima kasih kepada Tuhan “Engkau adalah jaminan janji Tuhan”.

 

Ayub 33:16

33:16 maka Ia membuka telinga manusia dan mengejutkan mereka dengan teguran-teguran

 

Jadi mimpi ini sering tampil dalam bentuk teguran. Mimpi ini ternyata dahsyat. Untuk menyelamatkan bayi Yesus, 5 kali disebutkan Tuhan memberikan mimpi kepada Yusuf. Matius pasal 1 satu kali dan pasal 2 ada 4 kali. Kadang mimpi karena capek kerja. Tetapi kalau mimpi dari Tuhan yang ada hubungannya dengan perkara rohani, itu tidak mudah dilupakan.

 

Daniel 2:2-9 pemerintahan Nebukadnezar

Daniel 2:10-11 ketidakmampuan orang berilmu di Babel

Jadi orang yang mengandalkan ilmunya tidak akan mampu untuk mengungkapbukakan rahasia Firman. Jadi jangan mengandalkan karena dia adalah profesor doktor, master dan segala macam, lalu saudara anggap itu dipercaya Tuhan untuk membuka rahasia Firman. Kalau pergaulannya tidak akrab dengan Tuhan, tidak akan mungkin dibukakan rahasia Firman/ tahbisannya tidak benar/ hidup tidak disucikan.

Mazmur 25:14

25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

 

Jangan bangga dengan hamba Tuhan yang titlenya terlalu banyak kemudian saudara pikir akan membukakan rahasia Firman kepadanya, tidak! Berarti pembukaan rahasia Firman hanya kasih sayang Tuhan lewat akrab dan karibnya seorang hamba Tuhan kepada Tuhan.

Imamat 10:3

10:3 Berkatalah Musa kepada Harun: "Inilah yang difirmankan TUHAN: Kepada orang yang karib kepada-Ku Kunyatakan kekudusan-Ku, dan di muka seluruh bangsa itu akan Kuperlihatkan kemuliaan-Ku." Dan Harun berdiam diri.

 

Di sini kita lihat ketidakmampuan cendekia yang ada di Babel. Babel saat itu adalah pemerintahannya hampir seluruh Eropa. Jadi ilmu yang ada di sana luar biasa. Termasuk Daniel, Sadrakh, Mesakh dan Abednego berada dalam pendidikan di sana. Kelebihannya mereka akrab dengan Tuhan. Walaupun dibujuk supaya makan ayapan raja, mereka tidak mau. Mereka tahu itu mengandung resiko besar, tetapi demi Tuhan mereka tidak mau. Akhirnya mereka minta kebijakan untuk makan buah dan sayur-sayuran. Hal itu diizinkan dan ternyata kecerdasan mereka 10 kali lebih pandai dibandingkan yang makan daging, ikan bakar, cap cay dan sebagainya.

 

Pasal 2:11-13 adalah perintah raja untuk membunuh mereka, termasuk Daniel. Walaupun dia 10 kali lebih pandai. Sadrakh, Mesakh dan Abednego juga akan ikut dibunuh. Tinggal menunggu waktu dilakukan eksekusi, Daniel pergi menghadap ajudan raja dan mohon untuk menghadap raja dengan maksud menunda eksekusi. Akhirnya mereka diberi kesempatan. Setelah diberi kesempatan, Daniel cepat menemui ketiga temannya dan berkata “ayo kita mohon kasih sayang Tuhan supaya kita selamat” karena perintah raja mereka harus dibunuh. Kita lihat dalam Daniel pasal 2 ini, hasil permohonan mereka, Tuhan bukakan rahasia Firman. Maka selamatlah mereka dan selamat juga cendekia Babel yang sombong-sombong itu.

 

Daniel 2:14-16 permohonan Daniel.

Daniel 2:18-23 pembukaan rahasia Firman

Daniel 2:24-26 Daniel menghadap raja

Daniel 2:27-45 apa yang akan terjadi di hari-hari kemudian.

 

Ini yang nanti akan kita lihat. Dari mimpi Nebukadnezar, kita sekarang ada pada zaman kaki yang terbuat dari besi dicampur tanah liat. Kekerasan akan kita hadapi, tetapi ada tanah. Zaman Daniel di Babel itu sekitar ±606 sebelum masehi. Sekarang sudah 2020, berarti 2626 tahun yang lampau. Mana mungkin Tuhan mau tunda! Sebab setiap zaman itu kurang lebih 2.000 tahun, zaman Bapa 2000 tahun, zaman Anak 2000 tahun, zaman roh 2000 tahun dan kita sudah ada di ujung akhir zaman. Sebab itu perhatikan sekarang fungsi kebenaran Firman Tuhan itu menolong supaya jangan sampai nyawa saudara melayang. Jangan sampai kita merenggang nyawa. Sekarang kita lihat Jakarta kembali pembatasan sosial berskala besar.

 

Kita ada di era sekarang ini di mana banyak orang yang mati karena bela sampar. Tetapi kalau kita memperhatikan pembukaan rahasia Firman dan kita lakukan, mulai dari praktek nikah, kemudian dalam ibadah kita maka pasti Tuhan akan luputkan. Namun kalau ibadah hanya sekedar upacara, kita tidak akan luput dari ancaman sebab banyak hal menerjang kita. Olehnya adanya Firman Tuhan yang dibukakan itu adalah kasih sayang Tuhan.

II Tawarikh 36:14

36:14 Juga semua pemimpin di antara para imam dan rakyat berkali-kali berubah setia dengan mengikuti segala kekejian bangsa-bangsa lain. Rumah yang dikuduskan TUHAN di Yerusalem itu dinajiskan mereka.

 

Imam tidak lagi menjadi contoh bagi rakyat sehingga rakyat berkali-kali mengikuti kekejian bangsa-bangsa. Secara jasmani dan secara rohani rumah Tuhan dinajikan.

 

II Tawarikh 36:15

36:15 Namun TUHAN, Allah nenek moyang mereka, berulang-ulang mengirim pesan melalui utusan-utusan-Nya, karena Ia sayang kepada umat-Nya dan tempat kediaman-Nya.

 

Tidak pernah pupus kasih sayang Tuhan kepada mereka. Adanya seorang hamba Tuhan di tengah sidang jemaat, itu adalah sayang Tuhan kepada jemaat. Tetapi kasih sayang Tuhan mereka olok-olok.

 

II Tawarikh 36:16

36:16 Tetapi mereka mengolok-olok utusan-utusan Allah itu, menghina segala firman-Nya, dan mengejek nabi-nabi-Nya. Oleh sebab itu murka TUHAN bangkit terhadap umat-Nya, sehingga tidak mungkin lagi pemulihan.

 

Jika ada anak Tuhan, mulai anak muda remaja yang mengolok-olok utusan Tuhan dan tidak ada keseriusan dalam beribadah, saya takut tidak akan ada pemulihan bagi mereka. Berarti tetap tinggal dalam kondisi seperti itu dan tinggal menunggu dihabisi dan diremukan oleh Tuhan. Bukan hal gampang kalau mendengar perkataan dihabisi!

Daniel 2:44

2:44 Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain: kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya,

 

Kalau kerajaan, berarti raja dan rakyatnya dihabisi. Ayo kita pindah dari kerajaan kegelapan kepada kerajaan terang. Mari kita pindah dari perbuatan-perbuatan yang keji dan tidak berkenan kepada Tuhan kepada perbuatan yang kudus dan suci, supaya jangan kita diremukan dan dihabisi oleh Tuhan. Matius mengatakan jika kamu jatuh di atas batu kamu remuk, tetapi jika ditimpa oleh batu kamu hancur. Siapa itu batu? Itulah Yesus dan batu itu akan menggelinding. Coba kita lihat tentang batu itu.

Daniel 2:45

2:45 tepat seperti yang tuanku lihat, bahwa tanpa perbuatan tangan manusia sebuah batu terungkit lepas dari gunung dan meremukkan besi, tembaga, tanah liat, perak dan emas itu. Allah yang maha besar telah memberitahukan kepada tuanku raja apa yang akan terjadi di kemudian hari; mimpi itu adalah benar dan maknanya dapat dipercayai."

 

Nebukadnezar sudah tidak ada, tetapi ini untuk kita. Kasih sayang Tuhan nyata bagi kita, hargai itu! Praktekan Firman dalam perilaku hidupmu. Berarti itu sudah bagian memuji Tuhan. Bukan sekedar mulut tetapi perilaku sikap kita. Akan ada batu menggelinding menghancurkan. tanpa bantuan manusia dia meluncur. Ini menunjuk kedatangan Tuhan pada kali yang kedua. Mari kita mempercepat kedatangan Yesus.

II Petrus 3:10

3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

 

Selagi bumi masih ada maka musim menabur dan menuai akan ada. Namun dalam ayat ini bumi sudah berakhir. Jadi bagaimana sikap kita?

II Petrus 3:11

3:11 Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup

 

Saleh itu ibadah, ibadah itu bukan asal, bukan hanya sebagi upacara belaka. Tetapi ibadah itu adalah bagian dari sikap kita yang merindu akan kerajaanNya itu, kita mempercepat datangnya hari Tuhan itu.

 

II Petrus 3:12

3:12 yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.

 

Jangan kita hanya gombal berkata-kata dan tekekeh-kekeh di mana-mana, hati-hati! Saya sebagai Tuhan bertugas untuk mengingatkan, ini kasih sayangnya Tuhan. Keluarga besar Kristus Penebus, kita disayang oleh Tuhan.

 

Kapan kedatangan hari Allah? Itulah dalam Wahyu pasal 11. Dua kali disebut suara-suara, berarti sorga diliputi suara menggelagar mengatakan “Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita”.

 

Yang dibicarakan dalam II Petrus 3:10-12 itu terjadi setelah kerajaan 1000 tahun damai, itu namanya kiamat. Langit dan bumi hancur, kemudian kita pindah ke langit dan bumi yang baru.

 

Kita lihat sikap Daniel yang mendapatkan pembukaan rahasia Firman.

Daniel 2:18

2:18 dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel.

 

Ada 4 orang yang sehati sejiwa. 4 orang ini menunjuk 4 penjuru alam. Jadi kita di sini harus sehati sejiwa memohon-mohon kepada Tuhan. Masalah apapun yang kita hadapi, jika kita dilayani Tuhan dengan pembukaan rahasia Firman, masalah itu selesai!

 

Daniel 2:19-20

2:19 Maka rahasia itu disingkapkan kepada Daniel dalam suatu penglihatan malam. Lalu Daniel memuji Allah semesta langit.

2:20 Berkatalah Daniel: "Terpujilah nama Allah dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, sebab dari pada Dialah hikmat dan kekuatan!

 

Hatinya yang tadinya sesak terancam mau dibunuh, sekarang memuji Tuhan, sebab mereka selamat.

 

Daniel 2:21-22

2:21 Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian;

2:22 Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya.

 

Coba apa yang dikatakan para cendekia dan orang berilmu di Babel “bagaimana bisa baginda tidak cerita itu mimpi kemudian kami menyingkap tabirnya?”. Malah raja Nebukadnezar berkata “kamu hanya mengulur-ulur waktu!”. Tetapi mimpi itu menyeramkan, menakutkan dan mengganggu perasaan raja. Coba siapa yang bisa tahu artinya, orang yang bermimpi sudah tidak tahu mimpinya dan tidak menceritakan mimpinya tetapi minta ditabirkan, hanya Tuhan yang bisa. Sekarang kita ini bukan lagi mimpi, ini sudah ada, tinggal tabirnya dibukakan kepada kita.

 

Keangkuhan manusia dihakimi oleh Tuhan, pengaruh dunia dihakimi, cendekia dihakimi, adat istiadat dihakimi, filsafat dunia dihakimi oleh Tuhan. Tuhan tolong kami umat Tuhan, kami ada di sini karena kasih sayangMu. Tidak dibiarkan kami binasa. Maksud Tuhan bukan memisahkan kita dari dunia untuk dihabisi. Bahasa dihabisi dan dimusnahkan ini pernah diucapkan oleh Musa “Tuhan nanti bangsa-bangsa akan mengatakan karena Tuhan tidak sanggup membawa kami maka kami Engkau habisi di padang belantara”. Tidak, Tuhan tidak bermaksud menghabisi dan meremukan kita. Tetapi mari hati kita yang kita remukan di hadapan Tuhan. Waktu kita beribadah kita berdoa kepada Tuhan supaya Tuhan menyentuh dan menjamah hati kita.

 

Tuhan Memberkati.

 

 

GPT “Kristus Penebus”

Jl. Langgadopi No.4 Tentena

Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663

HP: 085241270477

Email: imamat_raja@yahoo.com

www.gptkp.blogspot.com

JADWAL IBADAH

Rabu   :          Ibadah Pendalaman Alkitab dan

Perjamuan Suci → Pk. 17.00

Sabtu    :         Ibadah Doa Penyembahan → Pk. 16.30

Minggu :         Ibadah Sekolah Minggu → Pk. 07.30

            Ibadah Raya → Pk. 09.00

            Ibadah Kaum Muda Remaja → Pk. 16.00

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar