20140119

Kebaktian Umum, Minggu 19 Januari 2014 Pdt. Bernard Legontu


Salam sejahtera di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Zakharia 7:1-3
7:1 Pada tahun yang keempat zaman raja Darius datanglah firman TUHAN kepada Zakharia, pada tanggal empat bulan kesembilan, yakni bulan Kislew.
7:2 Adapun penduduk Betel telah mengutus Sarezer dan Regem-Melekh serta orang-orangnya untuk melunakkan hati TUHAN,
7:3 untuk menanyakan kepada para imam dari rumah TUHAN semesta alam dan kepada nabi, demikian: "Haruskah kami sekalian menangis dan berpantang dalam bulan yang kelima seperti yang telah kami lakukan bertahun-tahun lamanya?"

Zakharia pasal 7 dalam susunan Tabernakel terkena Meja Roti Sajian. Pada meja roti sajian rotinya satu ketul roti dibuat dari dua gomer tepung. Dengan kata lain kita diarahkan oleh Tuhan untuk masuk dalam persekutuan dua menjadi satu. Berarti bila kita mendalami pemecahan roti yang ada di atas meja pertunjukkan, mendalami Firman yang dibukakan rahasiaNya maka kita diarahkan untuk dua menjadi satu, untuk jumpa dengan Tuhan.

Dalam penglihatan seorang kekasih Tuhan bertanya apa yang pertama akan engkau lakukan ketika sampai di Sorga. Dia menjawab “saya akan datang kepada gembalaku dan bersama gembala pergi kepada orang yang mensponsori gembalaku lalu kami bertiga akan datang padaMu untuk menyembah, memuji dan memuliakan namaMu”. Tuhan menyetujui perkataan kekasih tersebut.

Jadi jemaat, gembala dan orang yang mensponsori tidak bisa terlepas. Gembala bagaikan “suami pura-pura” bagi jemaat yang akan membawa jemaat kepada Tuhan Yesus suami yang sesungguhnya. Apa yang dirasakan oleh Tuhan itu juga yang dirasakan oleh gembala.

Zakharia 1:1
1:1 Dalam bulan yang kedelapan pada tahun kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido, bunyinya:
Tahun yang disebutkan dalam Zakharia 7:1 lebih satu bulan dari batas usia dalam Matius 2:16 yaitu 2 tahun. Ini bukti rohani umat Tuhan itu bertumbuh. Umat Tuhan yang ada tanda kerohaniannya bertumbuh, dia tidak mau lepas dengan mulut imam dan mulut nabi. Imam hubungannya dengan Firman pengajaran dan nabi hubungannya dengan firman pengajaran.

I Korintus 14:20
14:20 Saudara-saudara, janganlah sama seperti anak-anak dalam pemikiranmu. Jadilah anak-anak dalam kejahatan, tetapi orang dewasa dalam pemikiranmu!

Kalau rohani kanak-kanak pasti akan berhadapan dengan pedang Herodes yaitu pedang antikristus. Itulah yang disebut rohani Mepiaso. Ciri rohani kanak-kanak adalah tidak ada keinginan untuk bertumbuh rohaninya.

Kalau lebih dari 2 tahun berarti sudah meninggalkan Mepiaso dan meningkat pada Pihadiha, meningkat pada rohani remaja. Yang diperlihatkan dalam Zakharia 7:1-3 adalah kehidupan yang keriduan untuk bertumbuh kerohaniannya sehingga tidak kena ancaman Herodes.
Matius 2:16
2:16 Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.

Ke depan ini kita akan berhadapan dengan kekejaman Herodes yaitu antikristus. Pada abad ketiga setelah Tuhan Yesus tampil kaisar Nero dengan kekejamannya yang luar biasa terhadap orang Kristen dan yang akan terjadi di depan ini lebih hebat lagi. Kalau rohani tidak meningkat pasti akan berhadapan dengan hal ini.

Kekristenan kita harus meningkat jangan hanya sampai pada kanak-kanak rohani yang cengeng. Kalau rohani remaja berarti sudah senang bersekutu dengan embun.
Mazmur 110:3
110:3 Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun.

Turunnya embun seiring dengan turunnya roti manna dari Sorga. Berarti kalau bersekutu dengan embun tidak lepas dari persekutuan dengan roti manna. Tuhan Yesus mengatakan diriNya adalah roti yang turun dari Sorga. Berarti kehidupan yang rohaninya yang sampai pada tingkat remaja, dia sudah tertarik dengan pribadi Tuhan Yesus. Kalau rohani kita sudah seperti ini maka kita akan menggebu-gebu untuk memiliki pribadi Yesus sebagaimana Dia memiliki pribadi kita. Anak Tuhan yang rohaninya sudah remaja dia senang mandi air Firman Allah. Kalau sudah demikian Mempelai Laki-laki Sorga akan memberi label “Engkau Aku punya”.
Yehezkiel 16:6-8
16:6 Maka Aku lalu dari situ dan Kulihat engkau menendang-nendang dengan kakimu sambil berlumuran darah dan Aku berkata kepadamu dalam keadaan berlumuran darah itu: Engkau harus hidup
16:7 dan jadilah besar seperti tumbuh-tumbuhan di ladang! Engkau menjadi besar dan sudah cukup umur, bahkan sudah sampai pada masa mudamu. Maka buah dadamu sudah montok, rambutmu sudah tumbuh, tetapi engkau dalam keadaan telanjang bugil.
16:8 Maka Aku lalu dari situ dan Aku melihat engkau, sungguh, engkau sudah sampai pada masa cinta berahi. Aku menghamparkan kain-Ku kepadamu dan menutupi auratmu. Dengan sumpah Aku mengadakan perjanjian dengan engkau, demikianlah firman Tuhan ALLAH, dan dengan itu engkau Aku punya.

Ketika rohani mulai bertumbuh ada yang menarik Tuhan Yesus Mempelai Laki-laki Sorga, sehingga Tuhan datang membasuhnya dan menutupi ketelanjangannya, segala aib cacat celanya akan ditutupi oleh Tuhan. Inilah kehidupan Pihadiha yang akan meningkat pada kedewasaan. Kalau Tuhan sudah berkata “engkau Aku punya” maka apa jawaban kita?
Kidung Agung 2:16
2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

Proses Tuhan memandikan dan menutup aurat kita terjadi dalam penggembalaan. Di luar penggembalaan aurat atau daging kita akan tetap terlihat. Siapa yang akan menutup? Itulah Tuhan yang memiliki kita. Ketika Tuhan bergerak membersihkan dan menutup aurat kita maka kita harus pasrah sebab kita tahu kita adalah punyanya Tuhan. Jadi soal penggembalaan ini kita harus benar-benar paham apa arti Firman penggembalaan yang menyucikan segala kedagingan (aurat) kita.

Dua orang diutus dari Betel untuk menanyakan apa yang mereka kerjakan masa lalu, supaya yang salah dibenahi dan yang benar diteruskan. Itu kita temui ketika berada dalam penggembalaan. Di sana kita akan mengevaluasi pelayanan kita di masa yang silam kemudian kita akan maju pada tingkat yang lebih tinggi.

Sesudah Mepiaso dan Pihadiha kita akan mencapai tingkat Teleyohi yaitu rohani dewasa yang siap untuk menikah. Tuhan Yesus bekerja untuk menyiapkan kita melalui penggembalaan lewat utusanNya.
Yehezkiel 16:9-10
16:9 Aku membasuh engkau dengan air untuk membersihkan darahmu dari padamu dan Aku mengurapi engkau dengan minyak.
16:10 Aku mengenakan pakaian berwarna-warna kepadamu dan memberikan engkau sandal-sandal dari kulit lumba-lumba dan tutup kepala dari lenan halus dan selendang dari sutera.

Pakaian berwarna-warni ini adalah karunia-karunia Roh Kudus untuk kita terlibat dalam pelayanan. Ketika kita dikaruniakan pakaian berwarna-warni berarti kita siap unuk dibenci. Contohnya Yusuf, ketika menerima pakaian yang berwarna-warni dia dibenci oleh saudara-saudaranya.
Kejadian 38:3-5,8      
37:3 Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia.
37:4 Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya, bahwa ayahnya lebih mengasihi Yusuf dari semua saudaranya, maka bencilah mereka itu kepadanya dan tidak mau menyapanya dengan ramah.
37:5 Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya.
37:8 Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: "Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?" Jadi makin bencilah mereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu.

Kalau rohani kita meningkat dewasa menuju pada Teleyohi tidak usah kaget bila kita dibenci, itu resiko yang harus kita terima. Tetapi bukan berarti kita boleh balas membenci. Yusuf tidak membenci saudara-saudaranya sekalipun diperlakukan dengan sadis dan tidak manusiawi. Yang penting kalau dikatakan kita dimiliki oleh Tuhan dan kita memiliki Tuhan, satu ketika akan dibuktikan oleh Tuhan bahwa kita adalah miliknya Tuhan sama seperti Yusuf.

Yehezkiel 16:10
16:10 Aku mengenakan pakaian berwarna-warna kepadamu dan memberikan engkau sandal-sandal dari kulit lumba-lumba dan tutup kepala dari lenan halus dan selendang dari sutera.
Sandal dari kulit lumba-lumba adalah sandal yang begitu kuat untuk membatasi tubuh kita dengan dunia ini, berarti pengaruh dunia tidak bisa merasuki kehidupan saudara. Kepala ditutup dengan lenan halus berarti selalau berada dalam kebenaran dan kesucian. Leher ditutupi dengan kain sutra. Kalau udara dingin kain sutra memberikan kehangatan, kalau udara panas kain sutra memberikan kesejukan. Jadi hubungan kita dengan Tuhan sebagai kepala tetap terjaga, tidak dipengaruhi oleh keadaan dunia ini. Mengapa kain sutra ini Tuhan taruh di leher? Supaya rohani kita jangan panas dingin tetapi tetap hangat dan sejuk. Ini kita peroleh di dalam pelayanan penggembalaan.

Yang diutus untuk pergi kepada imam adalah:
Sarezer = Allah melindungi raja
Regem Melekh = Sahabat raja
Berarti dua orang ini adalah orang yang dekat dengan raja, mereka tahu suasana istana.
Zakharia 7:3
7:3 untuk menanyakan kepada para imam dari rumah TUHAN semesta alam dan kepada nabi, demikian: "Haruskah kami sekalian menangis dan berpantang dalam bulan yang kelima seperti yang telah kami lakukan bertahun-tahun lamanya?"

Tanyakanlah Firman kepada imam dan nabi yang tidak lepas dengan suasana rumah Tuhan. Kalau bertanya pada imam seperti ini tidak akan membuat kita tergelincir sebab ada imam yang tidak lagi kena mengena dengan rumah Tuhan.
Maleakhi 2:5-9
2:5 Perjanjian-Ku dengan dia pada satu pihak ialah kehidupan dan sejahtera dan itu Kuberikan kepadanya -- pada pihak lain ketakutan -- dan ia takut kepada-Ku dan gentar terhadap nama-Ku.
2:6 Pengajaran yang benar ada dalam mulutnya dan kecurangan tidak terdapat pada bibirnya. Dalam damai sejahtera dan kejujuran ia mengikuti Aku dan banyak orang dibuatnya berbalik dari pada kesalahan.
2:7 Sebab bibir seorang imam memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran dari mulutnya, sebab dialah utusan TUHAN semesta alam.
2:8 Tetapi kamu ini menyimpang dari jalan; kamu membuat banyak orang tergelincir dengan pengajaranmu; kamu merusakkan perjanjian dengan Lewi, firman TUHAN semesta alam.
2:9 Maka Aku pun akan membuat kamu hina dan rendah bagi seluruh umat ini, oleh karena kamu tidak mengikuti jalan yang Kutunjukkan, tetapi memandang bulu dalam pengajaranmu.

Ada imam yang tidak lagi ada di rumah Tuhan tetapi ada di kebun, ada pada pekerjaan sambilannya. Kalau hamba Tuhan sepenuh memiliki pekerjaan sambilan membuat jemaat Tuhan tergelincir.

Contoh satu pribadi yang memiliki pengertian yang bertumbuh adalah Daniel.
Daniel 1:3-5
1:3 Lalu raja bertitah kepada Aspenas, kepala istananya, untuk membawa beberapa orang Israel, yang berasal dari keturunan raja dan dari kaum bangsawan,
1:4 yakni orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela, yang berperawakan baik, yang memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu, yakni orang-orang yang cakap untuk bekerja dalam istana raja, supaya mereka diajarkan tulisan dan bahasa orang Kasdim.
1:5 Dan raja menetapkan bagi mereka pelabur setiap hari dari santapan raja dan dari anggur yang biasa diminumnya. Mereka harus dididik selama tiga tahun, dan sesudah itu mereka harus bekerja pada raja.

Persekutuan kita dengan raja dunia ada syaratnya apalagi persekutuan dengan Raja di atas segala raja ada syaratnya. Syarat-syarat yang disodorkan oleh raja tidak serta merta Daniel terima. Selama syarat itu bertentangan dengan keyakinannya dia tidak menerima sebab itu akan menggangu pertumbuhan kerohaniannya.

Untuk menghidangkan makan kepada Raja Sorgawi ada syarat yang harus kita lakukan yaitu harus menjaga urapan dan tidak boleh keluar dari ruangan suci. Hidangan yang dipersembahkan hamba Tuhan kepada Tuhan, menunya adalah jemaat.
Imamat 21:6,8,12
21:6 Mereka itu harus kudus bagi Allahnya dan janganlah mereka melanggar kekudusan nama Allahnya, karena merekalah yang mempersembahkan segala korban api-apian TUHAN, santapan Allah mereka, dan karena itu haruslah mereka kudus.
21:8 Dan kamu harus menganggap dia kudus, karena dialah yang mempersembahkan santapan Allahmu. Ia harus kudus bagimu, sebab Aku, TUHAN, yang menguduskan kamu adalah kudus.
21:12 Janganlah ia keluar dari tempat kudus, supaya jangan dilanggarnya kekudusan tempat kudus Allahnya, karena minyak urapan Allahnya, yang menandakan bahwa ia telah dikhususkan, ada di atas kepalanya; Akulah TUHAN.

Jangan sembarang bertanya Firman apalagi kepada hamba Tuhan yang tidak ditahu tahbisannya. Iblis bukan iblis kalau tidak berupaya dengan berbagai cara untuk merusak rohani umat Tuhan. Kita boleh bertanya kepada imam yang tidak merombak janji Tuhan kepadanya. Apa janji Tuhan kepada imam?


Bilangan 18:19-20
18:19 Segala persembahan khusus, yakni persembahan kudus yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN, Aku berikan kepadamu dan kepada anak-anakmu laki-laki dan perempuan bersama-sama dengan engkau; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya; itulah suatu perjanjian garam untuk selama-lamanya di hadapan TUHAN bagimu serta bagi keturunanmu."
18:20 TUHAN berfirman kepada Harun: "Di negeri mereka engkau tidak akan mendapat milik pusaka dan tidak akan beroleh bagian di tengah-tengah mereka; Akulah bagianmu dan milik pusakamu di tengah-tengah orang Israel.

Kalau hamba Tuhan bekerja sambilan itu sama dengan menuduh Allah pendusta. Kalau bertanya Firman pada hamba Tuhan model seperti itu hanya akan membuat kita tergelincir.

Ulangan 18:1-3
18:1 "Imam-imam orang Lewi, seluruh suku Lewi, janganlah mendapat bagian milik pusaka bersama-sama orang Israel; dari korban api-apian kepada TUHAN dan apa yang menjadi milik-Nya harus mereka mendapat rezeki.
18:2 Janganlah ia mempunyai milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudaranya; TUHANlah milik pusakanya, seperti yang dijanjikan-Nya kepadanya.
18:3 Inilah hak imam terhadap kaum awam, terhadap mereka yang mempersembahkan korban sembelihan, baik lembu maupun domba: kepada imam haruslah diberikan paha depan, kedua rahang dan perut besar.

Kaki depan berarti umat diajar untuk mengedepankan Tuhan dan hamba Tuhan. Apalagi yang kurang dari jaminan Tuhan ini sehingga hamba Tuhan fulltimer harus mencari pekerjaan sambilan.Terhadap hamba Tuhan yang merombak janji Tuhan malah Tuhan perdengarkan suara perang.
Hosea 8:1-3
8:1 Tiuplah sangkakala! Serangan laksana rajawali atas rumah TUHAN! Oleh karena mereka telah melangkahi perjanjian-Ku dan telah mendurhaka terhadap pengajaran-Ku.
8:2 Kepada-Ku mereka berseru-seru: "Ya Allahku, kami, Israel mengenal Engkau!"
8:3 Israel telah menolak yang baik -- biarlah musuh mengejar dia!

Awal pemakaian Daniel, dia menabirkan mimpi Nebukadnezar. Selanjutnya meningkat dia yang mendapatkan mimpi dari Tuhan dan diartikan.
Daniel 7:1 
7:1 Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan-penglihatan di tempat tidurnya. Lalu dituliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya:

Selanjutnya dia mendapat penglihatan dalam keadaan terjaga dan bertemu dengan Malaikat Gabriel. Kemudian meningkat lagi dia langsung bertemu muka dengan muka dengan Tuhan.
Daniel 10:6-11
10:6 Tubuhnya seperti permata Tarsis dan wajahnya seperti cahaya kilat; matanya seperti suluh yang menyala-nyala, lengan dan kakinya seperti kilau tembaga yang digilap, dan suara ucapannya seperti gaduh orang banyak.
10:7 Hanya aku, Daniel, melihat penglihatan itu, tetapi orang-orang yang bersama-sama dengan aku, tidak melihatnya; tetapi mereka ditimpa oleh ketakutan yang besar, sehingga mereka lari bersembunyi;
10:8 demikianlah aku tinggal seorang diri. Ketika aku melihat penglihatan yang besar itu, hilanglah kekuatanku; aku menjadi pucat sama sekali, dan tidak ada lagi kekuatan padaku.
10:9 Lalu kudengar suara ucapannya, dan ketika aku mendengar suara ucapannya itu, jatuh pingsanlah aku tertelungkup dengan mukaku ke tanah.
10:10 Tetapi ada suatu tangan menyentuh aku dan membuat aku bangun sambil bertumpu pada lutut dan tanganku.
10:11 Katanya kepadaku: "Daniel, engkau orang yang dikasihi, camkanlah firman yang kukatakan kepadamu, dan berdirilah pada kakimu, sebab sekarang aku diutus kepadamu." Ketika hal ini dikatakannya kepadaku, berdirilah aku dengan gemetar.

Jadi dari muda sampai usia lanjut, rohani Daniel terus meningkat. Jangan sampai kita sudah lama di dalam Tuhan tetapi kerohanian kita tidak pernah meningkat. Tuhan ingin kita meningkat sampai siap menjadi ratu.
Yehezkiel 16:13
16:13 Dengan demikian engkau menghias dirimu dengan emas dan perak, pakaianmu lenan halus dan sutera dan kain berwarna-warna; makananmu ialah tepung yang terbaik, madu dan minyak dan engkau menjadi sangat cantik, sehingga layak menjadi ratu.

Amsal 4:18
4:18 Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.

Rembang tengah hari inilah saat-saat koreksi Tuhan yang paling jitu di mana nikah dan ibadah dikoreksi oleh Tuhan.
Yohanes 4:6
4:6 Di situ terdapat sumur Yakub. Yesus sangat letih oleh perjalanan, karena itu Ia duduk di pinggir sumur itu. Hari kira-kira pukul dua belas.

Di sini terjadi pemulihan terhadap nikah wanita sundal. Jadi begitu kita sampai pada rembang tengah hari berarti nikah dan ibadah kita sudah digarap oleh Tuhan sampai sempurna. Dengan kata lain kalau bertambah-tambah sampai rembang tengah hari maksudnya benar-benar mencapai apa yang Tuhan rencanakan dalam diri kita dan ini pasti akan digenapi.
Roma 9:28
9:28 Sebab apa yang telah difirmankan-Nya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera."

Maleakhi 3:13-18
3:13 Bicaramu kurang ajar tentang Aku, firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: "Apakah kami bicarakan di antara kami tentang Engkau?"
3:14 Kamu berkata: "Adalah sia-sia beribadah kepada Allah. Apakah untungnya kita memelihara apa yang harus dilakukan terhadap-Nya dan berjalan dengan pakaian berkabung di hadapan TUHAN semesta alam?
3:15 Oleh sebab itu kita ini menyebut berbahagia orang-orang yang gegabah: bukan saja mujur orang-orang yang berbuat fasik itu, tetapi dengan mencobai Allah pun, mereka luput juga."
3:16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."
3:17 Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia.
3:18 Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.

Hal ini akan semakin nyata pada kita apakah berada di pihak mana, orang yang dicintai oleh Tuhan atau orang fasik. Bawalah hidup saudara pada pihak orang yang diberkati oleh Tuhan dan Tuhan mengatakan kamu akan menjadi milik kesayanganKu itulah mempelai wanita Tuhan.


Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar