20231104

Kebaktian Doa, Sabtu, 4 November 2023 Pdt. Handri Otniel Legontu


Salam sejahtera di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Yohanes 11:37-40

11:37 Tetapi beberapa orang di antaranya berkata: "Ia yang memelekkan mata orang buta, tidak sanggupkah Ia bertindak, sehingga orang ini tidak mati?"

11:38 Maka masygullah pula hati Yesus, lalu Ia pergi ke kubur itu. Kubur itu adalah sebuah gua yang ditutup dengan batu.

11:39 Kata Yesus: "Angkat batu itu!" Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: "Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati."

11:40 Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?"

 

Ayat-ayat ini menunjukan penyebab tidak mengalami kuasa kebangkitan Yesus yaitu mempertahankan batu kubur. Artinya keras hati, mempertahankan kebusukan-kebusukan dosa, menyembunyikan dosa. Sementara Yesus mau memulihkan kehidupan kita, manusia yang berdosa, busuk bahkan sebentar lagimau berulat, banyak kali kita keras hati, menyembunyikan dosa kita. Kalau dibiarkan terus akan bertambah busuk dan berulat. Berulat = binasa. Neraka itu tempatnya ulat dan bangkai. Biarlah kita mau melembutkan hati kita, jangan terus keras hati, kita mau menerima kuasa kebangkitan Yesus.

 

Dalam Perjanjian Lama, Firaun adalah contoh orang yang keras hati, berkali-kali mengeraskanhatinya sampai akhirnya Tuhan yang mengeraskan hatinya sehingga dia tidak bisa bertobat dan dia binasa. Firaun itu gambaran setan. Setan kalau bisa bertobat sudah dari dulu dia bertobat karena dia tahu ngerinya itu neraka. Jadi kalau terus keras hati maka hatinya akan seperti hatinya setan, tidak bisa bertobat, hanya mendatangkan tulah dan hukuman!

 

Praktek keras hati.

Yohanes 11:40

11:40 Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?"

 

Di sini Marta tidak percaya. Jadi praktek keras hati adalah tidak percaya pada kuasa kebangkitan Yesus. Dosa manusia sehancur, seburuk, senajis,sejahat apapun itu bisa diampuni kalau mau mengaku. Tetapi dosa yang tidak terampuni adalah dosa tidak percaya. Bagaimana mau diampuni kalau tidak percaya Yesus.

 

Ada 3 macam kuasa kebangkitan Yesus:

1.      Yohanes 5:24

5:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.

 

Kuasa kebangkitan dalam perkataan Yesus = Firman yang dibuka rahasianya atau Firman pengajaran yang benar. Firman pengajaran itu menyucikankehidupan kita dan mendorong kita masuk dalam pelayanan pembangunan Tubuh Kristus.

Yohanes 15:3

15:3  Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

 

Firman yang dikatakan oleh Yesus itulah pembukaan rahasia Firman.

 

Efesus 1:8-10

1:8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.

1:9 Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

1:10 sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi.

 

Jadi orang yang keras hati menolak penyucian dan tidak mau aktif dalam pelayanan pembangunan Tubuh Kristus. Itu seperti Marta yang mempertahankanbatukubur, diamenolak penyucian dan tidak mau aktif dalam pelayanan pembangunan Tubuh Kristus. Atau melayani, mungkin pelayanannya padat tetapi tanpa kesucian! Itu sama dengan mempertahankan batu kubur. Murid-murid seperti itu, mereka melayani tetapi tidak percaya kebangkitan Yesus. Bahkan dikatakan Yesus mengecam kedegilan hati mereka.

 

Akibatnya:

a)      Lazarus tidak bangkit, artinya berada dalam dukacita yang terus menerus, dukacita yang mendalam, sampai putus asa dan putus pengharapan.

b)      Firman pengajaran itu disamakan dengan bunyi sangkakala. Waktu Yesus datang bunyi sangkakala terakhir diperdengarkan dan orang yang mati dalam Tuhan dibangkitkan dalam tubuh kemuliaan. Jadi akibat kedua jika diizinkan meninggal dunia, dia tidak akan dibangkitkan dalam tubuh kemuliaan ketika Yesus datang. Berarti binasa selamanya!

I Tesalonika 4:13-17

4:13 Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.

4:14 Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.

4:15 Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal.

4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

 

Ada 2 gelombang kebangkitan. Kebangkitan pertama untuk menyambut Yesus. Kebangkitan kedua untuk dihakimi dan dihukum, untukmasuk kematian kekal selamanya.

 

Mari biarlah kita mau melembutkan hati kita, mau menerima penyucian olehFirmanTuhandan masuk dalam pelayanan pembangunan Tubuh Kristus. Kalau sudah disucikan oleh Tuhan pasti dipakai dalam pelayanan pembangunan Tubuh Kristus. Mungkin manusia tidak pakai kita, kita periksa diri kita kalau dalam kesucian maka Tuhan yang pakai. Jadi jangan kecil hati kalau manusia tidak pakai.

II Timotius 2:20-22

2:20 Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia.

2:21 Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.

2:22 Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.

 

Banyak orang kelihatan dipakai tetapi sebenarnya dia adalah perabot dari kayu dan tanah. Kayu gambaran daging, tanah juga gambaran daging. Ini orang yang melayani dengan hawa nafsu dagingnya, emosi dagingnya, ambisi dagingnya, kelihatansepertidipakaipadahalsebenarnyatidak.Kalaukitamaudisucikanmakakitaadalahemasdanperak.Mana yang lebih banyak di dalam rumahperabotdarikayudantanahatauperabotdariemasdanperak? Tentu yang lebihbanyakdarikayudantanah. Orang yang merasa dipakai itu banyak, orang yang sungguh-sungguh dipakai Tuhan itu sedikit.Banyak yang dipanggil, sedikit yang dipilih, yang mau disucikan itu sedikit.Biarlahkitamaumasukdalamjumlah yang sedikitini.

 

Jangan kecil hati kalau dilihat jumlah kita sedikit, yang lain kalausekalikhotbahribuan yang datang, tetapibelumtentudipakaiTuhan.Ingatsaja Musa, Tuhanperintahkankumpulkan segenap jemaah, tetapi dia melanggar kekudusanTuhankarenaTuhansuruhberkatapadagunungbatutetapidiapukulgunungbatu. Mujizat terjadi, air keluar dari gunung batu, tetapi dia ditolak masuk Kanaan.JadibanyakitubukanmenjaditolakukurdipakaiolehTuhanatautidak. Yang menjadi tolak ukur itu kesucian.Kalaukitadisucikanpastidipakaiuntuktujuan yang mulia, itulahpembangunanTubuhKristus yang sempurna.

 

Apa yang disucikan? Yang disucikan adalah nafsu orang muda yaitu keinginan daging yang mengebu-gebu. Ini harus disucikan, bahaya kalau melayani Tuhan dengan kenginan daging yang mengebu-gebu, bukansemangatdariTuhan.

 

Ada 2 macam keinginan daging:

a)      Keinginan jahat mengarahpadacintauang, terikatakanuang, menggebu-gebukejaruangsampaimengorbankan yang rohani. Melayani ke mana-mana tetapi motivasinya sudah salah, untukmendapatkanuang. Keinginan akan uang ini membuat kikirdanserakah. Kikir tidak bisa memberiuntukpekerjaanTuhandanuntuksesama yang membutuhkan.Serakah itu merampas milikTuhandanmilik sesama.

I Timotius 6:9-10

6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

 

Mungkin dalam pelayanan dia sudah kasih target, pokoknyaharussekianjiwa, sekianduit, inikeinginanjahat.

 

b)      Keinginan najis, mengarah pada dosa seks dan dosa makan minum.

 

Ini yang harus disucikan, jangan ada keinginan jahat dan keinginan najis. Kalau keinginan jahat dan najis disucikan maka timbul tabiat Ilahi di dalam kita, yaitu:

a)      Adil= jujur, tidak memihak siapa-siapa tetapi memihak Tuhan. Jadi ketika kita menghadapipersoalandanmasalah, tidakmemihaksiapa-siapa, hanyamemihakTuhan.Jalan keluarnya dari Firman.

b)      Setia, ada kesetiaan dalam melayani Tuhan.

c)      Kasih = taat

d)      Damai, melayani dengan damai.

 

Orang dunia saja berkatabiarsajadifitnahsayadiamsaja. Kita ambilpositifnya, orang duniasaja begitu, masakan kita yang ada dalam pengajaran begitu difitnah dan digosipkan malah marah “siapa yang ngomong begitu, saya cari dia!”.Biarkansaja, orang maungomongapa, tetap melayani Tuhan dengan hati damai sejahtera.

 

2.      Roma 8:11

8:11 Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

 

Kuasa kebangkitan oleh Roh Kudus.

Roma 8:13

8:13 Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.

 

Roh Kudus mematikan perbuatan-perbuatan daging sehingga rohani hidup. Jadi orang yang keras hati melakukan perbuatan-perbuatan daging, rohaninya kering, bahkan mati!

Galatia 5:19-21

5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: 1percabulan, 2kecemaran, 3hawa nafsu,

5:20 4penyembahan berhala, 5sihir, 6perseteruan, 7perselisihan, 8iri hati, 9amarah, 10kepentingan diri sendiri, 11percideraan, 12roh pemecah,

5:21 13kedengkian, 14kemabukan, 15pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

 

Berkali-kali Paulus peringatkan, perbuatan daging iniharusdimatikan. Kalau perbuatan daging dimatikan maka rohanikita hidup. Bukti rohani hidup kita menghasilkan buah-buah roh.

Galatia 5:22-23

5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

 

Buah-buah Roh ini adalah tabiat Allah Tritunggal, gambar Allah Tritunggalini harus ada pada kita. Sekalipun belum sempurna, tetapi sudah harus tampak buah-buah roh itu dalamdirikita. Isterimulaimenikmatibuah-buahroh yang dihasilkansuami, suamimenikmatibuah-buahroh yang dihasilkanolehisteri. Gembala menikmati buah-buah roh yang dihasilkan jemaat, jemaatpun demikian.Jadi berbuahitukita bermanfaat bagi sesama, terutama bermanfaat bagi Tuhan. Hamba Tuhan yang berguna, pelayan Tuhan yang berguna.

 

Ada hamba Tuhan yang tidak berguna.MengakuhambaTuhan, pelayanTuhan, berguna atau tidak!Kita ini hamba Tuhan atau hamba apa? Kalau hamba Tuhan berguna bagi Tuhan dan sesama. Kalautidakberguna dicampakkan ke kegelapan paling gelap, berarti dia dibuang, tidak dipakaiolehTuhan.

Matius 25:30

25:30  Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."

 

3.      I Yohanes 3:13-14

3:13 Janganlah kamu heran, saudara-saudara, apabila dunia membenci kamu.

3:14 Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut.

 

Kuasa kebangkitan oleh kasih Allah. Jika dalam diri kita ada kasih, maka tidak akan ada lagi kebencian. Orang boleh membenci kita tetapi kita tidak. Terhadap orang yang membenci tidak kita balas dengan kebencian malah kita memandang dia dengan belas kasihan dan kita wujudkan dengan mendoakan yang baik. Itu berarti pada kita ada kuasa kebangkitan Yesus, pada kita ada kasih Allah.

 

Jadi orang yang keras hati adalah orang yang suka membenci sampai membenci tanpa alasan.

 

Dari 3 macamkuasakebangkitanini disimpulkan kuasa kebangkitan Yesus kita dapatkan dalam Firman, Roh Kudus dan kasih Allah, hasil ketekunan dalam 3 macam ibadah pokok:

1.      Meja roti sajian, menunjukketekunandalamibadah pendalaman Alkitab dan Perjamuan suci, kitamemperolehkuasakebangkitan di dalamFirman.

2.      Pelita emas, menunjukketekunandalamibadahraya, ktiamendapatkuasakebangkitan di dalamRoh Kudus.

3.      Mezbah dupa emas, ketekunan dalam ibadah doa penyembahan, kita mendapatkan kuasa kebangkitan oleh kasih Allah.

 

Berarti orang yang keras hati adalah orang yang tidak mau tergembala, tidak mau bertekun dalam 3 macam ibadah pokok. Apapun alasannya, mungkin logis, tetapi kita harus berjuang. Karena kita terdiri dari tubuh, jiwa dan roh, kita menghadapi setan tritunggal, lewat 3 macamibadahkitamelekatpada Allah Tritunggalsupayakitaaman, terlindungi. Kita tersembunyi di dalam Allah bersamaYesusolehkebangkitanYesus.

Kolose 3:1-3

3:1 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

3:3 Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.

 

Dalampenggembalaantubuh, jiwadanrohkitamelekatpada Allah Tritunggal, tersembunyi di dalam Allah bersamadenganKristus, tidak bisa dijamah oleh setan tritunggal. Ayo masuk dalam kandang penggembalaan. Di situ kita mengalami kuasa kebangkitan dalam Firman, Roh Kudus dan kasih Allah.

 

Kuasa kebangkitan Yesus dalam Firman, Roh Kudus dan kasih Allah mengubahkan kita dari manusia daging menjadi manusia rohani, sampai kita memiliki tubuh kemuliaan seperti Yesus. Sehingga layak menjadi mempelai wanitanya Yesus.

Efesus5:31-32

5:31 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.

5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

 

Nikahituuntukmenjadi satu daging,ayat 32 berbicaranikahKristusdenganjemaat. Jadikitasedangdiarahkanpadanikah yang rohaniantaraYesusdalamtubuhkemuliaandengankitagereja yang sempurnadalamtubuhkemuliaanmenjadisatudaging untuk layak masuk dalam kerajaan sorga yang kekal Yerusalem Baru. Kalau kita tidak berubah, daging yang fana, sedangkan Yesus tubuh yang mulia, mau diapakan tetap tidak bisa menyatu.

 

I Korintus 15:50-52

15:50 Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa.

15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah,

15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

 

Mulai dari sekarang ini kita sudah harus memiliki tanda-tanda tubuh kemuliaan, jangan tunggu nanti! Karena kuasa kebangkitan ini sudah kita nikmati mulaidari sekarang.

 

Tanda-tanda tubuh kemuliaan:

I Korintus 15:58

15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, 1berdirilah teguh, jangan goyah, dan 2giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan 3jerih payahmu tidak sia-sia.

 

1.      Berdiri teguh, jangan goyah. Artinya:

a)      Berdiri teguh di atas Firman pengajaran yang benar. Jangan mau digoyahkan oleh ajaran lain, gosip-gosip, fitnah dan suara-suaralain.Banyak kali barudengargosipsudahgoyahdalampengajaran, goyahdalampenggembalaansampaitinggalkanpenggembalaan.

 

b)      Berdiri teguh di atas Korban Kristus.Artinyatetapbenartetapsuciapapunresiko yang dihadapi. Jangankarenakeuntungandagingkitasudahtidakbenar, tidaksuci! Keuntungandagingnya tidak seberapadi dunia tetapi mengorbankan kemuliaanyang kekal yang nantiakankitaraih.Initahunpolitik, jangan sampai karena keuntungan-keuntungan daging sampai kita sudah tidak benar, tidak suci. Apapun resikonya, pertahankan kebenaran dan kesucian.

 

2.      Giat selalu dalam pekerjaan Tuhan. Selalu, bukan sewaktu-waktu. Banyak hamba Tuhan pelayan Tuhan hanya sewaktu-waktu giatnya. Giatlahselaluituberartisampaigarisakhir.

 

3.      Melayani Tuhan ditandai dengan jerih payah = perjuangan dan pengorbanan. Harus berjuang dan berkorbankalaumaumelayaniTuhan.Tadidikatakansemuajerihpayahdanperjuangan kita tidak sia-sia karena ada upah yang menanti kita.Jangandiukurdengan yang jasmani.

 

Apa upahnya? Ini upah kita:

Kidung Agung 2:16; 6:3

2:16 Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

6:3 Aku kepunyaan kekasihku, dan kepunyaanku kekasihku, yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.

 

Upah kita memiliki dan dimiliki oleh Yesus.Kita bisaberkatakekasihkukepunyaanku, akukepunyaankekasihku.Jadi kita tidak ragu lagi mau berjuang dan berkorban untuk ibadah pelayanan, untuk pekerjaan Tuhan. Kalau Yesus sudah kita miliki maka kita tidak akan pernah kuatir lagi akan hidup sehari-hari dan masa depan. Yesus sudah kita miliki maka otomatis pemeliharaan, perlindungan, pertolongan, pembelaan, kesembuhan, semuanya kita peroleh dari Yesus.

 

GPT “Kristus Penebus”

Jl. Langgadopi No.4 Tentena

Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, 94663

HP: 081334496911

Email: imamat_raja@yahoo.com

www.gptkp.blogspot.com

Tuhan Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar